Indonesia Tak Lolos ke Piala Asia U-23, Ini Klasemen Grup K Sementara

JakartaTimnas Indonesia U-23 dipastikan gagal ke Piala Asia U-23 2020, usai ditekuk Vietnam U-23 0-1 di laga kedua kualifikasi. Ini klasemen Grup K sementara.

Indonesia menghadapi Vietnam di laga kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, di Stadion My Dinh, Hanoi, Minggu (24/3/2019). Laga berakhir dengan kekalahan 0-1 untuk Garuda Muda.

Meski banyak mendapat peluang, Indonesia tak mampu merobek gawang tuan rumah. Menjelang akhir pertandingan, gawang Satria Tama yang justru kebobolan lewat tandukan Trieu Viet Hung.

Kekalahan ini membuat Indonesia sudah menelan dua hasil serupa di Grup K. Pada laga perdana, Jumat (22/3/2019), Indonesia juga kalah dari Thailand dengan skor 0-4.

Hasil ini membuat Indonesia dipastikan tak lolos ke putaran final karena masih tertahan di peringkat tiga dengan 0 poin, cuma unggul dari Brunei yang menjadi juru kunci. Menyisakan satu laga, Indonesia takkan mungkin mengejar raihan poin Thailand dan Vietnam yang sama-sama mengoleksi 6 poin hasil dua kemenangan.

Adapun Thailand kini memuncaki Grup K dengan 6 poin, unggul selisih gol dari Vietnam. Pada laga kedua, Thailand melumat Brunei 8-0 sehingga The War Elephants kini punya catatan gol lebih dari tuan rumah. Kedua tim dipastikan sama-sama lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020.

(yna/fem)

3 Hasil Penyidikan Sementara KPK Terkait Kasus Romahurmuziy

Dari hasil penyidikan sementara KPK juga curigai adanya bantuan dari internal Kementerian Agama (Kemenag) kepada eks Ketum PPP Romahurmuziy soal kasus praktik jual beli jabatan. Sebab, pengisian jabatan di Kemenag sudah melalui sistem online.

‎”Mungkin saja‎ (dibantu internal Kemenag),” ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2019).

Namun, Syarif belum mau membeberkan lebih jauh. Termasuk soal dugaan pihak yang ikut bermain dari partai berlambang Kabah, yakni Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saefuddin.

“Itu bagian dari penyelidikan dan penyidikan. Belum bisa kita jelaskan,” kata Syarif di Gedung KPK.

Singapura Setop Sementara Semua Boeing 737 Max, Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta – Otoritas Singapura menangguhkan sementara pengoperasian semua pesawat Boeing 737 MAX yang terbang masuk ke dan keluar dari wilayah Singapura. Kebijakan itu efektif berlaku pada 12 Maret 2019 pukul 14.00 waktu setempat.

Lalu, apakah Indonesia akan menerapkan hal serupa ?

Seperti diketahui, saat ini Indonesia baru sebatas menerapkan temporary grounded atau larangan sementara terbang menggunakan Boeing 737 Max 8.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, pemerintah Indonesia tidak menutup kemungkinan akan mengambil langkah tegas seperti Singapura.

“Ya kalau dia (Singapura) bisa melarang, kenapa kita tidak bisa,” kata dia saat ditemui di Shangri La Hotel, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Kendati demikian dia menegaskan hal tersebut tidak mungkin diterapkan dalam waktu dekat. Keputusan harus diambil berdasarkan hasil inspeksi yang saat ini tengah berlangsung.

“Saya pikir tidak dilakukan dalam waktu dekat. Evaluasi yang cermat, tidak boleh buru-buru lah. Menyangkut banyak pihak,” ujar dia. 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Usai Tragedi Ethiopian Airlines, Singapura Setop Sementara Semua Boeing 737 MAX

Liputan6.com, Singapura – Otoritas Singapura menangguhkan sementara pengoperasian semua varian pesawat Boeing 737 MAX yang terbang masuk ke dan keluar dari wilayah mereka. Kebijakan itu efektif berlaku pada 12 Maret 2019 pukul 14.00 waktu lokal.

Negeri Singa adalah negara pertama yang memberlakukan larangan total seluruh varian Boeing 737 MAX dan untuk semua penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai lokal dan asing.

Penangguhan itu datang beberapa hari setelah kecelakaan Ethiopian Airlines ET 302 berpesawat Boeing 737 MAX 8 yang menewaskan seluruh 157 orang di dalamnya pada Minggu 10 Maret 2019, demikian dilansir The Straits Times, Selasa (12/3/2019).

Kebijakan itu, yang diumumkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS), akan memengaruhi anak usaha regional Singapore Airlines, SilkAir, yang memiliki enam jet dalam armadanya.

Penangguhan itu juga berlaku pada maskapai lain yang mengoperasikan Boeing 737 MAX ke Singapura, termasuk China Southern Airlines, Garuda Indonesia, Shandong Airlines dan Thai Lion Air.

Sebelumnya pada Senin 11 Maret 2019, China dan Indonesia memerintahkan perusahaan penerbangan mereka untuk mengandangkan semua pesawat B-737 MAX 8.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Facebook pada 12 Maret pukul 10.55 pagi, Singapore Airlines mengatakan bahwa mulai Selasa, semua enam pesawat telah mendarat di Singapura dan tidak akan diizinkan untuk menerima layanan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Larangan itu tidak berlaku pada total 17 pesawat tipe Boeing 737-800NG milik maskapai Singapore Airlines.

“Keamanan pelanggan dan kru adalah prioritas utama kami,” kata maskapai itu.

Singapore Airlines saat ini mengoperasikan pesawat ke Bengaluru, Cairns, Chongqing, Darwin, Hiroshima, Hyderabad, Kathmandu, Kuala Lumpur, Penang, Phnom Penh, Phuket dan Wuhan.

Simak video pilihan berikut:

Pesawat Ethiopian Airlines tujuan Nairobi, Kenya, jatuh tak lama setelah lepas landas. Sekitar 149 penumpang dan 8 kru pesawat berada di dalamnya.

Seperti Garuda, Lion Air Juga Setop Sementara Operasional Boeing 737 MAX 8

Liputan6.com, Jakarta – Lion Air Group menghentikan sementara pengoperasian (temporary grounded) sepuluh pesawat Boeing 737 MAX 8. Penghentian operasi ini sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian.

Corporate Communications Strategic Danang Mandala Prihantoro mengatakan, upaya tersebut dilakukan dalam rangka memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Lion Air terus berkomunikasi dengan DKUPPU (Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara) dalam kaitan menyampaikan informasi serta data-data pengoperasian pesawat Boeing 737 MAX 8,” kata Danang melalui keterangan resminya, Senin (11/3/2019).

Lion Air akan meminimalisir dampak dari keputusan ini agar operasional penerbangan dapat berjalan dengan baik dan tidak terganggu.

Dalam pengoperasian pesawat Boeing 737 MAX 8, Lion Air menjalankan dengan mengutamakan prinsip keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), dimana seluruh pelatihan awak pesawat yang diwajibkan serta perawatan pesawat yang sudah ditetapkan dilaksanakan secara konsisten.

“Lion Air melaksanakan standar operasional prosedur pengoperasian pesawat udara sesuai dengan aturan dan petunjuk dari pabrik pembuat pesawat, termasuk pemeliharaan pesawat, pengecekan komponen pesawat, pelatihan awak pesawat,” imbuhnya.

Sebelumnya, Garuda Indonesia juga telah menghentikan operasonal pesawat Boeing 737 MAX 8. Direktur Utama PT Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Akhsara Danadiputra (Ari Akhsara) menyatakan pihaknya akan mematuhi larang terbang sementara atau temporary grounded yang Boeing 737 Max 8.

“Berkaitan dengan Surat Edaran yang dikeluarkan sore ini oleh Kementerian Perhubungan RI Direktorat Jenderal Perhubungan Udara perihal Temporary Grounded untuk pelaksanaan Inspeksi atas seluruh B737MAX yang beroperasi di Indonesia, maka Garuda Indonesia melakukan grounded atas pesawat B 737 Max (hanya satu unit) sejak sore ini (11/3) sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata Ari.

Lion Air Hentikan Sementara Operasi 10 Pesawat Boeing 737 MAX 8

Jakarta – Maskapai berlogo singa merah Lion Air menghentikan sementara operasi pesawat Boeing 737 MAX 8. Hal ini menyusul jatuhnya pesawat dengan jenis sama yang dioperasikan Ethiopian Airlines. Lion Air sendiri memiliki 10 unit Boeing 737 MAX 8.

“Sehubungan dengan surat edaran dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan tentang penghentian sementara pengoperasian (temporary grounded) pesawat Boeing 737 MAX 8, dengan ini Lion Air menyatakan akan menghentikan sementara pengoperasian (temporary grounded) 10 (sepuluh) pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dikuasai saat ini sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Senin (11/3/2019).

Dia menerangkan, dalam pengoperasian pesawat Boeing 737 MAX 8, Lion Air mengutamakan prinsip keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first). Di mana, seluruh pelatihan awak pesawat serta perawatan pesawat sudah ditetapkan dilaksanakan secara konsisten.

Lanjutnya, Lion Air juga terus berkomunikasi dengan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) kaitannya dalam penyampaian informasi serta data-data pengoperasian pesawat Boeing 737 MAX 8.

Selain itu, Lion Air melaksanakan standar operasional prosedur pengoperasian pesawat udara sesuai dengan aturan dan petunjuk dari pabrik pembuat pesawat. Termasuk, pemeliharaan pesawat, pengecekan komponen pesawat, pelatihan awak pesawat.

“Lion Air akan selalu melaksanakan budaya keselamatan (safety culture) dalam setiap operasional penerbangan,” tutupnya. (dna/dna)

Garuda Hentikan Sementara Pengoperasian Boeing 737 Max 8

Liputan6.com, Jakarta – Direktur Utama PT Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Akhsara Danadiputra (Ari Akhsara) menyatakan pihaknya akan mematuhi larang terbang sementara atau temporary grounded Boeing 737 Max 8 yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan pada Senin sore ini.

“Berkaitan dengan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan RI Direktorat Jenderal Perhubungan Udara perihal Temporary Grounded untuk pelaksanaan Inspeksi atas seluruh B737MAX yang beroperasi di Indonesia, maka Garuda Indonesia melakukan grounded atas pesawat B 737 Max (hanya satu unit) sampai pemberitahuan lebih lanjut,” kata Ari dalam keterangan resmi, Senin (11/3/2019).

Dia menyebutkan Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan nasional terus berupaya mengedepankan komitmen dan budaya safety dalam seluruh lini operasionalnya.

“Hal tersebut sejalan dengan value aspek safety sebagai core operasional perusahaan yang sudah tertanam dalam budaya kerja jajaran karyawan dan lini operasional Garuda Indonesia,” ujarnya.

Hal tersebut juga sehubungan dengan insiden kecelakaan penerbangan yang terjadi pada armada Boeing 737 Max 8 yang dioperasikan maskapai Ethiopian Airlines.

Dia mengungkapkan, sebagai provider jasa penerbangan yang turut mengoperasikan satu armada Boeing 737 Max 8, Garuda Indonesia secara berkelanjutan terus melaksanakan prosedur inspeksi ekstra serta pemeriksaan berkala lanjutan terhadap fitur-fitur vital penunjang kelaikan armada seperti airspeed, altitude system, Flight control system hingga Stall management system dengan catatan hasil inspeksi No Fault Found (dengan hasil baik).

“Demikian juga Trainning Terhadap Pilot yang secara rutin berkala melaksanakan Proficiency Check di Simulator B 737 Max,” ujarnya.

Dia menyatakan pihaknya juga telah melaksanakan close review dan berkoordinasi intensif dan memberikan regular report sejak Oktober tahun lalu dengan regulator dalam hal ini Direktorat Jenderal Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) dan memberikan saran dalam menyikapi adanya insiden penerbangan yang melibatkan armada Boeing 737 Max 8, khususnya dalam memastikan aspek mitigasi dan kebijakan preventif terhadap tata kelola safety armada Boeing 737 Max 8 tetap terjaga.

“Garuda Indonesia juga mengerti dan memahami kekhawatiran penumpang sehingga tetap extra ketat dalam memonitor operasi penerbangannya,” tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Medeka.com

KRL Rute Jakarta-Bogor Sementara Hanya Gunakan Satu Jalur

Kota Bogor – KRL rute Jakarta-Bogor sudah bisa berangkat dari dan sampai ke Stasiun Bogor lagi hari ini. Meski begitu, baru satu jalur yang digunakan jadi kereta harus antre saat akan lewat.

“Untuk perjalanan KRL di lintas Bogor pada Senin 11 Maret 2019 direncanakan pemberangkatan KRL dari Stasiun Bogor baru dapat dilayani mulai pukul 05.00 WIB menggunakan satu jalur bergantian,” kata VP Komunikasi PT KCI Eva Chairunisa, Senin (11/3/2019),

“Dengan kondisi tersebut maka hanya sebagian KRL yang pemberangkatannya dapat dilakukan dari Stasiun Bogor, sementara sebagian perjalanan KRL lainnya yang biasanya dijadwalkan pemberangkatan dari Stasiun Bogor akan dialihkan melalui rekayasa pola operasi dengan pemberangkatan dari Stasiun Cilebut, Bojong Gede, Citayam dan Depok,” tutur Eva.


Tiga gerbong yang tersisa dari rangkaian yang anjlok telah dievakuasi pagi ini ke Dipo KRL Bogor. Tiga gerbong tersebut dievakuasi dengan dibantu oleh kereta penolong ‘Djoko Tingkir’.

“Kereta tersebut akan ditarik ke Dipo KRL Bogor untuk pemeriksaan dan perbaikan lanjutan,” tutur Eva.

“Setelah proses evakuasi sarana KRL yang mengalami anjlokan tersebut selesai, perbaikan prasarana perkeretaapian seperti jaringan kabel Listrik Aliran Atas (LAA), jalur rel, dan pemasangan tiang LAA yang terdampak peristiwa ini juga terus dilakukan oleh PT KAI Daop 1 dan PT KCI,” jelasnya.
(rna/tsa)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Banjir, Jasa Marga Tutup Sementara Tol Ngawi – Kertosono

Liputan6.com, Surabaya – PT Jasamarga Ngawi Kertosono menutup sementara jalan Tol Ngawi-Kertosono akibat banjir di KM 603 sampai dengan KM 604 mulai Rabu (6/3) petang pukul 22.00 WIB hingga pagi ini, akibat banjir imbas meluapnya Sungai Glonggong di wilayah itu.

“Sehubungan dengan tingginya curah hujan di wilayah Madiun, kami mohon bantuan kepada seluruh pengguna tol ruas Ngawi Kertosono untuk merencanakan perjalanan dan memperhatikan kondisi kendaraan sebagai antisipasi,” kata Manager Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) PT Jasamarga Ngawi-Kertosono (JNK), M Ridwan, seperti dikutip laman Antara, Kamis (7/3/2019).

Ia mengatakan, banjir terjadi karena curah hujan deras dan terjadi cukup lama pada hari Selasa (5/3) dan Rabu (6/3), sehingga menyebabkan genangan air di beberapa lokasi di sekitar jalan tol, salah satunya di sekitar ruas jalan tol.

Pengamatan Rabu (6/3) hujan kembali terjadi, sehingga luasan banjir maupun ketinggian genangan air bertambah, dan pukul 17.00 hujan kembali turun cukup deras sehingga menyebabkan air mulai menyentuh ROW sekitar KM 603 sampai KM 604 yang awalnya hanya sedalaman satu mata kaki.

Pada Rabu petang, kata Ridwan, dalam waktu yang relatif pendek pukul 19.00 WIB ketinggian air mulai menyentuh reflektor (guide post) dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan kecil atau Golongan I, akibatnya semua kendaran yang sudah terlanjur sampai di KM.604 diberhentikan sementara.

Pada pukul 21.07 WIB berdasarkan izin via telepon dari Direktur Teknik PT JNK, lalu lintas dari arah Surabaya dikeluarkan Gerbang Tol Caruban.

“Untuk kendaraan yang sudah terlanjur masuk tol dan terjebak di sekitar SS Madiun, dikawal PJR untuk putar balikkan keluar GT. Caruban,” katanya.

Untuk laporan terkini pada Kamis (7/3) pagi hasil pengamatan tim lapangan, ketinggian banjir tidak makin surut namun cenderung bertambah tinggi, sehingga truk dan bus juga tidak dapat melintasi genangan.

“Mulai Kamis pukul 00.50 WIB seluruh kendaraan dari Surabaya dialihkan keluar Caruban, dan kami berencana melakukan contra flow dari KM 602 sampai KM 607 (inventarisir jumlah RC dan PB),” katanya.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Mendagri Hentikan Sementara Permintaan E-KTP untuk WNA

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menghentikan sementara pemberian KPT elektronik kepada warga negara asing (WNA). Penundaan pemberian e-KTP ke WNA ini disetop hingga Oktober atau November 2019.

Hal ini dilakukan setelah seorang warga China memiliki KTP elektronik dan terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

“Untuk meredam, setop dulu (permintaan) dari WNA. Sampai Oktober selesai. Atau sampai November,” kata Tjahjo di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Dia menuturkan, sebenarnya e-KTP untuk WNA sudah sesuai undang-undang yang ada. “Dan undang-undang ini diterbitkan sebelum saya jadi Mendagri, di tahun 2006. Tetapi prosesnya (mendapatkan e-KTP) tidak mudah,” ungkap Tjahjo.

Dia pun menyatakan, sampai saat ini jumlah WNA yang memiliki KTP tersebut tidak sampai seribu.

“Dari 2006 sampai sekarang tidak sampai seribu. Itu tersebar di Sumatera, Jawa dan Bali. Dan itu sudah mengajukan izin tinggal sementara dan dari imigrasi,” jelas Tjahjo.

Dia kembali menegaskan, bahwa WNA yang memiliki KTP tersebut tidak berhak melakukan pencoblosan.

“WNA yang punya e KTP tidak berhak melakukan pencoblosan. Ini sesuai PKPU yang ada,” pungkas Tjahjo.

2 dari 3 halaman

Tak Berhak Ikut Pemilu

Sementara itu, mengenai kasus penemuan e-KTP WNA China bernama Chen di Cianjur, Dirjen Disdukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyatakan Kemendagri siap membantu KPU menyisir apakah ada WNA yang masuk DPT.

“Kami tawarkan KPU beri kami DPT nya, kami sisir, kami cocokkan apakah ada WNA masuk DPT atau tidak. Ini kerjaan rahasia ya ini. Nanti kami serahkan dengan penuh kerahasiaan ke KPU untuk perbaikan,” kata Zudan.

Sebelumya, foto kepemilikan e-KTP tenaga kerja asing (TKA) atau WNA China bernama Chen menjadi sorotan warganet.

Dalam foto yang beredar, bentuk e-KTP warga negara asing (WNA) hampir sama dengan e-KTP penduduk Indonesia atau WNI.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: