Soal Pertemuan Luhut-Prabowo, BPN: Kok Semangat Banget? Habis Lebaran Saja

Jakarta – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku telah menelepon capres Prabowo Subianto dan bicara soal pemintaan Joko Widodo (Jokowi). Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga merasa ada yang aneh.

“Kenapa Pak Luhut semangat banget? Kan agak aneh. Kita lagi berproses pemilu, lagi penghitungan suara, relawan dan pendukung kami lagi konsentrasi di kecamatan menjaga proses penghitungan ini. Kok tiba-tiba Pak Luhut ngotot banget sih? Memang ada apa?” kata juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade di media center BPN, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2019).

Luhut menelepon Prabowo untuk menindaklanjuti permintaan Jokowi. Andre mempertanyakan keinginan Jokowi yang ingin bertemu Prabowo.
“Pertanyaan saya emang ada apa sih? Pak Jokowi dan Pak Prabowo baik-baik saja, masyarakat juga baik-baik saja, nggak ada hal yang genting kan,” ujar Andre.

BPN sebetulnya setuju dengan pertemuan Prabowo-Luhut. Namun, menurut Andre, pertemuan mereka itu lebih tepat digelar setelah Hari Raya Idul Fitri 2019.

“Nanti, nanti, habis seluruh proses selesai, habis lebaran aja ketemuannya. Habis lebaran ketemu sudah paling pas,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Luhut mengaku sudah menelepon Prabowo. Luhut menyebut Prabowo sepakat bertemu hari Minggu (21/4) namun akhirnya ditunda.

“Ya memang saya sudah telepon sama Pak Prabowo, bicara per telepon, ya kami kan teman. Bicara baik-baik ketawa-ketawa, ya kita janjian mau ketemu. Hari Minggu kemarin, tapi kemudian ada masalah teknis beliau agak sakit flu, kita reschedule,” ujar Luhut Pandjaitan di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (22/4).
(zak/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

UN SMP Digelar Mulai Digelar Pagi Ini, Semangat Ya!

Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan ujian nasional (UN) SMP/MTs di seluruh Indonesia pagi ini. Semangat, kawan!

“Untuk #SahabatDikbud jenjang SMP yang akan menghadapi UN mulai esok hari, semangat, ya! Ingat, #PrestasiPentingJujurYangUtama,” demikian cuit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lewat akun Twitter resminya, Minggu (21/4/2019).

Kemendikbud berpesan agar semua peserta UN mengutamakan kejujuran. Kejujuran lebih utama, prestasi juga penting.

Pelajaran yang akan diujikan dalam UN ada empat yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Mata pelajaran pertama yang akan diujikan hari ini adalah Bahasa Indonesia pada Senin (22/4/2019) mulai pukul 07.30 WIB. Kemudian berturut-turut hingga Kamis (25/5) adalah Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

UN yang akan dilaksanakan terdiri dari Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNPK). Semua ujian dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia kecuali di Provinsi Papua, Papua Barat, dan NTT yang digelar pada 23-26 April 2019.

Terdapat 2.605.116 siswa SMP dan 975.691 siswa MTs yang akan mengikuti UN. Sebelumnya, Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan UN tahun ini akan diikuti 8,3 juta siswa, yang berasal dari 103 ribu sekolah, madrasah, dan kesetaraan Paket B dan Paket C. Jumlah ini lebih banyak 200 ribu siswa dibanding tahun lalu.

“Kemudian, kaitannya dengan moda, ada kenaikan sangat mencolok untuk peserta UNBK (ujian nasional berbasis komputer). Tahun ini ada 7,5 juta siswa atau 91 persen akan mengikuti mengikuti UNBK atau naik 1,2 juta dibanding tahun lalu, yaitu sekitar 6,3 juta siswa atau 78 persen. Jadi naik dari 78 persen ke 91 persen. Naik 13 persen,” kata Muhadjir di kantornya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (21/3).

Muhadjir mengatakan UNBK yang dilakukan di 91 persen lembaga pendidikan sudah dapat diterima karena model ujian seperti ini sudah diterapkan untuk tes CPNS, ujian Polri, maupun PPPK. Namun dia berharap tim IT bisa mempersiapkan infrastruktur jaringan agar UNBK bisa berjalan lancar.

Pada UNBK kali ini, mata pelajaran yang diuji juga tak berbeda dibanding tahun sebelumnya, yakni empat pelajaran. Sementara itu, untuk program paket kesetaraan, ada tujuh pelajaran yang diujikan kepada siswa.

(fdu/dnu)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi: Gelorakan Semangat Juang Kartini

Jakarta – Capres petahana Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Kartini untuk perempuan-perempuan Indonesia. Ucapan itu disampaikan Jokowi melalui akun Instagramnya.

“Untuk perempuan-perempuan Indonesia, para ibu bangsa: mari terus menggelorakan semangat juang Ibu Kartini. Semangat juang untuk membangun keluarga, masyarakat, bangsa, dan memajukan generasi penerus,” tulis Jokowi, seperti dilihat detikcom, Minggu (21/4/2019).

Tak hanya Jokowi, sang cawapres Ma’ruf Amin, juga memposting ucapan selamat Hari Kartini melalui Instagram pribadinya. Ma’ruf mengatakan, Kartini bukan hanya sekadar pejuang emansipasi.

“Bismillahirraahmanirrahiim. Kartini bukan semata pejuang emansipasi. Beliau adalah sosok yang mendorong anak bangsa semakin sadar akan peran pendidikan dan literasi. Kesempatan memperoleh pendidikan tidak hanya untuk kaum lelaki saja. Demikian juga pendidikan agama hingga Kartini sendiri mengejar Kiai Sholeh Darat untuk belajar Al-Qur’an,” kata Ma’ruf.

Menurut Ma’ruf, Kartini merupakan sosok yang semakin sadar akan peran pendidikan dan literasi bagi kaum perempuan Indonesia. Ma’ruf juga menyebut Kartini merupakan sosok yang mendorong Alquran diterjemahkan dalam bahasa Jawa.

“Kartini juga salah satu sosok yang mendorong diterjemahkannya Al-Qur’an ke dalam bahasa Jawa, sehingga semakin banyak yang bisa memahami kandungan Al-Qur’an. Kiai Sholeh memenuhi permintaan Kartini dengan menerjemahkan Surah Al Fatihah hingga Surah Ibrahim sebelum beliau wafat,” ujarnya.

“‘Minazzulumati Ilan Nuur’ Merupakan potongan ayat 257 dalam Surah al Baqarah yang kemudian diabadikan sebagai ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’,” tulis Ma’ruf lagi.

(mae/jor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ucapkan Hari Kartini, Jokowi Gelorakan Semangat Juang Ibu Kartini

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Jokowi mengucapkan Selamat Hari Kartini yang biasa diperingati pada 21 April setiap tahunnya.

Presiden Jokowi melalui akun medis sosialya, menyampaikan ucapan Selamat Hari Kartini untuk perempuan-perempuan Indonesia, para ibu bangsa, Minggu (21/4/2019) sekitar pukul 08.00 WIB.

“Mari terus menggelorakan semangat juang Ibu Kartini,” kata Jokowi.

jokowi menyebutkan semangat juang tersebut adalah semangat juang untuk membangun keluarga, masyarakat, bangsa, dan memajukan generasi penerus.

Cuitan itu diikuti dengan gambar animasi RA Kartini sedang berdiri membuka buku diikuti sejumlah perempuan dalam posisi duduk.

Di belakang gambar animasi itu terdapat tulisan Habis Gelap Terbitlah Terang. Selamat Hari Kartini – Presiden Joko Widodo.

Hingga Minggu sekitar pukul 09.00 WIB, cuitan itu sudah disukai 5.171 kali dan di tweet ulang 2.104 kali.

Kata-kata Putus Cinta, Buat Cepat Move On dan Semangat Lagi

1. “Perpisahan pastilah selalu menyakitkan, itu kewajaran pada manusia. Tetapi, yakinlah bahwa selalu ada rencana dibalik itu semua yang telah Tuhan rencanakan”

2. “Setiap akhir sebuah cerita, akan selalu mencipta-kan awal cerita baru, begitu juga dengan perpisahan”

3. “Lepaskanlah. Maka esok lusa, jika dia adalah cinta sejatimu, dia pasti akan kembali dengan cara mengagumkan. Ada saja takdir hebat yang tercipta untuk kita. Jika dia tidak kembali, maka sederhana jadinya, itu bukan cinta sejatimu.” Tere Liye

4. “Masa depan yang paling cerah akan selalu didasarkan pada masa lalu yang terlupakan, kamu tidak bisa terus hidup sampai kamu melepaskan kegagalan dan sakit hati di masa lalu.”

5. “Terkadang kamu harus menerima itu hanya karena kamu dapat memiliki ruang untuk seseorang di hatimu. Tapi itu tidak selalu berarti bahwa kamu harus memiliki ruang untuknya dalam hidupmu.”

6. “Setelah putus, ingatannya segar dan rasa sakitnya masih mentah. Tetapi setelah beberapa waktu, semuanya memudar dan kamu mulai sembuh.”

7. “Ketika hatimu hancur, kamu akan takut untuk memberikannya kepada seseorang lagi. Tetapi kamu harus percaya bahwa suatu hari, orang yang tepat akan datang dan orang itu akan memperlakukan hatimu sebagaimana layaknya diperlakukan.”

8. “Ketika kamu akhirnya menyadari bahwa dirimu lebih berharga daripada hubungan yang tidak bahagia dan memiliki keberanian untuk mengakhirinya dan melanjutkan hidup baru, kamu akhirnya bebas.”

Prediksi Juventus vs Ajax: Bianconeri Waspadai Semangat Darah Muda de Godenzonen

Jakarta Juventus akan menjamu Ajax Amsterdam di Allianz Stadium pada leg kedua babak perempat final Liga Champions musim 2018-2019, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. Duel kedua tim diyakini bakal berlangsung alot, layaknya leg pertama di Amsterdam.

Leg pertama di Amsterdam berkesudahan imbang. Cristiano Ronaldo membawa Juventus unggul di menit 45, tapi Ajax mampu menyamakan kedudukan jadi 1-1 lewat David Neres hanya beberapa detik setelah jeda.

Ronaldo, yang telah mencetak delapan gol dalam enam penampilan melawan Ajax, disimpan oleh pelatih Massimiliano Allegri saat main tandang kontra SPAL di Serie A akhir pekan lalu. Juventus mencetak satu gol lewat Moise Kean, tapi kalah 1-2 dan kehilangan tiga poin.

Juventusharus menunda pesta scudetto mereka, tapi Allegri tak mempermasalahkannya. Yang penting, Ronaldo dan beberapa pilar lain yang diistirahatkan bisa bugar maksimal saat menghadapi Ajax. Keane maupun Paulo Dybala juga disinyalir punya kans untuk main dari menit awal.

Jika ada yang sedikit memusingkan Allegri, mungkin itu adalah kondisi bek sentral dan kapten Giorgio Chiellini. Andai gagal fit tepat waktu, posisinya mungkin akan diisi oleh Daniele Rugani.

Siapa pun yang dimainkan, mereka tak boleh lengah, apalagi meremehkan Ajax. Real Madrid sudah jadi ‘tumbal’ permainan impresif anak-anak asuh Erik ten Hag di babak sebelumnya. Juventus tentu tak mau bernasib sama.

“Ajax selalu bermain dengan cara yang sama, tak peduli kandang atau tandang,” kata Allegri. “Itu artinya kami harus bermain dengan baik dan respek pada mereka. Ini akan menjadi laga sulit melawan tim yang sangat impresif.”

Akhir pekan kemarin, Ajax menang telak 6-2 dalam laga kandangnya melawan Excelsior di Eredivisie Belanda. Klaas-Jan Huntelaar mencetak hattrick, Dusan Tadic menyumbang dua gol, sedangkan Kasper Dolberg mencetak satu gol tak lama setelah turun dari bangku cadangan.

Gelandang andalan Ajax, yakni Frenkie de Jong, mengalami masalah hamstring di laga tersebut dan kondisinya meragukan untuk laga kontra Juventus. Namun jika tidak parah, dia bisa saja main penuh. De Jong jadi sosok penting untuk menghidupkan mesin permainan The Young Guns.

Hasil imbang 1-1 di Amsterdam membuat peluang kedua tim masih sama-sama terbuka. Kesalahan sekecil apa pun dalam duel seketat ini bisa berakibat fatal. Siapa yang mampu menjaga fokus hingga wasit meniup peluit panjang, dialah yang akan berpesta.

Addie MS Semangat Ramaikan Kampanye Akbar Jokowi di GBK

Liputan6.com, Jakarta – Antusiasme terhadap Kampanye Akbar Jokowi – Ma’ruf Amin yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (13/4/2019), diluapkan oleh beberapa selebritas. Salah satunya adalah Addie MS yang memang dikenal sangat mendukung kebijakan Presiden RI ke-7 itu.

Addie MS meluapkan antusiasmenya dengan mengunggah beberapa foto dan video terkait kampanye bertema Konser Putih Bersatu itu. Salah satu fotonya memperlihatkan Addie tengah mengangkat tangan kirinya sambil berteriak.

Ayo putihkan GBK..! Sabtu, 13 April, Pakai baju/kaus PUTIH. 17 tahun ke atas. Makan sebelum masuk GBK. Gratis,” tulis Addie MS sebagai ajakan berkampanye.

Selain itu, Addie MS juga sempat mengunggah video kampanye dengan keterangan, “Bukan hanya aku atau hanya kamu saja yang membangun negeri. Tapi KITA, yang membangun negeri. Kolaborasi adalah kunci membangun negeri. Kerja Kita, Kerja Indonesia!”

Ia juga mengajak warganet untuk menyaksikan live streaming kampanye ini sejak pukul 15.30 WIB. Diketahui, Addie MS turut mengisi panggung Konser Putih Bersatu. Selain Addie MS, turut hadir pula Slank dan beberapa penyanyi top lainnya.

Wali Kota Risma Beri Semangat Persebaya Jelang Final Piala Presiden 2019

Selain itu, wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya juga berharap kepada suporter Persebaya, bonek, untuk tidak berangkat ke Malang demi melihat partai final Piala Presiden besok. Apalagi, sudah ada larangan dari pihak yang berwajib untuk tidak berangkat ke Kota Apel.

“Untuk Bonekmania tercinta, ini sudah ada larangan dari pihak berwajib bahwa kalian semua tidak boleh berangkat ke Malang. Penyebabnya banyak sekali, supaya tidak ada korban lagi,” kata dia.

Menurut Risma, selama ini sudah banyak korban yang berjatuhan akibat permusuhan Aremania dengan Bonekmania. Makanya, ia berharap tidak ada lagi korban yang berjatuhan akibat permusuhan ini.

“Untuk bonek tercinta, tolong, satu nyawa, satu anak sangat berharga dan seperti ribuan orang bagi keluarganya. Ayolah, cukup korban yang kemarin-kemarinnya saja, tidak perlu ada korban lagi. Ayo kita ikuti apa yang telah dianjurkan untuk tidak ke Malang. Kita harus bersyukur masih diberi kesempatan untuk ada pertandingan di Surabaya dan Malang,” kata dia.

Persebaya Vs Arema FC: Hanif Bakar Semangat Singo Edan

Liputan6.com, Jakarta – Arema FC siap tempur menghadapi Persebaya Surabaya di laga pertama final Piala Presiden 2019. Sore ini, Tim Singo Edan akan jadi tamu tim Bajol Ijo di Stadion Gelora Bung Tomo.

Kubu Arema FC mengaku tak gentar meski harus tampil di kandang lawan. Mereka pun sudah siap menghadapi tekanan suporter fanatik Persebaya, Bonek.

Gelandang Singo Edan, Hanif Sjahbandi pun berusaha membakar semangat rekan-rekannya. Pemain asal Bandung itu meminta pasukan Arema FC benar-benar fokus di laga yang akan disiarkan Indosiar ini.

“Sebenarnya Persebaya ini bukan lawan mudah, tapi bukan lawan yang tidak bisa dikalahkan juga,” ujar Hanif di situs Wearemania. “Semoga dengan tensi yang tinggi ini bisa menambah motivasi dan kekuatan kami untuk menunjukkan ini loh Arema.”

Hanif, 22 tahun, menyebut, menjadi juara Piala Presiden untuk kedua kalinya, setelah edisi 2017, adalah target Arema FC yang tak bisa diganggu gugat. “Karena kami ingin memberikan kebahagiaan untuk Aremania dan warga Malang,” ungkap Hanif.

Semangat Pemilu dari Tenda Pengungsian Korban Gempa dan Tsunami Palu

Liputan6.com, Palu – Seorang ibu korban gempa bumi dan tsunami itu duduk di depan tenda tempat mereka mengungsi selama lima bulan terakhir sambil memerhatikan gambar calon presiden dan wakil presiden, kontestan Pilpres 2019.

“Tetap harus memilih pak, sebagai bentuk terima kasih kepada pemerintah atas bantuan yang selama ini diberikan kepada kami,” kata Salma, pengungsi korban tsunami di Desa Tompe, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah yang ditemui belum lama ini.

Ia dan suaminya adalah nelayan yang tinggal bersama tiga orang anak mereka di tenda berwarna putih bantuan sosial karena rumah mereka hancur disapu tsunami, 28 September 2019. Bencana gempa dan tsunami meluluhlantahkan sebagian besar wilayah pantai di Kabupaten Donggala, mengakibatkan banyak dari warganya yang kehilangan tempat tinggal dan harta benda bahkan sanak saudara.

Puluhan ribu jiwa terpaksa mengungsi. Banyak yang mengungsi di selter dan tenda-tenda pengungsi dan tidak sedikit yang tinggal di rumah keluarganya yang tidak rusak diguncang gempa bermagnitudo 7,4 pada skala richter itu.

Walau tengah dirundung duka dan trauma mendalam namun semangat merayakan demokrasi di tenda-tenda pengungsian Kecamatan Sirenja tampak tetap tinggi.

“Menggunakan hak suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April nanti adalah sesuatu yang wajib diikuti dan dimeriahkan oleh para pengungsi Donggala,” ujar Salma yang sedang menanti kepulangan suaminya dari melaut sore itu.

Duka dan kesedihan yang belum juga habis bukan menjadi penghalang bagi mereka untuk tidak memilih siapa pemimpin yang akan menahkodai mereka lima tahun ke depan.

“Tetap harus memilih sebagai bentuk terima kasih kepada pemerintah atas bantuan yang selama ini diberikan kepada kami,” kata Salma dilansir Antara.

Selain itu kata ibu tiga anak ini, menggunakan hak pilih saat pemilu nanti adalah suatu kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap orang yang mengaku warga negara Indonesia.

“Sebab pilihan kita akan menentukan nasib lima tahun ke depan. Yang penting ada surat panggilan untuk memilih, saya akan memilih. Saya dan keluarga tidak pernah golput,” ujarnya.

Hal serupa dikemukakan Adnan, pengungsi korban gempa di Desa Dampal, Kecamatan Sirenja.

“Selain karena kewajiban sebagai warga negara juga karena dorongan hati untuk dipimpin oleh pemimpin yang saya anggap baik,” ucap Adnan saat ditemui di kawasan hunian sementara (huntara) yang baru selesai dibangun.

Ada harapan ingin disampaikan Adnan yang seorang petani sekaligus anggota hansip desa, bahwa pemimpin yang dipilihnya nanti akan menentukan nasib bangsa Indonesia ke depan.

“Jangan sampai terjadi salah memilih pemimpin saat sudah di bilik suara nanti, apalagi hanya karena iming-imingan duit,” katanya.

Adnan sadar dirinya tidak ingin sampai salah memilih pemimpin hanya karena tawaran uang. “Pilihlah berdasarkan hati nurani. Kalaupun tetap dipaksa dikasih uang, ambil saja uangnya tapi jangan pilih si pemberi uang,” ucapnya sambil tertawa.

Adnan juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta mengamankan dan melancarkan jalannya proses pemungutan suara nanti.

Adnan menyadari sikap peduli itu penting dilakukan untuk menjaga mencegah aksi oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang ingin melakukan kecurangan ataupun mengacaukan jalannya pemungutan suara nanti.