Hasil Liga Inggris Semalam: Liverpool ke Puncak, MU Babak Belur

Liputan6.com, Liverpool – Kompetisi kasta teratas Liga Inggris berlangsung tadi malam. Sejumlah hasil mengejutkan terjadi, termasuk kekalahan Manchester United (MU) dan Arsenal.

MU harus kalah telak dari tuan rumah Everton dengan skor 0-4. Hasil ini membuat mereka tetap menempati peringkat keenam klasemen sementara Liga Inggris musim ini.

Arsenal takluk di hadapan pendukungnya sendiri setelah dibekap Crystal Palace 2-3. Padahal, MU dan Arsenal sama-sama tengah berjuang untuk finis empat besar.

Di sisi lain, Liverpool kembali ke puncak klasemen Liga Inggris setelah melibas tuan rumah Cardiff City 2-0. Dua gol The Reds disarangkan Georginio Wijnaldum pada menit ke-57 dan dan James Milner dari titik penalti menit ke-81.

Sehari sebelumnya, Manchester City mampu menundukkan Tottenham Hotspur dengan skor tipis 1-0. Sederet hasil itu membuat persaingan memperebutkan tiket ke Liga Champions musim depan semakin sengit.

Jokowi vs Prabowo Beda Jualan, Debat Semalam Dianggap yang Terbaik

Jakarta – Debat keempat pada Sabtu (30/3) kemarin dinilai sebagai debat capres terbaik sejauh ini. Joko Widodo dan Prabowo Subianto menawarkan jualan berbeda.

Pendiri Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), Hendri Satrio, melihat debat keempat kemarin sebagai yang terbaik karena menampilkan segala aspek yang penting dalam sawala.

“Inilah debat yang terbaik yang memang sesuai dengan harapan masyarakat,” kata Hendri kepada detikcom, Minggu (31/3/2019).

Penilaian Hendri didasari oleh aspek pertunjukan (show) yang terepresentasikan dengan memikat. Perdebatan semalam juga diisi dengan saling jual beli konsep, sehingga bisa membuat audiens terpukau. Level kepemimpinan kedua calon juga terlihat jelas.

“Sebetulnya kita lebih melihat level kepemimpinan para calon presiden kita lebih melihat level kepemimpinan para calon presiden kita yang mampu melihat secara helikopter view, tapi juga ada yang sangat peduli dengan hal-hal teknis,” kata Hendri.

Menurut Hendri, dia ada yang berbeda dari Jokowi dan Prabowo. Jokowi menawarkan jualan perbaikan birokrasi, sedangkan Prabowo menawarkan rasa aman bagi orang-orang.

“Pak Prabowo kemarin tampil dengan menjual rasa aman bagi seluruh rakyat Indonesia. Sementara, Pak Jokowi kembali seperti 2014, menjual perbaikan sistem untuk memperbaiki birokrasi yang ada di negera ini,” kata Hendri.

Jualan Jokowi disebutnya sama seperti jualannya pada Pilpres 2014 dulu, yaknni perbaikan sistem birokrasi. Kini tinggal masyarakat yang menentukan pilihan, lebih tertarik jualan Jokowi atau Prabowo. Dia mengamati gestur Jokowi saat debat kemarin.

“Nah kemudian nampaknya Pak Jokowi agak terkejut dengan penampilan Pak Prabowo yang berbeda dari debat pertama dan debat kedua. Sekali lagi itu adalah debat terbaik dari empat debat yang dilaksakanakan, dari sisi show, konten, dari sisi debat secara letter lux bahwa ada perbedaan pendapat antara satu sama lain,” tutur Hendri.
(dnu/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Memaknai Pusaka-Pusaka Keramat Peninggalan Padjajaran

Liputan6.com, Garut – Bagi masyarakat Garut, Jawa Barat, peninggalan benda pusaka, ajimat atau apapun jenisnya, peninggalan Kerajaan Padjajaran yang dipimpin Prabu Siliwangi dan Prabu Kiang Santang, kerap dianggap sakral dan bertuah.

Benda tersebut tersebar luas di beberapa tempat, salah satunya di situs Kabuyutan, Bayongbong dan Makam Syeh Rohmat Suci, Godog, Karangpawitan. Di kedua lokasi itu, puluhan hingga ratusan benda pusaka peninggalan kedua raja Padjajaran itu selalu mendapat tempat istimewa.

Salah satunya di Situs Kabuyutan, Bayongbong, di area seluas hampir satu hektare itu, masyarakat sekitar selalu menggelar acara ‘Seba Muharam’ setiap tahunnya.

Kegiatan tersebut merupakan ritual memandikan benda pusaka peninggalan Kerajaan Pajajaran, sekaligus membuka naskah kuno peninggalan raja. Di sana masyarakat minta keberkahan mulai urusan jodoh hingga rezeki lancar usaha.

Juru pelihara situs Kabuyutan atau pemangku adat Situs Ciburuy, Nana Suryana (35) mengatakan ritual itu merupakan bentuk penghormatan masyarakat atas jasa leluhur mereka dari Pajajaran, terutama Prabu Kiang Santang yang telah menyebarkan agama Islam di wilayah itu.

“Istilahnya ulang tahun,” ujar dia, dalam beberapa kesempatan.

Dalam ritual sehari semalam itu, rangkaian kegiatan dilakukan seluruh masyarakat sekitar, mulai memandikan benda pusaka, membukan naskah kuno dalam daun lontar yang masih tersusun rapih, hingga mereka yang meyakini ‘ngalap berkah’ dari benda peninggalan tersebut.

“Intinya bukan minta ke benda itu, tetapi kepada Alloh SWT,” ujar Nana menegaskan pentingnya tauhid.

Benda-benda pusaka seperti keris, kujang, trisula, termasuk alat-alat kesenian seperti Gong Renteng yang ditempatkan di Bumi Padaleman itu, sengaja dikeluarkan sesepuh masyarakat setempat, untuk mendapatkan perawatan dan perlakuan istimewa, meskipun hanya setahun sekali.

Tak jarang dalam acara yang dipusatkan di situs yang konon bekas arena pertarungan para jawara (jagoan) di Pulau Jawa itu, masyarakat berduyun duyun meminta berkah mulai urusan jodoh, rezeki lancar usaha hingga urusan jabatan, dari air atau makanan yang telah ‘disuguhkan’ sebelumnya di dalam bumi Padaleman itu.

2 dari 2 halaman

Ngalungsur Pusaka Godog

Tak hanya di Situs Ciburuy, puluhan benda pusaka peninggalan Kerjaan Padjajaran pun terkumpul di makam kramat Syeh Sunan Rohmat Suci Godog, Karangpawitan. Di sana, setiap tanggal 14 mulud (Maulid) setiap tahun, masyarakat sekitar selalu menggelar ritual ‘Ngalungsur Pusaka’.

Kegiatan itu sengaja untuk memamerkan sekaligus memandikan seluruh barang pusaka peninggalan Prabu Kiansantang yang diyakini hingga kini sebagai penyebar pertama agama islam di wilayah Garut dan sekitarnya.

“Ada tumbak, keris, golok, dan benda sejarah lainnya, ” kata dia.

Setiap tahunnya ribuan orang dari berbagai daerah selalu datang dengan harapan untuk mendapatkan keberkahan dari makam waliyulloh tersebut.

“Ada nilai sejarah Islam yang tersimpan di dalamnya,” ujar Yaya Mansyur (62), juru kunci makam Godog.

Namun dibanding dengan Situs Ciburuy, ritual Ngalungsur Pusaka yang berada di makam Godog, mesti diawali dengan bakti soslal terutama sunatan massal. Kegiatan itu merupakan amanat sang sunan, saat menyebarkan syiar islam di sana.

“Tidak bisa digantikan kegiatan lain,” kata dia.

Yaya menyatakan, meskipun ada pemandian dan penyucian benda pusaka, namun hal itu hanya budaya semata. Hal tersebut, justru dibutuhkan untuk lebih mendekatkan diri kepada sang maha pencipta Allah SWT.

“Tidak usah menjadi perdebatan, sebab di dalamnya terkandung makna ibadah kepada Allah,” ujarnya.

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Membuat Anda Terlihat Lebih Tua

Liputan6.com, Jakarta – Tak sedikit perempuan yang menginginkan kulit sehat dan cantik. Banyak perawatan yang dilakukan mulai dari pemakaian skincare hingga perawatan di dokter kecantikan.

Namun, kebanyakan orang mengabaikan kebiasaan yang seharusnya tidak dilakukan. Tanpa disadari kebiasaan buruk tersebut dapat membuat kulit Anda menjadi terlihat tua. Melansir theasianparent.com mengenai beberapa kebiasaan yang dapat membuat Anda terlihat lebih tua.

Tidak membaca kandungan bahan yang digunakan

Lakukan riset dan cari serum atau produk lain yang memenuhi kebutuhan kulit Anda. Asam Hyaluronic, misalnya, adalah bahan yang baik yang melembabkan, meremajakan, dan membuat kulit terlihat lebih muda. Produk yang kaya antioksidan, vitamin, dan minyak alami juga bekerja dengan baik untuk mengembalikan cahaya alami kulit.

Kurang memahami jenis kulit

Anda harus mengetahui apa jenis kulit yang sebenarnya pada wajah Anda. Meskipun sudah memahaminya, Anda harus benar-benar memperhatikan produk yang dipakai. Jika Anda memiliki kulit sensitif, jauhi toner.

Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, pengelupasan kulit adalah suatu keharusan. Jika memiliki kulit kering, Anda harus jauhi produk yang dapat memperburuk kulit kering Anda.

Mengabaikan diet dan olahraga

Tidak hanya perawatan untuk kulit yang dapat memancarkan kecantikan Anda. Terkadang, minum lebih banyak air dapat bekerja lebih baik daripada semua produk yang dipakai pada di wajah Anda. Riset membuktikan bahwa mengurangi gula dan meningkatkan asupan makanan super tertentu, seperti ubi, tomat, dan salmon, serta vitamin dan antioksidan dapat membantu Anda terlihat segar dan segar.

2 dari 2 halaman

Tidak sering mencuci kuas makeup

Mencuci kuas setidaknya dilakukan seminggu sekali menggunakan pembersih lembut yang dapat membantu melindungi kulit dari kontak kotoran dan bakteri. Menggunakan kuas makeup yang kotor dapat menyebabkan jerawat serta eksim.

Gonta-ganti produk secara berlebihan

Setelah Anda menemukan produk terbaik, usahkan agar tetap menggunakannya. Jika Anda belum menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, jangan khawatir. Wajar jika ada fase coba-coba. Anda akan menemukan produk yang dapat menyebabkan iritasi atau berjerawat.

Namun, Anda harus ingat bahwa produk yang terus berubah juga dapat merugikan Anda. Beberapa produk memerlukan waktu untuk diterapkan, jadi bersabarlah ketika menunggu hasil, karena biasanya tidak terjadi dalam semalam.

Mencuci wajah dengan air hangat

Meskipun menggunakan air hangat saat mencuci bisa menenangkan, itu sebenarnya bisa mengeringkan kulit Anda. Gunakan air yang hangat atau bersuhu normal saja. Beberapa selebritas, seperti Naomi Campbell, bersumpah untuk mencuci wajah dengan air dingin agar membuat dirinya terlihat lebih muda. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah

Sebelum Ijab Kabul di Tokyo, Syahrini Menginap di Hotel Mewah Ini

Liputan6.com, Jakarta – Syahrini dikabarkan bakal dinikahi Reino Barack pada Rabu, 27 Februari 2019 pagi di Masjid Camii Tokyo, Jepang. Sudah sejak beberapa hari ini, ia telah berada di Negeri Sakura.

Pelantun “Sesuatu” ini menginap di sebuah hotel mewah. Syahrini memperlihatkan sedikit interior kamarnya melalui akun Instagram.

Sayangnya, Syahrini tak menyebut nama hotel tersebut. Namun akun Instagram @teamsyahreino, melalui Instagram Stories memperlihatkan kemewahan hotel tempat Syahrini menginap.

Oh incess nginap di westin bersama dgn yg lainnya sdh 1 hari berasa 1 tahun incess,” tulis akun tersebut dengan memberi emotikon hati. 

2 dari 3 halaman

Semalam Rp 20 juta

Hotel The Westin Tokyo, merupakan salah satu tempat menginap yang mewah. Melalui aplikasi Traveloka, terlihat harga kamar untuk satu malamnya.

Satu kamar tanpa sarapan, harga sewanya kisaran dari Rp 6 hingga 9 juta. Lantas berapa harga kamar untuk Syahrini? Bisa jadi dia menginap di kamar paling mahal,  yang semalam dibanderol harga sewanya Rp 20 juta.

Dan, kalikan saja jika Inces Syahrini menginap di sana beberapa malam. 


3 dari 3 halaman

Siaran Langsung

Dikabarkan akun tersebut, pernikahan Syahrini dan Reino Barack juga akan disiarkan secara langsung oleh sebuah media infotainment.

Sulawesi Tengah Kembali Kehilangan Duta di LIDA 2019

Liputan6.com, Jakarta – Konser LIDA 2019 telah memasuki lanjutan fase top 48. Senin (25/2/2019), Konser LIDA 2019 menampilkan empat duta dari grup 8.

Keempat duta yang tampil dalam LIDA 2019 semalam adalah Yusuf (Maluku), Faul (Aceh), Iwan (Sumatera Barat) serta Endang (Sulawesi Tengah). Keempat Duta Provinsi memang telah memberikan penampilan terbaik mereka masing-masing, namun satu orang Duta harus tersisih dan meninggalkan panggung LIDA 2019.

Endang, duta Sulawesi Tengah harus terpaksa tersenggol karena hanya memperolah skor terendah sebesar 18.60. Dengan tersenggolnya Endang, membuat Provinsi Sulawesi Tengah kehilangan seluruh Duta Provinsinya dari LIDA 2019.

Sulawesi Tengah menyusul provinsi lainnya yaitu DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Papua, Sulawesi Barat, Riau dan Kalimantan Tengah yang telah terlebih dahulu tereliminasi di LIDA 2019.

2 dari 3 halaman

Pujian

Berbeda dengan Endang, nasib baik diperoleh Faul, Duta Provinsi Aceh, saat menyanyikan lagu “Bunga Dahlia”. Alhasil, Faul mendapat pujian dari Nassar.

“Penampilan Faul malam ini membuat saya tercengang dan saat interlude Faul bernyanyi beda dari seluruh penyanyi yang pernah menyanyikan lagu Bunga Dahlia,” kata Nassar di Panggung LIDA 2019, Senin (25/2/2019).

3 dari 3 halaman

Grup 9

Faul (Aceh) yang mendapatkan skor tertinggi 32.76 berhasil maju ke Top 36, begitu juga dengan Yusuf (Maluku) 28.39 dan Iwan (Sumatera Barat) 20.25. Konser Top 48 akan terus berlanjut ke Group 9 pada malam ini Selasa, 26 Februari 2019 dengan menampilkan Angga (Sumatera Utara), Haji (Bengkulu), Hanan (Jawa Barat) dan Waode (Sulawesi Tenggara).

Kini, LIDA 2019 hanya menyisakan 27 Provinsi yang masih semangat bersaing maju ke babak Top 36 untuk memperebutkan gelar juara dan mengharumkan nama provinsinya. Saksikan terus LIDA 2019 setiap hari LIVE pukul 19.00 WIB hanya di Indosiar, Luar Biasa!

Jejak Pesawat Malaysia Airlines yang Sempat Mendarat Darurat di Jambi

Jakarta – Pesawat Maskapai Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH-724 rute Jakarta-Kuala Lumpur mendarat darurat di Jambi semalam. Begini jejak pesawat tersebut yang kini sudah terbang kembali ke Kuala Lumpur.

Pesawat yang mendarat darurat tersebut adalah jenis Boeing 737-800 dengan nomor registrasi 9M-MXH. Jejak penerbangan pesawat tersebut dapat terlacak di situs FlightRadar24.

Pesawat Malaysia Airlines tersebut terbang pada Senin (25/2/2019) dari Jakarta pada pukul 20.25 WIB. Seharusnya, pesawat itu mendarat di Kuala Lumpur pada pukul 22.55 waktu setempat. Namun, pesawat dialihkan ke Bandara Sultan Thaha Jambi.

Dari hasil pelacakan FlightRadar24, pesawat terbang mengarah ke barat laut di pesisir Sumatera. Hingga kemudian, pesawat balik mengarah ke barat laut dan sempat berputar-putar di udara lalu mendarat di bandara Jambi.

Jejak Pesawat Malaysia Airlines yang Sempat Mendarat Darurat di JambiFoto: Jejak pesawat Malaysia Airlines yang mendarat darurat di Jambi (Flightradar24)

Sebelum terbang dengan rute Jakarta-Kuala Lumpur, pesawat 9M-MXH digunakan untuk rute Kuala Lumpur-Jakarta di hari yang sama. Pesawat Malaysia Airlines itu terbang pukul 18.31 waktu setempat dan mendarat pukul 17.18 WIB.

General Manager (GM) PT Angkasa Pura II Jambi, Yogi, mengatakan pesawat itu mengalami gangguan teknis, namun ia enggan menjelaskan lebih jauh karena bukan kewenangannya.

“Pastinya landing pukul 09.50 di Bandara Jambi. Permohonan mendarat awalnya komunikasi pilot dengan teman-teman Airnav Jambi. Nanti selanjutnya dengan bandara untuk persiapan segalanya. Pesawat berpenumpang 120 orang dengan kru tujuh orang, terbang lagi sekitar 01.59,” kata Yogi, seperti dilansir Antara, Selasa (26/2/2019).

Kini, pesawat tersebut sudah meninggalkan Jambi. Seperti terlacak di FlightRadar24, pesawat Malaysia Airlines itu terbang dari Jambi ke Kuala Lumpur pada pukul 02.11 WIB dan mendarat pukul 04.11 waktu setempat.
(imk/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

ABG di Aceh Terciduk Mesum di Masjid, KPAI Ingatkan Peran Guru dan Keluarga

Jakarta – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyayangkan kasus remaja yang terciduk sedang mesum di atas lantai dua Masjid Jamik, Saree, Aceh Besar. KPAI menilai tindakan asusila tidak dibenarkan di manapun tempatnya, apalagi di tempat ibadah.

“Ini hal yang tak boleh terjadi,” ujar Ketua KPAI Susanto saat dihubungi, Senin (25/2/2019).

Dalam kasus ini, Susanto mengingatkan agar tak ada pihak yang main hakim sendiri terhadap dua remaja tersebut. KPI menyoroti peran keluarga dan guru, serta kontrol masyarakat agar generasi muda tak melakukan tindakan penyimpangan.

“Kasus ini tentu harus menjadi evaluasi bersama, penguatan pengasuhan dalam keluarga, kontrol masyarakat, peran guru perlu ditingkatkan agar anak tidak melakukan hal yang tak patut,” kata dia.

Sebelumnya, dua remaja berusia 16 tahun dan 17 tahun kepergok warga sedang mesum di atas lantai dua Masjid Jamik. Video keduanya pun viral di media sosial.

Sat Pol PP dan WH Aceh Besar sudah menangkap dua remaja itu. Penangkapan berawal dari kecurigaan warga terhadap gerak-gerik keduanya. Saat itu, jemaah masjid baru siap melaksanakan salat magrib.

“Mereka ditangkap semalam pukul 19.30 WIB,” kata Kasat Pol PP dan WH Aceh Besar M Rusli saat dimintai konfirmasi detikcom.

Kedua remaja tersebut kemudian dibawa ke Mapolsek Lembah Seulawah untuk diamankan. Namun karena warga juga ingin mendatangi Polsek, pasangan tersebut dibawa ke Mapolres Aceh Besar untuk mencegah hal buruk terjadi pada kedua remaja tersebut.

“Tadi malam sekitar pukul 03.00 WIB, keduanya kita bawa ke Satpol PP dan WH Provinsi. Sementara mereka ditahan di sana karena di Satpol PP-WH Aceh Besar fasilitasnya kurang memadai,” ungkapnya.
(idn/aud)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Wall Street Melonjak Usai Trump Tunda Kenaikan Tarif Impor China

Liputan6.com, New York – Bursa saham Amerika Serikat atau Wall Street naik pada hari Senin (Selasa pagi WIB) setelah Presiden Donald Trump menyatakan akan menunda penerapan tarif tambahan pada barang-barang China.

Dikutip dari CNBC, Selasa (26/1/2019), indeks Dow Jones Industrial Average melonjak sebanyak 209,61 poin sebelum ditutup 60,14 poin lebih tinggi di level 26.091,95 ditopang kenaikan saham Caterpillar dan DowDuPont.

Indeks S&P 500 naik 0,1 persen menjadi 2.796,11 karena penguatan sektor material dan teknologi. Indeks Nasdaq naik 0,36 persen menjadi 7.554,46. Indeks utama jatuh ke posisi terendah hari ini di menit terakhir perdagangan.

Donald Trump mengatakan dalam serangkaian tweet bahwa AS tidak akan menambah tarif impor China pada awal Maret.

“Saya senang untuk menyampaikan bahwa AS telah melakukan kemajuan penting dalam perbincangan kami tentang perdagangan dengan Cina dalam isu struktural penting termasuk hak cipta intelektual, transfer teknologi, pertanian, pelayanan, pertukaran mata uang, dan bayak isu lainnya,” cuit Trump.

“Sebagai hasil dari percakapan produktif ini, saya akan menunda kenaikan tarif yang sebelumnya ditetapkan 1 Maret. Dengan asumsi bahwa kedua belah pihak membuat kemajuan berarti, kami merencanakan pertemuan antara Presiden Xi dan saya, di Mar-a-Lago, untuk meneguhkan kesepakatan.”

Tak hanya Wall Street, Bursa saham China menguat menyambut tweet Trump semalam. Shanghai Composite melonjak 5,6 persen, membukukan kenaikan satu hari terbesar sejak 9 Juli 2015. Sementara itu, dana yang diperdagangkan di bursa iShares China Large-Cap (FXI) naik 2 persen dalam perdagangan AS. Saham Caterpillar dan Boeing masing-masing naik 1,97 persen dan 0,67 persen.

“Selama China dan AS berbicara, pasar akan berpikir bahwa sesuatu akan dilakukan,” kata Michael Cuggino, Presiden di Permanent Portofolio Funds. “Itu hal yang baik.”

Tak hanya itu, pasar saham juga terangkat usai General Electric mengumumkan akan menjual bisnis biofarmasi ke Danaher seharga USD 21,4 miliar. Berita kesepakatan itu mengirim saham GE naik lebih dari 6 persen. Saham Danaher juga melonjak 8,5 persen.

Sementara itu, Barrick Gold meluncurkan penawaran untuk mengakuisisi Newmont Mining sebesar USD 7 miliar dalam kesepakatan seluruh saham. Jika disetujui, kesepakatan itu akan datang setelah bertahun-tahun harga emas stagnan. Logam mulia telah diperdagangkan antara USD 1.000 dan USD 1.400 per ounce dalam beberapa tahun terakhir.

Indeks utama dimulai seminggu setelah seminggu yang solid. Dow dan Nasdaq membukukan kenaikan mingguan kesembilan berturut-turut minggu lalu, sementara S&P 500 mencatat delapan kenaikan satu minggu dalam sembilan.

Bejat Moral ABG Aceh Mesum di Atap Masjid

Banda Aceh – Sepasang anak baru gede (ABG) tepergok tengah mesum di Masjid Jamik, Saree, Aceh Besar. Peristiwa ini sempat membuat heboh dan emosi warga.

Dirangkum detikcom, Senin (25/2/2019), peristiwa ini berasal dari kecurigaan warga. Kedua ABG ini pergi ke lantai dua masjid di saat jemaah akan salat magrib.

“Keduanya masih di bawah umur. Yang cowok berusia 16 tahun dan cewek 17 tahun. Mereka ditangkap semalam pukul 19.30 WIB,” kata Kasat Pol PP dan Wilayatul Hisbah (WH/polisi syariat) Aceh Besar M Rusli saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (25/2/2019)


Warga yang curiga kemudian mengecek ke lokasi karena curiga. Warga menemukan keduanya tengah berhubungan badan.

Aksi bejat tak bermoral itu sempat direkam warga. Saat ditangkap, remaja laki-laki sempat mencoba kabur.

“Waktu itu warga cukup ramai dan yang cowok sempat dipukul,” jelas Rusli.

Saat ini keduanya ditahan di kantor Satpol PP dan WH Aceh. Sebab fasilitas di Aceh Besar tidak memadai. Rencananya, kedua ABG ini akan diserahkan ke penyidik Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polda Aceh.

Setelah ditahan, keduanya diperiksa penyidik Satpol PP dan Wilayatul Hisbah (WH/polisi syariat). Namun penyidik masih mengkaji dulu apakah keduanya dapat dikenakan Qanun Jinayah dengan ancaman hukuman cambuk.

“Kayaknya tidak bisa dikenakan Qanun Jinayah karena masih di bawah umur. Tapi kita lihat dulu proses di penyidik. Mungkin dikenakan sanksi adat. Mungkin,” kata Rusli.

Kasat Pol PP dan WH Aceh Dedy Yuswadi mengatakan hukuman yang bakal dikenakan terhadap keduanya juga bergantung pada hakim atau penyidik. Jika dinilai cukup barang bukti, kasusnya akan diserahkan ke Jaksa.

“Itu tergantung hakim. Nanti (tergantung) diproses di penyidik juga. Kalau cukup alat bukti mungkin diserahkan ke jaksa, jaksa yang meneruskan ke pengadilan,” jelas Dedy.
(jbr/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>