ABL: Lewat Overtime, CLS Bekuk Momo Vampire

Liputan6.com, Jakarta BTN CLS Knights Indonesia mengakhiri tren negatif di ABL 2018-2019. Lewat babak tambahan waktu, CLS menang atas Mono Vampire Thailand 109-102, dalam lanjutan Asean Basketball League (ABL) 2018-2019 di GOR Kertajaya, Surabaya, Sabtu (16/2/2019).

Pemain asing CLS Maxie Esho mencetak double-double di pertandingan ini dengan torehan 37 poin, 13 rebound serta membuat lima assist dan dua assist. Rekannya Douglas Herring Jr turut membuat double-double pada game ini (26 poin dan 11 assist). Sementara itu, Michael Anthony Singletary menjadi topskor untuk Momo Vampire dengan catatan statistic 29 angka, sembilan assist dan lima rebound. 

BTN CLS Knights Indonesia menurunkan lima pemain intinya yakni Darryl Watkins, Douglas Herring Jr, Maxie Esho, Brandon Jawato dan Wong Wei Long yang bertindak sebagai kapten tim pada pertandingan malam ini. Sementara Mono Vampire Basketball Club Thailand di perkuat oleh Frederick Lish yang merupakan mantan punggawa CLS Knights di musim lalu.

Kuarter pertama baru berjalan beberapa menit, Maxie Esho membuat gemuruh penonton yang hadir langsung di Kertajaya lewat aksi dunknya. Sayangnya setelah itu Darryl Watkins langsung mendapatkan dua kali foul dan membuat pelatih Brian Rowsom menariknya keluar untuk digantikan dengan Firman Dwi Utomo. Di akhir, Mono Vampire akhirnya berhasil unggul satu bola saja 17-18.

Tensi pertandingan semakin memanas memasuki 10 menit berikutnya. Darryl Watkins yang kembali diturunkan Brian Rowson terpancing provokasi pemain lawan Malcolm White, membuatnya kembali duduk dibangku cadangan dan mendapatkan tiga kali hukuman. Hilangnya Watkins, membuat Mono leluasa mencetak angka. Tapi tuan rumah membalasnya dan lantas berbalik unggul. Sembilan poin beruntun yang dicetak Douglas Herring Jr di kuarter ini dan ditutup tembakan tiga angka Brendan Jawato akhirnya membawa mereka unggul menutup kuarter pertama 42-41.

Tuan rumah kembali unggul di akhir kuarter tiga 69-64. Sayangnya mereka  lengah di akhir kuarter keempat, Mono Vampire akhirnya memaksa kebabak tambahan waktu (92-92). Maxie Esho cs akhirnya bangkit dan menambah 17 angka lagi sekaligus meraih kemenangannya yang kesepuluh.

2 dari 2 halaman

Bangga

“Saya bangga dengan perjuangan kalian yang tidak pernah menyerah. Ini kemenangan yang sangat penting dihadapan para fans kita. Tapi selanjutnya kalian harus bermain lebih tenang dan pintar lagi dalam menghadapi pressure yang ketat seperti game tadi. Pertandingan melawan Saigon Heat merupakan pertandingan yang sangat penting. Kita sudah kalah 2-0, Saya ingin kalian fokus dan tetap fights untuk merebut kemenangan di kandang mereka. Great job untuk hari ini,” papar Brian Rowsom di kamar ganti pemain setelah pertandingan usai.

BTN CLS Knights Indonesia akan bertanding kembali dalam laga tandang selanjutnya melawan Saigon Heat pada tanggal 24 Februari mendatang.

Mau Keuangan Keluarga Aman di Masa Depan? Begini Caranya!

Liputan6.com, Jakarta – Masalah keuangan merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi di dalam pernikahan, entah itu bagi pasangan yang baru menikah atau tidak. Namun sebenarnya begitu banyak cara untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Apakah Anda termasuk yang memiliki permasalahan yang sama? Mau tahu bagaimana cara mengatur keuangan masa depan Anda dan pasangan agar selau aman? Berikut merupakan tips-tipsnya:

1. Daftarkanlah Asuransi bagi Anda dan Pasangan

Anda dan pasangan harus memiliki asuransi jiwa, dan pastikan jika pasangan Anda sebagai penerima. Ada banyak jenis asuransi jiwa yang tersedia, jadi pastikan untuk meluangkan waktu untuk mencari tau terlebih dahulu pilihan Anda. Perhitungkanlah dengan teliti keunggulan dan kekurangan setiap asuransi yang ada.

Melakukan ini untuk satu sama lain adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan cinta karena sama saja dengan memastikan Anda dan pasangan dijaga dan jika suatu hari nanti diantara kalian sakit, maka untuk biaya pengobatannya sudah aman terkendali.

2 dari 3 halaman

2. Buatlah Skala Prioritas Kebutuhan

Jika saat ini keuangan Anda sedang membaik, maka janganlah memikirkan untuk boros bersama pasangan Anda. Buatlah skala prioritas kebutuhan saat ini, dan segeralah penuhi hal tersebut.

Ini akan membantu keungan Anda kedepannya karena tidak perlu lagi mengeluarkan untuk hal ini. Misal, skala prioritas Anda dan pasangan saat ini yaitu memiliki rumah dan jika saat ini uang Anda cukup untuk membelinya maka belilah hal tersebut terlebih dahulu.

3. Sederhanakanlah Gaya Hidup Anda

Gaya hidup yang sederhana dan tidak berlebihan akan mengantarkan ke gerbang kebahagiaan bersama. Karena dengan hidup sederhana Anda dan pasangan dapat menghemat begitu banyak uang yang Anda miliki.

Tentunya ini dapat membuat Anda menabung dan akhirnya keuangan di masa depan akan begitu aman karena adanya tabungan ini. Mulailah mengurangi anggaran pengeluaran yang tidak terlalu penting. Hal ini akan semakin membantu Anda untuk menabung.

3 dari 3 halaman

4. Lunasilah Semua Utang

Jika Anda dan pasangan menginginkan keuangan masa depan yang aman dan terkendali, untuk itu mulailah lunasi semua hutang yang dimiliki. Jangan menunda-nunda untuk melunasinya semakin lama utang tersebut dilunasi maka semakin lama pula keuangan Anda dan pasangan terbengkalai.

Selain itu, jika Anda ingin mengambil cicilan biaya atau utang dengan bunga maka bijaksanalah dan berusahalah untuk melunasinya secepat mungkin.

5. Buatlah Keputusan Keuangan yang Bijaksana

Jika Anda ingin keuangan Anda dan pasangan terjaga dan aman maka buatlah keputusan keuangan yang bijaksana pula. Jangan takutlah untuk mengatakan tidak jika pasangan Anda sedang ingin membeli sesuatu yang tidak terlalu penting, tegurlah pasangan Anda jika sudah mulai boros.

Untuk memiliki keuangan yang aman dan terkendali sebenarnya kuncinya terdapat pada diri Anda sendiri. Semakin Anda tegas dalam mendisiplinnkan diri, maka semakin berjalan dengan lancar pula keuangan Anda nantinya.

Elipitua Siregar Siap Tempur di One: Clash of Legends

Liputan6.com, Jakarta – Atlet mixed martial arts (MMA) asal Indonesia, Elipitua Siregar saat ini sedang berada di Bangkok, Thailand, dalam persiapan akhir menuju gelaran ONE: CLASH OF LEGENDS.

Selain Elipitua Siregar, gelaran bersejarah ini akan menjadi saksi perebutan perdana gelar juara ONE Bantamweight Muay Thai World Title antara Nong-O Gaiyanghadao dan Han Zi Hao.

Pertandingan utama ini merupakan bagian dari pertandingan fenomenal antara petarung-petarung kelas dunia di ONE: CLASH OF LEGENDS. Sebagian besar pertandingan yang akan diadakan di Impact Arena menampilkan petarung ONE Super Series terbanyak dalam sejarah ONE Championship.

Sebagai satu-satunya petarung ONE Championship asal tanah air dalam ajang tersebut, Elipitua Siregar akan menghadapi Liu Peng Shuai asal Cina, di dalam pertandingan divisi strawweight.

Pria yang akrab disapa ‘Pitu’ ini tergabung di bawah Bali MMA dan telah mencatatkan tiga rekor kemenangan beruntun sepanjang tahun 2018, yang menjadi motivasi utamanya untuk membela merah putih di negeri Gajah Putih.

Kemenangan pertama langsung diraih Pitu dalam pertandingan debut pada bulan Mei tahun lalu melawan atlet Indonesia, Dodi Mardian, di gelaran ONE: GRIT AND GLORY. Atlet asal Sumatera Utara ini melanjutkan dengan kemenangan atas Phat Soda pada September lalu, dalam ajang ONE: BEYOND THE HORIZON di Shanghai, Cina.

Menutup tahun 2018, ia kembali mencatatkan kemenangan atas Muhammad Imran dalam ONE: WARRIOR’S DREAM pada bulan November di Jakarta.

Sejak berada di Bangkok hari Selasa, Pitu terus melakukan persiapan final demi menyajikan penampilan terbaik dan mempertahankan catatan rekor kemenangan di awal tahun ini. Bersama tim pelatihnya, juara gulat nasional ini juga intens melakukan observasi dan analisis atas calon lawannya, Liu Peng Shuai.

“Lawan saya bagus dalam striking, jadi defense dan blok saya harus rapat dan saya harus menjaga jarak,” ujar Elipitua.

Selain melakukan persiapan final secara teknis, Elipitua pun beradaptasi dengan suasana Thailand dengan mendatangi beberapa lokasi pariwisata, guna relaksasi dan jelang laga. Menurut Pitu,

“Rekreasi itu penting agar kita tidak terbebani oleh pikiran menang dan kalah saja. Perlu ada santainya. Saya ingin merasakan bedanya suasana pantai di Bali dan Thailand”.

Petarung Indonesia ini juga berencana mencicipi wisata kuliner khas Thailand, setelah pertandingan usai. “Kalau sebelum bertanding, makanan bisa mempengaruhi berat badan. Jadi, mungkin nanti setelah hari Sabtu,” pungkasnya.

Pitu menyadari betul bahwa mental yang kuat dan kondisi fisik yang prima akan menjadi modal utama kemenangannya di laga ONE: CLASH OF LEGENDS di Bangkok, yang akan semakin membawanya lebih dekat pada peluang merebut gelar juara divisi strawweight; yang saat ini dipegang petarung asal Jepang, Yosuke Saruta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Timses: Jokowi Andalkan Jatim untuk Menang di Pilpres 2019

Jember – Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Irjen Pol (Purn) Mahfud Arifin menargetkan kemenangan Paslon Jokowi-Ma’ruf Amin 70 persen di Jember. Target tersebut sama dengan target kemenangan Jawa Timur.

Dengan prosentase kemenangan tersebut, Mahfud berharap para tim kampanye di daerah untuk proaktif. Dan khusus Jember, dapat meraih kemenangan yang sama seperti Pilpres tahun 2014.

Pernyataan tersebut disampaikan Mahfud saat menghadiri Deklarasi dan Raker Barisan Relawan Penggerak Desa (BRIGADE) 01 di Gedung Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Jalan Nusa Indah, Kecamatan Patrang, Sabtu (16/2/2019).

“Saat saya menemui Presiden beberapa waktu lalu, beliau berpesan agar Jawa Timur harus dipertebal. Karena kekuatan itu ada di Jatim,” ujar Mahfud saat dikonfirmasi wartawan usai deklarasi.

Segala titik kelemahan segera diisi oleh para relawan. Dari kampung ke kampung, desa ke desa. Sampai level paling bawah untuk terus diberi pemahaman.

“Karena untuk target sendiri, apalagi dari Jember ini cukup kuat, untuk mendukung Jember. Tinggal mempertebal (perolehan suara) apalagi dulu pada tahun 2014 (Pilpres), kita menang. Aura kemenangan terasa kuat kok,” ujar Mantan Kapolda Jatim ini.

Apalagi didukung partai, bupati dan pimpinan DPRD, lanjutnya, yang semuanya koalisi untuk memenangkan Jokowi-Amin.

“Pak Jokowi Jelas hasilnya, didukung partai yang jelas, tinggal perkuat lah. Untuk kampanye pun, boleh kok tiap Sabtu dan Minggu, bupati dan pimpinan DPRDnya,” tandasnya.

Lebih jauh terkait upaya untuk mempertebal target perolehan suara di wilayah Jawa Timur. “Yakni wilayah Mataraman, Jember beberapa titik, Bondowoso, dan Madura juga sudah,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua BRIGADE 01 Jember Ayub Junaidi menyampaikan, pihaknya sudah komitmen dan siap untuk mendukung Jokowi-Amin menang dalam Pilpres 17 April mendatang.

“Upaya kami, di tiap TPS ada relawan. Totalnya ada 7.666 orang dan siap untuk kemenangan Jokowi,” tandasnya.

Machfud meminta doa dan dukungan agar Jember dan Indonesia semakin maju ke depan di bawah kepemimpinan Jokowi-Maruf. Hal itu dilakukan aat bertemu dengan para ulama di Ponpes Raudlatul Ulum.

“Pilpres ini bukan cuma soal Pak Jokowi, bukan soal Kiai Maruf. Tapi upaya kita menghadang kelompok tertentu yang sedang membajak demokrasi untuk mengingkari NKRI dan Pancasila. Kita harus lawan. Caranya bagaimana? Coblos Jokowi,” ujarnya.
(fat/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Fitur Canggih Ini Bikin Maling Mobil Kebingungan, Lihat Cara Kerjanya

Liputan6.com, Jakarta – Maling mobil selalu mencari cara untuk melakukan tujuannya. Bahkan mobil yang mengadopsi fitur keyless-entry tak luput dari aksi pencurian.

Meskipun demikian, maling bisa dibuat kebingungan oleh Tesla Model 3 yang disebut anti maling. Sebab, Tesla baru saja membekali Model 3 dengan fitur baru yang membuatnya lebih aman saat parkir.

Dilansir Carscoops, fitur itu bisa ditemukan pada menu Safety & Security, pada central touchscreen di dalam kendaraan. Lalu, pemilik bisa mengaktifkan Pin To Drive, yang mana fitur ini harus memasukkan kode verifikasi terlebih dahulu untuk menyalakannya.

Selain itu juga ada mode manual entry dari Tesla App, yang membutuhkan keycard. Serta, ada Security Alarm baru yang bisa aktif dan berbunyi saat pintu dibuka menggunakan kunci yang salah.

Tesla juga mengenalkan fitur Sentry Mode. Fitur ini akan memonitor sekitaran tempat parkir. Jika sensor mendeteksi kemungkinan ancaman, kamera pada mobil akan merekamnya dan sistem alarm akan diaktifkan.

Dengan sistem yang sangat ketat ini, diharapkan Tesla Model 3 tak menjadi sasaran maling.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

4 Cara Mudah Mencegah Motor Kemalingan

Meningkatnya minat dan kebutuhan akan sebuah kendaraan, membuat tindak kejahatan berupa pencurian motor sebagai peluang mendapatkan dana dengan mudah.

Faktanya, kasus tindak kejahatan curanmor (pencurian kendaraan bermotor) hingga saat ini semakin meningkat. Umumnya para oknum dan pelaku curanmor dapat dengan mudah melakukan tindak kejahatan dengan terlebih dulu mengawasi gerak gerik korban.



Seperti dilansir Suzuki Indonesia, Selasa (29/01/19), tindak kejahatan pencurian biasanya terjadi dengan cepat dan tepat. Untuk mencegah kasus tersebut, berikut beberapa tips untuk mencegah motor menjadi sasaran para pelaku curanmor.

Kunci Setang

Hal ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Terkadang pemilik lupa dan kurang teliti saat memparkirkan kendaraan. Motor yang diparkir dengan kondisi tidak terkunci setang akan sangat mudah menjadi sasaran eksekusi.

Pasang Pengaman Tambahan

Menambahkan alat pengaman lainnya juga dapat mempersulit pencuri untuk membawa motor yang dinginkan. Tambahan pengaman pada motor berupa gembok yang dipasang pada lubang cakram depan.

Pasang Stiker Tanda Pengenal dan Alarm

Stiker tanda pengenal khas mampu membantu pemilik mengenali motor kesayangan. Tak lupa tambahkan sistem alarm anti maling pada motor. Anda bisa memasangnya melalui bengkel resmi.

Pasang Sistem Keyless Ignition System

Sistem keyless ignition system juga bisa membuat motor menjadi lebih aman. Sistem ini akan mendeteksi kunci remote dalam radius 1 m. Jika terdeteksi itu artinya pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin.

Ketika kunci remote berada di luar radius, maka secara otomatis mesin motor mati dan akan langsung terkunci. Hal ini akan membuat motor menjadi lebih aman karena lebih sulit untuk dicuri.


3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Opera Sabun Mauro Icardi

Liputan6.com, Milan – “Di belakang setiap pria hebat, pasti ada wanita hebat,” mungkin inilah peribahasa yang ada di benak Wanda Nara. Namun, banyak fans Inter Milan mungkin tak setuju dengan hal tersebut. Bagi mereka, Wanda adalah racun dalam karier suaminya, Mauro Icardi.

Semua berawal dari masalah kontrak baru. Mauro Icardi masih terikat kontrak di Inter sampai 2021, tapi terus dikejar tim-tim besar. La Beneamata merasa harus bergerak cepat untuk memagari Icardi.

Negosiasi pun dilakukan, namun berlangsung alot. Selama negosiasi, komentar Wanda sering berubah-ubah.

Dia pernah berkata Mauro Icardi sudah pasti menandatangani kontrak baru, lalu mengubah komentar itu sepekan kemudian. Dia juga mengatakan situasi Icardi masih tidak jelas.

(AFP/Miguel Medina)

Komentar-komentar Wanda inilah yang jadi awal permasalahan. Pihak klub tidak terima, tetapi Wanda ngotot. Terjadilah perang kecil di antara keduanya dan yang jadi korban adalah Icardi.

Inter mencopot ban kapten pemain asal Argentina itu dan memberikannya kepada kiper Samir Handanović. Hal ini sangat memalukan bagi Icardi.

AFP/Miguel Medina)

“Ada perang kecil antara manajemen dengan Wanda Nara, yang sering muncul di media dalam beberapa pekan terakhir. Icardi telah membuktikan diri sebagai kapten luar biasa di lapangan, tapi dalam situasi seperti ini dia selalu memihak istrinya,” kata Jatin Dietl, Area Manager Transfermarkt.

“Itulah yang menyebabkan permasalahan dalam tim,” imbuh dia.

2 dari 2 halaman

Marotta Marah Besar

Beppe Marotta (GABRIEL BOUYS / AFP)

Hal yang sama juga dibocorkan oleh Mario Sconcerti, jurnalis kawakan yang sudah lama bekerja di sekitar Inter. Dia menyebut masalah ini dimulai dari sikap Wanda, yang membuat Direktur Inter, Giuseppe Marotta marah besar.

“Situasi Icardi di Inter semakin tidak bisa dikendalikan. Telah terjadi perpecahan dalam beberapa pekan terakhir, dan Wanda terus memancing masalah, situasi ini nyaris berada di titik jenuh,” kata Sconcerti.

“Marotta terpaksa turun tangan dan harus melakukannya dengan cara yang jelas dan resmi. Wanda telah memecah belah Inter,” imbuh dia.

“Saya sudah melihat situasi yang serupa, ketika para pemain tetap memihak istrinya dengan setia. Tapi kisah Icardi telah berubah menjadi sesuatu yang tidak bisa Anda terima. Dia telah menyerang fondasi klub,” ucapnya.

Gara-gara masalah ini, Inter mulai mempertimbangkan opsi melepas Icardi. Adalah Juventus yang mulai melakukan negosiasi tahap awal dengan La Beneamata.

Mungkinkah Icardi pindah ke Juventus yang notabene rival abadi Inter? Kita tunggu saja.

(AFP Photo/Josep Lago)

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Usai Lakukan Tindik Hidung, Gadis Ini Malah Alami Kelumpuhan

Liputan6.com, Jakarta Tindik adalah salah satu tren yang masih awet hingga saat ini. Banyak orang yang menindik bagian tubuhnya seperti hidung atau area tubuh lainnya untuk memperindah penampilan.

Namun siapa yang menyangka bahwa melakukan penindikan pada anggota tubuh akan mengakibatkan kelumpuhan. Hal ini ternyata dialami oleh gadis 20 tahun asal Brazil bernama Layane Dias.

Dilansir oleh Liputan6.com dari WorldofBuzz, Sabtu (16/2/2019), akibat menindik hidungnya, Layane saat ini harus menggunakan kursi roda untuk beraktivitas. Dokter menduga kelumpuhan ini disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Staphylococcus aureus.

2 dari 4 halaman

Hidung Mulai Meradang

Peristiwa ini dimulai pada Juli 2018 lalu ketika Layane mencoba untuk menindik hidungnya. Beberapa minggu usai penindikan, Layane merasa ada yang aneh pada hidungnya. Ia merasakan bengkak dan meradang pada ujung hidungnya. Selain itu ia juga merasakan sakit pada kedua kakinya.

Awalnya, Layane mengabaikan peradangan tersebut. Ia juga tak curiga akan ada sesuatu buruk yang terjadi padanya.

“Saya pikir itu hanyalah sebuah bintik kecil, tetapi itu menyebabkan demam. Saya coba menyembuhkannya sendiri, saya memakaikan krim dan seminggu kemudian, bintik itu menghilang,” katanya.

Malangnya usai bintik tersebut menghilang, Layane justru merasakan sakit pada kedua kakinya dan tak kunjung hilang. Rasa sakit yang semakin memburuk dan tak tertahankan ini membuatnya harus dilarikan kerumah sakit.

3 dari 4 halaman

Kasus Luar Biasa

Awalnya para dokter bingung dengan gejala-gejala yang dialami oleh gadis ini. Namun hasil pemeriksaan darah menyatakan bahwa ada bakteri Staphylococcus aureus dalam aliran darahnya. Kasus ini merupakan kasus yang tidak biasa.

Para dokter kemudian bertanya kepada Layane apakah ada luka di hidungnya, karena bakteri ini biasanya ditemukan di hidung. Saat itulah Layane memberi tahu para dokter tentang penindikannya yang terakhir. Sekadar informasi, sekitar 30% orang memiliki bakteri ini di hidungnya.

Sayangnya, rasa sakit luar biasa pada kedua kakinya perlahan berubah menjadi mati rasa yang membuat Layane tak dapat berjalan. Layane segera dipindahkan ke rumah sakit lain dan dari hasil MRI mengungkapkan bahwa ia memiliki 500 mm nanah yang menekan tiga tulang belakang di bagian sumsum tulang belakangnya.

Layane segera dipindahkan ke ruang operasi untuk operasi darurat karena nanah tersebut dapat menyebabkan infeksi fatal. Dokter bedah, Oswaldo Riberio yang telah malang melintang di dunia medis selama 15 tahun mengatakan belum pernah melihat infeksi bakteri yang disebabkan oleh penindikan.

“Ketika cairan dikeluarkan, sumsumnya terkompresi dan ini mencegah kondisinya memburuk,” kata ahli bedah tersebut. Operasi tersebut sukses tetapi Layane tetap tidak dapat menggunakan kedua kakinya. Kemungkinan terbesar yang harus dihadapi Layane adalah ia harus duduk di kursi roda selama sisa hidupnya.

4 dari 4 halaman

Tetap Menikmati Hidup

Saat mengetahui bahwa Layane harus terus bergantung dengan kursi roda, awalnya ia merasa sedih dan terpukul. Namun kemudian ia mendapat kekuatan saat melihat orang-orang seusianya yang juga menggunakan kursi roda.

“Saya sangat terpukul. Pada awalnya, ini adalah situasi yang sangat menyedihkan. Hidup saya banyak berubah tetapi saya merasa bahagia ketika meninggalkan rumah sakit. Saya telah bertemu anak muda lainnya yang menggunakan kursi roda dan saya menyadari bahwa saya bisa bahagia seperti ini (di kursi roda),” katanya.

Layane percaya bahwa ia juga dapat tetap bahagia meski harus beraktivitas dengan kursi roda. Saat ini Layane sudah aktif bermain bola basket dan bola tangan.

Quick Count Pilpres 2014 Diungkit, Husin Yazid Serang Balik Hamdi Muluk

Jakarta – Anggota Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) Hamdi Muluk menyebut Indomatrik cuma ganti nama dari Puskaptis. Direktur Riset Indomatrik, Husin Yazid, menyerang balik Hamdi.

Yazid menyebut Hamdi tidak independen dan melibatkan lembaga survei yang ada di bawah naungan Persepi untuk mendukung Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok di Pilgub DKI 2017. Ini lantaran Hamdi mengungkit soal Puskaptis yang dikeluarkan dari Persepi karena dituding manipulatif karena quick count di Pilpres 2017 berbeda dari lembaga survei lainnya dengan memenangkan Prabowo-Hatta Rajasa.

“Justru Pak Hamdi Muluk yang ganti nama dari ketua jadi anggota. Karena sebagai ketua dewan etik dia tidak independen. Keberpihakan kepada calon-calon. Dan bahkan disinyalir menyuruh beberapa anggotanya di Persepi untuk mendukung calon tertentu. Contoh di Pilgub DKI 2017, di Ahoker,” tutur Yazid saat dihubungi, Sabtu (16/2/2019).


Dia mengatakan hanya berasumsi. Setelah mendukung Ahok di Pilgub DKI 2017, Yazid menduga Hamdi bersama beberapa lembaga survei di bawah Persepi kini mendukung capres petahana Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

“Saya berasumsi. Dulu dia Ahoker benar. Sekarang dia disinyalir. Karena dia membawahi beberapa lembaga survei yang dulu ke Ahok ini. Sekarang kan ke Jokowi, 01,” ucap Yazid.

Dia juga menyebut Hamdi tak punya pengalaman. Alasan-alasan ini pula yang disebut Yazid Puskaptis tak bersedia untuk diaudit pada 2014 lalu.

“Kedua, Saya pertanyakan integritas, kredibilitas, plus kompetensi dari Prof Hamdi Muluk karena dia belum punya pengalaman dalam survei bupati, wali kota, dan gubernur.Sementara saya, dari 2014 sudah lakukan 350-an untuk bupati-wali kota. Plus 34 provinsi. Dan presiden 2004-2009. Artinya dia tak punya kompetensi. Untuk apa saya diperiksa orang tak berpengalaman,” kata Yazid.

Sebelumnya diberitakan, Indomatrik mengeluarkan survei terkait Pilpres 2019. Hasilnya, elektabilitas Prabowo-Sandiaga semakin mendekati Jokowi-Ma’ruf Amin.

Anggota Dewan Etik Persepi, Hamdi Muluk, mengatakan Indomatrik tidak terdaftar di Persepi. Hamdi kemudian mengungkit soal hasil quick count Pilpres 2014 dari Puskaptis yang berbeda dengan perhitungan real count KPU.

Quick count Puskaptis, menyatakan elektabilitas Prabowo-Hatta Radjasa unggul dari Jokowi-Jusuf Kalla. Padahal kebanyakan lembaga survei mengumumkan kemenangan Jokowi-JK.

Hamdi kemudian mengungkit Puskaptis yang tak mau diaudit terkait quick count tersebut. Hamdi kemudian meminta masyarakat skeptis dengan melihat rekam jejak penyelenggara riset.

“Publik harusnya tidak melupakan rekam jejak Yazid dalam kasus kesalahan quick count di 2014. (Indomatrik) itu ganti nama saja (dari Puskaptis),” tandas Hamdi ketika dikonfirmasi detikcom, Sabtu (16/2/2019).

Puskaptis merupakan satu dari 4 lembaga survei yang dipermasalahkan saat Pilpres 2014 karena diduga memanipulasi hasil quick count. Pukaptis dan tiga lembaga riset lainnya, yakni Lembaga Survei Nasional (LSN), Indonesia Research Center (IRC), dan Jaringan Suara Indonesia (JSI), memenangkan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa. Padahal lembaga survei lainnya merilis hasil Jokowi-Jusuf Kalla yang menang, dengan selisih angka tidak jauh dari real count KPU.

Hasil prediksi 4 lembaga itu sangat melenceng jauh dari real count KPU di mana pasangan Jokowi-JK mendapat perolehan 53,15% sementara Prabowo-Hatta 46,65%. Dari 4 lembaga survei yang diduga melakukan manipulatif, Puskaptis dan IRC yang prediksinya paling melenceng.

Puskaptis memiliki perbedaan angka sebesar 5,20%, sementara IRC selisihnya 4,26%. Padahal mereka sama-sama mematok margin error +-1%. Artinya, dalam prediksi mereka, kemungkinan perbedaan data dengan real count tidak akan lebih dari 1 persen. Namun kenyataannya sangat jauh.
(jbr/elz)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jubir Gedung Putih Ditanyai Soal Dugaan Intervensi Rusia dalam Pilpres AS

Washington DC – Sekretaris Pers yang juga juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, mengakui dirinya telah ditanyai oleh penyidik pada kantor Penasihat Khusus Robert Mueller. Hal itu menjadi bagian dari penyelidikan dugaan keterkaitan antara tim kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Rusia.

Diketahui bahwa Mueller hingga kini masih terus menyelidiki dugaan intervensi Rusia dalam pilpres AS tahun 2016 yang dimenangkan oleh Trump.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (16/2/2019), pengakuan Sanders soal ditanya penyidik kantor Mueller itu pertama kali dilaporkan oleh CNN pada Jumat (15/2) waktu setempat.

“Presiden mendorong saya, sama seperti yang dia lakukan terhadap semua orang dalam pemerintahan, untuk bekerja sama secara penuh dengan Penasihat Khusus. Saya senang untuk secara sukarela duduk bersama mereka (penyidik-red),” ucap Sanders kepada CNN.
Tidak disebut lebih lanjut oleh Sanders soal kapan dia ditanyai penyidik kantor Mueller. Namun laporan menyebut wanita berusia 36 tahun itu ditanyai pada waktu bersamaan saat penyidik kantor Mueller menanyai John Kelly, yang menjabat Kepala Staf Gedung Putih sebelum mundur pada Desember 2018.

Diketahui bahwa Sanders mulai menjabat sebagai Sekretaris Pers Gedung Putih sejak Juli 2017. Sebelumnya dia bergabung tim kampanye Trump dalam pilpres 2016 sebagai salah satu penasihat.

Badan-badan intelijen AS menyatakan Rusia mencampuri pilpres tahun 2016 dalam upaya menguntungkan Trump dan merugikan rivalnya, Hillary Clinton, capres dari Partai Demokrat.

Mueller sebagai Penasihat Khusus menghabiskan waktu 20 bulan terakhir untuk menyelidiki dugaan intervensi Rusia dalam pilpres 2016 dan dugaan kolusi antara tim kampanye Trump dengan Rusia. Semakin lama penyelidikan Mueller itu semakin memfokuskan pada Trump dan orang-orang dekatnya.

Terlebih diketahui bahwa Mueller juga menyelidiki dugaan yang menyebut Trump berupaya menghalang-halangi penyelidikan kasus ini.

Otoritas Rusia sendiri telah berulang kali menyangkal melakukan intervensi dalam pilpres AS. Sedangkan Trump yang kerap menyebut penyelidikan kantor Mueller sebagai ‘witch hunt‘, telah membantah semua tuduhan.

(nvc/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Selain Joko Driyono, 2 Ketua Umum PSSI Ini Sempat Bermasalah dengan Hukum

Jakarta Sejak mendeklarasikan diri sebagai organisasi sepak bola tertinggi Tanah Air pada 19 April 1930, tercatat 17 figur bercokol sebagai Ketua Umum PSSI. Mulai dari Soeratin Sosrosoegondo hingga yang terkini Joko Driyono yang berstatus caretaker menggantikan Edy Rahmayadi yang mengundurkan diri pada saat kongres tahunan awal 2019 ini.

Sejak pertama kali berdiri PSSI sering mencuatkan banyak kontroversial. Mulai dari keberanian PSSI melakukan perlawanan ke penjajah Belanda dan Jepang, kasus-kasus yang melibatkan Timnas di pentas internasional, hingga kisruh internal organisasi yang tak berkesudahan sejak 2011 silam.

Sebagai organisasi yang memayungi sepak bola, olahraga paling populer di Indonesia, merupakan sesuatu hal yang wajar jika PSSI seringkali mendapat sorotan dari banyak pihak. Di sepanjang sejarahnya mencuat sejumlah figur kontroversial yang duduk di singgasana kepemimpinan PSSI.

Joko Driyono yang saat ini ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pengaturan skor oleh Satgas Antimafia Bola bentukan Mabes Polri bukan orang pertama yang tersandung kasus hukum.

Sebelumnya ada dua orang lainnya Ketua Umum PSSI yang juga harus berurusan dengan pihak berwajib. Mereka bahkan sempat merasakan derita ada di balik jeruji besi.

2 dari 3 halaman

La Nyalla Mattalitti

Selama lima tahun terakhir, nama La Nyalla Mahmud Mattalitti begitu nyaring terdengar di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Ia jadi figur sentral kasus dualisme federasi serta kompetisi dan kini pembekuan PSSI. Daftar sikap kontroversialnya banyak semenjak aktif sebagai pengurus teras di PSSI pada tahun 2011 silam.

Figur pria asal Makassar ini sebetulnya bukan orang baru di dunia sepak bola. Tercatat, ia adalah salah satu pendiri Yayasan Suporter Surabaya (YSS) yang saat ini lebih dikenal dengan Bonek YSS. Bersama enam tokoh suporter lainnya, La Nyalla membidani lahirnya kelompok suporter militan asal Surabaya ini pada 3 November 1994 lalu.

Setelah kelahiran YSS, nama La Nyalla seperti hilang ditelan bumi. Ini tak lepas dari kesibukannya mengurusi bisnis kontraktor yang ia geluti. Karena itu, ia memilih berada di belakang layar dan mempercayakan jalannya yayasan ke mendiang Wastomi Suheri.

Setelah tujuh tahun sejak berdirinya YSS, pada 2011 La Nyalla justru muncul lagi di dunia olahraga sebagai wakil ketua KONI Jatim era kepemimpinan Saifullah Yusuf. Dari sinilah cikal bakal La Nyalla menggeluti organisasi sepak bola.

Ada pun konflik Persebaya dengan PSSI era Nurdin Halid yang membuat La Nyalla terpanggil. Ia bersama pelaku sepak bola di Jawa Timur serta mayoritas klub di provinsi paling timur pulau Jawa itulah yang mendorong La Nyalla melakukan perlawanan terhadap PSSI kala itu. Ia mendirikan PSSI tandingan dengan basis di Surabaya.

Tampaknya, perlawanan yang dilakukan La Nyalla ini mengundang simpati klub-klub di Jawa Timur. Tak heran, di awal 2011 La Nyalla didorong maju dalam pencalonan Ketua Pengurus Provinsi (sekarang Asosiasi Provinsi) PSSI Jatim. Ia pun terpilih sebagai Ketua Pengprov PSSI Jatim.


Ketua Umum PSSI 2011-2015, Djohar Arifin Husin (kiri) berbincang dengan La Nyalla Mattalitti saat Kongres Luar Biasa PSSI 2015 di Surabaya, (18/4/2015). Kongres menetapkan La Nyalla sebagai Ketua Umum PSSI 2015-2019. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)


Perlawanan yang ia lakukan semakin getol. Bersama mayoritas voters, La Nyalla pun terus berupaya melengserkan kepengurusan PSSI era Nurdin Halid. Arus besar yang menghendaki pergantian Ketua Umum PSSI inilah yang kemudian membuat FIFA turun tangan dan membentuk Komite Normalisasi yang bertugas menggelar Kongres PSSI.

Melalui Kongres PSSI pada 9 Juli 2011 La Nyalla terpilih sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Namun, tak lama setelah ia menjabat sebagai anggota Exco PSSI bidang hukum, La Nyalla bersama ketiga anggota Exco lainnya, Toni Aprilani, Roberto Rouw, dan Erwin Budiawan didepak oleh Komite Etik PSSI karena dianggap melanggar kode etik.

La Nyalla pun melawan, ia bersama Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) menggelar KLB di Hotel Mercure Ancol pada 18 Maret 2012. Di forum itu, La Nyalla terpilih sebagai ketua KPSI-PSSI untuk menandingi PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin.

Pada 2013, melalui perjanjian antara KPSI dan PSSI yang dimediasi oleh AFC, pria yang menjabat sebagai ketua ormas Pemuda Pancasila Jatim kembali masuk ke PSSI. Melalui Kongres Luar Biasa PSSI pada 17 Maret 2013, La Nyalla pun terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Setelah masa kepengurusan Djohar selesai, La Nyalla maju sebagai calon Ketua Umum PSSI. Ia pun terpilih sebagai ketua umum PSSI lewat Kongres PSSI pada 17 Maret 2015 di Hotel JW Marriot, Surabaya.

Namun, hanya saat setelah ia terpilih, Menpora Imam Nahrawi menjatuhkan sanksi administratif terhadap kepengurusan PSSI pimpinan La Nyalla. Kegaduhan pun terjadi, roda organisasi yang ia pimpin lumpuh akibat hukuman tersebut.

Selain oleh Kemenpora, status PSSI juga dibekukan sejak bulan Mei 2015 oleh FIFA. Otoritas tertinggi sepak bola dunia tersebut menjatuhkan sanksi ke PSSI karena intervensi pemerintah (Kemenpora). Hal yang dinilai tabu oleh FIFA.

Selama setahun ia terpilih sebagai nakhoda PSSI, kepemimpinan La Nyalla tak berhenti digoyang prahara. Ditekan Kemenpora ia sama sekali tak takut. Hingga saat ini klub-klub anggota belum ada yang berani menggoyang kepengurusannya. 

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim menetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah Kaamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim. Suara-suara yang menginginkan digelarnya Kongres Luar Biasa PSSI untuk mencari pemimpin baru mulai bermunculan.

Gara-gara huru hara antara pemerintah dengan La Nyalla, FIFA sempat menjatuhkan vonis pembekuan keanggotaan selama setahun lebih. Otoritas tertinggi sepak bola dunia menilai pemerintah Indonesia terlalu ikut campur dalam urusan sepak bola.

La Nyalla Mattalitti, tetap keras hati menolak mundur sekalipun jadi tersangka.  Ia minta publik menghormati proses pengadilan hingga memiliki kekuatan hukum tetap. Ia secara kontroversial menuding Menpora, Imam Nahrawi, menjadi dalang penetapan status tersangka di kasus uang hibah Kadin Jatim.

La Nyalla akhirnya terpingirkan dari PSSI karena terkena penahanan oleh kepolisian. PSSI kemudian menggelar Kongres Luar Biasa dengan memunculkan Edy Rahmayadi sebagai nahkhoda baru.

Dalam persidangan pada 17 Desember 2016, La Nyalla diputus bebas. Walau divonis tak bersalah, kursi kekuasaannya di PSSI hilang.

3 dari 3 halaman

Nurdin Halid

Menggantikan Agum Gumelar, Nurdin Halid terpilih sebagai Ketua Umum PSSI pada Rapat Anggota PSSI di Hotel Indonesia tahun 2003. Ia dikenal sebagai sosok kontroversial karena beberapa kali memimpin organisasi dari balik terali besi penjara.

Pada 16 Juli 2004, pria asal Makassar tersebut ditahan sebagai tersangka dalam kasus penyelundupan gula impor ilegal. Ia kemudian juga ditahan atas dugaan korupsi dalam  distribusi minyak goreng.

Pada tanggal 16 Juni 2005, dia dinyatakan tidak bersalah atas tuduhan tersebut oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan dibebaskan. Hanya saja putusan itu kemudian dibatalkan Mahkamah Agung pada 13 September 2007. MA memvonis Nurdin dua tahun penjara.

Selanjutnya ia kemudian dituntut dalam kasus yang gula impor pada September 2005, namun dakwaan terhadapnya ditolak majelis hakim pada 15 Desember 2005 karena berita acara pemeriksaan (BAP) perkaranya cacat hukum.

Selain kasus ini, ia juga terlibat kasus pelanggaran kepabeanan impor beras dari Vietnam dan divonis penjara dua tahun 6 bulan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 9 Agustus 2005. Tanggal 17 Agustus 2006 ia dibebaskan setelah mendapatkan remisi dari pemerintah bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Pada 13 Agustus 2007, Nurdin Halid kembali divonis dua tahun penjara akibat tindak pidana korupsi dalam pengadaan minyak goreng. Berdasarkan standar statuta FIFA, seorang pelaku kriminal tidak boleh menjabat sebagai ketua umum sebuah asosiasi sepak bola nasional.

Nurdin Halid (Liputan6.com/Johan Tallo)

Karena alasan tersebut, Nurdin didesak untuk mundur dari berbagai pihak. Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI), Agum Gumelar (Ketua KONI), dan juga FIFA bersuara kritis ke NH.

FIFA bahkan mengancam untuk menjatuhkan sanksi kepada PSSI jika tidak diselenggarakan pemilihan ulang ketua umum. Namun, Nurdin tetap bersikeras untuk tidak mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI. Kekuasaannya tidak goyah sekalipun ia mengendalikan organisasi dari penjara.

Kontroversi muncul saat ia merubah statuta PSSI, berkaitan dengan status ketua umum. Statuta yang sebelum berbunyi “harus tidak pernah terlibat dalam kasus kriminal” (They…, must not have been previously found guilty of a criminal offense) diubah dengan menghapuskan kata “pernah” (have been previously).

 Arti harafiah dari pasal tersebut menjadi “harus tidak sedang dinyatakan bersalah atas suatu tindakan kriminal” (must not found guilty of a criminal offense). Para anggota PSSI menyetujui perubahan tersebut. Posisi Nurdin aman sebagai Ketua Umum PSSI.

Sepanjang masa kepemimpinanya sejumlah kasus mencuat. Mulai dari penghilangan status degradasi kompetisi kasta tertinggi, pelanggaran disiplin di pentas kompetisi, hingga kasus-kasus dugaan pengaturan skor.

Nurdin jadi public enemy pencinta sepak bola Indonesia, karena di saat bersamaan prestasi Timnas Indonesia di berbagai event internasional terpuruk. 

Desakan meminta Nurdin lengser dari PSSI seusai Piala AFF 2010. Pengusaha minyak, Arifin Panigoro, terlibat aktif menggoyang kepengurusan PSSI. Ia menggelontorkan dana besar untuk membiayai pelaksanaan kompetisi tandingan, Liga Primer Indonesia.

Walau begitu pria kelahiran 17 November 1958 tetap percaya diri memimpin PSSI. Ia pun bersama Nirwan Dermawan Bakrie kembali mencalonkan diri dalam bursa pemilihan Ketua Umum PSSI pada 2011. Ia menjegal duet George Toisutta-Arifin Panigoro untuk ikut bersaing. Suporter dari berbagai penjuru Tanah Air turun ke jalan mendemo PSSI.

Untuk mengamankan jabatannya ia menggelar kongres di Kepulauan Riau. Sayangnya kongres berakhir ricuh. FIFA kemudian mengambil keputusan tegas melarang Nurdin Halid, Nirwan Dermawan Bakrie, George Toisutta, Arifin Panigoro, ikut serta dalam pemilihan pemimpin di PSSI. Di sisi lain Menpora, Andi Mallarangeng, juga membekukan status kepengurusan PSSI.

Nurdin secara menyakitkan lengser dari PSSI digantikan oleh Djohar Arifin. Sang mantan manajer klub PSM Makassar dan Pelita Jaya tersebut mengaku trauma. Ia kini memilih tak mau lagi jadi pengurus bola untuk kemudian fokus di Partai Golkar.