Nodai Kemenangan Juventus, Apa Guna VAR?

Liputan6.com, Jakarta – Kontroversi video assistant referee (VAR) mewarnai kemenangan Juventus atas AC Milan pada Piala Super Italia. Berfungsi mengurangi kesalahan wasit, VAR nyatanya tidak menyelesaikan masalah.

Juventus merebut gelar kedelapan Piala Super Italia berkat gol tunggal Cristiano Ronaldo pada laga di King Abdullah Sports City, Kamis (17/1/2019) dini hari WIB.

VAR digunakan pada partai tersebut dan menghasilkan keputusan tepat dengan dianulirnya gol Juventus karena offside dan kartu merah bagi gelandang AC Milan Franck Kessie. 

Meski tepat, I Rossoneri tidak sepenuhnya gembira akan teknologi itu. Pasalnya, wasit dan VAR tidak memberi penalti ketika Emre Can menjegal Andrea Conti jelang berakhirnya laga. Rekaman menunjukkan Can menekel Conti tanpa menyentuh bola.

Polemik tersebut menambah panjang daftar kesalahan VAR dalam musim ini. Banyak pelatih klub Italia protes seiring penggunaannya di Serie A. Dari Spanyol, kecaman muncul setelah Real Madrid dikalahkan Real Sociedad pada La Liga. 

Di Inggris, kontroversi muncul ketika Tottenham Hotspur mengalahkan Chelsea 1-0 berkat gol penalti Harry Kane pada leg pertama semifinal Piala Liga awal bulan ini. Sebab, terdapat dua bukti yang menunjukkan tafsir berbeda.

Tayangan resmi dari ofisial menunjukkan Kane tidak dalam posisi offside sebelum dijatuhkan kiper Kepa Arrizabalaga, yang kemudian berbuah tendangan 12 pas. Sedangkan Chelsea punya gambar yang menunjukkan hal sebaliknya.

“Wasit di sini harus membiasakan diri pada sistem dan penggunaan VAR. Saat ini ofisial Inggris belum siap dan mesti belajar lagi,” kata pelatih Chelsea Maurizio Sarri usai laga itu, dilansir Sky Sports.

2 dari 4 halaman

Kekurangan VAR

Perdebatan ini menunjukkan adanya kekurangan pada VAR. Menyusul penggunaannya di Piala Dunia 2018, media Inggris Guardian menemukan kelemahan dalam teknologi itu.

VAR efektif untuk menentukan keputusan pasti, dalam hal ini offside atau kesalahan wasit dalam mengidentifikasi pemain saat memberikan kartu.

Sedangkan VAR masih labih pada keputusan subyektif, seperti pemberian penalti dan pemberian hukuman. Di sini intepretasi dan konsistensi terhadap penerapan peraturan jadi penyebabnya.

Guardian menyebut dua contoh. Iran mendapat tendangan penalti ketika bola menyentuh tangan bek Portugal Cedric Soares di area terlarang. Namun, ketika bola mengenai lengan bek Argentina Marcos Rojo pada partai versus Nigeria, VAR tidak memberi tendangan 12 pas.

3 dari 4 halaman

Bantuan Teknologi

VAR merupakan bantuan kesekian untuk meningkatkan kualitas sepak bola. Sebelumnya digunakan teknologi garis gawang demi menentukan terciptanya gol atau tidak.

Sejak dicoba di Belanda pada Eredivisie 2012/2013, negara-negara besar mengadopsi VAR pada beberapa tahun terakhir. Bundesliga Jerman dan Serie A Italia menerapkannya sejak 2017/2018. Sedangkan La Liga Spanyol per 2018/2019.

Liga Primer Inggris akan menggunakan VAR di 2019/2020, dengan UEFA mengumumkan mulai memakainya pada babak gugur Liga Champions musim ini.

4 dari 4 halaman

Masih Awal

Kenyataannya, VAR masih dalam tahap awal penggunaan. Kesalahan-kesalahan bakal hadir seiring proses perbaikan.

Yang jelas, VAR harus dipertahankan untuk memperbaiki sepak bola. “Dengan VAR, pemain sekarang tahu mereka selalu dalam pantauan dan tidak bisa seenaknya melakukan pelanggaran,” ungkap David Elleray, direktur teknis International Football Association Board, organisasi yang menciptakan peraturan dalam sepak bola.

Ikut 10 Years Challenge di Ultah ke-46, Ari Lasso Pakai Foto Masa Kecil

Liputan6.com, Jakarta – Maraknya tantangan memperlihatkan wajah 10 tahun silam yang bertema 10 Years Challenge, membuat deretan selebritas Indonesia tak mau ketinggalan. Salah satunya Ari Lasso. Uniknya, mantan vokalis Dewa itu malah mengunggah foto saat berumur enam tahun.

Rupanya, hari ini Ari Lasso tengah berulang tahun. Selagi viral tantangan 10 Years Challenge, ia menyandingkan potret diri sekarang dan bukannya 10 tahun, tapi 40 tahun, yakni saat tahun 1979.

Satu yang tak berubah pada diri Ari Lasso dalam foto itu adalah rambut panjangnya yang masih sama. Dan rambutnya itu telah menjadi ciri khas penyanyi pop kondang tersebut. Genap berusia 46 tahun, ayah lima anak itu mengaku sangat bersyukur.

Biar mantep skalian chalenge nya   mumpung hari ini tepat 46 tahun.   Puji Tuhan,” tulis Ari Lasso di Instagram, Kamis (17/1/2019).

2 dari 3 halaman

Masih Kuat

Sebelumnya, Ari Lasso juga mengenang potret masa lalu bersama istri dan ketiga anaknya. Masih muda, Ari mengaku kala itu masih kuat untuk menggendong putranya.

Saat anak2 masih digendong dan sy masih kuat nggendong. Jaman2 ribet n brutal ni para krucil,” tulis Ari Lasso.

3 dari 3 halaman

Ucapan Selamat dari Para Selebriti

Tak mau ketinggalan, sederet teman artis juga memberikan ucapan selamat kepada pelantun “Hampa” itu.

Selamat ulang tahun, Mas Inspirator. Semoga sehat terus, bahagia terus dan selalu menjadi pintu rezeki untuk orang banyak,” tulis @duniamanji.

Selamat ulang tahun, Riiiii! Panjang sehat, berlimpah berkat rejeki bahagia, banyak gembira, aman, nyaman! Semakin disayang istri, anak2, sanak keluarga, partner kerja, karyawan, sahabat, teman, penggemar. Aaamiiin! Stay blessed!” sambung @ti2dj.

Happy bday papaglam ladewiittttsss smoga smakin wanting somaaatttsss,” @audyitem, menambahkan.

Glass, Misteri dan Ketegangan di Sebuah Film Superhero

Liputan6.com, Jakarta – Pernah menonton film Unbreakable (2000) atau Split (2016)? Tahun ini, deretan karakter dari dua film tersebut dipertemukan oleh sang sutradara, M. Night Shyamalan dalam film terbarunya, Glass.

Glass kembali menghadirkan nuansa misteri dan ketegangan layaknya Unbreakable dan Split. Tema superhero yang disuguhkan dalam Unbreakable, dibawa kembali dalam film ini melalui narasi dari karakter Mr. Glass.

Menyusul dua film tersebut, Glass melengkapi trilogi bertema Eastrail 177 Trilogy karya M. Night Shyamalan. Selain karakter, alur ceritanya pun menjadi pengembangan dari Unbreakable dan Split.

Alur cerita dalam Glass terjadi bertahun-tahun setelah Unbreakable, dan beberapa waktu usai Split. Dikisahkan, tiga karakter utamanya, David Dunn (Bruce Willis), Kevin Wendell Crumb (James McAvoy), dan Elijah Price alias Mr. Glass (Samuel L. Jackson), ditangkap lalu dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa.

Ketiganya dihadapkan pada Dr. Ellie Staple (Sarah Paulson) yang berusaha meyakinkan bahwa kekuatan mereka hanyalah ilusi dari keterbelakangan mental masing-masing. Namun, beberapa dari mereka memiliki rencana untuk kabur dari rumah sakit sambil membuktikan kepada dunia bahwa kekuatan superhero itu ada.

2 dari 4 halaman

Masuk Akal

Menyaksikan Glass secara keseluruhan, M. Night Shyamalan nampaknya mulai unjuk kebolehan dalam membangun sebuah waralaba superhero versinya. Hasilnya pun patut diacungi jempol.

Alur cerita yang ditampilkan hampir 20 tahun lalu dalam Unbreakable, terasa masuk akal ketika dimasukkan untuk film Glass. Pengembangan karakter utama Split yang memiliki banyak kepribadian, termasuk si monster mengerikan, dimainkan lagi secara apik oleh James McAvoy.

Satu lagi yang patut diapresiasi adalah dilibatkannya aktor Spencer Treat Clark sebagai Joseph Dunn, putra dari David Dunn. Dalam Unbreakable, sang aktor kala itu masih anak-anak.

Kembalinya aktris Charlayne Woodard sebagai ibu dari Elijah serta Anya Taylor-Joy sebagai Casey Cooke juga semakin membuat kisah film ini dramatis.

Urusan misteri dan plot twist (kejutan cerita), M. Night Shyamalan lagi-lagi memasukkan unsur-unsur tersebut secara apik dan rapi. Bila kita menonton dua film sebelumnya, maka beberapa kejutan akan mencengangkan kita. Akhir ceritanya pun sukar ditebak, membuat film ini layak diberi tepuk tangan.

3 dari 4 halaman

Bukan Film Marvel atau DC

Dari segala kelebihan tersebut, Glass masih memiliki beberapa hal yang dirasa kurang memuaskan. Salah satunya adalah adegan perkelahian antar manusia super.

Glass memang bukan film Marvel atau DC yang sarat dengan pertempuran dan pertarungan mega dahsyat. Film ini bisa dianggap memiliki adegan perkelahian yang membumi sampai-sampai terlalu masuk akal.

Sayangnya, beberapa adegan laga selalu digambarkan secara lambat dalam waktu singkat.

Pada intinya, Glass bukanlah film superhero yang sarat dengan bumbu laga. Film ini lebih menekankan pada kondisi psikologis orang-orang yang memiliki kekuatan super.

4 dari 4 halaman

Kekecewaan

Banyaknya dialog yang menginterupsi momen perkelahian, dirasa bakal menimbulkan kekecewaan bagi para pecinta adegan laga yang menonton film ini.

Motif beberapa karakter untuk mencapai tujuannya ini bisa dianggap masuk akal. Meskipun, cara M. Night Shyamalan dalam menyibak misteri yang dihadirkan terkesan agak memaksakan. Misalnya saja dengan memasukkan cerita buku komik ke dalam salah satu motifnya.

Glass bisa menjadi satu hiburan menarik bagi para pecinta film berjenis ketegangan. Film ini juga menjadi penutup yang pas bagi Unbreakable dan Split.

Namun seperti yang sudah disampaikan, ini bukanlah film superhero yang sarat adegan laga. Jadi, siapkan ruang di dalam otak sebelum menontonnya agar bisa menerka-nerka berbagai misteri dalam film ini.

Hal Sepele Ini Wajib Dilakukan Sebelum Kendarai Mobil

Liputan6.com, Jakarta – Memilih tempat parkir mobil yang layak dan aman cukup sulit dilakukan saat ini. Terlebih, di kota-kota besar padat penduduk dengan angka penjualan kendaraan tinggi.

Tak jarang, pemilik kendaraan akhirnya memilih memarkirkan kendaraan mereka di pinggir jalan umum atau parkir liar yang rawan penjagaan.

Karena itu, pengawasan dan melihat sekitar area sebelum memacu kendaraan wajib dilakukan. Meski terparkir di tempat resmi, pemilik kendaraan tidak mengetahui benar keadaan sekitar tanpa melihatnya terlebih dulu.

Seperti dilansir akun instagram @satlantaszamannow, Kamis (17/1), banyaknya blind spot setelah pengemudi berada di dalam mobil, mengelilingi dan memeriksa sekeliling kendaraan wajib dilakukan.

Dalam video yang diunggah terlihat seorang wanita yang hendak memacu kendaraannya teringat pesan seorang guru mengemudi yang mewajibkan ia untuk mengelilingi mobilnya terlebih dahulu.

Saat mengelilingi mobil, wanita itu menemukan seorang anak yang tengah mengambil mainannya yang terjatuh di kolong bagian depan kendaraannya.

Ilustrasi itu mengajarkan kita untuk selalu waspada meski kendaraan dalam keadaan terparkir. Pengemudi hendaknya menyisihkan sedikit waktu untuk memeriksa sekitar mobil apakah ada hal berbahaya disekitar kendaraan.

2 dari 2 halaman

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

Melihat 10 Year Challenge Ala Anies dan Keluarga

Melihat 10 Year Challenge Ala Anies dan Keluarga Foto: Instagram Anies Baswedan

Jakarta – Unggahan foto 10 tahun lalu lagi ngetren di media sosial lewat tagar #10yearchallenge. Pejabat di Indonesia pun tidak ketinggalan.

Gubernur DKI Anies Baswedan mengunggah fotonya tahun 2009 dan 2019 bersebelahan. Pose di kedua foto itu sama yaitu Anies memeluk anak bungsunya, Ismail Baswedan. Di foto 2009, Ismail masih bayi sementara di tahun 2019 dia sudah anak-anak.

Anies terlihat lebih kurus usai 10 tahun berselang. Jam tangan masih melingkar di pergelangan tangan kirinya dan dia kini memakai kacamata.

“#10yearchallenge 2009 vs 2019,” tulis Anies.

Netizen ramai-ramai mengomentari foto Anies. Ada yang berkomentar ganteng, awet muda, hingga mengomentari anak Anies dan jam tangan.

“Pak @aniesbaswedan awet muda, sehat selalu pak,” tulis seorang etizen.

“Jam nya masih sama, sederhana sekali,” tulis netizen lainnya.

“Bapak masih sama… dede makin ganteung. Barokallah Tabarakallah sehat selalu,” tulis yang lainnya.

Istri Anies, Fery Farhati Ganis juga mengunggah foto keluarganya 10 tahun lalu dan sekarang. Lewat foto jadul, netizen jadi melihat masa muda Anies dan Fery serta anak-anaknya saat masih kecil.

“#10yearschallenge kurang sedikit. ada yang berbeda? 😁 #familyfirst,” tulis Fery.
(imk/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jadwal La Liga Pekan Ke-20: Real Madrid vs Sevilla

Liputan6.com, Jakarta – Jadwal La Liga pekan ke-20 akan berlangsung mulai Sabtu (19/1/2019). Real Madrid dan Barcelona akan menjalani laga kandang.

Dalam jadwal La Liga pekan ini, Real Madrid akan menjamu Sevilla di Estadio Santiago Bernabeu. Sevilla merupakan lawan yang sulit dikalahkan Real Madrid.

Dalam dua pertandingan terakhir, Sevilla selalu meraih kemenangan atas Real Madrid. Namun, Los Blancos punya catatan positif bila menghadapi Sevilla di laga kandang.

Real Madrid selalu meraih kemenangan dalam 14 pertandingan melawan Sevilla di Santiago Bernabeu Stadium. Sevilla terakhir kali menang di kandang Real Madrid pada 20 Agustus 2007.

Sementara Barcelona akan menjamu Levante di Camp Nou Stadium. Di atas kertas, Los Blaugrana lebih diunggulkan meraih tiga poin dari Levante.

Sebab, dalam 11 pertandingan melawan Levante, Barcelona selalu menang di Camp Nou. Levante sendiri baru mencatatkan dua kemenangan dari 24 pertandingan melawan Barcelona.

Lihat jadwal La Liga selengkapnya di halaman berikut.

2 dari 3 halaman

Jadwal La Liga

Sabtu, 19 Januari 2019

00.30 WIB Getafe vs Deportivo Alaves

22.15 WIB Real Madrid vs Sevilla

Minggu, 20 Januari 2019

00.30 WIB Huesca vs Atletico Madrid

02.45 WIB Celta de Vigo vs Valencia

18.00 WIB Real Betis vs Girona

22.15 WIB Villarreal vs Athletic Bilbao

3 dari 3 halaman

Jadwal La Liga

Senin, 21 Januari 2019

00.30 WIB Levante vs Real Valladolid

00.30 WIB Rayo Vallecano vs Real Sociedad

02.45 WIB Barcelona vs Leganes

Selasa, 22 Januari 2019

03.00 WIB Eibar vs Espanyol

Saksikan video pilihan berikut ini:

Saat Penyembelihan Hewan dan Sunat Satukan Yahudi dan Muslim Eropa

Berlin – Komunitas Muslim dan Yahudi di Eropa mungkin tidak selalu sepakat tetapi baru-baru ini mereka bersama-sama menentang hukum yang mereka pandang akan mempengaruhi kebebasan berkeyakinan.

Kontroversi terbaru terpicu undang-undang yang berlaku di Belgia pada tanggal 1 Januari terkait dengan penyembelihan hewan, yang merupakan persyaratan bagi daging halal dan kosher.

Rancangan Undang Undang itu didukung pegiat hak hewan, tetapi para pemimpin Yahudi dan Muslim memandangnya sebagai anti-Yahudi dan anti-Islam dengan berpura-pura menggunakan agenda liberal.

Adolf Hitler memunculkan perdebatan yang sama pada tahun 1933 setelah melarang penyembelihan binatang tanpa disetrum sebelumnya saat Nazi berkuasa di Jerman.

Hak binatang vs kebebasan agama

Undang-undang Eropa mewajibkan binatang disetrum sebelum dibunuh untuk mendapatkan dagingnya, agar binatang tidak kesakitan.

Penyetruman adalah proses membuat binatang tidak bisa bergerak atau pingsan seketika sebelum penyembelihan.

Hukum Eropa mewajibkan penyetruman sebelum penyembelihan tetapi negara dapat memberikan pengecualian untuk penyembelihan ritual. Hukum Eropa mewajibkan penyetruman sebelum penyembelihan tetapi negara dapat memberikan pengecualian untuk penyembelihan ritual. (Getty Images)

Tetapi negara dapat memberikan pengecualian bagi penyembelihan keagamaan, yang mewajibkan binatang dibunuh lewat irisan tunggal, tepat pada leher mereka.

Pegiat kesejahteraan binatang mengatakan praktek ini menyiksa binatang, padahal ini sebenarnya tidak perlu, saat mereka mati, tetapi pemimpin agama menegaskan ritual tersebut tidak menyakitkan.

Mereka mengatakan kematiannya seketika dan teknik yang sudah dikembangkan selama berabad-abad tersebut justru untuk mencegah binatang kesakitan.

Penyembelihan halal dan kosher mewajibkan binatang dibunuh lewat sayatan tepat di leher. Penyembelihan halal dan kosher mewajibkan binatang dibunuh lewat sayatan tepat di leher. (Getty Images)

Guna menyeimbangkan kedua pandangan itu, sejumlah negara Eropa seperti Belanda, Jerman, Spanyol dan Siprus menerapkan standar ketat bagi rumah jagal keagamaan.

Yang lainnya, seperti Austria dan Yunani, mewajibkan binatang disetrum segera setelah disembelih.

Dua dari tiga daerah Belgia – Flanders dan Wallonia – bergabung dengan Denmark, Swedia, Slovenia, Norwegia dan Eslandia yang melakukan pengecualian terkait dengan penyetruman sebelum sembelih.

Cara binatang dibunuh untuk dimakan manusia bukanlah satu-satunya ritual keagamaan yang menyatukan umat Yahudi dan Muslim Eropa, tetapi hal ini memicu kritik dari sejumlah kelompok.

Di Eslandia dan Jerman terdapat langkah hukum menentang ritual khitan. Di Eslandia dan Jerman terdapat langkah hukum menentang ritual khitan. (Getty Images)


Sunat vs hak anak

Tahun lalu, sebuah rancangan undang-undang melarang khitan yang dilakukan bukan karena alasan kesehatan di Islandia diusulkan dan kemudian dicabut di parlemen Islandia karena peraturan itu menimbulkan masalah.

Tetapi hal ini belum mereda.

Baik Muslim maupun Yahudi melakukan penyunatan.

Pada tahun 2012, khitan sempat dilarang di Jerman karena sebuah pengadilan memutuskan mengubah badan anak laki-laki Muslim berumur empat tahun secara tetap adalah suatu pelanggaran hak anak dalam menentukan keyakinannya sendiri.

Pengadilan menyatakan hak orang tua dan kebebasan keagamaan tidak dapat dijadikan dasar pembenaran “campur tangan serius dan tetap terhadap kehormatan tubuh.”

Keputusan tersebut diubah enam bulan kemudian, tetapi hal ini menyadarkan masyarakat Muslim dan Yahudi yang mengatakan undang-undang tersebut dapat berarti pelarangan menjalankan keyakinan mereka.

‘Agenda politik’

Kenyataan bahwa tindakan seperti ini pada umumnya didukung partai nasionalis sayap kanan semakin menambah nuansa politik pada masalah ini.

Dengan menghitung dukungan para pegiat kesejahteraan binatang dan hak anak, para politikus dapat diuntungkan disamping juga memenuhi agenda anti-imigrasinya.

Di Belgia, pelarangan adalah hasil kerja menteri kesejahteraan binatang nasionalis di daerah Flanders, Ben Weyts.

Ketika RUU diloloskan parlemen setempat di tahun 2017, Weyts mencuit: “Menteri binatang yang bangga. Bangga menjadi orang Flemish.”

Pada tahun 2014, dia dikecam keras karena menghadiri peringatan 90 tahun pendukung Nazi di Belgia.

Pemimpin Muslim dan Yahudi mengatakan langkah ini merupakan kedok aksi anti-Yahudi dan anti-Islam. Pemimpin Muslim dan Yahudi mengatakan langkah ini merupakan kedok aksi anti-Yahudi dan anti-Islam. (Getty Images)

Berbicara lewat New York Times, Rabbi Yaakov David Schmahl dari Antwerp mengatakan, “Ini sudah pasti mengingatkan pada peristiwa sejenis sebelum Perang Dunia Kedia, ketika hukum sejenis diterapkan di Jerman.”

Stigmatisasi?

Joos Roets, pengacara yang mewakili sejumlah lembaga berhaluan Islam, juga mengatakan kepada the Times bahwa larangan ini adalah usaha diam-diam untuk menstigmatisasi sejumlah kelompok keagamaan – bukannya untuk melindungi binatang.

Tetapi Global Action in the Interest of Animals, kelompok hak binatang Belgia, menolak tuduhan tersebut lewat Twitter.

Kelompok itu menulis: “Di #Wallonia, hukum bahkan didukung partai kiri-tengah, jadi SUDAH PASTI bukan suara kanan-jauh!”

Mereka juga menolak pandangan bahwa hukum Belgia tersebut sama dengan larangan penyembelihan binatang.

Pegiat kesejahteraan binatang mengatakan persyaratan hukum terkait penyembelihan tidak menghambat kebebasan keagamaan. Pegiat kesejahteraan binatang mengatakan persyaratan hukum terkait penyembelihan tidak menghambat kebebasan keagamaan. (Getty Images)

Terdapat beberapa kasus di mana penyembelihan ritual dipandang dapat diterima jika binatang dibuat tidak sadar – tetapi tidak dibunuh – saat lehernya disayat.

Tetapi interpretasi ini tidak selalu diterima pemimpin keagamaan Muslim dan Yahudi.

Perdebatan sepertinya tidak mereda.

Para pegiat merasa telah menang, sementara para politikus mendesak pelarangan yang lebih luas terkait ritual keagamaan yang bertentangan dengan hukum dan nilai-nilai Eropa.

(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bagaimana Menata Industri Pariwisata Indonesia yang Rentan Bencana?

Liputan6.com, Jakarta – Pariwisata di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Data World Travel and Tourism Council (WTTC) melaporkan bahwa Top-30 Travel and Tourism Countries Power Ranking yang didasarkan pada pertumbuhan absolut pada periode 2011 dan 2017.

Untuk empat indikator perjalanan dan pariwisata utama menunjukkan Indonesia berada pada nomor 9 sebagai negara dengan pertumbuhan pariwisata tercepat di dunia. Sedangkan China, Amerika Serikat, dan India menempati posisi tiga besar.

Untuk kawasan Asia, Indonesia berada di nomor ketiga setelah China dan India. Sedangkan untuk di kawasan Asia Tenggara, posisi Indonesia terbaik diantara negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand yang berada di nomor 12.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata, pariwisata Indonesia punya banyak keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif yaitu sektor pariwisata merupakan penghasil devisa terbesar..

Pada 2019, pariwisata Indonesia ditargetkan menjadi yang terbaik di kawasan regional, bahkan melampaui ASEAN. Country Branding Wonderful Indonesia menempati ranking 47 dunia, mengalahkan country branding Truly Asia Malaysia (ranking 96) dan country branding Amazing Thailand (ranking 83).

Jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia terus mengalami peningkatan sebesar 55 persen secara absolut, dari 2014 sebesar 9 juta, menjadi 14 juta pada 2017. Sektor pariwisata jadi penghasil devisa terbesar. Pada 2019, industri pariwisata diproyeksikan menyumbang devisa terbesar di Indonesia yaitu 20 miliar dolar AS.

Dampak devisa yang masuk langsung dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Di sejumlah daerah, sektor pariwisata sudah mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan makin meningkatkan masyarakat sekitarnya. Contohnya, pengembangan pariwisata Danau Toba telah meningkatkan PAD Kabupaten Samosir naik 81 persen dalam kurun waktu 2016-2017.

Namun sayangnya, industri pariwisata Indonesia sangat rentan bencana dan kalau tidak dikelola dengan baik, dampaknya akan mempengaruhi ekosistem pariwisata dan pencapaian target kinerja pariwisata.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam rilis yang diterima Liputan6.com, bencana merupakan salah satu faktor yang sangat rentan mempengaruhi naik turunnya permintaan dalam industri pariwisata.. Beberapa kejadian bencana telah menyebabkan dampak industri pariwisata, mulai dari erupsi Gunung Merapi pada 2000 sampai tsunami di Selat Sunda pada Desember 2018 lalu.

2 dari 2 halaman

Risiko Bencana Bisa Dikurangi

Menurut Sutopo, hal itu menjadi menjadi pembelajaran bagi semua pihak. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Masih menurut Sutopo, mitigasi bencana harus ditempatkan menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan sektor pariwisata.

Mitigasi dan pengurangan risiko bencana sebaiknya ditempatkan sebagai investasi dalam pembangunan pariwisata itu sendiri. Penataan ruang dan pembangunan kawasan pariwisata harus memperhatikan peta rawan bencana sehingga sejak perencanaan hingga operasional dari pariwisata itu sendiri selalu mengkaitkan dengan ancaman bencana yang ada.

Rencana pembangunan 10 Bali Baru atau 10 destinasi pariwisata prioritas yang akan dibangun yaitu Danau Toba, Tanjung Lesung, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu dan Kota Tua, Borobudur, Bromo Tengger Semeru, Wakatobi, Mandalika, Morotai dan Labuan Bajo sebaiknya juga mengkaitkan mitigasi dan pengurangan risiko bencana sehingga daerah pariwisata tersebut aman dari bencana.

Faktanya 8 dari 10 daerah prioritas pariwisata tersebut berada pada daerah yang rawan gempa, dan sebagian tsunami. Ditambah lagi, investasi pengembangan 10 detinasi pariwisata prioritas dan kawasan strategis pariwisata nasional tersebut sangat besar yaitu Rp 500 triliun.

Koordinasi perlu dilakukan dengan berbagai pihak. Pentahelix dalam pembangunan pariwisata dan penanggulangan bencana yang melibatkan unsur pemerintah, dunia usaha/usahawan, akademisi, masyarakat, dan media hendaknya didukung semua pihak.

Bencana adalah keniscayaan. Namun risiko bencana sebenarnya bisa dikurangi sehingga dampaknya dapat diminimumkan dengan upaya mitigasi dan pengurangan bencana. Di balik berkah keindahan alam Indonesia juga dampat menyimpan musibah terutama bagi dunia pariwisata kalau tidak dikelola dengan baik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

5 Tata Cara Berhijab Segi Empat Simpel yang Bisa Kamu Coba

Liputan6.com, Jakarta Bagi perempuan muslim, berhijab merupakan suatu kewajiban pada setiap wanita. Dengan semakin banyaknya wanita muslim yang memiliki kesadaran untuk menutup aurat, tentu tak mengherankan jika hijab di Indonesia memiliki banyak variasi, dari bahan, model hijab hingga penggunaanya. 

Bukanlah suatu yang mengherankan, melihat Indonesia merupakan salah satu kiblat fashion hijab di dunia.

Apakah kamu sedang belajar menggunakan hijab? Kamu tidak perlu khawatir, dengan membaca artikel ini tetunya kamu dapat mengetahui tata cara berhijab segi empat yang membuatmu terlihat lebih menawan.

Apakah kamu salah satu yang lebih suka memaki hijab segiempat? Kain segiempat yang simple memang masih menjadi favorit untuk para wanita muslim. Kali ini Kamis (17/1/2019) Liputan6.com akan menjelaskan tata cara berhijab segi empat, hijab segi empat juga bisa digunakan untuk kegiatan formal, glamour ataupun kegiatan sehari-hari.

Simak terus artikel tata cara berhijab segi empat dibawah ini ya. Jangan lupa untuk berbagi artikel tata cara berhijab segi empat kepada keluarga, teman dan orang tersayang, agar mereka juga bisa mengetahui tata cara berhijab segi empat dan tampil lebih kece!

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tata cara berhijab segi empat yang perlu kamu coba.

2 dari 6 halaman

1. Hijab ala Laudya Cintya Bella

Wanita cantik kelahiran Bandung, 24 Februari 1988. Pada awal Februari 2015, Bella telah memutuskan untuk menutup mahkotanya dengan Hijab. Paska berhijab, Bella semakin aktif dalam berperan di banyak film dan iklan, serta merambah ke dunia bisnis.

Gaya hijab Bella selalu terlihat simple dan modis. Berikut tutorialnya

1. Kamu bisa merentangkan kain, kemudian lipat berbentuk segitiga dan buat sisi sama panjang

2. Jangan lupa untuk sematkan jarum peniti

3. Ambil bagian sisi kiri dan letakkan  ke bawah sisi kanan kemudian tarik kebelakang, hingga memutar

4. Selipkan pada lipatan jilbab dan lakukan hal yang sama pada sisi yang kanan.

5. Setelah selesai, rapihkan jilbab untuk hasil yang lebih maksimal.

6. Jilbab ala laudya cintya bella siap menyambut harimu!Penggunan jilbab yang dililtkan ke leher ala Ludya Cintya Bella ini cocok untuk kamu yang berwajah bulat karena akan membuat leher telihat lebih jenjang.

3 dari 6 halaman

2. Hijab ala Natasha Rizky

Hijab ala pemeran film Radio Galau ini juga tak kalah simple dengan hijab ala Bella. Kamu hanya perlu membutuhan sekitar 1 menit saja untuk memggunakan hijab ala Natasha Rizky.

1. Kamu bisa merentangkan kain, kemudian lipat berbentuk segitiga dan buat sisi sama panjang

2. Jangan lupa untuk sematkan jarum peniti.

3. Tarik dua sisi jilbab ke belakang

Hijab ala Natasha Rizky ini cocok untuk kamu yang ant ribet, karena hijab ini sangat simple, tidak membutuhkan wkatu yang lama dan cocok untuk kegiatan sehari-hari.

4 dari 6 halaman

3. Hijab ala Ria Miranda

Ria sendiri suka dengan gaya hijab yang sederhana. Nah, kamu bisa menirunya untuk tampilan yang terlihat simple namun menawan.

1. Step pertama, kamu bisa melipat hijab persegi menjadi segitiga. Kemudian tarik sisi kiri kanan dan sematkan jarum.

2. Selanjutnya tarik hijab sisi kanan ke bagian kiri. Namun, di bagian luar agar tertutup sisi kirinya.

3. Kamu bisa juga menyematkan bros, jika tak suka, kamu bisa menggunakan jarum pentul.

4. Voila! Style hijab sederhana pun sudah siap.

Dilansir dari vemale.com Ria Miranda merupakan desainer yang memiliki ciri khas rancangan dengan warna-warna pastel. Menurutnya warna pastel ini memberikan kesan yang lembut dan juga manis.

5 dari 6 halaman

4. Hijab ala Alysa Soebandono

Istri dari Dude Herlini ini semenjak berhijab sering menampilkan foto hijab syari dalam akun instagramnya. Jika kamu salah satu pengguna hijab syari kamu bisa mengikuti tutorial hijab ala Alysa Soebandono.

1. Step pertama, kamu bisa melipat hijab persegi menjadi segitiga.

2. Kiri lebih pendek dari yang kanan, masukkan bagaian kiri ke dalam bagian kanan.

3. Sisi kanan putar ke bekang dan peniti dibagian atas.

6 dari 6 halaman

5. Hijab ala Shireen Sungkar

Aktris Indonesia berdarah Arab-Minang, Shireen semenjak tampil tertutup tidak lantas membuat Shireen jadi mati gaya. Justru gaya Shireen mulai ditiru oleh para hijabers. Berikut tutorial hijab ala Shireen Sungkar yang bisa kamu coba.

1. Step pertama, kamu bisa melipat hijab persegi menjadi segitiga

2. Bagi dua sisi, dengan sisi kiri lebih pendek dari sisi kanan.3. Selanjutnya tarik hijab sisi kanan ke bagian kanan bahumu, dan letakkan bros.

4. Style hijab sederhana pun sudah siap.

Nah, 5 tata cara hijab segiempat diatas ala Laudya Cintya Bella, Natasha Rizki, Ria Miranda ataupun Shireen Sungkar bisa langsung kamu coba ya. Kamu juga bisa sesuaikan dengan bahan atau warna yang sesuai dengan baju yang kamu pakai. Selamat mencoba!


Reporter: Tyas Titi Kinapti

Hudson-Odoi Sempat Unggah Bantahan Kabar Transfer ke Bayern, Lalu Dihapus

JakartaBayern Munich dikabarkan sedang bernegosiasi dengan Chelsea demi Callum Hudson-Odoi. Tapi si pemain sempat membantah lewat instagram, lalu menghapusnya.

Bukan rahasia lagi jika Bayern berminat dengan winger belia tersebut. Direktur Keolahragaan Bayern Hasan Salihamidzic sudah mengungkapkan bahwa ada pembicaraan dengan Chelsea.

Namun tak lama setelah kabar ini muncul, Hudson-Odoi mengunggah pernyataan di Instagram Story. Pernyataan yang menyiratkan bantahan itu hanya muncul sebentar, karena langsung dia hapus.

“Jangan selalu percaya dengan apa yang Anda dengarkan!” tulis Hudson-Odoi.

Sepanjang musim ini Hudson-Odoi mulai sering muncul di tim senior, walau jam terbangnya masih minim. Ia baru empat kali jadi starter dan empat sisanya tampil sebagai pemain pengganti.

Opsi hengkang untuk sang pemain cukup masuk akal menengok Chelsea memiliki tiga winger senior yang sulit digeser, yakni Eden Hazard, Pedro Rodriguez, dan Willian.

Kabar yang beredar Hudson-Odoi dihargai 35 juta pound sterling. Jika memang ke Jerman, ia akan mengikuti dua pemain muda Inggris yang sudah terlebih dahulu sukses di sana macam Jadon Sancho (Borussia Dortmund) dan Reiss Nelson (Hoffenheim).

(raw/rin)