Selain Sudirman-Thamrin, Mobil Lewat Jalan Ini Juga Harus Bayar

Jakarta – Kebijakan electronic road pricing (ERP) segera diterapkan tahun ini. Kebijakan yang telah lama molor tersebut ditargetkan terlaksana tahun ini menyusul kebijakan ganjil genap yang segera berakhir.

“Jadi akhir tahun ini harus sudah ada kebijakan ERP. Harusnya sudah semua (ruas jalan yang ditetapkan), karena ganjil genap sudah nggak kuat lagi,” kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono saat dihubungi detikFinance, Senin (18/3/2019).

Bambang menjelaskan penerapan ERP di Jakarta dibagi ke dalam tiga ring. Yakni ring 1 dan 2 yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI dan ring 3 yang menjadi tanggung jawab BPTJ.


Adapun ring 1 dan 2 saat ini sedang dalam proses tender penentuan teknologi ERP yang digunakan. Sedangkan ring 3 masih dalam penyusunan masterplan.

Ring 1 dan 2 sendiri berlokasi di jalan yang dikelola langsung oleh Pemprov DKI. Ring 1 ada di Jalan Sudirman-Thamrin dan ring 2 di Kuningan-MT Haryono. Sedangkan ring 3 adalah jalan nasional yang berada di daerah sekitar atau pinggiran Jakarta.

“Ring 3 di jalan-jalan utama nasional seperti Kalimalang, Depok Margonda, Tangerang Daan Mogot,” kata Bambang.

Selain Sudirman-Thamrin, Mobil Lewat Jalan Ini Juga Harus Bayar

(eds/fdl)

Kenali Penyakit Thalasemia, Gejala dan Pengobatannya Selain Transfusi Darah

Sebelumnya telah disebutkan bahwa penyakit Thalasemia diturunkan oleh salah satu orangtua ataupun kedua orangtua penderita penyakit yang menyerang sel darah merah ini. Untuk itu, setiap pasangan yang hendak menikah dianjurkan untuk menjalani screening Thalasemia terlebih dahulu.

Screening ini digunakan untuk mencegah penyebaran Thalasemia kepada calon jabang bayi. Screening Thalasemia merupakan metode pengujian yang ditujukan untuk mengetahui gen Thalasemia di dalam darah sepasang calon suami istri.

Alasan lain perlu melakukan screening Thalasemia karena Indonesia masuk dalam ‘ikat pinggang Thalasemia’ bersama dengan Italia, Yunani, Siprus, Cina, Thailand dan sederet area lainnya. Itu artinya penduduk Indonesia berisiko tinggi pembawa sifat Thalasemia seperti disampaikan dokter spesialis anak RS Cipto Mangunkusumo, Pustika Amalia Wahidayat.

Bila dari hasil pemeriksaan screening menunjukkan pria dan wanita tersebut pembawa sifat Thalasemia (Thalasemia minor) artinya ada kemungkinan 25 persen melahirkan anak Thalasemia mayor, 50 persen Thalasemia minor, dan 25 persen sehat.

Bila hasil skrining menunjukkan pasangan yang menikah itu merupakan pembawa sifat Thalasemia, dokter akan memberikan konseling. Sehingga pasangan tersebut akan memutuskan akan melanjutkan memiliki anak atau tidak.

Jika memiliki anak, pasangan yang akan menikah pun sudah tahu kemungkinan yang akan terjadi. Bila nanti saat sudah menikah dan memiliki anak dengan kondisi Thalasemia mayor, dokter bisa segera memberikan pengobatan untuk mengoptimalkan perkembangan fisik anak.

Selain Zinedine Zidane, 5 Pelatih Ini Juga Gagal Move On

Jakarta – Nama Zidane Zidane kembali jadi sorotan. Keputusannya menerima kembali permintaan untuk melatih Real Madrid, membuat pria Prancis berdarah Aljazair ini menjadi bahan pembicaraan, terutama di media sosial.

Hanya butuh waktu sembilan bulan bagi Zinedine Zidane untuk kembali ke klub lamanya, Real Madrid. Rupanya, pelatih asal Prancis itu bukanlah satu-satunya sosok yang tak bisa ‘move on’ dari klub lamanya.

Tepat pada Senin (11/3) Zidane diangkat sebagai pelatih tetap Real Madrid dengan kontrak hingga tahun 2022 mendatang. Ia menggantikan Santiago Solari yang dinilai telah gagal membawa Los Merengues kembali ke jalur kemenangan.

Padahal, ia belum lama angkat kaki dari Santiago Bernabeu. Publik masih ingat betul bagaimana Zidane mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan Real Madrid beberapa hari setelah mengalahkan Liverpool di final Liga Champions.

Publik boleh bersepakat, Zinedine Zidane bisa dikategorikan sebagai pelatih yang tak bisa move on dari klub lamanya. Namun ia bukanlah satu-satunya orang yang mendapatkan predikat seperti itu. Masih ada sosok lainnya seperti dia. Berikut di antaranya.

Selain MotoGP, Jokowi Sebut Sirkuit Mandalika Juga Tawarkan Keindahan

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan komitmen pemerintah terhadap pembangunan Sirkuit Mandalika. Arena balap yang berkonsep Street Race ini bertempat di kawasan wisata Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan jadi salah satu venue putaran MotoGP 2021.

Rencananya, pembangunan sirkuit Mandalika ini akan dimulai pada September 2019. Hal tersebut disampaikan langsung oleh presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam pertemuan antara pemerintah dengan CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta selaku promotor MotoGP.

Pertemuan yang berlangsung di Istana Bogor, Senin (11/3) sore , juga dihadiri Direktur Utama Pengembangan Pariwista Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Jokowi kembali menegaskan komitmen pemerintah untuk melaksanakan balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika 2021 mendatang. Selain menyiapkan lintasan balap, pihak ITDC juga menginginkan infrasrukturtur tambahan. Seperti jalan tembusan ke bandara dan perpanjangan runway bandara.

“Ada tanda tangan kerjasama untuk penyelenggaraan MotoGP di tahun 2021, kita siap menyiapkan infrasturkur,” ujar Joko Widodo. Selain kelas MotoGP, nantinya arena balap motor ini juga akan menyajikan balapan Moto2 dan Moto3.

Bukan hanya dari sisi olahraga, Sirkut Mandalika juga akan menawarkan sisi keindahan alam Indonesia. Berkonsep street race, lintasan balap ini nantinya akan dibangun di pesisir pantai Mandalika. Tentu ini akan menaikan ekonomi Indonesia melalui sektor pariwisata.

“Carmelo menyampaikan bahwa ini merupakan street sirkuit yang sangat indah sekali. Karena mepet dengan pantai. Pantainya indah dan sirkuitnya sangat dekat dengan pantai,” ujar Presiden RI ketujuh itu seperti yang dikutip Antara.

Punya Usaha Sampingan Selain Jadi Karyawan, Bagaimana Lapor SPT?

Liputan6.com, Jakarta – Kepada Tim Konsultasi Pajak,

Saya effi dari Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Saya ingin bertanya mengenai laporan surat pemberitahuan tahunan (SPT).

Apa bila seorang karyawan bank swasta ingin melaporkan SPT tetapi juga memiliki usaha lain di samping menjadi seorang karyawan, apakah SPT tersebut bisa dilaporkan melalui e-filling dan manual?

 

 

Terima kasih

 

teemesxx@yahoo.com

Yth. Saudara Effi Austin,

Saudara tetap dapat melaporkan SPT PPh Orang Pribadi Saudara melalui e-filling. Formulir SPT PPh Orang Pribadi yang Saudara laporkan melalui e-filling adalah menggunakan SPT 1770.

Demikian penjelasan dari kami. Semoga bermanfaat.

Salam,

Fitrah Purnama Megawati, S.Sos

Citas Konsultan Global (CITASCO)

Jl. Ciputat Raya No. 28 C Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, 12240

www.citasco.com

Orang-Orang yang Bisa jadi Pendonor Sumsum Tulang Belakang, Selain Saudara

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik menghampiri Ani Yudhoyono yang telah hampir sebulan menjalani pengobatan kanker darah di National University Hospital, Singapura. Istri Susilo Bambang Yudhoyono itu dikabarkan telah mendapat pendonor sumsum tulang belakang untuk melancarkan pengobatannya.

Transplantasi sumsum tulang belakang atau sel punca (stem cell) adalah tindakan penting bagi pengobatan pasien kanker darah tipe leukemia, limfoma, atau myeloma.

Dengan transplantasi sumsum tulang belakang atau sel punca, pasien kanker darah bisa menjalani kemoterapi dosis tinggi serta pengobatan lainnya. Pasien bisa mendapat transplantasi melalui sel puncanya sendiri (autologous transplant) atau dengan sel punca dari donor yang pas (allogeneic transplant).

Lalu, siapa sajakah yang bisa menjadi pendonor sumsum tulang belakang?

Bila ingin menjadi pendonor bagi pasien kanker darah, Anda harus punya sel punca yang cocok dengan pasien tersebut. Perlu tes darah untuk melihatnya. Para staf laboratorium akan melihat permukaan sel darah Anda lalu membandingkannya dengan sel darah pasien yang memerlukan transplantasi.

Pemeriksaan ini diperlukan karena masing-masing orang memiliki set protein berbeda-beda pada permukaan sel darahnya. Protein HLA dan antigen histokompatibilitas yang diteliti di laboratorium. Hasil tes tersebut akan menunjukkan seberapa besar kecocokan HLA pada pendonor maupun calon penerima donor.



2 dari 2 halaman

Saudara Kandung

Melansir laman Cancerresearchuk, saudara kandung cenderung menjadi donor yang paling cocok. Kemungkinannya 1 banding 4 sel-sel saudara kandung sangat cocok. Transplantasi dari donor yang berasal dari saudara kandung ini disebut matched related donor (MRD). Kecil kemungkinan saudara lain dalam keluarga yang memiliki kecocokan sebagai donor.

Bila Anda dan pasien yang akan menerima donor hanya memiliki 50 persen kecocokan, transplantasi sumsum tulang belakang atau sel punca masih tetap bisa dilakukan. Ini disebut haploidentical transplant.

Menurut National Marrow Donor Program, hanya 30 persen pasien yang bisa mendapatkan donor dari anggota keluarga yang benar-benar memiliki sel yang cocok. Jadi, transplantasi haploidentikal memang cenderung lebih mudah ditemukan diantara anggota keluarga besar, mengutip dari laman Medicalexpress.

Pasien kanker juga bisa mendapat donor dari anggota keluarga yang bukan saudara kandung. Ini disebut sebagai matched unrelated donor. Biasanya perlu banyak orang untuk dites tipe jaringan selnya untuk mendapatkan donor macam ini.

5 Kota Selain di Jepang yang Tawarkan Keindahan Sakura Mekar

Liputan6.com, Jakarta – Siapa yang mengira menikmati bunga sakura mekar hanya bisa di Jepang? Ternyata, banyak kota di dunia yang menawarkan pengalaman serupa.

Penasaran? Berikut lima kota yang bisa dikunjungi untuk menikmati tradisi hanami atau melihat bunga ala masyarakat Jepang seperti dilansir Agoda.

1. Jinhae, Changwon, Korea Selatan

Festival Jinhae Gunhangie menarik sekitar dua juta pengunjung per tahun. Menurut sejarah, festival ini awalnya merupakan upacara peringatan bagi Laksamana Yi Sun-sin.

Kini, Festival Jinhae Gunhangie telah menjelma menjadi festival musim semi terbesar di Korea Selatan. Festival ini bisa dinikmati dengan berjalan-jalan menyusuri Romance Bridgeyang indah, di mana bunga sakura menaungi Sungai Yeojwacheon.

Pohon-pohon sakura juga berbaris rapi di jalur kereta api, di sepanjang Stasiun Gyeonghwa. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah akhir Maret hingga April 2019.

2. Dien Bien Phu, Vietnam

Banyak yang tidak mengetahui bahwa Pulau Hoa di Vietnam, yang terletak di timur Dien Bien Phu di tengah-tengah Danau Pa Khoang adalah ‘tambang emas’ bagi mereka yang mencari bunga sakura.

Tahukah Anda bahwa ilmuwan Vietnam Dr. Tran Le mengembara ke seluruh negeri untuk mencari tempat yang sempurna guna menanam benih pohon sakura yang merupakan hadiah dari temannya yang berkebangsaan Jepang?

3. Washington D.C., Amerika Serikat

Festival Nasional Bunga Sakura yang berlangsung selama tiga minggu digelar untuk merayakan awal musim semi sekaligus menghormati budaya Amerika dan Jepang.

Sebanyak 3.000 pohon yang dapat dilihat di festival ini adalah simbol persahabatan antara kedua negara dan merupakan hadiah dari Wali Kota Tokyo kala itu, Yukio Ozaki pada 1912. Nikmatilah keindahan bunga sakura di Tidal Basin.

4. Edinburgh, Skotlandia

Persiapkan perlengkapan piknik Anda dan kunjungi The Meadows di Edinburgh. Dengan menempati salah satu bangku di sepanjang barisan pohon sakura, Anda dapat beristirahat dan menikmati pemandangan yang didominasi warna merah muda. Buat perencanaan yang baik untuk menghabiskan sepanjang hari di luar dengan membawa selimut dan novel favorit Anda.

5. Paris, France

Hanya ada beberapa tempat di bumi ini yang sama romantis dan indahnya dengan City of Lights yang ternama. Setiap musim semi, lingkungan dan taman-taman di ibu kota Prancis ini dihiasi dengan bunga sakura yang memikat.

Untuk memperoleh pemandangan yang prima, berjalan-jalanlah di Parc du Champ de Mars, yang terletak di bawah bayang-bayang Menara Eiffel yang tersohor di dunia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Selain Kebocoran, Prabowo Sebut Kondisi Indonesia Sedang Berdarah

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut kondisi Indonesia saat ini layaknya tubuh manusia yang tengah mengalami pendarahan. Dia menyebut salah satunya yakni akibat rekayasa faktur penjualan, seperti halnya dalam bidang sumber daya alam yang diekspor.

Prabowo menyebut hal itu berakibat pada kebocoran anggaran negara. Di mana faktur yang dilaporkan lebih rendah dibandingkan penjualan aslinya atau disebut Under Invoicing.

“Itu yang saya sebut kebocoran. Itu yang saya sebut bleeding. Indonesia sedang berdarah,” kata Prabowo di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Minggu (3/3/2019).

Prabowo Subianto menyebut dalam kebocoran itu pun ada peran beberapa pihak. Bahkan, dia menyebut negara terus melakuan hutang untuk menutupi yang ada.

Mantan Danjen Kopassus TNI itu pun mengumpamakan keadaan itu sepeti halnya transfusi darah, di mana utang yang menghidupi bangsa.

“Kita hidup dengan utang. Tidak dengan produksi kita sendiri. Tidak dengan keuntungan kita sendiri, tidak dengan tangan kita sendiri,” ujar Prabowo Subianto.

2 dari 3 halaman

Proses Kebocoran

Sebelumnya, Prabowo mencontohkan proses kebocoran itu. Kebocoran itu diketahuinya sejak menjadi pimpinan perusahaan kelapa sawit usai pensiun dari TNI pada 1998.

“Saya jadi pengusaha waktu itu, saya dipercaya memimpin perusahaan kelapa sawit. Jadi saya mengerti industri kelapa sawit, dengan segala permainan-permainannya, karena itu dapat pencerahan lagi saya, boleh saya cerita fenomena saya ini,” kata dia.

Dia menjelaskan bila seseorang ingin membangun suatu perkebunan kelapa sawit harus melakukan beberapa tahapan. Mulai dari izin ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab), lalu ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan lanjut ke Pemerintah Pusat.

Saat itu ketika ke pemerintah pusat, sambung Prabowo, pengusaha tersebut harus meminta izin ke Kementrian Pertanian dan Kementrian Kehutanan. Setelah itu barulah pengusaha itu mendapatkan sertifikat hak guna usaha (HGU).

“Begitu dia dapat dengan HGU dia dapat kredit, di sini sudah mulai bocor, kenapa? Karena untuk buka lahan itu ada indeks. Saya enggak tahu sekarang, waktu saya itu indeks sekitar 3.000 dollar per hektar, 4.000 per hektar. Padahal ongkos benar-benar untuk buka hutan waktu itu enggak sampai 2.000. Zaman saya dulu, tidak tahu persis indeks sekarang,” ungkap Prabowo.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Selain Tidur, 4 Kebiasaan Ini Disarankan Jangan Dilakukan Usai Makan

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu kebiasaan yang tak boleh dilakukan saat selesai makan adalah tidur. Sebab, hal tersebut membahayakan dan tak baik bagi kesehatan tubuh.

Apabila hal ini dilakukan, maka perut akan kembung, muncul ketidaknyamanan dan gangguan pola tidur.

Orang yang hendak tidur malam jelas disarankan untuk tidak makan, sebab akan menimbun lemak dan menyebabkan penyakit datang.

Selain tidur, ada aktivitas lain yang juga berbahaya bagi kesehatan Anda jika tetap dilakukan usai makan.

Seperti dikutip dari laman Thecrazyfacts.com, Minggu (3/2/2019), berikut 4 hal berbahaya tersebut:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Merokok

Kebanyakan perokok akan mengisap tembakaunya setelah makan. Merokok setelah makan, dapat mengikat kelebihan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pencernaan.

Merokok sebatang setelah makan setara juga mampu menyebabkan risiko kanker paru-paru dan usus.

3 dari 5 halaman

2. Minum Teh

Minum secangkir teh setelah makan dianggap kebiasaan buruk karena dapat mengganggu penyerapan zat besi.

Teh mengandung asam tannic, yang dapat mengikat protein dan zat besi dari makanan yang kita makan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan anemia, dan dapat menyebabkan nafsu makan buruk.

Kebiasaan itu juga akan menyebabkan pusing, lemah, kelelahan berlebihan, nyeri dada, kulit pucat, kaki dan tangan dingin.

4 dari 5 halaman

3. Mandi

Mandi setelah makan merupakan kebiasaan yang bisa melemahkan sistem pencernaan dan memicu sakit perut.

Kebiasaan ini juga mampu menyebabkan hal negatif lain. misalnya akan meningkatkan aliran darah di kaki dan tangan tetapi bisa mengurangi aliran darah di lambung.

5 dari 5 halaman

4. Makan Buah

Makan buah setelah makan dapat merusak makanan yang kita makan dan berubah menjadi asam.

Hal ini dapat menyebabkan bersendawa, gangguan pencernaan, dan nyeri ulu hati. Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong atau sebelum makan.

Selain Tristan Thompson, Jordyn Woods Juga Gaet Kekasih Khloe Kardashian Lainnya

Liputan6.com, Los Angeles – Sahabat Kylie Jenner, Jordyn Woods dikabarkan menjalin asmara dengan Tristan Thompson, kekasih Khloe Kardashian, kakak tiri Kylie. Rumor yang beredar, Jordyn dan Thompson tertangkap mesra saat menghadiri pesta di Los Angeles.

Hal itu yang membuat Khloe Kardashian dan Tristan Thompson putus hubungan.

Belum selesai kabar perselingkuhan itu, kini publik kembali dikejutkan dengan perkembangan terbaru. Dilansir dari Us Magazine, Jordyn ternyata juga sempat menggaet mantan Khloe Kardashian yang lain. Siapa dia?

2 dari 3 halaman

Gaet James Harden

Dia adalah James Harden, pria yang sempat menjalin cinta dengan Khloe Kardashian pada 2015 hingga 2016 silam. Sesuai kabar yang beredar, Jordyn Woods telah mendekati James sebelum mulai berkencan dengan Tristan Thompson.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang sumber pada Us Weekly, “Jordyn mulai berhubungan dengan James Harden setelah Khloe sudah putus darinya.”

3 dari 3 halaman

Dapat Restu

Lebih lanjut lagi, salah satu media asing The Blast melaporkan jika Jordyn sendiri yang mulai menyebarkan kabar ini. Ia secara terang-terangan mengaku pada teman-temannya kalau sempat berkencan dengan pria yang berprofesi sebagai pebasket itu, dan mendapat restu Khloe Kardashian.

“Woods mengaku pada teman-temannya kalau ia bertemu dengan Harden. Dia juga bilang sudah bercerita pada Khloe, dirinya sempat pacaran dengan Harden selama delapan bulan, dan mendapat restu dari bintang reality show itu,” ungkap seorang sumber pada The Blast. (Soraya/Kapanlagi.com)