Selain Baut, Kabel Anti-Petir di Jembatan Siak IV Riau Juga Dicuri

Jakarta – Publik lagi dihebohkan soal banyaknya baut yang dicuri di jembatan Siak IV Pekanbaru. Rupanya, kabel anti petir yang terpasang juga turut lenyap dicuri maling.

“Tak hanya baut yang dicuri di jembatan Siak IV Pekanbaru. Tapi kabel anti petir yang terpasang di jembatan juga dicuri,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Riau, Dadang Eko Purwanto kepada detikcom, Senin (15/4/2019).

Menurut Dadang, kabel anti petir yang terpasang di jembatan di ujung Jl Sudirman Pekanbaru sudah dua kali dicuri. Tidak tahu pasti siapa pelakunya.

“Jadi sudah dua kali kabel anti petir yang dicuri. Dan kita sudah menggantinya kembali,” katanya.

Kabel anti petir tersebut, katanya, sengaja dipasang karena konstruksi bangunan jembatan yang menjulang tinggi. Sehingga pemasangan kabel ini berfungsi untuk anti petir agar tidak membahayakan yang melintas di atas jembatan.

“Kabel anti petir kita pasang di dalam philon (tiang penyanggah). Tapi pintunya dirusak untuk mengambil kabel itu. Sekarang pintunya sudah kita las setelah kita menggantinya,” kata Dadang.

Walau pencurian kabel anti petir ini tidak mempengaruhi kekuatan struktur bangunan, tapi menurut Dadang, aksi pencurian ini sudah sangat meresahkan.

“Memang tidak mempengaruhi kekuatan konstruksi bangunan, seperti baut yang dicuri. Hanya saja inilah perilaku orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Dadang.

Selain itu, katanya, besi pagar di atas jembatan juga ada yang dipotong oleh oknum pencuri. Namun pihak PUPR Riau sudah menggantinya lagi.

“Kami sudah laporkan kasus pencurian ini ke pihak kepolisian,” tutup Dadang.
(cha/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *