Sekolah Empat Lantai Runtuh di Nigeria, 100 Siswa Terperangkap

Liputan6.com, Lagos – Sebuah gedung sekolah empat lantai di Lagos, Nigeria roboh pada Rabu, 10.00 pagi waktu setempat. Akibat kejadian itu, sekitar 100 anak-anak diprediksikan terperangkap di dalam bangunan.

Saat ini otoritas tellah berhasil menyelamatkan 25 orang, dengan beberapa dinyatakan telah tewas. Jumlah pasti korban meninggal belum dirilis hingga saat ini. 

“Kami telah menyelamatkan sekitar 25 orang, beberapa sudah meninggal,” kata Akinwunmi Ambode, gubernur Negara Bagian Lagos, dikutip dari Al Jazeera pada Kamis (14/3/2019).

Insiden terjadi pada gedung yang menjadi tempat pendidikan siswa SD dan taman kanak-kanak. Oleh karenanya, mayoritas korban diprediksi adalah anak-anak. Bangunan yang dimaksud terletak di di dekat pasar Itafaji, Pulau Lagos.

“Dipercayai bahwa banyak orang, termasuk anak-sanak saat ini terjebak di dalam gedung,” kata juru bicara wilayah barat daya di Badan Manajemen Darurat Nasional Nigeria

Saat ini, sejumlah personel kepolisian telah diterjunkan, berusaha membersihkan puing-puing bangunan. Warga masyarakat juga turut berkumpul di lokasi kejadian. Mereka memberikan dukungan kepada petugas evakuasi. Beberapa orangtua yang panik sempat tersulut emosi dan menimbulkan konflik yang terjadi di tengah kerumunan.

Dari puing-puing bangunan, tampak tas-tas sekolah dan mainan berserakan. Hal itu tampak jelas saat buldoser membersihkan reruntuhan.

Menurut warga,  sekitar 100 anak menghadiri sekolah pada hari itu dan kebanyakan berada di lantai 3. Bangunan yang dimaksud juga memiliki toko, kantor, serta unit yang digunakan sebagai rumah.

Tak ingin berpangku tangan, warga Lagos, Nigeria juga turut membantu evakuasi, membantu mengeluarkan orang dengan tangan kosong. Langkah itu juga diikuti oleh para pejalan kaki yang melintas.

“Saya baru saja melintas, mendengar sebuah bangunan roboh, jadi saya harus segera menjangkau orang-orang yang di sana, menyelamatkan mereka yang masih bisa diselamatkan,” kata seorang pria. Yang menjadi relawan.

Sumber yang sama juga mengatakan bahwa beberapa korban telah diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit.

Simak pula video pilihan berikut:

Sebuah bangunan berlantai tiga di kota Karachi, Pakistan, runtuh. Dua orang dilaporkan tewas karena insiden ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *