Sekjen BPN Kumpul Bahas Kampanye Terbuka, Sandiaga Hadir

Jakarta – Pejabat partai koalisi pendukung capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berkumpul di rumah Prabowo di Jakarta Selatan. Mereka akan membahas kampanye terbuka yang dimulai besok.

Pantauan di lokasi, Jumat (23/3/2019), Sandiaga Uno sudah datang di lokasi, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sandi tidak berkata apapun kepada wartawan.

Selain itu, ada juga Sekjen Berkarya Priyo Budi Santoso, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon, dan tokoh lainnya. Sementara itu, mobil Prabowo Subianto belum terlihat.
Direncanakan, beberapa pejabat partai koalisi akan hadir. Rapat membahas titik mana saja yang akan dihadiri oleh Prabowo maupun Sandiaga.

Disebut Priyo, Prabowo akan fokus ke Pulau Jawa. Tapi tidak melupakan luar pulau Jawa.

“Pak Prabowo memulai di Manado. Beliau akan terbang pagi-pagi ke Manado siangnya atau sore geser ke Makassar, kami sudah memploting juga Pak Prabowo di titik mana beliau hadir. Utamanya zona Jawa kami utamakan tanpa melupakan beberapa titik penting di luar Jawa,” kata Priyo.

Selain itu, titik kampanye untuk Sandiaga juga dipetakan. Termasuk lokasi-lokasi yang akan didatangi petinggi partai.

“Demikian Pak Sandiga juga kami mapping di titik mana beliau harus hadir dan demikian pula para petinggi partai akan gabung di titik mana juga akan diatur,” ucap Priyo.
(aik/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sekjen PSSI Penasaran dengan Timnas Indonesia Versi McMenemy

Jakarta – Debut Simon McMenemy bersama Timnas Indonesia pada laga resmi akan terjadi pada uji coba melawan Myanmar. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, mengaku sudah tidak sabar menantikan pertandingan tersebut.

Timnas Indonesia akan menantang Myanmar pada uji coba bertajuk FIFA Matchday di Mandalar Thiri Stadium, Mandalay, Senin (25/3/2019).

Untuk menghadapi Myanmar, McMenemy membawa 22 pemain. Dengan delapan di antaranya merupakan anggota Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Hal ini berarti, materi pemain Skuat Garuda saat ini didominasi oleh pendatang baru rasa lama.

Sebelum bertolak ke Myanmar, Timnas Indonesia telah digembleng dalam pemusatan latihan (TC) di Australia dan Bali sejak 9-20 Maret 2019. Di Negeri Kanguru, Skuat Garuda mampu mengalahkan Perth Glory pada sebuah partai uji coba dengan skor 3-1.

“Saya bangga melihat perkembangan tim ini sejak uji coba di Australia, karena yang mereka kalahkan itu tim utamanya. Jadi, kami semua penasaran melihat bentuk permainan Timnas Indonesia. Kami tunggu saja nanti 25 Maret melawan Myanmar,” ujar Tisha.

11 hari ditempa dalam TC, Tisha mengungkapkan kondisi skuat Timnas Indonesia dalam keadaan baik. Tidak ada pemain yang cedera maupun kelelahan berlebih lantaran jadwal yang padat bersama klub dan Skuat Garuda.

“Sejauh ini, kondisi pemain tidak ada yang negatif. Mungkin kalau hanya sekadar kelelahan sedikit, pasti ada. Tapi, tidak sampai ada yang serius,” kata Tisha.

Berita video penjelasan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, soal langkah dalam pembinaan pemain yang nantinya berujung target Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2030.

KPK Panggil Sekjen DPR Terkait Suap Anggota DPR F-PAN Sukiman

JakartaKPK memanggil Sekjen DPR Indra Setiawan terkait kasus dugaan suap anggota DPR Fraksi PAN Sukiman. Indra dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Plt Kadis PU Pegunungan Arfak, Natan Pasomba.

“Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka NPS (Natan Pasomba),” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (21/3/2019).

Wakil Bupati Pegunungan Arfak, Marinus Mandacan, juga dipanggil KPK. Dia juga dipanggil sebagai saksi untuk Natan.

Sukiman ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga menerima duit Rp 2,65 miliar dan USD 22 ribu. Duit itu untuk memuluskan pengurusan dana perimbangan pada APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Papua Barat.

KPK mengatakan Natan Pasomba diduga menyiapkan uang Rp 4,41 miliar, yang terdiri dari uang tunai sejumlah Rp 3,96 miliar dan valas USD 33.500. Jumlah tersebut, menurut KPK, merupakan commitment fee sebesar 9 persen dari dana perimbangan yang dialokasikan untuk Pegunungan Arfak.

Namun yang diduga diterima Sukiman, menurut KPK, berjumlah Rp 2,65 miliar. Suap itu diduga diterima Sukiman antara Juli 2017 dan April 2018 dengan beberapa pihak sebagai perantara.

Sukiman dan Natan kini dicegah bepergian ke luar negeri. Pencegahan itu dilakukan sejak 21 Januari 2019 hingga 6 bulan setelahnya.
(haf/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sekjen PPP: Kubu Humphrey Ingin Islah, Silakan Datang ke DPP

Liputan6.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mempersilakan PPP kubu Muktamar Jakarta yang dipimpin Humphrey Djemat jika menginginkan Islah.

“Ya tolong sampaikan kepada teman-teman di kubu Humphrey yang saya kira jumlahnya nggak bayak lagi. Kalau mau islah, datanglah ke sini (Kantor DPP PPP). Saya ada di sini, datanglah, anytime lah, janjian,” kata Arsul di Kantor DPP PPP, Jl. Diponogoro, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019).

Arsul juga mengatakan bahwa Plt Ketua Umum PPP Suharso telah bertemu Djan Farid yang merupakan Ketua Umum PPP kubu Muktamar sebelumnya. Pada pertemuan itu, mereka membahas terkait islah.

“Itu sudah disampaikan juga, sudahlah kita bersama-sama, bersatu lagi,” ujar Arsul.

Dia juga menerangkan bahwa istri Humphrey, Triyana Dewi Seroja juga telah bergabung dengan PPP untuk mendukung paslon 01, Jokowi-Ma’ruf. Kendati saat ini, Humphrey mendukung pasangan capres-cawapres 02, Prabowo-Sandi.

“Tapi Bu Triana itu anggota TKD (Tim Kampanye Daerah) DKI di bawah pimpinan Pak Prasetyo. Beliau ketua badan bantuan hukum dulu di DPP Djan Faridz,” terangnya.

Arsul pun meminta kepada PPP kubu Humphrey supaya tidak mengumbar ke publik soal rencana islah mereka. Dirinya meminta agar kubu Humphrey datang terlebih dahulu ke DPP PPP baru setelah itu hasilnya diumumkan ke masyarakat.

“Jadi enggak usah kita pengen islah pakai press conference. Jadi mendingan datang dulu, kemudian press conference sambil makan-makan sama awak media gitu,” ujarnya dengan diiringi gelak tawa.

Sekjen Kemenag Diklarifikasi KPK soal Pengisian Seleksi Jabatan

Jakarta

Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) M Nur Kholis Setiawan diklarifikasi KPK hingga Sabtu (16/3) dini hari. Nur Kholis mengaku ditanya soal seleksi jabatan di Kemenag terkait kasus dugaan suap dengan tersangka M Romahurmuziy dan dua pejabat Kemenag.

“Intinya tentu lebih banyak menanyakan tentang proses di dalam seleksi itu, dari awal sampai akhir dan sudah saya jelaskan semuanya kepada mereka,” ujar Nur Kholis kepada wartawan di kantor Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Selain itu, Nur Kholis menyebut KPK menyegel tiga ruangan yakni ruangan kerja dirinya, ruang Menag dan ruang Kepal Biro Kepegawaian.

“Yang kami lakukan tentu menjawab pertanyaan dari penyelidik karena tahapannya adalah penyelidik setelah saya mendampingi tim penyelidik menyegel kantor kementerian agama, baik ruang kerja Pak menteri, ruang kerja saya, dan ruang kepala biro kepegawaian,” katanya.

KPK sebelumnya menyebut ruangan di Kemenag disegel karena diduga menyimpan bukti dalam kasus dugaan suap anggota DPR yang juga eks Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy).

“(Disegel) karena tim penyidik dan penyelidik menduga di dalam situ ada bukti-bukti yang bisa mendukung ungkap kasus secara tuntas,” ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dalam jumpa pers di gedung KPK.

Romahurmuziy ditetapkan sebagai tersangka penerima suap total Rp 300 juta. Diduga Romahurmuziy membantu seleksi jabatan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Muafaq dan Haris juga ditetapkan KPK sebagai tersangka. Muafaq diduga memberi duit Rp 50 juta pada Jumat (15/3) ke Rommy, sedangkan Haris diduga menyetor duit Rp 250 juta ke Rommy pada 6 Februari 2019.


(fdn/jbr)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sekjen PPP: Lukman Hakim Menteri yang Tidak Mau Terlibat Korupsi

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romi sebagai tersangka dugaan suap seleksi jabatan di lingkungan Kementerian Agama. Sekjen PPP Arsul Sani enggan berkomentar mengenai apakah Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin terlibat dalam kasus itu.

“Kalau soal peran menteri agama saya juga tidak ingin berkomentar, tapi sekali lagi asas praduga tak bersalah itu harus tetap melekat,” kata Arsul saat jumpa pers di DPP PPP, Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (16/3/2019).

Arsul menilai, Lukman yang juga merupakan politikus PPP bekerja secara baik sebagai Menag. Menurutnya, kasus yang membelit Romahurmuziy murni di luar dugaan PPP.

“Pak Lukman selama ini merupakan salah satu menteri yang tidak mau begitu begituan itu jelas, makanya kinerja beliau juga bagus bahwa ada hal hal yang terjadi itulah yang di luar dugaan kita semua,” uca dia.

Terpisah, Wasekjen DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan, kasus yang menimpa Romahurmuziy merupakan oknum yang bermain. Menurutnya, sejauh ini Kementerian Agama (Kemenag) telah melakukan prosedur dan ketetapan yang benar soal jabatan tinggi.

“Ini dari Kemenag sudah clear ada protapnya, tapi terus kok ada okmum-oknum yang bermain ya ini Wallahualam. Tapi kan kemenag sudah menyiapkan protap dan prosedur rekruitmen pejabat baik di kementerian wilayah daerah maupun pusat itu sudah ada mekanismenya semua,” ucapnya di DPP PPP.

Sekjen Kemenag Sempat Datangi KPK Terkait OTT Romahurmuziy

Jakarta – Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) M Nur Kholis Setiawan disebut sempat mendatangi KPK terkait operasi tangkap tangan (OTT) Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy). KPK menyebut Nur Kholis datang untuk mengklarifikasi penyegelan ruangan di Kemenag.

“Tadi sekitar jam 8 (malam) Sekjen Kementerian Agama datang ke kantor KPK karena sebelumnya kan ada beberapa ruangan di Kemenag yang disegel. Ada kebutuhan klarifikasi, tapi apa yang diklarifikasi tentu saya belum bisa sampaikan ya,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3/2019).

Dia menyatakan ruangan Menteri Agama (Menag) dan Sekjen Kemenag disegel KPK. Informasi terkait penyegelan ruangan Menag dan Sekjen Kemenag itu bakal disampaikan lebih lanjut.
“Yang pasti begini ketika tim KPK datang ke Kemenag kan salah satu ruangan yang disegel itu kan ruangan Sekjen, ruangan Menteri, dua itulah setidaknya yang disegel,” ucap Febri.

Febri menyatakan dua ruangan itu disegel karena kebutuhan proses penyelidikan. Dia belum menjelaskan apakah ada atau tidak barang yang disita dari dua ruangan itu.

“Ada kebutuhan proses penyelidikan,” ujarnya.

Sebelumnya, ruang Menag Lukman Hakim Saifuddin sudah disegel oleh KPK. Penyegelan terkait dengan OTT terhadap Rommy.

“Iya (disegel), iya benar. Jadi itu bagian dari proses yang memang harus dipenuhi oleh KPK,” kata Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kemenag Mastuki kepada detikcom, Jumat (15/3). Lukman adalah Ketua Majelis Pakar PPP.

Dari foto yang diterima redaksi, pintu ruang kerja Kemenag terlihat tertutup rapat. Pegangan pintu itu diikat dengan KPK Line. Ada juga stempel KPK di pintu itu.

Romahurmuziy diamankan KPK dalam sebuah OTT di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/3) pagi. Kini, Rommy bersama lima orang lainnya sudah berada di Gedung KPK.

KPK menyebut Rommy ditangkap terkait transaksi haram dalam pengisian jabatan Kemenag di pusat dan daerah. Namun KPK belum membeberkan detail perkara itu.

“KPK juga mengamankan sejumlah uang yang diduga terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama. Hal ini kami duga sudah terjadi beberapa kali sebelumnya,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan kepada wartawan, Jumat (15/3/2019).

Saat ini Rommy dkk masih berstatus sebagai terperiksa. KPK punya waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum keenam orang itu.
(haf/haf)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Massa FUI Persoalkan Hotel Tempat Tabulasi Suara, Ini Jawaban KPU

Jakarta – Sejumlah hal disoroti massa Forum Umat Islam (FUI) saat audiensi dengan KPU, termasuk soal tabulasi suara di salah satu hotel. KPU kemudian menjelaskan alasannya.

Pertanyaan itu diajukan oleh Sekretaris PA 212, Bernard Abdul Jabbar. Dia menyebut selama bertahun-tahun, KPU selalu melakukan tabulasi suara di suatu hotel di Jakarta Pusat.

“Tentang masalah tabulasi KPU. Kenapa selama ini, selama bertahun-tahun, tabulasi KPU itu kok selalu di Hotel Borobudur. Ada apa ini di Hotel Borobudur. Karena sepengetahuan informasi saya, ada sesuatu yang disembunyikan di Hotel Borobudur. Masalah tabulasi suara dan punya siapa itu hotelnya. Lah ini perlu kami tanyakan ke KPU,” kata Bernard di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

“Kami juga dapat informasi dari pegawai hotel yang bekerja di sana bahwa ini ada sesuatu yang disembunyikan di Borobudur itu. Kenapa nggak cari tempat lainnya?” sambungnya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang hadir di audiensi itu lalu memberi penjelasan. Dia mengatakan tidak ada preferensi khusus dari KPU untuk memilih hotel saat tabulasi suara. Pada tahun 2014 lalu, Wahyu menyebut tabulasi suara berlangsung di Kantor KPU.

“Terkait tabulasi, ini ada Pak Sekjen, memang kita perlu ganti suasana, Pak, jangan Hotel Borobudur terus. 2014 tabulasi di kantor KPU. Kemudian tidak menutup kemungkinan nanti juga mudah, Pak, untuk dipindah dari Hotel Borobudur,” jawab Wahyu.

“Wong kita bayar, Pak, bisa di manapun sepanjang memang kualifikasinya memenuhi syarat,” sambungnya.

Wahyu menegaskan bahwa hasil akhir Pemilu bukan ditentukan perhitungan IT melainkan kertas. Hasil penghitungan suara dari TPS hingga tingkat nasional dilakukan di kertas.

“Tabulasi itu bukan hasil resmi KPU, hasil resminya ya melalui rapat pleno,” kata Wahyu.

(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Alasan SBY Tunjuk AHY Jadi Penanggung Jawab Pemenangan Demokrat

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yufhoyono (SBY) menyerahkan tongkat komando kampanye pemenangan pemilu 2019 kepada putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto mengungkap  alasan mengapa SBY lebih memilih AHY ketimbang putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Dalam pemenangan pemilu SBY justru menugaskan Ibas dalam Komisi Pemenangan Pemilu (KPP). Sedangkan AHY, mendapat tugas pemenangan pemilu melalui jabatan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma).

Menurut Didik, ada pertimbangan lain hingga akhirnya SBY menunjuk AHY sebagai tonggak pemenangan pemilu. Alasannya, kata dia, AHY dianggap mampu mengatur strategi dan ritme.

“Mas AHY kan memang menjadi komisi pemenangan pemilu kita, itu tugasnya sangat berat dibanding tugas lain, karena harus menentukan strategi, mengatur ritme pertarungan dan bertanggung jawab terhadap rencana aksinya,” kata Didik saat dihubungi, Jumat (1/3/2019).

Didik juga mengungkap alasan kenapa bukan Ibas yang ditugaskan sebagai ketua pemenangan kampanye. Ibas, lanjutnya harus fokus pada pemenangannya sebagai caleg.

“Dan Mas Ibas sendiri strategi kampanye soal dapur Partai Demokrat sendiri, mereka berdua memang menjadi bagian magnet center, pada saatnya nanti Mas Ibas akan memperkuat Mas AHY,” ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Fokus Pengobatan Ani Yudhoyono

Diketahui, SBY memang tengah fokus merawat sang istri Ani Yudhoyono yang sedang sakit kanker darah di Singapura. Terkait Persiapan menghadapi pemilu serentak 17 April nanti, SBY telah memberikan sejumlah pesan.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, surat dituliskan SBY, demi menjawab ketidakhadirannya dalam dua bulan terakhir sisa masa Pemilu 2019, karena harus mendampingi sang istri yang mengidap kanker darah.

“Karena sementara waktu, secara fisik tidak bisa menjalankan kampanye sampai 17 April, oleh karena itu beliau sampaikan pesan untuk memaksimalkan kerja-kerja Partai, DPP sampai ke tingkat ranting,” kata Hinca di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).


Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini: