Di Mojokerto, Prabowo Dapat Masukan dari Aliansi Ulama dan Cendekiawan

Mojokerto – Selama 2 jam lebih di Pondok Pesantren (PP) Riyadlul Jannah, Mojokerto, Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto ternyata berdiskusi dengan aliansi ulama dan cendekiawan. Para ulama dan kaum intelektual pun memberikan sejumlah amanah kepada Capres nomor urut 2 tersebut. Apa saja?

Pertemuan antara Prabowo dengan dengan para ulama dan cendekiawan di kantor pusat PP Riyadlul Jannah, Kecamatan Pacet berlangsung pukul 20.00-22.16 WIB. Selama dua jam lebih, Ketum Partai Gerindra itu berdiskusi dengan Aliansi Ulama Madura, Aliansi Ulama Tapal Kuda, Aliansi Profesor dan Rektorat, Dzuriah NU, serta habaib dari seluruh Indonesia.

Sayangnya, Prabowo enggan memberikan waktu kepada wartawan untuk mewawancarainya. Dari kediaman Pengasuh PP Riyadlul Jannah, Prabowo bergegas masuk ke dalam mobilnya.

Humas PP Riyadlul Jannah sekaligus Ketua Panitia Penyambutan Prabowo, Muhammad Yusuf Misbah mengatakan, dalam pertemuan kali ini, Prabowo banyak mendapat masukan dari para ulama dan cendekiawan. Salah satunya Prabowo diharapkan mampu mengharmoniskan perbedaan yang ada di Bangsa Indonesia jika terpilih sebagai Presiden pada Pilpres 2019.

“Karena saat ini sangat terasa adanya pengkotak-kotakan, khususnya dalam kita beragama. Kemudian kotak mengkotak antar suku bangsa. Ini yang tidak diinginkan. Persatuan dan kesatuan Republik Indonesia yang paling utama,” kata Yusuf kepada wartawan di lokasi, Sabtu (23/2/2019), malam.

Selain diamanahi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, lanjut Yusuf, Prabowo juga diminta untuk membuktikan kecintaannya terhadap para ulama. Hal itu untuk menampik tudingan yang selama ini mengarah ke Prabowo, yaitu tidak suka dengan ulama.

“Insyaallah Pak Prabowo juga sudah komitmen nanti jika diamanahi menjadi pemimpin, beliau tidak akan meninggalkan ulama. Bahkan beliau akan terus datang bersilaturahmi di tempatnya para ulama,” terangnya.

(rvk/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Liga Italia: Dramatis, Gol Dzeko di Injury Time Menangkan Roma

FrosinoneAS Roma menang secara dramatis di markas Frosinone dalam lanjutan Liga Italia. Gol Edin Dzeko di injury time babak kedua memberi Roma kemenangan 3-2.

Tandang ke Stadio Benito Stirpe pada pertandingan pekan ke-25 Liga Italia, Minggu (24/2/2019) dini hari WIB, Roma sempat unggul 2-1. Namun gol Andrea Pinamonti di menit ke-80 membuat kedudukan jadi imbang 2-2.

Dzeko kemudian jadi pahlawan Roma lewat golnya di masa injury time. Striker internasional Bosnia & Herzegovina itu mencetak gol pada menit ke-95 untuk menyegel kemenangan Roma.

Roma sempat kebobolan lebih dulu saat laga baru berjalan lima menit. Kombinasi kesalahan Steven Nzonzi dan Robin Olsen membuat Roma tertinggal.

Operan Nzonzi yang tak akurat di area permainan sendiri dipotong oleh Camillo Ciano. Ciano kemudian melepaskan tembakan yang ditepis oleh Olsen. Namun penyelamatan Olsen tak sempurna karena bola justru melambung masuk ke gawang sendiri.

Ciano nyaris menggandakan keunggulan Frosinone ketika sepakannya dari jarak dekat melambung di atas mistar gawang. Di sisi lain, Roma mulai nyetel dan mengancam gawang Frosinone lewat sundulan Stephan El Shaarawy yang ditepis di bawah mistar oleh Marco Sportiello.

Kesalahan lini belakang Frosinone berbuah gol untuk Roma pada menit ke-30. Edoardo Goldaniga membiarkan bola yang memantul di dekatnya. Edin Dzeko muncul dari belakang Goldaniga untuk mencuri bola dan kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kanan ke arah tiang dekat.

Tak sampai dua menit, tepatnya 72 detik, Roma membalikkan keadaan. Berawal dari serangan balik, Dzeko mengoper bola kepada El Shaarawy yang berlari di sisi kanan.

El Shaarawy melepaskan tembakan dan ditepis oleh Sportiello. Bola muntah langsung disambar oleh Lorenzo Pellegrini untuk membawa Roma unggul.

Di babak kedua, Roma kehilangan Kostas Manolas yang cedera. Ketiadaan Manolas membuat lini belakang Roma rapuh. Frosinone pun menyamakan skor pada menit ke-81.

Dari serangan balik, Andrea Pinamonti dan Ciano masuk ke area pertahanan Roma. Tiga bek sekaligus mencoba menghentikan Ciano yang kemudian mengoper kepada Pinamonti. Tak terkawal, Pinamonti menembak dari jarak dekat untuk menjebol gawang Roma.

Saat laga seperti akan berakhir imbang, Roma mencuri kemenangan di detik-detik terakhir pertandingan. Bola dari Daniele De Rossi dikontrol dengan baik oleh El Shaarawy yang ada di sisi kiri kotak penalti. El Shaarawy kemudian melepaskan umpan yang langsung disambar oleh Dzeko tepat di depan gawang.

Dengan kemenangan ini, Roma terus menjaga jarak dengan empat besar. Giallorossi menempati peringkat kelima dengan 44 poin dari 25 laga, terpaut satu angka dari AC Milan yang ada di urutan keempat. Sementara itu, Frosinone masih berkutat di zona degradasi dengan menempati posisi ke-19 dengan 16 poin.

Susunan Pemain

Frosinone: Sportiello; Goldaniga, Salamon, Capuano; Zampano, Chibsah (Trotta 76), Viviani, Cassata, Beghetto (Molinaro 59); Ciano, Ciofani (Pinamonti 67)

Roma: Olsen; Santon, Manolas (Fazio 76), Marcano, Kolarov; De Rossi, Nzonzi (Cristante 65); El Shaarawy, Pellegrini, Perotti (Zaniolo 65); Dzeko

(nds/ran)

Operasi Penyelamatan Pahu di Kalimantan

Liputan6.com, Balikpapan – Pagi-pagi, Pahu (20) terlihat bersemangat menapaki sekeliling boma, kandang buatan hutan Kelian Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur (Kaltim). Sesekali badak betina seberat 356 kilogram ini mengendus sekaligus menukil tanah mempergunakan moncongnya di kubangan lumpur.

Hewan mamalia besar bernama latin decerorhinus sumatrenis ini sepertinya sedang mencari sisa makanan.

“Pagi hari memang merupakan jadwalnya masuk kandang rawat untuk meminta makan,” kata Koordinator Tim Rescue Badak Kalimantan, Arif Rubianto, beberapa waktu lalu.

Rutinitas Pahu memang seperti itu setiap paginya. Badak Sumatra ini gemar menikmati ragam pakan dedaunan dan buah buahan khas Kalimantan. Satwa langka yang ditemukan di Kubar ini menyukai tiga jenis makanan, yakni rumpun semak, akar pohon (liana), dan buah nangka.

Kedatangan pawang sembari membawa keranjang pakan pun tidak luput perhatiannya. Salah seorang keeper tim rescue ini cukup mencicit menirukan bunyi persis disuarakan badak. Suaranya persis lumba-lumba yang dibunyikan terus menerus.

“Kadang kala suaranya seperti kicauan burung,” papar Arif.

Seolah paham panggilan makan, Pahu setengah berlari memasuki kandang. Badak Sumatra ini lahap menikmati pakan segar kegemarannya.

Kala badak asyik bersantap dimanfaatkan tim medis mengobservasi kesehatan fisiknya. Seluruhnya diperiksa, mulai ujung kepala hingga setiap pangkal buku kakinya.

Kesimpulannya, badak Pahu dalam kondisi prima. Kesehatannya terus membaik terlihat dari peningkatan signifikan berat badannya menjadi 356 kilogram. “Berat badan badak semula hanya 320 kilogram.  Sekarang sudah naik dan kesehatannya normal,” ungkap Arif.

Selama tiga bulan terakhir, Pahu memperoleh penanganan khusus dari tim medis maupun pawang. Tidak sembarang orang diperkenankan berinteraksi dengan badak yang statusnya sangat terancam ini. Salah satu alasannya, menjaga agar badak tidak berlaku jinak terhadap manusia.

“Nantinya badak akan dilepaskan di alam liar. Hanya keeper khusus yang boleh memberi makan mempergunakan tangan. Petugas lainnya dilarang mendekati pagar perawatan,” ujar Arif.

Selesai memperoleh perawatan, Pahu lantas dibiarkan kembali ke kandang utamanya berukuran 50 x 80 meter. Tempat dimana ia menghabiskan waktunya seharian bermalasan.

2 dari 3 halaman

Badak di Belantara

Kegiatan badak terbilang monoton, berkubang dalam lumpur, menggosok badan, makan siang, berendam air, tidur siang, makan sore, tidur malam hingga dilanjutkan pagi harinya.  

“Seluruh aktifitasnya terekam dalam cctv di pagar kandang,” ungkap Arif.

Selama itu pula, mereka mengidentifikasi ciri fisik badak setinggi 101 centimeter dan berat 356 kilogram. Ukuran badannya terbilang kerdil bila dibandingkan sejawatnya badak sumatra berukuran lebih kekar setinggi 145 centimeter dan berat 800 kilogram.

Selain itu, gigi seri badak kalimantan saat dihitung sebanyak empat buah, sedikit lebih banyak dari badak sumatra hanya dua buah.

Uniknya lagi, ciri fisik badak kalimantan pun berbeda dengan kerabat dekatnya, badak di Sabah Malaysia. Badak negeri jiran sedikit lebih besar dengan tinggi 120 centimeter dan berat 550 kilogram.

Hanya memang, kajian genetiknya menempatkannya dalam rumpun populasi badak sumatera. Soal keberadannya ribuan kilometer di Kalimantan masih misteri. Belum ada penjelasan ilmiah keberadaan badak Sumatera di Kalimantan.

Pahu sendiri terperangkap lubang jebakan tim rescue di sekitar Sungai Kedang Pahu Kabupaten Kubar Kaltim, November lalu. Lokasi penemuan badak berdekatan dengan Sungai Pahu yang merupakan salah satu anakan Sungai Mahakam.

Nama sungai ini lantas diabadikan sebagai nama temuan badak kalimantan.

Penangkapannya merupakan prestasi sendiri mengingat tim berjibaku memburu badak kalimantan sejak tiga tahun terakhir. Mereka awalnya hanya menelusuri mitos soal keberadaan satwa langka badak di belantara.

Selama bertahun tahun, masyarakat Kaltim mendengar rumor kawanan badak. Informasinya bersumber dari warga adat dan pegawai perkebunan. Sayangnya memang belum ada bukti otentik keberadaannya.

Titik terang fakta keberadaannya mulai terkuak dua tahun silam, bulan Maret 2016. Tim rescue mendapati badak berusia 10 tahun terjerat senar jebakan pemburu. Badak malang lantas di evakuasi ke kantong populasi I Kubar.

Sayangnya, badak dinamai Najag ini gagal bertahan hidup. Badak sumatra ini menderita infeksi akut di kaki kirinya dimana terdapat luka jeratan sedalam 1 centimeter.

Peristiwa ini sepertinya menjadi pembelajaran tim rescue badak. Mereka akhirnya extra hati hati dalam penyelamatan penanganan badak yang populasinya diperkirakan tersisa tiga ekor di Kalimantan.

“Petugas rescue ada 40 orang yang mengawasi aktifitas badak selama 24 jam,” tutur Arif.

3 dari 3 halaman

Mencarikan Jodoh Pahu

Tim rescue ini pun akhirnya memperluas area pemantauan hingga masuk perbatasan Kalimantan Utara (Kaltara) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Kerja kerasnya terjawab dengan ditangkapnya Pahu di suatu kawasan di Kalbar.

Saat bersamaan, penggiat lingkungan sedang mengupayakan aktifasi pembangunan suaka badak seluas 6.700 hektare berlokasi di Kelian Kubar. Lokasi suaka ini nantinya bisa menjadi pusat perkembangbiakan satwa badak di Kalimantan.

“Temuan Pahu menjadi awal pembibitan badak,” ungkap Arif.

Sementara ini, sudah tersedia sarana kandang khusus perawatan, pembibitan, dan infrastruktur tim rescue lapangan. Secepatnya akan ditambah sarana baru seperti pedok, kandang rawat, karantina, klinik satwa, pondok pawang, pembibitan pakan, dan infrastruktur.  

Manusia harus campur tangan aktif dalam upaya penyelamatan keberlangsungan badak di Kalimantan. Proses perkembangbiakan diupayakan dengan mengawinkan spesies badak yang sama. Tugas utama adalah mencarikan badak jantan dijodohkan dengan Pahu.

“Ini program jangka panjang yang akan berlangsung selama 25 hingga 100 tahun kedepan,” tegasnya.

Tim rescue mencari kelompok kawanan Pahu yang masih tersisa. Bukan perkara gampang mengingat luasnya medan harus dijangkau. Apalagi mereka mengejar waktu dengan para pemburu liar.

Tim rescue memasang lubang jebakan di sejumlah lokasi perlintasan badak. Pemasangan jebakan diperluas hingga memasuki wilayah perbatasan di Kaltara dan Kalteng. “Kalau ada badak pejantan akan dikawinkan dengan Pahu,” sebutnya.

Di sisi lain, tim pun berjibaku membaca berbagai informasi dari camera trap sudah terpasang. Petugas melawan berbagai kendala seperti faktor cuaca, sulitnya medan hingga non teknis. “Sebelum turun di lapangan ada pelatihan dulu bagi pemula,” tuturnya.

Kalimantan Program Director WWF Indonesia Irwan Gunawan mengabarkan, Pahu merupakan sub spesies badak baru dunia. Badak ini memiliki kekerabatan yang erat dengan badak sumatra. Uji tes DNA sedang dilakukan guna memperkuat teori genetik badak ini.

“Ada kecenderungan temuan sub genetis spesies baru badak,” ungkapnya.

Irwan mengatakan, keberadaan badak kalimantan terungkap berkat masifnya eksploitasi sumber daya alam di Kalimantan. Sejumlah wilayah jelajah badak sudah beralih rupa menjadi kawasan terbuka seperti pemukiman warga, pertambangan, dan perkebunan.

Hanya saja memang populasi badak ini berada dalam ambang gawat nyaris punah. Soal ini, WWF menjadi salah satu non goverment organization (NGO) yang mendorong realisasi pembentukan lokasi suaka di Hutan Restorasi Kelian Kubar.

Pihak pemerintah, dalam hal ini Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim Sunandar tetap menguatarakan optimisnya dalam upaya penyelamatan badak. “Populasi kemungkinan badak masih tersisa 10 hingga 12 ekor. Keberadannya tersebar merata di seluruh hutan Kalimantan,” sebutnya.

Lokasi dugaan kuat perlintasannya sudah diketahui, hanya belum bisa di publikasi. Khawatirnya merangsang pihak lain melakukan perburuan.

Seluruh badak badak nantinya akan direlokasikan ke Hutan Kelian Kubar. Hutan ini menjadi pusat perkembangbiakan berkelanjutan badak kalimantan. Campur tangan manusia diharapkan mendorong populasinya menjadi 20 ekor.

Langkah terakhir adalah menetapkan lokasi hutan tempat pelepasliaran kawanan badak. BKSDA Kaltim menghubungi sejumlah daerah yang menyatakan kesediannya menjadi lokasi pelepasliaran badak. “Ada beberapa daerah bersedia menjadi lokasi pelepas liaran badak,” tegasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Karena Gawang Sevilla adalah Favorit Messi

SevillaLionel Messi mencetak hat-trick saat Barcelona menang atas Sevilla. Messi memang hobi bikin gol ke gawang Sevilla.

Barcelona menang 4-2 saat tandang ke markas Sevilla pada pertandingan pekan ke-25 Liga Spanyol. Dalam laga yang digelar di Estadion Ramos Sanchez Pizjuan, Sabtu (23/2/2019) malam WIB, Messi mencetak tiga gol.

Messi mencetak gol pertamanya di laga tersebut pada menit ke-26. Gol tersebut tercipta semenit setelah Jesus Navas membuka keunggulan Sevilla.

Penyerang asal Argentina itu kemudian bikin gol lagi pada menit ke-67. Gol tersebut lagi-lagi membawa Barcelona menyamakan skor setelah sempat tertinggal oleh gol Gabriel Mercado di menit ke-42.
Gol ketiga dibuat Messi pada menit ke-85. Gol tersebut sekaligus membawa Barcelona membalikkan keadaan.

Lewat hat-trick tersebut, Messi kini tercatat sudah mencetak 36 gol dari 35 kali penampilan melawan Sevilla. Itu berarti rata-rata lebih dari satu gol per pertandingan. Sevilla jadi tim yang paling sering dibobol oleh Messi.

Tak cuma bikin gol, Messi juga rajin terlibat dalam terciptanya gol Barcelona ke gawang Sevilla. Dilansir oleh Opta, Messi paling tidak punya peran dalam satu gol Barcelona di 20 dari 21 pertandingan terakhirnya melawan Sevilla di semua kompetisi (21 gol, 13 assist).

Dengan kemenangan atas Sevilla, Barcelona mengukuhkan posisinya di puncak klasemen Liga Spanyol dengan 57 poin. Tim arahan Ernesto Valverde itu untuk sementara unggul 10 angka atas Atletico Madrid yang ada di urutan kedua.

(nds/ran)

Tiga Ide Usaha Terbaik Raih Penghargaan Kapal Api

Liputan6.com, Jakarta – Kapal Api resmi tutup program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu dengan menggelar acara Awarding Night di Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

Dalam acara ini kemudian didapat tiga pemenang utama dengan ide usaha terbaik. Setelah melewati beragam seleksi, akhirnya tiga ide usaha dari anak muda Indonesia berhasil meyakinkan para juri, ide mereka nyata dan berdampak bagi masyarakat.

Pemenang pertama ialah Meybi Agnesia Lomanledo asal Nusa Tenggara Timur dengan ide bisnis pengolahan daun kelor yang dimulai dengan Sekolah Lapangan Timor Moringa Organik Indonesia, pemenang kedua ialah Azis Pusakantara asal Jakarta dengan ide usaha Ecopaving dan pemenang ketiga ialah Elven Aprilnico dengan ide usaha Titik Balik Coffee.

Meybi mengatakan, belum meratanya sekolah di daerah terpencil NTT menginspirasinya untuk mengedukasi masyarakat akan kemampuan soft skill di berbagai sektor.

“Warga mendambakan keterampilan yang peka terhadap kebutuhan sosial. Oleh karenanya kami dirikan Sekolah Lapangan Timor Moringa Organik Indonesia (SL TMOI) untuk mencapai tujuan itu,” ujar Meybi di Jakarta, Sabtu (22/2/2019).

Ketiga pemenang mendapatkan hadiah uang binaan dengan jumlah yang bervariatif. Untuk juara 1 mendapatkan Rp 250 juta, untuk juara 2 mendapatkan Rp 150 juta dan untuk juara 3 mendapatkan Rp 50 juta.

Para pemenang menegaskan, Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu menjadi bekal luar biasa bagi mereka.

Ilmu dan pengalaman dari para mentor sangat berharga untuk kelanjutan bisnis mereka ke depan. Diharapkan, pemuda-pemuda ini dapat menjadi pemimpin yang tidak hanya dapat berbisnis namun memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan lingkungan.


2 dari 2 halaman

Tingkatkan Sosial-Ekonomi Masyarakat

Sebelumnya, berkolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) sejak tahun lalu, Kapal Api luncurkan program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu yang digadang dapat menguatkan sosial-ekonomi masyarakat.

Program yang mengangkat tema Sociopreneur ini berusaha merangkul anak muda Indonesia untuk dapat berinovasi dalam bisnis sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Program ini merupakan wadah bagi anak muda dengan ide dan semangat sociopreneur sehingga dapat menyalurkan aspirasinya.

“Kapal Api menyediakan wadah bagi anak muda agar berani membuat nyata tujuannya lewat mentoring sepanjang program. Kami optimis siapapun yang menang di akhir akan menjadi sociopreneur yang benar-benar bekerja nyata untuk negeri,” ujar Group Brand Manager Kapal Api, Johnway Suwarsono di Jakarta, Sabtu (22/2/2019).

Dari sekian ribu pelamar, hanya 20 peserta yang diundang untuk melakukan presentasi di acara Awarding Night kepada para juri dan investor.

Banyak ide usaha unik dan berkelanjutan yang dikemukakan, mulai dari ide usaha paving dari sampah plastik hingga pendirian sekolah untuk memberdayakan petani dan masyarakat akan sumber daya alam.

“Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu adalah wujud bahwa Kapal Api merupakan teman dan fasilitator bagi anak muda untuk mengembangkan bisnis besarnya,” tambah Johnway.

Program ini berlangsung dengan serangkaian kegiatan yaitu Networking Day, Apprenticeship, Workshop Sociopreneur with PLUS (Platform Usaha Sosial), Campus Talk serta Mentoring dan Prototyping yang dilaksanakan di 6 kota besar di Indonesia. Program ini diakhiri dengan acara Awarding Night di Ballroom Hotel Grand Hyatt, Jakarta.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sociopreneur Bakal Kuatkan Sosial-Ekonomi Masyarakat

Liputan6.com, Jakarta – Berkolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) sejak tahun lalu, Kapal Api luncurkan program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu yang digadang dapat menguatkan sosial-ekonomi masyarakat.

Program yang mengangkat tema Sociopreneur ini berusaha merangkul anak muda Indonesia untuk dapat berinovasi dalam bisnis sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Program ini merupakan wadah bagi anak muda dengan ide dan semangat sociopreneur sehingga dapat menyalurkan aspirasinya.

“Kapal Api menyediakan wadah bagi anak muda agar berani membuat nyata tujuannya lewat mentoring sepanjang program. Kami optimis siapapun yang menang di akhir akan menjadi sociopreneur yang benar-benar bekerja nyata untuk negeri,” ujar Group Brand Manager Kapal Api, Johnway Suwarsono di Jakarta, Sabtu (22/2/2019).

Dari sekian ribu pelamar, hanya 20 peserta yang diundang untuk melakukan presentasi di acara Awarding Night kepada para juri dan investor.

Banyak ide usaha unik dan berkelanjutan yang dikemukakan, mulai dari ide usaha paving dari sampah plastik hingga pendirian sekolah untuk memberdayakan petani dan masyarakat akan sumber daya alam.

“Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu adalah wujud bahwa Kapal Api merupakan teman dan fasilitator bagi anak muda untuk mengembangkan bisnis besarnya,” tambah Johnway.

Program ini berlangsung dengan serangkaian kegiatan yaitu Networking Day, Apprenticeship, Workshop Sociopreneur with PLUS (Platform Usaha Sosial), Campus Talk serta Mentoring dan Prototyping yang dilaksanakan di enam kota besar di Indonesia. Program ini diakhiri dengan acara Awarding Night di Ballroom Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

2 dari 2 halaman

Lahirkan Sociopreneur

Sebelumnya, Pemerintah dukung penuh para sociopreneurs dalam presentasi ide usaha di acara Awarding Night Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu.

Program yang merupakan inisiasi produsen kopi Kapal Api ini bertujuan menggerakan semangat sociopreneurship pada pemuda-pemuda Indonesia.

Dengan program ini, Kapal Api hendak lahirkan para sociopreneur yang tidak hanya andal dalam mengambil peluang bisnis namun dapat berkontribusi nyata untuk lingkungan dan masyarakat.

Roostiawati, Direktur Pengembangan Pasar Ditjen Binapeta dan PKK Kementerian Ketenagakerjaan mewakili Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Triawan Munaf turut hadir langsung untuk mendukung para peserta.

Sejak awal, pemerintah memang menyambut baik program ini karena dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

“Sociopreneurs dapat menjadi agen perubahan dan memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Seorang sociopreneur harus jeli dalam melihat dan menciptakan peluang serta memiliki komitmen dan upaya penuh terhadap pemberdayaan masyarakat sekitar agar dapat menciptakan perubahan yang berbuah pada kesejahteraan bersama,” ujar Roostiawati di Hotel Grand Hyatt, Sabtu (23/02/2019).

Dalam acara ini, 20 peserta terbaik dengan ide usaha yang beragam beradu keunggulan produk dalam sesi Pitch The Deck.

Ide usaha mereka beragam, mulai dari pembuatan bahan pangan, home-made souvenir, hingga pemanfaatan sampah untuk dijadikan paving. Nantinya, para investor yang turut hadir akan menggali lebih lanjut mengenai produk di sesi pertanyaan.

Selain sesi Pitch The Deck, ada pula sesi Coffee Talk dengan beragam narasumber dibalut dengan acara hiburan. Acara Awarding Night ditutup dengan pengumuman dan pemberian hadiah kepada tiga pemenang serta pemberian penghargaan kepada para juri dan mentor.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Panas Lagi, Mantan Bek Real Madrid Sindir Torehan Barcelona di Liga Champions

Liputan6.com, Madrid – Mantan bek Real Madrid, Alvaro Arbeloa termasuk salah satu yang sangat rajin menyerang Barcelona di media sosial. Kali ini, Arbeloa menyindir cuitan Gerard Pique soal protes Real Madrid terhadap kepemimpinan wasit.

Menurut Arbeloa, yang membela Real Madrid pada 2009-20016 ini, Barcelona beruntung karena tidak bermain di olahraga lain. Soalnya, dia mengatakan Barcelona juga akan terus mengeluhkan soal wasit.

Arbeloa memanfaatkan momentum 1000 hari merayakan momen pertama Real Madrid meraih trofi Liga Champions secara tiga kali beruntun pada 2016 lalu. Ini sekaligus mengecilkan torehan Barcelona di Eropa yang belum sebanyak Real Madrid.

“Ini juga terjadi di sepak bola dan basket,” kata Arbeloa soal cuitan Pique seperti dikutip Marca.

“Lalu mereka melihat apa yang terjadi di stadion Wanda Metropolitano dan mereka (Barcelona) seperti terdiam untuk beberapa saat dengan apa yang terjadi disana. Untunglah mereka tak main di handball atau hoki, kalau tidak mengeluh juga,” ujarnya, menambahkan.

2 dari 2 halaman

Posting Ejekan

Arbeloa mencoba untuk memanasi suasana dengan memposting foto tiga foto dimana Madrid memenangkan trofi Liga Champions tiga musim beruntun. Dia mempostingnya pada akun instagram @17arbeloa.

“1000 hari kuasai Eropa, lebih dari 100 tahun sebagai klub terbaik di dunia, belum lagi olahraga lain,” ujar Arabeloa.

Orang Terkaya di Inggris, Cicit Pendiri Schroders Tutup Usia

Liputan6.com, Jakarta – Bankir sekaligus miliarder asal Inggris Bruno Schroder meninggal dunia di usia 86 tahun. Schroder diketahui merupakan salah satu anggota dewan Financial Times Stock Exchange 100 Index dengan masa jabatan terlama.

Dikutip dari City A.M., Sabtu (24/2/2019), Bruno yang juga seorang direktur non-eksekutif di bisnis keluarga, Schroders, selama lebih dari 50 tahun meninggal karena penyakit yang dideritanya.

Diketahui, Schroder merupakan cicit dari John Henry Schroder, pendiri institusi perbankan tertua di dunia yang didirikan pada 1804.

Bruno Schroder telah melayani perusahaan sejak Januari 1963. Saat ini Schroders termasuk salah satu perusahaan aset management terbesar di Inggris. Berdasarkan data Forbes, dana kelolaan Schroders mencapai USD 556 juta.

Hal itu juga mendorong Bruno dan keluarganya menjadi salah satu keluarga terkaya di Inggris dengan total kekayaan USD 4 miliar, berdasarkan data Bloomberg.

Sedangkan data Forbes kekayaan Bruno dan keluarganya mencapai USD 6,2 miliar atau sekitar Rp 87,07 triliun per 3 Juni 2018. Ia berada di posisi 218 orang terkaya di dunia.

Chairman Schroders Plc, Michael Dobson mengatakan, miliarder itu telah memberikan banyak kontribusi pada perusahaan selama lebih dari 50 tahun.

“Dia sangat mencintai Schroders dan berkomitmen kuat untuk mengabdi pada perusahaan. Pengalamannya, ilmunya dan humornya akan selalu kami kenang selamanya,” ujar Dobson, mengenang sang miliarder.

2 dari 2 halaman

Riwayat hidup Bruno Schroder

Bruno Schroder lahir di Inggris pada 17 Januari 1933. Dia bersekolah di Eton dan mengabdi untuk servis nasional di Life Guards serta belajar di Universitas Oxford.

Kemudian, dia melanjutkan lagi pendidikannya di Harvard Business School dan setelah lulus, Schroder bergabung dengan perusahaan keluarganya pada November 1960. Awal kariernya dimulai di divisi audit internal sebelum pindah ke commercial banking dan corporate finance.

Kematian ayahnya pada Januari 1969 kemudian membuatnya menggantikan ayahnya menjadi direktur non-eksekutif.

Selama hidupnya, dia tinggal di London dan membangun properti seluas lebih dari 7.000 hektare di sebuah pulau di Islay, Skotlandia, yang mana dia gunakan juga untuk beternak babi jenis Middle White.

Dia juga membantu mendanai stasiun sekoci di Islay melalui donasi, mendukung pemulihan penyulingan wisky dan mengizinkan pengunjung Islay menggunakan pesawat pribadinya mengelilingi pulau. Dia juga menyumbangkan dana hampir Rp 1 miliar untuk kampanye kemerdekaan di Skotlandia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

PSI Beri Bantuan Hukum ke Caleg di Tanjungpinang yang Jadi Tersangka

Jakarta – Caleg PSI untuk DPRD Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Ranat Mulia Pardede (RMP) ditetapkan sebagai tersangka karena berkampanye di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan. PSI mengatakan akan memberikan bantuan hukum ke Ranat.

“Pasti kami akan melakukan advokasi dan meminta kepada saksi-saksi ahli untuk menjelaskan mana yang dijadikan dasar, PKPU atau SE,” kata juru bicara PSI, Dedek Prayudi kepada wartawan, Sabtu (23/2/2019).

Menurut Dedek, ada kesalahpahaman dalam kasus yang menjerat Ranat. Ia berharap kasus Ranat bisa diselesaikan di jalur yang tepat.
“Kami melihat ini sebagai sebuah kesalahpahaman yang perlu diluruskan, bahkan dibuktikan di jalur yang tepat,” tuturnya.

Lantas, seperti apa kronologi kasus Ranat versi PSI?

“Saat itu, setelah kelas selesai, mahasiswa meminta kartu nama RMP. Oleh mahasiswa lain, tindakan RMP yang memberikan kartu nama dianggap sebagai pelanggaran,” ujar Dedek.

Ranat Mulia Pardede, ditetapkan sebagai tersangka oleh Sentra Gakkumdu. Ranat jadi tersangka karena dianggap berkampanye di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan.

“Jadi dia ini melakukan kampanye di kelas, mengenalkan diri, mensosialisasikan diri sekaligus membagikan kartu nama kepada sejumlah mahasiswa di STIEP,” kata Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini.

Zaini menyebut Ranat disangkakan Pasal 521 juncto 280 UU Pemilu No 7/2017. Ranat terancam hukuman dua tahun penjara.
(tsa/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pesta Gol ke Gawang Persidago, Persebaya Tembus 8 Besar Piala Indonesia

Liputan6.com, Surabaya – Persebaya Surabaya membekuk Persidago Gorontalo 7-0 pada leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (23/2/2019). Hasil ini membawa mereka ke perempat final.

Amildo Balde jadi bintang Persebaya dengan membuat empat gol (27, 30, 56, 87). Sedangkan gol lainnya disumbang Otavio Dutra (34), Hansamu Yama (37), dan Damian Lizio (45+1).

Pada 25 menit babak pertama berjalan, tuan rumah sempat kesulitan menembus pertahanan Persidago yang tampil ngotot dan memberikan perlawanan maksimal. Baru pada menit ke-27, top skorer Persebaya sementara di Piala Indonesia, Amildo Balde mencetak gol melalui tendangan keras kaki kanannya dari dalam kotak penalti memaksimalkan umpan terobosan Manuchehr Jalilov.

Tiga menit berselang, lagi-lagi kombinasi kerja sama Jalilov dan Balde membuat kiper Persidago Mario Fabiyo Londok memungut bola dari gawangnya setelah Balde mencetak gol keduanya. Gol ketiga Persebaya dicetak bek asing yang tidak lama lagi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), Otavio Dutra, menit ke-34 memanfaatkan bola muntah sundulan Balde yang terbentur tiang gawang.

Gol berikutnya Persebaya kembali dicetak pemain belakang, yang kali ini melalui Hansamu Yama lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan terukur tendangan bebas Damian Lizio menit ke-37.

Pada injury time babak pertama, giliran striker baru asal Bolivia, Damian Lizio, yang membuktikan kualitasnya usai lolos jebakan offside untuk menaklukkan kiper Persidago.

Skor 5-0 bertahan hingga wasit Fariq Hitaba asal Yogyakarta membunyikan peluit tanda berakhirnya 45 menit babak pertama.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Babak kedua berjalan 11 menit, kembali Amildo Balde menunjukkan kelasnya sekaligus membuktikan pantas menggantikan peran David Da Silva yang musim lalu menjadi predator di Persebaya.

Gol tercipta memanfaatkan kesalahan bek Persidago yang gagal mengontrol bola silang kiriman Ruben Sanadi sehingga bola terlepas dan dicocor keras oleh Balde dari dalam kotak penalti.

Persidago bukannya tanpa serangan, berkali-kali striker bernomor punggung 14, Ismail Adam memaksa kiper Persebaya Abdul Rohim bekerja ekstra keras menghalau sejumlah peluang.

Menit ke-87, lagi-lagi Amildo Balde mengoyak jala Persidago yang kali ini melalui sundulan kepalanya usai menerima umpan silang matang Alwi Slamat. Gol keempat pemain yang pernah merumput di Celtic FC itu menjadi gol penutup laga, sekaligus menegaskan gol agregat menjadi 11-1 (leg pertama 4-1 untuk Persebaya).

3 dari 3 halaman

Satu Tempat Tersisa

Sementara itu, dari delapan tim yang akan berlaga di perempat final, sudah ada tujuh tim yang sudah memastikan lolos, yakni Persib, Madura United, Persija Jakarta, Borneo FC, PSM Makassar, Bali United dan Persebaya.

Satu tiket lagi masih diperebutkan antara PSIS Semarang dan Bhayangkara FC yang akan bermain pada Minggu (24/2/2019).