KPK Sita Sejumlah Uang dalam OTT Direktur Krakatau Steel

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah uang dalam operasi tangkap tangan direktur Krakatau Steel. KPK masih mendalami soal uang yang diduga suap kepada pejabat BUMN itu.

KPK menduga direktur Krakatau Steel ini tidak hanya sekali itu menerima uang dari kontraktor yang ikut diamankan tersebut. Oleh karena itu, KPK juga menelusuri kemungkinan adanya transaksi melalui bank.

“Ada uang yang diamankan. Kita juga mendalami transaksi yang menggunakan sarana perbankan,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Jumat 22 Maret 2019 seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan KPK belum bisa merinci berapa total uang yang diamankan dalam OTT tersebut.

“Belum ada, sedang kami dalami juga indikasi transaksi, ada mekanisme yang digabungkan antara mekanisme cash dan perbankan,” ungkap Febri.

Empat orang diamankan KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Tangerang Selatan, Jumat (22/3). Selain direktur PT Krakratu Steel, KPK turut mengamankan pegawai PT Krakatau Steel dan pihak swasta.

Sejumlah Rumah Makan di Cirebon Disinyalir Belum Laik Sehat

Liputan6.com, Cirebon – Maraknya tempat makan maupun restoran menjadi penunjang terhadap peningkatan wisata di Cirebon, baik yang tradisional maupun modern.

Namun, produk makanan yang disajikan di tempat makan yang ada di Kota Cirebon tersebut disinyalir tidak menjamin kelayakan kesehatan.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Cirebon Sri Laelan Erwani mengatakan, pentingnya sertifikasi laik konsumsi agar penikmat kuliner di Cirebon percaya terhadap makanan-makanan yang disajikan restoran di Cirebon.

“Sertifikat itu dikeluarkan dinkes melalui berbagai tahapan dan pendampingan sebelumnya. Biasanya, penyaji makan memasang sertifikat yang kami keluarkan di dekat pintu masuk,” kata Sri Laelan.

Laelan mengatakan terus melakukan pendekatan persuasif menyadarkan masyarakat akan pentingnya sertifikat ketika makan di tempat makan.

Dia mengaku sudah berulang kali melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada pemilik rumah makan. Namun, tidak semua pemilik rumah makan tergerak untuk membuat sertifikat laik sehat.

“Kalau sudah kejadian seperti keracunan baru ke kami mengajukan sertifikat,” sebut Laelan.

Dia menyampaikan, dalam proses mengeluarkan sertifikat tersebut, Dinkes Kota Cirebon akan melakukan pembinaan. Petugas akan datang meninjau dapur rumah makan tersebut untuk melakukan pengecekan.

Mulai dari kandungan gizi, cara mengolah makanan, menyimpan, menyajikan, hingga kondisi kebersihan di dalam dapur dan sanitasi. Jika rumah makan tersebut tidak ada sertifikat laik sehat, maka ada risiko penularan penyakit seperti tipes hingga diare hingga penyakit menular lain melalui makanan dan lingkungan yang tidak sehat.

Ucapan Belasungkawa Sejumlah Petinggi Dunia Atas Insiden Ethiopian Airlines

Liputan6.com, Addis Ababa – Sejumlah pejabat negara menyampaikan rasa belasungkawa mendalam atas jatuhnya maskapai penerbangan Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET302 pada Minggu pagi.

Dikutip dari laman CNN, Senin (11/3/2019), sejumlah pejabat negara tersebut di antaranya Perdana Menteri Kanada, Perdana Menteri Israel, Menteri Luar Negeri Jerman hingga Presiden Prancis.

“Pikiran kami saat ini selalu bersama semua korban dalam Penerbangan Ethiopian Airlines ET302. Termasuk warga negara Kanada yang turut menjadi korban,” ujar Justin Trudeau dalam sebuah pernyataan.

Selain itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga merilis pernyataan lewat akun Twitter.

“Usai mendengar kabar duka, saya langsung menuju Kementerian Luar Negeri Israel @IsraelMFA untuk memonitor laporan dari Ethiopia. Yang membuat saya sedih, duta besar kami telah menginformasikan bahwa ada dua orang Israel yang tewas dalam insiden tersebut,” tulis @IsraeliPM.

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mengeluarkan pernyataan atas rasa belasungkawanya kepada korban kecelakaan pesawat. Ada lima warga Jerman turut jadi korban.

“Hari ini kami menerima berita buruk tentang jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines yang hendak menuju Nairobi. Insiden ini telah menewaskan banyak orang. Dalam masa-masa sulit ini, pikiran kami akan selalu bersama keluarga dan kerabat para korban,” ujar Heiko Mass dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menyampaikan belasungkawa lewat Twitter. Ia mengatakan bahwa warga Prancis akan selalu bersama Ethiopia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pesawat Ethiopian Airlines tujuan Nairobi, Kenya, jatuh tak lama setelah lepas landas. Sekitar 149 penumpang dan 8 kru pesawat berada di dalamnya.

Persebaya Siap Ladeni Persib Bandung Meski Kehilangan Sejumlah Pemain Pilar

Fokus, Bandung – Persebaya Surabaya mengaku siap menghadapi tuan rumah Persib Bandung, pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (7/3/2019), tim Bajul Ijo Persebaya Surabaya terus melakukan persiapan strategi dan teknik permainan.

Meski harus kehilangan sejumlah pilarnya karena memperkuat Timnas, Green Force siap meraih poin maksimal.  

Tidak ingin mengulangi kekalahan, hal yang sama juga dilakukan Tim Persib Maung Bandung. Tim besutan Miljan Radovic harus memenangkan laga jika ingin menjaga peluang lolos dari babak penyisihan Grup A.  

Persebaya Surabaya kini menjadi pemuncak klasemen Grup A, diikuti dengan Tira Persikabo dengan poin tiga hasil dari satu kali kemenangan.  

Dari hasil laga Grup D, tuan rumah PSIS Semarang harus mengakui ketangguhan Persipura Jayapura dalam laga perdana di Stadion Mochammad Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, dengan skor 1-3. (Karlina Sintia Dewi)

Ditolak Sejumlah Orang, Rocky Gerung Tetap Hadir di Unmuh Jember

Jember – Akademisi Rocky Gerung tetap hadir di Jember meski sempat mendapat penolakan dari sejumlah orang. Wakil Rektor 3 Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember Asmuji menyebutkan, acara yang dihadiri Rocky merupakan acara akademisi bukan politik.

Sebelumnya, Rocky Gerung pernah mengisi acara serupa di Unmuh. Jadi menurut Asmuji, tidak ada alasan untuk membatalkan kehadiran Rocky dalam acara Kuliah Umum bertema ‘Menakar Demokrasi Dengan Akal Sehat’, meski sempat mendapat penolakan dari sejumlah pihak.

“Sehingga kegiatan kedua ini kami laksanakan, dengan tetap membawa misi sebagai akademisi, bukannya politik,” kata Asmuji, Kamis (7/3/2019).


Kuliah umum tersebut berlangsung di Aula Gedung Zaenuri Unmuh Jember. Sejak pukul 08.00 WIB, sekitar 250 personel polisi sudah berjaga untuk menghindari terjadinya bentrok. Sementara mahasiswa dan masyarakat umum terus berdatangan untuk memenuhi kuota forum yang mencapai 5.000 orang.

Salah seorang Mahasiswa Rifai mengaku tetap hadir mengikuti acara karena tertarik dengan gaya dan logika Rocky Gerung. Selai itu, kehadirannya juga sekaligus untuk menjaga aset kampus ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sehingga kami datang untuk ikut kuliah umum, juga berjaga aset kampus kami jangan sampai ada yang merusak. Sesuai instruksi kampus,” katanya.

Sebelumnya, rencana kehadiran Rocky di Jember mendapat penolakan dari sejumlah orang. Bahkan, jika Rocky tetap datang, mereka siap membubarkan acara tersebut.

“Atas apa yang dilakukan Rocky Gerung, kami menolak dengan tegas. Bahkan jika tetap memaksa, kami siap berperang,” kata seorang relawan, Jumadi Made dalam sebuah video yang beredar di media sosial.

Penolakan tersebut merupakan reaksi atas pernyataan Rocky Gerung yang disampaikan dalam kuliah umumnya bersama Amien Rais di Adi-TV Sleman, Yogyakarta,Jumat (22/2). Rokcy dianggap telah menghina dan melecehkan sosok pahlawan nasional dan ulama besar Sumatera Barat, Agus Salim.

“Pokok saya dengan teman-teman saya, membela ulama, dan membela kiai, terima kasih,” pungkasnya.
(sun/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Piala Presiden 2019: Sejumlah Pilar Persib Absen, Djanur Sebut Bukan Keuntungan

Liputan6.com, Bandung Pelatih Persebaya Surabaya Djadjang Nurdjaman memberikan perhatian terhadap kedalaman skuat Persib Bandung jelang duel kedua tim di laga kedua Grup A Piala Presiden 2019. Kedua tim akan berduel di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (7/3/2019) pukul 15.30 WIB.

Dalam laga besok, Persib dipastikan tanpa sejumlah pemain pilarnya. Srdan Lopicic, Febri Haryadi dan I Made Wirawan dipastikan asben pada laga kontra Bajul Ijo ini.

Menanggapi absennya sejumlah pemain Persib, pelatih yang karib disapa Djanur itu menilai bukan sebuah keuntungan. Ia menyebut Persib masih mempunyai pemain lainnya dengan kualitas yang mumpuni.

“Secara materi Persib memiliki materi yang bagus bagus. Ada Ezechiel N’Douassel, Esteban Vizcarra, Ghozali Siregar, Hariono lalu Kim Jeffrey. Semua pemain di sana cukup berkualitas, jadi ketika ini tidak main itu tidak main sama imbang, sama baik, sama bagus jadi tetap harus kita waspadai,” kata Djanur, Rabu (6/3/2019).

2 dari 2 halaman

Waspadai Vicarra

Djanur mengakui kehadiran Vizcarra yang sempat absen pada laga perdana bakal menjadi ancaman. Menurutnya, Vizcara mempunyai kelebihan tersendiri meskipun sempat dibekap cedera dislokasi sikut kiri saat berlaga di Piala Indonesia belum lama ini.

“Termasuk esteban, dia punya kelebihan tersendiri walaupun cukup lama dia absen di pertandingan. Kalau dia comeback besok di pertandingan itu juga jadi akan perhatian kita,” ucapnya.

Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Trenggalek Banjir

Trenggalek – Hujan deras yang terjadi selama tujuh jam mengakibatkan sejumlah desa di Trenggalek banjir dengan ketinggian mencapai 1,5 meter.

Kecamatan yang terendam banjir adalah Trenggalek, Tugu, Karangan Panggul dan Kecamatan Suruh. Dari wilayah tersebut yang terparah Kecamatan Trenggalek. Sejumlah rumah warga terendam dan sejumlah warga terpaksa harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Wakapolres Trenggalek, Kompol Agung Setyono mengatakan beberapa lokasi banjir di wilayah kota diakibatkan oleh luapan sungai Ngasingan yang merupakan titik temu sejumlah sungai dari wilayah Kecamatan Bendungan, Tugu dan Kecamatan Suruh.


“Hujan hari ini tari memang cukup deras dan merata di semua wilayah, hujan mulai jam tiga sore. Saat ini tim gabungan sari kepolisian, TNI, BPBD, Basarnas dan relawan serta instansi terkait turun ke lapangan untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir,” ujarnya.

Untuk kawasan yang saat ini menjadi titik konsentrasi tim gabungan berada di wilayah kota khususnya Kelurahan Tamanan, Kelutan dan Desa Salamrejo Kecamatan Karangan. Hingga pukul 00.00 WIB debit air di perkampungan warga masih terus naik.

“Untuk di wilayah Tugu, Karangan, Suruh dan Panggul sudah surut, tapi yang wilayah kota yang sangat tinggi,” ujarnya.

Sementara itu salah seorang warga, Budi Setyawan, mengatakan banjir kali ini lebih besar dibanding banjir yang terjadi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. “Ini cukup besar dan luapan air sangat cepat,” ujarnya.

Lalin Dialihkan

Kanit Patroli Satlantas Polres Trenggalek, Iptu Zainudin, mengatakan untuk sementara akses dari Tulungagung menuju Ponorogo dialihkan melalui jalur Kecamatan Karangan hingga tembus ke Kecamatan Tugu. Pihaknya mengaku ruas alternatif tersebut saat ini kondisinya aman dan tidak terendam banjir.

“Satu kilometer yang terendam banjir ini berada di wilayah kota, sedangkan dari Tulungagung yang mau ke Trenggalek kota kami alihkan melalui jalur Pogalan ke utara tembus hingga terminal bus Surodakan,” ujar Zainuddin, Kamis (7/3).

Sedangkan untuk ruas kilometer 15 hingga 18 Trenggalek-Ponorogo dipastikan aman dan tidak ada longsor yang menutup seluruh badan jalan. “Tadi di KM 15 sempat ada longsor, tapi hanya kecil dan masih bisa dilewati,” ujarnya.
(bdh/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tol Cikampek Arah Jakarta Macet di Sejumlah Titik

Jakarta – Kemacetan terjadi di sejumlah titik di Tol Cikampek arah Jakarta. Salah satunya terjadi selepas Cikarang Utama.

Salah satu pembaca, Maulana, menyatakan dirinya terjebak macet saat keluar dari GT Cikarang Utama 3. Namun, dia menyatakan tak tahu kemacetan terjadi hingga di mana.

“Tol Cikampek keluar GT Cikarut 3 arah Jakarta macet banget,” ujar Maulana, Minggu (3/3/2019).

Pihak Jasa Marga menyatakan kemacetan terjadi sekitar 5 km. Kemacetan itu disebabkan oleh pengerjaan proyek jalan tol layang (elevated tol) Cikampek.

“Karena pekerjaan proyek tol atas di Cibitung di KM 23 arah Jakarta. (Kepadatan) dari Cikarang Utama sampai Cibitung, kurang lebih 5 Km,” kata petugas call center Jasa Marga, Feri saat dihubungi.

Selain itu, kemacetan juga terjadi di Karawang Timur Km 58 hingga Karawang Barat Km 41. Penyebabnya, menurut Feri, masih sama yaitu pengerjaan elevated tol.

“Itu pekerjaan juga. (Kemacetan) cenderung yang ke arah Jakarta karena volume kendaraannya juga tinggi,” ucapnya.

(haf/haf)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Massa FUI Persoalkan Hotel Tempat Tabulasi Suara, Ini Jawaban KPU

Jakarta – Sejumlah hal disoroti massa Forum Umat Islam (FUI) saat audiensi dengan KPU, termasuk soal tabulasi suara di salah satu hotel. KPU kemudian menjelaskan alasannya.

Pertanyaan itu diajukan oleh Sekretaris PA 212, Bernard Abdul Jabbar. Dia menyebut selama bertahun-tahun, KPU selalu melakukan tabulasi suara di suatu hotel di Jakarta Pusat.

“Tentang masalah tabulasi KPU. Kenapa selama ini, selama bertahun-tahun, tabulasi KPU itu kok selalu di Hotel Borobudur. Ada apa ini di Hotel Borobudur. Karena sepengetahuan informasi saya, ada sesuatu yang disembunyikan di Hotel Borobudur. Masalah tabulasi suara dan punya siapa itu hotelnya. Lah ini perlu kami tanyakan ke KPU,” kata Bernard di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

“Kami juga dapat informasi dari pegawai hotel yang bekerja di sana bahwa ini ada sesuatu yang disembunyikan di Borobudur itu. Kenapa nggak cari tempat lainnya?” sambungnya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang hadir di audiensi itu lalu memberi penjelasan. Dia mengatakan tidak ada preferensi khusus dari KPU untuk memilih hotel saat tabulasi suara. Pada tahun 2014 lalu, Wahyu menyebut tabulasi suara berlangsung di Kantor KPU.

“Terkait tabulasi, ini ada Pak Sekjen, memang kita perlu ganti suasana, Pak, jangan Hotel Borobudur terus. 2014 tabulasi di kantor KPU. Kemudian tidak menutup kemungkinan nanti juga mudah, Pak, untuk dipindah dari Hotel Borobudur,” jawab Wahyu.

“Wong kita bayar, Pak, bisa di manapun sepanjang memang kualifikasinya memenuhi syarat,” sambungnya.

Wahyu menegaskan bahwa hasil akhir Pemilu bukan ditentukan perhitungan IT melainkan kertas. Hasil penghitungan suara dari TPS hingga tingkat nasional dilakukan di kertas.

“Tabulasi itu bukan hasil resmi KPU, hasil resminya ya melalui rapat pleno,” kata Wahyu.

(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>