Ternyata Yogurt Prancis Dibuat di Tasikmalaya Sejak 23 Tahun Lalu

Tasikmalaya – Seorang warga keturunan Prancis membuat France Yoghurt yang telah dibuat sejak 23 tahun lalu. Berbekal pengetahuan makanan Prancis, Yodi Tresna memulai produksi penjualan pertamanya pada tahun 2000 di Tasikmalaya.

Yodi mengklaim bahwa France Yoghurt buatannya merupakan satu-satunya di Indonesia. Apalagi orang pertama yang membuat whey protein untuk minuman adalah ia sendiri. Rata-rata yogurt di negeri ini memiliki khas masing-masing atau paling tidak memproduksi Greek Yoghurt.

Setelah mendapatkan lisensi dari Departemen Kesehatan, yogurt ala Prancis ini diberi nama Yaourt. Penganan yang dibuat homemade tetap berjaya sampai saat ini di Kota Bandung.

“Kita buat homemade industri. Produksi diatur masih pakai alat tradisional,” katanya, Senin (18/3/2019).

Yoghurt ala Prancis ini sangat berbeda dari yogurt biasa yang warga Indonesia santap. Ia menilai yogurt Indonesia cenderung cair, tidak mengandung bakteri hidup, dan menggunakan gula.

Sedangkan yogurt ala Prancis cenderung seperti puding, memakai bakteri hidup, rendah gula, dibuat dari bahan organik, dan lebih baik untuk kesehatan.

“Saya enggak tahu teknik mereka (pembuat yogurt Indonesia), bakteri yang dipakai, gula juga berpengaruh terhadap rasa,” paparnya.

Yogurt ala Prancis ini memiliki tekstur kental di tempat. Seperti puding tetapi tidak ada jeli di dalamnya, sedangkan Greek Yoghurt cenderung lebih creamy.

Selain membuat French Yoghurt, Yaourt juga memproduksi Greek Yoghurt, Curd Cheese, Drink Yoghurt, Lassi, dan Lacto Natural Whey Protein. Berbagai yogurtnya juga mempunyai aneka rasa seperti mangga, blue berry, dan strawberry.

Untuk ketahanan, yogurt ala Prancis bisa tahan 3 minggu, sedangkan Greek yoghurt hanya 12 hari.

“Sudah 23 tahun kami produksi, sampai sekarang enggak pernah berhenti. Dari dulu orang suka,” ujarnya.

Buktinya, Yourt bisa menjual 20 ribu buah yogurt setiap bulannya. Produknya pun telah dijual di beberapa supermarket dan destinasi wisata di Bandung.

“Kami produksi di Ciumbuleuit,” kata Yodi.

Yaourt dapat dibeli di beberapa gerai dan secara daring. Ia membanderol satu cup french yogurt 150 ml dengan harga Rp 8.000,- sedangkan Greek Yoghurt Rp 12.000,-.

Simak video pilihan berikut:

Simak video menarik di bawah:

Ramyadjie Priambodo Pelajari Kelemahan Mesin ATM Sejak 2018

Liputan6.com, Jakarta – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, Ramyadjie Priambodo sudah sejak 2018 mempelajari mesin ATM yang ditemukan petugas di apartemen milikinya. Ramyadjie ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pembobolan mesin ATM melalui atau dengan cara skimming.

“Sejak tahun 2018 ya (pelajari mesin ATM yang ada di kamarnya),” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (20/3).

Mesin ATM tersebut Ramyadjie Priambodo dapat dari seorang temannya. Mesin digunakan untuk mempelajari kelemahan sistemnya. Hal itu ia lakukan juga untuk mempermudah dalam melancarkan aksi.

“Mesin itu untuk dipelajari kelemahannya,” jelasnya.

Sejauh ini, Ramyadjie belum menyebut identitas temannya tersebut. Oleh karena, sampai saat ini polisi masih terus melakukan penyidikan dan penyelidikan atas kasus tersebut.

“Belum mengakui siapa temannya. Masih terus diselidiki,” ujarnya.

Kritik Program Sandi Terlambat, Ma’ruf Cegah Stunting Sejak Sebelum Nikah

Jakarta – Sandiaga Uno mengatakan program sedekah putih untuk menurunkan stunting bagi ibu-ibu yang tidak penuh menyusui karena sejumlah faktor seperti usia. Ma’ruf Amin mengatakan pihaknya akan menyiapkan soal gizi itu sejak masih hamil bahkan sebelum menikah.

Ma’ruf awalnya memaparkan bahwa pemerintah Jokowi-JK telah berhasil menurunkan stunting dari 37 menjadi 30 persen. Ma’ruf menuturkan perlu upaya lebih intensif lagi.

“Perlu upaya lebih intensif, (karena) stunting ini bukan hanya soal kesehatan tapi sosial, sanitasi, gizi,” ujar Ma’ruf di panggung debat cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Karena itu, pihaknya akan memberikan bantuan sosial agar ibu-ibu tercukupi gizinya. Tak hanya itu, para pasangan yang akan menikah juga akan diberi bimbingan dan pemahaman soal gizi.
“Selain beri ASI, juga beri sembako pada ibu hamil melalui bansos agar mereka mampu beli kepentingan-kepentingan untuk beri air susu, gizi ke anaknya. Bukan sejak hamil, tapi sejak belum nikah melalui bimbingan, edukasi, sejak di KUA, kami yakin ke depan itu kita akan bisa menurunkan (stunting) sampai 10 persen,” ujarnya.
Sandiaga sebelumnya menceritakan tentang istrinya, Nur Asia, ketika menyusui anak bungsunya, Sulaiman. Sandiaga menceritakan istrinya berhenti memberikan ASI di bulan keenam karena tidak keluar lagi.

“Ini ada Nu Asia, istri saya, beliau melahirkan di usia 42 tahun, si bungsu, Sulaiman. Kami seperti ajaran daripada guru-guru maupun orangtua memberikan air susu ibu, tapi mendadak tidak keluar lagi, mungkin karena faktor usia,” kata Sandiaga.

“Nah banyak sekali anak-anak seperti Sulaiman, yang mengalami kasus serupa, di situlah kami ingin mengajak para kontributor, para yang biasa menyediakan susu, mengumpulkan uang agar gizi ibu dan gizi anak dan masa stunting itu bisa selesai,” imbuh Sandiaga.
(idh/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Transaksi Haram Romahurmuziy Disebut Sudah Berkali-kali, Sejak Kapan?

Jakarta – Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy bersama 4 orang lainnya yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) dibawa KPK ke Jakarta. Mereka sebelumnya ditangkap di Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

KPK menyebut Rommy ditangkap terkait transaksi haram dalam pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) di pusat dan daerah. Namun KPK belum membeberkan detail perkara itu.

“KPK juga mengamankan sejumlah uang yang diduga terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama. Hal ini kami duga sudah terjadi beberapa kali sebelumnya,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan kepada wartawan, Jumat (15/3/2019).

Namun Basaria belum menyebutkan berapa jumlah uang yang turut disita. Selain itu, Basaria belum menyebutkan sejak kapan transaksi haram itu diduga dilakukan para pihak yang terjaring OTT itu.

“Informasi lebih lengkap akan kami sampaikan pada konferensi pers,” sebut Basaria.

Status hukum Rommy dan mereka yang ditangkap masih sebagai terperiksa. KPK memiliki waktu 1 x 24 jam sebelum menentukan status hukum Rommy dkk.

Jejak Karier Rommy Hingga Berakhir di OTT, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]



(fai/dhn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Penyakit Kanker Serviks, Penyebab dan Cara Mencegahnya Sejak Dini

Selain dengan memberikan vaksin HPV, ada beberapa cara untuk mencegah penyakit kanker serviks ini. Berikut cara mencegah kanker serviks yang perlu kamu ketahui:

1. Hindari Merokok

Kamu bisa mengurangi kemungkinan terkena kanker serviks dengan tidak merokok. Ya, dengan tidak merokok kamu bisa mengurangi risiko terkena kanker serviks. Pasalnya, racun rokok bersifat oksidatif sehingga bisa memicu sel kanker muncul dan bertambah ganas.

2. Rutin Melakukan Pemeriksaan Pap Smear

Pap Smear merupakan salah satu cara terbaik sebagai bentuk pertahanan pertama untuk mencegah kanker serviks. Metode screening ini berfungsi untuk mendeteksi sel-sel dalam leher rahim yang berpotensi menjadi kanker nantinya.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, menyarankan untuk melakukan pemeriksaan pap smear pertama kali di usia 21 tahun. Walaupun belum melakukan hubungan seks sekalipun, kamu perlu memeriksakannya segera. Walaupun usia kamu sudah melewati 21 tahun dan belum memeriksakannya, namun belum terlambat untuk melakukan pemeriksaan.

3. Menjaga Kebersihan Vagina

Selain melakukan pap smear, untuk mencegah kanker serviks kamu juga harus menjaga kebersihan vagina terutama saat menstruasi dan keputihan. Menggunakan cairan antiseptik kewanitaan yang mengandung povidone iodine mungkin bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan vagina, terutama saat menstruasi.

4. Seks yang Aman

Lebih dari 90 persen penderita kanker serviks disebabkan karena terinfeksi virus HPV. Penyebaran virus ini terjadi melalui hubungan seksual yang tidak aman. Namun selain itu, risiko tertular HPV juga meningkat apabila sering bergantian pasangan seksual. Perempuan yang hanya memiliki satu pasangan pun bisa terinfeksi virus ini jika psangannya memiliki banyak pasangan seksual lain.

Kisah Unik Hotel Mungil di Sudut Laweyan Solo yang Dibangun Sejak 1938

Liputan6.com, Jakarta – Namanya adalah Roemahkoe Heritage Hotel Solo, sebuah hotel unik yang kental dengan sentuhan ala keraton di Jawa. Sebelum dibuka menjadi penginapan, bangunan hotel tersebut menjadi rumah keluarga saudagar batik ternama di Solo, Pospo Sumarto. 

Segala aktivitas dari pembuatan batik hingga penjualan dilakukan dalam rumah yang memiliki luas 1.950 meter persegi. Rumah itu memang berlokasi di Kampung Batik Laweyan, sentra pembuatan batik di Kota Surakarta.

Sayang, produksi batik tidak berlanjut setelah Pospo meninggal dunia. Anak-anak yang mewarisi rumah tersebut bahkan tidak mampu lagi merawat rumah seluas itu.

Pada 1997,  saat krisis moneter melanda Indonesia, anak dari Pospo Sumarto akhirnya menjual rumah tersebut kepada Nina Akbar Tandjung. Rumah yang sangat luas dan memiliki desain unik ala Jawa tersebut juga membuat Nina bingung untuk dijadikan seperti apa.

“Bu Nina sendiri juga bingung awalnya mau dibikin apa, bahkan kepikiran untuk dijadikan toko batik untuk kelas menengah sampai kelas menengah atas. Pada akhirnya tahun 1999, direnovasi aja tapi belum tahu mau dijadikan apa,” tutur Pardi, pegawai Roemahkoe Heritage Hotel Solo kepada Liputan6.com melalui telepon.

Proses renovasi dilakukan tanpa menghilangkan desain asli rumah, termasuk mempertahankan 14 kamar yang sudah ada. Ia hanya merenovasi bagian kamar dan dapurnya saja, seperti menambahkan kamar mandi. “Bahkan, tidak merubah secara signifikan untuk halaman depan maupun isi interiornya,” tambah Pardi.

Pengalaman yang dimiliki Nina yaitu sering berjelajah dunia memberikan pencerahan kepadanya untuk menjadikan rumah tersebut sebagai hotel yang memiliki suasana seperti di rumah Jawa, dengan memberikan kenyamanan secara sederhana dan menarik.

Kemlu: Sejak 2017, Presiden Sudah Perintahkan Pembelaan Siti Aisyah

Jakarta – Lobi-lobi Siti Aisyah bebas dari dakwaan pembunuhan Kim Jong-Nam di Malaysia sudah dilakukan oleh pemerintahan Indonesia sejak lama. Kementerian Luar Negeri mengungkapkan proses panjangnya.

“Ini bukan kerja satu orang atau satu kementerian. Ini kerja bersama seluruh elemen Pemerintah. Kemlu, Kemenkumham, BIN, Kejaksaan Agung, Polri,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Lalu Muhamad Iqbal kepada wartawan, Senin (11/3/2019).

Iqbal memaparkan di persidangan hari ini, jaksa menyatakan ‘menghentikan tuntutan terhadap Siti Aisyah‘. Pengacara meminta agar bukan hanya dihentikan tapi dibebaskan penuh. Pada akhirnya, hakim memutuskan ‘Discharge Not Amounting to Acquital’ (tuntutan dihentikan dan Siti Aisyah bebas).

“Keputusan yang keluar hari ini adalah akhir dari proses panjang perjuangan membebaskan SA. Sejak ditangkap 15 Februari 2017, Presiden meminta Menlu berkoordinasi dengan Jaksa Agung, Menkumham, Ka BIN dan Kapolri untuk memberikan pendampingan dan pembelaan. Jadi ini adalah hasil dari proses panjang tersebut,” ungkapnya.

Iqbal menyebut proses panjang ini melibatkan banyak pihak di Indonesia di bawah koordinasi Menlu. Tuntutan yang dihentikan oleh jaksa hanya tuntutan terhadap Siti Aisyah. Sementara itu, sidang untuk terdakwa asal Vietnam, Doan Thi Huong tetap berlanjut.

Siti Aisyah sendiri terkejut dengan pembebasannya ini. Rencananya, dia akan langsung dipulangkan ke Indonesia hari ini.

“Kami akan berupaya menerbangkan Siti kembali ke Indonesia, hari ini, sesegera mungkin,” kata Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana.
(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Lumpuh Sejak Kemarin, Jalur Jakarta-Bogor Akhirnya Dilintasi KRL Lagi

Jakarta – Lintasan kereta Jakarta-Bogor-Jakarta sempat lumpuh pada Minggu (10/3) karena ada KRL terguling. Pagi ini, jalur tersebut sudah kembali dilintasi KRL.

Pantauan detikcom di lokasi, Kebon Pedes, Bogor, Senin (11/3/2019), hingga pukul 06.35 WIB sudah ada tiga rangkaian KRL yang melintas dari arah Bogor menuju Jakarta. Kemudian pada pukul 06.50 WIB, ada satu rangkaian KRL melintas dari arah sebaliknya.

Saat ini, KRL relasi Jakarta-Bogor-Jakarta hanya beroperasi di satu jalur. KRL melintas bergantian. Hal ini sebelumnya disampaikan VP Komunikasi PT KCI Eva Chairunisa. KRL beroperasi sejak pukul 05.00 WIB.
“Seluruh kereta yang anjlok selesai dievakuasi, sebagian KRL mulai beroperasi hingga Stasiun Bogor mulai pukul 05.00 WIB menggunakan satu jalur bergantian,” kata Eva, hari ini.
Sementara itu, rangkaian KRL yang terguling kini sudah dievakuasi. Tiga gerbong yang terguling telah dievakuasi kereta penolong pagi ini ke Dipo KRL Bogor. Selain itu, lima gerbong lainnya telah dievakuasi pada Minggu (10/3) ke Dipo KRL Depok.

Saksikan juga video ‘Perbaikan Lajur KRL Bogor Dikebut, Ditargetkan Segera Normal’:

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/rna)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dicurigai Jadi Kurir, Eddo Eks Idol Ditarget Sejak Sebulan Lalu

Jakarta – Mantan finalis Indonesian Idol, Eddo sudah menjadi target operasi polisi karena dicurigai jadi kurir narkoba. Pria bernama lengkap Edi R.C Marien diincar polisi sejak bulan lalu.

“Ya sudah (ditarget) sejak sebulan lalu,” kata Kanit 2 Satresnarkoba Polres Jakarta Barat AKP Maulana saat dihubungi detikcom, Jumat (8/3/2019).

Maulana menjelaskan ihwal penangkapan Eddo. Semula polisi mendapatkan informasi terkait adanya pengedar di wilayah Jakarta Barat.

“Awalnya kita dapat info banyak peredaran di wilayah Jakarta Barat dengan target dan ciri-ciri yang bersangkutan,” jelas Maulana.

Saat itu, polisi mendapatkan informasi orang yang dimaksud merupakan perantara atau kurir narkoba.

“Awalnya seperti itu (diduga kurir). Dia selaku perantara barang,” ungkapnya.

Semula polisi tidak mengetahui identitas terkait orang tersebut. Namun setelah Eddo tertangkap, barulah polisi mengetahui bahwa sosok tersebut adalah seorang mantan finalis Indonesian Idol.

“Pas kita tangkap, kita tahu ternyata yang bersangkutan (Indonesian) idol 2007,” ungkapnya.

Eddo membantah dirinya merupakan kurir narkoba. Kepada polisi, dia mengaku hanya sebagai pengguna.

“Dia tidak mengaku (kurir narkoba), tetapi dia pengguna aktif,” imbuhnya.

Eddo ditangkap sendirian di kawasan Mampang, Jakarta Selatan pada Senin (4/3). Saat diperiksa, Eddo kedapatan membawa satu klip sabu dan alat isap sabu.
(mei/zak)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kenali Penyebab Leukemia, Gejala serta Cara Mencegahnya Sejak Dini

Liputan6.com, Jakarta Kanker masih menjadi salah satu penyakit terganas di dunia. Di Indonesia pun, penyakit ini banyak merenggut nyawa karena penanganan yang terlambat, maupun karena faktor lainnya. Kanker sendiri terdiri atas berbagai jenis. Dan salah satunya adalah kanker darah yang banyak terjadi di Tanah Air.

Salah satu tipe kanker darah yang paling ganas adalah leukemia. Penyakit ini dapat menyerang siapa pun tanpa terkecuali. Anak-anak hingga dewasa memiliki peluang terserang penyakit yang merusak fungsi darah ini.

Namun, kanker ini kebanyakan diderita oleh anak-anak. Menurut Institut Kanker Nasional Amerika Serikat, definisi Leukemia merupakan kanker yang terjadi pada sumsum tulang dan menyebabkan peningkatan sel darah putih yang abnormal di dalam darah.

Padahal, sel darah putih merupakan sel yang dibutuhkan tubuh untuk imunitas. Sementara itu, sumsum tulang merupakan organ tubuh yang membentuk sel-sel darah yang dibutuhkan tubuh, seperti sel darah putih, sel darah merah, dan platelet. Alhasil, sel kanker mempengaruhi organ pembentuk sel-sel darah sehingga mengalami kelebihan produksi.

Leukemia memiliki klasifikasi yang menggambarkan seberapa pesat kanker darah berkembang. Klasifikasi tersebut terdiri atas dua tipe yaitu Acute Leukemia dan Chronic Leukemia. Acute Leukemia terjadi ketika sel darah abnormal terus menerus berkembang biak sehingga memperburuk kondisi penderitanya.

Sementara itu, Chronic Leukemia terjadi karena beberapa faktor, yakni karena sumsum tulang memproduksi terlalu banyak sel atau bahkan terlalu sedikit sel. Jika Acute Leukemia berkaitan dengan sel darah yang belum matang, Chronic Leukemia justru berkaitan dengan sel darah yang matang.

2 dari 4 halaman

Penyebab Leukemia

Penyebab Leukemia atau kanker darah putih tidak semata-mata berasal dari diri penderita. Leukemia secara umum terjadi karena beberapa faktor. Selengkapnya, berikut adalah faktor penyebab Leukemia yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (5/3/2019).

1. Perawatan Kanker

Seseorang yang sebelumnya pernah menjalani kemoterapi dan terapi radiasi yang disebabkan oleh kanker jenis lain, dinilai menjadi salah satu penyebab Leukemia. Kemungkinan untuk terserang Leukemia meningkat karena pernah menjalani perawatan kanker.

2. Faktor Genetik

Kelainan yang bersifat turunan, misalnya Down Syndrome punya dampak negatif sebagai penyebab leukemia. Penderita Down Syndrome membuat peluang resiko terkena Leukemia bertambah besar.

Lebih lanjut, seseorang yang memiliki keluarga, orangtua atau saudara kandung yang mengidap leukemia, mengalami peningkatan risiko dua sampai empat kali kali lebih tinggi mengalami kondisi serupa.

Risiko tersebut lebih tinggi lagi jika leukemia tersebut dialami oleh saudara kembar. Jika si A didiagnosis dengan kanker darah, kembarannya pun berisiko tinggi terkena Leukemia (1 dari 5 anak kembar), terlebih jika penyakit tersebut dialami dalam tahun pertama kehidupan.

3. Faktor Lingkungan

Penyebab Leukemia selanjutnya adalah faktor lingkungan. Paparan radiasi atau bahan kimia tertentu juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena Leukemia. Misalnya, paparan radiasi tinggi pada korban selamat bom atom Jepang, mengalami peningkatan risiko mengidap Leukemia jenis AML enam sampai delapan tahun setelah terpapar.

Kandungan bensol dalam bensin dan industri kimia juga memiliki kaitan terhadap meningkatnya resiko terkena beberapa jenis kanker darah. Bahkan, janin yang masih dalam kandungan pun dapat terserang penyakit ganas ini.

4. Gaya hidup

Faktor-faktor yang terkait gaya hidup kayak merokok, obesitas, terlalu sering konsumsi alkohol, dan tinggi paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab Leukemia.

Beberapa studi juga menyebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi alkohol berlebihan saat hamil, dapat mengalami peningkatan risiko memiliki bayi yang mengidap Leukemia. Diet tinggi antioksidan seperti buah dan sayuran dapat membantu mencegah kerusakan DNA akibat radikal bebas (polusi, asap rokok, dan sinar matahari).

3 dari 4 halaman

Gejala Leukemia

Gejala yang ditunjukkan penderita Leukemia memang tidak begitu jelas dan sulit dikenali karena hampir sama dengan gejala penyakit lain. Namun, beberapa gejala umum kerap terjadi. Meski tiap gejala bergantung pada jenis kanker darah, berikut adalah gejalanya:

1. Demam atau menggigil;

2. Rasa lelah dan lemah yang berkepanjangan;

3. Infeksi sering terjadi dan bahkan parah;

4. Berat badan turun meski tidak sedang diet;

5. Pembengkakan kelenjar getah bening, pembengkakan hati atau empedu;

6. Mudah berdarah atau memar;

7. Mimisan yang berulang;

8. Muncul bintik-bintik merah pada kulit;

9. Keringat berlebih, khususnya pada malam hari

10. Nyeri tulang

4 dari 4 halaman

5 Sayur untuk Mencegah Ganasnya Leukemia

Brokoli

Brokoli dikenal untuk mencegah serangan kanker dari dalam tubuh, termasuk kanker darah. Sebabnya, brokoli mengandung senyawa alami yang disebut sebagai sulforaphane yang bekerja dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh semua senyawa karsinogen penyebab kanker.

Kembang kol

Kembang kol yang memiliki satu marga dengan brokoli ini juga dikenal efektif untuk cegah kanker. Sama seperti brokoli, kembang kol berfungsi mencegah leukemia karena kandungan sulforphane di dalamnya.

Tomat

Mengonsumsi tomat secara rutin sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. Sebab tomat mengandung likopen yang mampu mengurangi penyerapan senyawa karsinogen di dalam tubuh.

Lobak

Banyak orang yang tidak terlalu suka makan lobak karena rasanya yang pahit. Nyatanya lobak memiliki khasiat besar untuk cegah kanker darah karena lobak juga mengandung sulforaphane.

Kubis merah

Kubis merah saat ini mulai banyak dikonsumsi. Selain rasanya yang unik, kubis merah juga mengandung sulforaphane yang lebih tinggi dari sayuran lain sehingga tentu saja bermanfaat untuk cegah kanker.