Perjuangan Gadis Pekanbaru demi Ketiga Adiknya

Liputan6.com, Pekanbaru – Tiga tahun lalu, Nadia Safitri harus mengubur impian melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi. Gadis Pekanbaru itu harus menghidupi tiga adik kecilnya dengan berbagai cara. Dia pernah menjadi kuli pembuatan batu dan kini membantu menjual gorengan dengan imbalan yang jauh dari kata cukup.

Sabtu siang, 19 Januari 2018 itu, seperti biasa Nadia menjalankan aktivitas hariannya di persimpangan Jalan Singgalang, Kecamatan Tenayanraya, Kota Pekanbaru. Sebagai koki gorengan, remaja 16 tahun ini mulai memasukkan adonan pisang ke dalam kuali berminyak panas.

Dalam rentan beberapa menit, Nadia cekatan membalikkan pisang agar tak gosong. Lalu dia mengangkatnya ke sebuah wadah untuk ditiriskan, kemudian disusun rapi agar pembeli tertarik membeli dagangan milik Dedi, bosnya.

“Upahnya terkadang Rp 20 ribu, bisa juga Rp 30 ribu, tergantung berapa banyak gorengan terjual,” tutur Nadia memulai pembicaraan.

Nadia menjelaskan, aktivitas ini sudah dijalaninya dua pekan terakhir, mulai dari pukul 13.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Puluhan kilometer harus ditempuhnya berjalan kaki dari rumahnya di Jalan Badak Ujung.

Pergi saat terik, tak jarang Nadia pulang di bawah guyuran hujan deras. Perasaan takut sudah pasti membayangi karena harus melintasi jalanan sepi. Beruntung terkadang ada pengendara sepeda motor yang memberinya tumpangan.

“Kadang ada bus ya naik kalau ada uang dikit, kalau enggak ya jalan kaki,” ucap Nadia yang sudah enam tahun ditinggal pergi ibunya merantau meninggalkan Pekanbaru.

Upahnya membantu Dedi menjual pisang, tahu, tempe, dan ubi, membuat Nadia tetap bersyukur. Mengeluh baginya hanya menjadi batu sandungan untuk menghidupi tiga adiknya, Diana, Kevin dan Marcel.

Menjelang malam, pembeli gorengan datang silih berganti. Nadia selalu mengumbar senyum kepada pelanggan setianya. Dagangannya pun ludes hingga membuat kepulangannya ke rumah lebih cepat.

“Upah ini bisa membantu dua adik tetap sekolah, karena Diana (adik pertama Nadia) juga bekerja,” kata Nadia.

Nadia menceritakan, ayahnya bernama Munriadi pergi dari rumah saat dirinya masih dalam kandungan. Kehidupan tetap berlanjut karena ibunya menikah lagi hingga lahirlah Diana.

2 dari 2 halaman

Hanya Ingin Ibunya Kembali

Hidup Nadia berubah drastis sejak usianya menginjak 10 tahun. Ibu dan ayah tirinya pergi dari rumah dengan alasan merantau tak pernah pulang lagi tanpa berkabar.

Dia pun mulai memperjuangkan kehidupan tiga adiknya sekuat tenaga. Nadia masih sempat menamatkan pendidikan SD hingga duduk di kelas 1 SMP. Hanya saja keadaan tidak memungkinkan lagi hingga Nadia memutuskan berhenti sekolah.

“Saat berhenti SMP, saya bekerja sebagai kuli di tempat pembuatan batu bata. Upahnya Rp 50 ribu per pekan, lalu ada tawaran membantu jualan gorengan ini,” jelas Nadia.

Kini, pekerjaan Nadia membuat batu bata diestafetkan ke Diana. Adiknya ini juga terpaksa berhenti sekolah untuk membantu menyambung hidup serta membantu kakak serta dua adiknya.

“Alhamdulillah penghasilan cukup untuk makan, buat jajan dan biaya sekolah Kevin (6) serta Marcel (10),” sebut Nadia.

Nadia menyebutkan, Kevin saat ini kelas 1 SD dan Marcel kelas 4 SD. Biaya sekolah dua adiknya cukup ringan karena berstatus sekolah negeri.

Selama ini, Nadia tinggal di rumah papan kecil peninggalan ayahnya. Kondisi jalannya berbukit naik turun. Belum lagi sepanjang jalan jelek itu, sangat minim penerangan, serta jauh dari pusat kota.

Kondisi rumahnya masih sangat jauh dari kata layak dan sehat. Tidak ada listrik, tidak ada tempat untuk mandi, mencuci, atau buang air.

Untuk keperluan mandi dan mencuci, Nadia hanya mengandalkan air yang menggenangi kubangan, atau sumur dangkal persis di samping rumahnya. Sedangkan untuk buang air, ada sebuah lubang yang ke ditutup karung.

Tak jarang jika turun hujan, rumahnya dipenuhi lumpur, lantaran air tanah yang berada di dataran lebih tinggi, mengalir dan masuk ke rumah Nadia.

Untuk saat ini, Nadia berharap ibunya pulang. Dia mendapat kabar ibunya menikah lagi di Madura, Jawa Timur, sementara ayah kandungnya di Padang, Sumatera Barat.

“Mamak (ibu) pulang, itu saja. Kami rindu karena tak pernah dihubungi,” ucap Nadia.


Simak video pilihan berikut ini:

Tahukah Anda, Berpegangan Tangan dengan Orang Terkasih Bisa Menyembuhkan Luka Hati?

Liputan6.com, Jakarta – Sentuhan penuh kasih dan genggaman tangan yang Anda berikan pada seseorang, tidak hanya menunjukkan betapa pentingnya sosok ini bagi Anda, tetapi juga dapat menghibur Anda selama masa-masa sulit, sakit, atau jika Anda merasa menderita.

Tahukah Anda bahwa ada ilmu pengetahuan yang mendasari alasan tersebut?

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, memegang tangan orang yang dicintai merupakan cara efektif untuk meredakan kepedihan di hati. Ini adalah salah satu penelitian pertama yang meriset sinkronisitas interpersonal antara rasa nelangsa dan sentuhan manusia.

“… sentuhan kulit ke kulit penting untuk mengurangi rasa sakit. Selain itu, sentuhan tersebut mengaktifkan mode ‘penghargaan’ di otak orang yang disentuh, sehingga orang tersebut merasa berharga. Inilah saat di mana orang itu merasa berkurang kepedihannya …” kata studi tersebut, seperti dikutip dari situs justbelieverecoverypa.com pada Senin (21/9/2019).

Untuk membuktikan penelitian ini, Pavel Goldstein, seorang psikologi di CU-Boulder merekrut 22 pasangan sehat berusia antara 23-32 tahun, yang menjalani sejumlah tes. Situasi uji coba ini dikondisikan seperti di ruang bersalin.

Secara alami, para pria diberi peran sebagai pengamat, sedangkan wanita akan sedikit mengalami rasa sakit ringan di lengan bawah selama dua menit.

Instrumen tersebut digunakan untuk mengukur detak jantung dan pernapasan. Seluruh pasangan ditempatkan dalam tiga situasi berbeda.

Pertama, ada pasangan yang ditempatkan di kamar yang terpisah. Kedua, ada pasangan yang dilokasikan secara bersama, tetapi tidak saling menyentuh. Ketiga, ada pasangan yang berada di dalam satu ruangan dan berpegangan tangan.

Saat pasangan-pasangan itu duduk bersama, pernapasan dan detak jantung mereka disinkronkan. Tetapi ketika sang wanitanya mengalami rasa sakit dan si pria tidak bisa menyentuhnya, sinkronisasi itu berakhir.

Namun, ketika si pria memegang tangan sang wanita, pernapasan dan detak jantung mereka kembali sinkron dan rasa sakit dia berkurang.

Penelitian sebelumnya,yang dilakukan oleh Goldstein, pun mengungkapkan bahwa semakin empati pria kepada wanitanya, maka semakin banyak rasa sakit yang berkurang, serta kian banyak detak jantung dan napas yang mampu disinkronkan.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Nonton Film Bareng Pasangan, Solusi Redakan Masalah hingga Cegah Perceraian

Sementara itu, sebuah penelitian menyatakan bahwa menonton film ternyata bisa menjadi solusi bagi masalah sebuah hubungan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consulting and Clinical Psychology meminta 174 pasangan pengantin baru berpartisipasi dalam tiga lokakarya, yang memperkuat keterampilan komunikasi mereka.

Dilansir dari Prevention pada Selasa, 18 Desember 2018, yang pertama terfokus pada penerimaan dan rasa kasih, yang kedua terfokus pada mendengarkan, dan yang ketiga adalah menonton film komedi romantis. Sementara, kelompok keempat sisanya tidak mengikuti ketiganya.

Dalam studi itu, kelompok ketiga tidak mengikuti sesi mingguan dengan seorang terapis. Namun, mereka diminta untuk menonton beberapa film di malam hari. Di antara judul film tersebut adalah: “Two for the Road”, “Gone With the Wind”, “Love Story“, dan “Yours Mine & Ours”.

Para peneliti kemudian melihat pasangan itu selama tiga tahun. Mereka juga diperiksa setiap enam bulan.

Hasil penelitian menemukan, 24 persen pasangan yang tidak mengikuti lokakarya akhirnya berpisah atau bercerai setelah tiga tahun. Sementara, hanya 11 persen dari pasangan yang mengikuti sesi tersebut. Selain itu, menonton film ternyata sama bermanfaatnya dengan sesi terapi pasangan.

“Menonton film dapat membantu mencegah perceraian dengan memberikan waktu pada pasangan untuk fokus pada hubungan dan saling memeriksa satu sama lain, membantu mewujudkan tipe pasangan yang mereka inginkan,” kata penulis studi utama profesor psikologi klinis di University of Rochester New York, Ronald Rogge.

Namun, Rogge tidak mengesampingkan bahwa ada pasangan yang rajin menonton film namun tetap bercerai.

Rogge menambahkan, film yang ideal bagi pasangan bukan tentang lelaki yang mengejar-ngejar cinta perempuan. Namun, tontonan yang memperlihatkan bagaimana pasangan yang sudah bersama berjuang dengan kehidupan sehari-hari mereka.

Heboh Bayi Menangis di Kebun Salak

Liputan6.com, Jember – Sejumlah warga Desa Kamal Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur digemparkan dengan penemuan bayi laki-laki di kebun salak. Bayi itu masih hidup lengkap dengan ari-arinya. Kejadiannya sekitar pukul 20.45 WIB, Minggu, 20 Januari 2019.

Bayi itu ditemukan di pinggir jalan Dusun Krajan, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, di atas saluran drainase kebun salak. Arinya tersangkut di antara duri pohon salak. Bayi yang diperkirakan masih berumur dua jam setelah lahir ini pertama kali ditemukan Budi Jumantoro (40), warga setempat. Saat itu, bayi masih terbungkus dalam kantong plastik.

“Saat itu saya mengantarkan anak mengaji melewati sungai, kurang lebih 25 meter dari rumah mendengar ada suara bayi. Sebelum membawa bayi saya terlebih dahulu menghubungi tetangganya dan kepala dusun setempat,” ujar Budi, Senin (21/1/2019).

Karena khawatir terjadi sesuatu terhadap bayi, apalagi meninggal dunia karena terlambat menolong, maka bayi tersebut langsung diamankan dan dibawa ke Puskesmas Arjasa Kabupaten Jember. Berita penemuan bayi tersebut menggemparkan daerah sekitarnya, sehingga banyak orang berdatangan ingin melihat dari dekat bayi tersebut.

Hal senada disampaikan warga Desa Kamal lainnya, Gus Birril Akmal, seorang tokoh agama setempat. Dia menjelaskan bayi itu ditemukan saat hujan gerimis mengguyur Desa Kamal.

“Awalnya Budi tidak curiga ada pembuangan bayi, karena memang salah seorang tetangganya, punya bayi yang baru lahir. Karena tak kunjung diam, Budi menanyakan kepada ibu bayi tetangganya itu, mengapa anaknya nangis terus. Namun, tetangganya menjawab, bayi saya sedang tidur, dan tidak menangis,” tutur pria yang biasa dipanggil Gus Birril ini.

Mendengar jawaban itu, Budi dan tetangga lainnya mengira adalah bayi kuntilanak. Mereka kemudian mencari sumber suara yang terus menangis menyayat hati. Apalagi di sekitar tempat tersebut cukup gelap.

“Setelah dilakukan pencarian, akhirnya ditemukan bayi laki-laki, masih lengkap dengan ari-arinya, terbungkus tas kresek. Ini bayi anak manusia, bukan anak kuntilanak,” jelasnya.

Dengan bantuan penerangan lampu senter, warga akhirnya mengevakuasi bayi ini. Bahkan, warga sempat kesulitan mengambil ari-arinya yang dibungkus tas kresek berbeda, karena tersangkut di antara duri pohon salak. Penemuan bayi tersebut selanjutnya dilaporkan ke perangkat desa setempat, yang kemudian dilanjutkan ke Polsek Arjasa.

Kapolsek Arjasa, AKP Eko Basuki, membenarkan adanya penemuan bayi laki-laki itu. Ia sudah mendapat laporan masyarakat.

“Kami sudah memeriksa kondisi bayi ke Puskesmas Arjasa. Alhamdulillah kondisi bayinya sehat, masih dirawat di Puskesmas,” kata Eko.

Dia mengatakan bayi tersebut diduga baru dilahirkan satu atau dua jam sebelum ditemukan. Saat ini, polisi tengah menyelidiki kasus tersebut serta berkoordinasi dengan Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak, PPA Polres Jember. Pihaknya sudah melaksanakan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) penemuan bayi.

Selain itu, polisi mencari petunjuk permulaan, di sekitar lokasi untuk mengungkap siapa pelaku yang tega membuang bayinya. “Kami sudah meminta keterangan saksi-saksi, yang mengetahui peristiwa penemuan bayi tersebut,” ujar mantan anggota Brimob Polda Jatim ini.


Simak video pilihan berikut ini:

Rahasia Orang Jepang Melangsingkan Tubuh, Turun sampai 20 Kg

Jakarta

Sejak kecil hingga berusia 30 tahun, Andrian Suryaputra memiliki berat badan berlebih. Namun kini Andrian menemukan cara yang efektif dan berhasil menurunkan berat badannya hingga 12 kg dalam satu bulan tanpa diet atau olahraga yang melelahkan.

“Kegemukan telah menghancurkan hidup saya. Masalah kelebihan berat badan saya alami sejak di bangku sekolah. Teman-teman saya terus-menerus mengejek dan menjatuhkan harga diri saya. Saya sangat sedih dan hanya bisa mengurung diri di rumah,” ujar Andrian.

Saat menginjak usia 20-an, berat badan Andrian lebih dari 120 kg. Hal tersebut membuat Andrian hampir tidak bisa beranjak dari sofa hingga menyebabkan masalah kesehatan yang semakin parah. Selama bertahun-tahun, Andrian mengira bahwa kegemukan itu karena genetik, metabolisme yang lambat, bahkan disebabkan penyakit.

Namun tidak ada dokter yang mengkonfirmasi hal ini sehingga Andrian harus menghadapi kenyataan bahwa itu semua karena gaya hidup yang tidak benar. Untuk itu, Andrian berencana menurunkan berat badan dengan cara diet.

“Saya mulai melakukan diet dan mengonsumsi suplemen makanan yang lebih banyak dan lebih ampuh, tetapi tidak berpengaruh banyak. Berat badan saya turun beberapa kilogram, tapi saat berhenti mengkonsumsi suplemen, nafsu makan saya bertambah dan berat badan pun kembali. Kesehatan saya semakin memburuk, saya merasa sangat menderita. Rasa lapar karena diet ketat dan nafsu makan yang tidak terkendali membuat berat badan malah bertambah,” katanya.

Dokter pun mengatakan berat badan Andrian dikatakan tidak akan bisa turun 20 hingga 30 kg jika tidak mengubah gaya hidup. Bahkan Andrian mungkin tidak akan hidup hingga usia 40 tahun.

“Saya berumur 34 tahun dan berpikir bahwa kematian itu ada di depan mata saya,” paparnya.

Setelah kembali dari dokter, Andrian pergi ke toko terdekat dan bertemu Asya, teman sekolahnya yang memiliki masalah yang sama seperti Andrian. Asya juga selalu punya masalah dengan kelebihan berat badan. Namun kini Asya berbeda dengan pinggang ramping, pipi tirus, langsing, dan cantik.

“Saat melihatnya, saya tidak bisa percaya bahwa wanita yang berdiri di depan saya adalah orang yang sama yang saya kenal beberapa tahun yang lalu,” ucapnya.

Akhirnya, Andrian memberitahu tentang masalah berat badan yang ia alami. Kemudian Asya memberi tahu metode rahasia yang mengubah hidup Asya dan sekarang juga mengubah hidup Andrian. Metode tersebut 100% efektif tanpa efek yo-yo. Asya memperkenalkan metode yang ditemukan di Amerika Serikat.

Penurun Berat Badan yang Digunakan Orang Eropa Tersedia di Indonesia

“Saya akan memberitahu Anda, itu benar-benar aman untuk kesehatan dan tidak memerlukan olahraga intensif atau diet yang tidak menyenangkan,” ujar Andrian.

Penurun Berat Badan yang Digunakan Orang Eropa Tersedia di Indonesia

Menurut penelitian, metode ini memungkinkan Anda untuk menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam seminggu.

Penurun Berat Badan yang Digunakan Orang Eropa Tersedia di Indonesia

Secara klinis, Anda akan mendapatkan

– Memecah gumpalan lemak tiga kali lebih efektif daripada metode lain

– Menghentikan produksi sel-sel lemak baru

– Mengurangi jumlah air yang terakumulasi di dalam tubuh

– Memperbaiki fungsi usus dan pencernaan, mengurangi sembelit dan kembung

– Mempercepat proses metabolisme tubuh hingga 85%.

Menariknya, metode ini sepenuhnya alami. Namun tidak disarankan bagi seseorang yang memiliki masalah tiroid, diabetes, atau penyakit kardiovaskular.

Terdengar luar biasa bukan? Memang begitulah! Berkat Garcinia Cambogia Forte, berat badan Andrian turun 12 kg dalam sebulan terakhir! Dan ini hanyalah awal dari perjalanan Andrian untuk tampil ideal. Sebab, dengan menurunkan berat badan berarti juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Penurun Berat Badan yang Digunakan Orang Eropa Tersedia di Indonesia

“Ketika saya mulai menggunakan Garcinia Cambogia Forte, saya khawatir hanya akan membuang-buang uang. Namun setelah minggu pertama, berat turun 4 kg lebih,” jelasnya.

Penurun Berat Badan yang Digunakan Orang Eropa Tersedia di Indonesia

Menakjubkan! Andrian sekarang bisa dengan berani mengatakan bahwa Garcinia Cambogia Forte telah mengubah hidupnya dan mengembalikan rasa percaya diri.

“Beberapa hari yang lalu saya bertemu Asya untuk berterima kasih padanya. Untuk infomasi yang ia berikan, ternyata dia sudah tertarik pada saya sejak kami sama-sama masih di bangku sekolah, tetapi sama seperti saya, dia tidak memiliki keberanian untuk mengatakannya. Dalam 2 hari, kami akan pergi untuk kencan pertama dan saya merasa sangat bahagia,” ceritanya.

Dengan sepenuh hati, Andrian merekomendasikan Garcinia Cambogia Forte kepada semua orang yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan. Faktanya, berat badan berlebih merupakan masalah besar karena bisa merusak kesehatan. Untuk itu, semua orang hanya hidup satu kali, jadi tetaplah hidup sehat.

Berikut adalah promosi luar biasa untuk para pembaca. Isi formulir di bawah ini dan Anda dapat menerima Garcinia Cambogia serta ikut dalam program diskon dengan potongan sekitar Rp 490 ribu. Penawaran khusus ini hanya berlaku hari ini, Selasa 22 Januari 2019.

Artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Setiap transaksi yang terjadi atas pengiriman barang dan kualitas produk bukan tanggung jawab detikcom.

(adv/adv)

Resolusi Pola Hidup Sehat dengan 3 Varian Minyak Zaitun Bertolli

Liputan6.com, Jakarta – Memasuki tahun baru, biasanya kita punya resolusi baru agar bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Misalnya dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan lebih baik dan disiplin. Salah satu caranya dengan mengonsumsi olive oil atau minyak zaitun.

Sebagai produsen minyak zaitun terkemuka di dunia, Bertolli memperkenalkan penggunaan minyak zaitun dalam makanan Indonesia, agar makan menjadi lebih nikmat, lebih mudah dan lebih sehat tentunya.

Mengetahui lebih dalam lagi gaya hidup yang seimbang untuk tubuh Anda, Bertolli menghadirkan putri pakar kuliner Indonesia, Bondan Winarno, Gwendoline Winarno dan nutrisionis, Emilia Achmadi untuk berbagi bagaimana Anda dapat mengarahkan pilihan kearah makan yang penuh kesadaran atau mindful eating.

“Melalui kampanye ini, minyak zaitun Bertolli ingin menciptakan bagaimana serunya dan menyenangkan memasak makanan tradisional Indonesia yang tidak hanya akan memberikan manfaat kesehatan tetapi juga rasa yang lezat dan aroma yang nikmat ,“ tutur Bertolli Area Manager Asia, Guillermo Romeu, di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Januari 2019.

Gaya hidup yang lebih sehat berarti nutrisi yang tepat, hal ini dilihat dari bagaimana setiap orang mengkonsumsi cukup nutrisi dan diet yang seimbang.

“Anda memiliki dua pilihan, lemak yang tidak punya manfaat kesehataan tambahan atau lemak yang memiliki tambahan kesehatan. Saya ingin mengundang banyak individu untuk mengalihkan fokus mereka ke lemak yang lebih baik,” terang Emilia Achmadi dalam kesempatan yang sama.

Lemak baik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Saat dikonsumsi dalam jumlah sedang, lemak yang baik bisa membantu kita merasa kenyang dan tidak mengancam tubuh kita. Penelitian menunjukkan bahwa lemak tertentu dari sayuran, kacang-kacangan, dan ikan sebenarnya meningkatkan kesehatan.

Mengubah pola makan menjadi lebih sehat merupakan langkah kecil untuk mengarah ke perubahan yang lebih besar lagi. Minyak alami yang di ekstrak dari zaitun, secara internasional dianggap sebagai salah satu pilihan minyak goreng tersehat dan memungkinkan kita untuk terus menikmati makanan favorit kita, tanpa penyimpangan radikal terhadap gaya hidup, atau rasa.

“Diet adalah sesuatu yang sangat pribadi, Anda tidak dapat membandingkannya dengan orang lain. Salah satu cara terbaik untuk menemukan diet Anda sendiri adalah dengan membuat jurnal makanan. Lacak apa yang membantu Anda dan tubuh Anda. Tapi jangan terlalu keras pada diri sendiri dan jangan lupa bersenang-senang, ” ucap Gwen Winarno.

2 dari 2 halaman

Bisa untuk Menggoreng dan Menumis

Meskipun minyak zaitun adalah salah satu unsur makanan paling terkenal di dunia saat ini, tapi penggunaannya untuk makanan Indonesia belum terlalu dikenal luas.

Minyak zaitun sendiri terkenal dapat digunakan untuk menggoreng, menumis, dan bahkan membuat makanan penutup yang terkenal di dunia seperti kue Red Velvet. Fleksibilitas dan manfaat kesehatan tambahan inilah yang membuat minyak zaitun sangat baik untuk semua masakan Indonesia favorit Anda.

Minyak zaitun tahan panas dan sempurna untuk digunakan dalam masakan panas – bahkan untuk masakan Indonesia yang sangat panas seperti Ayam Goreng dan Ikan Gurame Goreng.  Untuk Bertolli sendiri, ada tiga varian dari produk mereka dengan spesialisasi tertentu.

Yang pertama adalah Classico atau Klasik. Rasa lembut dan netralnya membuat varian ini fleksibel dan cocok untuk diet sehat. Sangat cocok untuk memasak dengan suhu panas yang tinggi seperti menumis, dan memanggang.

Yang kedua adalah Extra Light yang cocok untuk menggantikan minyak nabati. Jenis ini pas digunakan untuk memanggang dan menggoreng termasuk memasak serta menumis dalam suhu panas yang sangat tinggi. Varian ini dinilai paling pas untuk membuat masakan khas Indonesia karena ketahanan panasnya yang bisa mencapai 220 derajat celcius.

Yang ketiga adalah Extra Virgin Oil dengan rasa buah-buahan dan harum aromanya. Minyak Zaitun persembahan Bertolli ini memberikan rasa Mediterania yang begitu kaya untuk masakan Anda tanpa mengalahkan keunikan rasa bahan makanan lainnya. Cocok untuk saus roti, saus pasta dan salad.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kumpulan Cerita Lucu Singkat, Bikin Waktu Ngumpul dengan Teman Makin Seru

Liputan6.com, Jakarta Kalau lagi ngumpul bareng teman-teman, paling enak memang sambil cerita. Tapi, jangan sembarangan cerita, ya. Kalau dalam satu sesi pertemuan, jangan selalu ngomongin atau cerita tentang dirimu terus, yang ada teman-temanmu nanti jadi bosan. Nah, biar suasana makin seru, cobain aja diselingin dengan cerita lucu.

Dengan berbagai kisah lucu, kamu bisa membuat suasana berkumpul jadi tambah menyenangkan. Jadi, acara kumpul-kumpul dengan teman-teman dipenuhi dengan canda tawa. Dengan cara ini, dijamin pasti teman-temanmu jadi makin senang dekat denganmu.

Tapi, kalau kamu belum pandai mengarang cerita lucu karena takut garing, kamu bisa cari beberapa referensi atau inspirasi cerita lucu di berbagai media sosial, lho. Cari aja cerita lucu di Instagram, Twitter, atau Facebook. Dijamin, kamu banyak menemukan ide-ide untuk cerita lucu yang mau diceritain bareng teman-teman kamu.

Nah, berikut ini Liputan6.com kasih sedikit bocoran cerita lucu singkat yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/1/2019). Cerita lucu singkat ini bisa kamu ceritakan ulang saat sedang hangout dengan teman-teman atau hanya sekadar untuk menghibur diri sendiri ketika sedang suntuk.

2 dari 6 halaman

Waktu Pelajaran Komputer

Terdapat sepasang sahabat karib, Rudi dan Dito, yang lagi belajar komputer bersama. Karena Rudi belum begitu familiar tentang penggunaan fitur fitur yang ada di komputer, dia meminta Dito mengajarinya.

Rudi: “To’ boleh nanya enggak? Fungsi dari tombol ENTER apa sih?”

Dito: “Kayaknya sih buat mempercepat jalannya program, Rud”

Rudi: “Hah? memepercepat gimana To’?”

Dito: “Ya kerjanya biar cepet Rud, kalau lama bukan ENTER namanya, tapi ENTAR…!!”

Rudi: “Hahahaha.. bisa aja loe. Boleh tanya lagi nggak? Aku kan udah masuk di internet, terus aku cari cari Facebook, kok nggak bisa terus yah? Kenapa kira-kira?

Dito: “Di depanya kata “Facebook” sudah di ketik “www” belum?”

Rudi: “Belum To. Emangnya musti ditulis ya?”Dito : “Ya iya dong!”

Rudi: “Emang apaan sih “www” itu??

Dito: “Ehmm…kasih tau ga yaaaa..? Ya pokoknya kalau mau masuk website ya harus ketik “www” dulu. Kalau ga salah, itu singkatan dari Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh”

Rudi: “Oooo gitu ya, To’?! Jadi harus salam dulu ternyata. Keren yah!”

Itulah gunanya sahabat. Seneng ya bareng, bodoh ya bareng juga. Mau jawabannya bener atau salah, penting kan si Dito udah beriktikad baik menjawab. Kalau bukan teman yang baik, dia pasti milih pura-pura pingsan biar nggak harus mikir keras.

Update Status Dulu

Suka bingung dengan kids zaman now, mau sholat aja update status dulu.

“3 rakaat dulu”

“Ngaji dulu”

Emangnya malaikat Izrail akan komen “Sippp, gan”.

3 dari 6 halaman

Nemuin Dompet

Sepulang sekolah, Mukidi menemukan dompet di jalan menuju rumahnya. Dikarenakan Mukidi adalah anak yang jujur, dompet tersebut diantarkan ke alamat pemiliknya yang diketahui dari KTP yang berada dalam dompet. Ternyata dompet tersebut adalah milik Pak Haji Sobirin, tetangga sebelah rumahnya.

Mukidi: “Pak Haji, ini dompet bapak bukan?” tanya Mukidi sambil menunjukan dompet yang baru ditemuinya.

Pak Haji Sobirin:“Betul, itu dompet saya yang hilang. Saya cari di mana mana tidak ketemu. Kamu nemuinnya di mana?”

Mukidi: “Itu di bawah pohon mangga, depan rumah Pak Hakim.”

Setelah diterima dengan wajah gembira, dompet itu dibuka oleh Pak Haji Sobirin. Tidak ada yang hilang dan uangnya masih utuh 100.000. Namun entah kenapa wajah Pak Haji terlihat bingung.

Pak Haji Sobirin: “Tidak ada yang hilang, tapi….?

Mukidi: “Tapi kenapa, Pak Haji?”

Pak Haji Sobirin: “Tadinya uang saya itu 100.000 satu lembar.Kok sekarang jadi 10.000 sepuluh lembar?”

Mukidi: “Oh itu…Tadi sebelum ke sini saya tukarkan di warung gado-gado Bi Ijah sama recehan. Soalnya kemarin saya juga nemuin dompet di jalan. Pas saya antar ke yang punya, saya nggak dapet persenan. Alasannya karena tidak ada uang receh. Jadi…”

Gara gara takut enggak dikasih bonus karena enggak ada receh, eh dia inisiatif nukerin sendiri uang di dompet itu.

Satu Pesawat

Tadi di pesawat disapa bapak-bapak yang duduk di samping:

“Mau ke mana, dek?”

“Surabaya, pak”

“Wah, sama ya”

Lahh, iya kan kita satu pesawat, pak.

4 dari 6 halaman

Hari Pertama Sekolah

Hari pertama sekolah, Ucok terlambat, dan ditegur guru:

Guru: Kenapa kau terlambat. Ucok?

Ucok: Maaf, pak. Mamak sama bapakku tadi berkelahi.

Guru: Jadi kau tunggu sampai mereka selesai berkelahi?

Ucok: Aku nunggu sepatuku, Pak. Karena satu dipegang mamakku, yang satu dipegang bapakku”

Ditilang Polisi

Polisi: “SIM kamu mana?”

Cewe: “Hilang pak”

Polisi: “Hilang kemana?”

Cewe: “Nggak tau, pak. Sekarang suka ngilang-ngilang gak ada kabar. Mungkin udah bosan. Hiks hiks”

Cuci Motor

Tadi mau cuci motor. Di depan ada tulisan 24 jamSi abangnya nyamperin “neng nyuci?”

Aku bilang “Enggak bang. Di sini nyucinya kelamaan sampe 24 jam. Biasanya juga 1 jam. Kelamaan nunggu kalau gitu”

Cowok Idaman

Cewek: Mas kerja dimana?

Cowok: Saya cuma usaha beberapa hotel bintang 4 dan 5 di Jakarta dan Bali.

Cewek: (WAW…Konglomerat pasti!). Mas tinggal dimana?

Cowok: Pondok Indah Bukit Golf.

Cewek: (WAW kereen. Rumah orang-orang “The Haves”). Pasti gede rumahnya yah?

Cowok: Ngga ah. Biasa aja kok. Cuma 3 Hektar.

Cewek: (Busett!) Pasti mobilnya banyak yah?Cowok: Sedikit kok. Cuma ada Ferrari, Jaguar, Mercedes, BMW, Mazda.

Cewek: (Wah cowok idaman gue nihh!!) Mas uda punya istri?

Cowok: Hmm, sampai saat ini belum tuh. Hehe.

Cewek: (Enak juga nih kalu gue bisa jadi bininya) Mas merokok?

Cowok: Tidak. Rokok itu tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

Cewek: (Wah sehat nihh!) Mas suka minum-minuman keras?

Cowok: Tidak dong.

Cewek: (Gilee, Cool abissss!!) Mas suka maen judi??

Cowok: Nggak, ngapain juga judi? Ngabisin duit aja.

Cewek: (Ooohhh, So sweett) Mas suka dugem gitu nggak?

Cowok: Tidak tidak.

Cewek: (Iihh, sholeh banget nih cowok!) Mas udah naik haji?

Cowok: Yah, baru 3x dan umroh paling 6x.

Cewek: (Subhanallah, calon surgawi) Hobinya apa sih mas?

Cowok: BOHONGIN ORANG DAN KORUPSI HAHAHAHAHAHA.

5 dari 6 halaman

Cerita dari Manado

Sari: (ketakutan) Mak, mana Bapak?

Ibu: keluar kota, kenapa kau?!!

Sari: (dengan nada pelan) maaf ya, Mak. Kayaknya aku hamil, deh.

Ibu: (kaget). Apa?!! Apa kau bilang?!!

Sari: (gemetaran). Aku hamil, Mak.

Ibu: (marah-marah sambil geleng-geleng kepala) Hamil?!!!

Sari: Iya, hamil!!

Ibu : Aaaahh, gak mungkin! Kau bercanda sajalah! Pigi kau istirahat.

Sari: Tapi akhir-akhir ini, aku sering muntah-muntah, Mak.

Ibu: (rada cuek) Aaaahh. Palingan cuma masuk angin aja kau tuh. Pigi kau beli minyak angin sana. Nanti juga sembuh.

Sari: (tersedu-sedu) Hikss, hikss. Tapi kenapa pula sekarang aku suka makan yg asem-asem ya, Mak?!!

Ibu : (dengan kesal sambil teriak) Berhentilah kau mengkhayal SARIPUDIN!!! Mamak tempeleng kau nanti yaaa?!! Laki-laki mana pula bisa melahirkan!!!

6 dari 6 halaman

Tragedi Kacang Mede

Bu Dedeh sebagai penduduk baru di komplek rumahnya, datang ke rumah tetangga sebelahnya yang dihuni oleh satu orang nenek-nenek.

Ibu Dedeh : “Permisi nek. Perkenalkan, nama saya Bu Dedeh. Saya penghuni baru rumah yang paling ujung itu.”Nenek : “Oh, tetangga baru ya! Mari…mari…masuk. Silakan duduk dulu.”Ibu Dedeh : “Aduh enggak usah nek, cuman sebentar kok. Niatnya cuma mau mampir sebentar buat silaturahmi, malah jadi ngrepotin.”

Nenek: “Nggak apa-apa. Masuk aja!”

Di meja ruang tamu si nenek terdapat banyak sekali makanan kecil. Di tengah-tengah obrolan, Bu Dedeh sangat ingin mencicipi kacang mede yang ada di hadapannya.

Ibu Omas: “Wah, kacang medenya kayaknya enak nih, nek. Boleh saya cicipi, ya?”

Nenek: “Oh, iya…iya..boleh. Silahkan!”

Awalnya hanya beberapa buah kacang mede, Bu Dedeh sampai habis satu toples saking enaknya rasa dari kacang mede tersebut,

Ibu Dedeh: “Waduh, maaf nek. Kacang medenya sampai habis nih saya makan.”

Nenek: “Oh, nggak apa-apa Bu. Nenek juga nggak bisa makan. Maklum gigi nenek udah nggak kuat.

Jadi ceritanya nenek kan sering dikirimin sama cucu nenek coklat Metal Queen, tapi nenek cuma bisa jilatin coklatnya aja. Daripada kacang medenya kebuang, ya nenek kumpulin aja semua ke dalam toples itu. Kalau abis ya malah syukur, enggak kebuang.”

Bu Dedeh: %$^$

Nah, itu tadi kumpulan cerita lucu untuk menceriakan harimu.


Reporter: Nisa Mutia sari

Tujuan Pendidikan Nasional untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Apakah Sudah Tercapai?

Liputan6.com, Jakarta Pernah terbayang tidak dalam benakmu, bagaimana jadinya bila orang-orang hidup tanpa pendidikan? Kira-kira akan seperti apa ya? Mungkin kamu belum tentu bisa membaca tulisan ini, belum paham bagaimana cara menggunakan smartphone dan lain-lain. Bersyukur lah kamu yang merasakan pendidikan sejak kecil.

Pendidikan memang menjadi bagian yang vital dalam kehidupan. Walaupun faktanya, memang tidak semua orang yang berpendidikan itu sukses dalam perjalanan hidupnya. Akan tetapi, jika dilakukan sebuah perbandingan maka orang yang berpendidikan jauh lebih banyak yang bisa mengecap kesuksesan daripada yang tidak berpendidikan. Oleh karena itu, pendidikan bisa menjadi salah satu jembatan untuk mencapai kesuksesan.

Menurut J.J. Rousseau “Pendidikan merupakan memberikan kita pembekalan yang tidak ada pada masa kanakkanak, akan tetapi kita membutuhkanya pada masa dewasa.”

Menurut H. Fuad Ihsan makna pendidikan sebagai “Usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaanbaik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada didalam masyarakat dan kebudayaan.”

2 dari 4 halaman

Pentingnya Pendidikan Nasional

Pendidikan Nasional Menurut Undang-undang No.20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 2 adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila danUndang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Di Negara Indonesia, pendidikan nasional dilaksanakaan sejak Sekolah Dasar hingga jenjang Perguruan Tinggi. Salah satu program yang dijalankan oleh pemerintah dalam mendukung program pendidikan nasional ini adalah wajib belajar 12 tahun, yang mana pendidikan dimulai dari jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan menengah atas. Hal tersebut dilakukan tak lain agar seluruh generasi penerus bangsa dapat menenerima dan mengikuti pendidikan yang layak, sesuai dengan tujuan penidikan nasional yang ada.

Setelah mengetahui arti pendidikan serta pendidikan nasional di Indonesia, maka penting untuk mengetahui tujuan pendidikan nasional. Dengan mengetahui tujuan pendidikan nasional, kamu bisa mengetahui apakah tujuan dari pendidikan nasional sudah tercapai? Penting bagi semua orang untuk mengetahui tujuan pendidikan nasional, sebagai proses evaluasi untuk sistem pendidikan nasional di Indonesia.

Berikut ini Liputan6.com rangkum secara garis besar tujuan pendidikan nasional dari berbagai sumber, Minggu (20/1/2019).

3 dari 4 halaman

Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan pendidikan nasional menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional RI No. 20 Tahun 2003 adalah sebagai berikut:

Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Berikut ini uraian 5 tujuan pendidikan nasional yang menjadi acuan utama dalam memajukan pendidikan:

1. Manusia Yang Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Pendidikan nasional harus mengedepankan pendidikan agama, dengan kualitas pendidikan agama yang baik maka hubungan manusia dengan Tuhan-Nya dan sesama manusia juga akan membaik. Jika tujuan ini tercapai maka suatu bangsa akan memiliki calon penerus dengan sumber daya manusia yang baik.

2. Berakhlak Mulia

Tujuan pendidikan yang kedua ini harus diterapkan pada pendidikan pada level terendah sampai tertinggi. dengan adanya akhlak mulia kehidupan dalam berbangsa dan bernegara menjadi lebih baik. Berakhlak mulia sama halnya dengan sikap yang memiliki positif, saling membantu sesama manusia, jujur dan lain sebagainya.

3. Cakap

Tujuan pendidikan ini penting sebagai tolak ukur kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Cakap menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sanggup dalam melakukan sesuatu. Cakap dalam tulis menulis artinya, kamu mampu untuk segala hal tentang tulis menulis.

4 dari 4 halaman

Membentuk insan yang kreatif, mandiri serta bertangung jawab

4. Kreatif

Sudah tidak dapat dipungkiri, bahwa kreatifitas memang menjadi bagian penting saat ini. Tentunya dengan kreatifitas maka akan ada penemuan atau terobosan-terobosan baru. Dengan adanya kreatifitas diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan solusi untuk berbagai masalah yang ada pada bangsa.

Kreativitas dapat diterapkan dalam lingkungan pendidikan, misalnya dengan pembelajaran yang menarik, diskusi kelompok maupun presentasi.

5. Mandiri

Pada Tujuan Pendidikan ini diharapkan peserta didik mampu melakukan segala sesuatunya tanpa bantuan orang lain, sehingga nantinya jika dalam keadaan terdesak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.

6. Menjadi Warga Negara yang Demokratis serta Bertanggung Jawab

Sebagai bentuk negara yang demokratis, maka tujuan pendidikan nasional ialah menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Artinya terciptanya kehidupan demokratis yang sesuai dengan prinsip dasar demokratis.

Tujuan pendidikan ini dalam bentuk pembelajaran seperti proses diskusi dimana siswa berani mengeluarkan pendapat, menerima pendapat dan lain-lain.

Nah, uraian diatas ialah tujuan pendidikan nasional. Menurut kamu apakah sudah tercapai tujuan pendidikan nasional di Indonesia?


Reporter: Tyas Titi Kinapti

Bisa Dicontoh, Ini 4 Rutinitas Pagi Orang Paling Sukses dalam Sejarah

Liputan6.com, Jakarta – Sebagian besar orang memiliki “panutan” dalam hidupnya. Entah itu seniman ulung, pemikir handal, hingga pemimpin hebat, umumnya memiliki rutinitas khas yang mereka lakukan setiap harinya.

Mungkin, aktivitas itulah yang mengantarkan mereka menjadi sosok yang sukses dan tangguh. Namun, apakah jika kita mengikuti jejak mereka, kita bisa mencapai hasil yang serupa?

Dalam mencari jawaban tersebut, kita sering terpaku pada rutinitas pagi hari dari orang-orang sukses dalam sejarah. Kebiasaan di pagi hari ini dan latihan lain, mungkin hanya satu sisi kecil dari kejeniusan mereka.

Tetapi, cara mereka dalam memulai hari, adalah sesuatu yang sangat penting untuk membentuk proses kreatif pribadi. Berikut adalah 4 rutinitas pagi sederhana dari beberapa orang sukses di dunia, yang bisa kita coba mulai sekarang.



Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 5 halaman

1. Membuat Resolusi Setiap Pagi

Benjamin Franklin, Bapak Pendiri Amerika Serikat, dengan ketat berpegang pada 13 kebajikan yang ia tuangkan untuk dirinya sendiri, termasuk teratur, hemat, dan adil.

Dia juga mengikuti rutinitas harian dengan ketelitian dan disiplin yang sama. Setiap pagi, dia bangun jam 05.00 dan bertanya pada dirinya sendiri, “Apa yang harus saya lakukan hari ini?”

Dalam otobiografinya, dia menjabarkan jadwal paginya seperti: “Bangun tidur, cuci muka, berbuat hal baik, melakukan bisnis kecil dan sarapan.

“Begitu dia memiliki rencana dan perutnya sudah kenyang, dia mulai bekerja melakukan sesuatu yang khas ala Benjamin Franklin, seperti menciptakan kursi goyang atau membantu sesama dalam hal lain,” menurut cataan otobiografinya.

3 dari 5 halaman

2. Bekerja dari Kasur

Mungkin ini terdengar kontraproduktif. Tetapi, beberapa pemikir terhebat dalam sejarah berhasil menerapkan metode ini, maka mungkin rutinitas ini ada manfaatnya.

Salah satu orang sukses yang gemar bekerja dari tempat tidur adalah penulis Prancis, Voltaire. Dia menulis lebih dari 50 sandiwara dalam masa hidupnya, termasuk Candide (1759) –sebagian besar ide isi buku didapatkan ketika ia menulis dari tempat tidurnya.

Namun, kemalasan bukanlah sifatnya. Dia sering menghabiskan 18 jam dari hari kerja, dengan diselingi bercangkir-cangkir kopi yang dia minum. Kadang bisa 40 hingga 50 gelas dalam sehari.

Sama halnya dengan penyair wanita asal Inggris, Edith Sitwell. Ia pernah berkata, “Semua wanita harus memiliki satu hari dalam seminggu untuk menghabiskan waktu di tempat tidur.”

Begitu pula mantan Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill. Setiap pagi, ia menghabiskan berjam-jam waktunya di tempat tidur, di mana ia sarapan, merokok, membaca koran, dan bekerja atau mendikte sekretaris pribadinya.

4 dari 5 halaman

3. Perlakukan Diri Sendiri dengan Baik

Jika Anda ingin memulai hari dengan tepat, lakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia, sesuatu yang mampu meningkatkan kepercayaan diri Anda, atau membantu Anda rileks. Jangan ditunda atau mencoba menundanya.

Sigmund Freud, ahli saraf Austria dan pendiri psikoanalisis terkenal, punya tukang cukur andalan yang datang ke rumahnya untuk memotong janggutnya setiap hari.

Lain halnya dengan Napoleon Bonaparte dan Wolfgang Amadeus Mozart.

Napoleon sering menuangkan air lavender ke tubuhnya saat mandi dan keramas, sedangkan Mozart menghabiskan satu jam ketika berdandan.

Tentu saja, kebiasaan merawat diri bukan satu-satunya cara untuk memulai hari Anda dengan sikap positif, seperti yang ditulis oleh Adam Toren, salah satu pendiri YoungEntrepreneur.com.

Kita juga bisa mendengarkan podcast (file audio digital yang tersedia di internet untuk diunduh ke komputer atau pemutar media portabel) sembari jogging, atau menyeruput secangkir kopi sambil menikmati hujan di beranda rumah.

5 dari 5 halaman

4. Jalan Kaki

Charles Darwin biasanya memulai harinya dengan berjalan-jalan di jalan berkerikil di dekat rumahnya di Kent, Inggris. Selama berjalan kaki, ia selalu merenungkan pertanyaan-pertanyaan ilmiah.

Seringkali, ia mengajak serta anjing ras Fox Terrier peliharaannya.

Menurutnya, jalan kaki dapat merangsang motorik dan sensorik otak. Oleh karena itu, rutinitas ini cenderung memunculkan ide-ide baru di kepala Darwin.

“Namun, jalan kaki tidak memiliki peran atas teori evolusi Darwin. Tetapi, berjalan kaki merupakan bagian dari kerja kognitifnya dan masih berlaku bagi banyak orang saat ini,” tulis Damon Young dalam Psychology Today.

Georgia O’Keeffe, seniman Amerika Serikat, memiliki kebiasaan yang sama. Dia bangun pada subuh, ketika fajar belum terlihat, untuk menikmati secangkir teh hangat di ranjangnya.

Kemudian, dia akan keluar rumah untuk berjalan-jalan di sekitar lingkungan tempat tinggalnya, di New Mexico. Konon, dia selalu membawa tongkat saat berjalan-jalan yang berguna kapan saja atau untuk mengusir ular yang kerap dia temui sepanjang jalan tersebut.

Mana Simbol Paling Menarik? Pilihanmu Ungkap Kepribadian

Liputan6.com, Jakarta – Setiap orang memiliki pilihan sendiri terhadap sesuatu. Sepakat atau tidak, pilihan tersebut di bawah pengaruh alam bawah sadar yang justru menunjukkan seperti apa sosok seseorang.

Tak percaya? Coba cek tes kepribadian berikut ini yang dapat menunjukkan kamu orang yang seperti apa.

Caranya sangat mudah. Cukup pilih satu dari 6 simbol di atas. Berikut penjelasannya.

1. Si Ceria

Kamu menyukai cuaca yang hangat dan sejuk. Kamu suka bepergian ke pantai dan tahu cara untuk bersantai dan tetap tenang jika dihadapkan dengan situasi yang kacau. Kepribadianmu yang hangat dan menyenangkan membuat orang-orang suka berada di sekitarmu.

2. Si Penyayang

Sosokmu terkenal sebagai seseorang yang perhatian, peduli, suka menolong, dan peka. Kamu adalah pribadi yang menyukai hidup sehat, aktivitas di luar seperti mendaki gunung, kemping, dan lainnya. Kamu juga suka bersantai sambil membaca buku bacaan yang bagus.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

3. Si Tangguh

Kalem dan terkendali membuat sosokmu terlihat galak, tangguh, dan jauh dari kata manja. Seleramu soal gaya berpakaian cukup bagus. Bahkan, dalam mendesain rumah pun kamu lebih suka melakukannya sendiri. Di sisi lain, kamu lebih suka memiliki kucing sebagai hewan peliharaan karena sifat mereka yang kalem.

4. Si Menyenangkan

Sikapmu membuat suasana seru dan menyenangkan. Aksimu yang tak terduga dan penuh kejutan membuat orang-orang selalu menantikan kehadiranmu. Meski kamu dikenal sebagai sosok yang mudah berrteman, kamu terkadang merasa canggung saat berada di dekat orang baru.

3 dari 3 halaman

5. Si Rasional

Kamu memiliki sifat yang bijaksana dan rasional dalam berpikir. Sebagai pemikir yang logis, tak heran banyak orang mencarimu untuk dimintai nasihat. Meski kadang khawatir cara berpikirmu yang logis dianggap membosankan, nyatanya hal tersebut yang justru menjadi kelebihanmu. Kamu juga lebih menyukai anjing daripada kucing karena sifat mereka yang loyal.

6. Si Serius

Pemikiranmu mendalam, perasaanmu kuat dan tajam. Kamu amat tertarik dengan isu politik dan sosial. Memiliki pendirian yang kuat dan setia membuat kamu dekat dengan teman-temanmu. Mereka bahkan telah menganggapmu seperti keluarga sendiri.

Sumber: Fimela.com

10 Ancaman Kesehatan Dunia pada 2019 (1)

Liputan6.com, Jakarta Adanya ancaman kesehatan dunia menjadi pekerjaan bagi Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Berbagai penyakit masih ada di sekitar kita.

WHO sendiri merilis daftar ancaman kesehatan dunia, yang mendapatkan sorotan dari organisasi dunia tersebut. Berikut ini lima dari sepuluh daftar ancaman tersebut seperti dikutip dari laman resminya who.int pada Minggu (20/1/2019).

1. Polusi udara dan perubahan iklim

WHO menyatakan bahwa sembilan dari sepuluh orang di dunia menghirup udara tercemar setiap harinya. Di 2019, polusi udara dianggap sebagai ancaman terbesar bagi kesehatan.

“Polutan mikroskopis di udara dapat menembus sistem pernapasan dan peredaran darah, merusak paru-paru, jantung dan otak, membunuh 7 juta orang sebelum waktunya setiap tahun dari penyakit seperti kanker, stroke, jantung, dan penyakit paru-paru,” tulis WHO.

Pembakaran bahan bakar fosil menjadi penyebab utama polusi udara. Diperkirakan di 20130 hingga 20150, perubahan iklim akan menyebabkan 250 ribu kematian tambahan setiap tahunnya.

2 dari 6 halaman

2. Penyakit tidak menular

Diabetes, kanker, dan penyakit jantung secara kolektif bertanggung jawab atas lebih dari 70 persen dari seluruh kematian di dunia. WHO menyatakan bahwa angkanya hingga 41 juta orang. Termasuk 15 juta orang yang meninggal secara prematur berusia di antara 30 sampai 69 tahun.

“Lebih dari 85 persen kematian dini terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah,” ungkap WHO.

Ada lima faktor yang disorot sebagai penyebab kematian ini. Mereka adalah penggunaan tembakai, aktivitas fisik, penggunaan alkohol yang berbahaya, pola makan tidak sehat, dan polusi udara. Selain itu, faktor risiko yang memperburuk kesehatan mental juga menjadi penyebab bunuh diri yang merupakan penyebab kematian terbesar nomor dua di antara usia 15 hingga 19 tahun.

3 dari 6 halaman

3. Pandemi influenza global

“Dunia akan menghadapi pandemi influenza lainnya. Satu-satunya hal yang tidak kita ketahui adalah kapan akan terjadi dan seberapa parah,” ungkap WHO menuliskan.

Mereka mengatakan bahwa terus memantau peredaran virus influenza untuk mendeteksi potensi pandemi. 153 institusi di 114 negara juga terlibat dalam pengawasan global.

4 dari 6 halaman

4. Situasi yang rapuh dan rentan keadaan darurat

WHO menyatakan bahwa lebih dari 1,6 miliar orang di dunia berada di tempat dengan krisis yang terus-menerus berlanjut. Ini membuat layanan kesehatan yang lemah menyulitkan orang-orang untuk mengaksesnya.

“Situasi ini ada di hampir semua wilayah dunia dan di sinilah setengah dari target utama dalam tujuan pembangunan berkelanjutan, termasuk kesehatan anak dan ibu, tetap tidak terpenuhi,” tulis WHO.

5 dari 6 halaman

5. Resistensi antimikroba

Pengembangan antibiotik, antivirus, dan antimalaria menjadi keberhasilan terbesar kedokteran modern. Namun saat ini, kemampuan resistensi antimikroba menjadi ancaman untuk melawan obat-obatan semacam ini.

“Mengancam mengirim kita kembali ke masa ketika kita tidak dapat dengan mudah mengobati infeksi seperti pneumonia, tuberkulosis, gonore, dan salmonellosis,” kata WHO. Ketidakmampuan pencegahan infeksi serius ini bisa membahayakan untuk operasi dan prosedur seperti kemoterapi.

“Resistensi obat didorong oleh penggunaan antimikorba yang berlebihan pada manusia, tetapi juga pada hewan, terutama yang digunakan untuk produksi makanan serta di lingkungan,” tambah mereka.

6 dari 6 halaman

Simak juga video menarik berikut ini: