6 Aktivitas Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Sehat

3. Lebih banyak bergerak

Jika Anda tidak punya waktu berolahraga atau ke gym, tetaplah untuk terus bergerak. Personal trainer Alex Silver-Fagan mengatakan, tubuh yang bergerak akan terus bergerak.

“Ketika Anda berusaha untuk tetap pada rutinitas yang lebih sehat, hal-hal kecil yang ditambahkan membuat Anda tetap pada jalurnya. Bahkan jika tidak bisa melakukan latihan penuh di siang hari, jalan-jalan, naik tangga, serta melakukan sedikit gerakan secara konsisten akan membuat Anda di jalur itu,” katanya.

4. Luangkan waktu 30 detik merasakan napas

Merasakan napas merupakan salah satu cara sederhana untuk hidup lebih sehat. Dengan ini, Anda bisa mengelola stres dan menjaga sistem kekebalan tubuh, pencernaan, serta tidur lebih baik.

“Ambil napas dalam-dalam, hitung sampai lima dan tahan di puncak tarikan, hitung lagi sampai lima dan tahan di puncak hembusan napas,” kata pakar yoga Bethany Lyons.

“Untuk membuat perubahan yang lebih besar pada kondisi pikiran atau suasana hati, bayangkan pernapasan dengan apa pun yang Anda ingin ciptakan saat ini dan visualisasikan saat melepaskan semua perasaan dan pikiran yang tidak baik,” kata Lyons menambahkan.

Ini Dia Cara Sehat Mengatur Keuangan

Tercatat sejak beberapa tahun lalu, bahwa kaum milenial itu banyak yang menggunakan kartu kredit serta KTA.

Fungsi KTA serta kartu kredit hampir sama. Bedanya, KTA itu dalam bentuk tunai atau cash. Sedangkan limit di kartu kredit perlu penebusan bunga untuk mencairkan sebagiannya. Baik KTA maupun kartu kredit memiliki sistem tagihan sendiri-sendiri yang harus ditunaikan tepat waktu. Sebab, pinjaman yang mengalami tunggakan bisa membuat keuangan kamu jadi sakit.

Selain tanggungan membengkak, skor kredit kamu juga bisa memburuk. Alhasil, anggaran yang selama ini dikelola bisa berantakan dan kesempatan untuk pinjam lagi pun hilang.

7. Lakukan Investasi

Orang dulu, menabung itu di bank. Orang sekarang, menabung bisa diperusahaan lain dengan jalan investasi untuk mendapatkan passive income secara berkelanjutan.

Adapun jenis investasinya meliputi pembelian reksa dana, logam mulia, atau saham. Return hasil investasi bisa kamu gunakan di masa depan. Untuk berhasil mengatur keuangan secara berkesinambungan, tentu membutuhkan komitmen yang tinggi. Keuangan yang sehat tidak bisa diproses secara instan. Perlu adanya mindset positif yang terus ditanamkan setiap harinya.

Inilah yang rata-rata tidak dilalui oleh mereka yang kondisi keuangannya semakin memburuk dari hari ke hari.

Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan, Minum Teh atau Kopi?

JakartaTeh dan kopi jadi minuman yang sering dinikmati banyak orang saat sarapan. Ada yang menambah dengan susu, gula dan madu. Mana yang lebih sehat?

Beberapa orang lainnya juga memilih untuk sarapan dengan espresso agar lebih bersemangat. Yang lainnya juga memilih campurkan kopi dengan susu. Keduanya sama-sama dipilih agar lebih bersemangat memulai aktifitas.

Manakah yang lebih sehat, minum kopi atau teh di pagi hari? Sama-sama mengandung kafein. Kafein dianggap buruk bagi kesehatan jika setiap hari dikonsumsi secara berlebihan. Terlalu banyak konsumsi kafein bisa menyebabkan sejumlah masalah seperti mudah gugup, cemas, mudah marah, sakit perut dan detak jantung yang tidak teratur. Karena itu sebagian besar ahli kesehatan menyarankan untuk menghindari kafein berlebih.

Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan, Teh atau Kopi?Foto: iStock

Food and Drug Administration AS atau FDS telah menetapkan batas konsumsi kafein yang aman yaitu 400 mg. Jumlah ini sama dengan empat hingga lima cangkir kopi kecil.

Baca juga: Teh hingga Kopi, Mana yang Lebih Sehat Untuk Sarapan?

Dikutip dalam NDTV (16/03) Umumnya konsumsi kopi hitam lebih banyak kafeinnya daripada teh hitam. Teh hitam mengandung sekitar 55 mg kafein dalam setiap porsi (sekitar 236 ml). Sedangkan kopi mengandung hampir dua kali lipat dari jumlah itu. Jadi, jika Anda tidak bisa mengonsumsi kafein atau memiliki masalah lambung,sebaiknya pilih teh hitam daripada kopi hitam.

Kopi hitam tanpa gula dikatakan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, membantu pengelolaan berat badan dengan meningkatkan metabolisme serta tingkatkan energi hingga mengurangi risiko alzheimer dan demensia.

Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan, Teh atau Kopi?Foto: Thinkstock

Kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme jauh lebih baik daripada teh hitam. Tentu Anda juga tahu bahwa teh banyak jenisnya, termasuk teh hijau, hitam, putih dan oolong. Tergantung pada teh berkafein mana yang Anda sukai.

Teh juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Seperti contohnya teh hitam yang dikatakan mengurangi tekanan darah, menjaga gula darah tetap terkendali dan bahkan mengurangi risiko stroke. Bahkan teh juga kaya akan antioksidan yang melindungi fungsi jantung dan melawan peradangan di tubuh.

Jadi intinya, tergantung manfaat apa yang ingin Anda ambil dari minuman berkafein. Jika ingin memberi energi pada tubuh dengan cepat di pagi hari, kopi dapat membantu Anda lebih baik daripada teh.

Tetapi jika Anda membutuhkan tubuh yang rileks, maka pilihlah teh hitam. Teh juga lebih baik daripada kopi untuk mereka yang cenderung sering cemas jika dikonsumsi tanpa susu dan gula. Untuk antioksidan yang lebih banyak, pilih teh hijau dan teh putih. Sedangkan teh herbal adalah pilihan sarapan bebas kafein.

Baca juga: Suka Teh Atau Kopi? Faktor Genetik Ternyata Jadi Penentunya (lus/lus)

Awet Muda dengan Otak yang Sehat Lewat 7 Cara Ini

JakartaOtak yang sehat berarti tubuh yang kuat. Manfaatnya bisa terasa hingga usia tua, terhindar dari risiko stroke ataupun penyakit degeneratif otak seperti demensia atau Alzheimer’s.

“Tak pernah kelewat telat untuk meningkatkan kesehatan otak,” tegas Lainey Younkin, MS, RD, LDN, ahli gizi terdaftar dan pendiri Lainey Younkin Nutrition, dikutip dari Health Line.

Agar tetap selalu ‘awet muda’, cobalah 7 cara berikut ini untuk meningkatkan kesehatan fisik sekaligus kesehatan otak dan kemampuan kognitifmu:


1. Perbanyak gerak

Coba untuk menargetkan 150 menit atau lebih latihan aerobik tiap minggunya. Ada satu studi yang mengungkapkan bahwa orang dewasa yang tidak aktif atau melakukan gaya hidup sedenter yang mencoba kebiasaan baru dengan rutin berjalan selama setahun menunjukkan peningkatan signifikan pada performa ingatan yang juga terkait dengan perkembangan area-area memori di otak.

2. Bangun otot

Latihan aerobik dibarengi dengan latihan kekuatan setidaknya dua kali per minggu telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan sekaligus meningkatkan kesehatan otak.

3. Makan makanan yang baik untuk otak

“Memakan makanan yang menguatkan otak seperti bluberi, kacang-kacangan dan ikan berlemak, memotong makanan beku, makanan restoran, daging dan keju, yang menjadi sumber sodium tertinggi yang bisa menaikkan tekanan darah,” kata Younkin. Ia menyarankan untuk makan dengan separuh piringmu berisi sayuran tak bertepung (kentang), dan seperempat piringmu berisi gandum atau beras-berasan utuh. Peningkatan serat dan pengurangan karbohidrat ‘kosong’ akan membantumu untuk menjaga bobot yang sehat dan menjaga kadar gula darahmu lebih stabil.

4. Lebih awas

Rasa cemas dan stres tak hanya membebani kesehatan mentalmu, tapi juga kesehatan otak dan badan. Rutin bermeditasi atau melatih mindfulness atau kewaspadaan bisa membantu menurunkan risiko kesehatan vaskuler yang memburuk

5. Tidur nyenyak

Tidur yang tidak nyenyak atau kurang terkait dengan kesehatan yang memburuk dan menjadi faktor risiko penyakit vaskuler, termasuk tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan. otak kita membutuhkan waktu untuk ‘tidur’ juga agar membantu menjernihkan neuron dan sinapsis serta memproduksi ingatan. Saat tidur kita tidak berkualitas, kesehatan otak dan fisik kita secara signifikan akan terkena dampaknya.

6. Tentu saja, gunakan otakmu!

Menjaga tetap aktif secara kognitif melalui kegiatan sosial, seperti mendatangi klub buku atau mengikuti kelas masak, dapat memperlambat perkembangan kehilangan memori dan kaitan depresi dengan penuaan. Kamu bisa melakukan apapun yang kamu suka, atau sesimpel bermain permainan yang mengasah otak, seperti sudoku, puzzle, teka-teki silang, atau kamu juga bisa mencoba menjawab pertanyaan Asah Otak di detikHealth!

7. Pantau tekanan darah

Pantau dan periksa tekanan darah secara rutin atau setidaknya tiap enam bulan sekali. Perhatikan apabila ada peningkatan atau perubahan signifikan. Sebuah studi mengindikasikan soal panduan tekanan darah tinggi atau hipertensi pada tahun 2017 yang menyatakan bahwa tekanan darah tinggi kini didefinisikan sebagai tekanan darah yang lebih tinggi dari 130/90. Panduan baru ini diharapkan bisa membantu kita mengenali orang-orang yang berusia muda yang berisiko tekanan darah tinggi seumur hidup.

(frp/up)

5 Sarapan Sehat untuk Mengecilkan Perut Agar Cepat Sixpacks

Jakarta – Bingung! ‘Kalau sarapan nanti perut tambah buncit, kalau nggak sarapan nanti lapar.’ Ada yang kayak gini karena perutnya buncit?

Jangan galau dan malah memilih untuk tidak sarapan. Ingat, sarapan itu penting untuk mendapatkan energi yang digunakan seharian penuh. Ada beberapa makanan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk sarapan juga membantu mengecilkan perut.

Dikutip dari Health, ini lima makanan untuk sarapan biar perut rata.

1. Mentimun

Berkat kandungan quercetin antioksidan flavonoid di dalam mentimun, bisa membantu mengurangi kebuncitan perut, plus kadar air yang cukup tinggi hinga 96 persen bisa membantu hidrasi tubuh.

2. Pisang

Nah cocok banget nih pisang dijadikan sarapan. Kandungan karbohidrat sehatya dapat dicerna tubuh secara perlahan yang membuatmu kenyang lebih lama. Pati resisten juga mendorong hati untuk beralih ke mode pembakaran lemak sehingga meningkatkan metabolisme.

Pisang pun dapat membantu mencegah retensi air di dalam tubuh dengan mengatur kadar natrium dan mengurangi risiko kembung.

3. Pepaya

Buah dengan kandungan vitamin A, C, E yang cukup tinggi ini membantu sistem pencernaan untuk memecah makanan yang sulit dicerna. Pepaya juga dapat mencegah terjadinya peradangan dan perut kembung.

4. Gandum

Nggak usah takut gendut untuk mengonsumsi gandum. Karbohidrat pada gandum dapat membantumu tetap langsing. Gandum membantu meningkatkan pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

Sebuah penelitian menemukan wanita yang secara teratur mengonsumsi biji-bijian memiliki risiko lebih rendahh 49 persen mengalami kenaikan berat badan.

5. Asparagus

Asparagus mengandung antioksidan tinggi dan juga membantu perut tetap langsing. Asparagus merupakan sumber serat yang dapat membantu sistem penceranaan. Bukan hanya itu, asparagus dapat mengurangi rasa tidak nyaman dan kembung.

(wdw/up)

Bawa Botol Minuman, Sandiaga Uno Boyong Kebiasaan Hidup Sehat ke Panggung Debat Cawapres

Liputan6.com, Jakarta – Sandiaga Uno tampaknya memboyong gaya hidup sehat saat tampil ke panggung Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu malam (17/3/2019). Begitu namanya dipanggil, Sandiaga yang memakai setelan jas deep blue, terlihat menenteng botol minum.

Tak lama, ia meletakkan botol minum warna hijau muda itu di meja. Bukan kali ini saja Sandiaga Uno tampak membawa botol minum. Saat dirinya dan Prabowo menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, ia juga tampak membawa barang tersebut.

Kebiasaan itu juga ia lakukan saat berolahraga, selaras dengan gaya hidup sehat Sandiaga yang selalu membawa dan mengonsumsi infused water. Ada banyak manfaat kesehatan dari air infus yang dibawa Sandiaga.

Melansir dari pvamu.edu, Minggu (17/3/2019), infused water sangat cocok menghalau rasa haus. Ramuan ‘air ajaib’ tersebut sangat cocok mempertahankan kekebalan tubuh, mencegah mulas, regulasi gula darah, dan manajemen berat badan.

Air infus yang jadi favorit Sandiaga adalah berisi perasan lemon. Air tersebut dapat menenangkan sakit kepala dan merupakan penyegar nafas yang sangat baik. Ini juga menguntungkan sistem pencernaan, melindungi sistem kekebalan tubuh, dan mendukung pembakaran lemak.

Selain itu, air lemon telah dikenal memberikan manfaat kecantikan yang besar, mendukung tekstur dan penampilan kulit yang sehat serta mengatur tingkat pH, mendukung kesehatan ginjal yang baik, memberikan dosis vitamin C yang baik dan mendukung perang melawan kanker.

Debat Cawapres yang dimulai pukul 20.00 WIB ini berlangsung maksimal sekitar 96 menit. Saat melangsungkan debat botol minuman milik Sandiaga Uno terpampang di mejanya. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

Sandiaga Uno sampaikan visi misinya terkait tema Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Budaya pada Debat Ketiga Capres 2019.

Sejumlah Rumah Makan di Cirebon Disinyalir Belum Laik Sehat

Liputan6.com, Cirebon – Maraknya tempat makan maupun restoran menjadi penunjang terhadap peningkatan wisata di Cirebon, baik yang tradisional maupun modern.

Namun, produk makanan yang disajikan di tempat makan yang ada di Kota Cirebon tersebut disinyalir tidak menjamin kelayakan kesehatan.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Cirebon Sri Laelan Erwani mengatakan, pentingnya sertifikasi laik konsumsi agar penikmat kuliner di Cirebon percaya terhadap makanan-makanan yang disajikan restoran di Cirebon.

“Sertifikat itu dikeluarkan dinkes melalui berbagai tahapan dan pendampingan sebelumnya. Biasanya, penyaji makan memasang sertifikat yang kami keluarkan di dekat pintu masuk,” kata Sri Laelan.

Laelan mengatakan terus melakukan pendekatan persuasif menyadarkan masyarakat akan pentingnya sertifikat ketika makan di tempat makan.

Dia mengaku sudah berulang kali melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada pemilik rumah makan. Namun, tidak semua pemilik rumah makan tergerak untuk membuat sertifikat laik sehat.

“Kalau sudah kejadian seperti keracunan baru ke kami mengajukan sertifikat,” sebut Laelan.

Dia menyampaikan, dalam proses mengeluarkan sertifikat tersebut, Dinkes Kota Cirebon akan melakukan pembinaan. Petugas akan datang meninjau dapur rumah makan tersebut untuk melakukan pengecekan.

Mulai dari kandungan gizi, cara mengolah makanan, menyimpan, menyajikan, hingga kondisi kebersihan di dalam dapur dan sanitasi. Jika rumah makan tersebut tidak ada sertifikat laik sehat, maka ada risiko penularan penyakit seperti tipes hingga diare hingga penyakit menular lain melalui makanan dan lingkungan yang tidak sehat.

Hubungan Tidak Sehat? Refleksi dengan 4 Pertanyaan Ini

Jawaban dari pertanyaan ini bisa dibuktikan dengan perilakunya terhadap Anda. Jika pasangan tidak peduli terhadap keluhan atau rasa tidak bahagia dalam diri Anda, itulah tanda bahwa pasangan tidak mau berubah.

3. Bagaimana hubungan ini memengaruhi harga diri Anda?

Harga diri Anda bisa menurun dalam hubungan bila Anda mengalami masalah pribadi, seperti kehilangan pekerjaan. Namun, jika harga diri Anda merosot karena hubungan yang dijalani, itulah tanda Anda menjalani hubungan tidak sehat.

4. Bagaimana perasaan Anda saat di sekitar pasangan Anda?

Ini adalah pertanyaan umum yang harus dijawab. Bila Anda menyadari bahwa Anda sering membela pendapat Anda atau berdebat, ini adalah tanda hubungan Anda sudah tidak sehat.

Jika Anda sering bertanya apakah ada hal yang tidak sehat dalam hubungan ini, Anda mungkin sudah tahu jawabannya. Karena itu, penting untuk mendengarkan naluri Anda sehingga Anda bisa lepas dari hubungan tak sehat. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Hati-hati, mungkin kamu nggak sadar sedang terjebak dalam abusive relationship. Yuk, kenali tanda-tandanya lewat video ini

Walau Sehat, Kebanyakan Olahraga Turunkan Gairah Seks

Di sisi lain, latihan ketahanan dengan tingkat rendah hingga sedang tidak berdampak pada kesehatan seksual. Para peneliti mengatakan, jika Anda merpakan seorang atlet yang berfokus pada kekuatannya, Anda malah benar-benar terbebas dari libido rendah.

“Atlet yang terlatih kekuatannya bekerja sangat keras, tetapi sifat latihan mereka biasanya tidak menghasilkan volume dosis lathihan yang besar,” kata Hackney.

Maka dari itu, Anda tidak perlu takut melakukan lari 5K atau CrossFit. Namun, Anda melakukannya tiba-tiba atau berlebihan, ini bisa berpengaruh pada kehidupan seks.

Penelitian ini sendiri hanya melihat keterkaitan antara olahraga berlebihan dengan menurunnya libido pria. Mereka tidak mencari tahu bagaimana untuk meningkatkannya kembali.

“Kami berharap dokter akan sadar tentang perlunya menanyakan tentang apa yang dilakukan seorang pria saat olahraga, ketika mereka datang dengan pasangannya sambil mencari bantuan terkait masalah kesuburan,” kata Hackney.

“Olahraga itu luar biasa. Saya percaya bahwa olahraga adalah obat. Namun jika seseorang berolahraga, mereka perlu sadar ini tidak mencegahnya dari beberapa konsekuensi kesehatan negatif.”

Wapres Jusuf Kalla Singgung Milenial dan Bayi Sehat

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, terlihat diapit oleh pasangan suami-istri muda yang menghadiri seminar tumbuh kembang di salah satu hotel kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, pada Minggu, 11 Maret 2019.

Acara tersebut bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kemang Medical Care (KMC), Jakarta Selatan. Ada pun Direktur Utama dari rumah sakit tersebut, tak lain anak nomor tiga Jusuf Kalla, Musjwirah Kalla.

Saat membuka seminar itu, JK sedikit menyinggung soal generasi milenial. Menurut Jusuf Kalla, para milenial dikenal sebagai generasi yang kreatif. Akan tetapi, ada satu hal yang sering kali orang-orang lupa bahwa milenial pun melewati proses pertumbuhan. Dari bayi lanjut ke masa anak-anak, remaja, dan dewasa.

“Tentunya sejak bayi hingga remaja, kita mengharapkan selalu tumbuh cerdas, sehat, dan lincah,” kata JK.

“Maka salah satu visi KMC adalah bagaimana melahirkan bayi yang sehat agar kelak menjadi milenial-milenial yang berkualitas,” JK menekankan.

JK, melanjutkan, sejak awal berdiri KMC memiliki niat membantu melahirkan bayi yang sehat. Dan JK menyadari bahwa pondasi dari generasi yang baik dimulai dari generasi yang sehat.