Rahmad Darmawan: Tira Persikabo Seharusnya Menang atas Persebaya

Liputan6.com, Bandung – Pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan kecewa timnya banyak membuat peluang saat menghadapi Persebaya Surabaya pada laga terakhir Grup A Piala Presiden 2019, Selasa (12/3/2019). Menurut pria yang akrab disapa RD tersebut, Tira Persikabo seharusnya memenangkan laga tersebut.

Apa yang dikatakan Rahmad Darmawan sebenarnya bukan tanpa alasan. Sepanjang pertandingan, Tira Persikabo mendapatkan beberapa peluang yang mampu merepotkan dan mengancam lini pertahanan Persebaya.

Salah satu peluang emas yang gagal dimaksimalkan adalah hadiah tendangan penalti yang didapat Tira Persikabo pada menit ke-70. Loris Arnaud yang menjadi eksekutor gagal mencetak gol setelah tembakannya mampu ditepis kiper Persebaya kawalan Abdul Rohim.

“Patut disayangkan (adanya kegagalan mencetak gol dari tendangan penalti). Sebenarnya, kami punya kans besar untuk memenangi pertandingan ini. Mulai dari mendapatkan hadiah tendangan penalti dan juga ada peluang mutlak yang seharusnya bisa menjadi gol,” kata Rahmad Darmawan seusai pertandingan.

Sementara itu, Herwin Tri Saputra mengaku dirinya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memenangi pertandingan melawan Persebaya. Namun, hasil berkata lain dan Herwin menegaskan dia dan pemain lainnya siap berbenah agar bisa tampil maksimal di babak selanjutnya.

“Saya dan pemain lainnya sangat bersyukur dengan kemungkinan besar lolos ke babak selanjutnya. Kalau nanti benar lolos, saya dan pemain lainnya berjanji akan berusaha lebih baik lagi,” tegas Herwin.

Tambahan satu poin tak mengubah posisi Tira Persikabo di klasemen akhir Grup A Piala Presiden 2019. Mereka mengantongi total tujuh angka dari tiga pertandingan dan berpeluang besar lolos ke babak selanjutnya dengan tiket peringkat dua terbaik.

Highlights Piala Presiden 2019, Persebaya Vs Persib 3-2

Menko Darmin Minta PLN Segera Terapkan B20 di Seluruh Pembangkit

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berencana memanggil PT Freeport Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan TNI terkait penggunaan Biodiesel 20 persen (B20). Hal ini untuk mendorong penggunaan B20 tercapai 100 persen.

“Untuk menaikkan ke 100 persen, ya 1 persen itu tidak mudah tapi barangkali kami akan fokus untuk membicarakan satu penggunaan B20 di PLN, di TNI/Polri dan di Freeport. Karena dari dulu yang minta dispensasi beberapa di antaranya adalah mereka,” ujar Darmin di Kantornya, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Untuk PLN memang sebagian sudah menggunakan B20. Namun masih ada beberapa pembangkit yang belum memakai B20. Ke depan, Kementerian ESDM akan melakukan komunikasi dengan PLN mencari solusi penggunaan B20.

“Kalau PLN tidak semuanya beberapa pembangkitnya. Tapi kami akan bicarakan itu ke depan ini secara keseluruhan kami akan persilakan ESDM saja yang ngurusinya. Karena kerja ribetnya sudah selesai,” jelasnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, hingga kini realisasi penyaluran dan penggunaan B20 sudah mencapai 99 persen. Capaian tersebut menandakan kebijakan B20 berjalan dengan baik.

“Tapi ukuran dari kinerjanya 99 persen itu adalah realisasi dibandingkan dengan seharusnya berapa. Ya, 99 sudahlah itu saja indikatornya, lebih sederhana urusannya. Jadi itu berarti kami sudah boleh mengatakan, B20 sudah berjalan dengan baik,” tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Dalam 2 Bulan, Penyaluran B20 Capai 700 Ribu KL

Sebelumnya, Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan mengatakan penyaluran Biodiesel 20 persen (B20) pada Januari hingga Februari 2019 mencapai sekitar 700 ribu Kiloliter (Kl).

“700 ribu Kiloliter Januari hingga Februari,” ujar Paulus usai rapat koordinasi B20 di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Secara keseluruh angka penyaluran B20 ke seluruh wilayah Indonesia pada Januari-Februari telah mencapai 99 persen. Namun, masih ada daerah yang belum terjangkau seperti di Kalimantan. 


“Hanya daerah perbatasan yang memang susah dicapai, Kalimantan ada beberapa yang Pertamina beli dari Malaysia, dari kita sulit tapi kecil sekali. Persentasenya kurang lebih 99 persen ,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) FX Sutijastoto mengatakan, pihaknya telah melapor kepada Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution terkait penyaluran B20.

“Ya pokoknya B20 sukses. Intinya 99 persen dari target B20 penyalurannya. Makanya Pak Menko apresiasi,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan surat sebagai media komunikasi kini sudah semakin jarang digunakan oleh masyarakat. Tak jarang anak-anak zaman sekarang atau mungkin para orang tua muda sekarang ini tidak tahu cara menulis surat yang benar

Walaupun jaman telah berkembang dan kebanyakan orang meninggalkan surat, tapi surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga sekarang.

Surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga saat ini karena dianggap lebih sopan, formal dan dapat dipertanggungjawabkan. Memang terkadang kamu membutuhkan cara membuat surat izin untuk memberi tahu kepada pihak sekolah bahwa kondisi kamu yang tidak memungkinkan untuk masuk.

Seperti dimana saat kamu sakit atau berhalangan hadir karena ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Berikut cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah ini sangat gampang, asalkan kamu tahu unsur-unsur apa saja yang seharusnya harus di persiapkan dan diperhatikan dalam membuat surat izin.

1.  Tujuan pengiriman surat

Tujuan yang di maksud adalah di mana surat ini berisi sebuah informasi ke siapa surat ini di tunjukan. Apakah ke kepala sekolah, pimpinan perusahaan, kepada wali kelas atau yang lainnya. Catatan, kalau kamu sudah memakai kata “Kepada” maka kamu tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya.

2.  Alasan Izin

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah, unsur ini sangat penting dalam surat izin. Karena unsur ini yang menentukan apakah surat yang kamu buat dapat di terima atau tidak. Kamu harus menulis alasan yang benar-benar logis.

3.  Tanggal dan tempat pembuatan surat

4.  Alamat tujuan

5.  Salam pembuka

6.  Kalimat pembuka surat

7.  Isi dalam surat

8.  Salam penutup surat

9.  Nama pengirim surat

Walaupun surat izin biasanya di tulis dan dibuat oleh pribadi, Namun surat izin bisa di katakan surat yang resmi. Oleh karena itu dalam menulis surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan baku. Inilah bagian-bagian yang harus kamu ketahui dalam membuat surat izin.

3 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dari Orang Tua

Yogyakarta, 09 Mei 2019


Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A

SMA ………..

di Tempat


Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama       : ………………

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jl. Kaliurang KM 5, Yogyakarta

NISN       : 123347


Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 09 Mei 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,


Rio Willyanto

4 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Tidak Masuk Sekolah Menghadiri Pernikahan Saudara

Malang, 09 Mei 2019


Hal : Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Kepada Yth,

Kepala SMA Negeri 1 Malang

di Malang


Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini adalah Orang tua dari :


Nama       : Putri Marino

Kelas        : XII IPA 1

NISN       : 9877690


Memberitahukan bahwa putri saya tersebut diatas tidak dapat masuk sekolah seperti biasa, dikarenakan mengikuti prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota. Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 1 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat saya,

Orang Tua Siswa,


Rio Romario

5 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Tidak Masuk Sekolah dengan Surat Keterangan Dokter

Medan, 09 Mei 2019


Hal : Permohonan Izin Sekolah

Lampiran : 1 Lembar


Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Medan

Jl. Pendidikan No. 1

Medan


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :


Nama       : Chico Sihombing

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jl. Kampung Keling 3 No. 99, Medan

NISN       : 667021


Dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut diatas sedang dalam keadaan sakit. Atas saran dokter, siswa tersebut diatas harus beristirahat total selama tiga hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Demikian surat permohonan izin kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru kami mengucapkan banyak terimakasih.


Hormat Kami,

Orang tua Siswa,


Rio Sihombing

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Harus Diperhatikan

1. Kertas yang digunakan sebaiknya adalah kertas HVS. Dengan demikian, surat izin yang dibuat akan terlihat lebih rapi dan sopan.

2. Jangan sampai ada coretan pada kertas HVS yang dipakai. Jika ada kesalahan dalam penulisan/pengetikan, usahakan untuk mengganti kertas tersebut dengan yang baru. Jangan sampai kamu meralat tulisan tersebut dengan tipe-x atau coretan.

3.  Tulislah surat izin dengan cara tulis tangan, dan usahakan bolpoint yang dipakai berwarna hitam.

4. Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah selanjutnya di haruskan memakai amplop agar lebih rapi dan sopan.

Kembar Siam, Nissan Livina Bisa Servis di Bengkel Mitsubishi?

Liputan6.com, Jakarta – Kehadiran Nissan Livina 2019 yang menggunakan platform Mitsubishi Xpander merupakan bukti dari aliansi Nissan dengan Mitsubishi. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan baru, apakah Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander bisa bertukar tempat servis.


Pasalnya, hal itu yang selama ini terjadi pada Avanza dan Xenia. Tempat servis mereka bisa bersama mengingat keduanya berada di bawah payung Astra.

Lantas bagaimana dengan Livina dan Xpander? Kehadiran Livina sendiri sampai saat ini sejatinya masih berada di dua sisi, antara menjadi pilihan sejajar dan pesaing Xpander.

Direktur Sales and Marketing Division MMKSI Iwan Kuncoro memberikan jawaban.

“Secara umum kami mengucapkan selamat atas diluncurkannya Livina. Kami melihat positif. Dengan masuknya produk baru di pasar small MPV ini, pasarnya semakin besar sehingga menjadi peluang lagi buat Mitsubishi. Memang ini Nissan-Mitsubishi aliansi ya. Namun kami tidak bisa mengomentari merek lain,” kata dia.

Iwan menegaskan bahwa secara umum pasarnya semakin besar sehingga menjadi peluang lagi buat mereka karena konsumen kemudian memiliki banyak pilihan. Walau demikian, isu satu rumah termasuk pemasaran dan jaringan sampai saat ini dibantah.

“Kami memang aliansi. Tetapi jika bicara marketing, kami sendiri-sendiri. Jadi kami punya network, mereka punya network. Kami manage sendiri, mereka manage sendiri,” kata dia.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Mobilio Facelift Minim Pembaruan, Honda Menyanggah

PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan Honda Mobilio awal tahun 2014. Mobil ini merupakan model Low Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama dari Honda yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

Setelah 5 tahun memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, Honda masih enggan memberikan banyak perubahan pada Mobilio, meski model terbarunya telah resmi meluncur minggu lalu.






Salah satu fitur yang tidak dimiliki mobil keluarga tersebut ialah start stop engine. Meski persaingan di kelas ini semakin ketat, Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director HPM mengaku Mobilio masih layak bersaing dikelas Low MPV saat ini.

“Belum (start stop engine). Tahun ini kan sudah diluncurkan (facelift Mobilio). Kalau bicara semua fitur, saya bilang Mobilio itu semua fitur ada di awal sewaktu kita luncurkan. Fitur kita banyak waktu keluar pertama,” ujarnya di Ancol, Jakarta Utara.


Selain itu, Jonfis menegaskan fitur unggulan yang seharusnya ada pada sebuah kendaraan ialah yang tidak bisa didapatkan konsumen dari bengkel aftermarket.

“Yang dimaksud fitur di tempat kita juga kita pisahin. Ada fitur yang aksesori seperti foglamp bisa dibeli di aftermarket. Bukan fitur ATPM gitu. Kalau CVT, hemat bahan bakar, power yang besar, itu tidak bisa beli di market. Jadi fitur bagi kita memang fitur yang tidak bisa dibeli dan Honda cukup banyak di sana,” ujarnya.

Adanya penambahan fitur diakui Jonfis akan dilakukan apabila terdapat kompetitor dengan fitur unggulan yang ternyata bisa menarik konsumen di segmen tersebut.

“Kalau kompetitor datang, otomatis dia buat tambahannya dong. Kalau tidak pasti drop. Ke depan, kalau ada model baru mungkin kita akan up lagi,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Komnas Perempuan Minta Polda Jatim Kabulkan Penangguhan Penahanan Artis VA

Liputan6.com, Jakarta Komisioner Komnas Perempuan, Sri Nurherwati mendatangi Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Timur (Jatim) untuk menemui tersangka kasus dugaan pornografi, artis VA. Usai menjenguk artis VA dan berdiskusi dengan penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, Komnas Perempuan meminta penyidik Polda Jatim untuk mengabulkan penangguhan Penahanan terhadap artis VA.

“Yang harus menjadi pertimbangan dalam kebijakan Polda Jatim yakni bisa mengabulkan penangguhan penahanan. Karena sebagai pertimbangan pemulihan kondisi psikis korban kasus prostitusi,” tuturnya di Mapolda Jatim, Kamis (28/2/2019).

Menurutnya, dalam paripurna Komnas Perempuan, terakhir melihat bahwa perempuan yang ada di dalam kasus prostitusi merupakan korban yang dilacurkan. Sehingga apapun status hukumnya penyidik tetap memberikan haknya sebagai korban.

“Mempertimbangkan dan mengabulkan dengan melihat kapasitasnya sebagai korban yang dilacurkan,” katanya.

Dia mengatakan, seharusnya yang paling penting untuk segera dilakukan penindakan adalah muncikari dan user atau pelanggan artis VA. Alasannya, mereka lah yang membuat jeratan terjadinya tindak pidana prostitusi.

“Sedangkan perempuan selalu menjadi korbannya. Ini yang perlu diperhatikan,” ucapnya.

Dalam kunjungannya ke Polda Jatim, ia sempat bertemu dengan artis VA dan bincang bincang dengan penyidik berkaitan dengan modus yang kerap dilakukan muncikari dalam menjerat korbannya kedalam pusaran prostitusi.

“Komnas Perempuan akan terus memantau dan menyikapi kasus kasus yang berkaitan dengan perempuan. Dan kami juga mengajak masyarakat untuk tetap mendukung pemulihan korban agar kasus prostitusi bisa dihentikan,” ujarnya.

Komnas perempuan juga mendorong pengesahan RUU penghapusan kekerasan seksual. Sehingga kasus seperti ini tidak lagi terjadi di Indonesia.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Polisi

Menanggapi permintaan Komnas Perempuan mengenai penangguhan penahanan artis VA, Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Achmad Yusep Gunawan menyampaikan bahwa pihaknya masih mempertimbangkan apa yang menjadi masukan dari Komnas perempuan.

“Kita akan maksimalkan sesuai dengan harapan Komnas maupun pemerhati, selama tidak menganggu kepentingan penyidikan,” ujar polisi pelopor E-Tilang tersebut.


Sebelumnya, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan bahwa penetapan tersangka VA ini berdasarkan rekam jejak digital dari tersangka mucikari ES. “Dari situ jelas ada foto dan video dan keterlibatan aktif VA dalam prostitusi online. Termasuk penyebaran foto dan video,” tutur Luki di Mapolda Jatim, Rabu 16 Januari 2019.

Luki menegaskan, penetapan VA sebagai tersangka itu juga sesuai dengan hasil gelar, dan berdasarkan pendapat dari beberapa ahli.

“Ada ahli pidana, ahli bahasa, ahli ITE dan ahli Kementerian Agama dan MUI dan beberapa bukti yang sangat mengaitkan dalam transasksi komunikasi ini sangat menguatkan saudari VA menjadi tersangka,” tambah Luki.

Luki menyatakan akan membuat surat panggilan kepada VA terkait status barunya yang kini naik menjadi tersangka. “Kami layangkan untuk Senin. kami undang yang bersangkutan untuk hadir ke Polda Jatim,” sambungnya.

Dari hasil penyidikan, Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim menemukan foto dan video mesum artis VA. Gambar tak senonoh itu ditemukan dalam ponsel milik mucikari ES. Fakta baru ini terungkap dari hasil penyelidikan digital forensik beberapa hari terakhir.

Selain foto pose telanjang, ada pula video tak pantas dan melanggar norma susila. Foto dan video itu dikirim ke mucikari agar user tertarik dan menggunakan jasa seks VA.

“Ini mungkin sesuatu yang baru dimana yang sebelumnya jadi saksi korban (dalam kasus prostitusi), bisa menjadi tersangka. Ini akan jadi yurisprudensi,” ujar Luki.

Dalam perkara ini, VA dijerat Pasal 27 ayat 1 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pasal itu berbunyi, ‘Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Top 3 Berita Hari Ini: Siswi SMP Jember Hilang Keperawanan Akibat Rayuan Miras

Liputan6.com, Jember – Top 3 berita hari ini mengungkap aksi pencabulan yang dilakukan seorang remaja putus sekolah (18) terhadap siswi SMP di Jember. Aksi bejat pelaku terungkap setelah korban mengaku telah ditiduri pria yang baru dikenalnya.

Oleh polisi, GN berhasil diciduk di rumahnya. Dari pengakuan pelaku, korban terlebih dulu diberi minuman keras agar mudah diajak untuk berhubungan badan. Perbuatan tersebut telah dilakukan GN sebanyak dua kali terhadap korban.

Sementara itu, kisah haru datang dari Provinsi Aceh. Seorang bapak menggantikan posisi anaknya di acara wisuda karena sang putri meninggal dunia akibat penyakit asam lambung.

Seperti teman-temanya di Prodi Kimia, Fakultas Tarbiyah, sejatinya saat itu Rina Muharami akan mengenakan atribut wisuda. Namun, Tuhan berkehendak lain. 

Bukhari tidak dapat menyembunyikan kesedihan dari raut mukanya, terlebih saat Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin memeluk pria yang kesehariannya bekerja sebagai petani.

“Itu (SKL, red) nanti kita simpan sebagai kenang-kenangan karena dari awal saya sudah menguliahkan almarhum. Seharusnya, dia yang pertama mendapat gelar sarjana di keluarga,” ujar Bukhari, kepada Liputan6.com.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:

1. Rayuan Miras dan Hilangnya Keperawanan Gadis SMP di Jember

Foto: Dian Kurniawan/ Liputan6.com.

Siswa putus sekolah berinisial GN (18), warga Dusun Besuki Desa Sidomekar Kecamatan Semboro Kabupaten Jember, Jawa Timur, ditangkap polisi lantaran merayu siswi SMP minum minuman keras lalu mencabulinya.

Menurut Fathur, saat diinterogasi di Mapolsek Semboro, GN mengaku lebih dari sekali meniduri korban yang berasal dari kecamatan lain, yakni Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember. Pertama kali korban dipaksa menyerahkan kegadisannya, Jumat, 1 Februari 2019.

Modusnya, tersangka GN menghubungi korban melalui WA, mengundang untuk datang ke rumahnya.

Selengkapnya…

2. Bikin Haru, Bapak di Aceh Diwisuda Gantikan Anaknya yang Meninggal Usai Skripsi

Bukhari lengkap dengan toga naik ke podium wisuda yang digelar Universitas Islam Negeri (UIN) Arraniry Banda Aceh, Kamis (27/2/2019). (Liputan6.com/ Rino Abonita)

Di rumah Bukhari (57) tentu saja tidak terpajang foto Rina Muharami sedang mengenakan topi wisuda dan baju toga. Putrinya itu berpulang sebelum sempat mengenakan atribut wisuda.

Rina sejatinya ikut dalam barisan wisudawan dan wisudawati saat acara wisuda yang digelar Universitas Islam Negeri (UIN) Arraniry Banda Aceh, Rabu, 27 Februari 2019. Namun, Rina meninggal dunia tepat sehari setelah ia menyelesaikan sidang skripsi pada 24 Januari 2019 lalu.

Anak pertama pasangan Bukhari-Nur Bayani itu meninggal karena penyakit asam lambung yang dideritanya.

Bukhari tidak pernah menyangka, kiranya dia yang akan mewakili putrinya menjadi sarjana.

Selengkapnya…

 3. Kronologi Dugaan Penganiayaan oleh Bahar bin Smith Versi Dakwaan JPU

Terdakwa kasus penganiayaan remaja, HB Assayid Bahar bin Smith menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Klas IA Bandung, Kamis (28/2/2019). (Huyogo Simbolon)

Terdakwa kasus penganiayaan remaja, HB Assayid Bahar bin Smith menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Klas IA Bandung, Kamis (28/2/2019). Selain Bahar, dua rekannya yakni Agil Yahya dan Basit Iskandar yang berstatus terdakwa juga turut disidang.

Jaksa mengatakan, pada Senin, 26 Nopember 2018 saksi korban CAJ (18) diajak oleh rekannya MKU (17) untuk menemani mengisi acara di Seminyak, Bali. CAJ yang disuruh MHU mengaku sebagai Habib Bahar bin Smith dalam acara tersebut.

Kemudian pada 1 Desember 2018 sekitar pukul 09.00 WIB, Bahar memerintahkan saksi Agil Yahya, untuk menemui Basid dan mengajak Habib Husein, Wiro, Keling (tersangka belum tertangkap) untuk membawa CAJ ke Pondok Pesantren Tajul Al Awiyin.

Selengkapnya…

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Polisi Sebut Telah Konfrontasi Saksi Dugaan Korupsi Dana Kemah Kemenpora

Liputan6.com, Jakarta – Penyidik Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya terus menyidik kasus dugaan penyelewengan dana kemah dan apel Pemuda Muhammadiyah. Polisi pun mengonfrontasi beberapa saksi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, konfrontasi dilakukan untuk merekonstruksi kronologi dugaan penyelewengan dana kemah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga itu.

“Beberapa saksi sudah kita lakukan pemeriksaan pemeriksaan dan sudah kita lakukan konfrontir yang perlu dilakukan penyidik kita lakukan semuanya. Nanti biar bisa keliatan, bisa muncul pasalnya terpenuhi step by step kelihatan bisa tergambar dan jelas,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Kamis (28/2/2019).

Namun, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini enggan menjelaskan siapa saja yang telah dikonfrontasi. Dia justru mengungkap penyidik masih memeriksa beberapa saksi dalam kasus dugaan korupsi dana kemah itu.

“Ada beberapa dari yang dilakukan pemeriksaan, tapi saya tidak bisa menyampaikan beberapa saksi yang diperiksa tapi ada pemeriksaan hari ini,” kata Argo.

Polda Metro Jaya menduga ada perbuatan melawan hukum pada kegiatan Kemah Pemuda Islam Indonesia. Kegiatan itu digelar di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta pada Desember 2017.

Polisi mencium aroma korupsi pada kegiatan yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga itu.

Sejauh ini, polisi telah memeriksa Ketua Kegiatan Kemah Pemuda Islam Indonesia Dahnil Anzar Simanjuntak; Pemuda Muhammadiyah Ahmad Fanani; Ketua Kegiatan dari GP Ansor Safaruddin; dan Abdul Latif dari Kemenpora.

2 dari 3 halaman

Pemeriksaan Hari Ini

Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya berencana memeriksa Bendahara Pemuda Muhammadiyah Ahmad Fanani. Fanani akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi dana Apel dan Kemah Pemuda Islam 2017.

Selain Fanani, penyidik hari ini akan memeriksa Panitia Kemah Pemuda Islam Abdul Rahman Syahputra Batubara, dan Virgo Sulianto Gohardi.

Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Bhakti Suhendrawan, mengatakan keduanya seharusnya diperiksa pukul 10.00 WIB. Namun belum ada yang memenuhi panggilan ini.

“Belum ada yang datang, padahal ini sudah panggilan yang kedua,” kata Bhakti.

Dia mengatakan, penyidik akan memeriksa Sekjen PP Pemuda Muhammadiyah Irfanus Rasman pada esok hari.

“Irfan hari Jumat besok,” pungkas Bhakti.



Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Mobilio Facelift Minim Pembaruan, Honda Menyanggah

Liputan6.com, Jakarta – PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan Honda Mobilio awal tahun 2014. Mobil ini merupakan model Low Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama dari Honda yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

Setelah 5 tahun memeriahkan pasar otomotif Tanah Air, Honda masih enggan memberikan banyak perubahan pada Mobilio, meski model terbarunya telah resmi meluncur minggu lalu.

Salah satu fitur yang tidak dimiliki mobil keluarga tersebut ialah start stop engine. Meski persaingan di kelas ini semakin ketat, Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director HPM mengaku Mobilio masih layak bersaing dikelas Low MPV saat ini.

“Belum (start stop engine). Tahun ini kan sudah diluncurkan (facelift Mobilio). Kalau bicara semua fitur, saya bilang Mobilio itu semua fitur ada di awal sewaktu kita luncurkan. Fitur kita banyak waktu keluar pertama,” ujarnya di Ancol, Jakarta Utara.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Selain itu, Jonfis menegaskan fitur unggulan yang seharusnya ada pada sebuah kendaraan ialah yang tidak bisa didapatkan konsumen dari bengkel aftermarket.

“Yang dimaksud fitur di tempat kita juga kita pisahin. Ada fitur yang aksesori seperti foglamp bisa dibeli di aftermarket. Bukan fitur ATPM gitu. Kalau CVT, hemat bahan bakar, power yang besar, itu tidak bisa beli di market. Jadi fitur bagi kita memang fitur yang tidak bisa dibeli dan Honda cukup banyak di sana,” ujarnya.

Adanya penambahan fitur diakui Jonfis akan dilakukan apabila terdapat kompetitor dengan fitur unggulan yang ternyata bisa menarik konsumen di segmen tersebut.

“Kalau kompetitor datang, otomatis dia buat tambahannya dong. Kalau tidak pasti drop. Ke depan, kalau ada model baru mungkin kita akan up lagi,” tuturnya.


3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami Ini Mudah, Bisa Langsung Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Seni melipat kertas atau origami adalah seni tradisional yang sudah ada sejak dulu di Jepang. Origami kemudian berkembang menjadi tren hingga saat ini. Origami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata, yaitu ori dan kami. 

Jika diartikan satu per satu, ori memiliki artian lipat. Sedangkan kami memiliki arti kertas. Jadi origami berarti lipat kertas. Awal mula kemunculan origami sendiri pun banyak atau bervariasi dalam ragam cerita.

Namun bukti paling kuatnya, origami diklaim berasal dari Negara Jepang. Di Jepang sendiri, hampir seluruh penduduk mengetahui cara dan bisa membuat origami. Kegiatan ini sudah menjadi budaya dan kegiatan rutin bagi penduduk Jepang, bahkan di Jepang kegiatan ini dijadikan ajang perlombaan serta karya seni lainnya.

Kesenian ini menggunakan bahan kertas yang berbentuk persegi. Lalu kertas tersebut dilipat dan dibentuk hingga menyerupai hewan atau benda tertentu seperti katak, kapal, balon, burung, dan bentuk lainnya.

2 dari 5 halaman

Tradisi Jepang turun temurun

Origami merupakan seni melipat kertas yang sering dilakukan di Jepang, maka origami dikenal oleh banyak orang sebagai bagian dari budaya Jepang yang berkembang secara turun temurun. Sampai akhirnya origami dikenal oleh banyak orang dari berbagai Negara.

Dan seni melipat kertas ini pun dikenalkan dan diajarkan di sekolah-sekolah karena dapat meningkatkan kreativitas. Tapi nggak hanya anak-anak sekolah saja yang bisa membuat kerajinan dari kertas ini. Tak jarang orang-orang dewasa pun suka dengan seni melipat kertas ini.

Bagaimana tidak, soalnya dengan kertas origami ini bisa banyak dijadikan aneka ragam bentuk. Hasil karya dari kertas origami itu bisa dijadikan pernak-pernik atau dekorasi ruang di rumah.

Nah, kali ini Liputan6.com, Kamis (28/2/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara membuat bunga dari kertas origami. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah, karena alat dan bahan yang digunakan juga sangat mudah.

3 dari 5 halaman

1.  Origami Bunga Sederhana

Ini cara membuat bunga dari kertas origami yang sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas origami, seloptip, dan gunting.

Begini caranya:

– Ambil kertas origami ukuran 6”x6”, corak menghadap atas.

– Lipat secara diagonal dalam kedua arah. Pastikan untuk meluruskan sudut dan lipatan dengan tajam. Lipatan yang seharusnya adalah membentuk ‘X’.

– Balik kertas. Lipat dari kiri ke kanan, dan buka kembali.

– Kemudian lipat dari atas turun ke bawah. Kertas kamu seharusnya berbentuk persegi panjang.

– Dengan sayap terbuka di dasar, dorong dengan lembut ujung kiri atas dan kanan atas dari kertas.

– Lipatan di tengah kertas akan terangkat. Keempat sudut akan bertemu di dasar.

– Kamu akan memiliki kertas dengan bentuk wajik persegi.

– Ratakan bentuk wajik. Pastikan ada satu sayap atas di sisi kiri dan satu sayap atas di sisi kanan.

– Putar wajik 180 derajat, hingga sayap yang terbuka ada di atas.

– Lipat bagian bawah kiri dan bawah kanan dari wajik menuju lipatan tengah. Hal ini akan membentuk lipatan seperti laying-layang.

– Balikkan wajik ke sisi belakang, dan ulangi lipatan yang kamu buat pada sisi depan.

– Buka daun bunga dengan pegang ujung atas dari laying-layang.

– Tarik dan lipat ke bawah kira-kita ¾ dari jarak ke bawah laying-layang. Lakukan dengan ibu jari dan jari telunjuk, tekan bagian tengah dari bunga untuk membentuk lipatan kuat.

– Atur daun bunga di sisi sampai pada posisi yang kamu inginkan. Pengaturan dapat dibuat pada semua daun dengan menjepit dasar bunga dekat tangkai.

– Gunakan gunting untuk membulatkan atau membuat bergerigi pinggir bunga. Pinggiran bulat akan membuat bunga menjadi bunga pansy.

4 dari 5 halaman

2. Origami Bunga Bakung  

Selanjutnya cara membuat bunga dari kertas origami, yaitu bunga bakung. Begini cara mudahnya:

Membuat Kelopak Bunga Bakung

–  Siapkan kertas origami sesuai dengan yang kamu inginkan.

–  Letakkan kertas origami dengan sisi corak atau warna menghadap ke bawah.  

–  Lipat kertas menjadi dua bagian secara diagonal untuk membentuk segitas besar.

–  Lipat sudut kiri bawah ke sudut kanan bawah, membentuk segitiga yang lebih kecil.

–  Buka kembali segitiga yang lebih kecil.

–  Lipat daun bunga dengan mengambil sudut kiri dari segitiga dan lipat ke atas dari lipatan di tengah.

– Sudut ini akan memanjang melebihi sisi pinggir dari segitiga yang asli dan kurang lebih memiliki tinggi yang sama dengan ujung atasnya.

– Ulangi lipatan ini pada sisi kanan. Coba dengan membuat lipatan ini simetris dengan lipatan yang ada di kiri.

–  Singkirkan bunga terlebih dahulu.

Membuat Tangkai Bunga Bakung

–  Letakkan kertas yang kamu ingin gunakan untuk tangkai dengan sisi corak atau warna menghadap ke bawah.

–  Lipatlah kertas menjadi dua bagian secara diagonal.

–  Buka lipatan dan posisikan kertas agar terlihat seperti wajik persegi.

–  Tarik ujung kanan menuju nlipatan di tengah.

–  Cocokkan sisi kanan dari kertas pada lipatan di kanan, pastikan ujung bawah juga lurus.

–   Ulangi dengan sudut kiri.

–   Kalau sudah selesai, kertas kamu akan terlihat seperti laying-layang.

–   Lipat sisi kanan dan kiri menuju lipatan di tengah. Pastikan ujung bawah tepat dan tajam. Lapisan ini harus berada di tengah dan harus rapat.

–  Lipat ujung kanan atas ke bawah menuju lipatan di tengah. Ulangi dengan ujung kiri atas. Lapisan di antara dua sayap ini juga haru srapat.

–  Lipat bagian atas dari laying-layang ke bawah sehingga lipatan berada di atas dua pertiga dari bagian bawah laying-layang.

–   Lipat sisi kiri ke atas sisi kanan mencocokkan semua sisinya. Segitiga yang lebih pendek dan berisi akan sebagai daunnya.

– Putar tangkai sehingga ujung-ujungnya menhadap ke atas. Ambil

Menggabungkan Bunga dan Tangkai Bakung

– Potong sedikit kertas bagian bawah bunga hingga membentuk lubang kecil.

– Masukkan ujung tangkai ke dalam lubang.

– Beri selotip bunga pada tangkai untuk mencegah bungah jatuh.

5 dari 5 halaman

3. Origami Bunga Unik Lainnya

Cara membuat bunga dari kertas lainnya adalah bunga unik. Caranya juga cukup mudah:

Alat dan Bahan:

–  Gunting

–   Lem

–  Kartas origami

Langkah Membuat

–   Bagi kertas origami menjadi dua bagian hingga membentuk segita.

–  Setelah itu satukan kedua ujung hingga membentuk kerucut dengan satu ujung lancip.

–  Setelah itu lem kedua sisi tersebut agar tidak lepas.

–   Buatlah bentuk tersbeut menjadi beberapa buah.

–   Setelah itu, susun bagian demi bagian agar membentuk bunga yang kamu inginkan.

–  Selesai.