Tok! Sehari 4 Vonis Mati Dijatuhkan ke Pembunuh Biadab

Palembang – Meski ditentang sekelompok orang, hukuman mati tetap dijatuhkan pengadilan di Indonesia. Hal itu terbukti dengan 4 vonis mati yang dijatuhkan dalam sehari.

Dua vonis mati pertama dijatuhkan Riduan dan Acuandra. Keduanya dijatuhi hukuman mati oleh PN Palembang.

“Menyatakan para terdakwa ini terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan berencana. Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa pidana mati,” kata ketua majelis hakim Bagus Irawan dengan anggota Kartinjono, dan Abu Hanifa, Rabu (24/4) kemarin.


Keduanya terbukti menghabisi nyawa sopir taksi online, Sofyan (43) pada 29 Oktober 2018. Setelah nyawa Sofyan dihabisi, pelaku membuang korban ke semak-semak hutan.

Saat ditemukan beberapa pekan setelahnya, korban sudah jadi tulang belulang di semak belukar kebun sawit di Muratara, Sumatera Selatan.

“Tidak ada yang meringankan, sangat kejam,” tegas Bagus.

Di Cibonong, Jawa Barat, majelis hakim juga menjatuhkan hukuman mati terhadap pasangan suami istri M Nurhadi dan Sari Murni. Pasutri itu nyata-nyata membunuh Dufi dengan memasukkan jasadnya ke dalam drum.

“Nur Hadi dan Sari itu vonisnya mati,” kata majelis hakim Ben Ronald.

Ben mengatakan hal yang memberatkan Hadi dan Sari adalah perbuatan mereka dianggap sadis dan tidak berperikemanusiaan, bertentangan dengan norma-norma yang ada di masyarakat, perbuatannya meresahkan masyarakat.

“Perbuatan terdakwa juga meninggalkan luka mendalam bagi keluarga korban,” tuturnya.
(asp/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hippindo: Fokus Sehari untuk Pemilu, Bukan Target Penjualan

Sebelumnya, untuk memeriahkan pesta demokrasi lima tahunan yang akan dihelat pada 17 April 2019, ada pesta diskon spesial untuk masyarakat yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

Diskon ini terbuka untuk umum dengan syarat harus nyoblos dan menunjukkan tinta di jari kelingking sebagai tanda telah mencoblos di TPS masing-masing. Tidak tanggung-tanggung, diskon yang diberikan hingga 50%, lho. 

Hingga akhir Maret 2019 saja, sudah banyak brand partners yang bergabung untuk memberikan diskon khusus Pemilu 2019. Diantaranya, Wacoal, JOCKEY, le coq sportif, THE EXECUTIVE, Tirajeans, Wrangler, DELAMIBRANDS, EMBA CLASSIC, HENDRY ADAMS, JOBB, COCONUT ISLAND, novel.mice, Used JEANS, SEIBU, Galeries Lafayette, EMBA JEANS, ALUN ALUN INDONESIA, COLORBOX, et cetera, EMBA LADIES, Jack Nicklaus, Byford, morphidae, fladeo shoes, MOKKA COFFE CABANA, GYU JIN TEPPAN, SOGO, PISH & POSH CAFE, PISH & POSH, GOLDEN TRULY, Lee, tokopedia, VIPBRANDS GALLERY, Kinokuniya, LeeVierra Kids, LeeVierra, LGS Casual & Jeans, HAMMER, EZPRESSO, WOOD, Neowave, Twist Kids, NAIL, JOHNWIN, JOHNY ANDREAN, JOHNY ANDREAN School & Training, BreadTalk, Salt n Pepper, MAP Mitra Adiperkasa, UNIONWELL, MUSLIMMARKET, SUQMA, mama malaka dan masih banyak lagi.Brand partners tentunya akan terus bertambah hingga hari H Pemilu 2019.

Program Klingking Fun ini bekerja sama dengan jaringan 107 radio se-Indonesia. Selain mempromosikan program, Klingking Fun juga didesain sebagai pemantik sekaligus ajakan untuk semua masyarakat agar mencoblos ke TPS dan berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019. Hal ini juga bertujuan untuk menekan angka golput pada Pemilu 2019. Imbauan untuk tidak golput pun disampaikan oleh Jokowi di pelbagai kesempatan.

Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan presiden dan pemilihan legislatif pada 17 April 2019. Terlebih, pemilu tahun ini menghabiskan biaya triliunan.

Imbauan terus menerus untuk tidak golput di pemilu serentak tahun ini yang berdekatan dengan libur panjang. “Mau berlibur silakan tapi nyoblos dulu. Jam delapan nyoblos kan bisa. Jam sembilan nyoblos, jam sepuluh langsung terbang. Jangan sampai ada yang tidak mencoblos di hari Rabu, 17 April 2019,” kata Jokowi.

Jadi, mau liburan ataupun di rumah aja, jangan lupa nyoblos ke TPS ya! Jangan lupa juga untuk ajak teman, saudara, dan keluarga untuk nikmati diskon spesial hingga 50% pada 17 April 2019. 

Jokowi: Sehari Pindah 4 Provinsi, Saya Tambah Kurus

Liputan6.com, Ngawi – Capres petahana Jokowi menyapa warga Ngawi di GOR Bung Hatta Jawa Timur, Selasa (2/4/2019). Kepada pendukungnya, Jokowi curhat bahwa dalam sehari ini dirinya telah berpindah empat provinsi.

“Hari ini saya sudah berpindah dari 4 provinsi. Provinsi Papua Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur,” kata Jokowi.

Pada pagi hari, Jokowi berangkat dari Provinsi Papua Barat menuju Sumatera Selatan untuk berkampanye. Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu bertolak menuju kediaman pribadinya di Kota Solo Jawa Tengah.

Usai salat maghrib, Jokowi menempuh perjalanan darat ke Ngawi Jawa Timur untuk bertemu pendukungnya. Sambil berkelakar, mantan Walikota Solo itu mengaku berat badannya turun karena sering turun ke daerah-daerah untuk menyapa dan mendengarkan aspirasi masyarakat.

“Apa yang ingin saya sampaikan? Tambah kurus. Sehari gimana pindah 4 provinsi tadi, bayangkan. Pindah-pindah ngoten. Kadang siang ga bisa makan, (saya dikasih tahu) Pak ini pesawat harus terbang, yaudah, nggih,” ujar dia.

Jokowi lalu mengajak warga Ngawi berhati-hati terhadap kabar hoaks dan fitnah yang bertebaran di media sosial dan masyarakat. Dia mencotohkan salah satu fitnah yang menyerangnya yaitu, tentang pelarangan azan dan pendidikan agama akan dihapus.

4 Efek Mengejutkan dari Tidur 8 Jam Sehari, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta – Tidur jadi salah satu kunci melepas lelah yang paling efektif. Durasi istirahat ini pun sangat memengaruhi banyak hal, mulai dari yang berkenaan dengan segi kesehatan, hingga psikologis.

Karenanya, terdapat anjuran bahwa waktu tidur yang ideal adalah delapan jam sehari. Lantas, apakah Anda telah menjalankan hal tersebut? Jika belum, ada baiknya mengetahui efek-efek baik dari kebiasan satu ini. Simak ulasan selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Jadi Lebih Bahagia

Tahukah Anda bahwa tidur malam yang terlalu singkat dapat memengaruhi kadar kebahagiaan seseorang? Melansir Boldsky, hal tersebut juga disampaikan dalam sebuah jurnal ilmiah bertajuk Happiness and The Invisible Thread of Social Connection.

2. Membantu Jaga Berat Badan

Kurangnya tidur ternyata dapat menyebabkan obesitas. Bagaimana bisa? Ketika orang tidur kurang dari tujuh jam dalam semalam mempunyai kemungkinan 7,5 kali lebih besar untuk kelebihan berat badan karena faktor hormonal.

3. Kulit Lebih Sehat

Efek selanjutnya adalah kulit lebih sehat. Tak hanya dengan perawatan khusus, tidur yang cukup juga memiliki pengaruh besar. Berdasarkan sebuah artikel di Boldsky, kulit orang-orang yang tidur selama delapan jam sehari dapat pulih lebih cepat dari dampak paparan sinar UV.

4. Lebih Produktif

Tak ketinggalan, salah satu efek baik dari tidur teratur selama delapan jam adalah Anda jadi lebih produktif. Kurangnya kadar tidur dapat membuat Anda merasa lelah berkepanjangan dan sulit fokus. (Fitri Andiani/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

BE HEALTHY 35: Manfaat Tidur Malam yang Cukup

Ingat, Pengumuman SNMPTN Maju Sehari dari Jadwal Sebelumnya

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Ravik Karsidi mengatakan pihaknya mempercepat pengumuman hasil seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi Jumat, 22 Maret 2019.

“Dimajukannya pengumuman dikarenakan proses seleksi jalur SNMPTN sudah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan agar bisa memberi kesempataan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang satu,” ujar Ravik di Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa (19/3/2019).

Ravik juga meminta agar siswa memperhatikan beberapa hal, yakni pendaftaran UTBK gelombang satu yang akan ditutup pada 24 Maret 2019 pukul 22.00 WIB.

Kemudian, kata dia, pembukaan pendaftaran UTBK gelombang dua akan dimulai pada hari Senin, 25 Maret 2019 pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pada Senin, 1 April 2019 pukul 22.00 WIB.

“Kami berharap agar siswa benar-benar memperhatikan mekanisme pendaftaran UTBK,” jelas Ravik.

Pengumuman ini sehari lebih cepat dibandingkan jadwal semestinya, yakni Sabtu, 23 Maret 2019. SNMPTN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya.

Rusak Ringan Selesai dalam Sehari, Adira Buka Mini Autocilin Garage hingga Pelosok

Untuk Adira Insurance, jika ingin klaim via digital atau  e-claim maka hal ini akan memudahkan pelanggan untuk melaporkan klaim tanpa batasan lokasi dan waktu.

Adapun tips agar klaim asuransi mobil berjalan lancar dan dibayarkan oleh asuransi, antara lain:

1. Pelanggan harus menghindari hal-hal yang dikecualikan dalam polis seperti telat melapor klaim dari batas waktu pelaporan, pengemudi tidak memiliki surat izin mengemudi, klaim yang dilaporkan tidak dijamin dalam polis, klaim yang dilaporkan termasuk dalam klausul pengecualian dalam polis.

2. Melengkapi dokumen klaim, seperti formulir klaim yang telah diisi, fotokopi polis asuransi, SIM, STNK, surat keterangan dari kepolisian.

3. Kendaraan milik tertanggung tidak digunakan untuk perbuatan yang melanggar hukum. 

4. Jika Anda mengalami kecelakaan, jangan lupa memberikan bukti dengan mendokumentasikan terlebih dahulu keadaan kendaraan Anda pasca kecelakaan.

5. Perhatikan terkait wilayah pertanggungan apakah sesuai dengan isi polis.

6. Jangan membuat kerusakan yang terjadi merupakan kerusakan yang disengaja oleh tertanggung.

7. Memahami penyebab kecelakaan ditanggung sebelum mengajukan klaim secara langsung, anda juga perlu membaca dengan jelas mengenai polis-polis yang diberikan pihak asuransi.

Jokowi Takjub Pedagang Ikan Beromzet Rp 40 Juta Sehari di Pasar Muara Baru

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara. Jokowi pun sempat kaget ada pedagang ikan yang mampu menjual ikan 500 kilogram hingga 1 ton perhari.

Jokowi meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/3/2019). Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam peresmian tersebut. Jokowi pun menceritakan awal dirinya memerintahkan Susi membuat pasar ikan modern dengan standar internasional.

“Juli 2016, berarti kurang lebih 2.5 tahun lalu saya perintahkan Bu Susi. ‘Bu (Susi), apakah tidak bisa kita ini bangun pasar ikan modern yang bersih sebersih pasar yang kita lihat di Tokyo yakni Tsukiji?’ Jawaban bu menteri bisa,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi Takjub ke Pedagang Ikan Omzet Rp 40 Juta Sehari di Pasar Muara BaruFoto: Noval/detikcom

Mendengar jawaban Susi, Jokowi pun memerintahkan Susi untuk segera memulai pembangunan PIM Muara Baru.

“Alhamdulilah sore ini kita memiliki pasar ikan modern PIM di Muara Baru Jakarta. Saya senang. Saya bangga bisa hadir di PIM Muara Baru. Karena kita sudah bisa membalik persepsi. Dulu persepsi nya banyak orang, yang namanya pasar ikan pasti kotor, becek, bau,” ujarnya.

Jokowi pun memanggil salah seorang pedagang ikan untuk menanyakan kondisi Pasar Ikan Muara Baru yang disebut kini kondisinya lebih baik. Salah seorang pedagang atas nama Jaya Rahmat (Mamat) pun naik ke atas panggung

“Berapa tahun jualan?” tanya Jokowi ke Mamat.

“Sejak tahun 1991. 27 tahun,” jawab Mamat ke Jokowi.

Jokowi Takjub ke Pedagang Ikan Omzet Rp 40 Juta Sehari di Pasar Muara BaruFoto: Noval/detikcom

Jokowi pun menanyakan berapa jumlah ikan yang mampu di jual dalam sehari.

“Sehari bisa jual berapa?,” tanya Jokowi ke Mamat.

“Alhamdulilah (banyak) nggak tentu, kadang 500 kilogram, (kadang) sampai 1 ton,” jawab Mamat.

Jokowi pun terlihat takjub dengan jawaban Mamat. “Ikan semua itu?,” tanya Jokowi memastikan.

Mamat pun mengungkapkan, 1 kilogram ikan dapat dijualnya dengan harga Rp 40 ribu. Jika Mamat berhasil menjual 500 kilogram dalam sehari, maka dia mampu mendapatkan omzet Rp 40 juta sehari.

“(Rp 40 juta sehari) dikalikan 30 (hari) Rp 1,2 miliar setahun,” ucap Jokowi.

Jokowi pun sempat berkelakar dengan menyindir Mamat. “Nggak pernah saya diantar ikan dari sini (ke Istana). Padahal sebulan jualannya 400 ton,” kata Jokowi dengan canda.

Kepada Jokowi, Mamat mengungkapkan jika PIM Muara Baru yang dulunya kumuh kini sudah lebih baik. Kini PIM Muara Baru tidak lagi becek dan berbau. Dia pun menyampaikan beberapa keluhan, di antaranya agar proses pengiriman ikan dapat segera dilakukan.

“Kita sebagai pedagang mohon diberikan fasilitas yang baik. Ikan supaya cepat jadi kiriman. Pedagang kan inginnya jangan dipersulit,” tutur Rahmat.

(nvl/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gantikan Sri Mulyani, Pelajar Asal Surakarta Jadi Menkeu Sehari

Liputan6.com, Jakarta – Dalam rangka menyambut Hari Perempuan Sedunia (International Women’s Day), Kementerian Keuangan membuka kesempatan bagi para perempuan muda untuk menjadi menteri keuangan sehari, lewat program Girls Take Over.

Melalui akun instagramnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membagikan keseruan 3 remaja perempuan yang terpilih dari 600 peserta yang mendaftar. Ketiga remaja tersebut masing-masing menjadi Menteri Keuangan, Dirjen Pajak, dan Dirjen Bea Cukai.

Berikut unggahan Sri Mulyani.

Menyambut Hari Perempuan Internasional, kami di Kementerian Keuangan mengadakan acara ‘Sehari Menjadi Menteri Keuangan’ yang merupakan bagian dari program ‘Girls Take Over’. Dari enam ratusan peserta yang mendaftar, telah terpilih 3 anak yang masing-masing menjadi Menteri Keuangan, Dirjen Pajak, dan Dirjen Bea Cukai.

Tania yang menjadi Menteri Keuangan adalah pelajar SMAN 4 Surakarta. Tanpa canggung, dia memimpin rapat yang dihadiri oleh Wakil Menteri Keuangan dan seluruh jajaran Eselon 1 Kementerian Keuangan. Tania juga berkesempatan mengunjungi Kampus PKN STAN dan uji coba MRT Jakarta.

Sehari jadi Menteri Keuangan Instagram.com/smindrawati

Maria atau biasa dipanggil Vivin berlaku sebagai Dirjen Pajak sehari yang melakukan kunjungan kerja ke salah satu Kantor Pelayanan Pajak di Jakarta. Pelajar yang bersekolah jenjang SMA di Nagekeo ini ingin sekali agar saya mengunjungi tempat tinggalnya di Flores.Sementara itu, Putri yang menjadi Dirjen Bea Cukai adalah pelajar yang berasal dari Bone, Sulawesi Selatan. Dia sangat senang dapat memimpin rapat para Eselon 2 Ditjen Bea Cukai dan juga mengunjungi pelatihan K-9 milik Ditjen Bea dan Cukai.

Mereka semua adalah perempuan muda calon pemegang tongkat estafet kepemimpinan Indonesia di masa yang akan datang.

Saya senang melihat anak-anak perempuan yang cerdas ini, semoga pengalaman yang mereka rasakan dapat menjadi inspirasi bagi para perempuan di seluruh Indonesia untuk tidak takut dan canggung menjadi pemimpin di semua bidang.

Reporter : Siti Nur Azzura

Sumber: Merdeka.com

Apa yang Terjadi Jika Makan 2 Buah Kiwi dalam Sehari?

Liputan6.com, Jakarta – Buah [kiwi ](3673312/ “”) umumnya tersedia dalam warna hijau dan kuning keemasan. Banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, tetapi orang jarang mengetahuinya. Bahkan, kiwi bukan pilihan kebanyakan orang di Indonesia. 

Banyak alasan yang memicu orang untuk tak mengonsumsi kiwi secara rutin, termasuk faktor harga. Namun, Anda bisa membelinya dalam jumlah kecil yang bahkan dipak dalam jumlah sepasang di pasangan. Dilansir dari foodprevent.com, Jumat, 1 Maret 2019, inilah manfaat  Anda mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari.

1. Membuat Jantung dan Arteri yang Sehat

Kiwi dinobatkan sebagai salah satu pengencer darah alami paling efektif, yang pada dasarnya mengurangi pembentukan gumpalan, pembentukan trigliserida, dan meningkatkan sirkulasi. Semua ini setara dengan jantung dan arteri yang sehat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Gizi di Universitas Oslo, Norwegia menemukan bahwa buah kiwi mungkin bermanfaat dalam penyakit kardiovaskular. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi dua atau tiga buah kiwi per hari selama 28 hari mengurangi respons agregasi trombosit terhadap kolagen dan ADP sebesar 18 persen. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa makan buah kiwi menurunkan kadar trigliserida darah sebesar 15 persen.

2. Memperkuat sistem Kekebalan Tubuh

Buah kiwi mengandung vitamin C dosis tinggi yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Kandungan itu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda dapat melawan penyakit. 

Berdasarkan data USDA, kiwi biasa mengandung vitamin C hampir dua kali lipat jeruk segar yang sering disebut-sebut sebagai sumber utama vitamin C. Kiwi juga mengandung asam folat yang menghasilkan sel darah merah dan putih serta antibodi yang melindungi tubuh dari infeksi.

3. Meningkatkan Mood dan Energi ekstra

Enzim aktif yang terkandung dalam kiwi ternyata bisa meningkatkan tingkat energi metabolisme dan membantu neurotransmiter untuk meningkatkan energi. Penelitian yang diterbitkan Journal of Nutritional Science di Selandia Baru mempelajari 35 pria berusia 18 hingga 35 tahun selama periode enam minggu.

Laki-laki itu kemudian diberikan setengah kiwi atau dua kiwi per hari. Setelah itu ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi dua kiwi per hari dan menikmati peningkatan energi 31 persen.

4. Melancarkan Pencernaan

Sama seperti kebanyakan buah-buahan dan sayuran, kiwi mengandung jumlah tinggi yang sangat penting untuk pencernaan. Dengan makan dua buah kiwi, Anda akan memberi tubuh Anda 4,2 gram serat makanan. Kiwi juga mengandung enzim actinidin, yang diduga meningkatkan pencernaan.

Lebih jauh, sebuah penelitian Universitas Hong Kong mengamati orang dewasa yang mengalami konstipasi kronis yang makan dua buah kiwi sehari selama sebulan. Setelah penelitian, ditemukan bahwa subjek dewasa mengalami pengurangan ketidaknyamanan sebesar 23 persen, mengurangi waktu pencernaan hingga 15 jam, yang sebenarnya menggandakan frekuensi pergerakan usus mereka sebelumnya.

5. Membuat Tidur Anda Lebih Baik dan Mengurangi Asma

Beberapa berspekulasi buah kiwi sebagai bantuan tidur alami, dan penelitian telah mendukung klaim tersebut.

Sebuah studi dari Taipei Medical University, menemukan secara signifikan, konsumsi kiwi bisa meningkatkan total waktu tidur dan efisiensi tidur hingga 15 persen lebih lama, dan jatuh tertidur 41 persen lebih cepat dibandingkan awal-awal mengonsumsi buah kiwi.

Jika Anda sulit tidur karena asma, kiwi mungkin bisa menyembuhkannya juga. Para ilmuwan di Seoul National University di Korea Selatan menemukan bahwa enzim kiwi yang kuat, actinidin mengurangi gejala asma dengan mengurangi sel darah putih (yang terkandung dalam jumlah berlebih pada pasien asma dan alergi).

Kiwi banyak mengandung manfaat yang tidak Anda ketahui, tidak seperti banyak buah dan sayuran lainnya. Anda tidak perlu takut makan kulit kiwi untuk mendapatkan manfaatnya. Enzim ini ditemukan di dalam daging hijau buah yang berair. (Indah Permata Niska)


Saksikan video pilihan di bawah ini :

Cara Bersyukur Kepada Tuhan, Bisa Bahagia dan Merasa Hidup Cukup

Liputan6.com, Jakarta Di kehidupan sehari-hari, terdapat dua hal yang datang silih berganti sebagi pelengkap hidup yaitu kesenangan dan kesusahan. Karena tak ada orang yang selamanya senang atau susah terus menerus.   

Di saat Anda merasakan kesenangan, diharapkan untuk selalu bersyukur dan ingat di mana dulu pernah merasakan susah. Begitu juga saat merasakan kesusahan. Maka ingatlah bahwa akan datang kesenangan.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” – (QS Alam Nasyrah : 5 – 6).

Saat Anda sedang di masa-masa sulit, selalu ingatlah kepada Allah SWT. Karena Allah berfirman:

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (QS Al Baqarah : 152)

Banyak nikmat yang dianugerahkan Tuhan kepada umat-Nya yang merupakan pemberian yang terus menerus dan bermacam-macam bentuknya, baik lahir maupun batin.

2 dari 5 halaman

Pengertian Beryukur

Bersyukur merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk berterima kasih atas segala limpahan nikmat yang telah Tuhan berikan.

Istilah syukur sendiri menurut agama, sebagaimana yang telah diajabarkan oleh Ibnul Qayyim:

“Syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.” (Madarijus Salikin, 2/244).

Lawan dari syukur sendiri adalah kufur nikmat, yaitu sifat enggan untuk menyadari atau bahkan mengingkari bahwa nikmat yang telah didapatkan adalah dari Allah Ta’ala.

Oleh karena itu, selalu bersyukur saat Anda sedang diberi nikmat oleh Allah SWT, tidak memandang nikmat itu banyak atau sedikit. Karena orang yang selalu bersyukur niscaya Tuhan akan menambah kenikmatan tersebut.

Hal ini sebagaimana firman Tuhan di dalam QS Ibrahim ayat 7 yang memiliki arti:

“Barang siapa yang bersyukur atas nikmatku kata Allah, niscaya aku akan menambahn nikmat itu. Akan tetapi barang siapa yang kufur atas nikmat Ku kata Allah, maka azab ku sangatlah pedih.”

3 dari 5 halaman

Beryukur adalah salah satu dari ibadah

Tuhan dalam banyak ayat di Al-Quran memerintahkan manusia untuk bersyukur kepada-Nya. Maka syukur adalah ibadah dan bentuk ketaatan atas perintah Allah SWT. Allah SWAT pun berfirman:

“Ingatlah kepada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian. Bersyukurlah kepada-Ku janganlah ingkar.” (QS. Al Baqarah:152).

Tuhan juga berfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah” (QS. Al Baqarah:172).

4 dari 5 halaman

Cara Agar Bisa Bersyukur

1. Senantiasa berterima kasih kepada orang lain

Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Tuhan adalah dengan berterima kasih kepada manusia yang telah menjadi perantara sampainya nikmat Allah pada Anda.

2.  Merenungkan nikmat-nikmat Tuhan

Di dalam Al Qur’an sering kali Tuhan menggugah hati manusia, bahwa ternyata banyak sekali nikmat yang dilimpahkan-Nya sejak umat manusia datang ke Bumi, agar sadar dan bersyukur kepada Allah SWT. Tuhan pun berfirman:

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur”. (QS. An-NAhl:78).

3. Qana’ah

Coba untuk selalu merasa cukup atas nikmat yang ada pada diri Anda. Hal ini akan membuat Anda selalu bersyukur kepada Allah SWT. Sebaliknya, saat Anda senantiasa merasa tidak puas, selalu merasa kekurangan, merasa Allah tidak pernah memberi kenikmatan padanya sedikitpun, maka begini Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“JAdilah orang yang wara’, maka engkau akan menjadi hamba yang paling berbakti. Jadilah orang yang qana’ah, maka engkau akan menjadi hamba yang paling bersyukur”. (HR. Ibnu Majah no.3417, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

4. Sujud Syukur

Salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur adalah dengan melakukan sujud syukur.

5.  Berdzikir

Merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Ada beberapa dzikir tertentu yang diajarkan oleh Rasulullah khusus mengungkapkan rasa syukur Anda kepada Allah Swt.

5 dari 5 halaman

Cara Bersyukur Kepada Tuhan

Bersyukur kepada Tuhan dapat dilakukan dengan empat cara. 

1. Bersyukur dengan Lisan

Cara bersyukur kepada Tuhan pertama yaitu dengan mengucapkan ‘Alhamdulillah’ adalah hal minimal yang bisa dilakukan. Bila hati seseorang telah sangat yakin bahwa segala nikmat berasal dari Allah SWT. Anda akan mengucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

Oleh karena itu, saat Anda mendapatkan nikmat dari seseorang, maka lisan tetap harus memuji Tuhan. Karena tanpa disadari, orang tersebut merupakan perantara Tuhan yang sengaja didatangkan untuk Anda.

2. Bersyukur dengan Hati

Cara bersyukur kepada Tuhan yang kedua adalah Anda perlu menyadari bahwa segala nikmat dan rezeki yang didapatkan semata-mata merupakan karunia dan kemurahan dari Tuhan.

Cara bersyukur kepada Tuhan dengan hati bisa membawa seseorang kepada sikap untuk menerima karunia-Nya.

3. Bersyukur dengan Tindakan

Aktivitas fisik atau perbuatan nyata terkait bersyukur bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Baik melibatkan orang lain atau hanya melibatkan diri sendiri.

Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa Tuhan sangat suka melihat nikmat yang diberikan kepada hamba-Nya dengan cara dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Sesungguhnya Allah SWT senang melihat atsar (bekas/wujud) nikmat-Nya pada hamba-Nya,” sabda Rasulullah.

4. Merawat Kenikmatan

Saat Anda mendapatkan nikmat dari tuhan, usahakan untuk merawatnya agar tidak rusak. Hal ini seperti menjaga amanah dari Allah SWT. Misalnya saja Anda bisa tetap menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Merawat kenikmatan ini merupakan bentuk rasa syukur karena telah diberikan tubuh yang sehat oleh tuhan.