5 Trik Menyimpan Buah dan Sayur agar Tetap Segar Tanpa Kulkas

Liputan6.com, Jakarta – Untuk menjaga kesegaran buah dan sayur, menyimpannya di kulkas menjadi salah satu cara yang paling mudah. Tahukah Anda, tak hanya diletakkan di kulkas, namun ada cara lain untuk membuat sayur dan buah tetap segar.

Fimela.com merangkum selengkapnya lima trik yang dapat diterapkan menjaga kesegaran buah dan sayur tanpa menyimpan dalam kulkas. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Buang Bagian yang Busuk

Sayur dan buah yaang masih segar jika bercampur dengan yang busuk akan membuatnya juga cepat membusuk. Jangan lupa untuk memperhatikan bagian buah dan sayur yang busuk lalu buang bagian tersebut.

2. Lapisi dengan Tisu atau Kertas

Kondisi lembap juga dapat mempercepat proses pembusukan sayur dan buah. Untuk menjaga kondisi agar tak mudah lembap, Anda dapat melapisi atau membungkusnya dengan tisu atau kertas.

Angin Segar Menko Luhut Tentang Perizinan Kapal Perikanan 10-30 GT

Liputan6.com, Jakarta Perizinan kapal perikanan di bawah 30 gross tonnage atau tonase kotor (GT) yang selama ini diurus di provinsi, kini bisa dilakukan di daerah. Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, saat menghadiri Rapat Koordinasi Sinergitas Tiga Pilar di Banyuwangi, Kamis (11/4).

Dihadapan ratusan peserta rakor yang terdiri dari para kepala desa dan aparat desa, babinda, dan babinkamtibmas se-Banyuwangi, Luhut mengaku sudah mendengar tentang salah satu nelayan yang berlayar di perairan Muncar, Banyuwangi. 

“Kami sudah dengar keluhan tentang perizinan kapal di bawah 30 GT. Ini nanti diselesaikan di tingkat kabupaten, jadi tidak perlu lagi pergi ke Surabaya. Nanti, kalau ada yang perlu diserahkan, dari Surabaya bisa ke daerah untuk penyelesaiannya,” kata Luhut. 

Mengacu pada Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pendaftaran dan Penandaan Kapal Perikanan, disebutkan bahwa gubernur diberikan kewenangan melakukan pendaftaran kapal perikanan berukuran 10-30 GT yang ada di wilayahnya.

Luhut menjelaskan bahwa kebijakan pengurusan ke daerah itu dihasilkan setelah melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak membahas masalah perikanan dan nelayan.

“Saya sudah rapat di Jakarta dengan instansi terkait dan para perwakilan nelayan dari Banyuwangi, Situbondo, Lamongan, Tegal. Kami bicara dan dialog dengan segala macam masalahnya, termasuk masalah izin kapal di bawah 30 GT,” ujar Luhut.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyatakan siap memfasilitasi pengurusan ijin kapal di bawah 30 GT yang segera bisa diurus di daerah.

“Akan kami integrasikan dengan Mal Pelayanan Publik Banyuwangi, biar nelayan makin mudah mengurusnya,” kata Anas.

Luhut kembali menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk meneliti perairan Muncar.

“Saya sudah minta BPPT melakukan penelitian terkait keluhan tentang berkurangnya ikan Lemuru di perairan Muncar. Mereka tengah menelitinya. Intinya kami tidak ingin nelayan susah,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Luhut mengapresiasi program pertemuan rutin tiga pilar yang digagas oleh pemkab.

“Sinergitas tiga pilar ini, semua masalah dibahas bareng-bareng. Bagus sekali bisa dijadikan model untuk dibawa ke daerah lain. Saya datang juga karena menurut saya bagus,” ujar Luhut. 

(*)

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan Kencang

Jakarta – Malas konsumsi buah bisa membuat kulit kusam dan keriput. Kandungan vitamin dan mineral dari buah bisa bikin kulit sehat.

Tak harus mengeluarkan uang untuk membuat wajah sehat. Buah mengandung vitamin dan mineral alami ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Dikutip dalam beberapa sumber, ini 9 jenis buah sehat yang dapat menjaga kulit agar terhindar dari keriput dan juga jerawat.

Baca Juga: Perbanyak Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Kulit Mulus dan Bersih

1. Delima

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: GettyImages

Jus delima punya manfaat yang besar untuk kesehatan kulit. Jus ini dapat membantu samarkan garis dan bintik-bintik apabila dikonsumsi secara teratur.

Buah berwarna merah ini juga mengandung polifenol yang dapat melawan radikal bebas dan dapat meningkatkan aliran darah. Sehingga buah ini dapat membuat kulit sehat melalui proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Delima juga dapat mencegah serta mengobati kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Kulit buah ini juga dapat digunakan, untuk mendorong pertumbuhan sel dan menghambat keriput secara alami. Enzim yang memecah kolagen bisa membuat kulit terlihat awet muda.

2. Pisang

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Ternyata pisang mengandung asam amino yang dikenal dapat meningkatkan elastisitas kulit. Buahnya juga mengandung zinc dan kalium. Zinc dapat melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat, sedangkan kalium dapat menghidrasi kulit yang dehidrasi.

Tidak hanya buahnya, kulit pisang juga bisa digosokkan ke wajah secara perlahan untuk membantu cerahkan kulit wajah.

3. Semangka

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Buah yang segar ini juga dapat menyegarkan kulit Anda. Buah ini mengandung zat yang secara alami dapat mengencangkan kulit. Ketika Anda sedang merasa lelah karena baru pulang setelah melakukan aktifitas di luar, maka sebaiknya Anda membersihkan wajah Anda dengan irisan buah ini.

Buah ini dapat mengontrol tanda-tanda penuaan karena kandungan karotennya. Ini juga dikenal untuk menyamarkan bekas luka pada kulit jika dioleskan secara teratur.

4. Pepaya

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Pigmentasi dapat diatasi dengan buah ini. pepaya yang dihaluskan dapat dijadikan masker untuk membantu haluskan kulit yang kasar.

Selain bisa dijadikan sebagai masker wajah. Buah pepaya juga sangat bagus untuk

Banyak yang sudah mencegah keriput pada usia dini. Maka Anda bisa mengaplikasikan masker pepaya supaya dapat mengendalikan kerutan.

5. Kiwi

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Kiwi dikenal mengandung asam lemak Omega-3. Asam lemak ini dapat melindungi kulit dari kuman. Kiwi dapat mencegah Anda dari infeksi kulit. Bahkan buah ini juga dapa menjaga kekencangan kulit. Kiwi juga kaya akan vitamin C, yang dapat membantu tingkatkan produksi kolagen.

6. Jeruk

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Jeruk sangat baik untuk menghilangkan komedo. Jus jeruk juga dikenal dapat mengurangi noda pada wajah dan mengobati jerawat. Serta mengkonsumsi buah atau jus jeruk secara teratur dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah.

7. Apel

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Apel baik untuk Anda karena dapat membantu cerahkan kulit . Apel dapat memberikan perlindungan pada kulit secara efektif dengan menghilangkan patogen dan minyak berlebih pada wajah. Buah apel juga mengandung antioksidan dan juga vitamin C yang dapat membantu kulit nampak sehat dan halus.

8. Anggur

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Anggur adalah sumber vitamin C. Antioksidan yang terkandung pada anggur juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas selama musim dingin. Anggur juga mengandung potasium yaitu agen penting yang dapat melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan dapat mencegah keriput dan tanda penuaan.

9. Jambu biji

Rutin Makan 9 Buah yang Segar Manis Ini Bisa Bikin Kulit Mulus dan KencangFoto: iStock

Jambu biji adalah sumber Vitamin A, C, likopen, dan karoten yang baik. Semua kandungan ini dapat membantu mengurangi adanya garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Jambu biji juga merupakan sumber vitamin K yang baik sehingga mampu mengobati jerawat, iritasi kulit dan kemerahan pada wajah.

Dengan konsumsi jambu biji setiap hari, dapat menghindari wajah dari garis-garis halus, kulit kering dan noda hitam. Jambu biji enak dimakan langsung atau dibuat menjadi smoothies dan jus. Namun jangan tambahkan gula karena bisa menambah kandungan kalori dan berujung pada kenaikan berat badan.

Baca Juga: Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Bantu Berat Badan (lus/lus)

6 Resep Minuman Segar Kekinian, Balikin Harimu Jadi Makin Ceria

Magic Lemonade ini wajib banget Anda cobain saat cuaca sedang panas-panasnya. Tidak hanya rasanya yang membuat minuman ini menjadi segar, namun warna dari minuman ini juga bakal membuat Anda semakin bersemangat lagi. Soalnya, perubahan warna biru menjadi keunguan ini terjadi akibat perubahan pH saat air lemon dan sari bunga telang bertemu.

Begini resep minuman segar yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Bahan-bahannya cukup mudah ditemukan, kok.

Bahan-bahan:

10 gram bunga telang kering

8 buah lemon

1 liter air

1 liter soda

Es batu secukupnya

Cara membuat:

1. Rebus air dan bunga hingga mendidih dan berubah warna. Diamkan hingga suhu air turun, lalu saring dan bekukan ke dalam freezer

2. Potong lemon menjadi dua bagian, lalu ambil airnya dan sisihkan

3. Blender es bunga telang tadi hingga teksturnya menyerupai es serut

4. Siapkan gelas yang tinggi, lalu taruh es batu di bagian dasar gelas

5. Kemudian tuangkan air lemon di atasnya

6. Setelah itu, tata es bunga telang yang telah diblender di atasnya

7. Terakhir, tuang air soda secukupnya hingga terlihat perubahan warna

Rizal Ramli Hembuskan Angin Segar untuk Ahmad Dhani Soal Penahanannya

Surabaya – Rizal Ramli menjeguk Ahmad Dhani di Rutan Medaeng. Rizal mengaku prihatin dengan kondisi Dhani yang saat ini menjalani sidang video ‘idiot’ pencemaran nama baik.

Kehadiran Rizal Ramli ini membawa angin segar terhadap Dhani. Sebab apa yang dialami Dhani ini tidak akan lama. Dhani diharap sabar menghuni Rutan Medaeng.

Dia memprediksikan petahana yakni Capres dan Cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf tidak akan memang dalam pemilu 17 April mendatang. Hal itu, karena ada penangkapan Ahmad Dhani yang terjadi di era Jokowi yang diyakini membuat elektabilitas Paslon 01 menurun drastis.

Rizal Ramli mengaku mencium tanda-tanda kekalahan Jokowi di Pilpres April mendatang. Elektabilitasnya turun karena beberapa kebijakan yang diambil. Mulai dari penangkapan Ahmad Dhani hingga kebijakan ekomoni yang salah.
“Berat Jokowi menang lagi. Karena elektabilitasnya turun karena tangkap Ahmad Dhani,” ujar Rizal Ramli usai menjenguk suami Mulan Jameela di Rutan Medaeng, Sabtu (30/3/2019).

Tak hanya penangkapan Ahmad Dhani, kata dia, kekalahan Jokowi kentara setelah masyarakat mulai merasa susah imbas lesunya ekonomi Indonesia. Ditambah lagi banyaknya pengangguran dan sempitnya lowongan pekerjaan.

“Yang kedua ekonomi makin lama makin susah kok. Pekerjaan makin susah. Risiko makro ekonomi Indonesia makin tinggi. Berat Jokowi menang lagi,” tandasnya.

Rizal pun sempat bercerita tentang pengalamannya saat meringkuk di penjara, di era kepemerintahan Soeharto.

“Saya zaman Soeharto pada saat umur 22 tahun, diadili ditangkap karena menulis buku putih perjuangan mahasiswa. Saya dipenjara 1,5 tahun. Pada waktu itu pemerintahan Orba menggunakan undang-undang kolonial Haatzai Artikelen. Yaitu siapa yg menghina ratu Belanda bisa diadili dan dipenjara. di Belanda-nya sendiri UU Haatzai Artikelen sudah tidak ada,” ungkapnya.

Namun, jelas Rizal, undang-undang Haatzai Artikelen masih digunakan untuk menangkap oposisi seperti dirinya kala itu.

“Tapi pemerintahan Soeharto menggunakan undang-undang kolonial itu untuk menangkap oposisi. Pimpinan mahasiswa seperti saya pada saat berumur 22 tahun,” tambahnya.

Namun kini, kata Rizal, muncul undang-undang baru yang hampir sama dengan Haatzai Artikelen. Yakni UU ITE. Bahkan menurutnya saat ini lebih dahsyat dan lebih menyeramkan.

“Hari ini, ada undang-undang ITE yang lebih dahsyat, yang lebih menyeramkan yang lebih drakunian, yang dipakai untuk menangkap siapapun. Yang salah ngomong, yang salah tulis di sosmed langsung bisa ditangkap. Ini jauh lebih menyeramkan dari undang-undang kolonial zaman Belanda,” jelas Rizal Ramli.

setuju jika UU ITE digunakan untuk menjerat elektronik terorisme, seksual dan kejahatan keuangan. Tapi hanya untuk kejahatan elektronika, untuk terorisme, untuk kejahatan seksual lewat elektronika dan kejahatan keuangan.

“Tetapi sama sekali saya tidak setuju, undang-undang ITE digunakan untuk memberangus demokrasi buat nangkep orang beda pendapat, buat menangkap orang salah ngomong,” terangnya.
(fat/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cerita Akhir Pekan: Wajah Segar Taman Sempur Kota Bogor

Liputan6.com, Jakarta – Taman Sempur adalah salah satu ruang hijau terbuka yang hadir untuk masyarakat Kota Bogor. Dikepung pemukiman padat penduduk, Sempur dapat dijadikan tempat pilihan untuk bersantai bersama keluarga maupun teman.

Taman ikonik kota hujan ini terletak di Kecamatan Bogor Tengah. Posisinya bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor di sisi utara dan sebelah baratnya dibatasi oleh sungai Ciliwung.

Keindahan Taman Sempur yang terlihat apik nampaknya tidak terlepas dari cerita unik di masa lalu. Sebelum memiliki wajah baru seperti saat ini, taman tersebut melewati beberapa kali proses renovasi.

Melansir dari laman resmi Pemerintah Kota Bogor, Sabtu, 2 Maret 2019, taman yang awalnya bernama Lapangan Sempur itu sempat ditutup berbulan-bulan mulai Juli 2016. Pada 5 Februari 2017, taman kembali dibuka untuk umum yang diresmikan langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya.

Proses revitalisasi Taman Sempur pada 2016 tersebut menelan biaya sebesar Rp 2,2 miliar. Dengan biaya yang tidak sedikit, wajah Sempur semakin cantik dengan dilengkapi penerangan di 150 titik.

Kabid Pertamanan, PJU, dan Dekorasi Kota pada Dinas Perumahan Pemukiman (Perumkim) Kota Bogor Yadi Cahyadi menambahkan selain penerangan, Taman Sempur dilengkapi taman-taman tematik di sekelilingnya untuk mengakomodasi aktivitas anak-anak maupun komunitas anak muda seperti skate park, panjat tebing, dan lapangan basket. Rumput hijau seluas kurang lebih 100 meter x 65 meter di tengah taman juga menjadi daya tarik tersendiri.

Belum tuntas, pada 2018 Taman Sempur kembali direvitalisasi. Tidak banyak perubahan yang terjadi, hanya memperbaiki jogging track yang berada melingkari lapangan hijau. Yang awalnya menggunakan batu kerikil diganti dengan bahan rubber sintetik bewarna biru.

Semenjak diperbaiki, semakin banyak masyarakat yang mengunjungi Taman Sempur untuk berlari kecil mengelilingi lapangan. Bahkan, fasilitas satu ini menjadi tempat paling favorit untuk warga Bogor.

“Selain bisa nongkrong sama temen-temen, biasanya aku sering lari-lari di sini, emang sengaja datang ke sini dari Kabupaten Bogor. Banyak pohon-pohon tempatnya enak, apalagi di sini banyak kenangannya jadi ketagihan berkunjung ke Taman Sempur,” ujar Chika, salah satu pengunjung Taman Sempur.

Sebagai pelengkap, disediakan fasilitas refleksi bagi para manula yang berada di sisi selatan lapangan dengan panjang kurang lebih 10 meter. Untuk para anak muda yang ingin menghabiskan waktu bersantainya untuk mengobrol atau sekadar duduk di bangku taman yang tersedia di sekitaran paving block.

Sementara, adanya Taman Kaulinan, yaitu tempat bermain untuk anak-anak, juga sangat membantu orangtua mengajak anaknya bermain dengan nyaman dan gratis. Taman tersebut memberikan beberapa wahana bermain untuk anak seperti permainan ular tangga, perosotan, dan jaring-jaring.

Taman Sempur ini menjadi pilihan untuk liburan akhir pekan karena anak-anak dapat bermain leluasa di area bermain atau di tengah Lapangan Sempur,” ujar Purwati, pengunjung Taman Sempur.

2 dari 2 halaman

Asal-usul Sempur

Sebelum hadir dengan wajah baru, konon dulu sebelum tahun 1900-an Sempur lebih dikenal dengan nama Kedoeng Halang. Bahkan sebagaian besar lahan yang berada di daerah itu adalah persawahan. Namun karena letaknya yang sangat dekat dengan pusat perkotaan, Sempur waktu itu menjadi daerah pemukiman.

Lokasinya yang dekat dengan Istana Bogor, Karesidenan, dan pusat kota menjadikan Sempur menjadi lokasi pemukiman favorit bagi para pembesar dan orang-orang Eropa khusunya Belanda.

Beberapa sumber menyatakan bahwa nama Sempur berasal dari nama satu jenis pohon, yaitu pohon Sempur. Melansir dari berbagai sumber di daerah tersebut dulunya banyak ditumbuhi pohon-pohon Sempur.

Pohon Sempur ini mempunyai buah yang bentuknya mirip dengan buah melon yang ukurannya relatif kecil. Rasa buahnya mirip seperti buah jambu air.

Ada juga yang mengatakan bahwa sempur berasal dari kata sampur yang dari bahasa asing yang artinya tempat pemandian atau kolam renang. Keberadaan kolam renang tersebut hingga kini masih bisa ditemukan bekasnya meski sudah beralih fungsi. Sampai saat ini, Sempur terus berbenah dan menjadi taman ikonik di Kota Bogor. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

Pasokan Cadangan Gas Besar di Sumsel Diprioritaskan untuk Domestik

Liputan6.com, Jakarta – Repsol telah menemukan cadangan gas di‎ ‎Blok Sakakemang, Sumatera Selatan, sebesar 2 triliun kaki kubik (Trillion Cobic Feet/TCF).

Hal ini menjadi angin segar bagi industri hulu minyak dan gas bumi (migas) Indonesia sebab selama 18 tahun baru ditemukan kembali cadangan gas skala besar.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan, gas yang dihasilkan dari blok migas yang dioperatori perusahaan migas asal Spanyol tersebut, akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“‎Untuk dalam negeri (pasokan gasnya),” kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM‎, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Arcandra menuturkan, pasokan gas untuk dalam negeri tidak akan berlebih. Untuk infrastruktur penyaluran gasnya akan memanfaatkan yang sudah dioperasikan. 

“Enggak akan lebih. ‎Kita dalam kebutuhan untuk negeri. ‎Infrastruktur bisa digunakan sekitarnya,” tutur dia.

2 dari 2 halaman

Repsol Temukan Ladang Gas Terbesar di Sumsel

Sebelumnya, ‎Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan Repsol telah menemukan potensi cadangan gas yang besar di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan, tak tanggung-tanggung, cadangan gas yang ditemukan oleh perusahaan migas asal Spanyol‎ tersebut diperkirakan mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF).

“Ini lokasinya di Banyu Asin. Potensi lebih kurang 2 TCF. Asumsi sekarang, rig 1.500 HB. Kadang dikerjakan bertahun tahun gak dapat, dengan kedalaman 2.430 meter dapat cadangan. 2004 sudah dilakukan dengan KBD 1, kurang memberikan hasil yang bagus. Ternyata ada disebelahnya yang lebih bagus cadangannya,” ‎ujar dia.

Menurut dia, selain potensi gas yang besar, temuan ladang gas ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Sebab, setelah 18 tahun akhirnya ditemukan cadangan gas baru dalam jumlah yang besar.

“Ini penting kita sampaikan, karena KBD 2X di Indonesia, potensi tersebut setelah 18 tahun. Ini adalah penemuan yang signifikan. Setelah dua dekade. Ini perlu kita syukuri, ini semoga jadi angin baru untuk penemuan mendatang. Di 2018-2019 ini adalah penemuan terbesar nomor 4 di dunia,” kata dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:


Deflasi Februari 0,08 Persen, Ini Tanggapan BI

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi deflasi 0,08 persen pada Februari 2019.

Ini berbanding terbalik dibandingkan Februari 2018 yang mengalami inflasi yang sebesar 0,17 persen (yoy) dan Januari 2019 yang sebesar 0,32 persen (mtm).

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyatakan, deflasi yang terjadi pada bulan ini menunjukan pencapaian positif di awal tahun.

Artinya, pemerintah telah berhasil dan menekan sejumlah beberapa harga kebutuhan pokok di tingkat masyarakat.

“Dan ini juga sejalan dengan survei pemantauan harga yang kami sampaikan sebelumnya bahwa memang harga-harga Alhamdulillah terus terkendali,” kata dia saat ditemui di Kompleks Masjid Bank Indonesia, Jumat (1/3/2019).

Perry mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya, sejumlah harga dari beberapa komoditas memang telah turun. Penurunan itu terjadi misalnya pada daging ayam, cabai merah, bawang, hingga telur.

“(Berkat) koordinasi dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, Bank Indonesia dan berbagai pihak menunjukan bahwa harga harga terkendali untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semua komoditas khususnya bahan bahan makanan itu mengalami penurunan,” pungkasnya.


Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Laporan BPS

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indonesia mengalami deflasi0,08 persen pada Februari 2019. Ini berbeda dibandingkan Februari 2018 yang mengalami inflasi sebesar 0,17 persen (yoy) dan Januari 2019 sebesar 0,32 persen (mtm).

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti melaporkan dari 82 kota cakupan perhitungan indeks harga konsumen (IHK), sebanyak 69 kota mengalami deflasi. Sedangkan 13 kota mengalami inflasi.

Deflasi tertinggi terjadi di Merauke sebesar 2,11 persen dan terendah Serang sebesar 0,02 persen. Sedangkan inflasi tertinggi yaitu di Tual sebesar 2,98 persen dan terendah di Kendari sebesar 0,03 persen.

“Deflasi di Merauke lebih disebabkan oleh penurunan harga sayuran, cabai, itu mengalami penurunan harga. Inflasi tertinggi di Tual disebabkan karena sayuran khususnya bayam dan ikan segar,” tandas dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Apa Warna Kamar yang Cocok untuk Perempuan Aktif?

Liputan6.com, Jakarta – Tahukah Anda, ternyata warna memiliki pengaruh yang cukup besar dalam psikologi seseorang. Hal ini juga berlaku ketika memilih warna dinding kamar yang sangat membantu dalam menaikkan suasana hati.

Fimela.com menulis, terkait hal tersebut tidak disarankan untuk asal pilih warna kamar karena dapat mempengaruhi mood. Anda termasuk perempuan aktif? Ada beberapa yang disarakan soal pemilihan warna kamar.

Warna yang cocok untuk perempuan aktif tidak lain adalah hijau, toska, ungu, dan biru. Bukan tanpa alasan, tetapi masing-masing warna mempunyai makna tersendiri apalagi sebagai warna kamar.

Warna hijau memberikan efek segar dan teduh, sedangkan warna biru hadir dengan efek menenangkan bagi mereka para perempuan yang penuh semangat. Lantas, warna ungu berarti keseimbangan.

Ungu sendiri dapat dipadu dengan pink muda dan mengarahkan suasana hati untuk beristirahat. Anda ingin memberi kesan ruangan yang luas? Maka pilihlah warna toska. Seperti ungu, toska juga akan mengundang untuk segera istirahat.

Sementara bagi perempuan pasif, keempat warna di atas sangat tak disarankan. Hal ini karena akan membuat mereka kian malas untuk melakukan berbagai hal dan beraktivitas.

Keempat warna itu akan membuat seseorang kian malas bergerak di dalam kamar dan melakukan hal lain. Nah, maka dari itu, pilihan warna cat kamar yang sesuai dengan kepribadian untuk mendukung Anda. (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Bruno Mars Bikin Rija Abbas Semangat Berkarya Lagi

Liputan6.com, Jakarta – Lama tak terdengar Rija Abbas membawa kabar baik. Pelantun lagu “Butiran Debu” itu memutuskan untuk kembali ke dunia musik. Seperti diketahui, Rija Abbas sempat mengalami trauma dalam bermusik.

Rija Abbas bahkan sempat bekerja menjadi pelayan kafe untuk bertahan hidup di Jakarta. Ia juga sempat pulang kampung ke Makassar untuk menghindari ingar-bingar dunia musik Tanah Air.

Namun Rija Abbas rupanya tak bisa menyembunyikan kecintaannya terhadap musik. Kini pria yang sempat berseteru dengan Farhat Abbas itu pun memutuskan untuk menyanyi lagi lewat single baru yang bertajuk “Katakan Sekarang”.

“Baru kembali lagi ke dunia musik, ini single baru. Mudah-mudahan masyarakat Indonesia suka, karena lagu ini gue suka banget. Gue ingin bisa fighting lagi di dunia musik,” kata Rija Abbas ditemui di Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019).

2 dari 3 halaman

Peran Bruno Mars

Menariknya, ada peran Bruno Mars di balik keputusan comeback Rija Abbas. Meski bukan secara langsung, namun sosok pelantun lagu “Treasure” itu membuat Rija Abbas kembali bergairah dalam bermusik.

“Ini gue banget, karena gue pengin seperti superstar luar sana, Bruno Mars. Gue pengin sesuatu yang baru, gue enggak mau dibilang penyanyi yang lagunya sedih mulu dan pengin nangis. Ini ssesuatu yang baru dari Rija dan lebih segar,” ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Aransemen

Lagu “Katakan Sekarang” diciptakan sendiri oleh Rija Abbas. Di bawah naungan 401 Entertainment, Rija menggandeng Asta RAN dan Handy Soulvibe sebagai music director.

“Biasanya lagu Rija sedih-sedih mulu. Lalu bertemu dengan Asta RAN dan Handy Soulvibe itu jadi remake lagu galau tapi dibuat dengan aransemen senang, milenial. Jadi lirik galau banget, tapi musiknya dibikin kekinian,” ucap Rija Abbas.

“Lagunya tentang cerita sepasang kekasih yang sudah bosan, enggak sayang dan cinta lagi. Jadi mending dikatakan sekarang saja,” ia menandaskan.