Mengenal Sosok Asli Pemeran Paman Dolit yang Baru Meninggal

Liputan6.com, Jakarta – Pemeran Paman Dolit, Mochammad Syafi Saleh menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu, 20 Januari 2019. Ia ditemukan meninggal di kamar kosnya dengan penyebab yang belum diketahui.

Paman Dolit dikenal oleh anak-anak pada 1990-an sebagai pendongeng. Penampilannya saat mendongeng terlihat nyentrik tapi membawa kesan lucu. Ia tampil dengan mengenakan topeng andalannya, yakni sepasang kacamata yang disertai dengan hidung besar dan kumis yang lebat.

Tak hanya itu, penampilan andalannya yang menjadi ciri khasnya juga dilengkapi dengan syal dan topi. Sarung tangan bergaya robot pun selalu terpasang di tangan kirinya.

Namun, bagaimana sebetulnya sosok asli Paman Dolit?

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari Facebook Soni Adib Sanjaya, teman seangkatannya, Mochammad Syafi Saleh akrab dipanggil dengan panggilan Mas Memed. Memed merupakan alumni SMA Negeri 22 Surabaya angkatan 1977. Soni merupakan teman seangkatan Memed.

Sebelum menjadi komedian, Memed pernah menjalankan komik anak bersama Wahyu Kokkang, yang kini telah menjalani karirnya sebagai komikus ‘Clekit’ di Jawa Pos. Saat itu, penampilan Memed berbeda dari saat ia memerankan Paman Dolit. Memed tampil dengan rambut gondrongnya, penampilan dan gaya aslinya pun terkesan santai.

Sekitar 1999, Memed dan Wahyu menggarap komik anak yang terbit setiap hari Minggu di Radar Surabaya selama setahun. Komik tersebut berisi gabungan antara gambar kartun dan foto-foto kegiatan Paman Dolit bersama anak-anak.

Foto tersebut merupakan hasil jepretan Toto Santiko Budi, teman mereka. Begitulah yang diceritakan Wahyu dalam unggahan Facebook-nya.

“Ide awalnya digodok bareng-bareng antara Saya, Memed, Toto dan Pimred Radar Surabaya saat itu, Luthfi Subagio,” tulis Wahyu. Mereka menggarap tema yang cukup sederhana, seperti mengenal satwa, melihat pesawat dan lain-lain.

Pemotretannya dilakukan langsung di lokasi bersama Paman Dolit dan anak-anak. Hasil foto tersebut kemudian dipilih dan digarap hingga proses desain komik selesai.

Tak hanya itu, Wahyu juga menggambarkan Memed sebagai sosok yang lucu. Mereka juga sering membicarakan banyak hal, termasuk proses terapi yang dijalani oleh Memed yang menderita diabetes saat itu. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Tonjolkan Kepribadian, Aroma Parfum yang Cocok Berdasarkan Zodiak

Liputan6.com, Jakarta – Dewasa ini, parfum menjadi hal yang penting digunakan sebelum beraktivitas. Apalagi parfum juga bisa membuat Anda lebih percaya diri karena bisa menggunakan aroma yang cocok dengan diri Anda.

Namun, seringkali kita bingung memilih mana warna parfum yang sesuai dengan diri kita. Belum lagi, bila parfum tersebut tak sesuai dengan keinginan kita, membuat kita merasa sayang telah membuang uang untuk parfum yang belum tentu disukai.

Jangan khawatir, parfum juga bisa dipilih berdasarkan zodiak yang mencerminkan kepribadian. Dilansir dari laman purewow.com, Senin, 21 Januari 2019, berikut beberapa aroma parfum yang cocok dengan zodiakmu. Kamu juga bisa memberikannya kepada orang terkasih, kok.

1. Aquarius

Orang yang berzodiak Aquarius umumnya dikenal sebagai petualang sejati. Selain itu, mereka juga sangat penasaran dengan hal-hal di sekitarnya. Aroma parfum ala pantai yang segar cocok dengan kepribadianmu yang enerjik.

2. Pisces

Mereka yang berzodiak Pisces adalah orang yang hangat dan mudah memiliki belas kasihan. Karena itu, parfum beraroma bunga-bungaan sangat cocok untuk Anda karena menambah kesan bersahabat.

3. Aries

Kuat, berani dan percaya diri, itulah watak umum orang yang berzodiak Aries. Karena itu, mereka butuh parfum dengan aroma yang sedikit tajam, seperti aroma kayu.

2 dari 4 halaman

4. Taurus

Mereka yang berzodiak Taurus adalah teman yang hebat, sebab mereka orangnya bisa diandalkan dan juga tidak labil. Parfum dengan aroma tanah yang harum akan membuatmu menjadi pusat perhatian orang di sekelilingmu.

5. Gemini

Orang berzodiak Gemini ini memiliki ide yang banyak. Ia juga bisa menerima dan menyerap keadaan apapun di sekelilingnya. Mereka cocok dengan aroma parfum yang kompleks dan terdiri dari campuran aroma yang bisa berubah saat disemprot.

6. Cancer

Cancer adalah orang yang sederhana. Di balik itu, ia menyimpan hati yang hangat dan sangat memperhatikan sekelilingnya. Untuk itulah, Cancer sangat cocok dengan aroma vanila atau bunga mawar.

3 dari 4 halaman

7. Leo

Mereka yang berzodiak Leo, terutama perempuan, memiliki kharisma tersendiri. Ke manapun mereka melangkah, mata orang tertuju padanya. Karena itu, Leo butuh parfum yang beraroma tajam, seperti musk.

8. Virgo

Kelihatannya, orang yang berzodiak Virgo ini tenang. Tapi, sekali kita mengorek informasi darinya, ia penuh dengan pengetahuan yang hendak diberikannya kepada kita.

Karena itu, mereka yang berzodiak Virgo ini butuh parfum beraroma kompleks, seimbang antara aroma lama dan baru, seperti aroma kulit dan buah plum.

9. Libra

Libra ini orangnya menawan tapi santai, sehingga banyak orang yang datang kepada mereka. Karena itu, berikan mereka parfum yang manis tapi beraroma ringan agar kepribadiannya semakin nyata.

4 dari 4 halaman

10. Scorpio

Scorpio ini orangnya suka ‘mengejar’ apapun dalam hidupnya. Ia mengejarnya dengan penuh gairah baik di tempat kerja ataupun dalam dunia percintaannya. Parfum beraroma nilam yang kuat ini cocok untuk Anda sebab aromanya menonjolkan semangat Anda yang membara.

11. Sagitarius

Sagitarius ini dikenal dengan selera humor dan spontanitas, terutama perempuan. Mereka juga membawa kesenangan dalam sekitarnya. Anda harus memakai parfum beraroma citrus yang cerah agar wanginya pun bisa menyegarkan orang di sekitar Anda.

12. Capricorn

Capricorn ini memiliki kepribadian yang lembut, tapi sering terjebak dengan kesibukan yang sama. Karena itu, berikan mereka parfum dengan aroma yang kuat, seperti batu gerinda. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pemkot Batam Minta PNS Urunan Dana untuk Ringankan Beban Terpidana Korupsi

Jakarta

Pemerintah Kota Batam mengaku pernah mengeluarkan surat edaran yang meminta para pegawai negeri sipil (PNS) urunan membantu terpidana korupsi, Abd Samad, yang merupakan mantan PNS pada instansi terkait, pada 26 Desember 2018.

Pada surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, H. Jefridin, pemerintah kota meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh pegawai di lingkungan pemerintah Kota Batam untuk ‘meringankan beban hukuman’ Abd Samad, mantan Kasubbag Bantuan Sosial bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Batam, yang tersandung kasus korupsi.

Mahkamah Agung sudah menjatuhi hukuman empat tahun penjara dan denda sebesar Rp 626,36 juta kepada Abd Samad, terkait kasus hibah bantuan sosial pemerintah kota Batam untuk guru TPQ pada 2011.

Berdasarkan surat itu, jika Abd Samad yang ditahan di Rumah Tahanan Kelas 1 Tanjung Pinang, tidak membayar denda, masa hukumannya akan ditambah menjadi lima tahun enam bulan. Namun, jika dia sanggup membayar denda, dia akan bebas pada akhir Desember 2018.

Surat tersebut juga ditembuskan kepada Wali Kota Batam, Wakil Wali Kota Batam, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Batam, serta Inspektorat Daerah Kota Batam.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), M Sahir, membenarkan isi surat tersebut. Tujuannya, katanya, untuk membantu meringankan beban denda yang harus ditanggung terpidana korupsi itu.

Ia mengatakan pemerintah kota meminta para PNS untuk memberikan bantuan atau sumbangan sebesar minimal Rp 50.000 per-PNS, setelah istri Samad mengirimkan surat permohonan bantuan kepada pemerintah kota Batam, ujar Sahir.

“Dasarnya sederhana sekali, ini terkait jiwa korsa terhadap sesama pegawai,” ujar Sahir di Kantor Wali Kota Batam kepada wartawan Muhammad Zuhri, yang melaporkan untuk BBC News Indonesia.

“Maka kami ajak kawan-kawan untuk meringankan hukumannya,” katanya. Namun setelah surat tersebut menjadi viral di masyarakat, Sahir mengakui hal itu adalah sebuah kesalahan. Ke depan, katanya, ketika pihak pemerintah kota mengajak para PNS menunjukkan jiwa korsa mereka, hal itu dapat dilakukan secara lisan saja. “Ataupun bisa koordinasi dengan pihak Korpri saja, mungkin akan lebih tepat, tapi saat ini dana bantuan itu belum terkumpul,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, enggan mengomentari surat yang ia tanda tangani tersebut. Ia meminta pertanyaan ditujukkan ke Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), M Sahir.

Para PNS mengaku tidak tahu

Beberapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Batam mengaku tidak mengetahui surat edaran permohonan bantuan dana itu. Salah seorang PNS mengaku belum pernah mendapat arahan terkait hal itu.

“Tak ada, saya malah baru tahu, jika ada arahan, biasanya disebar,” ujar PNS perempuan itu.

Pegawai lainnya juga mengatakan hal yang sama, ia baru saja mengetahui kabar tersebut. Selama ini juga belum ada imbauan dalam organisasi perangkat daerah tempat dia bekerja.

“Ya baru tahu ini,” ujarnya singkat.

Sementara itu, beberapa pegawai lainnya tutup mulut ketika ditanya perihal ini.

Surat edaran dilaporkan ke ICW

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Dewi Anggraeni mengatakan ICW menerima laporan tersebut melalui pesan anonim di akun Instagram ICW @sahabatICW pada 10 Januari lalu.

Hingga sekarang, lanjut Dewi, ICW belum menindak lanjuti laporan tersebut. Namun, Dewi mengatakan, ICW akan menelusuri lebih lanjut soal laporan ini.

Menurut Dewi, hal ini menunjukkan pengamalan semangat korsa antara PNS yang tidak tepat.

“Kalau ICW sendiri melihatnya miris karena ini kan sudah terbukti kasus korupsi, seharusnya ditangani secara tegas. Tapi, ya semangat korsanya itu menurut kami juga berlebihan. Mengapa sampai dibebankan ke orang yang tidak ada sangkut pautnya juga?” kata Dewi kepada wartawan BBC Indonesia Callistasia Wijaya.

“Kalau menurut kami juga malah sebenarnya ini salah satu cara-cara baru. Jadi untuk meminimalisir uang yang harus saya gantikan, misalnya saya sebagai koruptor, uang yang harus saya gantikan dan harus saya berikan ke penegak hukum supaya tidak terlalu besar dari sisi saya, saya bisa membagi-baginya.”

Ketika seorang PNS sepakat untuk urunan, lanjutnya, hal itu akan berdampak pada semakin mudahnya praktik korupsi di kalangan birokrasi.

“Itu akan semakin memudahkan tindakan korupsi itu dilakukan. Jadi ya, yaudah nggak apa-apa (korupsi) dilakukan bersama-sama, nanti ada satu orang yang jadi tumbal, tapi uang penggantinya akan ditanggung bersama-sama. Akan menjadi semakin miris sih,” katanya.

Dugaan terjadinya maladministrasi

Pengamat reformasi administrasi dari Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat, Yogi Suprayogi Sugandi, mengatakan dugaan maladministrasi telah terjadi pada kasus ini karena surat edaran itu tidak memiliki basis peraturan dan tidak sesuai dengan etika ASN.

“Kalau ada surat itu, itu adalah satu bentuk maladministrasi, kesalahan administrasi yang masif. Jadi terlihat dibuat-dibuatnya,” kata Yogi.

“Pertama, dia melanggar etika, perilaku ASN yang tentang integritas. Yang kedua, integritas si Kepala BKD (badan kepegawaian daerah), yang mengeluarkan surat itu dipertanyakan. Atas perintah siapa (surat itu dikeluarkan)?” kata Yogi.

Dia menambahkan meski surat itu bersifat himbauan yang tidak memaksa, ASN akan menuruti permohonan yang dicantumkan itu.

Jika ada PNS yang ikut menyumbang untuk si terpidana, kata Yogi, itu sama saja mereka berkontribusi pada tindak kejahatan.

“Kalau orang ikut bekerja sama melakukan kejahatan, dia mengumpulkan uang, dan sebagainya, walau Rp 50.000 itu termasuk ikut kejahatan juga. Walaupun dia menyumbang,” kata Yogi.

Yogi menyebut hal ini dapat digolongkan sebagai pungutan liar dan penegak hukum harus menyelidiki kasus ini.

Senada dengan Dewi dari ICW, Yogi mengatakan semangat korsa telah dilaksanakan secara tidak tepat dalam kasus ini.

“Masa kejahatan untuk menutupi kejahatan? Ya nggak bisa dong. Itu kan masalah integritas anti korupsi,” katanya.

(zak/zak) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tips Usaha Kuliner Ini Cocok Untuk Kamu yang Baru Merintis Bisnis

Liputan6.com, Jakarta Kamu tertarik untuk membuka usaha kuliner? Cabang usaha ini memang menjadi salah satu usaha yang menjanjikan.

Keuntungan dapat dengan mudah kamu raih karena makanan sejatinya merupakan kebutuhan pokok manusia. Tentunya makanan tidak dapat dipisahkan dari manusia.

Banyak macam usaha kuliner yang bisa dicoba untuk kamu para pemula. Saat ini sudah banyak usaha kuliner dengan label kekinian. Peminatnya pun tak sedikit, membuat bisnis ini terus berkembang.

Namun sebelum kamu memutuskan untuk membuka usaha kuliner, seperti yang dirangkum Liputan6.com, Senin (21/1/2019) 8 hal ini perlu kamu perhatikan dalam membuka usaha kuliner.

2 dari 3 halaman

8 Hal ini perlu kamu perhatikan dalam membuka usaha kuliner

1. Modal Awal Usaha

Yang paling utama dalam memulai usaha kuliner kamu adalah perlunya menyediakan modal. Jika kamu tidak mempunyai modal yang cukup, ada banyak cara untuk menutupi kekurangan modal, misalnya mencari rekanan yang bisa diajak kerja sama, meminjam ke koperasi atau bank melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk pelaku UKM.

2. Lokasi Usaha

Tentukanlah tempat usaha yang banyak dikunjungi atau dilewati banyak orang. Saat menentukan lokasi usaha kamu juga harus memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan.

3. Menu Andalan

Sebelum memulai usaha, sebaiknya kamu melakukan penelitian terlebih dahulu tentang menu yang beredar di pasar. Kemudian, pilihlah menu yang belum banyak dijual agar mengurangi tingkat persaingan. Namun, pilihan menu tersebut harus disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.

4. Pemasok Bahan Baku

Memiliki pemasok tetap yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya sangat dianjurkan untuk kelancaran proses produksi.

Selain bisa mendapatkan harga relatif murah, kamu pun bisa menjadi orang kepercayaan jika berada dalam keadaan sulit atau terjepit modal.

Selain itu, kamu juga bisa diprioritaskan jika suatu saat bahan baku yang dibutuhkan langka di pasaran. Usahakan memiliki lebih dari satu pemasok sebagai alternatif bila pemasok yang satu tidak bisa menyediakan permintaan.

5. Sumber Daya Manusia (SDM)

Idealnya, karyawan terbagi ke dalam kelompok tukang masak, pelayan, dan kasir. Namun, bila usaha tergolong kecil, seorang asisten yang dapat mempermudah pekerjaanmu itu saja sudah cukup.

Jangan lupa untuk memerhatikan kesejahteraan karyawan dengan memberi gaji sepadan dan tepat waktu. Hal ini untuk menjaga kestabilan keterampilan dan kesiapan karyawan.

6. Target Pemasaran

Menyesuaikan jenis usaha kuliner dengan target pasar merupakan salah satu kunci sukses menjalankan usaha makanan dan minuman. Walaupun kamu menawarkan harga murah meriah sekalipun, jika tidak sesuai dengan selera konsumen, ini bisa menjadi kendala.

7. Promosi yang Tepat

Promosi dari mulut ke mulut hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi usaha kamu ke banyak orang. Ini berhasil jika kamu bisa memuaskan konsumen dan nantinya mereka pun bisa menjadi pelanggan setia.

Selain itu saat ini juga sudah banyak media promosi lain yang juga efektif, contohnya media sosial.

8. Perizinan Usaha

Demi keamanan dan kenyamanan usaha, pastikan kamu sudah mengurus surat izin usaha dari instansi pemerintahan atau pihak berwenang setempat.

Jika usaha semakin berkembang dan besar, ada baiknya segera mengurus Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP) bagi usahamu, mengurus perizinan ke Kementerian Kesehatan, bahkan kalau bisa mengurus sertifikasi halal untuk semua produk usahamu ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Setelah kamu memahami apa saja yang perlu kamu perhatikan saat memulai usaha kuliner, maka kamu dapat memilih jenis usaha kuliner apa yang akan kamu ambil.

Tak perlu langsung memilih usaha kuliner berskala besar. Kamu bisa mulai dengan usaha kuliner kecil seperti membuka stand makanan atau minuman. Namun jika kamu punya cukup modal dan berani mengambil resiko yang ada maka kamu dapat menyewa tempat untuk membuka restoran atau toko.

Berikut beberapa usaha kuliner yang liputan6 rangkum dan bisa jadi pilihanmu dalam membuka usaha:

3 dari 3 halaman

Beberapa pilihan usaha kuliner

1. Usaha makanan ringan

Makanan ringan atau snack merupakan makanan yang digemari semua orang dari berbagai usia. Makanan ringan ini dapat berupa aneka gorengan, keripik, atau kue. Bahan yang dapat kamu gunakan juga tergolong sederhana seperti pisang, singkong, kentang, ubi dan masih banyak lagi.

2. Makanan berat

Semua orang pasti butuh makanan berat untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat mereka. Kamu bisa membuka warung makan sederhana atau restoran. Untuk menu kamu dapat memilihnya sendiri sesuai dengan riset yang telah dibuat mengenai menu yang digemari orang saat ini.

Banyak pilihan menu makanan berat yang dapat kamu tawarkan. Kamu bisa fokus pada satu jenis menu atau dengan berbagai jenis menu.

3. Usaha minuman segar

Tak hanya makanan, minuman juga merupakan kebutuhan masyarakat. Usaha minuman cocok kamu pilih untuk membuka usaha. Usaha minuman ini misalnya jus buah, susu, kopi, coklat, dan masih banyak lagi. Kedai kopi misalnya, saat ini mulai digandrungi anak muda.


Reporter: Anugerah Ayu Sendari

5 Jurus Bangkitkan Semangat Kerja, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang pegawai di suatu perusahaan tentunya akan memiliki pekerjaan yang sangat monoton setiap harinya. Hal ini terkadang akan membuat Anda merasa cepat bosan dan tidak bersemangat, bukan?

Meskipun hal ini wajar, namun jangan biarkan Anda untuk larut dalam keadaan seperti ini. Berikut berdasarkan lifestyle.abs, ada 5 hal yang dapat membantu untuk membangkitkan semangat kerja Anda:

1. Kelilingi diri Anda dengan rekan kerja yang memiliki semangat tinggi

Bertemannya dengan rekan kerja yang bisa memberi pengaruh baik bagi Anda. Jika Anda memiliki rekan kerja yang baik, memiliki semangat kerja yang tinggi setiap hari, maka semangat yang mereka miliki setidaknya akan tertular kepada Anda.

2. Cobalah untuk mengerjakannya secara satu per satu

Saat ini multitasking memang menjadi salah satu syarat yang diajukan oleh pihak perusahaan bagi para pegawainya.

Namun, di saat semangat kita sedang turun, cobalah untuk mengerjakan tugas-tugas Anda secara perlahan dan satu per-satu.

Hal ini dapat mengistirahatkan otak Anda dari kepenatan akibat tumpukan tugas yang Anda kerjakan secara bersamaan.

3. Buat segalanya menjadi lebih mudah

Jika Anda merasa naik bis atau angkutan umum untuk pergi ke tempat kerja terasa menyulitkan, dan membuat Anda terasa begitu lelah, maka cobalah menggunakan kendaraan umum yang akan mempermudahkan Anda.

Cobalah untuk menggunakan ojek online atau bahkan taksi. Selain mempermudahkan Anda hal ini juga dapat membuat Anda merasa lebih nyaman.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Selain itu, jika Anda merasa pekerjaan Anda akhir-akhir ini begitu menyulitkan maka Anda dapat meminta pasangan, teman atau sahabat, bahkan keluarga Anda untuk menyemangati Anda.

Jika hal tersebut belum berhasil, hal lain yang harus Anda lakukan adalah memberi keyakinan pada diri Anda bahwa semuanya akan mudah untuk Anda lalui.

4. Rehatlah sebentar

Jika Anda masih merasa semangat Anda belum sepenuhya kembali, maka lakukanlah istirahat sejenak seperti menonton Youtube, membaca buku, atau menonton sebuah film kesukaan Anda.

Beristirahat sejenak tidak membuat tugas-tugas Anda menumpuk, bahkan hal tersebut dapat menyegarkan kembali pikiran Anda dan memberi semangat baru untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda.

5. Apresiasi setiap hasil kerja Anda

Jangan tunggu gajian atau bahkan akhir pekan untuk mengapresiasi hasil kerja Anda, hal tersebut pastinya akan membuat Anda tidak bersemangat.

Terkadang Anda harus merayakan dengan sederhana pencapaian yang telah didapatkan, karena hal ini akan membuat Anda lebih bersemangat lagi untuk melanjutkan segala tugas-tugas mendatang.

Mungkin mengembalikan semangat kerja Anda akan terasa begitu sulit. Namun satu hal yang terpenting adalah Anda harus yakin jika itu akan terjadi maka semangat Anda akan kembali pulih lagi nantinya.

6 Jajanan Pasar Khas Betawi yang Menggoyang Lidah

Liputan6.com, Jakarta – Jakarta tak hanya memiliki lokasi wisata sejarah, tapi juga mempunyai banyak jajanan pasar khas Betawi. Jajanan tersebut dengan dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional di Jakarta.

Ditemani secangkir teh atau kopi hidangan tersebut bisa memberikan pengalaman kuliner berbeda. Seperti dilansir dari buku Kuliner & Spa Jakarta, beberapa di antaranya dongkal, kembang goyang, putu mayang, cente manis, ongol-ongol, dodol Betawi.

Dongkal

Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung beras yang dimasukkan ke dalam wadah berbentuk kerucut kemudian dicampur dengan gula aren. Setelah itu, dikukus hingga matang. Kue yang biasa disajikan di atas daun pisang.

Cente Manis

Kue ini terbuat dari campuran tepung, sagu mutiara, dan santan. Camilan ini memiliki citarasa manis dengan tekstur yang kenyal. Kue ini berwarna-warni di dalamnya serta dibungkus rapi dengan menggunakan plastik bening.

2 dari 3 halaman

Kembang Goyang

Camilan tradisional ini berbentuk kembang dan cara membuatnya dengan digoyang-goyang. Bahan dasar camilan ini dari terbuat dari tepung beras, gula, dan di atasnya ditaburi wijen. Citarasanya gurih, manis, dan renyah. Camilan ini biasa banyak dibuat saat Lebaran atau saat hajatan masyarakat Betawi.

Ongol-Ongol

Camilan ini dibuat dari bahan tepung sagu dan gula aren. Camilan ini disajikan dengan campuran parutan kelapa pada bagian atasnya. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut dengan aroma khas dari gula aren. Camilan kuliner Betawi ini biasanya disajikan pada saat pesta pernikahan, khitanan.

3 dari 3 halaman

Dodol Betawi

Dodol Betawi biasanya dibuat sebagai makanan khusus pesta pernikahan, Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha. Hidangan khas Betawi ini memiliki tiga rasa yaitu ketan hitam, putih, dan durian. Dodol Betawi terbuat dari tepung beras, gula aren, santan yang diaduk hingga 8 jam.

Putu Mayang

Camilan ini terbuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi dan disajikan dengan gula cair dan kelapa parut. Kue ini berwarna putih, merah, atau hijau yang berasal dari duan pandan yang harum.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tujuan NKRI dan Penjelasannya, Wajib Dipahami Seluruh Warga Negara Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Negara adalah tempat yang menaungi seluruh aktivitas masyarakat dan pemerintahan, termasuk di dalamnya tentang pengaturan dan aktivitas pembangunan, ekonomi, transportasi, perdagangan, politik, dan lain sebagainya. Setiap orang di dunia ini pasti tinggal di dalam sebuah negara. Dengan tinggal di sebuah negara, orang tersebut haruslah menjadi warga negara yang baik.

Hal ini juga berlaku di negara kita, Indonesia. NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah bentuk negara yang terdiri dari wilayah kepulauan yang tersebar dengan beraneka ragam adat,budaya, suku dan keyakinan.

Istilah Negara Kesatuan Republik Indonesia merujuk pada UUD 1945 pasal 1 ayat 1 dengan bunyi,

“Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik. Ketentuan ini dijelaskan dalam pasal 18 UUD 1945 ayat (1) yang menyatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kota dan kabupaten, yang tiap-tiap kota, kabupaten dan provinsi itu mempunyai pemerintahan daerah yang diatur dengan undang-undang.”

Sebagai warga negara yang baik dan cinta tanah air seharusnya semua orang tahu mengenai tujuan NKRI. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, tujuan NKRI yang wajib dipahami oleh seluruh warga negara Indonesia.

2 dari 4 halaman

Tujuan Negara

Secara umum tujuan negara ialah untuk mencapai kesejahteraan umum, melaksanakan ketertiban umum dan memperluas kekuasaan.

Beberapa ahli dibidangnya juga berpendapat mengenai tujuan negara, seperti berikut.

Menurut Plato, tujuan negara ialah mewujudkan kesusilaan manusia sebagai mahkluk social dan individu

Menurut Rousseau, tujuan negara adalah memungkinkan rakyatnya berkembang dan mengembangkan daya ciptanya sebebas mungkin.

Sementara menurut Shan Yang dan Machiavelli, tujuan negara untuk memperluas kekuasaan sehingga rakyat wajib mau berkorban untuk kejayaan negara.

Menurut ajaran Teokratis, tujuan negara merupakan mencapai hidup yang tentram dana man dengan taat kepada Tuhan YME.

Dari beberapa pengertian tujuan negara yang disampaikan diatas, tujuan negara dibagi menjadi dua, yakni:

1. Tujuan Essensial, yang mempertahankan negara sebagai organisasi politik yang berdaulat

2. Tujuan Fakultatif, menyelenggarakan dan memperbesar kesejahteraan umum.

3 dari 4 halaman

Tujuan NKRI

Tujuan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indoensia) terbentuk berdasarkan perhitungan tempat, keadaan, waktu, serta sifat dari kekuasaan. Tujuan NKRI tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 alenia ke-empat.

Dalam UUD 1945 alenia ke-empat mengandung makna bahwa alenia keempat memuat tujuan nasional, penyusunan negara hukum, bentuk negara Republik Indonesia, Negara Kedaulatan Rakyat dan lima dasar negara.

Tujuan NKRI di dalam UUD 1945 alenia ke-empat berbunyi,

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonessia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan yang Maha Esa Kemanusiaan yang adil dan beradab persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebibaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945 alenia ke-empat tersebut dapat diketahui bahwa, tujuan NKRI ialah:

1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

2. Memajukan kesejahteraan umum

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa

4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

4 dari 4 halaman

Mewujudkan Tujuan NKRI

Tujuan NKRI diatas yang telah dirancang oleh para pendiri bangsa terdahulu, tentu diperlukan suatu usaha untuk mewujudkannya. Tak hanya dari pihak pemerintah tetapi juga peran dari seluruh rakyat Indonesia.

Dari keempat tujuan tersebut, masyarakat bisa turut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan atau mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai bentuk upaya mewujudkan tujuan NKRI salah satunya adalah dengan membela negara.

Cara sederhana lainnya yakni dengan menjaga perdamaian antar suku, umat beragama, saling menghormati. Mengejar ilmu hingga jenjang yang tinggi sehingga menjadi individu yang cerdas pasti mampu membawa negaranya mencapai kesejahteraan.

Tak hanya dari rakyat, pemerintah juga turut andil dalam mewuujudkan tujuan NKRI seperti selalu bersaing dalam perekonomian nasional maupun internasional dan mendukung program-program yang dicanangkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sebagai aksi ikut serta melaksanakan ketertiban dunia.

Demikian penjelasan singkat tentang tujuan negara, dan beberapa upaya pemerintah dan rakyat untuk turut dalam mewujudkan tujuan NKRI yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 alenia ke-empat.

Semoga artikel diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasanmu tentang tujuan NKRI dan kamu bisa turut dalam mewujudkan tujuan tersebut sebagai warga negara Indonesia.


Reporter: Loudia Mahartika

Resep Masakan Padang Terfavorit dan Sederhana, Bisa Kamu Coba di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal masakan Padang? Masakan asal Sumatra Barat ini merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia bahkan Internasional. Saking populernya masakan ini kamu bahkan tidak perlu berjunjung ke Padang untuk menikmatinya. Pasalnya, kini masakan Padang banyak sekali tersebar hampir di semua daerah di Indonesia.

Cita rasa rempah-rempah pada setiap masakan Padang dirasa sangat cocok untuk lidah masyarakat Indonesia dari berbagai daerah. Tidak sedikit juga orang yang ingin membuat sendiri masakan Padang sendiri di rumah.

Resep masakan Padang paling populer adalah rendang. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba resep masakan Padang lain yang tidak kalah enak dari rendang. Resep masakan Padang yang perlu kamu coba lainnya adalah gulai kepala ikan khas Padang.

Berikut resep masakan padang paling terfavorit yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Minggu (20/1/2019).

2 dari 6 halaman

Resep Masakan Padang Gulai Kepala Ikan

Beragam masakan khas Padang sering jumpai di restoran Padang. Salah satu menu favorit yang kerap dipesan adalah gulai kepala ikan. Kuah gulai yang kental dan tekstur daging kepala ikan yang lembut membuat setiap orang ketagihan saat menyantapnya dengan nasi panas dan sambal hijau.

Bahan gulai kepala ikan:

500 gram kepala ikan kakap merah3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

10 buah cabai merah keriting

10 butir bawang merah

6 siung bawang putih

1 sdt ketumbar, sangrai

8 cm kunyit (bisa diganti kunyit bubuk 1 sdm)

4 cm jahe, memarkan

4 cm lengkuas, memarkan

1 sdm garam

1 sdt merica

3 lembar daun salam

1 lembar daun kunyit, buat simpul

6 lembar daun jeruk

3 buah asam kandis

2 batang serai, memarkan

350ml santan cair

100 ml santan kental

1 buah jeruk nipis

3 dari 6 halaman

Cara memasak gulai kepala ikan

1. Potong jeruk nipis, peras jeruk nipis dan balurkan pada kepala kakap hingga merata.

2. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe keriting, kunyit, dan ketumbar.

3. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang. Tuang minyak secukupnya, aduk hingga rata. Tambahkan jahe, lengkuas, simpul daun kunyit, dan serai yang sudah dimemarkan. Tambahkan daun salam, kandis, dan 1 daun jeruk.

4. Masukkan kepala ikan kakap, aduk sampai kepala ikan berubah warna.

5. Tuang setengah bagian santan cair, kecilkan apinya dan tutup wajannya.

6. Masak selama 15 menit.

7. Masukkan sisa santan cair, masak sampai ikan matang.

8. Tambahkan santan kental, aduk sampai mendidih, angkat.

9. Hidangkan selagi panas dengan nasi hangat dan sambal hijau.

4 dari 6 halaman

Resep Masakan Padang Rendang Daging

Bahan rendang daging yang utama:

2 liter santan (dihasilkan dari 2 buah kelapa tua)

1,5 kg daging

Bahan-bahan:

2 lembar daun kunyit, simpulkan

4 lembar daun jeruk purut

2 cm asam kandis(gelugur)

2 batang daun serai, memarkan

bumbu halus rendang:

12 butir bawang merah

2 cm jahe, bakar

1 sdt jintan, sangrai

1/2 sdt pala

Penyedap rasa secukupnya

100 g cabe merah besar

3 cm kunyit, bakar

1/2 sdm ketumbar

2 sdt garam

6 siung bawang putih

5 butir kemiri

100gram cabe merah keriting

2 cm lengkuas

5 dari 6 halaman

Cara memasak resep rendang daging sapi spesial Padang

1. Olah dulu daging yang telah disiapkan: potong-potonglah daging rendang dengan bentuk dadu atau sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan.

2. Sebaiknya tidak memotong daging dengan ukuran terlalu kecil, supaya pada saat daging dimasak, tidak membuat daging menjadi hancur.

3. Siapkan wajan berukuran besar. Tuangkan santan ke dalamnya.

4. Masukkan juga serai, irisan bawang merah, asam dan daun kunyit.

5. Aduk-aduk bumbu sampai benar-benar mendidih, yakinkan bahwa santan yang sedang dimasak tidak pecah.

6. Selama proses ini kamu sebaiknya mengaduk-aduk santan dengan perlahan-lahan dan hingga benar-benar mendidih dan merata.

7. Jika santan telah mendidih, masukkanlah bumbu yang telah dihaluskan kedalamnya dengan perlahan-lahan dan sesekali mengaduk-aduk. Lakukan selama 20-30 menit.

8. Bila santan terlihat telah berminyak, Masukanlah potongan daging rendang yang sudah dibersihkan.

9. Atur nyala api kompor menggunakan api kecil atau sedang, lalu masaklah hingga santan mengental dan mengering dan juga bumbu meresap ke dalam pori pori daging.

10. Lanjutkan memasak hingga daging menjadi empuk dan matang dengan merata, sabar dan tekunlah untuk mengaduk-aduk perlahan dan terus-menerus supaya bagian dasar tidak menjadi gosong dan daging matang dengan sempurna.

6 dari 6 halaman

Resep Masakan Padang Soto Minang

Bumbu:

MericaCabe jawaKetumbarBawang putihJahePalaPekaKulit manisDaun seledriBawang goreng

Isian Soto:

Bihun

Daging sapi

Perkedel

Kerupuk merah

Cara Membuat:

1. Semua bumbu direbus kemudian dihaluskan

2. Setelah bahan dasar bumbu jadi, aduk merata di dalam air rebusan yang sudah berisi potongan daging sapi sebagai pemberi kaldu

3. Untuk memperkuat rasa, masukkan semangkuk bawang goreng bersamaan dengan minyak untuk menggorengnya. Ini juga yang membuat soto terasa lebih berminyak di lidah

4. Setelah kuah jadi, persiapkan mangkuk kecil berisi bihun, daging sapi, dan perkedel

5. Setelah itu banjur kuah yang sudah siap ke dalam mangkuk

6. Tambahkan kecap dan kerupuk merah ke dalam mangkuk

Nah, itu tadi ragam resep masakan khas Padang yang bisa kamu coba di rumah. Selamat memasak.


Reporter: Afifah Cinthia Pasha

Arti Tanda Tangan Mampu Melihat Kepribadian Seseorang, Ini 7 Maknanya

Liputan6.com, Jakarta Ternyata selain memperhatikan tingkah laku dan kebiasaan, dengan melihat sebuah tanda tangan seseorang pun dapat mengetahui kepribadian orang tersebut. Beragam arti tanda tangan dapat kamu lihat melalui goresan tangan orang itu. Layaknya, setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, maka arti tanda tangan pun dapat bebeda-beda satu dengan yang lainnya.

Pada tahun 1875 seorang pria berkebangsaan Perancis bernama Abbe J.H Michon mengemukakan sebuah teori bahwa sifat-sifat manusia dapat dikelompokkan berdasar ciri grafis tulisan. Ilmu yang mempelajari ciri grafis tulisan ini disebut dnegan Grafologi.

Grafologi atau bisa disebut dengan Ilmu Suratan Tangan atau Ilmu Tata Penulisan ini ialah analisis pola tuilisan tangan yang dapat mengidentifikasikan konidisi psikologis seseorang ataupun karakter seseorang. Dan grafologi berasal dari Yunani yaitu dari kata grapho yang berate menulis dan juga logos yang berarti kata.

Tanda tangan merupakan salah satu bentuk dari tulisan tangan seseorang, sehingga karakter seseorang pun dapat dilihat dan dianalisis melalui tanda tangannya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti tanda tangan untuk melihat kepribadian yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/1/2019).

2 dari 4 halaman

Arti Tanda Tangan Inisial dan Menggunakan Hiasan

1. Tanda Tangan Inisial

Banyak orang yang menggunakan inisial nama sebagai tanda tangan mereka. Arti tanda tangan yang menggunakan inisial nama ini biasanya merupakan sosok yang sangat menjaga privasi. Seseorang yang menggunakan inisial nama ini termasuk dalam tipe yang tidak suka bertele-tele. Mereka cenderung mengerjakan sesuatu yang cepat.

Jika kamu menggunakan inisial sebagai tanda tangan kamu, maka kamu termasuk seseorang yang memiliki sifat percaya diri yang tinggi, sangat ekspresif dan juga memiliki harga tinggi yang cukup tinggi. Apabila kamu menggunakan huruf depan yang lebih ditonjolkan, maka sifat tersebuh lebih dapat terlihat.

2. Tanda Tangan Penuh Hiasan

Kamu pernah melihat tanda tangan seseorang yang dipenuhi dengan hiasan? Baik itu bintang, bentuk hati atau hiasan lainnya. Arti tanda tangan yang dipenuhi hiasan ini ialah kamu termasuk orang yang ingin menunjukan bahwa kamu ingin mendapat perhatian dari orang lain. Akan tetapi seseorang dengan tanda tangan penuh hiasan dan dekorasi ini dapat berarti kamu seseorang yang kurang percaya diri.

Selain itu arti tanda tangan yang dipenuhi oleh hiasan juga mengartikan bahwa kamu memiliki kepribadian yang cukup agresif dan biasanya pintar berbohong. Dekorasi hiasan-hiasan pada tanda tangan juga dapat diartikan sebagai tameng yang melindungi dan menutup diri.

3 dari 4 halaman

Arti Tanda Tangan Berdasarkan Ukuran

3. Tanda Tangan dengan Ukuran Kecil

Ukuran tanda tangan pun dapat memiliki arti tersendiri. Arti tanda tangan dengan ukuran kecil atau besar dapat menunjukan kepribadian seseorang juga, lho. Apakah kamu termasuk seseorang yang memiliki sifat terbuka atau tertutup.

Semakin kecil ukuran tanda tangan yang kamu tuliskan, maka berarti kamu termasuk seseorang yang tertutup dan pendiam. Kamu juga termasuk orang yang memiliki banyak rahasia yang tak bisa dibagi dengan orang lain. Sebaliknya jika kamu memiliki tanda tangan yang berukuran cukup besar, kamu termasuk seseorang yang memiliki harapan, kebanggan serta keyakinan pada diri sendiri yang cukup besar.

4. Tanda Tangan Ukuran sedang

Selain ukuran kecil dan besar, ternyata tanda tangan dengan ukuran sedang pun memiliki arti yang berbeda. Kamu seseorang yang memiliki tanda tangan sedang? Maka arti tanda tangan milikmu ialah, kamu seseorang yang tak ingin diribetkan oleh suatu hal. Kamu cenderung melihat segala sesuatu secara sederhana tanpa perlu pusing untuk memikirkannya. Jadi semua kamu pandang secara sederhana termasuk membuat sebuah tanda tangan.

4 dari 4 halaman

Arti Tanda Tangan Berdasarkan Posisi Goresan

5. Tanda Tangan Miring ke Atas

Tanda tangan yang miring ke atas ini berarti kamu memiliki kepribadian yang selalu menganggap masa depan itu cerah dan percaya diri tinggi. Seseorang yang memiliki tanda tangan miring ke atas ini juga cenderung memiliki semangat kerja yang tinggi.

Selain itu, seseorang dengan tanda tangan miring ke atas juga termasuk orang yang memiliki ambisi yang tinggi dan pantang menyerah. Meskipun memiliki ambisi yang tinggi, tapi dibalik itu kamu juga termasuk orang yang ramah dan memiliki rasa peduli yang tinggi.

6. Tanda Tangan Berakhir Garis Bawah

Banyak orang yang memiliki jenis tanda tangan dengan garis bawah pada tanda tangan mereka. Tapi apa kamu tahu arti tanda tangan dengan garis bawah?

Seseorang dengan tanda tangan yang mempunyai garis bawah cenderung memiliki sifat yang penuh dengan keberanian dan keyakinan. Tanda tangan yang di akhiri dengan garis bawah juga menunjukan bahwa orang tersebut pantang menyerah. Selain itu, tanda tangan ini juga berarti kamu memiliki jiwa kepimpinan. Akan tetapi jika garis bawah pada tanda tangan yang kamu miliki terlalu pendek, bisa diartikan bahwa kamu termasuk seseorang yang bossy atau suka mengatur.

7. Tanda Tangan yang Tegak

Kamu memiliki tanda tangan yang tegak? Maka kamu termasuk dalam orang yang pandai beradaptasi dan memiliki emosi yang stabil. Selain itu arti tanda tangan tegak ini sering kali terlihat bahwa kamu memiliki pribadi yang kaku. Namun tentu saja meski pun kamu pandai beradaptasi dengan lingkungan dan memiliki emosi yang stabil, kamu juga memiliki kepribadian mudah bergaul dengan orang lain.

Jadi kamu bisa melihat karakter kepribadian seseorang dengan melihat tanda tangan, meski kamu tidak terlalau mengenal orang tersebut. Tertarik untuk mempelajari karakter seseornag dari tanda tangan mereka?


Reporter: Novita Ayuningtyas

Bisa Dicontoh, Ini 4 Rutinitas Pagi Orang Paling Sukses dalam Sejarah

Liputan6.com, Jakarta – Sebagian besar orang memiliki “panutan” dalam hidupnya. Entah itu seniman ulung, pemikir handal, hingga pemimpin hebat, umumnya memiliki rutinitas khas yang mereka lakukan setiap harinya.

Mungkin, aktivitas itulah yang mengantarkan mereka menjadi sosok yang sukses dan tangguh. Namun, apakah jika kita mengikuti jejak mereka, kita bisa mencapai hasil yang serupa?

Dalam mencari jawaban tersebut, kita sering terpaku pada rutinitas pagi hari dari orang-orang sukses dalam sejarah. Kebiasaan di pagi hari ini dan latihan lain, mungkin hanya satu sisi kecil dari kejeniusan mereka.

Tetapi, cara mereka dalam memulai hari, adalah sesuatu yang sangat penting untuk membentuk proses kreatif pribadi. Berikut adalah 4 rutinitas pagi sederhana dari beberapa orang sukses di dunia, yang bisa kita coba mulai sekarang.



Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 5 halaman

1. Membuat Resolusi Setiap Pagi

Benjamin Franklin, Bapak Pendiri Amerika Serikat, dengan ketat berpegang pada 13 kebajikan yang ia tuangkan untuk dirinya sendiri, termasuk teratur, hemat, dan adil.

Dia juga mengikuti rutinitas harian dengan ketelitian dan disiplin yang sama. Setiap pagi, dia bangun jam 05.00 dan bertanya pada dirinya sendiri, “Apa yang harus saya lakukan hari ini?”

Dalam otobiografinya, dia menjabarkan jadwal paginya seperti: “Bangun tidur, cuci muka, berbuat hal baik, melakukan bisnis kecil dan sarapan.

“Begitu dia memiliki rencana dan perutnya sudah kenyang, dia mulai bekerja melakukan sesuatu yang khas ala Benjamin Franklin, seperti menciptakan kursi goyang atau membantu sesama dalam hal lain,” menurut cataan otobiografinya.

3 dari 5 halaman

2. Bekerja dari Kasur

Mungkin ini terdengar kontraproduktif. Tetapi, beberapa pemikir terhebat dalam sejarah berhasil menerapkan metode ini, maka mungkin rutinitas ini ada manfaatnya.

Salah satu orang sukses yang gemar bekerja dari tempat tidur adalah penulis Prancis, Voltaire. Dia menulis lebih dari 50 sandiwara dalam masa hidupnya, termasuk Candide (1759) –sebagian besar ide isi buku didapatkan ketika ia menulis dari tempat tidurnya.

Namun, kemalasan bukanlah sifatnya. Dia sering menghabiskan 18 jam dari hari kerja, dengan diselingi bercangkir-cangkir kopi yang dia minum. Kadang bisa 40 hingga 50 gelas dalam sehari.

Sama halnya dengan penyair wanita asal Inggris, Edith Sitwell. Ia pernah berkata, “Semua wanita harus memiliki satu hari dalam seminggu untuk menghabiskan waktu di tempat tidur.”

Begitu pula mantan Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill. Setiap pagi, ia menghabiskan berjam-jam waktunya di tempat tidur, di mana ia sarapan, merokok, membaca koran, dan bekerja atau mendikte sekretaris pribadinya.

4 dari 5 halaman

3. Perlakukan Diri Sendiri dengan Baik

Jika Anda ingin memulai hari dengan tepat, lakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia, sesuatu yang mampu meningkatkan kepercayaan diri Anda, atau membantu Anda rileks. Jangan ditunda atau mencoba menundanya.

Sigmund Freud, ahli saraf Austria dan pendiri psikoanalisis terkenal, punya tukang cukur andalan yang datang ke rumahnya untuk memotong janggutnya setiap hari.

Lain halnya dengan Napoleon Bonaparte dan Wolfgang Amadeus Mozart.

Napoleon sering menuangkan air lavender ke tubuhnya saat mandi dan keramas, sedangkan Mozart menghabiskan satu jam ketika berdandan.

Tentu saja, kebiasaan merawat diri bukan satu-satunya cara untuk memulai hari Anda dengan sikap positif, seperti yang ditulis oleh Adam Toren, salah satu pendiri YoungEntrepreneur.com.

Kita juga bisa mendengarkan podcast (file audio digital yang tersedia di internet untuk diunduh ke komputer atau pemutar media portabel) sembari jogging, atau menyeruput secangkir kopi sambil menikmati hujan di beranda rumah.

5 dari 5 halaman

4. Jalan Kaki

Charles Darwin biasanya memulai harinya dengan berjalan-jalan di jalan berkerikil di dekat rumahnya di Kent, Inggris. Selama berjalan kaki, ia selalu merenungkan pertanyaan-pertanyaan ilmiah.

Seringkali, ia mengajak serta anjing ras Fox Terrier peliharaannya.

Menurutnya, jalan kaki dapat merangsang motorik dan sensorik otak. Oleh karena itu, rutinitas ini cenderung memunculkan ide-ide baru di kepala Darwin.

“Namun, jalan kaki tidak memiliki peran atas teori evolusi Darwin. Tetapi, berjalan kaki merupakan bagian dari kerja kognitifnya dan masih berlaku bagi banyak orang saat ini,” tulis Damon Young dalam Psychology Today.

Georgia O’Keeffe, seniman Amerika Serikat, memiliki kebiasaan yang sama. Dia bangun pada subuh, ketika fajar belum terlihat, untuk menikmati secangkir teh hangat di ranjangnya.

Kemudian, dia akan keluar rumah untuk berjalan-jalan di sekitar lingkungan tempat tinggalnya, di New Mexico. Konon, dia selalu membawa tongkat saat berjalan-jalan yang berguna kapan saja atau untuk mengusir ular yang kerap dia temui sepanjang jalan tersebut.