Liverpool Tekuk Spurs, Klopp Tak Tahu Seberapa Parah Cedera Van Dijk

Liputan6.com, Liverpool – Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengaku belum mengetahui seberapa parah cedera yang dialami oleh Virgil Van Dijk dan berharap engkelnya baik-baik saja.

Van Dijk dipaksa bekerja keras saat Liverpool menjamu Tottenham di matchday 32 Premier League, Minggu (31/03). Upayanya itu membuahkan hasil positif.

Pasalnya Liverpool bisa menang 2-1. Gol Liverpool dicetak oleh Roberto Firmino dan bunuh diri Toby Alderweireld. Sementara balasan Spurs dihasilkan Lucas Moura.

Kemenangan ini membuat Liverpool kembali ke puncak klasemen liga untuk sementara itu. The Reds sekarang mengemas 79 poin dari 32 laga.

Cedera Van Dijk sepertinya terjadi sekitar menit 85. Saat itu ia berusaha menghentikan serangan balik Spurs yang dilancarkan Son Heung Min dan Moussa Sissoko.

Van Dijk pada akhirnya berhasil membuat Sissoko gagal memanfaatkan peluang tersebut. Namun gelandang asal Prancis itu sempat bertabrakan dengan Van Dijk usai menendang bola.

Usai laga, Van Dijk terlihat memakai kompres es di engkel kaki kanannya. Klopp mengaku ia belum tahu seberapa parah cedera bek andalan Liverpool tersebut. 

PUBG Vs Kajian Fatwa Haram MUI, Seberapa Besar Pengaruh Game ke Otak?

Jakarta

Kontroversi game PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia) bikin para gamer ‘teriak’. Akan tetapi, ada juga yang merasa pelarangan atau pembatasan PUBG adalah hal yang sah-sah saja dilakukan khawatir dengan konten kekerasan dalam game tersebut akan mempengaruhi.

Sebenarnya, seberapa besar sih pengaruh game pada otak dan psikologi penggunanya?

“Memang game apapun kalau ada konten yang mengandung kekerasan, pornografi, penyimpangan seksual, itu pasti akan pengaruhnya,” kata Fajriati Maesaroh, psikolog yang ikut dalam Focus Group Discussion (FGD) MUI soal game berbau konten kekerasan, radikalisme, dan terorisme, kepada detikcom, Selasa (26/3/2019).

Pada dasarnya, manusia cenderung meniru, terlebih ketika dia mendapatkan kesenangan, reward, dan apresiasi, maka pengulangan atau peniruan bisa saja terjadi. Terlebih anak-anak yang belum bisa membedakan apa situasi dalam game ini bisa diterapkan dalam kehidupan atau tidak.

“Karena kalau orang dewasa kita udah bisa mikir ‘oh ini nggak bener,’ kalau ada dalam situasi yang unreal oh ini tidak bisa diterapkan. Orang dewasa ada yang bisa memilah begitu walaupun kemudian ada juga yang nggak ya,” ujar psikolog yang akrab disapa Fajri ini.

“Tapi, kalau anak-anak paling bahaya karena belum terbentuk prefrontal korteks, direktornya otak yang menentukan benar-salah, nah ketika belum terbentuk ini kan matanganya di usia 25 tahun, bayangin deh berartikan dia mengalami kesulitan untuk membedakan,” katanya.

Sama halnya remaja, remaja juga punya kecenderungan untuk mencoba hal baru yang sifatnya berisiko karena prefrontal korteks yang belum matang juga. Karena itu, orang tua harus banget nih bisa mengawasi anaknya untuk memilah game mana yang cocok sesuai kategori umurnya. Ingat, demi kesehatan kesehatan otak dan psikologis.

(ask/up)

HEADLINE: PUBG dan Ancaman Fatwa Haram, Seberapa Bahaya Gim Online Itu?

Statistik di balik popularitas E-Sports PUBG Mobile membuat nomor ini difavoritkan terpilih untuk SEA Games 2019.

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si tidak menampik bahwa semua gim yang mengandung kekerasan memang bisa memberikan dampak negatif bagi pemain.

“Memberi dampak negatifnya itu karena bisa menjadi ‘referensi’ bagi si pemain. Ketika mengalami kondisi tertentu, bisa saja referensi ini diaktifkan, sehingga pemain lebih rentan meniru atau melakukan perilaku agresif yang dimunculkan di gimnya,” kata perempuan yang biasa disapa Nina kepada Tekno Liputan6.com.

Namun, lanjut dia, faktor pendorong seseorang berperilaku agresif tidak hanya berasal dari gim yang dimainkan, tetapi juga dipicu banyak hal. Salah satunya yaitu kepribadian dari pemain gim tersebut.

“Misalnya kepribadian, jika pemain pada dasarnya berkepribadian matang dan penuh cinta kasih, maka tentunya tidak terlalu mudah terpengaruh gim,” katanya.

Tak hanya itu, faktor lingkungan hingga pendidikan yang didapat di sekolah, keluarga, masyarakat juga akan berpengaruh. Jika lingkungan cenderung kasar dan agresif, akan lebih besar kemungkinan bagi seseorang terdorong melakukan perilaku agresif dibandingkan jika lingkungannya tenang atau bijak.

Ada pula faktor kemampuan diri. “Misalnya kalau ia memang mampu menggunakan senjata dan tubuhnya kuat, lebih mungkin meniru dibandingkan dengan yang tubuhnya lemah dan mengalami kesulitan menggunakan senjata,” kata Nina.

Moralitas dan Batasan Usia

Lebih lanjut, hal lain yang menentukan perilaku seseorang adalah moralitas.

“Kalau seseorang menyadari membunuh orang lain baik teman maupun lawan itu salah, tentunya dia tidak akan begitu saja membunuh,” ujar Nina.

Dia membenarkan usia dewasa memang lebih matang ketimbang anak-anak yang mudah terpengaruh.

Untuk itu, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membatasi usia pemain. “Membatasi usia pemain memang salah satunya, sebetulnya gim ini di berbagai negara sudah dibatasi jelas usianya. Hanya orangtua seringkali tidak melakukan monitoring terhadap penggunaan perangkat anaknya,” kata Nina.

Oleh karenanya, akan percuma adanya pembatasan usia main gim jika orangtuanya melakukan pembiaran.

Menurut Nina, hal lain yang juga dapat dilakukan adalah perlunya diskusi mendalam dengan anak atau orang dewasa.

“Diskusi itu penting untuk menumbuhkan pemahaman lebih positif terkait kehidupan,” tutur Nina.

Boleh Haramkan PUBG, Tapi…

Terkait dengan fatwa haram yang kini dikaji MUI tentang gim PUBG, Nina mengatakan hal itu sangat boleh.

Namun demikian, ia meminta agar tidak menutup mata, seakan-akan jika diharamkan, persoalan akan tuntas.

“Kita perlu menyadari perilaku agresif itu betul-betul banyak lho di sekitar kita dan itu menjadi referensi real untuk anak-anak dan remaja,” katanya.

Contohnya, kata Nina, ada orang yang begitu mudahnya mengatakan kata ‘bunuh’ kepada orang lain yang dianggap tidak selaras pandangannya.

“Kalau anak-anak kita enggak main gim agresif tapi di sekelilingnya orang-orang ngomong dan berperilaku kasar, tentunya lebih rentan terpengaruh kan,” katanya.

Seberapa Besar Kebutuhan Pensiun (1)

Jakarta – Hiruk pikuk dunia kerja yang kita lalui setiap harinya, seolah membuat kita lupa atau tidak sadar bahwa ada saatnya nanti kita akan memasuki usia PENSIUN. Entah pernah terbesit atau terpikirkan oleh kita, kondisi seperti apa yang kita inginkan ketika pensiun nanti.

Nah yuk coba kita bahas sedikit, seperti apa kondisi seseorang ketika memasuki masa pensiun nanti. Coba bayangkan apa yang akan terjadi dengan masa pensiun Anda?

Umumnya ketika anda bekerja di sebuah perusahaan, perusahaan akan memberikan training ketika anda memasuki usia 51-54 tahun, di mana usia pensiun saat ini berkisar 55 -57 tahun, tergantung kebijakan perusahaan.

Training yang diberikan disebut Masa Persiapan Pensiun (MPP), di mana umumnya 3 hari, hari pertama akan terbagi dua sesi, yaitu sesi psikologi dan sesi dua tentang keuangan. Hari kedua tentang persiapan bisnis.

Hari ketiga ditutup dengan visit UMKM. Secara tidak langsung training tersebut mengarahkan para pensiunan nanti untuk membuka usaha. Terdengar aneh, tapi kita lanjut dulu tahapan menuju pensiun nanti.

Setelah anda mendapatkan training MPP tersebut akhirnya tibalah masa di mana anda pensiun. Anda akan mendapatkan pesta perpisahan, tepuk tangan dari seluruh rekan-rekan kerja anda sebagai bentuk apresiasi terhadap perusahaan.

Selanjutnya anda akan menerima sejumlah dana pensiun anda, mulai dari Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun hingga uang penghargaan dari perusahaan. Apa yang terjadi setelahnya? Ya setelah itu anda akan menikmati hari-hari anda, mulai dengan melakukan hal-hal yang anda senangi termasuk menjalankan hobi atau bahkan bepergian ke luar negeri.

Sampai akhirnya di penghujung bulan, anda merasa ada yang aneh, mulai membuka internet banking tabungan, kemudian cek saldo, kok ga ada uang masuk ya? Setelah itu tiba-tiba mulai panik dan menyadari: SAYA SUDAH TIDAK PUNYA PENGHASILAN LAGI!

Maka akhirnya anda mulai berpikir dan mencari pekerjaan atau bisnis yang bisa anda lakukan untuk setidaknya tetap membuat ‘dapur’ anda mengebul kembali.

Mungkin akan terlintas di pikiran anda beberapa hal yang bisa dilakukan seperti buka warung di depan rumah sekedar memulai bisnis kecil-kecilan agar ada perputaran uang atau membuka rumah makan, misal warung ayam geprek, bisa juga membeli franchise, dan yang tidak kalah ketinggalan adalah anda mendaftar menjadi pengemudi taxi online, kemudia mulai jadi driver taxi online atau pekerjaan-pekerjaan lainnya.

Intinya saat pensiun anda masih harus bekerja untuk pengeluaran rutin bulanan dan/atau menghidupi keluarga.

Nah Apakah PENSIUN yang seperti di atas yang anda harapkan? Padahal kondisi yang anda harapkan ketika masuk usia pensiun adalah anda dapat hidup tanpa harus bekerja, SETUJU ya sampai sini?

Tapi dari mana sumber penghasilan saat hari tua (pensiun)? Tentunya adalah hasil investasi anda sedari usia produktif sehingga bisa menghasilkan passive income. Contoh: ketika sejumlah dana hasil investasi, anda masukan ke dalam deposito dan anda bisa hidup dari bunga deposito tersebut atau anda sudah merintis usaha atau menjalankan bisnis franchise, bisa juga dari rumah kontrakan, rumah kos, dan lain sebagainya.

Maka cobalah ambil waktu sejenak dan/atau berdiskusi dengan pasangan, pikirkan kembali bagaimana menyiapkan dana pensiun yang tepat? Apakah iuran bulanan melalui BPJS Ketenagakerjaan dan pesangon dari kantor nantinya dapat mencukupi?

Anda tidak perlu berpikir perusahaan berkontribusi maksimal atau tidak untuk membantu menyiapkan dana pensiun anda, karena pastinya secara Undang-Undang dan peraturan yang dilakukan manajemen SUDAH BENAR. Tapi yang jadi pertanyaan besar adalah apakah dana tersebut cukup?

Cukup atau tidaknya akan sangat bergantung pada banyak hal. Dana pensiun dan persiapan dana pensiun menjadi bagian terpenting dalam suatu perencanaan keuangan sebuah keluarga.

Hal tersebut yang difokuskan di kelas atau workshop yang dilaksanakan oleh tim ARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami “Seputar Keuangan” atau klik di sini.

Simulasi perhitungan akan kita bahas di artikel berikutnya. Stay tuned.

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)

Pasangan yang Sering Gunakan 1 Kata Ini Terbukti Lebih Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Perlu banyak usaha untuk mewujudkan hubungan cinta yang langgeng. Salah satunya melalui cara komunikasi pasangan.

Kata-kata memiliki dampak besar bagi hubungan. Pilihan kata yang tepat akan mampu membuat sebuah hubungan bertahan lama.

Sains membuktikan, pemilihan kata yang digunakan seseorang mencerminkan proses berpikir serta bagaimana dia memperlakukan pasangannya. Kata-kata juga bisa jadi ukuran seberapa puas seseorang dengan hubungan yang dimiliki.

Melansir laman Times of India, Kamis (28/2/2019) pasangan yang menggunakan kata ganti “kita” akan lebih bahagia dengan hubungan mereka dibandingkan pasangan yang lebih sering menggunakan kata ganti orang tunggal yakni “aku” atau “saya”. Temuan tersebut berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of California.

Para peneliti di University of California, Amerika Serikat, melakukan meta-analisis terhadap 30 studi dengan topik tersebut serta melibatkan lebih dari 5.000 partisipan. Para penulis studi secara cermat mempelajari kebiasaan, tingkat kebahagiaan para pasangan dalam hubungan, serta kesehatan fisik dan mental mereka. 



Saksikan juga video berikut ini: 

2 dari 2 halaman

Hubungan yang lebih erat

Hasil studi menunjukkan, individu yang mendengar pasangannya menggunakan kata ganti “kita” dikaitkan dengan perasaan bahagia serta hubungan yang fungsional.

Ini karena kata “kita” menunjukkan suatu keterikatan dalam hubungan serta tanda pasangan saling mendukung satu sama lain. Kata “kita” juga merupakan bukti bisu bahwa pasangan selalu mengingat Anda ketika berbicara tentang hubungan serta benar-benar berbagi hidup dengan Anda.

6 Bos dengan Gaji Paling Fantastis di Dunia, Siapa Saja?

Liputan6.com, New York – Menjadi seorang pemimpin di sebuah perusahaan besar memang sudah sepatutnya mendapatkan gaji yang besar. Besarnya tanggung jawab membuat para bos ini pantas gaji dengan angka fantastis.

Tahukah Anda ternyata ada beberapa bos dari seluruh dunia yang memilki gaji dengan angka bombastis.

Mau tahu siapa saja mereka dan seberapa banyak yang mereka dapatkan? Berikut merupakan 6 bos yang mendapatkan gaji sangat tinggi dilansir dari laman Love Money:

6. Frank Bisignano – USD 102,2 juta atau Rp 1,43 triliun

Setelah menciptakan Apple Pay pada 2014, ia mendapatkan bayaran yang sungguh fantastis yaitu mencapai USD 102,2 juta setara Rp 1,43 triliun.

5. Hock E Tan – USD 103,2 juta atau Rp 1,45 triliun

Hock E Tan, CEO Broadcom, perusahaan yang berbasis pada teknologi global ini mendapatkan gaji mencapai USD 103,2 juta setara Rp 1,4 triliun sejak 2017.

2 dari 3 halaman

4. Eric E Schmidt – USD 108 juta atau Rp 1,51 triliun

Mantan CEO Google, Eric E Schmidht telah memainkan peran penting dalam pertumbuhan Silicon Valey hingga bisa menjadi sebesar ini. Saat ini, ia pun memegang posisi sebagai Penasihat Teknis di perusahaan induk Google, Alphabet Inc, setelah mengundurkan dari Google pada Januari 2018.

Selain itu, Schmidt juga salah satu pendiri Innovation Endeavours, sebuah perusahaan modal ventura yang telah berhasil mengumpulkan USD 676,5 juta.

3. Larry J Ellison – USD 109 juta atau Rp 1,53 triliun

Larry J Ellison, salah satu orang terkaya di Amerika setelah menjalankan perusahaan IT sukses sejak 1982. Meskipun gajinya saat ini telah turun 47 persen dari gaji sebelumnya.

Namun gajinya saat ini masih menjadi gaji terbesar ketiga yang diterima oleh CEO di dunia, mencapai USD 109 juta setara Rp 1,5 triliun. Selain itu, berdasarkan Forbes, saat ini kekayaan bersihnya mencapai USD 61,1 miliar.

3 dari 3 halaman

2. Nikesh Arora – USD 128 juta atau Rp 1,8 triliun

Presiden dan CEO Palo Alto Network, Nikesh Arora memiliki gaji sebesar USD 128 juta atau Rp 1,8 triliun. Angka ini menjadi salah satu gaji tertinggi yang pernah ada di AS.

Namun ternyata ini tidaklah seberapa besar, karena ia sempat menjadi eksekutif Google dengan bayaran tertinggi pada 2012.

1. Tim Cook – USD 136,3 juta atau Rp 1,9 triliun

Tim Cook, CEO Apple memiliki gaji yang sangat mengejutkan yaitu 283 kali lebih banyak daripada rata-rata karyawan Apple pada 2018. Tim mendapatkan gaji pokok mencapai USD 136,3 juta setara Rp 1,9 triliun (Kurs USD 1 = Rp 14.065).

Namun dengan adanya rumor, Apple akan mengurangi beberapa produknya maka ini akan membuat gajinya akan menurun pada 2019. Bos besar Apple ini merencanakan untuk mengamalkan sebagian kekayaannya ketika ia meninggal.

Cara Membuat Tas dari Tali Kur, Mudah bagi Pemula

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang senang mengkoleksi tas? Mungkin jika kamu penggemar tas, ada beberapa tas yang kamu miliki dibuat dengan tali kur. Tas dengan bahan dasar tali kur ini memang sedang booming di Indonesia. Siapa pun bisa menggunakan tas dengan tali kur, dari mulai anak-anak, remaja, dewasa atau bahkan kalangan ibu-ibu.

Tas dari tali kur ini merupakan tas yang dirajut ataupun dirangkai sedemikian rupa hingga membentuk sebuah tas. Ada yang berpikir cara membuat tas dari tali kur ini susah. Namun jika kamu mengetahui tahapannya, maka cara membuat tas dari tali kur ini cukup mudah loh. Tas dari tali kur ini memang cenderung simpel, akan tetapi jika sudah ahli, kamu bisa membuat berbagai jenis model tas dengan tali kur.

Memiliki tas yang terbuat dari tali kur ini memiliki keuntungan sendiri. Tas dengan tali kur cocok dikenakan dalam berbagai acara, mulai dari acara formal ataupun santai. Selain itu, karena bahan tas dibuat dari tali kur yang dirangkai, maka tas ini tentu saja lebih awet digunakan.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019) tali kur sendiri telah ada sejak abad ke-13. Tali kur merupakan benang yang disebut dengan macrame pada saat itu.

2 dari 5 halaman

Mudah dipraktikkan

Cara membuat tas dari tali kur ini pun bisa kamu praktikan sendiri dirumah. Karena cara membuat tas dari tali kur ini mirip dengan merajut. Hanya saja ukuran benang yang berbeda. Tali kur sendiri merupakan sebuah tali sejenis dengan bahan wol tebal.

Selain itu, jenis tali kur pun berbeda-beda. Yang membedakan jenis tali ini ialah tingkat elastisitas tali. Karena semakin elastis atau lentur talinya, maka semakin mudah pula untuk merangkainya.

Tas dari tali kur sendiri merupakan tas yang dibuat menggunakan berbagai jenis simpul. Yang menarik jika kamu tahu cara membuat tas dari tali kur ialah, kamu bebas membentuk model tas sesuai dengan keinginan. Selain menjadikannya tas, tali kur juga bisa digunakan untuk membuat dompet ataupun ikat pinggang. Tentu saja kamu bisa membuatnya jika sudah terampil.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana cara membuat tas dari tali kur, kamu bisa menyimak langkah-langkahnya dibawah ini.

3 dari 5 halaman

Siapkan Alat

Cara membuat tas dari tali kur yang pertama tentu saja kamu harus menyiapkan berbagai perlengkapannya. Jangan sampai ada yang tertinggal ya, karena jika ditengah proses cara membuat tas dari tali kur ini kamu hentikan, bisa jadi kamu lupa atau bahkan bingung. Jadi alat dan juga bahan yang harus disiapkan ialah:

1. Tali kur.

Berapa banyak ataupun panjang tali kur yang dibutuhkan sesuai dengna kebutuhan dan juga seberapa besar tas yang akan kamu buat. Karena semakin besar tasnya maka, tali kur yang kamu butuhkan pun semakin banyak. Akan tetapi jika terlalu banyak menggunakan tali kur, maka tas yang kamu buat pun akan terasa berat.

2.Gunting.

Kamu perlu penyiapkan gunting untuk memotong tali kur menjadi beberapa bagian.

3. Korek api.

Kenapa kamu memerlukan korek api? Karena korek api ini akan digunakan untuk menggabungkan ujung tali serta menutup ujung tali jika tas yang dibuat telah selesai.

4. Jarum dan benang.

Selain menggunakan korek api untuk menggabungkan tali kur, kamu juga bisa menggunakan jarum dan benang untuk menggabungkannya. Tentu saja tidak semua potongan dari tali kur ini digabungkan menggunakan jarum dan benang.

5. Resleting, manik-manik, dan kancing.

Ketiganya bisa kamu gunakan sebagai hiasan pada tas. Namun jika kamu tak menginginkan adanya hiasan, maka kamu tak perlu untuk menyiapkannya. Resleting jug bisa kamu gunakan, jika tas yang kamu buat ingin menggunakan resleting.

4 dari 5 halaman

Langkah-langkah cara membuat tas dari tali kur

Setelah kamu menyipkan segala peralatan dan juga bahan, kamu bisa mulai untuk merajut tali kur.

1. Pada langkah pertama cara membuat tas dari tali kur ini, kamu bisa mengambil dua heli tali dengan panjang tali sama. Kemudian lipat tali menjadi 2 bagian dan sejajarkan. Maka kamu akan memperoleh 4 ujung tali. Beri nomor pada tali agar memudahkan kamu, yaitu nomor 1, nomor 2, nomor 3 dan nomor 4 dari kiri ke kanan.

2. Ambil tali nomor 4 kemudian silangkan kebelakang tali lainnya menuju arah 1. Cara membuat tas dari tali kur selanjutnya ialah letakan tali nomor 1 pada bagian belakang tali 4. Sehingga urutannya menjadi nomor 4, 1, 2 dan 3.

3. Langkah dari cara membuat tas dari tali kur selanjutnya adalah ambil ujung tali nomor 1 kemudian kunci dengan cara memasukan pada lubang dari tali nomor 3 dan 4. Selanjutnya tarik tali nomor 1 dari arah kiri dengan tali nomor 4. Hal ini dilakukan untuk mengunci dan juga melipat untuk memasukannya ke lubang belakang.

4. Kemudian tarik kuat masing-masing tali untuk mengutakan dan juga mengunci. Ini merupakan langkah dasar cara membuat tas dari tali kur. Kamu perlu membuat dasar tas ini dengan jumlah yang genap. Hal ini agar lebar tas seimbang anatar kiri dan juga kanan. Jadi, semakin besar tas yang ingin kamu buat, maka semakin banyak pula pola dasar yang harus kamu buat.

5. Untuk menyambungkan 2 pola dasar tas ini, cara yang digunakan pun sama, hanya saja dua kepala yang dirangkau ini dijadikan satu dengan menjejerkan tali-tang ada. Kemudian dua utas tali pada bagian kanan dan dua utas tali pada bagian kiri atau ambil tengah tali untuk menyatukannya. Cara yang digunakan pun sama, karena untuk menyambungkannya kamu juga perlu menggunakan 4 tali.

6. Lakukan menbuat pola dasar ini untuk membentuknya menjadi tas. Jka telah mebentuk kotak ataupun persegi panjang, kamu hanya perlu menggabungaknnya untuk membentuknya menjadi tas menggunakan benang dan jarum ataupun korek api.

Namun apabila benang yang kamu gunakan sebelumnya telah habis namun rangkaian tas belum selesai, kamu bisa menambahkan ujung benang dengan benang lainnya menggunakan korek api. Yang perlu kamu lakukan adalah membakar sedikit ujung benangnya kemudian gabungkan. Disarankan untk tidak terlalu lama dari waktu membakar dan menggabungkannya.

5 dari 5 halaman

Jenis tas tali kur

Bagi kamu yang awam dengan tas tali kur, kamu perlu tahu jika jenis yang kamu bisa buat untuk tali kur ada beragam. Namun jenis yang cukup mudah digunakan ialah motif garis dua warna dan juga miring. Meski begitu masih banyak pula motif dari tas dengan tali kur yang bisa kamu jumpai. Jenis motif tas dari tali kur antara lain:

1. Tas tali kur motif garis 2 warna

2. Tas tali kur motif miring

3. Tas tali kur motif sisik

4. Tas tali kur motif bunga

5. Tas tali kur motof ketupat

6. Tas tali kur motif panah, dan

7. Tas tali kur motif kerang

Banyaknya model dan juga jenis tas tali kur ini pun menandakan bahwa tas ini cukup ramai peminatnya. Kamu bahkan bisa menemui tas dengan bahan tali kur ini di mall ataupun pemeran UMKM.

Dua Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Lahan Konsesi Dipersoalkan

Jakarta – Lahan konsesi menjadi salah satu topik hangat belakangan ini pasca Presiden Joko Widodo menyatakan dia menanti lahan-lahan konsesi besar dikembalikan ke negara untuk rakyat. Pernyataan ini disampaikan saat pidato kebangsaan Minggu (24/2/2019) di Sentul, Bogor.

Ketua Dewan Komisioner Pembaharuan Agraria (KPA) Iwan Nurdin menerangkan, lahan konsesi sendiri merupakan istilah yang ditujukan untuk lahan negara yang disewakan ke badan usaha atau perorangan. Istilah ini merupakan istilah yang akrab di bidang ekonomi.

“Itu istilah untuk memudahkan, sebenarnya konsesi itu istilah untuk lahan negara yang disewakan ke badan usaha atau orang. Dalam istilah hukum nggak dikenal konsesi. Istilah ekonomi itu,” kata Iwan kepada detikFinance, Rabu (27/2/2019).

Dia menjelaskan, ada beberapa hal yang membuat lahan konsesi dipersoalkan. Pertama, masalah transparansi pemberian konsesinya.
Kedua, seberapa luas yang didapatkan dan kepada siapa konsesi itu diberikan.

“Kenapa cuma dia dapat, kenapa bukan rakyat, itu kan pertanyaan-pertanyaan substansinya,” ujar Iwan.

Dia mengatakan, pertanyaan-pertanyaan tersebut yang kemudian dianggap mencederai rasa keadilan. Sebab, pengelolaan lahan sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. Kecuali, ujarnya, konsesi terhadap pertambangan.

“Kenapa rasa keadilan tercederai, rakyat Indonesia bisa semua mengelola tanah, kalau cuma tanam sawit masa sih rakyat Indonesia nggak bisa. Migas mungkin mikir-mikir, tapi kalau tebang kayu, tanam sawit, karet, kayu jati kenapa harus perusahaan-perusahaan besar itu yang menyebabkan masyarakat sekarang itu resah,” jelasnya.

“Kenapa konsesi kepada besar-besar, sejak zaman Orde Baru sampai hari ini terus diberikan, sementara masyarakat bukannya dilindungi malah diusir-usir juga, malah nggak diberikan konsesi-konsesi padahal rakyat kan punya prioritas atau hak untuk mendapatkan konsesi-konsesi itu,” sambungnya. (fdl/fdl)

7 Kalimat yang Tunjukkan Pasangan Tulus Mencintai Anda

Liputan6.com, Jakarta Cinta yang tulus memang diperlihatkan dari perbuatan. Namun, kata-kata yang terucap pada pasangan, jika benar-benar diperhatikan, bisa menunjukkan seberapa besar perasaan itu pada Anda.

Mengutip Bustle pada Rabu (27/2/2019), pakar mengungkapkan tujuh kalimat yang akan diucapkan seseorang pada pasangannya, jika dia benar-benar tulis mencintainya.

1. “Dengan senang hati”

Pasangan yang benar-benar mencintai Anda akan menanggapi sebuah permintaan dengan cara yang positif. Hal ini bisa terlihat dari kata-kata yang mereka lontarkan.

“Dengan senang hati saya melakukannya,” kata pakar relasi Rosalind Sedacca memberikan contoh.

“Ini bukan tentang keharusan, kewajiban, atau aturan untuk menjadi pasangan. Ini tentang ingin melakukan sesuatu untuk Anda karena mereka mencintai Anda dan senang melihat Anda bahagia,” tambah Sedacca.

2 dari 5 halaman

Apresiasi

2. “Terima kasih”

Ucapan terima kasih sangatlah sederhana tetapi maknanya sangatlah penting. Bahkan, tidak hanya bagi pasangan.

Konselor dan pakar hubungan Michelle Terry mengatakan, ketika pasangan mengucapkan terima kasih, itu adalah ungkapan bahwa mereka menghargai kontribusi Anda pada hubungan.

3. Berbagai kata pujian

“Ketika Anda menyukai cara Anda mendapatkan apa yang pantas diucapkan, Anda akan merasa percaya diri tentang diri sendiri,” kata Terry.

Ini mungkin juga disebabkan oleh pasangan. Maka dari itu, sebuah pujian akan keluar dari mulutnya.

3 dari 5 halaman

Memikirkan pasangan

4. “Aku memikirkanmu”

Menurut pakar Melissa Snow, ada berbagai hal kecil yang penting bagi hubungan seseorang. Ungkapan bahwa dia memikirkan Anda ketika kalian berdua tidak bersama, mungkin menunjukkan bahwa pasangan masih memiliki semangat yang sama di awal hubungan.

5. “Bagaimana harimu?”

Ketika seseorang menjalin hubungan dan benar-benar mencintai Anda, dia akan ingin lebih banyak tahu tentang diri Anda. Snow mengatakan, hal tersebut mungkin akan lebih mudah seiring berjalannya hubungan.

“Apakah mereka sadar atau tidak, kedua pasangan ini tahu apakah mereka masih penting,” tambah Snow.

4 dari 5 halaman

Motivasi dan kesungguhan cinta

6. Kata-kata dorongan

Snow mengatakan, hidup ini memang penuh dengan kesulitan. Akan sangat penting jika pasangan memberikan dorongan untuk melewati berbagai tantangan dalam hidup. Jika dia melakukan ini, dia pasti benar-benar mencintai Anda.

7. “Aku mencintaimu”

Ungkapan ini klise. Namun, jika dilakukan dengan tulus, maknanya akan sangat mendalam.

“Kita semua harus berusaha memastikan orang yang penting bagi kita, tahu bagaimana perasaan kita tentang mereka setiap hari,” kata Snow.

Yang pasti, selain kata-kata, apa yang pasangan lakukan tentu sangat berpengaruh. Tidak harus sesuatu yang mewah, tapi sederhana dan penuh makna. Kebersamaan itulah yang membuat pasangan akan selalu merasa dihargai, diinginkan, dan dicintai.

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Sahroni DPR: Hormati Proses Hukum Pelanggaran Pemilu

Liputan6.com, Jakarta – Masyarakat perlu diedukasi agar mengedepan asas presumption of innocence dalam setiap persoalan hukum yang terjadi di Tanah Air, terlebih yang bersinggungan dengan isu-isu politik menjelang Pemilu 2019 mendatang. Indonesia sebagai negara hukum harus menjadikan hukum sebagai panglima tertinggi dan menghormati prosesnya.

Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyampaikan pandangannya tersebut usai menjadi pembicara di sebuah stasiun televisi swasta terkait netralitas aparatur sipul negara (ASN), khususnya menjelang pemilu, Senin 25 Februari 2019.

Belakangan media marak memberitakan dukungan ASN di sejumlah daerah yang dianggap tidak netral, mendukung salah satu calon presiden seperti yang terjadi di Jawa Tengah, Lampung, maupun Sulawesi Selatan. Kondisi ini kemudian diperparah oleh berbagai spekulasi, khususnya di kalangan politisi yang justru memanaskan suasana.

Mengacu pada regulasi yakni UU No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara,  pasal 2 huruf f  memang menyatakan bahwa salah satu asas penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN adalah netratlitas. Bagi pelanggar, Pasal 280 Ayat (3) UU Pemilu juga mengikatnya dengan pidana kurungan paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp12 juta.

“Dalam konteks ini alangkah baiknya kita menahan diri untuk tidak mendahului Bawaslu maupun kepolisian sebelum hasil penyelidikan atau penyidikan diumumkan,” ucapnya.

Politukus NasDem yang kembali maju sebagai calon legiator dari Dapil Jakarta III ini meyakini Bawaslu maupun Polri bekerja secara proporsional dan profesional. Untuk itu ia berharap agar para politisi tidak membuat situasi semakin panas, berspekulasi dengan asumsi, sebaliknya bijak menunggu proses di bawaslu maupun polri.

“UU memperbolehkan ASN menggunakan hak pilihnya, termasuk Pak Gandjar Pranowo (Gubernur Jateng), atau Pak Loekman Djoyosoemarto (Bupati Lampung Tengah). Demikian pula Pak Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta). Apakah benar mereka tidak netral? Seberapa berat derajat pelanggarannya? Kita tunggu Bawaslu,” jelas Sahroni.

Sahroni juga menanggapi rumor terkait ketimpangan bawaslu maupun polri dalam penanganan pelanggaran pemilu, terlebih yang melibatkan pendukung Prabowo-Sandi. Ia meyakinkan bahwa asas equality before the law menjadi pegangan bawaslu maupun polri dalam bersikap dan bertindak.

“Cepat lambatnya penanganan suatu perkara bergantung pada karakter perkara itu sendiri. Ada yang cepat dan ada yang membutuhkan proses panjang. Proses itu yang wajib kita hormati,” tandas Sahroni.


Saksikan video pilihan berikut ini: