BPN: Langkah Bupati Madina Sebaiknya Diikuti Bupati Pro-Jokowi Lain

JakartaBupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution mengajukan pengunduran diri karena capres petahana Joko Widodo (Jokowi) kalah di wilayahnya. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melihat banyak bupati yang mendukung Jokowi, sebaiknya mereka juga meniru Dahlan.

“Sebaiknya diikuti oleh bupati-bupati di Sumatera Barat, karena hampir semua bupati di Sumatera Barat mendukung Jokowi, dan semua orang tahu. Di situ moral publiknya,” kata Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Saleh Daulay, kepada wartawan, Senin (22/4/2019).

Saleh merupakan caleg PAN Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara II yang meliputi Mandailing Natal. Namun dia tahu bahwa bupati-bupati di Sumatera Barat banyak yang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin, dan perolehan suara Pilpres 2019 di Sumatera Barat berdasarkan hitung cepat sejauh ini dimenangkan Prabowo-Sandiaga Uno.
Sebanyak 11 Kepala Daerah di Sumatera Barat dan band Slank, tampil dalam kampanye pasangan Jokowi-Amin di Padang, Sumatera Barat, 9 April 2019 lalu. Mereka mendukung Jokowi untuk lanjut 2 periode.
Saleh tak menilai kerja-kerja pelayanan di daerah bakal terganggu bila para bupati mundur. Soalnya, masih ada wakil bupati, asisten, kepala dinas, dan jajarannya.

“Kalau bupati mundur bukan berarti kerja administrasi berhenti,” kata Saleh.

Namun Saleh setuju dengan pemanggilan Kemendagri terhadap Dahlan Hasan Nasution. Keterangan yang sebenarnya soal latar belakang permohonan undur diri dapat digali langsung.

“Menurut saya itu layak dipanggil, dimintai keterangan langsung, ditanya apa sebabnya, apakah dia sungguh-sungguh atau hanya syok saja,” kata Saleh.

(dnu/fdu)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

5 Buah Ini Sebaiknya Dihindari Setelah Minum Obat, Malah Menambah Penyakit

Jeruk juga merupakan salah satu buah-buahan yang sering dibawa ketika mengunjungi orang sakit. Sama juga seperti apel, jeruk sebaiknya dihindari ketika sedang minum obat, terutama jeruk bali.

Hanya dengan satu gelas jus jeruk dapat mengganggu enzim usus yang penting, akibatnya mengubah cara tubuh dalam metabolisme obat-obatan tertentu. Jeruk Bali sebaiknya dihindari oleh pasien yang menggunakan obat resep tertentu seperti statin, imunosupresan, penghambat saluran kalsium dan benzodiazepines. Bila Anda mengonsumsi jeruk bali ini, akan menyebabkan efek samping dari obat-obat tersebut menjadi semakin besar.

Jadi walaupun sebenarnya jeruk bali merupakan buah yang mengandung banyak sekali vitamin c dan serat, Anda harus menghindarinya ketika sedang mengonsumsi obat.

Lupakan Barcelona, Pogba Sebaiknya Bertahan di MU

Liputan6.com, Jakarta Mantan bintang Premier League, Robert Pires, menyarankan Paul Pogba agar bertahan di Manchester United (MU). Menurutnya, pindah ke Barcelona bukan pilihan yang tepat. 


Pogba sempat dikabarkan ingin pindah ke Barcelona awal musim 2018/19 ini. Kabar itu dipicu oleh hubungan Pogba dengan manajer Jose Mourinho yang buruk. Keduanya sempat terlibat friksi dan saling kritik.

Ketika tidak mendapat kepercayaan dari Mourinho, Pogba memang menimbang opsi pindah ke Barca. Tapi, situasi kini sudah berganti. Mourinho sudah diganti dengan Ole Gunnar Solksjaer. Pogba pun sudah tampil moncer.

Semenjak kursi manajer MUdiduduki oleh Solksjaer, performa Pogba mengalami peningkatan signifikan. Pogba jadi sosok yang sangat berpengaruh bagi permainan United. Karena itu, Pogba pun mendapat saran agar tetap bertahan.

“Saya tidak berpikir bahwa penggemar United harus merasa khawatir Pogba akan pindah ke klub lain,” ucap Pires dikutip dari Four Four Two.

“Saya rasa memang ada sesuatu ketika dia menginginkan kepindahan ke Barcelona dan saya tidak akan terkejut jika hal itu masih dipikirkan agennya. Tapi, hal terbaik untuk Pogba adalah tetap bertahan di United,” sambung eks pemain Arsenal.

“Saya pikir Pogba akan berus berkembang jadi lebih baik lagi jika bermain di klub di mana ada stabilitas dan dia bisa terus menjadi pemain utama di dalam dan luar lapangan,” tandas mantan bintang timnas Prancis.

2 dari 2 halaman

Heran dengan Mourinho

Melihat performa Paul Pogba di bawah komando Solksjaer, Pires pun merasa tak habis pikir mengapa dia tidak bersinar di bawah asuhan Mourinho. Dalam analisa Pires, Pogba gagal bersinar karena tak mendapatkan peran yang bebas dan beban bertahan.

“Pogba mendapat lebih banyak kebebasan, dia diminta untuk mengambil resiko lebih tanpa harus takut dan bermain lebih maju ke depan,” ulas Pires.

“Pogba adalah seorang atlet yang sangat bagus dan saya tidak terkejut melihat dia tampil seperti sekarang. Sulit untuk memahami mengapa Mourinho membatasi dia dengan ketat ketika melihat kemampuan yang sia miliki,” tutup Pires.

Sumber: Bola.net

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan surat sebagai media komunikasi kini sudah semakin jarang digunakan oleh masyarakat. Tak jarang anak-anak zaman sekarang atau mungkin para orang tua muda sekarang ini tidak tahu cara menulis surat yang benar

Walaupun jaman telah berkembang dan kebanyakan orang meninggalkan surat, tapi surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga sekarang.

Surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga saat ini karena dianggap lebih sopan, formal dan dapat dipertanggungjawabkan. Memang terkadang kamu membutuhkan cara membuat surat izin untuk memberi tahu kepada pihak sekolah bahwa kondisi kamu yang tidak memungkinkan untuk masuk.

Seperti dimana saat kamu sakit atau berhalangan hadir karena ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Berikut cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah ini sangat gampang, asalkan kamu tahu unsur-unsur apa saja yang seharusnya harus di persiapkan dan diperhatikan dalam membuat surat izin.

1.  Tujuan pengiriman surat

Tujuan yang di maksud adalah di mana surat ini berisi sebuah informasi ke siapa surat ini di tunjukan. Apakah ke kepala sekolah, pimpinan perusahaan, kepada wali kelas atau yang lainnya. Catatan, kalau kamu sudah memakai kata “Kepada” maka kamu tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya.

2.  Alasan Izin

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah, unsur ini sangat penting dalam surat izin. Karena unsur ini yang menentukan apakah surat yang kamu buat dapat di terima atau tidak. Kamu harus menulis alasan yang benar-benar logis.

3.  Tanggal dan tempat pembuatan surat

4.  Alamat tujuan

5.  Salam pembuka

6.  Kalimat pembuka surat

7.  Isi dalam surat

8.  Salam penutup surat

9.  Nama pengirim surat

Walaupun surat izin biasanya di tulis dan dibuat oleh pribadi, Namun surat izin bisa di katakan surat yang resmi. Oleh karena itu dalam menulis surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan baku. Inilah bagian-bagian yang harus kamu ketahui dalam membuat surat izin.

3 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dari Orang Tua

Yogyakarta, 09 Mei 2019


Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A

SMA ………..

di Tempat


Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama       : ………………

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jl. Kaliurang KM 5, Yogyakarta

NISN       : 123347


Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 09 Mei 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,


Rio Willyanto

4 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Tidak Masuk Sekolah Menghadiri Pernikahan Saudara

Malang, 09 Mei 2019


Hal : Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Kepada Yth,

Kepala SMA Negeri 1 Malang

di Malang


Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini adalah Orang tua dari :


Nama       : Putri Marino

Kelas        : XII IPA 1

NISN       : 9877690


Memberitahukan bahwa putri saya tersebut diatas tidak dapat masuk sekolah seperti biasa, dikarenakan mengikuti prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota. Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 1 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat saya,

Orang Tua Siswa,


Rio Romario

5 dari 6 halaman

Contoh Cara Membuat Surat Tidak Masuk Sekolah dengan Surat Keterangan Dokter

Medan, 09 Mei 2019


Hal : Permohonan Izin Sekolah

Lampiran : 1 Lembar


Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Medan

Jl. Pendidikan No. 1

Medan


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari :


Nama       : Chico Sihombing

Kelas        : XII IPA 3

Alamat    : Jl. Kampung Keling 3 No. 99, Medan

NISN       : 667021


Dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut diatas sedang dalam keadaan sakit. Atas saran dokter, siswa tersebut diatas harus beristirahat total selama tiga hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Demikian surat permohonan izin kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru kami mengucapkan banyak terimakasih.


Hormat Kami,

Orang tua Siswa,


Rio Sihombing

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Harus Diperhatikan

1. Kertas yang digunakan sebaiknya adalah kertas HVS. Dengan demikian, surat izin yang dibuat akan terlihat lebih rapi dan sopan.

2. Jangan sampai ada coretan pada kertas HVS yang dipakai. Jika ada kesalahan dalam penulisan/pengetikan, usahakan untuk mengganti kertas tersebut dengan yang baru. Jangan sampai kamu meralat tulisan tersebut dengan tipe-x atau coretan.

3.  Tulislah surat izin dengan cara tulis tangan, dan usahakan bolpoint yang dipakai berwarna hitam.

4. Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah selanjutnya di haruskan memakai amplop agar lebih rapi dan sopan.

Ratna Sarumpaet Merasa Kasusnya Politis, TKN: Ikuti Saja Proses Hukum!

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin heran dengan pernyataan Ratna Sarumpaet yang merasa kasus hoax dirinya politis. Menurut TKN, terungkapnya kasus hoax Ratna justru menghindarkan politisasi. Apa maksudnya?

“Tidak ada yang mempolitisasi kasus Ratna Sarumpaet. Justru kalau Ratna Sarumpaet tidak terungkap kebohongannya, maka akan terjadi politisasi terhadap kekerasan yang dilakukan terhadap Ratna Sarumpaet,” kata juru bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Kamis (28/2/2019).

Menurut Ace, kasus hoax penganiayaan Ratna saat itu berpotensi dipolitisasi tim Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan menyalah-nyalahkan penguasa. Ia menyinggung peristiwa itu kala Prabowo dan timses menggelar konferensi pers mengenai penganiyaan Ratna.
“Bayangkan kalau Ratna Sarumpaet tidak berani menyatakan yang sebenarnya, maka propaganda oposisi mengalami penindasan, dizalimi oleh rezim yang berkuasa akan tersembur dengan kencang,” tutur Ace.
“Itulah sebabnya tanpa fact checking, Prabowo dan kubu 02 ramai-ramai konferensi pers. Jadi poinnya bukan semata-mata tidak ada fact checking, tapi pada upaya menggunakan kasus ini sebagai bagian dari politisasi,” imbuhnya.

Ratna Sarumpaet Merasa Kasusnya Politis, TKN: Ikuti Saja Proses Hukum!Foto: Ace Hasan Syadzily (Foto: Ari Saputra/detikcom)

Karena itu, dia meminta Ratna mengikuti proses hukum dengan baik. Ia meminta Ratna tak buru-buru menyimpulkan.

“Oleh karena itu, sebaiknya ikuti saja proses hukum itu dengan sebaik-baiknya. Kita lihat apakah ada fakta persidangan bahwa kasus kebohongan Ratna Sarumpaet ini semata-mata menyangkut dirinya sendiri. Atau melibatkan pihak-pihak lain untuk maksud-maksud tertentu,” ujar Ace.
(tsa/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dapat Mosi Tidak Percaya, Kepala LIPI: Tunggu Tim Penyelaras

Jakarta – Profesor riset dan peneliti utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melayangkan mosi tidak percaya terhadap Ketua LIPI Laksana Tri Handoko. Handoko menilai tak semestinya ada gerakan tersebut.

“Dalam konteks di atas, gerakan dan manuver dari sebagian kecil peneliti senior dan pensiunan peneliti LIPI tidak sepatutnya dilakukan,” ucap Handoko lewat pesan singkat, Kamis (28/2/2019).

Dia menegaskan LIPI merupakan lembaga akademis yang menjunjung tinggi kebebasan akademis berdasarkan etika ilmiah. Namun di sisi lain, LIPI juga lembaga eksekutif pemerintahan yang mengacu pada regulasi dan etika ASN bagi civitas di dalamnya.


Menurut Handoko, sebaiknya seluruh pihak menunggu hasil kerja Tim Penyelaras yang sudah dibentuk KemenPAN-RB dan Kemenristekdikti. Dia mengatakan bila ada bagian dari eksekusi yang perlu diperbaiki semestinya segera dicari solusinya.

Salah satu alasan dilayangkannya mosi tidak percaya yakni Handoko dinilai mengingkari kesepakatan untuk menghentikan sementara reorganisasi di LIPI. Handoko mengatakan reorganisasi sebagai produk hukum yang telah melalui proses panjang sehingga tak bisa dianulir dengan mudahnya.

Handoko juga mengatakan reorganisasi dilakukan untuk perbaikan di tubuh LIPI. Dia tidak sepakat bila reorganisasi membuat kinerja LIPI menurun.

“Reorganisasi ditujukan untuk meningkatkan tata kelola, produktifitas dan kinerja LIPI di bidang litbang. Selain untuk menyesuaikan tata kelola sesuai dengan regulasi terkini. Dengan proses reorganisasi yang baru berjalan beberapa minggu bagaimana mungkin membuat layanan dan reputasi LIPI merosot,” ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, profesor riset dan peneliti utama LIPI melayangkan mosi tidak percaya terhadap Handoko. Mereka menilai Handoko mengingkari kesepakatan tentang pengkajian ulang kebijakan reorganisasi.

“Kepala LIPI ternyata tidak menepati janji untuk menghentikan reorganisasi dan redistribusi sesuai dengan kesepakatan yang telah diambil oleh kedua belah pihak dan imbauan tersebut,” kata perwakilan profesor dan peneliti LIPI, Hermawan Sulistyo, di gedung Widya Graha lantai 7, LIPI, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Hermawan mengatakan ada sembilan alasan lain yang melatarbelakangi munculnya mosi tidak percaya tersebut. Profesor dan peneliti menilai saat ini sistem dan tata kelola internal LIPI telah rusak, pelayanan publik LIPI juga merosot, dan reputasi LIPI sebagai pemegang otoritas keilmuan hancur.

Atas berbagai alasan tersebut, para profesor dan peneliti LIPI menyatakan tak percaya pada kepemimpinan Handoko. Karena itu, mereka mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberhentikan Handoko.

Diberitakan sebelumnya, Handoko memang menandatangani kesepakatan bersama profesor dan peneliti tentang pengkajian ulang kebijakan reorganisasi LIPI. Dalam kesepakatan itu, terdapat 5 poin tuntutan para profesor dan peneliti utama LIPI.

Handoko bersedia menandatangani dengan catatan poin 1 dan poin 5 dalam kesepakatan itu dikaji lebih dulu. Berikut ini 5 tuntutan para peneliti yang ditandatangani Handoko pada 8 Februari 2019 ini:

1. Menghentikan sementara (moratorium) kebijakan reorganisasi LIPI
2. Membentuk Tim Evaluasi Reorganisasi LIPI yang beranggotakan perwakilan dari masing-masing kedeputian
3. Mengkaji ulang kebijakan reorganisasi LIPI dengan melibatkan seluruh civitas LIPI secara inklusif, partisipatif, dan humanis
4. Merumuskan visi, rencana strategis, dan peta jalan (road map) LIPI dengan tahapan yang terukur dan jelas
5. Selama proses pengkajian ulang berlangsung, maka tata kelola LIPI dikembalikan pada struktur sesuai dengan Perka LIPI No 1/2014.

Seusai pertemuan, Handoko menjelaskan alasannya yang sempat tidak mau menandatangani 5 tuntutan dari peneliti LIPI tersebut karena poin 1 dan 5 berbenturan dengan Perpres Nomor 4 Tahun 2018.

“Jadi memang kalau reorganisasi itu sebenarnya bukan hanya saya prosesnya. Jadi yang jelas proses itu melibatkan banyak pihak khususnya KemenPAN-RB. Kedua, memang kita ada proses pemindahan pusat yang standardisasi nasional. Itu kalau kita pakai kan itu gugur padahal sesuai perpres itu harus sudah dipindah, jadi tak mungkin, kasihan juga yang sudah ke sana, itu amanah Perpres Nomor 4 Tahun 2018,” paparnya.
(jbr/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Memandikan Jenazah Beserta Doanya Sesuai Ajaran Islam

Liputan6.com, Jakarta Pada setiap kehidupan pasti ada sebuah kematian yang mengikutinya. Satu hal ini pasti akan dialami semua manusia yang hidup. Manusia mengalami roda kehidupan lahir, tua dan meninggal. Kematian seseorang merupakan rahasia Illahi dan ketika saat itu tiba tidak ada satu manusia pun yang mampu menolaknya. 

Kelahiran manusia akan membawa sukacita, sedangkan kematian akan membawa kesedihan Meskipun roda kehidupan tersebut diketahui dan disadari manusia, namun kematian tetap meninggalkan kesedihan bagi yang tinggalkan.

Dalam Islam kematian juga merupakan sebuah takdir mutlak. Yakni terjadi di luar campur tangan manusia sama sekali, Hal itu sesuai dengan firman Allah pada surat Luqman ayat 34 “Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui dengan pasti apa yang akan diusahakannya besok, dan tiada seorangpun yang mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti.”(QS Luqman: 34)

Merawat jenazah adalah fardu kifayah. Fardu kifayah  adalah status hukum dari sebuah aktivitas dalam Islam yang wajib dilakukan, namun bila sudah dilakukan oleh muslim yang lain maka kewajiban ini gugur. Akan tetapi alangkah baiknya jika setiap umat islam bisa mengetahui hal-hal tersebut.

Berikut Liputan6.com Selasa (26/2/2019) rangkum dari berbagai sumber cara memandikan jenazah beserta doanya.           

2 dari 5 halaman

Ketentuan Orang yang Memandikan Jenazah

Sebelum mengetahui cara memandikan jenazah beserta doanya, sebaiknya lebih diutamakan jika dari kalangan kerabat jenazah.

Wajib bagi jenazah laki-laki dimandikan oleh laki-laki. Demikian juga jenazah wanita dimandikan oleh wanita. Kecuali  jenazah tersebut adalah suami terhadap istrinya atau sebaliknya. Hal ini dikarenakan wajibnya untuk menjaga aurat meskipun sudah meninggal dunia.

Namun, terkecuali bagi anak yang berusia kurang dari 7 tahun maka boleh dimandikan oleh lelaki atau wanita. Selain itu memandikan jenazah hendaknya adalah orang yang paham fikih pemandian jenazah.

3 dari 5 halaman

Mempersiapkan peralatan

.  Sebelum memandikan jenazah, siapkan peralatan yang diperlukan dahulu. Ambil kain penutup dan gantikan kain basahan sehingga aurat utamanya tidak kelihatan.  Memandikan jenazah juga harus pada tempat yang  tertutup

Beberapa peralatan yang diperlukan untuk memandikan jenazah antara lain sebagai berikut:

– Tempat memandikan pada ruangan tertutup.

– Air secukupnya.

– Sabun, air kapur barus dan wangi-wangian.

– Sarung tangan untuk memandikan.

– Potongan atau gulungan kain kecil-kecil.

– Kain basahan, handuk, dan lain-lain.

4 dari 5 halaman

Cara Memandikan Jenazah Beserta Doanya

Cara memandikan jenazah beserta doanya diawali dengan niat, memandikan jenazah dimulai dari anggota tubuh bagian kanan. Perlakukan jenazah dengan lembut ketika membalik dan menggosok anggota tubuhnya.

Gunakan sarung tangan yang bersih dan masih baru untuk membasuh jenazah. Setelah itu, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1.  Membaca niat

Sebelum memandikan jenazah, terlebih dahulu untuk membaca niat memandikan jenazah. Berikut bacaan niatnya bagi jenazah laki-laki dan perempuan. 

Niat Memandikan Jenazah Laki-laki

Nawaitul ghusla adaa’an ‘an haa-dzal mayyiti lillaahi ta’aala

Niat Memandikan Jenazah Perempuan

Nawaitul ghusla adaa’an ‘an haadzihil mayyitati lillaahi ta’aala

2. Setelah itu, tinggikan kepala jenazah agar air tidak mengalir kearah kepala. Kemudian, bersihkan seluruh badannya dan tekan perutnya secara perlahan.

3. Masukkan jari tangan yang telah dibalut dengan kain basah ke mulut jenazah, gosok giginya dan bersihkan hidungnya, kemudian diwudhukan.

4. Siramkan air ke sebelah kanan dahulu, kemudian ke sebelah kiri tubuh jenazah.

5. Mandikan jenazah dengan air sabun dan air mandinnya yang terakhir dicampur dengan wangi-wangian.

6. Keringkan tubuh jenazah seteah dimandikan dengan kain sehingga tidak membasahi kain kafannya.

7. Selesai dimandikan, sebelum dikafani berilah wangi-wangian yang tidak mengandung alkohol, seperti air kapur barus.

5 dari 5 halaman

Memandikan jenazah perempuan.

Bagi jenazah wanita, sanggul rambutnya harus dilepaskan dan dibiarkan menjulur ke belakang, setelah disiram dan dibersihkan, lalu dikeringkan dengan handuk dan dikepang.

Jika keluar dari jenazah itu najis setelah dimandikan dan mengenai badannya, wajib dibuang dan dimandikan lagi. Namun, jika keluar najis setelah diatas kafan tidak perlu diulangi mandinya, cukup hanya dengan membuang najis tersebut.

Setelah memandikan jenazah, disunnahkan untuk mandi seperti sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Barangsiapa yang memandikan mayit, maka hendaklah dia mandi. Dan barangsiapa yang memikul jenazah, maka hendaklah dia wudhu“. (HR Abu Dawud no. 3161 dihasankan Al Albani dalam Ahkamul Janaiz no. 71).

Nah di atas adalah cara memandikan jenazah beserta doanya.  Semoga bermanfaat.

Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan, Cukup dengan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Sebagai mahkota pada wanita, rambut menjadi salah satu bagian penting untuk menghasilkan penampilan yang sempurna. Tapi masalah pada rambut pun sering dialami oleh sebagian besar wanita yaitu kerontokan rambut.

Tentu saja jika mengalami rambut rontok secara berlebihan akan merasa ketakutan. Oleh karena itu banyak orang yang mencari cara mencegah rambut rontok agar mereka tak mengkhawatirkannya lagi.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sabagai cara mencegah rambut rontok. Penyebab rambut rontok pun bermacam-macam. Akan tetapi kerontokan pada rambut yang masih bisa dibilang normal ialah jika kamu mengalami kerontokan rambut sebanyak 40 hingga 120 helai. Namun kamu harus berhati-hati jika mengalami kerontokan lebih dari itu.

Meskipun masih bisa dibilang normal, akan tetapi jika mengalami kerontokan cukup banyak pasti akan mempengaruhi penampilan serta kepercayaan diri.

Cara mencegah rambut rontok pun pasti banyak dilakukan oleh kaum hawa, salah satunya bisa jadi dengan melakukan perawatan atau hair treatment yang tentu saja bisa mengurusa isi kantong.

Namun sebenarnya cara mencegah rambut rontok yang berlebihan bisa kamu lakukan dengan bahan alami. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019), berikut ini faktor penyebab rambut rontok serta cara mencegah rambut rontok menggunakan bahan alami yang bisa kamu praktikkan di rumah.

2 dari 3 halaman

Faktor penyebab rambut rontok

Sebelum mengetahui bagaimana cara mencegah rambut rontok, kamu juga perlu mengetahui apa saja penyebab rambut rontok. Beberapa orang memiliki permasalahan rambut rontok dengan penyebab yang berbeda. Akan tetapi faktor eksternal menjadi penyebab dari rambut rontok yang mungkin sangat umum.

Selain itu, faktor internal seperti perubahan hormon pun dapat memicu adanya kerontokan pada rambut. Berikut ini beberapa faktor penyebab kerontokan pada rambut.

1. Faktor keturunan

Penyebab kerontokan rambut yang pertama sering kali diakibatkan karena faktor keturunan ataupun genetik. Maksudnya ialah jika orangtua kamu memiliki masalah rambut rontok, maka kamu pun memiliki kemungkinan mengalami rambut rontok. Meskipun banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut, akan tetapi untuk faktor genetik lebih banyak dialami oleh kaum pria.

2. Kehamilan

Pada wanita yang sedang hamil, mereka akan lebih sering mengalami kelelahan, dehidrasi serta ketidakseimbangan hormon. Hal ini lah yang bisa mengakibatkan peningkatan pada kepekaan folikel rambut.

Jika folikel rambut mengalami peningkatan kepekaan, maka kondisi kulit kepala pun cenderung tidak sehat. Ini pula yang bisa mengakibatkan kerontokan pada rambut.

3. Perubahan hormon

Perubahan hormon sering terjadi pada kaum wanita terutama saat sedang mengalami siklus menstruasi. Perubahan pada hormon inilah yang mengakibatkan kerontokan pada rambut. Hal ini dikarenakan adanya pelemahan di akar rambut serta peningkatan kepekaan pada folikel rambut.

4. Pengobatan dan perawatan

Terlalu sering menggunakan produk perawatan pun tidak dianjurkan. Karena produk perawatan dari dokter pun tetap memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya.

Apabila kamu sering melakukan perawatan dengan menggunakan alat yang cukup panas untuk membentuk model rambut, maka rambut kamu akan sangat cepat mengalami kerusakan dan juga kerontokan.

Selain itu, jika kamu sedang menjalankan proses pengobatan secara terus-menerus maka kemungkinan besar efek yang akan ditimbulkan ialah mengalami kerontokan rambut atau kebotakan.

5. Stres fisik dan mental

Faktor kerontokan pada rambut berikutnya ialah stres. Jika kamu mengalami stres fisik dan mental secara terus menerus maka bisa mengakibatkan turunnya berat badan secara berlebihan.

Selain itu kerja fisik yang terlalu berat pun bisa menyebabkan tubuhmu kelelahan dan juga dehidrasi. Tentu saja kedua hal ini bisa mempengaruhi pada gizi ataupun nutrisi yang terserap pada rambut. Hingga pada akhirnya kamu bisa mengalami kerontokan dengan sangat cepat.

3 dari 3 halaman

Cara mencegah rambut rontok

Jika kamu telah mengetahui faktor penyebab rambut rontok, maka tak ada salahnya kamu juga perlu mengetahui cara mencegah rambut rontok secara alami.

Karena cara mencegah rambut rontok yang berlebihan menggunakan bahan alami, justru akan menambah nutrisi pada rambut. Berikut ini beberapa cara mencegah rambut rontok menggunakan bahan alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Lidah buaya

Kandungan dalam lidah buaya memang sangat tinggi akan nutrisi, maka tak heran jika lidah buaya digunakan sebagai salah satu cara mencegah rambut rontok. Kandungan pada lidah buaya pun dipercaya bisa merangsang pertumbuhan rambut. Cara mencegah rambut rontok menggunakan lidah buaya pun cukup mudah.

Sebelumnya kamu perlu membasahi rambut terlebih dahalu, kemudian tunggu hingga setengah kering. Kemudian usapkan lendir yang ada pada lidah buaya ke akar rambut.

Diamkan 15 hingga 20 menit agar nutrisi yang ada pada lidah buaya bisa terserap hingga ke akar rambut. Setelah itu, bilas menggunakan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, sebaiknya gunakan 2 hingga 3 kali dalam seminggu secara teratur.

2. Buah Alpukat

Buah alpukat yang kaya akan protein dan juga lemak ini sang bagus bila digunakan untuk mencegah rambut rontok. Kandungan protein pada buah alpukat ini pun dipercaya bisa merangsang pertumbuhan rambut dan juga menguatkan akar rambut.

Cara mencegah rambut rontok dengan alpukat pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan daging buah kemudian balurkan pada rambut dan juga kulit kepala. Diamkan kurang lebih 20 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Untuk hasil yang optimal, lakukan perawatan secara rutin.

3. Jambu Biji

Buah yang kaya akan vitamin B3, B5 dan B6 ini ternyata ampuh untuk memperbaiki rambut rusak serta mengurangi kerontokan pada rambut. Kamu bisa menggunakan jambu biji sebagai masker. Caranya kamu hanya perlu menghaluskan buah jambu biji serta rambahkan satu putih telur.

Setelah itu aduk hingga tercamput rata kedua bahan tersebut. Kemudian oleskan pada arambut hingga akarnya. Diamkan kurang lebih 40 menit dan oihajt kulit kepala secara halus. Setelah itu kamu bisa membilasnya hingga bersih.


4. Yoghurt

Selain sehat bagi pencernaan ternyata yoghurt pun sangat bagi untuk menutrisi rambut. Terutama bagi kamu yang memiliki jenis rambut kering. Salah satu penyebab rambut rontok ialah kurangnya nutrisi, dan yoghurt bisa membantu mengembalikan nutrisi yang hilang.

Cara penggunaannya kamu hanya perlu mencampurkan yoghurt, madu dan juga minyak kelapa. Kemudian aduk ketiga bahan tersebut hingga merata, setelah itu oleskan pada rambut sampai ke akar rambut. Diamkan kurang lebih 30 menit dan setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

5. Bawang putih

Siapa yang bakal mengira jika bawang putih bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok? Ternyata salah satu bumbu dapur ini juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mencegah rambut rontok.

Cara menggunakannya pun mudah dilakukan, kamu hanya perlu menghaluskannya untuk dijadikan masker rambut. Namun saat membilas dengan air, kamu harus benar-benar membersihkannya hingga bersih serta menggunakan shampo.

Hal ini karena menggunakan bawang putih sebagai masker bisa meninggalkan aroma cukup menyengat pada rambut kamu.

Cara Mudah Biasakan Pilah Sampah di Rumah

Liputan6.com, Jakarta – Tumpukan sampah menggunung di rumah kemungkinan masih ada yang berguna bila kita memilahnya. Namun, tak sedikit rumah tangga yang mencampurkannya begitu saja dengan berbagai alasan.

Padahal, pemilahan membantu Anda untuk menekan produksi sampah dari rumah. Apalagi, menurut data yang dilansir dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan sebanyak 24 persen sampah belum dikelola.

Pemilahan bisa berhasil bila dimulai sekarang dan dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. Tapi, banyak yang gagal karena tak mengerti caranya seperti dilontarkan sejumlah peserta Workshop Bukalapak ‘Trash to Treasure’, pekan lalu.

Duta Lingkungan Hidup Tasya Kamila berbagi tips mudah membiasakan pemilahan sampah di rumah. Yang pertama adalah menyediakan dua tempat sampah. Sampah kemudian dipilah menjadi sampah basah dan kering.

“Sampah itu sederhana sebenarnya, tapi kalau buang sembarangannya secara masif, sampahnya juga akan masif. Pengelolaan sampah bisa dilakukan asal kita mau,” kata Tasya.

Sampah basah atau organik meliputi sisa makanan, kulit buah, dan bahan-bahan lainnya. Ia menyarankan agar tempat sampah basah diletakkan di dapur agar mudah diakses. Setelah terkumpul, sampah tersebut dipindahkan ke tong komposter, lalu ditambahkan cairan bioaktivator untuk diolah menjadi kompos.

“Nanti jadinya kompos cair, tapi ampasnya bisa jadi kompos padat. Bisa bantu deh suburkan tanah,” katanya.

2 dari 2 halaman

Sampah Kering

Sementara itu, sampah anorganik dimasukkan ke dalam tempat sampah kering. Founder Kertabumi Recycling Center, Iqbal Alexander menerangkan meski sampah anorganik bisa dikategorikan dalam banyak macam, Anda bisa memulainya dengan menyatukan semua sampah anorganik di satu tempat.

Ia juga mengingatkan agar tempat sampah yang dipakai selalu terjaga kebersihannya agar seluruh anggota keluarga tak merasa jijik. Di sini diperlukan kerjasama seluruh anggota keluarga.

“Semua sampah anorganik disatukan dulu, apalagi kalau baru (memilah). Tong sampahnya kemudian digambar dan diwarnai semenarik mungkin. Nah, nanti yang kering (sampahnya) tinggal didonasikan,” kata dia.

Bila telah terbiasa, Anda bisa mulai memilah sampah anorganik menjadi lebih spesifik. Contohnya, sampah yang bisa didaur ulang dan sampah yang tidak bisa didaur ulang.

“Yang tidak bisa didaur ulang itu contohnya popok bayi. Jadi, sebaiknya popok diletakkan di tempat tersendiri,” ujar Iqbal seraya menyatakan sampah yang tidak bisa didaur ulang, bisa diserahkan langsung kepada Dinas Kebersihan terdekat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Menhan Beberkan Ancaman Berbahaya bagi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu mengungkap beberapa ancaman berbahaya yang harus dihadapi Indonesia. Diantaranya, kata dia, adalah ancaman terorisme, bencana alam, narkoba hingga kejahatan cyber.

“Ancaman nyata itu teroris, bencana alam, pemberontakan, narkoba, kemudian cyber intelligent. Ini nyata-nyata sekali. Bencana berulang, teroris terus menerus, narkoba apalagi,” kata Menhan Ryamizard dalam Rapat Pleno Khusus MPR RI tentang ‘Pertahanan, Keamanan dan Wilayah Negara’ di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (27/2).

Menurutnya, ancaman terorisme adalah yang paling menakutkan. Karena para teroris tersebut melakukan merubah mindset masyarakat dan jika dibiarkan bisa mengancam keutuhan negara.

“Beberapa waktu lalu, di Jawa Timur ya ada seorang ibu membiarkan dia dan anaknya dengan bom. Ini kan mindsetnya sudah berubah. Seorang ibu dan istri kan dalam berumah tangga ingin punya anak,” ungkapnya.

Karena itu, Ryamizard menyarankan Alustsista negara sebaiknya dikerahkan untuk mengantisipasi ancaman yang ada di Indonesia. Serta negara harus tetap wasapada dengan kemungkinan ancaman lainnya.

“Maka seharusnya alutsista dan kekuataan dikerahkan kepada yang nyata. Yang belum nyata ya, kita waspada saja,” ucapnya.

Selain itu, Menhan Ryamizard menuturkan pihaknya terus berkoordinasi dengan kementerian pendidikan untuk menangkal ancaman terorisme. Lanjutnya, radikalisme bisa di luluhkan dengan program deradikalisasi.

“Cara mengatasi dari luarnya, ya yang pertama yang sudah kena radikal ya deradikalisasi. Tapi kalau sudah mengancam keamanan nasional ya, susah itu,” tandasnya.

Reporter: Sania Mashabi

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: