Penjelasan Jaksa Soal Kasus Perusakan Rumah di Makassar

Liputan6.com, Makassar – Kasus dugaan pidana perusakan rumah milik warga di Makassar terkatung-katung hingga memakan waktu nyaris dua tahun.

Berkas perkara dua orang tersangka dalam kasus tersebut masing-masing pemberi pekerjaan Jemis Kontaria dan Edi Wardus Philander selaku pemborong pekerjaan, hingga saat ini tak memperlihatkan isyarat akan dinyatakan lengkap (P 21). Malah berkas berulang kali hanya bolak-balik antara penyidik Kepolisian dalam hal ini Polda Sulsel dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sulsel.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam perkara tersebut, Fitriani didampingi oleh Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel Salahuddin mengaku jika pihaknya sulit memaksakan berkas kedua tersangka Berstatus P 21, karena hingga saat ini penyidik Polda Sulsel belum memenuhi kelengkapan berkas sebagaimana telah dituangkan dalam petunjuk yang diberikan pihaknya.

“Pasal yang diterapkan dalam perkara ini kan Pasal 406 Jo Pasal 55. Nah Pasal 55 ini kita minta ada pelaku materil (yang melakukan perusakan langsung dalam hal ini buruh) tidak hanya pelaku tidak langsung (yang menyuruh). Ini yang belum dipenuhi oleh penyidik karena keduanya harus dipidana, ini kan yang dimaksud ‘vicarious liability’,” kata Fitriani saat ditemui di ruangan kerja Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Kamis 21 Februari 2019.

Mengenai adanya putusan praperadilan bernomor 15/Pid.Pra/2016/PN.Makassar tertanggal 16 Agustus 2016 yang memutuskan dengan tegas jika para buruh yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polsek Wajo, tidak dapat dibebankan pidana karena mereka hanya menjalankan pekerjaan untuk memperoleh upah.

Sehingga berdasarkan putusan praperadilan tersebut, penyidik Polsek Wajo menghentikan proses penyidikan terhadap para buruh yang dimaksud, diakui Fitriani, itu tidak mengikat, tapi tetap akan menjadi pertimbangan dalam perkara yang telah menjerat pemberi pekerjaan Jemis Kontaria dan pemborong pekerjaan Edi Wardus sebagai tersangka.

Ia menjelaskan dalam putusan praperadilan yang meloloskan buruh dari jeratan pidana tersebut, sepengetahuannya juga terdapat pertimbangan Hakim bahwa jika terdapat kerusakan rumah seperti yang dipermasalahkan, sebaiknya ditempuh jalur gugatan perdata.

“Jadi amar putusan praperadilan yang meloloskan buruh dari jeratan pidana jangan juga dibaca sepotong-sepotong dong. Harus utuh,” kilah Fitriani.

Ia pun membantah ketika pihaknya dituding menolak kehadiran saksi ahli pidana untuk menjelaskan secara utuh mengenai petunjuk ‘vicarious liability’ (pertanggung jawaban pidana pengganti) yang diberikan pihaknya sebagai syarat kelengkapan berkas perkara kedua tersangka.

“Tidak pernah ada permintaan penyidik Polda Sulsel secara tertulis ke kami untuk gandeng ahli pidana menerangkan utuh terkait petunjuk yang kami berikan yakni tentang unsur ‘vicarious liability’ itu,” ujar Fitriani.

Ia berharap penyidik Polda Sulsel segera memenuhi petunjuk yang diberikan oleh pihaknya agar syarat kelengkapan berkas perkara kedua tersangka bisa segera terpenuhi dan dinyatakan perkara ini P.21.

“Hingga saat ini petunjuk kami sepertinya masih diupayakan dipenuhi oleh penyidik. Mendekat ini kami akan undang penyidik membicarakan masalah kelengkapan berkas perkara kasus perusakan rumah milik warga Makassar ini. Waktunya belum ada kepastian tapi jadwal gelar perkara bersama kita pasti akan lakukan secepatnya,” ungkap Fitriani.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Korban Tantang Jaksa Arahkan Penyidik Gandeng Ahli Hukum Pidana

Korban sekaligus pelapor kasus perusakan rumah, Irawati Lauw melalui Penasehat Hukumnya, Jermias Rarsina menanggapi pernyataan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Fitriani yang menafsirkan Pasal 55 KUHP dalam perkara kasus perusakan rumah yang dilaporkan korban (kliennya) sejak tahun 2017 namun tidak menemui kepastian hukum.

Menurut Jermias, dalam hukum pidana dikenal adanya ajaran tentang delneming (penyertaan) Pasal 55 KUHP dan sudah banyak yurisprudensi (putusan hakim) mengenai hal itu dalam praktek peradilan pidana.

Seperti contoh yurisprudensi klasik dan itu semua orang hukum tahu tentang bagaimana pelaku langsung yang dipersamakan dengan pelaku tidak langsung didasarkan pada hal yang disebut sifat pribadi yang melekat pada manusia sebagai subyek hukum.

Di antaranya menurut Arrest Hoge Raad pada tanggal 21 April 1913, kata Jermias, berpendapat bahwa seorang pelaku tidak langsung itu bukan merupakan pelaku tetapi dipersamakan dengan seorang pelaku. Dimana sifat pribadi itulah yang merupakan unsur suatu kejahatan.

Olehnya itu, lanjut Jermias, inilah yang harus (wajib) ahli pidana dihadirkan sebagai salah satu instrumen alat bukti untuk membuat terang petunjuk Jaksa Penuntut Umum terkait unsur ‘vicarius liability’ terhadap pelaku penggantinya yaitu Jemis Kontaria (pemberi pekerjaan) dan Edi Wardus (pemborong pekerjaan) atas perbuatan pekerjaan dari buruh sehingga berakibat rusak rumah.

Dengan menyimak penjelasan diatas, kata Jermias, justru hukum pidana telah membuat batasan pertanggung jawaban pidana bagi buruh.

“Di sinilah berfungsi ajaran delneming, yang mana ‘vicarious liability’ dapat berlaku bagi pelaku tidak langsung. Jadi tidak berarti karena ada pelaku langsung yang sudah dibatasi pertanggung jawaban pidana, lalu tidak dapat dibebankan kewajiban bertanggung jawab secara pidana kepada pelaku tidak langsung. Keliru jika ada yang beranggapan demikian,” jelas Jermias via telepon, Jumat (22/2/2019).

Tanpa mengurangi peran dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam bertafsir mengenai penerapan Pasal 170 dan Pasal 406 Jo Pasal 55 KUHP perihal perusakan, Jermias menyarankan sebaiknya lebih tepat jika Jaksa Penuntut Umum menghadirkan ahli pidana untuk membuat terang ajaran delneming tentang vicarious liability.

“Apa susahnya? Jika berlama lama, ada apa?,” Jermias menandaskan.

Diketahui, perkara dugaan pengrusakan rumah di Jalan Buruh Makassar awalnya ditangani Polsek Wajo dengan menetapkan beberapa orang buruh yang dipekerjakan oleh Jemis Kontaria (pemberi pekerjaan) menjadi tersangka.

Usai ditetapkan tersangka, Jemis pun mencoba membela para buruhnya dengan melakukan upaya hukum praperadilan ke Pengadilan Negeri Makassar. Alhasil Hakim Tunggal, Cenning Budiana yang memimpin sidang praperadilan kala itu menerima upaya praperdilan yang diajukan oleh para buruh. Perkara dugaan pengrusakan yang ditangani Polsek Wajo pun akhirnya berhenti (SP.3).

Kemudian perkara kembali dilaporkan ke Polda Sulsel dan akhirnya menetapkan Jemis Kontaria selaku pemberi pekerjaan dan Edi Wardus Philander selaku pemborong pekerjaan sebagai tersangka.

Namun belakangan, dia tak terima status tersangkanya tersebut, sehingga ia mengajukan upaya praperadilan ke Pengadilan Negeri Makassar. Alhasil sidang praperadilan yang dipimpin Hakim tunggal Basuki Wiyono menolak gugatan praperadilan yang diajukan Jemis melalui Penasehat Hukumnya dan menyatakan status tersangkanya sah secara hukum dan memerintahkan agar penyidikannya segera dilanjutkan

Top 3 Berita Hari Ini: Mengintip Souvenir Pernikahan Mewah Putra Bos Krisna Bali

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini masih tentang pernikahan mewah putra bos Krisna Bali. Gusti Ngurah Berlin Bramantara, sudah menikah dengan Annie Fransisca. Prosesi pernikahan berlangsung dengan adat Bali pada Sabtu, 16 Februari 2019.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pesta resepsi yang digelar di gedung Krisna Oleh-Oleh Bali di Desa Blangsinga, Blahbatuh, Gianyar, Bali, Minggu, 17 Februari 2019. Berlin dan Annie memberikan suvenir yang menarik untuk para tamu undangan.

Suvenir tersebut tidak lain adalah custom powerbank atau alat pengisi daya untuk telepon genggam. Suvenir powerbank hadir dengan tampilan yang dibalut nuansa Bali.

Putra bos Krisna Bali dan Annie mempercayakan proses pembuatan souvenir pernikahan mereka pada Porte by Clarin. Berita kedua yang banyak diminati adalah tentang hubungan cinta yang tak bahagia.

Kalau hubungan Anda dan pasangan lebih banyak berisi nelangsa ketimbang bahagia, ada baiknya berpikir ulang dan tanya pada diri sendiri, apakah harus berlanjut atau segera diakhiri saja?

Menurut sebuah penelitian, mereka yang takut jadi single hanya akan terjebak pada hubungan cinta tak bahagia. Orang-orang ini biasanya berpikir lebih baik punya, tapi buruk, ketimbang sama sekali sendiri. Berita lainnya yang menarik perhatian adalah mengenai prediksi tren konsep pernikahan 2019.

Menurut survei Bridestory, pada tahun ini, ada tiga konsep pernikahan yang akan menjadi favorit.  Salah satunya adaah konsep modern heritage. Konsep ini dinilai memberi kesempatan untuk mengombinasikan aura modern dengan detail tradisional.

Seiring dengan tema tersebut, dekorasi yang akan populer adalah yang penuh dengan bunga dan dedaunan lokal dalam tatanan modern.Suasana vintage dengan sentuhan kontemporer akan menjadi favorit.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Selanjutnya, kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Mengintip Souvenir Pernikahan Mewah Putra Bos Krisna Bali

Putra pengusaha oleh-oleh Krisna Bali, Gusti Ngurah Berlin Bramantara, resmi mempersunting pujaan hati, Annie Fransisca. Prosesi pernikahan berlangsung dengan adat Bali pada Sabtu, 16 Februari 2019.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pesta resepsi yang digelar di gedung Krisna Oleh-Oleh Bali di Banjar Blangsinga, Desa Saba Blahbatuh, Gianyar, Bali, Minggu, 17 Februari 2019. Resepsi pernikahan mewah ini dihadiri oleh deretan pesohor Tanah Air seperti Prilly Latuconsina, Verrell Bramasta, Natasha Wilona, Vicky Shu, Kaka Slank, dan lainnya.

Selanjutnya…

Hubungan Cinta Tak Bahagia, Lanjut Atau Sudahi Saja?

Memang tak melulu soal suka, namun kalau Anda pikir hubungan cinta Anda lebih banyak berisi nelangsa ketimbang bahagia, ada baiknya berpikir ulang dan tanya pada diri sendiri, ‘Apakah ini yang benar-benar Anda inginkan?’

Dalam keadaan seperti ini, apalagi jika sudah tidak bisa didiskusikan dengan pasangan, sudah sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mundur. Menjadi single tak semenakutkan terjebak dalam cinta yang salah.

Selanjutnya…

Intip Prediksi 3 Konsep Pernikahan 2019, dari Tradisi hingga Kue Pengantin

Sedang merencanakan pernikahan tahun ini tapi bingung akan menciptakan pesta seperti apa? Ada baiknya Anda menyimak prediksi tren pernikahan yang akan jadi andalan berdasarkan survei Bridestory berikut ini.

Tahun lalu, stardust alias bintang-bintang menjadi tren terpopuler. Pada tahun ini, ada tiga konsep pernikahan yang akan menjadi favorit. Pertama, konsep modern heritage diprediksi akan mendominasi seiring dengan keinginan pasangan pengantin untuk mengapresiasi warisan budaya.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

8 Pikiran Negatif yang Harus Anda Singkirkan

Liputan6.com, Jakarta Pikiran negatif yang terlintas jika dibiarkan mengendap bisa menghalangi Anda untuk bahagia. Bahkan, pikiran negatif bisa menjadi salah satu faktor munculnya penyakit jantung.

Tak jarang, kita sering tidak menyadari bahwa hal tersebut adalah pikiran negatif. Berikut, paling tidak delapan pikiran negatif yang sebaiknya dihempaskan jauh-jauh seperti dilansir Huffington Post, Jumat (22/2/2019):

1. “Nanti aja deh dikerjainnya”

Seringkali Anda lebih mementingkan hiburan dibanding melakukan kewajiban yang harus dilakukan. Namun, menunda sesuatu malah bisa mengakibatkan stres lho.

Lucas D. Saiter, seorang psikoterapis di New York, mengatakan bahwa untuk melakukan suatu kewajiban, Anda harus memotivasi diri Anda agar segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

2. “Hidupnya lebih menyenangkan daripada hidupku”

“Apa yang kamu lihat hanyalah kulit luar dari apa yang mungkin terjadi di dalam. Dengan kata lain, orang-orang mengeluarkan apa yang mereka ingin orang lain lihat,” ujar psikolog Ree Langham.

Jadi, tak perlu membanding-bandingkan kehidupan Anda dengan orang lain terus menerus. Anda memiliki kebahagiaan sendiri, begitu pun dengannya.

3. “Saya akan senang apabila…”

Menentukan target akan menikah di umur 30 atau akan turun berat badan dalam 5 bulan itu sangat dianjurkan. Namun tidak baik jika menganggap bahwa Anda akan lebih bahagia saat itu terjadi daripada hidup yang sekarang.

Nicole Issa, psikolog dari New York merekomendasikan untuk mengubah pola pikir seperti ini. Lebih baik, ingatkan diri Anda bahwa saat ini pun bahagia. 


Saksikan juga video menarik berikut

2 dari 3 halaman

4. “Hal semacam ini selalu terjadi pada saya”

Toni Coleman, seorang psikoterapis di McLean, Virginia mengatakan jenis pemikiran seperti ini harus dibuang karena melukiskan bahwa Anda sebagai korban dari perlakuan/keadaan tidak adil. Hal ini hanya memperkuat sikap negatif tentang bagaimana dunia memperlakukan Anda. 

5. “Saya berharap saya seperti dia”

Sudah menjadi sifat manusia untuk peduli pada penampilan fisik. Meski Anda sudah cantik dan sempurna, pikiran Anda tetap tidak puas dan menginginkan yang lebih lagi. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut, adalah untuk belajar mencintai diri sendiri.

Seorang terapis di California, Abby Thompson, menyarankan juga untuk mengakui kepada diri sendiri dan mulai mengubah pola pikir.

3 dari 3 halaman

6. “Saya benar-benar bodoh”

Karen Donzaldson, pakar komunikasi dan bahasa tubuh di Toronto mengungkapkan bahwa pikiran mencela diri sendiri dapat menghancurkan harga diri dan percaya diri Anda. Donaldson menyarankan untuk mencoba mengganti pemikiran tersebut dengan sesuatu yang mendukung.

7. “Saya akan mencoba”

Melissa Wolak, seorang pelatih pola pikir holistik dan transformatif di Boulder, Colorado menyatakan jika Anda menggunakan kata “coba”, itu artinya Anda memberi celah/menerima untuk gagal, jika tidak berhasil. Wolak menyarankan untuk mengganti kata “coba” dengan “Saya akan melakukannya”, “Saya akan melakukan yang terbaik” atau “Saya bisa melakukannya”.

8. “Saya takut gagal”

Suatu hal dapat dilakukan jika Anda memilih untuk belajar melakukannya. Seperti seorang bayi dalam belajar berjalan, pasti ada jatuhnya. Sumayya Essack, seorang pelatih pola pikir dan kehidupan di Boston menyarankan untuk mengatakan, “Saya akan mencari tahu langkah selanjutnya dan melakukannya” kepada diri sendiri.



Penulis: Dara Elizabeth

Cara bermain CoC di PC, Buat Kamu Pecinta Game

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang hobi main game tentu sudah tak asing lagi dengan game CoC (Clash of Clans) ini kan? Bagaimana tidak, game yang berlatar belakang kolosal ini sudah dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia setiap bulannya. Permainan ini juga dimainkan dari berbagai kalangan dari anak kecil hingga dewasa.

CoC atau kepanjangan dari Clash of Clans adalah adalah sebuah game strategi di mana pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas, trophy, elixir dan dark elixir.

Mulai dari membangun prajurit yang andal, upgrade wall (tembok) agar kuat, membangkitkan Barbarian King dan Archer Queen, bahkan hingga membangunkan sang Golem.

Dalam permainan CoC sangat membutuhkan Gold dan Exilir untuk mencapai kemenangan. Seperti yang kita ketahui sendiri, untuk mendapatkan keduanya sangatlah sulit. Apalagi bila kita dihadapkan kepada yang reproduksi Dark Exilir, tingkat kesulitannya sudah mencapai batas maksimal.

Bermain CoC memang menyenangkan kamu pun bisa melepas penat setelah lelah bekerja, ataupun bermain ketika bosan. Sayangnya, jika bermian CoC melalui smartphone maka akan membuat baterai smartphonemu cepat habis.

Pasalnya bermain CoC di smartphone jika dipaksa akan membuat handphone terasa panas, hal ini akan membuat handphonemu berumur pendek. Enggak mau kan kalau smartphone kamu jadi rusak karena terlalu sering bermain CoC?

Maka tidak sedikit orang yang memilih bermain CoC lewat PC. Selain tampilan layar yang lebih besar kamu pun lebih nyaman bermain di PC. Apakah bisa bermain CoC lewat PC?

Tentu bisa, beberapa orang tidak mengetahui jika bermain CoC bisa dilakukan melalui PC ataupun laptop kesayanganmu. Nah, bagaimana cara bermain CoC di PC? Jangan khawatir pada artikel ini, kamu akan mengetahui cara bermain CoC di PC.

Jadi kamu tidak perlu khawatir jika handphone kamu rusak karena terlalu sering bermain CoC. Kamu pun bisa langsung mempraktkikan cara bermain CoC di PC ini di rumah.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan cara bermain CoC di PC. Dalam bermain CoC di PC melibatkan aplikasi pihak ketiga untuk membuat laptop bisa mengemulasi Android di PC atau laptop. Namun pada artikel ini akan menggunakan BlueStack untuk bermain CoC di PC.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) cara bermain CoC di PC bisa kamu coba!

2 dari 3 halaman

Cara Bermain Coc di PC dengan BlueStacks

1. Langkah pertama, unduh BlueStacks di http://www.bluestacks.com/ di PCmu

Setelah mengunduh, kemudian lakukan penginstallan. Kemudian kamu akan diminta masuk dengan akun Google. Jadi pastikan untuk memiliki akun Google ya.

2. Setelah itu, Klik tombol ‘search’ oranye dan temukan ‘Clash of Clans’

Google Play akan menanyakan ID dan kata sandi Google Anda, maka Anda dapat pergi ke menu utama Google Play, kemudian tulis di kolom pencarian ‘Clash of Clans’ kemudian klik Instal.

3. Setelah menginstal, cukup klik ‘Run’ untuk membuka game.

Nah, sekarang kamu pun bisa bermain CoC lewat PC kesayanganmu. Untuk memperbesar dan memperkecil, cukup gunakan tombol + dan – pada keyboard.

Jangan lupa untuk memulihkan desa di ponselmu sebelumnya kamu perlu bermain CoC di PC atau laptop. Pastikan juga bahwa laptop atau PCmu memiliki speseifikasi RAM yang cukup mumpuni untuk bermain game CoC ini.

3 dari 3 halaman

Tips Bermain CoC

Setelah mengetahui cara bermain CoC di PC, sebaiknya kamu mengetahui tips bermain CoC agar permainanmu mencapai kemenangan. Walau banyak dimainkan dan terlihat mudah, CoC ternyata memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk clasher pemula. Beberapa tips yang bisa kamu gunakan:

1. Pantau lawan

Mempelajari lawan sebelum berperang adalah hal yang wajib kamu lakukan di dalam CoC., dengan memantau lawan kamu bisa mengetahui tata letak bangunan penting yang patut diserang lebih awal.

2. Pilih lawan yang tepat saat Clan Wars

Saat akan melakukan Clan Wars, ada baiknya kamu menyerang desa yang tidak memiliki bintang untuk awalnya. Selain lebih mudah, desa yang belum memiliki bintang ini menawarkan lebih banyak loot yang bisa diambil.

3. Gabung dengan Clan

Gabung Clan lain bilamana level kamu sudah memungkinkan. Lewat clan ini, kamu kamu pun akan lebih mudah membantu saat kamu diserang atau menyerang clasher lainnya.

4. Level Town Hall

Satu hal penting yang perlu kamu ingat saat akan menyerang town hall (TH) clasher lain, yaitu level Town Hall. Hanya karena Town Hall clasher lain lebih rendah, bukan berarti TH tersebut layak untuk di raih.

5. Jangan boros Gems

Seperti yang sudah kamu ketahui, gems merupakan ‘mata uang’ penting di dalam permainan CoC. Daripada kamu menghamburkan gems untuk mempercepat proses di dalam permainan, ada baiknya kalau kamu menyimpan gems yang dimiliki untuk keadaan yang super mendesak.

Uraian di atas adalah cara bermain CoC di PC yang bisa kamu praktikan. Amat sangat mudah bukan?


Cara Mengganti Nama Facebook Lewat PC dan HP, Tanpa Ribet

Liputan6.com, Jakarta Facebook merupakan salah satu media sosial yang dapat mempermudah kita untuk selalu berhubungan dengan kerabat, keluarga ataupun orang baru yang belum kita kenal. Berbagai fitur di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg memudahkan kita untuk terhubung meski pun ada hambatan jarak. 

Tak bisa dimungkiri, Facebook kini telah menjadi salah satu platform media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Bahkan, beberapa orang diantaranya menjadikan akun Facebook-nya dengan nama panggilan agar terkesan unik.

Namun. beberapa di antara mereka yang merasa bosan dengan nama panggilan, ingin mengubah kembali menjadi nama asli di Facebook. Jika kamu sudah mulai bosan dengan nama Facebookmu ,kamu bisa menempuh cara mengganti nama Facebook.

Bagaimana cara mengganti nama Facebook? Kamu saat ini sedang berada di laman yang tepat, karena pada artikel ini akan membahas cara mengganti nama Facebook. Cara mengganti nama Facebook bisa dibilang cukup sederhana, simak cara mengganti nama Facebook baik-baik yaa

Berikut  Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) cara mengganti nama Facebookyang bisa langsung kamu coba!

2 dari 5 halaman

Cara mengganti nama Facebook lewat PC

1. Cara pertama yang harus dilakukan adalah beranjak ke situs web Facebook

2. Lalu, buka menu drop-down, berbentuk ikon panah yang ada di sudut kanan atas

3. Kemudian, klik settings (pengaturan)

4. Pada direktori General, klik opsi tulisan name (nama)

5. Selanjutnya, kamu bisa mengubah nama sesuai yang diinginkan

6. Terakhir, klik “Review Change”

Perlu diketahui, selain bisa mengubah nama, kamu bisa juga menambahkan nama tengah (opsional) dan nama belakang yang telah tersedia.

3 dari 5 halaman

Cara mengganti nama Facebook lewat HP

Selain mengubah nama melalui desktop, ada cara alternatif lain yang dapat dilakukan melalui smartphone Android dan iOS. Berikut langkah–langkah yang dapat dicoba :

1. Buka aplikasi Facebook di smartphone

2. Kemudian, klik tombol menu yang berada di sudut kanan atas

3. Lalu, geser ke bawah sampai menemukan “Pengaturan & Privasi”

4. Klik “Pengaturan”

5. Selanjutnya, klik “Informasi Pribadi”

6. Pilih “Nama”

7. Kemudian, kamu bisa mengubah nama sesuai yang diinginkan

8. Dan terakhir, klik “Review Change”

Sama seperti desktop, kamu bisa menambahkan nama tengah (opsional) dan nama belakang.

4 dari 5 halaman

Penggunaan Nama Faceboook

Facebook adalah suatu komunitas tempat semua orang menggunakan nama yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaiknya nama pada profil Facebokmu merupakan nama yang digunakan teman-temanmu untuk memanggil kamu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan nama asli, tentunya akan mempermudah temanmu untuk menemukanmu.

Nama ini juga harus terlihat pada tanda pengenal atau dokumen dari daftar tanda pengenal Facebook. Kamu bisa menuliskan nama panggilan sebagai nama depan atau nama tengah jika merupakan variasi dari nama yang sebenarnya (misalnya Bob untuk Robert).

Kamu juga dapat mencantumkan nama lain di akun Facebookmu (misalnya: nama gadis, nama panggilan, nama profesional).

Profil Facebook hanya untuk penggunaan individu. Kamu dapat membuat Halaman untuk sebuah bisnis, organisasi, atau gagasan. Dan hal yang penting yang harus diingat adalah dilarang berpura-pura menjadi apa pun atau siapa pun, karena menjadi dirimu sendiri tentu lebih baik.

5 dari 5 halaman

Aturan nama yang diizinkan di Facebook

Namun, Facebook juga memiliki peraturan ketika ingin mengganti nama dala akunnya. Banyaknya kasus, penyamaran, penipuan membuat Facebook menerapkan aturan dibawah ini. Dalam proses penggantian nama Facebook tidak boleh mencantumkan:

1.   Simbol, angka, penggunaan huruf besar yang tidak sewajarnya, pengulangan karakter, atau tanda baca.

2. Karakter dari beragam bahasa.

3. Gelar apa pun (misalnya: profesional, keagamaan).

4. Kata atau frasa umum, bukan nama.

5. Kata yang menyinggung atau menyiratkan sesuatu yang tidak pantas.

Jika kamu tidak bisa mengganti nama di laman Facebookmu, mungkin kamu telah melakukan beberapa kesalahan sebagai berikut

1. Nama kamu tidak mematuhi kebijakan dalam aturan penggantian nama Facebook di atas

2. Kamu baru saja mengubah nama akun Facebookmu dalam 60 hari terakhir atau kamu terlalu sering mencoba mengubahnya.

3. Kamu sebelumnya diminta untuk mengonfirmasikan namamu di Facebook.

4. Namamu tidak cocok dengan nama yang muncul pada item di daftar tanda pengenal Facebook.

Namun, jika kamu tetap mengalami masalah saat penggantian nama akun Facebookmu. Kamu bisa mengisi formulir untuk meminta perubahan nama dan mengonfirmasikan namamu. Atau kamu bisa mengunjungi link berikut

https://www.Facebook.com/help/contact/1417759018475333

Nah, uraian diatas adalah cara mengganti nama Facebook yang bisa kamu praktikan.  Amat sangat mudah bukan?  Jangan lupa untuk memperhatikan aturan nama Facebook yang telah berlaku seperti tulisan di atas. Jika kamu mengalami kendala, langsung mengubungi Facebook untuk meminta memperbaikinya.  Selamat mencoba!

Pelajar RI ‘Kerjai’ Layanan AS, KPAI Ingatkan Konten Negatif Film

Jakarta – Pelajar SMK berinisial AAP (17) ‘mengerjai’ layanan pencegahan bunuh diri Amerika Serikat (AS) dengan alasan menyelesaikan tugasnya. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyayangkan perbuatan AAP.

“Meski niatnya baik untuk menguji kualitas layanan publik, sebaiknya tidak dilakukan,” kata Ketua KPAI Sutanto saat dihubungi, Kamis (21/2/2019).

Menurut Sutanto, alasan untuk tugas sekolah juga tidak bisa sepenuhnya dibenarkan. Dia berpendapat tindakan tersebut harus dipikirkan akibatnya.

Terkait tindakan ini, AAP diketahui terinspirasi serial remaja di website TV Amerika Serikat berjudul ’13 Reasons Why’. KPAI memandang orang tua perlu mengawasi tontonan setiap anak.

“Tak sedikit film menginspirasi anak mempraktikkan apa yg dilihat dalam film. Maka peran orangtua dalam hal ini sangat diperlukan untuk memberikan literasi pada anak agar konten negatif dalam film tidak dipraktikkan dalam dunia nyata. Orangtua harus memilihkan film-film yang edukatif buat anak agar stimulasi tumbuh kembang anak positif,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, layanan pencegahan bunuh diri di AS menerima telepon dari AAP, yang diketahui berada di Indonesia, pada Selasa, 19 Februari 2019 pukul 10.22 pagi waktu AS. Call center milik Amerika Serikat itu langsung berkoordinasi dengan Atase Polri di KBRI Washington, DC, untuk mencegah AAP merealisasi ancamannya.

Keesokan harinya, Rabu (20/2), Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri melacak nomor AAP dan berkoordinasi dengan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reskrim Polres Jakarta Timur untuk memastikan kondisi AAP. AAP ditemukan selamat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan APP ingin mengetahui seberapa cepat respons aparat terhadap informasi yang dia berikan. Dia pun ingin menguji kemampuan bahasanya.

“Melakukan hal tersebut untuk mengetahui seberapa cepat aparat menindaklanjuti laporannya serta untuk menguji kemampuan bahasa Inggris-nya,” ujar Dedi.
(abw/zak)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hubungan Cinta Tak Bahagia, Lanjut Atau Sudahi Saja?

Liputan6.com, Jakarta – Memang tak melulu soal suka, namun kalau Anda pikir hubungan cinta Anda lebih banyak berisi nelangsa ketimbang bahagia, ada baiknya berpikir ulang dan tanya pada diri sendiri, ‘Apakah ini yang benar-benar Anda inginkan?’.

Dalam keadaan seperti ini, apalagi jika sudah tidak bisa didiskusikan dengan pasangan, sudah sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mundur. Menjadi single tak semenakutkan terjebak dalam cinta yang salah.

Dirangkum Fimela.com, penelitian yang dimuat dalam American Psychological Association berjudul Settling for Less out of Fearing Being Single menunjukkan bahwa mereka yang takut jadi single hanya akan terjebak pada hubungan cinta tak bahagia.

Orang-orang ini biasanya berpikir lebih baik punya, tapi buruk, ketimbang sama sekali sendiri. Dengan kata lain, mereka menghapuskan kriteria-kriteria penting yang seharusnya dipegang untuk bisa memiliki hubungan cinta.

Peneliti juga menemukan bahwa partisipan yang mengejar atau mempertahankan hubungan buruk karena takut jadi single hanya akan menghabiskan waktu dan energi karena pikiran bakal dipenuhi hal negatif tentang menjadi single, merasa tidak bahagia, bahkan kesepian.

Jadi, tanya sekali lagi pada diri Anda, apa yang benar-benar diinginkan dalam hubungan cinta. Lebih baik menunggu sedikit lebih lama, menimbang lebih matang, dan berdamai dengan diri sendiri ketimbang harus bersama ia yang tak memberi bahagia di hidup Anda. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

6 Pelajaran Berharga Usai Putus Cinta

Liputan6.com, Jakarta Merawat hati yang hancur usai putus cinta bukanlah hal yang mudah. Menangis berhari-hari ditambah sakit hati yang masih tersisa membuat banyak orang merasa hancur. Namun, kehidupan tak berhenti usai putus cinta.

Segera usap air mata dan angkat kepala ke atas. Malah, putus cinta yang baru kamu lalui mengajarkanmu banyak hal. Mulai dari kenyataan bahwa hidup tak selalu mulus serta jiwa yang makin tangguh, selengkapnya seperti dilansir Times of India, Kamis (21/2/2019).

1. Ingat, cinta tak selalu semulus cerita dongeng

Banyak dari kita mengaitkan hubungan dengan ide-ide romantis dari film atau buku. Namun, saat mulai menjalaninya akan sadar tidak seindah itu. Setiap pasangan akan mengalami perdebatan, pertengkaran hingga perbedaan persepsi.

2. Selalu ada teman yang tak tergantikan

Teman sejati akan dengan sabar mendengarkan Anda menangis selama berjam-jam tanpa mengeluh. Mereka adalah orang-orang yang tidak boleh Anda lepaskan dalam hidup.


Saksikan juga video menarik berikut

2 dari 3 halaman

3. Tahu rasa patah hati sebenarnya

Putus cinta adalah pengalaman berharga dalam hidup. Di sini, kamu merasakan beragam emosi seperti kemarahan, kecemburuan, kesedihan atau kejengkelan. Ini adalah serangkaian emosi yang mungkin belum pernah kamu rasakan sebelumnya.

Dengan pengalaman ini, kamu bisa mengerti lalu belajar cara mengendalikan diri. Yang paling penting, kamu akan menyadari bahwa Anda ternyata menjadi lebih kuat dan lebih bijaksana daripada yang Anda kira begitu Anda melewati fase ini.

4. Hidup tak pernah berhenti

Tidak peduli apa pun yang sedang dihadapi, kamu harus keluar dari tempat tidur, berbicara dengan orang-orang terdekat, pergi ke kantor dan terus menjalani hidup.

Di titik ini, kamu belajar bahwa tidak dapat memaksakan sesuatu (bahkan hubungan) dan pada akhirnya, waktu menyembuhkan segalanya. Hidup tidak pernah berhenti, dan setiap fase hanya bersifat sementara.

3 dari 3 halaman

5. Menjadi pahlawan untuk diri sendiri

Memang ada sahabat dan keluarga yang mendukung. Namun, pada akhirnya, saat putus cinta kamu yang harus berusaha dan mencari jalan keluar dari situasi ini dan menjadi pahlawan Anda sendiri.

6. Makin bijaksana untuk hubungan selanjutnya

Seiring waktu, kamu menjadi orang yang lebih dewasa dan kuat. Saat merasa lemas, setidaknya memiliki kejelasan yang lebih baik tentang apa yang dicari. Dengan pengalaman putus cinta, ada pelajaran hidup yang diraih. Sehingga, lebih siap untuk menghadapi jalan di depan.

Ternyata Mengurus Visa Traveling ke Turki Gampang Banget, Ini Caranya!

Liputan6.com, Jakarta Hagia Sophia, salah satu tujuan wisata terpopuler di Istanbul Turki mungkin masuk ke dalam wishlist traveling-mu. Bangunan bersejarah ini pada awal pendiriannya diperuntukan sebagai katedral, kemudian berubah menjadi sebuah masjid. Sejak 1935 hingga kini, Hagia Sophia pun beralih fungsi menjadi museum.

Selain Hagia Sophia masih banyak destinasi menarik lainnya di Turki yang sarat akan nilai sejarah dan budaya. Jika kamu mempunyai rencana traveling ke negara tersebut, jangan lupa kalau untuk memasuki Turki kamu pun harus mempunyai visa.

Bagaimana cara mengurus visa Turki? Ternyata mudah, lho! Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurusnya.

1. Mengurus Visa on Arrival

Inilah cara paling mudah untuk mendapatkan visa Turki. Jika kamu mendarat di Bandara Attaturk, Istanbul, kamu tinggal melihat signboard yang mengarah ke bagian Visa on Arrival (VOA). Antrilah di bagian VOA untuk mengurus visa kedatanganmu.

Biaya VOA Turki sebesar 35 USD. Pembayaran dilakukan dengan mata uang Dollar Amerika, bukan mata uang Turki. Counter VOA di bandara juga tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit, jadi sebaiknya siapkan dulu uang tunai sebelum mengantri, ya.

Setelah proses pembayaran selesai, akan ditempel stiker visa di dalam passport. Ingat, VOA ini berlaku sampai 30 hari. Done! Proses mengurus VOA selesai, kamu bisa langsung menuju counter imigrasi dan mulai petualangan di Turki!

2. Mengurus E-Visa Sendiri

Kini kamu tidak perlu lagi mengantri panjang untuk mengurus visa kedatangan di Turki. Mengapa? Dengan sistem online, kamu sudah bisa mendapatkan visa elektronik (e-visa) tanpa harus datang ke Kedutaan besar Turki! Bagaimana cara mengurus e-visa ini? Gampang banget!

– Pertama-tama, kamu harus membuka website www.evisa.gov.tr/en

– Setelah itu klik “Apply” dan isi semua data yang dibutuhkan. Hati-hati dalam mengisi data, ya. Jangan sampai ada yang salah!

– Proses pengisian data selesai, kamu pun tinggal melakukan pembayaran. Lakukan proses pembayaran dengan kartu kredit MasterCard, Visa atau UnionPal.

Selain itu tidak bisa dilakukan pembayaran. Untuk biayanya sendiri sebesar 25 USD, lebih murah dari pada VOA. Print visa yang elah kamu terima sebagai bukti untuk masuk ke negara Turki.

Bagaimana? Mudah sekalikan, membuat visa elektronik ke Turki! Tanpa harus menyiapkan salinan dokumen dan ke kedutaan, kamu sudah bisa mendapatkannya.

Sama seperti VOA, e-visa Turki juga berlaku selama 30 hari. Jika kamu sudah membuat e-visa namun ternyata jadwal keberangkatanmu ke Turki berubah dan di luar jadwal sebelumnya, kamu harus membuat e-visa ulang. Dan jika e-visa tidak jadi digunakan, biayanya tidak bisa dikembalikan.

3. Mengurus Visa Melalui Travel Agent

Visa Turki pun bisa kamu dapatkan melalui jasa travel agent. Jika kamu ikut rombongan tour ke Turki, biasanya kamu juga akan ditawarkan untuk pembuatan visa secara kolektif. Pengurusan visa ini masih dilakukan melalui Kedutaan Besar. Dengan bantuan agen, tentu kamu tidak perlu repot mengurusnya sendiri.

Dokumen yang diperlukan antara lain passport asli, rekening koran bank asli, fotokopi KTP, fotokopi Kartu keluarga (KK), dan fotokopi akte kelahiran. Semua dokumen itu bisa kamu kirim ke penyedia jasa dan nantinya akan dikembalikan saat kamu akan berangkat ke Turki.

Untuk membuat visa melalui travel agent harganya akan lebih mahal dibandingkan jika mengurusnya sendiri melalui online atau VOA. Biayanya bisa berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan.

Dari ketiga cara mendapatkan visa ke Turki di atas, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pilih saja salah satu cara yang tepat untukmu dan bersiaplah menuju Turki dengan mencari tiket pesawat murah di travel fair atau melalui aplikasi, macam Traveloka!



(*)

Tips Aman Menghadapi Cuaca Berkabut

Liputan6.com, Jakarta – Cuaca berkabut merupakan sebuah kondisi Anda harus berhati-hati saat berkendara. Bahkan, sebaiknya jangan keluar rumah dan menunggu kabut hilang terlebih dahulu.

Tapi jika terpaksa harus keluar rumah, Anda perlu untuk melakukan persiapan yang benar supaya selamat. Seperti dikutip dari laman Astra Honda Motor, pengendara harus menggunakan perlengkapan berkendara.

Seperti Jaket, helm, sarung tangan, dan sepatu. Jangan lupa masker juga.

Tetap pantau prakiraan cuaca sebelum memulai perjalanan. Terlebih jika tujuannya adalah daerah yang datarannya lebih tinggi.

Jangan lupa untuk memastikan lampu depan kendaraan berfungsi dengan baik. Sebaiknya jangan menggunakan lampu jauh, sebab bisa mengganggu kendaraan dari arah berlawanan.

Usahakan untuk melaju dengan kecepatan yang konstan, sebab permukaan jalan susah untuk dilihat dengan jelas jika kondisi berkabut. Jaga jarak aman, 5 detik dari kendaraan lain. Supaya jika harus mengerem mendadak, masih ada jarak antar kendaraan.

Hindari juga parkir di tempat yang sangat berkabut. Sebab hal ini bisa membuatmu tertabrak dari arah belakang.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Jangan Asal Ganti, Warna Lampu Kabut Itu Harus Kuning

Bagi sebagian pemilik mobil, agar kendaraan tampil beda tidak jarang melakukan modifikasi. Ubahan yang paling gampang, tentunya mengganti lampu, baik itu lampu utama maupun fog lamp atau lampu kabut.

Namun, bagi empunya mobil yang berniat mengganti fog lamp, perlu diingat untuk tidak sembarangan.




Seperti dijelaskan Didi Ahadi, Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM) bohlam fog lamp itu harus berwarna kuning, dan jangan diganti warna lain, misalkan putih.

“Banyak juga yang ganti bohlamnya. Namanya fog lamp, sinarnya itu rada kuning bukan putih, seperti HID dan yang lainnya, jika hujan malah tidak terlihat,” jelas Didi saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (8/2/2019).

Lanjut Didi, jika warna fog lamp itu selain kuning, justru tidak menembus kabut atau hujan, dan pastinya bakal berbahaya bagi pengemudi.

“Sesuai namanya, fog lamp sebenarnya membantu untuk penerangan saat kabut, dan menyinari jalan. Jadi, jangan pernah ganti warna fog lamp,” pungkasnya.



3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: