Tradisi Doa Bapa Kami Sebagai Pembuka Sesi Parlemen Victoria Diwacanakan Diubah

Victoria

Menteri Utama Victoria Daniel Andrews telah mengindikasikan untuk membuka sesi Parlemen dengan upacara multi-agama ketimbang dengan pembacaan Doa Bapa Kami.

poin ini doa bapakamiPoin inti:

  • Doa Bapa Kami dan pengakuan terhadap negara dibacakan di awal setiap sesi Parlemen
  • Beberapa anggota Parlemen mempertanyakan penggunaan doa di Parlemen sekuler, mengatakan gereja dan negara harus terpisah
  • Perdana Menteri terbuka terhadap gagasan untuk menghapus doa jika memiliki dukungan luas

Agama-agama yang dianut oleh anggota Parlemen negara bagian Victoria termasuk Kristen, Yahudi, Islam dan Hindu.

Setiap hari, di awal pembukaan aktivitas Parlemen, Ketua Parlemen dan Presiden memimpin pembacaan Do’a Bapa Kami di DPR dan Senat.

Anggota Parlemen dari Partai Hijau menunggu di luar hingga lantunan doa selesai dibacakan sebelum duduk di kursi mereka dan telah lama menganjurkan perubahan ini.

Anggota Parlemen dari Partai Reason, Fiona Patten, juga telah menyerukan perubahan, seraya mengatakan bahwa Pengakuan terhadap Negara seharusnya menjadi membuka sesi Parlemen setiap hari.

Dorongan baru bagi Fiona Patten pekan ini datang ketika dia menghadapi tekanan atas dukungannya untuk perpanjangan tol Pemerintah di jalur CityLink selama 10 tahun.

Pada hari Rabu (20/3/2019), Pemerintah Negara Bagian merujuk Doa Bapa Kami ini ke komite prosedur untuk ditinjau.

“Ini adalah masyarakat sekuler dan kebanyakan orang beragama yang saya temui terkejut mengetahui bahwa ini adalah bagaimana kita memulai aktivitas setiap hari di sini,” kata Fiona Patten.

“Menghilangkan Doa Bapa Kami adalah persetujuan betapa beragamnya Parlemen Victoria.”

“Pemerintah telah sepakat untuk melihat bagaimana kami bisa mengubah cara kami menjalankan Parlemen dan melakukan sesuatu yang berbeda dari Doa Bapa Kami yang mencerminkan keragaman komunitas yang akan kami wakili.”

Tradisi satu abad

Menteri Utama Victoria Daniel Andrew mengatakan dirinya terbuka terhadap gagasan [menghilangkan Doa Bapa Kami] itu jika memiliki dukungan luas dan akan menyambut agama-agama lain.

“Jika itu adalah momen multi-agama, pada momen awal di Parlemen, mungkin itu akan lebih mencerminkan seperti apa Victoria yang modern itu,” kata Andrews.

Tetapi Menteri Utama Victoria mengatakan penting juga untuk melestarikan beberapa tradisi.

Parlemen Negara bagian Victoria telah membuka aktivitas di Parlemen setiap hari dengan pembacaan Doa Bapa Kami selama 100 tahun terakhir, tetapi dalam beberapa tahun terakhir juga termasuk pengakuan terhadap pemilik lahan tradisional, yang sempat ditolak oleh anggota Parlemen Liberal, Bernie Finn.

Oposisi tidak mendukung perubahan apa pun, kata pemimpin DPR Victoria dari Partai Liberal, David Davis.

“Itu adalah bagian yang sangat penting dari sejarah kita, itu adalah refleksi yang sangat penting dari tradisi Yahudi-Kristen,” katanya.

Philip Dalidakis dari Partai Buruh adalah di antara anggota Parlemen yang mendukung penghapusan Doa Bapa Kami dari Parlemen.

“Saya percaya pemisahan gereja dan negara,” katanya.

“Saya menentang penggunaan waktu di sekolah negeri untuk pengajaran agama dan tidak percaya ada tempat untuk agama yang terorganisir di Parlemen kami.”

“Orang-orang dapat berdoa sesuai keinginan mereka, ” katanya kepada ABC.

Menteri Urusan Konsumen Marlene Kairouz, seorang Katolik, mengatakan ada banyak agama di Parlemen.

“Jika kita perlu berbagi doa lain dan mengenali agama atau tradisi lain, saya sangat senang untuk mempertimbangkan itu,” katanya.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.


(mae/mae)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Walah! Wagub Sumbar Tak Terdaftar sebagai Pemilih Pemilu

Padang – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit tak ada dalam daftar pemilih tetap Pemilu 2019. Bukan cuma Nasrul Abit, istri dan ketiga anaknya juga tak terdaftar.

“Benar. Saya bersama ibu dan Nasta tak terdaftar. Kami punya KTP Painan ,” kata Nasrul Abit yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar kepada wartawan, Rabu (20/3/2019).

Kepastian Nasrul tidak terdaftar sebagai pemilih tetap baru diketahui setelah dilakukan pengecekan lewat portal https://sidalih3.kpu.go id.

“(Dulu) Saya biasa nyoblos di Painan. TPS berapa-nya saya lupa. Tapi lokasinya di Dinas Pendidikan,” kata dia.

“Saya juga heran. Data saya tentu ada di Disdukcapil Pessel. Seharusnya kami masuk, karena masih tercatat sebagai warga Pesisir Selatan,” sambung Nasrul.

Sementara itu, pihak KPU menyebut tak masukknya Nasrul dalam DPT karena persoalan saat pendataan.

“Petugas datang ke rumah, tapi bapak itu tak ada,” kata anggota KPUD Pesisir Selatan Divisi Program dan Data, Medo Patria terpisah.

Tapi ditegaskan Medo, wagub masih bisa menggunakan hak pilihnya karena akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). Hanya saja, penggunaan hak pilih baru bisa dilakukan di atas jam 12.00 WIB siang atau setelah semua yang punya surat panggilan mencoblos menyelesaikan penggunaan hak pilihnya.
(fdn/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

CEO Persija Terkejut Gusti Randa Ditunjuk Sebagai Plt Ketua Umum PSSI

Liputan6.com, Jakarta – CEO Persija Jakarta Ferry Paulus mengaku tidak mempersoalkan pengangkatan Gusti Randa sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI. Namun, ia mengaku terkejut dengan keputusan Ptl Ketum PSSI non aktif Joko Driyono yang menunjuk Gusti Randa sebagai suksesornya sampai diadakannya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.

“Saya juga agak terkejut. Artinya memang, PSSI ini kan harus berjalan dengan baik. Saya tidak tahu prosesnya bagaimana sehingga memilih Pak Gusti Randa sebagai pengganti Pak Joko,” kata Ferry Paulus.

“Mungkin, karena Pak Joko sedang ada masalah sehingga harus ada yang menjalankan roda organisasi. Buat saya, kalau itu mekanisme yang ada di rapat Komite Eksekutif (Exco), ya sah-sah saja,” kata Ferry Paulus.

Kendati kaget dengan kabar tersebut, Ferry Paulus turut menaruh harapan di pundak gusti Gusti Randa. Pria yang juga berstatus sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu disebutnya dapat memimpin PSSI dengan baik sampai KLB dilaksanakan.

“Paling tidak, sampai sejauh ini, tidak ada yang terhambat dari sisi kegiatan. Ya pengganti itu kan untuk memperlancar. Tapi kalau dari mata klub, ya itu baik-baik saja. Artinya, menambah licin roda organisasi,” tutur Ferry Paulus.

Aher-Demiz Penuhi Panggilan KPK Sebagai Saksi Sidang Kasus Meikarta

Bandung – Dua mantan petinggi Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dan Deddy Mizwar (Demiz) memenuhi panggilan jaksa KPK sebagai saksi di sidang kasus suap proyek Meikarta. Mereka mengaku siap diperiksa di persidangan.

Aher dan Demiz datang bersamaan ke Pengadilan Tipikor Bandung di Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (20/3/2019) sekitar pukul 08.53 WIB. Aher yang mengenakan kemeja batik cokelat dan Demiz yang menggunakan kemeja putih langsung masuk ke dalam untuk mengisi buku tamu terlebih dahulu.

Aher lantas menuju ruang tunggu. Di sana dia bertemu dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri Sumarsono alias Soni yang lebih dulu tiba.


Aher mengatakan dirinya siap untuk memberikan keterangan terkait proyek Meikarta.

“Insya Allah yang jelas kan saya dengan kang Demiz pernah diperiksa KPK sebagai saksi. Sekarang didalami oleh jaksa penuntut umum,” kata Aher.

Sementara Demiz juga demikian. Meski irit bicara, dia menyatakan siap menjadi saksi. “Ya siap,” kata Demiz singkat.

Aher, Deddy, dan Sumarsono juga pernah diperiksa sebagai saksi. Pemeriksaan ketiganya dilakukan saat masih proses penyidikan di KPK.

Mereka dimaksudkan bersaksi untuk persidangan perkara tersebut yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Bandung pada hari ini. Sedangkan terdakwa dalam perkara ini adalah Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin, Jamaludin (Kepala Dinas PUPR Pemkab Bekasi), Dewi Tisnawati (Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Pemkab Bekasi), Sahat Maju Banjarnahor (Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi), serta Neneng Rahmi Nurlaili (Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Pemkab Bekasi).

(dnu/dnu)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

3 Program Awal Gusti Randa Sebagai Plt Ketum PSSI

Jakarta – PSSI menunjuk anggota Komite Eksekutif Gusti Randa sebagai Plt Ketum. Ini adalah pergantian pemimpin organisasi sepak bola Indonesia itu pada tahun ini. 

Sebelumnya Edy Rahmayadi mundur pada kongres tahunan Januari lalu. Sementara Joko Driyono lengser karena terkena masalah hukum.

Ditugaskan menjadi Plt Ketum PSSI hingga Kongres Luar Biasa digelar, Gusti Randa bersedia. Pria berusia 53 tahun itu pun telah menyusunkan sejumlah program untuk menjalankan roda organisasi.

Program pertama Gusti Randa adalah mengumpulkan seluruh Exco PSSI pada 21 Maret. Rencana selanjutnya yaitu memastikan kegiatan PSSI berjalan sesuai keputusan kongres tahunan.

3 Program Gusti Randa

1. Pertama, saya akan mengumpulkan Exco PSSI. Insya Allah pada 21 Maret 2019.

2. Kedua, memastikan kegiatan organisasi PSSI dari kesekjenan terus berjalan. Lalu memastikan program-program yang diputuskan pada Kongres PSSI. Kemudian memastikan Liga 1 berjalan, Timnas Indonesia segala jenjang berjalan. Lalu Garuda Select yang di Inggris tetap berjalan. Lalu ada youth development tetap berjalan. Masalah perwasitan segala macam harus berjalan. Semuanya. Memastikan tahapan-tahapan KLB supaya ada percepatannya.

Dan insyaallah pada April ini, kami mendapatkan arahan dari FIFA seperti apa. Yang pasti, kapan tahapan KLB harus saya pastikan berjalan. Harus sesuai Statuta PSSI. Saat KLB nanti, hasilnya pun ada. Tidak boleh menyimpang statuta. Termasuk pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan.

3. Terakhir, memastikan PSSI harus mereformasi persoalan-persoalan yangg sifatnya seperti pengaturan skor, itu harus zero toleransi. Siapapun itu harus dibabat habis. Ini sesuai amanah bapak presiden (Jokowi). Tidak ada toleransi soal itu. Jadi, mudah-mudahan saat 8 Mei, Liga 1 mulai, kami memulai sesuatu setelah mengevaluasi kelemahan sebelumnya. Kami sudah memanggil PT LIB, memohon ada perubahan yang signifikan khususnya di bidang perwasitan. Jangan sampai ada lagi wasit yang bermasalah.

Sumber: Bola.com

Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Selasa (19/3/2019), memutuskan menunjuk Gusti Randa sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI menggantikan Joko Driyono.

DPR Sahkan Aswanto dan Wahiduddin Sebagai Hakim Konstitusi

JakartaDPR mengesahkan Aswanto dan Wahiduddin Adams sebagai hakim konstitusi periode 2019-2024. Keputusan itu diambil dalam rapat paripurna DPR.

Rapat digelar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3/2019). Wakil Ketua DPR Utut Adianto memimpin rapat.

Aswanto dan Wahiduddin sebelumnya ditetapkan Komisi III DPR setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Ada 11 calon hakim konstitusi yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. Aswanto dan Wahiduddin merupakan calon hakim konstitusi petahana.


Ketua Komisi III Kahar Muzakir menyampaikan laporan uji kepatutan dan kelayakan di rapat paripurna. Utut kemudian menanyakan laporan itu kepada anggota dewan yang hadir.

“Apakah laporan Komisi III DPR tentang uji kepatutan dan kelayakan calon hakim konstitusi tersebut dapat disetujui untuk ditetapkan?” kata Utut.

“Setuju,” jawab anggota dewan.

(tsa/mae)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

PPP Jatim Usulkan Khofifah Sebagai Calon Ketum

Surabaya – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menggelar Musnaker untuk memutuskan pengganti Romahurmuziy sebagai ketua umum. Selain Suharso, DPW PPP Jatim sudah punya kandidat lain yang akan diusulkan.

Ketua DPW PPP Jatim Musyafa Noer mengaku akan mengusulkan nama Khofifah Indar Parawansa pada Musnaker nanti. Musyafa mengaku memiliki beberapa pertimbangan untuk mengusulkan nama Khofifah.

“Tapi untuk PPP Jatim memahami kondisi yang dirasakan dan yang terjadi di internal partai, sehingga Jatim juga mengusulkan nama-nama alternatif di antaranya ibu Khofifah Indar Parawansa,” kata Musyafa saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Senin (18/3/2019).

Musyafa menambahkan Khofifah merupakan kader asli dari partai berlambang Kabah ini. Selain itu, Khofifah juga diketahui memiliki kemampuan yang baik dalam memimpin.
Namun, sayangnya Khofifah kini sudah tak masuk dalam struktural partai. Meski demikian, Musyafa mengatakan Khofifah tetap bisa dicalonkan dalam konferensi luar biasa yang digelar partainya.

“(Khofifah) Nah itu kan kader tulen PPP. Sejak dulu PPP, akhirnya PPP juga sudah paham. Cuma masalahnya bu Khofifah sekarang itu ndak masuk dalam struktur partai, cuma untuk mengabdi sementara Plt itu juga ada berbagai kendala,” ungkapnya.

Selain Khofifah, Musyafa juga mengusulkan nama Suharso dari pihak internal. Semenyara Khofifah tetap bisa dicalonkan dari pihak eksternal.

“Nanti kalau untuk musnaker luar biasa ini nama bu Khofifah ini sudah diusulkan oleh PPP Jawa Timur dan Pak Suharso. Jadi kalau dari internal Pak Suharso eksternal bu Khofifah,” lanjut Musyafa.

Tak hanya itu, Musyafa mengungkapkan dalam AD ART PPP, sebenarnya jika posisi ketum kosong, seharusnya nama-nama wakil ketum yang harusnya maju. Namun, beberapa wakil ketum mengaku memang belum siap.

“Sesuai dengan AD ART ketika ketua umum berhalangan maka penggantinya adalah dari para wakil ketua umum, tapi setelah dalam forum rapat ditawarkan dari sekian banyak wakil ketua umum tidak ada yang siap mungkin tidak ada yang siap itu karena banyak faktor mungkin karena faktor yang bersangkutan juga nyaleg, berkonsentrasi di dapilnya,” paparnya.

Untuk itu, Musyafa menerangkan plt ketum ada dari susunan petinggi partai yang lainnya. Dia mengatakan ketum yang baru harus lekas terpilih agar tak terjadi lagi kekosongan ketua umum lantaran Pemilu sudah kurang dari 30 hari lagi.

“Jangan sampai struktur Ketua Umum Pusat atau DPP itu mengalami kekosongan ketua umum karena kita sama-sama tahu ketua umum PPP lagi kena musibah beberapa hari yang lalu,” pungkasnya.
(hil/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Putri Ma’ruf Amin soal Debat Cawapres: Abah Tampil Sebagai Ulama

Jakarta – Putri Cawapres Ma’ruf Amin, Siti Marifah memberikan dukungan penuh ke sang ayah yang akan mengikuti debat cawapres malam nanti. Siti mengungkapkan, Ma’ruf Amin akan tampil apa adanya sebagai seorang ulama.

“Abah (Ma’ruf Amin) biar jadi dirinya aja, mengalir. Nggak ada pesan khusus, karena visi-misi, program ya menyampaikan itu saja. Kalau keluarga kan men-support aja, mendoakan,” ujar Siti Marifah saat dihubungi, Minggu (17/3/2019).

Marifah mengungkapkan, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Ma’ruf sebelum menghadapi debat.

Marifah mengaku tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Ma’ruf Amin sebelum debat. Dia pun menegaskan jika doa dan ikhtiar merupakan kunci agar Ma’ruf lancar menghadapi debat.

“Tidak ada persiapan khusus, mengalir saja, standar saja. Do’a dan Ikhtiar kunci utamanya. Tampil sebagaimana apa adanya Abah (Ma’ruf Amin) sebagai ulama. Menyampaikan visi-misi dan program, dan menjawab pertanyaan yang diberikan,” kata Marifah.

Saat debat sudah berjalan, Marifah pun berpesan agar Ma’ruf tetap menjadi dirinya sendiri yang fokus pada kemaslahatan umat.

“Bismillah, kita serahkan (pada Allah). Kalau ihktar doa sudah, kita serahkan itu ya kan. Bismillah, doanya para ulama, semuanya, umat yang sudah mempercayakan insya Allah dimudahkan. Tetap jadi diri Abah Sendiri, yang fokus pada kemaslahatan umat,” tuturnya.

Debat ketiga dengan tema ‘pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan’ digelar pada 17 Maret 2019 dan hanya akan diikuti oleh kandidat cawapres. Stasiun televisi yang menyiarkan adalah Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia TV.
(nvl/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

46 Persen Warga AS Anggap Ekonomi China Sebagai Ancaman

 Perang dagang yang sedang terjadi antara Amerika Serikat (AS) dan China saat ini membuat perekonomian dunia bergejolak. Tidak hanya perekonomian dua negara ini saja, namun ternyata Indonesia pun juga terkena imbasnya.

Hal ini diakui oleh M Chatib Basri, Menteri Keuangan pada masa kabinet Indonesia Bersatu jilid II pada 2013-2014, yang saat ini menjabat sebagai Senior Partner & Co Founder Creco Consulting saat diskusi bidang ekonomi yang diselenggarakan oleh KSEI di Jakarta, Kamis, 14 Maret 2019.

“Negara yang paling berdampak signifikan dari trade war ini tentunya China, dan kalau China kena maka Indonesia maka akan kena juga, namun yang jadi permasalahannya seberapa besarkah dampaknya?” Ujar Chatib di Jakarta.

Dia menilai Indonesia tidak perlu khawatir akan terjadinya perang dagang yang terjadi karena dibandingkan dengan Singapura, negara ini masih terbilang aman.

“Jadi total trade Indonesia terhadap GDP hanya 32 persen, sementara Singapura mencapai 200 persen karena tidak heran kalau Singapura orang-orangnya sangat khawatir akan trade war ini,” jelasnya.

“Begitu ekonomi globalnya collapse maka ekonomi Singapura pasti collapse karena 200 persen dari ekonomi Singapura itu dari trade,” tambah dia.

Tidak hanya itu saja, Chatib pun menambahkan beberapa sektor ekpor Indonesia yang pasti akan terkena dampak dari perang dagang.

Sebanyak 29 persen dari barang yang Indonesia ekspor ke China merupakan intermediate goods yang digunakan untuk mengekspor barang final, dan 40 persen dari ekspor Indonesia ke China adalah coal, kelapa sawit. Untuk itu dua sektor ini lah yang akan berdampak selama perang dagang. “Jadi kalau China slowdown akan ada tekanan pada sektor coal dan kelapa sawit,” tandasnya.

Chatib pun menambahkan bahwa terganggunya dua sektor ini akan berdampak pada harga saham di Indonesia di mana beberapa emiten yang berkaitan pada sektor ini juga akan terasakan dampaknya.

Arsenal vs Rennes: Stephen Sebut Kembalinya Lacazette sebagai Tindakan Aneh UEFA

Liputan6.com, London – Liga Europa akan kembali bergulir dini hari WIB nanti. Salah satu pertandingan yang menarik adalah Arsenal vs Rennes. Bermain di kandang Emirates Stadium membuat The Gunners lebih mendapat kepercayan diri.

Selain bermain di kandang, kembalinya striker Arsenal, Alexandre Lacazette juga menjadi sebuah keuntungan. Pria Prancis ini telah mendapat potongan masa hukumuan oleh UEFA. Sebelumnya, ia terkena skors akibat akumulasi kartu.

Dia menadapat kartu merah pada leg pertama babak 32 besar saat berhadapan dengan BATE. Karena hal itu, ia harus menerima hukuman larangan bermain dalam tiga pertandingan. Nasib baik masih menghampiri dirinya.

Namun, UEFA memutuskan untuk memangkas masa hukuman bertanding yang diterima pemain 47 tahun tersebut. UEFA memangkas masa hukuman Lacazette menjadi dua pertandingan. Dengan begitu, ia dapat membela Arsenalpada leg kedua dinihari nanti.

Keputusan ini membuat kubu Rennes meradang. Pelatih Rennes, Julien Stephen, mengaggap ini merupakan tindakan aneh UEFA. Keputusan UEFA tersebut dikeluarkan menjelang pertandingan leg kedua.

“Waktunya agak mengejutkan bagi semua orang yang terlibat. Kami tidak berpikir bahwa ia akan dimasukkan hingga kemarin malam. Mereka telah memutuskan untuk mengurangi sanksi dari tiga, menjadi dua pertandingan dan itu bagus untuknya,” ujar Stephen yang dikutip dari The Guardian.