Peran Tak Biasa Joe Taslim dalam Film Hit and Run

Liputan6.com, Jakarta – Nama Joe Taslim sudah tak asing lagi bermain film laga. Bahkan, keahliannya di genre action membuatnya bermain dalam film Holywood.

Kali ini Joe Taslim mendapat sebuah tantangan baru dalam film Hit and Run. Tak hanya action, di film terbaru garapan Screenplay Films bersama dengan Legacy Pictures dan Bukalapak Pictures ini Joe Taslim juga harus bisa mengocok perut penonton.

“Ini film action dengan karakter komedi. Story-nya komedi, tapi ada drama, brotherhood, ada romance-nya juga. Jadi kayak film baru di Indonesia di mana semuanya ada, tapi lebih dominan di comedy action,” ungkap Joe Taslim, saat konferensi pers film Hit and Run di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019).

Sebagai seorang aktor, tentu Joe Taslim harus siap menjalani peran yang dibintanginya. Apalagi ketika bicara soal komedi, Joe Taslim dikelilingi oleh orang-orang yang cukup membantunya agar bisa membuat tertawa.

2 dari 4 halaman

Dibantu

“Sebenernya saya acting apa aja, kalau kita tahu motivasi karakternya dijelasin apa, itu akan mengalir dengan sendirinya. Film ini karena secara skrip sangat detil dijelasin bisa jadi komedi, jadi secara akting ya flow aja,” ungkap Joe Taslim.

“Chandra dan Jefri juga selama off camera juga lucu, jadi ngebantu banget. Karena joke-joke mereka saya belajar banyak. Jadi ini sesuatu yang fresh banget buat saya,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Pemeran Utama

Tak hanya itu saja, film ini menjadi film pertamanya menjadi aktor utama. Hal tersebut tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri baginya.

Hit and Run film saya pertama sebagai lead actor, jadi saya sangat bangga,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Ini Peran Joe Taslim

Di film ini, Joe Taslim memerankan tokoh bernama Tegar, seorang polisi yang mempunyai karakter unik. Tak hanya Joe Taslim, film Hit and Run juga turut melibatkan nama-nama lain seperti Tatjana Saphira, Jefri Nichol, dan Chandra Liow.

Film Hit and Run dijadwalkan akan meramaikan bioskop-bioskop Tanah Air pada pertengahan 2019 mendatang.

Kasus Kaburnya Remaja Saudi Bikin Sikap Thailand ke Pengungsi Melunak?

Liputan6.com, Bangkok – Kepala imigrasi Thailand mengumumkan pada Rabu 16 Januari, bahwa pihaknya tidak akan lagi memaksa para pengungsi untuk pulang “tanpa pendampingan”, menyusul permohonan putus asa seorang remaja perempuan asal Arab Saudi untuk suaka, menarik perhatian global.

Thailand sendiri diketahui sebagai salah satu negara yang tidak menandatangani konvensi PBB tentang pengungsi, demikian sebagaimana dikutip dari Channel News Asia pada Kamis (17/1/2019).

Selain itu, Thailand juga telah lama dikecam karena kerap menahan sepihak para pengungsi, dan tidak jarang mengembalikan mereka ke negara asal yang memiliki rezim represif, sehingga berisiko menghadapi ancaman penjara atau hukuman yang lebih buruk.

Banyak kasus sejennis tidak terungkap ke permukaan, sebelum kemudian berubah ketika seorang remaja perempuan berusia 18, Rahaf Mohammed al-Qunun, kabur dari orang tuanya yang berkewarganegaraan Arab Saudi karena mengaku murtad, dan nyawanya tengah dipertaruhkan.

Qunun mengurung diri di sebuah hotel transit di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok, ketika petugas imigrasi berusaha memaksanya pulang ke negara asal. Di tengah upaya memblokade diri, dia terus menerus mengetwit tentang ketakutan kembali ke negara dan keluarganya, karena ancaman pengabaian hak asasi manusia.

Rangkaian kicauannya menarik perhatian global, membuatnya mendapat perlindungan dari badan pengungsi PBB selama beberapa hari, sebelum kemudian diterbangkan ke Kanada untuk mendapatkan suaka di sana. Qunun mendarat di Toronto pada Sabtu 12 Desember, dan disambut oleh menter luar negeri setempat, Chrystia Freeland.

Qunun mengklaim dirinya mengalami pelecehan di Arab Saudi, dan menolak untuk melihat anggota keluarganya yang datang ke Thailand, untuk membujuknya pulang.

Pemrosesan kasusnya yang sangat cepat tidak pernah terjadi sebelumnya di Thailand, dan hal itu diawasi secara penuh oleh kepala imigrasi setempat, Surachate Hakparn.

Besarnya perhatian global terhadap kasus tersebut, menurut beberapa opini media lokal, membuat Thailand “tersentil” untuk melakukan reformasi terhadap kebijakan imigrasinya.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Dituding Menyerah pada Tekanan

Menanggapi pertanyaan tentang perlakuan Thailand terhadap pengungsi, Surachate mengatakan di hadapan wartawan bahwa dia akan mengambil pendekatan baru, di mana “tidak akan ada yang dikirim kembali ke negara asal jika mereka tidak ingin kembali”.

Dia menambahkan bahwa sebagai kepala departemen imigrasu, “kami sekarang akan mengikuti norma-norma internasional.”

Namun, klaim itu disambut dengan skeptis oleh sebagian kalangan, menyusul penangkapan pemain sepak bola –yang juga pengungsi– Hakeem Alaraibi di Thailand November lalu, yang sebenarnya telah diberikan izin tinggal permanen di Australia, tetapi ditahan di bandara Bangkok ketika hendak pergi berlibur.

Alaraibi, mantan pemain tim nasional Bahrain, diburu atas tuduhan perusakan kantor polisi terkait peristiwa Arab Spring di Timur Tengah, beberapa tahun silam.

Namun, kelompok-kelompok pemerhati HAM mengatakan bahwa Alaraibi tengah bertanding saat kerusuhan merebak, dan tegas mengklaim bahwa tuduhan Bahrain adalah palsu.

Australia telah menyerukan agar Alaraibi dikembalikan ke negara itu, tempat di mana dia tinggal dan bermain untuk tim sepak bola kota Melbourne.

Surachate mengatakan kasus itu berbeda karena ada surat perintah penangkapan yang bersifat luar biasa mendesak dari Bahrai terhadap Alaraibi, tetapi kemudian mengatakan bahwa ia dapat memperdebatkan kasus tersebut di pengadilan.

“Pemrosesan Qunun tidak akan menjadi contoh untuk kasus-kasus imigrasi Thailand di masa depan,” tegas Surachate, seraya membantah bahwa pihaknya menyerah pada tekanan internasional pada kasus terkait.

Mengenal Diet Hipnoterapi yang Bikin Berat Badan Dewi Hughes Turun Drastis

Liputan6.com, Jakarta – Presenter Dewi Hughes berhasil menurunkan berat tubuhnya sampai sekitar 80 kilogram dengan diet hipnoterapi. Berat badannya yang sebelumnya lebih dari 100 kilogram, saat ini sudah turun mencapai 59 kilogram dalam waktu kurang dari dua tahun.

Lalu apa sebenarnya diet hipnoterapi? Dilansir dari yourtango, 2 Januari 2019, diet ini merupakan sebuah terapi yang berdasar pada kondisi hipnosis atau pikiran bawah sadar. Dengan memberikan hipnosis kepada seseorang, maka ahli terapi bisa menanamkan sugesti kepada pasien dan membuatnya sadar akan kelebihan berat badan yang dialami.

Dengan begitu, pasien pun akan lebih termotivasi untuk menurunkan berat badannya. Hipnoterapi pada umumnya dibuka dengan sesi yang membuat pasien merasa rileks dan nyaman.

Lalu, ahli terapis memberi sugesti tentang berbagai gambaran mengenai proses penurunan berat badan yang penting bagi pasien. Salah satu contoh hipnoterapi yang bisa diaplikasikan misalnya adalah kecenderungan seseorang mengonsumsi makanan berlebih saat ia sedang stres.

Melalui hipnoterapi, ahli terapis bisa menyarankan alternatif selain makan berlebih kepada pasien ketika mereka sedang stres. Tindakan itu bisa membuat makan berlebih yang berujung pada kegemukan bisa dicegah.

Kunci utama dari hipnoterapi sebenarnya adalah menenangkan pasien dan membuatnya lebih jernih dalam berpikir. Keadaan tenang dan nyaman bisa membuat kita terhindar dari stres dan meningkatkan kemampuan dalam mengatur pola makan yang lebih baik.

2 dari 2 halaman

Menahan Godaan Makan

Anda pun bisa mencoba hipnoterapi di samping melakukan diet yang selama ini sudah Anda jalani untuk mencapai hasil atau target yang diinginkan. Salah satu bagian dari diet hipnoterapi adalah diet kenyang.

Cara ini membuat Hughes sukses menahan godaan nikmatnya kuliner Padang saat ia menjalani syuting film di ibu kota Sumatra Barat tersebut pada 2016.

“Saat masakan Padang datang, saya ambil semangka saya lalu saya potong dua dan sendok sambil makan. Jadi saya bilang ini diet kenyang, kalau makan semangka ya makan sampai kenyang. Tapi, semangkanya yang agak pink pucat yang gulanya sedikit,” ucap Dewi Hughes.

Di akun Instagramnya, Hughes kerap mengunggah foto-foto kegiatannya dalam memberikan pelatihan hipnoterapi. Di unggahan pada 15 Januari 2019,  Dewi Hughes menginformasikan bakal mengisi acara Workshop Basic Hypnotherapy & Slimming Hypnosis yang akan diadakan di Jakarta pada 24 Februari 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Stefer Rahardian Percaya Diri lawan Petarung Filipina di ONE: Eternal Glory

Liputan6.com, Jakarta – Stefer Rahardian siap tempur di ajang ONE: Eternal Glory, yang akan digelar di Istora Senayan, Sabtu (19/1). Di ajang ini, petarung andalan Indonesia itu akan berhadapan dengan petarung asal Filipina, Robin Catalan.

Duel ini jelas tak akan mudah bagi Stefer. Sebelum tampil di ONE Championship, “The Ilonggo”, julukan Robin, merupakan mantan juara dunia Muay Thai Tahun 2011.

Dia juga pernah menjuarai kejuaraan Wushu Sanda Filipina di tahun 2007 dan 2008. Robin mulai berlatih seni bela diri dan tampil di ONE Championship sejak 2006, mengikuti jejak kakanya Rene Catalan yang juga pernah mengalahkan Stefer tahun lalu.

Meski begitu Stefer tetap percaya diri. Dia begitu berharap dengan dukungan penonton serta keluarga. Dia juga berharap tuah dari Istora.

“Bermain di Istora membuat saya termotivasi untuk memberikan yang terbaik di pertarungan nanti. Dulu saya hanya bisa bermimpi untuk bermain disini, ini impian saya sejak kecil untuk bertanding disini,” kata Stefer di acara open workout ONE Championship di Jakarta, Selasa (16/1).

Stefer juga menegaskan tidak ada persiapan khusus jelang menghadapi Robin.  “Buat saya persiapan menjelang laga nanti tidak ada yang berubah hanya meningkatkan intensitas latihan saja” ujar Stefer.

2 dari 2 halaman

Bertarung Maksimal

Stefer yang sebelumnya menelan dua kali kekalahan, akan bertarung semaksimal mungkin dalam pertandingan Sabtu nanti. Ia juga menjadikan kekalahan pada pertandingan sebelumnya sebagai pengalaman serta untuk meningkatkan performanya.

Stefer kalah dua kali beruntun tahun lalu. Dia tumbang dari Rene Catalan di ronde ketiga, kemudian yang terakhir ia kalah dari Xuewen Peng petarung asal Tiongkok, September tahun lalu melalui keputusan wasit.

(Fatur Rahman/Mg)

Saksikan video pilihan di bawah ini

Tahun Politik, Tiket.com Prediksi Masih Tetap Raup Untung Besar

Liputan6.com, Jakarta – Co-Founder dan Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa mengatakan, tahun politik tidak akan menggangu industri travel online di tahun 2019. Sebaliknya, hajatan politik itu akan membawa peruntungan bagi perseroan.

“Pertumbuhan industri online saya rasa akan bagus ya di tahun ini. Banyaknya kompetitor juga akan baik berarti industri kita bagus. Apalagi di tahun politik,” ujarnya di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Perhelatan pemilihan umum akan berdampak baik bagi industri travel online. Lantaran momen ini membawa banyak pesanan (order) terutama bagi Tiket.com sendiri.

“Karena yang kami alami juga di 2014 itu pas tahun politik malah record breaking, pertumbuhanya tinggi. Jadi industri travel itu malah pertumbuhanya gede banget pas Pemilu karena Pemilu mobilisasi orang malah lebih banyak,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, ia menekankan, tahun politik justru merupakan bonus bagi industri travel online termasuk bagi Tiket.com.

“Karena Pemilu mobilisasi orang malah lebih banyak seperti kirim-kirim orang, posko-posko perjuangan, dana kemanusiaan, dari segi caleg-calegnya. Kalau kami sih malah jadi bonus ya buat kita,” tegasnya.

2 dari 2 halaman

8 Pencapaian yang Berhasil Diraih tiket.com

Bulan Agustus 2018, online travel agent tiket.com genap berusia 7 tahun. Merayakan usia yang ketujuh, tiket.com mengusung tema Ke7utan Ekstra, dimana konsumen bisa mendapatkan berbagai promo menarik mulai dari tiket pesawat, kereta api, booking hotel hingga sewa mobil.

Setelah di akuisisi oleh GDP Venture melalui blibli.com, tiket.com banyak melakukan pengembangan signifikan di segala bidang. Satu tahun kebelakang menjadi periode paling penting bagi tiket.com selama eksistennya sebagai online travel agent.


“7 Tahun usia tiket.com, paling heboh dan sibuk ya selama 7 bulan terakhir. Bahkan, selama 7 bulan terakhir pencapaiannya paling besar ketimbang 6 tahun sebelumnya,” kata Chief Marketing Officer & Co-Founder tiket.com, Gaery Undarsa saat Media Gathering Perayaan 7 Tahun tiket.com di Pasific Palace, Kamis (30/8).

Berikut paparan Gaery Undarsa mengenai beberapa pencapaian-pencapaian yang berhasil di raih tiket.com selama 7 tahun eksis di Indonesia.

1. Pada aplikasi terbaru, tiket.com meluncurkan beberapa fitur andalan. Di antaranya Smart Round Trip, Smart Refund, Smart Reschedule, dan Smart Traveler yang semakin memudahkan pelanggan tiket.com untuk bepergian.

2. Total Kenaikan kunjungan tiket.cim pada semester 1 tahun 2018 mengalami kenaikan sebesar 80% dibandingkan data kunjungan tahun lalu.

3. Kunjungan dan kontribusi transaksi dari perangkat aplikasi mobile telah mengambil porsi sebesar 80% dari total keseluruhan transaksi tiket.com

4. Jumlah tingkat kunjungan aplikasi pada semester 1 tahun 2018 naik sebesar 208% dibanding periode yang sama di tahun 2017.

5. Tingkat unduh aplikasi naik lebih dari 280% dengan total pengunduh menembuh lebih dari 5 juta unduhan.

6. Inventory produk pesawat dan hotel di tiket.com ada sebanyak 58 partner maskapai dan lebih 350.000 produk hotel.

7. Peresmian kantor baru tiket.com di Bali sebagai upaya menjaring industri perhotelan.

8. Pertumbuhan penjualan hotel di tiket.com naik sebesar 250% dari tahun lalu dengan pertumbuhan inventory dibanding tahun lalu naik mencapai 2 kali lipat.

Film Hit and Run, Kala Tatjana Saphira Jadi Penyanyi Centil

Liputan6.com, Jakarta – Selain berakting, Tatjana Saphira memiliki hobi lain. Ia mengaku sangat menyukai dunia tarik suara.

Bahkan jarang yang mengetahui bahwa beberapa tahun belakangan, Tatjana Saphira mulai menyeriusi bidang tarik suara. Tatjana Saphira berlatih vokal dengan guru profesional.

“Jadi memang beberapa tahun lalu aku mencoba untuk terjun ke nyanyi, dengan latihan vokalnya pakai guru. Alasannya sih karena memang aku suka sama musik,” kata Tatjana Saphira ketika ditemui disela-sela jumpa pers film ‘Hit N Run’, di CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019).

Tatjana Saphira patut berbahagia. Pasalnya, hobi bernyanyinya tak sebatas latihan vokal. Ia dipercaya untuk menampilkan salah satu bakatnya bernyanyi di film berjudul Hit and Run.

2 dari 3 halaman

Peran Menantang

Di film garapan Screenplay Films bersama dengan Legacy Pictures dan Bukalapak Pictures ini, Tatjana Saphira memerankan seorang penyanyi.

“Jadi karakter Meisa ini tuh penyanyi cantik yang genit, centil, nyentrik, dan memang mencolok kepribadiannya. Jadi, perannya Meisa ini tuh menarik banget dan tantangan buat aku,” papar Tatjana Saphira.

3 dari 3 halaman

Seperti Penyanyi Profesional

Bahkan di film tersebut, Tatjana Saphira harus menyanyi di atas panggung layaknya penyanyi-penyanyi profesional yang menghibur penontonnya.

“Aku tidak ada background sebagai penyanyi diatas panggung, jadi harus lakukan banyak latihan dan keluar dari diri aku. Karena, aku tuh orangnya pendiam dan tertutup sama orang baru, sementara karakter Meisa ini beda sama aku. Jadi seru sih,” jelasnya.

“Sebulan dalami karakter dan sebulan itu aku latihan koreo dan aku ada bagian action, aku excited banget,” tambahnya.

Tak Cukup Bukti, Laporan Baiq Nuril soal Dugaan Cabul Eks Kepsek Disetop

Mataram – Polisi menghentikan penanganan laporan Baiq Nuril Maknun atas eks Kepala SMAN 7 Mataram, H Muslim atas dugaan cabul.

“Benar, hasil gelar tadi yang dipimpin Direskrimum,” kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Komang Suartana saat dimintai konfirmasi, Kamis (17/1/2019).

“Hasil gelar perkara khusus, tidak cukup bukti untuk dinaikkan ke tingkat penyidikan,” imbuhnya.

Penghentian penanganan laporan ini juga disampaikan pengacara Baiq Nuril, Yan Mangandar Putra. Yan menyebut laporan tidak diteruskan karena dinilai tidak memenuhi syarat naik ke tahap penyidikan.

Menurut Yan, gelar perkara di polisi dihadiri ahli pidana, ahli bahasa, tim pengacara dan jajaran Polda NTB. Yan menyebut laporan tidak ditindaklanjuti ke penyidikan karena pembicaraan M bukan perbuatan cabul sebagaimana Pasal 294 ayat 2 butir satu KUHP.

“Karena dalam pasal tersebut menurut mereka tadi itu kan perbuatan cabul yang secara fisik, bukan verbal. Bahkan cabul secara verbal itu kan tidak dikenal dengan pasal 294,” tutur Yan.

Baiq Nuril melaporkan H Muslim karena diduga telah melakukan tindak pidana pencabulan terhadapnya. Dalam persidangan di PN Mataram, terungkap pembicaraan Muslim dengan Baiq Nuril via telepon. Eks atasan Baiq Nuril itu, kerap menceritakan hubungan badannya dengan wanita lain yang bukan istrinya.

Merasa dilecehkan, Baiq Nuril pun merekam percakapan itu lewat ponsel miliknya. Kasus itu berlangsung pada 2012 saat Baiq Nuril masih menjadi staf honorer di SMAN 7 Mataram. Sedangkan Muslim kala itu masih menjabat kepala sekolah.
(fdn/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Indonesia Pastikan Satu Tiket Semifinal Ganda Putri Malaysia Masters 2019

Kuala Lumpur – Indonesia dipastikan mendapat satu tiket semifinal ganda putri  Malaysia Master 2019. Kepastian mencuat setelah dua pasangan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto, lolos ke perempat final, Jumat (18/1/2018). 

Greysia/Apriyani lolos ke perempat final Malaysia Masters 2019 setelah mengalahkan ganda Thailand, Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai, dalam dua gim langsung 21-14 dan 21-15, pada babak kedua, Kamis (17/1/2019). 

Pada pertandingan lain, Yulfira/Jauza, menang atas pasangan Malaysia, Vivian Hoo/Yap Chen Wen. Mereka juga menang dalam dua gim 21-9, 21-18. 

“Kami akan berusaha yang terbaik. Kami juga senang mereka (Yulfira/Jauza) menang lawan Malaysia, jadi besok kami bisa ketemu,” kata Greysia selepas pertandingan, melalui rilis yang diterima Bola.com.

“Kami fokus melakukan yang terbaik, karena ini penampilan pertama kami pada 2019,” sambung Greysia.

Yulfira/Jauza berharap bisa tampil lepas dan mampu mengimbangi ganda seniornya tersebut. Pertandingan ini menjadi duel pertama buat kedua pasangan tersebut di event resmi BWF. 

“Semoga besok bisa main bagus, lebih lepas dan tidak tertekan. Semoga bisa permainan senior seperti Kak Greysia. Main lebih lepas saja pokoknya,” ujar Jauza, mengenai laga perempat final Malaysia Masters 2019 kontra Greysia/Apriyani. 

2 dari 2 halaman

Ni Ketut / Rizki Juga Lolos

Ganda putri Indonesia lainnya, Ni Ketut Mahadewi Istarani/Rizki Amelia Pradipta, juga melangkah ke perempat final. Mereka menggenggam tiket setelah mengalahkan ganda India, Ashwini Ponnappa/Reddy N. Sikki, dengan skor 21-18, 21-17. 

Sayangnya, satu ganda lainnya Della Destiara Haris/Virni Putri gagal mengikuti keberhasilan rekan-rekannya. Langkah mereka terhenti di babak kedua. 

Della/Virni tersingkir setelah takluk dari ganda Jepang, Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata, dalam dua gim 11-21, 13-21. 

Perpanjang Kontrak di Persib, Tanggung Jawab Ghozali Lebih Besar

Liputan6.com, Bandung Pemain sayap Persib Bandung Ghozali Siregar, resmi memperpanjang kontrak dengan ikatan kerja sama dua tahun. Kontrak terakhir Ghozo, sapaan akrabnya, itu baru akan habis pada 2021.

Perpanjangan kontrak Ghozali di Persib diumumkan pada, Selasa (15/1/2019) lalu.

“Alhamdulilah bisa menjadi bagian Persib lagi di tahun 2019. Dengan kontrak dua tahun ini tanggung jawabnya lebih besar karena harus kasih yang terbaik lagi tahun ini seperti tahun kemarin,” ujar Ghozo ditemui usai mengikuti sesi latihan Persib, Kamis (17/1/2019).

Ghozo tak memungkiri, dirinya dipertahankan Persib karena penilaian pelatih dan manajemen. Untuk itu ia pun mengambil kesempatan untuk membalas kepercayaan klub di musim depan.

“Karena kemarin kan prestasi saya di sini cukup memuaskan kenapa tidak diteruskan,” katanya.

2 dari 3 halaman

Betah

Selama satu musim berkostum Persib, pemajn berusia 26 tahun ini merasa betah. Sempat diragukan di awal musim, ia mampu menunjukkan kualitasnya di atas lapangan. Total ia mengemas 6 assist dan 5 gol di musim 2018.

“Ya pokoknya kalau main di Bandung itu terasa semangatnya saat stadion penuh. Luar biasa,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Siap Adaptasi

Mantan pemain Persiba Balikpapan ini juga siap bekerja dengan pelatih anyar Miljan Radovic di musim 2019. Ia pun mengaku siap mengikuti strategi yang diinginkan pelatih.

“Adaptasi lagi itu pasti. Kita mulai lembaran baru bersama-sama membangun tim sama pelatih baru juga,” katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha dan Bacaan Doa Lengkap

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia pasti pernah melakukan apa yang dilarang atau tidak disukai oleh Allah SWT. Hal itu membuat manusia mendapat dosa dari perbuatan terlarang yang dilakukannya.

Perbuatan dosa yang dilakukan oleh manusia ini ada yang disadari secara langsung, ataupun tidak disadari. Tidak hanya dosa-dosa kecil, manusia terkadang juga melakukan dosa besar. 

Alasan itulah yang mendasari munculnya anjuran bagi umat Islam untuk melakukan taubat dengan berbagai cara yang diridhoi Allah SWT. Salah satu cara untuk menebus dosa yang paling baik dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW adalah dengan menjalankan sholat taubat nasuha.

Taubat sendiri adalah kembali kepada Allah, kembali pada syariat-Nya, mengakui segala bentuk kesalahannya dan menyesalinya. Selain itu juga berjanji tidak akan mengulanginya kembali. Sedangkan sholat taubat adalah cara untuk meraih salah satu amal yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah, yaitu taubat nasuha.

Dasar hukum yang menganjurkan orang untuk menjalankan sholat taubat nasuha ini ada pada Al-Qur’an dalam surat At-Tahrim ayat 8, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Allah sangat menyukai orang-orang Islam yang benar-benar bertaubat dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Seperti yang difirmankan dalam Al-Baqarah 2:22, yang artinya:

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”

Dari beberapa ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa sebaik-baiknya manusia di hadapan Allah, bukan mereka yang tidak pernah berbuat salah. Melainkan orang tersebut berbuat kesalahan, dan langsung bertaubat kepada-Nya.

Melihat pentingnya bertaubat ini, maka seorang muslim wajib mengetahui, nih, tata cara sholat taubat nasuha yang benar. Berikut ini, Liputan6.com, Kamis (17/1/2019) akan memberikan tata cara sholat taubat nasuha, lengkap dengan niat, bacaan, doa, dan waktunya. 

Tata cara sholat taubat nasuha yang benar, lengkap dengan niat, bacaan, doa, dan waktunya

2 dari 6 halaman

Waktu melaksanakan sholat taubat nasuha

Sholat taubat termasuk sholat sunnah yang dikerjakan hanya apabila ada kejadian-kejadian tertentu yang menjadi penyebabnya. Sholat dengan karakteristik ini juga secara khusus tidak ada pembatasan waktu pengerjaannya.

Sebagian ulama berpendapat kalau sholat taubat baiknya dikerjakan sesegera mungkin, setelah kita menerima hidayah dari Allah SWT. Hal ini bertujuan agar pengampunan atas dosa yang kita lakukan tidak Allah tangguhkan, sementara kita sendiri tidak tahu batas dari usia hidup kita.

Namun ada waktu pelaksanaan sholat taubat nasuha yang haram untuk dikerjakan seperti saat shubuh hingga terbit matahari dan Ashar hingga matahari tenggelam.

3 dari 6 halaman

Niat sholat taubat nasuha

Niat sholat taubat adalah dengan menghadirkan keinginan untuk taubat dari berbagai kesalahan terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan berwudhu dan melaksanakan sholat 2 rakaat.

Namun untuk menegaskan kembali, bisa di lafazkan dengan lafaz yang telah diajarkan oleh para ulama, dengan membaca niat seperti berikut:

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

4 dari 6 halaman

Tata cara sholat taubat nasuha

Tata cara sholat taubat nasuha sama seperti sholat sunnah lainnya. Sholat taubat nasuha dilakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam. Boleh dilakukan dua rakaat, empat rakaat atau enam rakaat.

Namun jika mau, Anda bisa memperpanjang sujud terakhir untuk secara khusus bermunajat dan mengakui berbagai dosa Anda serta memohon ampunan dengan segala kerendahan diri di hadapan Allah SWT.

“Yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah do’a ketika itu.”(HR. Muslim)

Sholat taubat nasuha sebaiknya dikerjakan secara sendirian. Sholat taubat nasuha merupakan sholat nafilah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara berjamaah.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadist, hendaknya sebelum melaksanakan sholat taubat didahului dengan bersuci dengan baik. Disunnahkan untuk mandi besar sebelum melakukan shalat taubat

Berikut akan dijelaskan urutan melaksanakan sholat taubat nasuha yang benar:

1. Membaca niat sholat taubat nasuha

2. Takbirotul ihram

3. Membaca doa iftitah (sunnah)

4. Membaca surat Al-Fatihah5. MEmbaca surat dari Al-Qur’an

6. Rukuk (membaca tasbih ruku’ tiga kali)

7. I;tidal (membaca doa I’tidal)

8. Sujud (membaca tasbih sujud tiga kali)

9. Duduk di antara dua sujud (membaca doa ‘robbighfirlii warhamnii…’)

10. Sujud kedua

11. Bangun melanjutkan raka’at kedua seperti urutad di atas sampai yang ke 10

12. Tasyahud akhir (membaca tasyahud akhir)

13. Salam

14. Berdoa mohon ampunan

5 dari 6 halaman

Doa dan dzikir selepas sholat

Sebagai penyempurna dari amalan sholat taubat, maka ada baiknya memperbanyak membaca istighfar. Meminta ampun dengan istighfar ini ada baiknya pula di sertai dengan dzikir-dzikir menyebut asma-Nya

Adapun bacaan istighfar setelah mengerjakan sholat taubat nasuha adalah sebagai berikut:

Astaghfirullahal Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyuumu Wa Atuubu Ilaihi.

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Bacaan istighfar ini hendaknya diucapkan sebanyak 100 kali sambil diresapi artinya dalam hati dengan setulus-tulusnya.

Memperbanyak membaca tasbih:

Subhanallahi Wa Bihamdihi.

Artinya “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya.”

Setelah itu baru membaca doa sholat taubat nasuha seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana ‘Abduka Wa Ana ‘Ala ‘Ahdika Wa Wa’dika Mastatho’tu. A’udzu Bika Min Syarri Maa Shona’tu, Abuu-U Laka Bini’matika ‘Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta.

Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.”

Mengenai doa tersebut, Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya:

“Barangsiapa mengucapkannya (sayyidul istighfar) di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk syurga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum subuh maka dia termasuk penduduk syurga.” (HR. Al-Bukhari)

Setelah mengerjakan sholat taubat nasuha ini, Anda disarankan untuk melakukan berbagai amal kebaikan. Selain tidak mengulangi maksiat dan dosa seperti dulu, bentuk amal kebaikan yang paling utama setelah mengerjakan sholat taubat adalah dengan sedekah.

Karena dengan sedekah, merupakan sebab terbesar terhapusnya dosa-dosa seseorang. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Thaha ayat 82 yang artinya: “ Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.”

6 dari 6 halaman

Keutamaan sholat taubat

Allah akan memberikan ganjaran bagi Anda yang melakukan sholat taubat ini seperti akan diampuni dosa-dosa yang pernah dibuat, Allah SWT menjanjikan surga bagi siapa saja yang bertaubat dengan sungguh-sungguh dan mereka akan kekal di dalamnya, dan akan diberikan pahala yang terbaik sebagai penambah timbangan amal bagi mereka yang bertaubat.

Nah, kalau sudah melakukan sholat taubat, kemudian suatu ketika melakukan kesalahan lagi, bagaimana? Abu Hurairah Radiyallahu’anhu, bahwasanya Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

“Sesungguhnya seorang laki – laki berbuat dosa lalu berkata: “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata : “Hambaku berbuat dosa lalu ia tahu bahwa ia memiliki Tuhan  yang  Maha Mengampuni dosa dan ia merealisasikannya, sesungguhnya Aku telah ampuni hambaku tersebut.

Kemudian ia pun berbuat dosa lagi dosa yang lainnya lalu berkata : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah, maka Allah Tabaroka wa Ta’ala berkata: “Hamba-Ku mengetahui bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun lalu ia pun merealisasikannya:

“Sesungguhnya telah aku ampuni hamaku. Kemudian ia melakukan dosa  yang lainnya lagi, dan ia berkata : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa, maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata lagi : “Hamba-Ku tahu bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun dan ia merealisasikannya.”

Maka Aku mempersaksikan kepada kalian semua bahwa sesungguhnya Aku sungguh telah mengampuni hamba-Ku maka silahkan dia lakukan  apa yang dia kehendaki.” (HR. Al- Imam Ahmad)


Reporter: Nisa Mutia sari