Kebijakan Satu Peta Terhambat Tumpang Tindih Lahan di Sumatera dan Kalimantan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memanggil Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Hasanuddin Zainal Abidin ke kantornya. Pemanggila untuk menindaklanjuti persoalan mengenai kebijakan satu peta yang diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, dalam pertemuan itu pihaknya diminta menyelesaikan persoalan tumpang tindih lahan yang terjadi di kawasan Sumatera dan Kalimantan. Sebab, berdasarkan indikatif tumpang tindih dari Informasi Geospasil Tematik (IGT) dua kawasan itu masih dalam masalah.

“Jadi peta indikatif tumpang tindih IGT-nya kan sudah keluar untuk kawasan Sumatera, dan Kalimantan. Tapi Pak Menko minta ini tindak lanjut SOP-nya bagaimana?. Kita jadi mendiskusikan itu tapi belum selesai. Jadi kalau misalnya tumpang tindih kebun dengan hutan bagaimana tahapan-tahapannya,” ujar dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Hasanudin mengatakan, untuk kawasan Kalimantan sendiri telah terjadi tumpang tindih lahan sebanyak 10.435.919 hektare (Ha) atau sebesar 19,3 persen. Kemudian, untuk di Sumatera sebanyak 6.473.872 Ha atau sebesar 13,3 persen. Adapun dari jumlah itu persoalannya sangat beragam.

“Tapi nanti ada yang tidak bermasalah, ada yang bermasalah dalam kondisi tertentu, bahkan ada indikasi masalah yang merah. nah yang merah ini bagaimana penyelesaiannya. Tadi dibicarakan lah,” sebut dia.

Sebagai tindak lanjut dalam mengatasi persoalan tersebut, pihaknya akan melakukan sinkronisasi terhadap tumpang tindih lahan di dua kawasan tersebut.

“Tadi kita juga membicarakan tindak lanjut singkronisasi lah. Kan one map policy itu ada kompilasi, intergrasi, nah sesudah itu kan ada tumpang tindih, tumpang tindih ini harus disingkronkan,” pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber; Merdeka.com

Demi De Ligt, Barcelona Korbankan Salah Satu Pemain Muda

Liputan6.com, Jakarta Barcelona sangat ingin merekrut bek berbakat Belanda Matthijs de Ligt dari Ajax Amsterdam. Blaugrana menyiapkan strategi baru agar bisa memenangi persaingan.

Untuk mendapatkan De Ligt, Barcelona harus bersaing dengan banyak klub raksasa Eropa lainnya. Mulai dari Juventus, Manchester United, Chelsea, Manchester City hingga Real Madrid. 

Banyaknya peminat membuat Barcelona mencari cara agar Ajax tergoda memberikan De Ligt kepada mereka. Sport mengklaim Barcelona kini mempertimbangkan memberikan salah satu pemainnya kepada Ajax.

Blaugrana akan mengorbankan Jean-Clair Todibo. Padahal pemuda Prancis ini baru akan bergabung ke Nou Camp bursa transfer Januari lalu.

Todino akan dipinjamkan ek Ajax selama semusim. Dengan memberikan Todibo, diharapkan Ajax mau melepas De Ligt. Kehadiran Todibo akan membuat Ajax tak lagi kesulitan mencari pengganti De Ligt.

D’arcy, Taklukkan Musuh Dengan Hero yang Satu Ini di Arena of Valor

Liputan6.com, Jakarta – Selain PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dan Mobile Legends, Arena of Valor (AoV) juga merupakan gim online kekinian yang populer. Pada 21 Februari 2019, AoV Indonesia bakal memperkenalkan hero baru bernama D’arcy.

Sama seperti hero lainnya di AoV, D’arcy juga memiliki kekuatan yang tak kalah keren. Ia memiliki skill dimensional yang sangat kuat.

D’arcy juga memiliki mobilitas yang tinggi serta damage yang besar. Selain itu, D’arcy memiliki kemampuan yang membuatnya tidak dapat ditargertkan sementara waktu dan kebal terhadap Control Effect.

Jika kamu bermain AoV, masih banyak skill unggulan miliki D’arcy yang perlu diketahui. Selengkapnya saksikan video dari channel Garena AOV di Vidio.com berikut ini.

AOV memiliki hero D’arcy yang bakal membantu kamu menaklukan musuh

Ubah Lirik Lagu Radja, Jokowi: Kamu Harus Pilih Nomor Satu

Ubah Lirik Lagu Radja, Jokowi: Kamu Harus Pilih Nomor Satu Foto: (Bahtiar Rivai-detikcom)

Serang – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyanyikan reff lagu milik band Radja berjudul Jujur. Namun, lirik itu diubah menjadi arahan untuk memilih presiden dan wakil presiden nomor urut 01 di Pilpres 2019 mendatang.

Acara kampanye terbuka yang dihadiri oleh Jokowi berlangsung di Lapangan Ciceri, Serang, Banten sore tadi. Acara itu dihadiri oleh band Radja hingga penyanyi dangdut Zaskia Gotik.

Saat Radja mebawakan lagunya yang berjudul Jujur, vokalis band itu membujuk Jokowi untuk menyanyikan sedikit reff dari lagu itu. Ian Kasela menyebut masyarakat Banten ingin mendengarkan suara Jokowi saat bernyanyi.
“Mari Pak Jokowi sedikit saja bernyanyi. Masyarakat Serang, Banten, ingin mendengarkan suara Bapak,” kata Ian di lokasi, Minggu (24/3/2019).
Saat itu, Jokowi mengambil mik dan ikut bernyanyi. Ia mengikuti suara Ian Kasela. Pada lirik terakhir, Ian dan Jokowi mengubah lirik lagu itu menjadi arahan untuk mendukung pasangan nomor urut 01 itu.

“Jujurlah padaku bila kau tak lagi cinta, tinggalkanlah aku bila tak mungkin bersama, jauhi diriku tapi kamu harus pilih nomor satu,” kata Jokowi dan Ia saat bernyanyi bersama.

Mendangar lirik lagu itu, sontak masyarakat Banten yang hadir dalam acara kampanye itu bersorak. Ada pula massa yang ikut bernyanyi.
(tor/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sekitar Satu Juta Orang di Inggris Berunjuk Rasa Tolak Kesepakatan Brexit

Liputan6.com, London – Dalam salah satu demonstrasi terbesar sepanjang sejarah monarki konstitusional Inggris, sekitar satu juta orang, Sabtu kemarin, melakukan pawai damai melalui pusat kota London, untuk menuntut para anggota parlemen memberi mereka referendum baru tentang Brexit.

Pawai bertajuk “Put it to the People“, yang diikuti oleh demonstran dari seluruh penjuru Inggris dan banyak warga negara Uni Eropa yang menetap, terjadi di tengah kekacauan politik luar biasa, dan meningkatnya seruan agar Perdana Menteri Theresa May mengundurkan diri.

Penyelenggara aksi unjuk rasa mengatakan jumlah pasti massa yang bergabung sulit diukur, tetapi mereka percaya protes itu bisa lebih besar dari demonstrasi menolak perang Irak pada Februari 2003, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Minggu (24/3/2019).

Di saat bersamaan, beberapa menteri kabinet –sebutan bagi anggota Parlemen Inggris– mempertimbangkan wakil perdana menteri secara de facto, David Lidington, sebagai pengganti sementara kepemimpinan PM May.

Keputusan banyak orang untuk ikut bergabung mengibarkan bendera Union Jack –sebutan bendera resmi Kerajaan Inggris– dan spanduk Uni Eropa, serta patung Theresa May, terjadi hanya berselang tiga hari setelah perdana menteri mengatakan dalam siaran televisi nasional, bahwa dia yakin rakyat negeri Ratu Elizabteh II tidak akan terlibat referendum lain terhadap Brexit.

Kereta karnaval membawa karikatur yang menggambarkan Perdana Menteri Inggris, Theresa May melahirkan bayi Brexit-nya dalam parade karnaval Rose Monday di Duesseldorf, Jerman, Senin (12/2). (AP Photo/Martin Meissner)

Politikus senior dari semua partai utama bergabung dalam aksi protes tersebut, termasuk wakil pemimpin Partai Buruh, Tom Watson, mantan wakil pemimpin Parlemen Inggris, Lord Heseltine, walikota London, Sadiq Khan, dan pemimpin SNP serta menteri pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon.

Seruan  Buka Mata pada PM May

Berbicara di tengah kerumunan demonstran yang berkumpul di Lapangan Parlemen yang menyerukan nyanyian “Where’s Jeremy Corbyn?” (pemimpin Partai Buruh yang menjadi oposisi), Tom Watson mengatakan PM May tidak dapat mengabaikan aksi protes tersebyt, dan harus memberikan orang-orang kesempatan suara kedua.

“Perdana menteri mengklaim dia berbicara untuk Inggris. Nah, lihatlah ke luar jendela, perdana menteri,” katanya.

“Buka tirai dan nyalakan televisi Anda. Lihatlah kerumunan besar hari ini. Lihatlah orang-orangnya. Theresa May: Anda tidak berbicara untuk kami,” lanjut Watson yang disambut riuh dukungan.

Upaya pihak koalisi yang dipimpin Partai Buruh dalam menemukaan kesamaan kesepakatan Brexit kerap ditolak oleh PM May, kata Watson.

“Di setiap kesempatan, kami telah diabaikan. Cara menyatukan kembali negara kita adalah memutuskan masa depan bersama. Sudah waktunya untuk mengatakan dengan satu suara: berikan (kesempatan suara) kepada orang-orang. Perdana Menteri, Anda kehilangan kendali. Biarkan rakyat mengambil kembali kendali,” seru Watson.

Simak video pilihan berikut: 

Ratu Elizabeth II Inggris pada Selasa membuat komentar publik pertamanya tentang Brexit selama perjamuan negara untuk menghormati para bangsawan Belanda, Raja Willem-Alexander dan istrinya, Ratu Maxima.

Jokowi: Jangan Biarkan Satu Orang pun Golput di Bali  

Liputan6.com, Bali – Presiden Jokowi mengajak masyarakat Bali agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019. Dia tak ingin ada masyarakat Pulau Dewata yang golput.

“Jangan sampai, jangan biarkan satu orang pun di Provinsi Bali ini ada yang golput. Karena ini menentukan arah negara ke depan. Setuju? Setuju? Setuju?” ujar Jokowi di Pasar Badung Kota Denpansar Bali, Jumat, 22 Maret 2019.

Jokowi juga mengingatkan agar masyarakat Bali tak ada yang percaya dengan hoaks dan fitnah, yang tersebar di masyatakat. Menurut dia, saat ini fitnah dan hoaks disebar dari pintu ke pintu.

“Saya titip, sekarang ini mulai banyak di media sosial, mulai banyak dari rumah ke rumah, Kabar fitnah, kabar bohong, hoaks. Mulai bertebaran isu isu, yang bisa memecah kita,” jelas dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mencontohkan beberapa hoaks dan fitnah yang menyerang dirinya. Mulai dari, pemerintah akan menghapus pelajaran pendidikan agama, melegalkan perkawinan sejenis, dan lainnya. 

“Ini untuk mendiskreditkan pasangan capres dan cawapres yang ada. Oleh sebab itu hal hal seperti ini harus dihentikan,” tutur dia.

 

Courtois: Aku Masih Salah Satu Kiper Terbaik

BrusselsThibaut Courtois jadi sorotan gara-gara blunder yang ia lakukan saat Belgia melawan Rusia. Namun Courtois meyakini dirinya masih salah satu kiper terbaik.

Courtois bikin blunder saat Belgia menghadapi Rusia di laga perdana Grup I Kualifikasi Piala Eropa 2020. Pada pertandingan di Stadion Roi Baudouin, Jumat (22/3/2019) dini hari WIB, Courtois membuat kesalahan yang berbuah gol untuk Rusia.

Berawal dari backpass Jan Vertonghen, Courtois tak langsung membuangnya ke depan. Ia sedikit bermain-main dengan bola di kotak penalti sebelum akhirnya kehilangan bola usai diganggu oleh Artem Dzyuba. Bola yang terlepas dimaksimalkan oleh Denis Cheryshev menjadi gol.

“Cheryshev menyikutku dan karena itu aku tidak bisa menghentikan bola. Itu adalah kesalahan kecil, tapi hal-hal seperti ini terjadi dalam hidup seorang kiper,” ucap Courtois seperti dikutip Marca.

Blunder tersebut menambah sorotan kepada Courtois. Perdebatan muncul soal apakah ia pantas terus jadi starter di Real Madrid. Performa mantan kiper Chelsea itu memang belakangan mendapat kritik.

Pada pertandingan terakhir Madrid melawan Celta Vigo, Courtois dicadangkan oleh Zinedine Zidane. Keylor Navas yang dipercaya untuk main sebagai starter.

Meski demikian, Courtois masih percaya dirinya adalah salah satu kiper terbaik di dunia. Ia hanya merasa disudutkan oleh media Spanyol.

“Aku menganggap diriku sebagai salah satu yang terbaik, meski media Spanyol ingin membunuhku,” ujar Courtois seperti dikutip Marca.

“Aku merasa sangat kuat dan tenang karena aku tahu aku berlatih dan bermain dengan baik,” katanya.

(nds/yna)

6 Jeritan Hati Netizen Soal Rafathar Dibelikan Es Krim Satu Kulkas Ini Kocak Abis

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini ada hal menghebohkan terkait anak selebritis. Anak dari Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bernama Rafathar ini ternyata membuat netizen iri.

Hal ini berawal dari Rafathar yang ingin es krim. Namun rupanya respons Nagita Slavina yang merupakan ibunya sungguh di luar dugaan. Bukannya dibelikan es krim, melainkan es krim sekalian kulkasnya.

Rupanya hal ini membuat netizen iri melihat apa yang didapatkan Rafathar. Seperti biasa, netizen Indonesia selalu membuat hal seperti ini menjadi lucu dan kocak. 

Melihat hal demikian, banyak netizen curhat colongan tentang jeritan hati melihat apa yang didapatkan Rafathar. Berikut jeritan hati netizen yang dirangkum Liputan6.com dari Twitter, Kamis (21/03/19).

Boyong 24 Pemain untuk TC di Batam, Persib Gelar Satu Uji Coba

Radovic berharap anak asuhnya dapat menjalan tim luar negeri. Pasalnya, dia ingin menguji kemampuan Supardi dan kawan-kawan.

“Saya berharap untuk friendly game ini levelnya di atas (Persib). Pertama gim tidak (apa-apa) tapi kalau bisa di April sebelum kompetisi kalau bisa hadapi strong tim, kalau bisa luar Indonesia lebih bagus,” ungkap Radovic.

Sandiaga Sedih Subkhan Ditahan: Satu Per Satu Pendukung Gugur

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno mengaku sedih, Moh Subkhan, petani asal Brebes, Jawa Tengah ditahan karena kasus penganiayaan terhadap Sukro (60) warga Kabupaten Tegal. Dia berharap perjuangan relawan tidak surut.

“Itu yang membuat saya terenyuh saya. Sedih saya. Terlepas dari masalah hukumnya seperti apa, satu per satu gugur pendukung kita karena terjerat masalah hukum,” kata Sandiaga di Klender, Durem Sawit, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019).

Subkhan sempat viral di medsos akibat curhatannya terhadap Cawapres Sandiaga Uno pada 11 Februari lalu. Saat itu Subkhan mengeluhkan harga bawang anjlok dan banyak petani yang terlilit hutang.

Subkhan ditahan pada Selasa (19/3/2019). Sandiaga berharap relawan dari kubu 02 yang ditahan itu tidak menyurutkan perjuangan menangkan pasangan Prabowo-Sandiaga.

“Buat kami jangan sampai menyurutkan perjuangan dan semangat dari rekan-rekan di bawah untuk memperjuangkan kebaikan perubahan di negeri ini,” katanya.

Kasus penganiayaan Subkan dipicu peredaran video pengakuan Sukro yang mengatakan bahwa dirinya pernah mengalami sakit jiwa dan pernah dirawat di RSJ Magelang. Akibat video itu, Subkhan mendatangi Sukro yang melakukan pemukulan.

(idn/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>