MS Kaban Minta PBB Dukung Prabowo-Sandiaga

Jakarta – Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban merekomendasikan kadernya untuk mendukung paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Alasannya karena ideologi partai mengikuti garis umat Ijtimak Ulama yang mendukung Prabowo-Sandiaga.

“Majelis Syuro itu merekomendasikan kepada DPP bahwa di dalam penetapan atau pemilihan karena sekarang bukan persoalan mendukung mengusung, tapi memilih. Pilihan hanya ada dua yaitu 01 atau 02. Maka Majelis Syuro itu merekomendasikan agar DPP itu mengikuti Ijtimak Ulama kedua dalam hal ini pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno,” ujar MS Kaban, di kantor DPP PBB, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Ia mengatakan rekomendasi Majelis Syuro ini nantinya akan disosialisasikan dalam Rakornas PBB yang akan digelar akhir bulan Januari. Namun dalam rakornas itu juga tak langsung menentukan sikap dukungan PBB, karena rekomendasi Majelis Syuro itu tetap akan dibawa ke rapat harian bersama DPP PBB.

Ia menyebut alasan mendukung paslon Prabowo-Sandiaga karena sesuai dengan garis ideologi PBB yang mengikuti perjuangan umat.

“Kita tahu Dewan Dakwah Islamiah memberikan dukungan kepada caleg PBB dan dewan-dakwah sudah meminta memilih paslon 02. PBB dilahirkan dan dibesarkan seluruhnya dari ukhuwah islamiyah yang panjang prosesnya. Artinya PBB harus tetap selamanya di dalam mainstream garis perjuangan umat. Kita nggak lihat garis personalnya, tapi kita lihat basis gerakan PBB harus berada mainstream perjuangan keumatan yang kita sama sama ketahui sudah berjalan,” ujarnya.

Ia menegaskan walaupun kini Ketum DPP PBB Yusril Ihza Mahendra menjadi pengacara paslon 01 Jokowi-Maruf Amin, dewan Majelis Syuro menghormati sikap tersebut. Namun ia berharap Yusril tetap mau menjadi kuasa hukum HTI maupun Habib Rizieq.

“Kita sosialisasikan adalah Majelis Syuro sangat menghormati Ketum sebagai konsultan hukum di paslon 01. Jadi kita menghormati itu. Kita berharap bahwa ketum terus melakukan pembelaan-pembelaan kepada HTI dan Rizieq jika ada masalah hukum,” kata MS Kaban.

Konferensi pers ini turut dihadiri Sekretaris Majelis Syuro PBB Sahar L Hassan, Ketua Mahkamah Partai PBB Yasin Ardi.
(gbr/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Film Hit and Run, Kala Tatjana Saphira Jadi Penyanyi Centil

Liputan6.com, Jakarta – Selain berakting, Tatjana Saphira memiliki hobi lain. Ia mengaku sangat menyukai dunia tarik suara.

Bahkan jarang yang mengetahui bahwa beberapa tahun belakangan, Tatjana Saphira mulai menyeriusi bidang tarik suara. Tatjana Saphira berlatih vokal dengan guru profesional.

“Jadi memang beberapa tahun lalu aku mencoba untuk terjun ke nyanyi, dengan latihan vokalnya pakai guru. Alasannya sih karena memang aku suka sama musik,” kata Tatjana Saphira ketika ditemui disela-sela jumpa pers film ‘Hit N Run’, di CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019).

Tatjana Saphira patut berbahagia. Pasalnya, hobi bernyanyinya tak sebatas latihan vokal. Ia dipercaya untuk menampilkan salah satu bakatnya bernyanyi di film berjudul Hit and Run.

2 dari 3 halaman

Peran Menantang

Di film garapan Screenplay Films bersama dengan Legacy Pictures dan Bukalapak Pictures ini, Tatjana Saphira memerankan seorang penyanyi.

“Jadi karakter Meisa ini tuh penyanyi cantik yang genit, centil, nyentrik, dan memang mencolok kepribadiannya. Jadi, perannya Meisa ini tuh menarik banget dan tantangan buat aku,” papar Tatjana Saphira.

3 dari 3 halaman

Seperti Penyanyi Profesional

Bahkan di film tersebut, Tatjana Saphira harus menyanyi di atas panggung layaknya penyanyi-penyanyi profesional yang menghibur penontonnya.

“Aku tidak ada background sebagai penyanyi diatas panggung, jadi harus lakukan banyak latihan dan keluar dari diri aku. Karena, aku tuh orangnya pendiam dan tertutup sama orang baru, sementara karakter Meisa ini beda sama aku. Jadi seru sih,” jelasnya.

“Sebulan dalami karakter dan sebulan itu aku latihan koreo dan aku ada bagian action, aku excited banget,” tambahnya.

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha dan Bacaan Doa Lengkap

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia pasti pernah melakukan apa yang dilarang atau tidak disukai oleh Allah SWT. Hal itu membuat manusia mendapat dosa dari perbuatan terlarang yang dilakukannya.

Perbuatan dosa yang dilakukan oleh manusia ini ada yang disadari secara langsung, ataupun tidak disadari. Tidak hanya dosa-dosa kecil, manusia terkadang juga melakukan dosa besar. 

Alasan itulah yang mendasari munculnya anjuran bagi umat Islam untuk melakukan taubat dengan berbagai cara yang diridhoi Allah SWT. Salah satu cara untuk menebus dosa yang paling baik dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW adalah dengan menjalankan sholat taubat nasuha.

Taubat sendiri adalah kembali kepada Allah, kembali pada syariat-Nya, mengakui segala bentuk kesalahannya dan menyesalinya. Selain itu juga berjanji tidak akan mengulanginya kembali. Sedangkan sholat taubat adalah cara untuk meraih salah satu amal yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah, yaitu taubat nasuha.

Dasar hukum yang menganjurkan orang untuk menjalankan sholat taubat nasuha ini ada pada Al-Qur’an dalam surat At-Tahrim ayat 8, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Allah sangat menyukai orang-orang Islam yang benar-benar bertaubat dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Seperti yang difirmankan dalam Al-Baqarah 2:22, yang artinya:

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”

Dari beberapa ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa sebaik-baiknya manusia di hadapan Allah, bukan mereka yang tidak pernah berbuat salah. Melainkan orang tersebut berbuat kesalahan, dan langsung bertaubat kepada-Nya.

Melihat pentingnya bertaubat ini, maka seorang muslim wajib mengetahui, nih, tata cara sholat taubat nasuha yang benar. Berikut ini, Liputan6.com, Kamis (17/1/2019) akan memberikan tata cara sholat taubat nasuha, lengkap dengan niat, bacaan, doa, dan waktunya. 

Tata cara sholat taubat nasuha yang benar, lengkap dengan niat, bacaan, doa, dan waktunya

2 dari 6 halaman

Waktu melaksanakan sholat taubat nasuha

Sholat taubat termasuk sholat sunnah yang dikerjakan hanya apabila ada kejadian-kejadian tertentu yang menjadi penyebabnya. Sholat dengan karakteristik ini juga secara khusus tidak ada pembatasan waktu pengerjaannya.

Sebagian ulama berpendapat kalau sholat taubat baiknya dikerjakan sesegera mungkin, setelah kita menerima hidayah dari Allah SWT. Hal ini bertujuan agar pengampunan atas dosa yang kita lakukan tidak Allah tangguhkan, sementara kita sendiri tidak tahu batas dari usia hidup kita.

Namun ada waktu pelaksanaan sholat taubat nasuha yang haram untuk dikerjakan seperti saat shubuh hingga terbit matahari dan Ashar hingga matahari tenggelam.

3 dari 6 halaman

Niat sholat taubat nasuha

Niat sholat taubat adalah dengan menghadirkan keinginan untuk taubat dari berbagai kesalahan terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan berwudhu dan melaksanakan sholat 2 rakaat.

Namun untuk menegaskan kembali, bisa di lafazkan dengan lafaz yang telah diajarkan oleh para ulama, dengan membaca niat seperti berikut:

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

4 dari 6 halaman

Tata cara sholat taubat nasuha

Tata cara sholat taubat nasuha sama seperti sholat sunnah lainnya. Sholat taubat nasuha dilakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam. Boleh dilakukan dua rakaat, empat rakaat atau enam rakaat.

Namun jika mau, Anda bisa memperpanjang sujud terakhir untuk secara khusus bermunajat dan mengakui berbagai dosa Anda serta memohon ampunan dengan segala kerendahan diri di hadapan Allah SWT.

“Yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah do’a ketika itu.”(HR. Muslim)

Sholat taubat nasuha sebaiknya dikerjakan secara sendirian. Sholat taubat nasuha merupakan sholat nafilah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara berjamaah.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadist, hendaknya sebelum melaksanakan sholat taubat didahului dengan bersuci dengan baik. Disunnahkan untuk mandi besar sebelum melakukan shalat taubat

Berikut akan dijelaskan urutan melaksanakan sholat taubat nasuha yang benar:

1. Membaca niat sholat taubat nasuha

2. Takbirotul ihram

3. Membaca doa iftitah (sunnah)

4. Membaca surat Al-Fatihah5. MEmbaca surat dari Al-Qur’an

6. Rukuk (membaca tasbih ruku’ tiga kali)

7. I;tidal (membaca doa I’tidal)

8. Sujud (membaca tasbih sujud tiga kali)

9. Duduk di antara dua sujud (membaca doa ‘robbighfirlii warhamnii…’)

10. Sujud kedua

11. Bangun melanjutkan raka’at kedua seperti urutad di atas sampai yang ke 10

12. Tasyahud akhir (membaca tasyahud akhir)

13. Salam

14. Berdoa mohon ampunan

5 dari 6 halaman

Doa dan dzikir selepas sholat

Sebagai penyempurna dari amalan sholat taubat, maka ada baiknya memperbanyak membaca istighfar. Meminta ampun dengan istighfar ini ada baiknya pula di sertai dengan dzikir-dzikir menyebut asma-Nya

Adapun bacaan istighfar setelah mengerjakan sholat taubat nasuha adalah sebagai berikut:

Astaghfirullahal Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyuumu Wa Atuubu Ilaihi.

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Bacaan istighfar ini hendaknya diucapkan sebanyak 100 kali sambil diresapi artinya dalam hati dengan setulus-tulusnya.

Memperbanyak membaca tasbih:

Subhanallahi Wa Bihamdihi.

Artinya “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya.”

Setelah itu baru membaca doa sholat taubat nasuha seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana ‘Abduka Wa Ana ‘Ala ‘Ahdika Wa Wa’dika Mastatho’tu. A’udzu Bika Min Syarri Maa Shona’tu, Abuu-U Laka Bini’matika ‘Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta.

Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.”

Mengenai doa tersebut, Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya:

“Barangsiapa mengucapkannya (sayyidul istighfar) di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk syurga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum subuh maka dia termasuk penduduk syurga.” (HR. Al-Bukhari)

Setelah mengerjakan sholat taubat nasuha ini, Anda disarankan untuk melakukan berbagai amal kebaikan. Selain tidak mengulangi maksiat dan dosa seperti dulu, bentuk amal kebaikan yang paling utama setelah mengerjakan sholat taubat adalah dengan sedekah.

Karena dengan sedekah, merupakan sebab terbesar terhapusnya dosa-dosa seseorang. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Thaha ayat 82 yang artinya: “ Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.”

6 dari 6 halaman

Keutamaan sholat taubat

Allah akan memberikan ganjaran bagi Anda yang melakukan sholat taubat ini seperti akan diampuni dosa-dosa yang pernah dibuat, Allah SWT menjanjikan surga bagi siapa saja yang bertaubat dengan sungguh-sungguh dan mereka akan kekal di dalamnya, dan akan diberikan pahala yang terbaik sebagai penambah timbangan amal bagi mereka yang bertaubat.

Nah, kalau sudah melakukan sholat taubat, kemudian suatu ketika melakukan kesalahan lagi, bagaimana? Abu Hurairah Radiyallahu’anhu, bahwasanya Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

“Sesungguhnya seorang laki – laki berbuat dosa lalu berkata: “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata : “Hambaku berbuat dosa lalu ia tahu bahwa ia memiliki Tuhan  yang  Maha Mengampuni dosa dan ia merealisasikannya, sesungguhnya Aku telah ampuni hambaku tersebut.

Kemudian ia pun berbuat dosa lagi dosa yang lainnya lalu berkata : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah, maka Allah Tabaroka wa Ta’ala berkata: “Hamba-Ku mengetahui bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun lalu ia pun merealisasikannya:

“Sesungguhnya telah aku ampuni hamaku. Kemudian ia melakukan dosa  yang lainnya lagi, dan ia berkata : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa, maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata lagi : “Hamba-Ku tahu bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun dan ia merealisasikannya.”

Maka Aku mempersaksikan kepada kalian semua bahwa sesungguhnya Aku sungguh telah mengampuni hamba-Ku maka silahkan dia lakukan  apa yang dia kehendaki.” (HR. Al- Imam Ahmad)


Reporter: Nisa Mutia sari

BPN: SBY Tak Hadiri Debat Capres 2019, Diwakili AHY

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan tidak akan hadir langsung menyaksikan debat capres 2019 yang pertama. SBY akan diwakili Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Diwakilkan Pak AHY,” kata Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sudirman Said di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Sudirman tak mengetahui alasan SBY tak hadir. Namun Sudirman menilai selama ini SBY telah membantu Prabowo-Sandi dalam persiapan debat.

“Saya kira beliau memberi banyak pesan kepada Pak Prabowo untuk pembahasan materi untuk hal yang sifatnya teknik karena beliau punya pengalaman sangat bagus,” ujarnya.

Beberapa jam menjelang debat, Prabowo telah berada di kediamannya, Jalan Kertanegara nomor 4, Jakarta Selatan. Prabowo tiba di kediamannya sekitar pukul 15.00 WIB.

Sejumlah anggota BPN juga tampak datang ke rumah tersebut. Beberapa saat setelah itu juga tampak tiba Hashim Djojohadikusumo, Fadli Zon hingga Dahnil Anzar Simanjuntak. Sudirman mengatakan saat ini Prabowo hanya bersantai di rumah.

“Sekarang ya rileks lagi menunggu waktu, tidak ada yang penting. Beliau menerima tamu-tamu keluarga, tadi ada Pak Hashim masuk. Insyaallah semuanya sudah siap,” ujar Sudirman.
(abw/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Para Pesohor Hollywood yang Dipecat dan Ditolak dari Pekerjaan Akibat Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta – Selama beberapa dekade, Hollywood telah mempromosikan satu tipe tubuh: kurus. Jadi, tak mengherankan bila beberapa pesohor dipecat atau ditolak dari pekerjaan karena berat badan mereka.

Ada model yang disuruh pulang pada pemotretan. Ada juga aktor yang kehilangan pekerjaan karena urusan ukuran pinggang. Body shaming di Hollywood tersebar luas dan harus berakhir. Kisah-kisah tentang selebritas yang didiskriminasi meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai yang masih berlaku di industri film dan fesyen.

Dilansir dari stylecaster, Rabu, 16 Januari 2019, sederet nama angkat bicara soal body shaming di Hollywood. Ukuran tubuh tak ada hubungannya dengan keterampilan untuk banyak pekerjaan, termasuk akting dan model.

Kate Upton

Dalam wawancara pada 2012 dengan The New York Times, direktur casting Victoria’s Secret, Sophia Neophitou-Apostolou, mengatakan bahwa merek tersebut ‘tak akan pernah’ menampilkan Upton dalam peragaan busana tahunannya karena lekuk tubuhnya.

“Hal-hal yang mereka tolak adalah hal-hal yang tak bisa saya ubah. Saya tak bisa mengubah ukuran bra saya. Itu alami! Saya bisa berolahraga dan saya bisa tetap sehat dan termotivasi, tetapi saya tidak bisa mengubah beberapa hal,” ujarnya.

2 dari 4 halaman

Chrissy Teigen

Ketika menjadi model, Chrissy Teigen dipecat dari pemotretan Forever 21 karena berat badannya. Dia berbicara tentang pengalaman dalam sebuah wawancara pada 2014 dengan DuJour, yang merinci waktunya memotret untuk Forever 21 dan dikirim pulang karena ukuran tubuhnya.

“Aku tiba di lokasi dan mereka meminta untuk mengambil fotoku. Lalu, foto yang sudah diambil dikirimkan ke agensiku. Kemudian, agensi meneleponku yang lagi duduk di kursi makeup dan mengatakan, ‘Kamu harus pergi sekarang. Mereka mengatakan kamu gemuk dan kamu harus kembali mengukur badan,” katanya.

3 dari 4 halaman

Chris Pratt

Sebelum tubuhnya berubah untuk Guardians of the Galaxy 2014, Pratt diberitahu bahwa dia “terlalu gemuk” untuk peran. Dalam sebuah wawancara pada 2017 dengan Vanity Fair, aktor itu mengatakan dia ditolak untuk peran dalam Moneyball 2011 karena berat badannya.

“Itu adalah pertama kalinya aku mendengar seseorang berkata, ‘Kami tak akan memberi kamu peran — kamu terlalu gemuk,'” katanya. “Jadi saya memutuskan untuk menurunkan berat badan, seperti dalam gulat. Aku tak mampu membeli pelatih, jadi semuanya berjalan dan diet ketat serta mengurangi alkohol. “

4 dari 4 halaman

Ryan Gosling

Ryan Gosling mengungkapkan bahwa ia dipecat dari peran dalam The Lovely Bones 2009 karena kenaikan berat badannya 60 pon, sekitar 27 kg. Ia seharusnya memerankan ayah dari seorang remaja yang terbunuh dan diperkosa.

Namun, ketika Ryan datang ke lokasi pengambilan gambar, sang sutradara Peter Jackson sangat kaget dengan penambahan berat badan Ryan, yang menurutnya mengerikan. Akhirnya, sutradara pun memecat Ryan dan menggantinya dengan aktor lain.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tata Cara Shalat Malam, Lengkap dengan Dasar Hukumnya

Liputan6.com, Jakarta Ibadah di waktu malam adalah ibadah paling tepat untuk membangun kekuatan mental manusia. Kerena itulah, sejak dulu para orang saleh memiliki kebiasaan bermunajat dengan Allah di malam hari. Salah satu ibadah yang paling dilakukan oleh umat muslim ketika malam hari adalah shalat malam. 

Namun apakah shalat malam berbeda dengan shalat tahajud dan bagiamana tata cara shalat malam?

Ada perbedaan antara shalat malam dan shalat tahajud. Shalat malam adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam, terhitung sejak selesainya shalat isyak sampai terbit fajar, baik dilakukan sesudah tidur maupun sebelum tidur.

Contoh shalat malam adalah shalat tarawih, shalat witir, shalat hajat, shalat sunnah muthlaq (shalat sunnah yangg tidak punya sabab dan tidak terikat dengan waktu) yang dilakukan pada waktu malam. Dan seperti shalat sunnah rawatib (qabliyah-ba’diyah) yang tidak dilakukan pada waktunya kemudian diqodho pada waktu malam.

Shalat sunnah yang dilakukan sesudah tidur dengan jumlah rakaat yang tidak terbatas. Beberapa macam shalat sunnah seperti tersebut di atas dengan sendirinya menjadi shalat tahajud apabila dilakukan setelah tidur. Shalat tahajud lebih khusus daripada shalat malam. Shalat tahajud pasti shalat malam, tapi shalat malam belum tentu shalat tahajud.

2 dari 3 halaman

Shalat malam shalat paling afdhal

Nabi Muhammad SAW shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Shalat yang paling afdhal setelah shalat wajib adalah shalat malam” (HR. Muslim).

Allah juga perintahkan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk melaksanakan tahajud, sebagai tambahan kewajiban untuk beliau,” “Pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (QS. al-Isra: 79).

Ini semua menunjukkan, shalat tahajud dan shalat malam adalah shalat yang sangat istimewa dalam islam.

3 dari 3 halaman

Tata cara shalat malam

Tidak ada tata cara shalat khusus dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang cara melakukan shalat malam, tetapi tata cara shalat malam yang ada adalah beragam, sehingga seorang muslim boleh melakukan cara yang mana saja. Dilansir dari carasholat.com, berikut telah kami rangkum beberapa tata cara shalat malam yang benar dan bisa kamu praktekan (Rabu, 16/1/2019).

1. Waktu shalat malamTata cara shalat malam yang pertama adalah waktu shalat malam. Waktu shalat malam adalah antara setelah isya’ sampai subuh. Shalat malam (qiyamul lail) boleh dikerjakan di awal malam, pertengahan malam, atau akhir malam. Ini semua pernah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sahabat Anas bin Malik – yang pernah menjadi pembantu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam– menceritakan, “Setiap kami bangun agar ingin melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat malam, pasti kami bisa melihat beliau shalat.” (HR. Bukhari 1141 dan an-Nasai 1627).

Artinya, kami bisa menjumpai shalat malam yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, terkadang di awal malam, di pertengahan malam, dan terkadang di akhir malam.

2. Apakah harus tidur terlebih dahulu?

Tata cara shalat malam yang kedua adalah dalam ensiklopedi fiqh dinyatakan, qiyam lail lebih umum dari pada tahajud. Karena qiyam lail mencakup semua kegiatan ibadah di malam hari, baik berupa shalat, membaca Al-Quran, belajar mengkaji ilmu agama, atau dzikir.

Sementara tahajud hanya khusus untuk ibadah berupa sholat. Sementara ibadah lainnya, selain shalat, tidak disebut tahajud.Karena itulah, sebagian ulama berpendapat untuk bisa disebut tahajud, harus tidur dulu. Sebagaimana keterangan ar-Rafi’i – salah satu ulama Syafii – dalam kitab as-Syarhul Kabir.

Jika shalat itu dikerjakan sebelum tidur, tidak disebut tahajud, meskipun terhitung sebagai qiyamul-lail. Meskipun ulama lainnya mengatakan, bahwa ini bukan syarat. Artinya, orang bisa langsung melakukan tahajud, sekalipun dia belum tidur.

3. Jumlah rakaat

Tata cara shalat malam yang ketiga adalah jumlah rakaat. Jumlah rakaat shalat malam seperti yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bukanlah pembatasan. Seseorang boleh melakukan shalat malam kurang dari 11 rakaat, sebagaimana dia juga boleh mengerjakannya lebih dari 11 rakaat.

Hanya saja ulama berbeda pendapat, mana yang lebih afdhal, mengerjakan shalat malam dengan jumlah rakaat sedikit namun bacaannya panjang, ataukah mengerjakan shalat dengan jumlah rakaat banyak, namun bacaannya pendek.

Secara umum shalat dikerjakan 2 rakaat salam, 2 rakaat salam. Kemudian di penghujungnya ditutup dengan witir 1 rakaat. Karena itu, shalat malam sekaligus witirnya dikerjakan dengan jumlah rakaat ganjil. Bisa 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat, 9 rakaat atau 11 rakaat. Juga bisa lebih dari itu, dengan bilangan ganjil.

– Tata cara shalat malam untuk 11 rakaat. Dikerjakan 2 rakaat – 2 rakaat kemudian witir 1 rakaat di penghujungnya.

– Tata cara shalat malam untuk 9 rakaat. Dikerjakan 8 rakaat sekaligus, kemudian duduk tasyahud awal dan langsung berdiri ke rakaat ke-9, da duduk tasyahud akhir lalu salam.

– Tata cara shalat malam untuk 7 rakaat. Dikerjakan 7 rakaat sekaligus tanpa tasyahud awal, dan hanya duduk tasyahud akhir.

– Tata cara shalat malam untuk 5 rakaat. Dikerjakan 5 rakaat sekaligus dan hanya duduk di tasyahud akhir

– Tata cara shalat malam untuk 3 rakaat. Dikerjakan dengan cara yang tidak mirip dengan shalat maghrib. Bisa dengan 3 rakaat sekaligus, atau 2 rakaat salam, kemudian sahalat lagi 1 rakaat.


Reporter: Heri Setiawan

Sergio Garcia Bertekad Pertahankan Gelar SMB Singapore Open

Liputan6.com, Jakarta Pegolf Spanyol, Sergio Garcia bertekad mempertahankan gelar juara SMBC Singapore Open di edisi 2019. Garacia sudah mempersiapkan diri menghadapi turnamen ini dengan matang. 

Garcia sebenarnya cukup sibuk tahun lalu. Namun pegolf berusia 39 tahun tersebut sudah beristirahat sebelum tamil di  SMBC Singapore Open tahun ini. 

“Saya mulai berlatih beberapa pekan yang lalu. Masih sedikit buru-buru, tetapi saya harap saya bisa menyesuaikan diri,” kata Garcia, Kamis (17/1/2019).

Sejak 2017, Garcia sudah tiga kali ikut di SMBC Singapore Open. Tahun lalu, ia berjaya di turnamen yang digelar di Sentosa Golf Course, Singapura ini. Bukan hanya juara di Singapura, Garcia juga sukses membela tim golf Spanyol mengalahkan Amerika Serikat di Europe’s Ryder Cup. Selain itu, ia juga menang di turnamen Valderrama Masters.

Lebih lanjut, Garcia mengaku senang bisa unjuk gigi lagi di SMBC Singapore Open 2019. Apalagi, ia datang sebagai juara bertahan. “Menyenangkan bisa kembali. Ini arena yang saya suka, luar biasa, dan berada di sini sebagai juar bertahan itu sangat spesial,” kata Garcia.

2 dari 2 halaman

Perebutkan Hadiah Satu Juta Dollar

SMBC Singapore 2019 sendiri akan berlangsung hingga 20 Januari 2019. Turnamen ini akan memperebutkan total hadiah 1 juta dollar Amerika Serikat atau Rp 14 miliar.

Bukan hanya Garcia, beberapa pegolf dunia seperti Sean Crocker (Amerika Serikat), Lucas Herbet (Australia), Jazz Janewattananond, dan Danthai Boonma (Thailand) juga tampil. 

Keempat pegolf ini sebelumnya lolos ke turnamen The Open Royal Potrush di Irlandia Utara. Untuk lolos, mereka harus berada di empat teratas di SMBC Singapore Open yang menjadi turnamen kualifikasi.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Ikut 10 Years Challenge di Ultah ke-46, Ari Lasso Pakai Foto Masa Kecil

Liputan6.com, Jakarta – Maraknya tantangan memperlihatkan wajah 10 tahun silam yang bertema 10 Years Challenge, membuat deretan selebritas Indonesia tak mau ketinggalan. Salah satunya Ari Lasso. Uniknya, mantan vokalis Dewa itu malah mengunggah foto saat berumur enam tahun.

Rupanya, hari ini Ari Lasso tengah berulang tahun. Selagi viral tantangan 10 Years Challenge, ia menyandingkan potret diri sekarang dan bukannya 10 tahun, tapi 40 tahun, yakni saat tahun 1979.

Satu yang tak berubah pada diri Ari Lasso dalam foto itu adalah rambut panjangnya yang masih sama. Dan rambutnya itu telah menjadi ciri khas penyanyi pop kondang tersebut. Genap berusia 46 tahun, ayah lima anak itu mengaku sangat bersyukur.

Biar mantep skalian chalenge nya   mumpung hari ini tepat 46 tahun.   Puji Tuhan,” tulis Ari Lasso di Instagram, Kamis (17/1/2019).

2 dari 3 halaman

Masih Kuat

Sebelumnya, Ari Lasso juga mengenang potret masa lalu bersama istri dan ketiga anaknya. Masih muda, Ari mengaku kala itu masih kuat untuk menggendong putranya.

Saat anak2 masih digendong dan sy masih kuat nggendong. Jaman2 ribet n brutal ni para krucil,” tulis Ari Lasso.

3 dari 3 halaman

Ucapan Selamat dari Para Selebriti

Tak mau ketinggalan, sederet teman artis juga memberikan ucapan selamat kepada pelantun “Hampa” itu.

Selamat ulang tahun, Mas Inspirator. Semoga sehat terus, bahagia terus dan selalu menjadi pintu rezeki untuk orang banyak,” tulis @duniamanji.

Selamat ulang tahun, Riiiii! Panjang sehat, berlimpah berkat rejeki bahagia, banyak gembira, aman, nyaman! Semakin disayang istri, anak2, sanak keluarga, partner kerja, karyawan, sahabat, teman, penggemar. Aaamiiin! Stay blessed!” sambung @ti2dj.

Happy bday papaglam ladewiittttsss smoga smakin wanting somaaatttsss,” @audyitem, menambahkan.

Legenda Arsenal Akui Cech Kiper Terbaik Dunia

Liputan6.com, London – Petr Cech memang merupakan salah satu kiper legendaris di Inggris. Kiper Arsenal itu sudah melanglang buana di negeri ratu Elizabeth tersebut selama sekitar 15 tahun.

Ia memulai kariernya di Inggris bersama Chelsea sejak tahun 2004. Ia bermain di sana selama lebih dari satu dekade.

Pada tahun 2015, ia kemudian memutuskan untuk pindah ke Arsenal. Sebab Chelsea saat itu memiliki kiper yang lebih muda yakni Thibaut Courtois.

Selama di EPL, Cech berhasil mengoleksi 18 gelar juara. 15 di antaranya diraih bersama Chelsea dan sisanya bersama Arsenal.

Ia juga pernah menyabet penghargaan Golden Glove, sebanyak empat kali. Penghargaan ini diberikan pada kiper yang berhasil meraih clean sheet terbanyak dalam semusim. Ia juga pernah dua kali terpilih masuk ke dalam PFA Team of the Year.

2 dari 2 halaman

Komentar Seaman

Di mata legenda Arsenal, David Seaman, Cech layak disebut sebagai salah satu kiper terbaik di sejarah EPL. Ia juga menyebut mantan kiper timnas Ceko itu telah menetapkan standar yang tinggi bagi kiper-kiper lainnya di kompetisi tersebut.

“Ia adalah salah satu yang terbaik, tidak diragukan lagi,” ujarnya pada Sky Sports.

“Standar yang ia tetapkan ketika ia datang sangat brilian dan itu telah dibuktikan oleh semua trofi yang dimenangkannya,” katanya menambahkan.

“Ia memenangkan banyak trofi bersama Chelsea, datang ke Arsenal dan masih mempertahankan standar kiper yang hebat itu.”

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Diminta Jokowi, Mendikbud dan Mensos Bahas Pendidikan Kebencanaan

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi dan Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan tertutup. Pertemuan kedua menteri itu rupanya terkait pelatihan dan pendidikan kebencanaan sesuai dengan perintah Presiden Jokowi.

“Jadi ini pertemuan kami dengan Pak Mensos untuk menindaklanjuti pertama yaitu permintaan Presiden untuk ada pendidikan kebencanaan yang tersistem dengan baik di seluruh sekolah. Kemudian yang kedua rapat kabinet terbatas kemarin juga ditekankan kembali oleh presiden agar secepatnya direalisasi bahkan beliau memberi… akhir bulan ini harus sudah mulai ada langkah-langkah konkret terhadap masalah gerakan mitigasi bencana nasional,” kata Muhadjir di Gedung A Kemdikbud, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Muhadjir memastikan semua jenjang pendidikan akan mendapatkan pendidikan kebencanaan. Maka itu Kemendikbud menyesuaikan dengan apa yang sudah dilakukan di Kemensos.

“Pak Mensos dengan saya membicarakan kolaborasi antara program yang ada di Kemensos yang memang selama ini sebagai kementerian utama yang masalah bencana ini adalah di Kemensos. Kita akan kerja sama tadi itu mengimplementasikan pendidikan kebencanaan di sekolah karena beliau memiliki tenaga instruktur dan tutor yang sangat banyak yaitu dari Tagana. Sementara Kemendikbud memiliki subjek yang bisa digarap, yaitu para siswa,” imbuh Muhadjir.

Agus Gumiwang memastikan Tagana siap menjadi tutor dalam pendidikan mitigasi bencana. Dia berharap program ini bisa dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Sekitar ada 40 ribu Tagana. Tapi karena lokasi pembentukan Tagana per tahun itu ada batasannya tapi animo dari masyarat menjadi Tagana itu besar sekali maka kami bentuk apa yang disebut relawan Tagana dan apa yang disebut dengan sahabat Tagana. Nah, itu relawan Tagana dan sahabat tagana itu berbeda dengan Tagana inti karena Tagana inti diberikan suatu pelatihan yang sangat disiplin, ada silabusnya. Tapi relawan Tagana dan sahabat Tagana itu pendidikan dan latihannya itu relatif lebih elementer. Jumlah dari relawan Tagana dan sahabat Tagana sekarang sudah sekitar 65 ribu. Jadi total keluarga Tagana itu bisa sekitar 100 ribu seluruh Indonesia,” papar Agus.
(bag/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>