Prabowo: Kami Tidak Izinkan Impor Kecuali Sangat Terpaksa

Makassar – Capres Prabowo Subianto kembali bicara soal impor. Dia mengatakan jika terpilih nanti dia tidak akan mengizinkan impor.

“Saya dengan tim kami Koalisi Indonesia Adil Makmur bertekad membentuk pemerintah yang akan membela rakyat Indonesia. Kami tidak izinkan impor kecuali dalam keadaan yang sangat, sangat, sangat terpaksa,” ujar Prabowo saat kampanye akbar di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (24/3/2019).

Prabowo mengatakan hanya akan mengizinkan impor dalam keadaan tertentu. Sebab, dia ingin membentuk pemerintahan yang pro-rakyat.
“Jadi kita harus sekarang memilih pemimpin yang tegas, yang membela rakyatnya sendiri. Jangan petani panen, impor beras, petani panen gula impor gula, kita punya laut banyak tapi impor garam, impor ikan asin,” katanya.
Ketum Partai Gerindra itu pun mengaku telah membentuk tim pakarnya untuk merealisasikan tekadnya itu. Tim terbaik yang juga pro-rakyat.

“Saya sudah membentuk tim pakar-pakar terbaik otak-otak terbaik Indonesia tapi kita juga tidak perlu hanya otak terbaik tapi hatinya harus bersih. Percuma pintar tapi tidak membela rakyatnya sendiri,” ujar Prabowo.

Prabowo mengatakan selama ini ada pihak-pihak yang mencibirnya saat bicara soal ekonomi dan impor. Sebab, dirinya tidak memiliki gelar di bidang ekonomi.

“Ada yang mengejek Prabowo. Prabowo tidak punya gelar, tidak punya gelar ekonomi tapi kok bisa bicara ekonomi. Saudara-saudara sekalian, jangan anggap ekonomi itu sulit. Ekonomi itu gampang. Emak-emak ngerti ekonomi. Kalau penghasilan nggak cukup rakyat susah, itu ekonomi,” tuturnya.
(mae/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pochettino Sangat Bahagia di Tottenham, tapi…

London – Kontrak Mauricio Pochettino di Tottenham Hotspur masih empat tahun lagi. Manajer asal Argentina itu pun mengaku sangat bahagia, tapi…

Pochettino baru meneken kontrak berdurasi lima tahun pada tahun lalu. Artinya, masih ada empat tahun tersisa sebelum kontaknya bersama The Lilywhites habis pada 2023.

Sebelumnya, Pochettino sempat masuk dalam bursa pelatih Real Madrid. Namun, kedatangan Zinedine Zidane menutup peluangnya hijrah ke Santiago Bernabeu.

Selain Real Madrid, Pochettino juga santer dikaitkan dengan Manchester United. Saat Setan Merah memecat Jose Mourinho dan menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer interim, Pochettino disebut pantas menjadi manajer utama Paul Pogba dkk.

Belakangan, Solskjaer membawa MU tampil oke dan diprediksi akan dipertahankan manajemen sebagai manajer tetap.

Pochettino menegaskan, dirinya sedianya masih sangat bahagia di Tottenham. Ia menegaskan, kendati bahagia, dirinya belum memikirkan terlalu jauh masa depannya di Tottenham, yang artinya masih sebatas menghormati kontraknya sampai 2023 mendatang.

“Saya sangat senang di Tottenham. Saya memiliki empat tahun lagi dalam kontrak saya. Mungkin 99 persen kolega saya memiliki pola pikir yang berbeda,” jelasnya.

“Saya menikmatinya hari demi hari, dan apa pun yang terjadi besok akan menjadi konsekuensi hari ini. Tapi, saya tidak melihat hal-hal yang terlalu jauh ke depannya atau berpikir jangka panjang. Ketika saya menandatangani kontrak, saya melakukannya karena bahagia,” ungkapnya.

Musim ini, Pochettino, yang melatih Tottenham sejak 2014, membawa klubnya berada di peringkat tiga klasemen sementara Liga Inggris. Harry Kane dkk juga berhasil melaju ke perempatfinal Liga Champions, dan akan menghadapi Manchester City.

(yna/rin)

Politikus Malaysia: Sangat Mengherankan Jaksa Tolak Cabut Dakwaan Doan

Kuala Lumpur – Seorang politikus Malaysia mengomentari penolakan Jaksa Agung Tommy Thomas mencabut dakwaan Doan Thi Huong, terdakwa Vietnam dalam kasus pembunuhan Kim Jong-Nam. Politikus itu menyatakan Doan pantas mendapat perlakuan yang sama seperti Siti Aisyah, WNI yang dibebaskan dalam kasus yang sama.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Kamis (14/3/2019), komentar itu disampaikan Ramkarpal Singh yang merupakan anggota parlemen wilayah Bukit Gelugor dari Partai Tindakan Demokratik (DAP) yang tergabung dalam koalisi pemerintahan Pakatan Harapan, yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad.

“Saya dalam pandangan bahwa dakwaan terhadap Doan seharusnya dicabut dengan cara yang sama saat dakwaan terhadap Siti Aisyah dicabut, jika Jaksa Agung (AG) memiliki pandangan bahwa Korea Utara terlibat dalam pembunuhan Jong-Nam,” sebut Ramkarpal yang juga seorang pengacara ini.

“Memaksa Doan melanjutkan persidangan sendirian dan bukan dengan sesama terdakwa, khususnya ketika prima facie (dasar argumen dakwaan) dalam kasus ini telah ditetapkan terhadap keduanya, adalah, dengan hormat, belum pernah terjadi sebelumnya dan ini disesalkan,” imbuhnya.
Lebih lanjut, Ramkarpal menyebut bahwa penolakan Jaksa Agung untuk mencabut dakwaan pembunuhan terhadap Doan sangat ‘mengherankan dan memancing pertanyaan soal wewenang AG’.

Pada Kamis (14/3) waktu setempat, jaksa Malaysia mengumumkan penolakan Jaksa Agung untuk mencabut dakwaan pembunuhan terhadap Doan. Sebelumnya pada Senin (11/3) lalu, jaksa Malaysia mengajukan pencabutan dakwaan terhadap Aisyah yang diinstruksikan oleh Jaksa Agung. Pihak jaksa tidak pernah mengungkapkan secara langsung alasan pencabutan dakwaan itu. Pencabutan dakwaan itu dikabulkan pengadilan Malaysia dan Aisyah langsung bebas.

Ramkarpal mempertanyakan keputusan Jaksa Agung mengabulkan permintaan Menkum HAM Yasonna Laoly untuk mencabut dakwaan terhadap Aisyah atas dasar Korea Utara (Korut) bertanggung jawab atas pembunuhan Kim Jong-Nam.

“Jika ini persoalannya, mengapa AG mendakwa Siti Aisyah sejak awal? Tidak diragukan, AG memiliki wewenang untuk tidak melanjutkan penuntutan terhadap Siti Aisyah seperti yang telah dilakukannya, tapi mengapa dia tidak melakukan hal yang sama dalam kasus Doan?” tanya Ramkarpal dalam pernyataannya.

“Baik Doan maupun Siti Aisyah didakwa bersama. Doan memiliki hak konstitusional untuk diperlakukan sama seperti Siti Aisyah, karena dia berhak atas perlindungan yang setara di hadapan hukum,” tegasnya.

Ramkarpal menambahkan, karena Jaksa Agung tidak mengungkapkan alasan dari keputusannya mencabut dakwaan Aisyah, Doan tidak akan pernah tahu mengapa dirinya diperlakukan berbeda dari Aisyah.

“Jika dia (Doan-red) dinyatakan bersalah, dia akan selalu bertanya apakah Siti Aisyah juga bersalah. Dalam kasus seperti ini, kebijaksanaan AG seharusnya dipertanyakan, khususnya ketika nyawa seseorang dipertaruhkan,” tandasnya.

Dalam kasus ini, Doan terancam hukuman mati. Doan didakwa mengusapkan racun VX yang mematikan ke wajah Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un, di Bandara Kuala Lumpur pada Februari 2017. Doan telah menyangkal dakwaan pembunuhan yang dijeratkan padanya dan menegaskan dirinya hanya terlibat dalam sebuah acara prank (lelucon), serta ditipu oleh sejumlah agen intelijen Korut, dalang utama kasus ini yang telah kabur ke negaranya.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Nasdem: Uang Negara yang Diselamatkan Kejaksaan di Era Jokowi Sangat Besar

Liputan6.com, Jakarta – Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Taufik Basari mendukung program pemberantasan korupsi bertajuk Tabur 31.1, artinya setiap bulannya, 31 kejaksaan tinggi diwajibkan menangkap satu buron, terutama koruptor.

Menurut Taufik, Tabur 31.1 selama ini telah menyelamatkan uang negara dari penindakan kasus korupsi. Dari program itu, total ada Rp 2,29 triliun dan USD 263 ribu dana hasil korupsi yang terselamatkan.

Menurut Taufik, program tersebut penting sebagai satu jawaban bahwa kasus korupsi sebagai pencurian uang negara.

“Penting untuk menunjukan, untuk mengejar uang negara yang sudah dicuri dikembalikan ke negara. Selain memproses pelaku hukumnya dan memberikan hukuman kepda pelaku tindak pidana korupsi,” kata Taufik Basari yang juga mantan aktifis YLBHI ini, Jumat, 8 Maret 2019.

Taufik, yang kini juga adalah caleg NasDem Daerah pemilihan (dapil) Lampung I itu menambahkan, jika dinilai dengan angka Kejagung memperoleh 7,5 dalam pengembalian uang negara.

“Uang yang dikembalikan ke negara cukup besar periode ini di zaman Jokowi berhasil mengembalikan yang cukup besar,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Tobas itu juga memberi catatan. Menurutnya, mafia hukum menjadi pekerjaan rumah yang harus diperbaiki. Oleh karana itu, bagi seluruh aparat penegak hukum baik itu kepolisian, kejaksaan termasuk juga di peradilan di Mahkamah Agung untuk melakukan satu evaluasi internal.

“Membuat program untuk membuat ruang gerak mafia hukum sangat terbatas dan bisa ditanggulangi bersama. Mafia hukum inikan membuat proses hukum menjadi ketikanpastian. Ini adalah PR kita bersama untuk membereskan.

 

 

BPN Prabowo Kritik Tol Madiun Kebanjiran: Sangat Memalukan!

Jakarta – Banjir di Tol Ngawi-Kertosono, tepatnya di Simpang Susun Madiun, dikritik oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi. Peristiwa itu dianggap memalukan.

“Sangat disayangkan ya, terjadi banjir setinggi 1 meter di ruas tol Ngawi-Kertosono, Km 603-Km 604,” kata Juru Bicara BPN dan Tim Pakar Bidang Infrastruktur Prabowo-Sandi, Suhendra Ratu Prawiranegara lewat keterangan tertulis, Kamis (7/3/2019).

Sebelumnya diberitakan, banjir merendam ruas tol Madiun sepanjang satu kilometer. Banjir dengan ketinggian hampir mencapai satu meter iru terjadi di KM 603 hingga KM 604, Desa Glonggong, Kecamatan Balerejo.

Suhendra mengatakan pihaknya sudah mengingatkan pemerintah untuk melakukan audit investigatif secara menyeluruh pada Tol Trans Jawa. Peringatan ini dilontarkan sejak talut Tol Salatiga-Kartasura ambrol di Boyolali pada Desember 2018 lalu.

“Ini penting demi keselamatan, keamanan, kenyamanan pengguna jalan tol. Karena mereka telah membayar tarif tol, tentu harus mendapatkan hak-hak di atas (keselamatan, keamanan dan kenyamanan) sebagai konsumen jalan tol,” papar mantan Staf Khusus Menteri PUPR ini.

Dia menyebut banjir setinggi 1 meter di jalan tol Caruban-Madiun ini akibat kesalahan teknis dan nonteknis. Menurutnya, jika ditilik dari sisi teknis, karena jalan tol memiliki spesifikasi tinggi maka tidak boleh terjadi genangan air apalagi sampai banjir.

“Ini pasti ada yang keliru, juga memalukan ya. Karena dengan kecanggihan teknologi dan informasi, negara lain dapat saksikan terjadi banjir di Jalan Tol Trans Jawa yang dibangga-banggakan pemerintah sebagai keberhasilan program politik pemerintah,” ungkap Suhendra.

Dia membandingkan kondisi jalan tol di Indonesia dan Malaysia yang dianggap lebih maju padahal dulu belajar dari Indonesia. “Dengan kejadian banjirnya jalan tol Madiun ini sangat memalukan sekali,” lanjut Suhendra.

Suhendra meminta pemerintah tidak hanya mengejar kecepatan penyelesaian konstruksi demi pencitraan. Dia mengingatkan agar pembangunan harus mempertimbangkan aspek teknis dan nonteknis.

(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Eintracht Frankfurt Kuat, Inter Harus Sangat Siap

Frankfurt – Pelatih Inter Milan, Luciano spalletti menilai Eintracht Frankfurt adalah tim yang kuat. Spalletti ingin memastikan Inter benar-benar siap menatap pertandingan.

Duel kedua tim berlangsung dalam babak 16 besar Liga Europa. Inter lebih dulu menjadi tamu pada Jumat (8/3/2019) dinihari WIB. Sepekan berselang, Nerazzurri gantian menjadi tuan rumah.

Laju Frankfurt musim ini terbilang tidaklah jelek. Di Bundesliga, mereka sempat duduk di posisi kedua meski sekarang melorot di urutan kelima. Turunnya posisi Ante Rebic dkk. tak lepas dari hasil empat kali imbang secara beruntun.


Performa Frankfurt sudah kembali membaik dengan mendapat tiga kemenangan beruntun di laga terakhirnya. Di sisi lain, Inter barus saja meraih kekalahan di Serie A, setelah sebelumnya imbang.

Dengan laju Inter yang belum oke, Spalletti mau memastikan timnya siap menghadapi klub asa Jerman tersebut.

“Eintracht memainkan sepakbola bagus, meskipun besok kami harus mencoba bermain dengan kuat. Kami harus memastikan bahwa kami siap dan memiliki niat yang benar untuk pentingnya pertandingan ini,” kata Spalletti seperti dikutip dari situs UEFA.

Pelatih Frankfurt, Adi Huetter, tak mau terpengaruh dengan kekalahan Inter di Serie A. Dia masih menilai Inter tim kuat.

“Inter adalah tim hebat. Kami tidak terganggu oleh hasil terakhir. Mereka tampil baik di fase grup Liga Champions yang sangat tangguh dan memiliki kualitas di setiap posisi. Meski begitu, kami tidak akan bertahan,” Huetter menegaskan.

(ran/nds)

Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Sangat Praktis dan Hemat

Liputan6.com, Jakarta Mengubah penampilan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mewarnai rambut. Ya, warna rambut bisa membuat penampilan seseorang menjadi semakin terlihat menarik. Tak hanya memberikan tampilan yang baru, mewarnai rambut juga bisa menimbulkan perasaan lebih percaya diri dan menimbulkan mood yang lebih baik.

Nah, tempat yang pas untuk membantu kamu dalam mewarnai rambut adalah salon. Salon menjadi tempat yang pertama dituju ketika kamu ingin mewarnai rambut. Tempat ini dipilih karena kamu tidak ingin gagal dalam mewarnai rambut. Bahkan kamu rela membayar mahal agar mendapatkan hasil maksimal.

Sebenarnya kamu bisa mewarnai rambut lebih efektif dan tentu saja lebih murah jika mencobanya sendiri di rumah. Melalui langkah-langkah yang tepat, hasil pewarnaan rambut sendiri pun tak kalah bagusnya dengan hasil pewarnaan di salon. Hanya saja kamu perlu memperhatiakn beberapa hal penting untuk mendapatkan warna rambut seperti yang kamu inginkan.

Nah, kali ini Liputan6.com, Selasa (5/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber terkait hal yang perlu diperhatikan saat sebelum mewarnai rambut sendiri dan cara mewarnai rambut sendiri di rumah yang bisa kamu coba.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mewarnai Rambut di Rumah

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mewarnai rambut sendiri. Telah dikutip dari Purewow, ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mewarnai rambut sendiri.

1. Pilih warna yang tepat

Kamu bisa menggunakan warna dengan 2 hingga 3 tingkat lebih terang atau lebih gelap. Hal ini akan membuat warna rambut kamu tetap cocok dengan warna kulit. Jadi jangan hanya mengikuti tren di media sosial, ya.

2. Mendapatkan warna rambut yang terang

Kalau kamu memilih warna yang terang, kamu perlu menggunakan 2 kotak cat rambut. Hal ini untuk memastikan semua helai tertutupi dengan sempurna.

3. Menjaga warna rambut

Tak jarang, mewarnai rambut cenderung mudah pudar dan membuat kamu jadi sering mewarnai kembali rambut. Agar tahan lama, ini ada beberapa triknya.

Saat kamu tidur, gunakan sarung bantal yang halus. Saat kamu mandi, gunakan shower cap dan jangan terlalu sering keramas, agar warnanya tidak cepat pudar. Untuk kegiatan luar ruangan, kamu bisa menutupi rambut dengan topi atau scarf.

4. Pertama kali mewarnai rambut sendiri

Hal yang perlu diperhatikan buat kamu yang baru pertama kali mewarnai rambut sendiri adalah cara menyisir rambutnya. Jangan terlalu kasar ketika menyisir rambut, agar tidak merusak batang rambut.

Saat mulai mewarnai rambut, sebaiknya kamu menggunakan kain pelapis. Jadi saat baju kamu terkena cat rambut, kamu akan lebih mudah menggantinya. Selain itu, selama proses mewarnai rambut, lebih baik jepit rambut menjadi beberapa bagian. Sehingga kamu tahu bagian mana yang belum diwarnai.

3 dari 3 halaman

Cara Mewarnai Rambut Sendiri

1. Pilih produk cat rambut yang tepat

Cara mewarnai rambut pertama yang bisa kamu lakukan sebelum mewarnainya sendiri adalah dengan memilih produk pewarna rambut yang tepat. Pilih produk dengan formula yang tidak mudah tumpah, sehingga aplikasinya jadi lebih mudah saat dilakukan sendiri di rumah.

2. Siapkan perlengkapan

Selanjutnya, cara mewarnai rambut sendiri kamu perlu menyiapkan segala peralatan yang diperlukan untuk mewarnai rambut sendiri. Mulai dari produk pewarna rambut pilihan, mangkuk non-logam sebagai wadah pewarna, brush atau sikat untuk mengaplikasikan pewarna rambut, beberapa jepit rambut, sarung tangan dan handuk yang dikenakan di bagian pundak untuk melindungi pakaian dari pewarna yang menetes. Jika peralatannya sudah lengkap, kamu bisa mulai melakukan ritual mewarnai rambut ini.

3. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian

Teknik yang tepat sangat penting untuk membuat hasil pewarnaan jadi lebih maksimal. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian dan gunakan jepit untuk menahan rambut agar tidak jatuh. Hal ini sangat penting untuk memudahkan aplikasi pewarna rambut agar lebih merata.

4. Cara mengaplikasikan cat rambut

Campurkan pewarna rambut dalam sebuah wadah dan gunakan brush khusus. Fokus pada satu bagian rambut dan mulailah proses aplikasinya hingga merata. Jangan lupakan bagian ujung rambut yang sering terlewatkan. Lakukan sedikit demi sedikit helai rambut agar pewarnaan lebih merata dan hasilnya maksimal.

5. Tips membersihkan pewarna rambut di pelipis

Mewarnai rambut sendiri di rumah bisa lebih praktis jika memilih produk pewarna rambut yang memiliki formula non drip. Jadi, tidak gampang menetes di pelipis. Ya, karena mewarnai rambut sendiri di rumah memang rentan berantakan.

Nah, kamu bisa mensiasati masalah ini dengan membersihkan sisa pewarna rambut di kulit dengan handuk yang diberi air hangat dan sabun cair. Usapkan dengan lembut di pelipis hingga sisa pewarna yang menempel hilang.

Soal Puisi Neno Warisman, Ma’ruf Amin: Buya Syafii Sangat Marah

Liputan6.com, Jakarta – Tokoh Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif alias Buya Syafii menilai puisi Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Neno Warisman, sadis dan biadab. Menurutnya itu salah satu bentuk ujaran kebencian yang menyeret nama Tuhan.

Menanggapi hal ini, calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin ucapan tersebut bentuk kegeraman Buya Syafii atas puisi Neno Warisman yang menyamakan pilpres dengan perang badar.

“Buya Syafii sangat marah mungkin dia itu,” ucap Ma’ruf di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (2/3/2019).

Mustasyar PBNU itu menilai, doa Neno memang tidak tepat. Karena doa perang badar, itu tidak pantas diucapkan dalam konteks pemilihan presiden.

“Doa perang badar itu diucapkan pada saat kita mau pilpres. Jadi pilpres menyamakan perang badar tidak tepat,” jelas Ma’ruf Amin.

Diberitakan, Mantan Ketum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif mengatakan, pihak yang sengaja melontarkan ujaran kebencian hingga fitnah hanya untuk membela salah satu tokoh politik adalah hal tidak terpuji.

“Yang masif adalah jalan kebencian fitnah dan itu menyeret Tuhan. Masa Tuhan dibawa pemilu. Kan itu tidak benar, tapi itu terjadi,” kata Buya Syafii di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/2).

Budayawan itu mencontohkan kasus Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Neno Warisman pada acara Munajat 212. Ia menilai pembacaan puisi yang dilakukan adalah tindakan sadis dan bodoh.

“Apalagi pakai puisi yang sebut kalau kalah, Tuhan tidak ada yang sembah. Menurut saya itu (pembacaan) puisi yang sadis, bodoh sekali dan biadab,” katanya.

2 dari 3 halaman

Puisi Neno Warisman

Sebelumnya, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Neno Warisman, membacakan ‘Puisi Munajat 212’. Potongan video saat Neno membacakan puisi itu ramai dibagikan di media sosial.

Salah satu kutipan yang dibicarakan Neno yaitu terkait jika tidak memilih capres-cawapres nomer urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno khawatir tidak akan menyembah Allah.

Berikut ini isi potongan puisi dari video yang beredar:

Jangan, jangan Engkau tinggalkan kami

dan menangkan kami

Karena jika Engkau tidak menangkan

Kami khawatir ya Allah

Kami khawatir ya Allah

Tak ada lagi yang menyembah-Mu

Reporter: Ahda Bayhaqi

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kantong Plastik Berbayar Tingkatkan Kesadaran Akan Bahaya Limbah

Liputan6.com, Jakarta – Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga menyampaikan dukungannya terhadap penerapan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG).

Dibanding dibiarkan tercecer menjadi limbah, dia mengatakan, Kementerian PUPR sudah berinisiatif mengolah kantong plastik sebagai bahan campuran aspal.

“Kami sangat mendukung. Kalau dulu saya di Balitbang (Kementerian PUPR) sudah proses kantong plastik dicacah bisa dicampur aspal dan perkuat campuran aspal. Istilahnya aspal plastik,” jelas dia di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Untuk diketahui, beberapa toko ritel modern yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo) menyatakan akan menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar mulai Jumat 1 Maret 2019 ini.

Danis melanjutkan, kantong plastik tetap tergolong sebagai benda yang tak aman bagi lingkungan. “Kalau secara klasifikasi barang tak aman bagi lingkungan seperti ember dan botol mineral, plastik kresek ini nomor 7,” sebutnya.

Oleh karenanya, ia mengimbau masyarakat agar lebih memilih membawa tentengan sendiri seperti goodybag saat berbelanja daripada membeli kantong plastik.

“Masalahnya bukan berbayar atau tidak, utamanya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat bagaiman kurangi sampah plastik. Dengan bayar kan jadi mikir, lain kali saya bawa goodybag atau apa lah,” pungkas dia.

2 dari 3 halaman

Mulai 1 Maret, Konsumen Bayar Kantong Plastik Minimal Rp 200 di Toko Ritel

Semua toko ritel modern akan menerapkan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) mulai Jumat 1 Maret 2019.

Beberapa toko ritel tersebut di antaranya adalah Alfamart, Ramayana, SuperIndo, LotteMart, Informa, Electronic City, Matahari, AlfaMidi, Papaya, Yogya, Borma dan retail lainnya yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo).

Ketua Umum Aprindo, Roy Mande menyebutkan, pihaknya sebagai asosiasi resmi yang menaungi usaha ritel di Indonesia mengambil langkah tersebut sebagai salah satu upaya mendukung visi pemerintah pada 2025  yakni bisa mengurangi 30 persen sampah dan menangani sampah sebesar 70 persen termasuk sampah plastik. 

“Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Aprindo menyatakan komitmen bersama untuk mengurangi kantong belanja plastik sekali pakai (kresek) di semua gerai-gerainya. Salah satu caranya adalah dengan kembali menerapkan kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) secara bertahap mulai 1 Maret 2019,” kata Roy dalam acara konferensi pers di Kuningan, Jakarta, Kamis (28/2/2019). 


Dia menegaskan, membuat kantong plastik menjadi barang dagangan adalah langkah nyata dari peritel modern untuk mengajak masyarakat agar menjadi lebih bijak dalam menggunakan kantong belanja plastik sekaligus menanggulangi dampak negatif lingkungan akibat sampah plastik di Indonesia.

Konsumen yang ingin menggunakan kantong plastik sekali pakai atau kresek akan dikenakan biaya tambahan sebesar minimal Rp 200 per lembarnya.

“Konsumen akan kita sarankan untuk menggunakan tas belanja pakai ulang yang juga disediakan di tiap gerai ritel modern,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Alasan SBY Tunjuk AHY Jadi Penanggung Jawab Pemenangan Demokrat

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yufhoyono (SBY) menyerahkan tongkat komando kampanye pemenangan pemilu 2019 kepada putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto mengungkap  alasan mengapa SBY lebih memilih AHY ketimbang putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Dalam pemenangan pemilu SBY justru menugaskan Ibas dalam Komisi Pemenangan Pemilu (KPP). Sedangkan AHY, mendapat tugas pemenangan pemilu melalui jabatan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma).

Menurut Didik, ada pertimbangan lain hingga akhirnya SBY menunjuk AHY sebagai tonggak pemenangan pemilu. Alasannya, kata dia, AHY dianggap mampu mengatur strategi dan ritme.

“Mas AHY kan memang menjadi komisi pemenangan pemilu kita, itu tugasnya sangat berat dibanding tugas lain, karena harus menentukan strategi, mengatur ritme pertarungan dan bertanggung jawab terhadap rencana aksinya,” kata Didik saat dihubungi, Jumat (1/3/2019).

Didik juga mengungkap alasan kenapa bukan Ibas yang ditugaskan sebagai ketua pemenangan kampanye. Ibas, lanjutnya harus fokus pada pemenangannya sebagai caleg.

“Dan Mas Ibas sendiri strategi kampanye soal dapur Partai Demokrat sendiri, mereka berdua memang menjadi bagian magnet center, pada saatnya nanti Mas Ibas akan memperkuat Mas AHY,” ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Fokus Pengobatan Ani Yudhoyono

Diketahui, SBY memang tengah fokus merawat sang istri Ani Yudhoyono yang sedang sakit kanker darah di Singapura. Terkait Persiapan menghadapi pemilu serentak 17 April nanti, SBY telah memberikan sejumlah pesan.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, surat dituliskan SBY, demi menjawab ketidakhadirannya dalam dua bulan terakhir sisa masa Pemilu 2019, karena harus mendampingi sang istri yang mengidap kanker darah.

“Karena sementara waktu, secara fisik tidak bisa menjalankan kampanye sampai 17 April, oleh karena itu beliau sampaikan pesan untuk memaksimalkan kerja-kerja Partai, DPP sampai ke tingkat ranting,” kata Hinca di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).


Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini: