Najwa Shihab Calon Moderator Debat, Sandi: Mereka Jurnalis Independen

Karawang – Nama jurnalis Najwa Shihab dan Tommy Tjokro menjadi calon moderator untuk debat kedua Pilpres 2019 yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Cawapres Sandiaga Uno menilai Nana, sapaan akrab Najwa, merupakan jurnalis independen.

“Nana sama Tommy kenal dengan baik. Mereka jurnalis yang independen,” kata Sandiaga di Desa Gintung Kerta, Klari, Karawang, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019).

Meski demikian, Sandiaga mengatakan tim Badan Pemenangan Nasional (BPN)-lah yang bisa melihat rekam jejak keduanya sebagai moderator debat. Pihaknya akan mengikuti keputusan final KPU.
“Tapi mungkin tim BPN yang lebih kompeten melihat rekam jejaknya. Saya ikut saja keputusan KPU seperti apa,” kata Sandi.

Ketua KPU Arief Budiman membenarkan Najwa Shihab dan Tommy Tjokro jadi alternatif moderator di debat capres-cawapres putaran kedua. Nama keduanya diusulkan oleh televisi penyelenggara.

Terkait jumlah moderator, Arief mengatakan masih membahas bersama jajarannya. Namun, secara pribadi, Arief mengusulkan hanya ada satu moderator dalam debat kedua agar waktu debat lebih efisien.

“Ya bisa satu, bisa dua ya. Tapi saya pribadi, kemarin kan berpasangan, maka moderator dua. Moderator dua kan mengambil waktu agak lama, kalau saya sendiri mengusulkan bisa satu, jadi lebih cepat gitu, silakan… silakan tanya-jawab,” kata Arief di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (21/1).

Munculnya nama Najwa menuai penolakan dari kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Timses pasangan nomor urut 02 itu menilai Najwa tidak netral dan meminta KPU mencari figur presenter lainnya.

“Mengenai rencana KPU untuk menunjuk moderator dalam debat, kami mengingatkan KPU agar jangan menunjuk moderator yang terindikasi berpihak. Rekam jejak moderator selama ini kan menunjukkan nama-nama yang beredar seperti Najwa terindikasi tidak netral di 2014,” sebut juru bicara BPN, Andre Rosiade.

Debat kedua akan dilaksanakan pada 17 Februari 2019. Tema yang diangkat adalah energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan kehutanan, serta infrastruktur. Debat akan berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta.
(idn/jbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Timses Prabowo Masih Pertimbangkan Najwa Shihab Jadi Moderator Debat

Liputan6.com, Jakarta – Wakil ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso menjelaskan, pihaknya belum memutuskan akan menerima atau menolak jurnalis senior Najwa Shihab sebagai moderator di Debat Pilpres 2019 yang kedua. Dia mengatakan, BPN belum punya sikap resmi soal pilihan moderator.

“Pemberitaan mengenai ada seorang teman yang menyampaikan bahwa BPN 02 menolak Najwa Shihab, saya ingin menyampaikan sebagai Wakil Ketua BPN saya menegaskan sampai hari ini kami belum menyikapi terhadap calon moderator,” kata Priyo di Prabowo-Sandi Media Center Jalan Sriwijaya I No 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019).

Dia menambahkan, KPU belum menyampaikan resmi kepada masing-masing timses paslon siapa kandidat moderator pada debat kedua. Namun, lanjut dia, nama yang beredar antara lain Najwa Shihab, Tommy Tjokro, Latif Siregar dan Retno Pinasti.

“Nama-nama itu rencananya berdasarkan kesepakatan dengan Ketua KPU dalam rapat kemarin yang saya juga hadir, akan dibahas pada Kamis atau Jumat pekan ini. BPN belum menyampaikan sikap untuk menolak kepada seseorang, apalagi sekelas Najwa Shihab,” tutur Priyo.

Sekjen Partai Berkarya ini menyebut, Najwa Shihab merupakan presenter ternama dengan karir yang moncer. Pihaknya pun menghormati reputasi Najwa.

“Jadi ini yang harus saya sampaikan. Mungkin saja Pak Andre atau beberapa teman menyampaikan itu sebagai usulan pandangan yang bersifat personal, dan kami mempersilakan untuk itu, tetapi resminya nanti akan kami sampaikan,” ucap Priyo.

2 dari 3 halaman

Bakal Dibahas Kembali

Dia melanjutkan, keputusan moderator akan kembali dibahas oleh tim 01 dan 02 serta KPU pada pekan ini. BPN ingin moderator debat capres yang hebat dan tidak terafiliasi kekuatan politik.

“Dan kami masih meykini empat nama dan nama nama lainnya yang nanti akan muncul tetep kita apresiasi sebagai calon-calon moderator yang hebat,” kata Priyo.


Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pro Kontra Pencalonan Najwa Shihab Jadi Moderator Debat

JakartaNajwa Shihab menjadi salah satu nama calon moderator yang muncul untuk memandu debat kedua Pilpres 2019. Meski belum resmi diputuskan KPU, munculnya nama Najwa Shihab menuai pro dan kontra.

Soal Najwa Shihab menjadi salah satu alternatif moderator di debat pada 17 Februari nanti dibenarkan oleh Arief Budiman. Selain Najwa, nama Tommy Tjokro juga menjadi salah satu kandidat moderator debat kedua pilpres.

“Ya diusulkan oleh TV (Tommy Tjokro dan Najwa Shihab),” ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Terkait jumlah moderator, Arief mengatakan masih membahas bersama jajarannya. Namun, secara pribadi, Arief mengusulkan hanya ada satu moderator dalam debat kedua.

“Ya bisa satu, bisa dua ya. Tapi saya pribadi, kemarin kan berpasangan, maka moderator dua. Moderator dua kan mengambil waktu agak lama, kalau saya sendiri mengusulkan bisa satu, jadi lebih cepat gitu, silakan… silakan tanya-jawab,” kata Arief.

Munculnya nama Najwa menuai penolakan dari kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Timses pasangan nomor urut 02 itu menilai Najwa tidak netral dan meminta KPU mencari figur presenter lainnya.

“Mengenai rencana KPU untuk menunjuk moderator dalam debat, kami mengingatkan KPU agar jangan menunjuk moderator yang terindikasi berpihak. Rekam jejak moderator selama ini kan menunjukkan nama-nama yang beredar seperti Najwa terindikasi tidak netral di 2014,” sebut juru bicara BPN, Andre Rosiade.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin pun memberikan pembelaan untuk Najwa. Menurut juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily, Najwa merupakan presenter yang teruji kapasitasnya dalam memandu debat-debat politik di media televisi.

“Kami percaya dengan Mbak Nana bahwa beliau akan profesional dalam memandu debat. Lihat saja dalam acara-acara talkshow di televisi, Mata Najwa, sangat proporsional dalam memberikan kesempatan kepada kedua kubu,” kata Ace.

Mendapat penolakan dari BPN Prabowo-Sandiaga, Najwa Shihab akhirnya buka suara. Ia menegaskan dirinya menjunjung independensi sebagai jurnalis. Ia kemudian mengingatkan soal penampilannya dalam program debat cagub Pilgub DKI 2017, yang diadakan talkshow-nya dulu, Mata Najwa.

“Sebagai host memang kritis pada semua tokoh, tetapi selalu menjaga independensi. Kalau teman-teman semua masih ingat, saat Pilgub DKI, yang dikatakan juga bahwa saya tidak netral, kedua paslon di putaran ke-2 selalu datang kalau kami undang,” tegas Najwa.

Menurutnya, cagub DKI di putaran kedua, Anies Baswedan dan Basuki T Purnama (Ahok), juga bersedia melakukan debat yang berbeda dengan yang diadakan KPU. Format debat yang dimaksud Najwa adalah dialog interaktif dan dinamis.

“Mereka berdua merasakan bahwa sepanjang debat kita menjunjung tinggi objektivitas. Silakan cek ulang saja soal ini,” ucapnya.

Pro Kontra Pencalonan Najwa Shihab Jadi Moderator DebatFoto: Ira Koesno jadi salah satu moderator dalam debat perdana. (Rengga Sancaya/detikcom).

Najwa juga mengingatkan soal tokoh-tokoh di kubu Prabowo-Sandiaga yang juga bersedia datang ke acaranya. Seperti ketika Anies dan Sandiaga saat terpilih sebagai Gubernur-Wagub DKI.

“Saat Mas Anies dan Mas Sandi sudah terpilih, keduanya tampil pertama di acara saya. Setelah itu pun, beberapa kali keduanya kerap hadir di Mata Najwa. Begitu pula dengan Pak Djarot (eks Gubernur DKI) ketika baru berhenti jadi gubernur, bersedia diundang datang ke Catatan Najwa,” sebut Najwa.

“Kepada semua pihak, saya akan terus menjunjung tinggi independensi,” lanjutnya.

Anies ikut angkat bicara soal profesionalitas Najwa. Menurut dia, Najwa tetap menunjukkan netralitasnya saat memandu acara.

“Kalau dari sisi format, yang dikerjakan di Mata Najwa itu format yang paling baik. Secara interaktif, paling interaktif, ya. Setiap kali ada jawaban, ada kesempatan untuk mengelaborasi bisa ditanya lagi, bisa dipertanyakan lebih jauh,” kata Anies.

“Kalau independensi, kalau pengalaman kemarin di pilkada sih netral-netral aja. Ya memang Mata Najwa itu memang selalu tajam kalau tanya. Artinya siapapun yang jadi tamu di situ merasakan (netral). Tapi itu kalau ketika talkshow,” sambungnya.

Belakangan, BPN Prabowo-Sandiaga meluruskan isu mengenai penolakan kepada Najwa. Menurut Wakil Ketua BPN, Priyo Budi Santoso pihaknya belum memutuskan apakah akan menerima atau menolak Najwa sebagai moderator debat pilpres.

“Harus sedikit perlu diluruskan bahwa BPN Prabowo-Sandi belum dalam posisi menolak siapa pun moderator, termasuk Najwa Shihab karena Najwa memang termasuk salah satu host TV yang sangat moncer dan sampai hari ini, KPU belum secara resmi mengajukan nama-nama,” ungkap Priyo.

Sementara itu Ma’ruf Amin menyatakan persetujuannya apabila debat kedua dipandu oleh Najwa.

“Kalau kita sih setuju saja (Najwa Shihab). Kan yang penting itu, ya artinya lurus, tidak berpihak, netral, jadi siapa saja bukan masalah buat kami,” sebut Ma’ruf.

KPU lalu menegaskan, nama Najwa belum resmi diputuskan menjadi moderator debat. Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, nama Najwa muncul baru sebagai usulan dari tv penyelenggara debat kedua nanti.

“Yang menominasikan Mbak Nana (Najwa Shihab) bukan KPU, tapi TV penyelenggara,” jelas Wahyu.

Selain Najwa, ada nama Tommy Tjokro, yang juga ditolak Prabowo-Sandiaga. Stasiun TV penyelenggara debat kedua memang sudah ditentukan KPU, yaitu RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV. Setelah mendapat usulan itu, Wahyu mengaku menawarkannya kepada kedua kubu.

Wahyu pun menyebut KPU masih memiliki daftar calon moderator lain. Nama-nama itu disebut Wahyu berasal dari berbagai media.

“Tapi kita udah punya daftar soal calon-calon moderator, yang semuanya kelima debat dari insan media,” tuturnya.
(elz/rna)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sandiaga Tanggapi Bantahan Polisi Soal Kriminalisasi Nelayan Najib

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno menjelaskan soal kriminalisasi nelayan Najib yang sudah dibantah pihak kepolisian. Sandiaga mengatakan apa yang disampaikan merupakan cerita langsung dari warga.

“Itu suara rakyat yang disampaikan kepada saya waktu saya lagi kunjungan ke Cilamaya,” kata Sandi di Desa Pidangsambo, Kecamatan Tirtajaya, Karawang, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019).

Sandiaga mengatakan seharusnya suara rakyat seperti yang diutarakan Najib dibantu, bukan dibantah. Menurutnya bantahan bisa menimbulkan tudingan.
“Kalau kita saling bantah akhirnya rakyat tidak kita berikan pelayanan yang baik, justru tuding menuding. Jangan lupa, satu tudingan itu selalu akhirnya memposisikan rakyat yang tertindas. Itu harus kita bela,” ujarnya.

Mantan Wagun DKI itu mengatakan akan mengangkat suara rakyat. Dengan begitu, kata Sandi, rakyat bisa merasakan keadilan dari pemerintah.

“Kami mau mengangkat suara rkyat tersebut. Bukannya dibantah tapi dibantu. Alangakah baiknya kalau sudah dibantu dan sudah ditangani. Dengan begitu rasa keadilan bisa kita rasakan,” kata Sandi.

Soal Najib, Advokat Senopati 08, kelompok pengacara pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mengakui menyembunyikan nelayan tersebut. Langkah tersebut dilakukan lantaran Najib sedang ketakutan karena dicari aparat.

“Najib ada sama kami di suatu tempat rahasia. Kami bermaksud menenangkan Najib karena saat ini dia ketakutan,” kata Zaenal Abidin, kuasa hukum Najib dari Advokat Senopati 08, saat dihubungi detikcom, Senin (21/1).
(idn/rna)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sandiaga Bakal Berperan Jadi Jokowi Saat Prabowo Latihan Debat Kedua

Bekasi – Cawapres Sandiaga Uno menyatakan bakal mendampingi capres Prabowo Subianto berlatih debat pilpres kedua. Sandiaga mengatakan bakal berperan sebagai capres Joko Widodo (Jokowi) saat latihan itu.

“Mungkin saya bisa untuk memerankan jadi Pak Jokowi-nya nanti, karena kita mungkin perlu simulasi yang lebih dalam dan kalau lihat siapa yang paling cocok perankan Pak Jokowi mungkin saya yang paling cocok. Pertanyaan tajam ala Pak Jokowi tapi dengan kata-kata tenang mungkin akan saya latih Pak Prabowo,” kata Sandiaga di Desa Pidangsambo, Kecamatan Tirtajaya, Karawang, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019).

Dia menyatakan latihan debat bakal dilakukan 2 atau 3 hari sebelum debat kedua yang hanya mempertemukan para capres. Tema debat kedua nantinya ialah ‘Energi, Pangan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Infrastruktur’.
“Rencananya kita akan simulasi 2-3 hari sebelum acara dan walaupun saya nggak turun karena ini untuk capres saja,” ujarnya.

Sandiaga juga bicara soal rencana KPU menambah durasi pemaparan saat debat. Dia menyatakan menyerahkan keputusan itu kepada KPU.

“Saya serahkan keputusannya kepada KPU. Tapi kemarin saya rasa sudah cukup panjang, tapi yang perlu dihadirkan memang pendalaman dari masing-masing topik itu. Kalau ditambah waktu juga akan sangat membantu,” tuturnya.

Menurut Sandi, durasi debat juga harus dipertimbangkan dari sisi stamina para kandidat. Namun, dia kembali menyerahkan keputusan pada KPU.

“Tapi kemarin aja sudah 2,5 jam lebih. Ini yang perlu dilihat setelah 2,5 jam yang perlu diperhatikan staminanya jadi saya serahkan ke tim KPU. Yang penting debat berikut lebih baik dari debat pertama insyaallah bisa memperdalam topik utama yang dibutuhkan masyarakat,” pungkas Sandiaga.
(idn/haf)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

3 Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Tanpa Aplikasi, Gampang dan Nggak Perlu Pakai Uang

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu sering kehabisan duit di akhir bulan karena kiriman nggak kunjung datang? Pengen pasang paket internet unlimited buat download game tapi nggak punya uang untuk membeli pulsa?

Ya namanya juga ekonomi, pasti ada pasang surutnya. Negara aja kadang harus utang dulu untuk membeli sesuatu, jadi sebagai anak bangsa yang baik, wajarlah mencari sesuatu yang gratisan.

Kamu tentu tahu, saat ini pulsa menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk pengguna HP dan juga smartphone. Sebab, tanpa menggunakan pulsa, para pengguna ponsel tak akan bisa menggunakan aktivitas untuk menelepon atau SMS.

Banyak juga operator di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Axis yang menawarkan promo menarik untuk para pengguna terkait dengan tarif pulsa.

Namun, banyak juga yang memilih membeli pulsa untuk bisa telepon, SMS, atau juga membeli paket internet. Tapi untuk membeli pulsa memang membutuhkan biaya yang tak sedikit karena harganya yang tak murah.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa memberikan kamu pulsa gratis secara cuma-cuma. Tapi aplikasi ini cuma dapat dipakai untuk smartphone tipe tertentu juga caranya yang terbilang rumit.

Seperti aplikasi penghasil pulsa Cashtree, Money Locker, Capsa Royale dan banyak lainnya. Untuk kamu yang nggak mau rumit mencari cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi.

Berikut telah liputan6 rangkum cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang aman Selasa (22/1/2019).

2 dari 4 halaman

1. Poin Web

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang pertama adalah Poin Web. Poin Web merupakan situs yang akan menawarkanmu kesempatan untuk bisa memperoleh banyak hadiah termasuk pulsa gratis.

Poin Web bisa diakses dengan android atau juga PC. Namun kamu harus terlebih dahulu melakukan registrasi dengan saat mengunjungi situs web tersebut.

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi dengan Poin Web sebagai berikut:

1. Kunjungi situs Poin Web dengan ponsel atau komputer. Kamu bisa langsung klik pada link yang sudah diisediakan.

2. Kemudian, kamu harus melakukan registrasi, bisa juga dengan menggunakan akun Facebook yang kamu miliki.

3. Isilah form identitas dengan benar seperti nama, TTL, alamat, kontak, dan sebagainya.

4. Lalu, kamu akan diminta untuk verifikasi dengan klik tautan yang sudah dikirimkan Poin Web padamu.

5. Kemudian, lakukanlah apa yang diminta oleh Poin Web agar kamu bisa memperoleh pulsa secara gratis.

6. Bila seluruh tugas yang diminta Poin Web sudah dilaksanakan, maka pulsa kan masuk secara otomatis pada nomor Hp yang telah kamu daftarkan.

Jadi dengan cara yang simpel ini, kamu tak perlu lagi mengunduh dan menginstall aplikasi di smartphonemu. Kamu akan menerima pulsa sesuai tugas yang telah kamu selesaikan.

3 dari 4 halaman

2. ssl.excite.co.id

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang kedua adalah ssl.excite.co.id. Hampir sama dengan Poin Web, ssl.excite.co.id merupakan situs cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi dengan mengisi kolom yang pada web.

Berikut tutorial mengisi cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi dengan ssl.excite.co.id

1. Kunjungi situ ssl.excite.co.id

2. ID Pelanggan: Masukan data sesuai dengan nama atau angka yang mudah anda ingat.

3. Kata Sandi: masukan kata sandi dengan password yang mudah diingat.

4. Pengulangan Kata Sandi: Masukan kembali kata sandi.

5. Nomor Telepon: Masukan nomor hp, misal 08125412xxxx

6. Jika sudah periksalah data yang ada masukan apakah sudah sesuai. Jika sudah yakin, silahkan klik DAFTAR

7. Kamu bisa melihat daftar yang telah kamu masukan, pastikan untuk mengingat kode tersebut, jika tidak yakin kamu bisa mengubahnya terlebih dahulu, jika tetapi yakin anda bisa klik OK.

8. Kode konfirmasi akan dikirimkan ke nomor hp kamu oleh pihak Excite Point. Setelah itu kamu akan menerima sms dari pihak web dan tinggal memasukan kode ke dalam kolom konfirmasi, dan klik OK.

9. Selesai. Saat kamu melakukan registrasi kamu telah mendapatkan point sebesar 3000 point.

10. Selanjutnya kita tinggal menukarkan point dengan pulsa gratis.

4 dari 4 halaman

3. Tukarkan dengan point yang telah kamu miliki

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang terakhir adalah point yang kamu miliki selama ini. Selama ini ketika kamu mengisi pulsa kamu akan memperoleh sejumlah poin.

Nantinya akumulasi poin yang sudah kamu dapat bisa ditukarkan dengan beraneka macam hadiah salah satunya adalah pulsa gratis atau hadiah berharga lainnya.

Biasanya kamu bisa menukar melalui operator masing masing kartu yang kamu miliki. Namun ada juga yang harus melalui format pengisian penukaran point.

1. Masuk pada halaman My Page akun kartu kamu masing dan klik Penukaran Point.

2. Cek berapa point yang kamu miliki. Kemudian klik pada tulisan Klik di sini untuk informasi selengkapnya

3. Kemudian pilihlah nominal pulsa yang kamu inginkan dengan klik tombol tukar.

4. Kemudian sekali lagi untuk konfirmasi dengan klik tukar.

5. Sekarang kamu bisa mengecek hp android anda masing–masing, pastikan bahwa pulsa gratis langsung dapat kamu nikmati.


Reporter: Heri Setiawan

Jokowi Borong Sabun Cuci Rp 2 M, Ngabalin: Pasti Pakai Dana Pribadi

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mempertanyakan dana yang dipakai Presiden Joko Widodo untuk membeli sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar. Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin yakin dana yang digunakan berasal dari kantong pribadi Jokowi.

“Insyaallah saya pastikan dana sebesar itu pasti Presiden memiliki dana pribadi,” kata Ngabalin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Ngabalin pun yakin, Jokowi memiliki anggaran dari kantong pribadi senilai miliaran rupiah. “Bilang sama siapa saja yang ngomong deh, masa sih Presiden nggak punya uang sampai Rp 2 miliar?” katanya.


Soal pembelian sabun cuci piring itu, Ngabalin mengatakan hal itu ditujukan untuk memberi dorongan kepada pegiat UMKM di Kabupaten Garut. Untuk diketahui, Jokowi membeli sabun cuci piring sebanyak Rp 2 miliar itu dari salah satu ibu pegiat UMKM Kabupaten Garut yang juga tergabung dalam Program Keluarga Harapan (PKH) yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar NgabalinTenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

“Kalau toh nanti dari 100 ribu botol sabun cuci yang dipesan oleh Presiden kepada ibu Ely, itu dimaksudkan agar bisa memberikan dorongan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam keluarga harapan yang ada di Kemensos. Karena ibu itu ternyata mendapat cara membuat sabun itu dari hasil browsing. Paten kan? Masa sih dengan cara begitu Presiden memberikan motivasi jualan kok ujungnya nyerang pribadi,” jelas Ngabalin.
“Nggak banyak itu Rp 2 miliar. Orang gue aja lebih dari itu,” imbuhnya.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi mengapresiasi aksi Jokowi yang memborong 100 ribu botol sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar saat berkunjung ke Garut, Jawa Barat. Namun BPN mempertanyakan, apakah dana yang dipakai Jokowi menggunakan kocek pribadi atau anggaran negara.

“Tapi tentu kami ingin mengetahui pembelian ini apakah dengan anggaran Negara atau uang pribadi pak Jokowi? Krn aksi beli ini terkesan pak Jokowi lagi berkampanye di Jabar,” ujar Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, Senin (21/1).
(jor/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi Borong Sabun Cuci Rp 2 M, Ngabalin: Presiden Pasti Punya Dana Pribadi

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mempertanyakan dana yang dipakai Presiden Joko Widodo untuk membeli sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar. Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin yakin dana yang digunakan berasal dari kantong pribadi Jokowi.

“Insyaallah saya pastikan dana sebesar itu pasti Presiden memiliki dana pribadi,” kata Ngabalin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Ngabalin pun yakin, Jokowi memiliki anggaran dari kantong pribadi senilai miliaran rupiah. “Bilang sama siapa saja yang ngomong deh, masa sih Presiden nggak punya uang sampai Rp 2 miliar?” katanya.


Soal pembelian sabun cuci piring itu, Ngabalin mengatakan hal itu ditujukan untuk memberi dorongan kepada pegiat UMKM di Kabupaten Garut. Untuk diketahui, Jokowi membeli sabun cuci piring sebanyak Rp 2 miliar itu dari salah satu ibu pegiat UMKM Kabupaten Garut yang juga tergabung dalam Program Keluarga Harapan (PKH) yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar NgabalinTenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

“Kalau toh nanti dari 100 ribu botol sabun cuci yang dipesan oleh Presiden kepada ibu Ely, itu dimaksudkan agar bisa memberikan dorongan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam keluarga harapan yang ada di Kemensos. Karena ibu itu ternyata mendapat cara membuat sabun itu dari hasil browsing. Paten kan? Masa sih dengan cara begitu Presiden memberikan motivasi jualan kok ujungnya nyerang pribadi,” jelas Ngabalin.
“Nggak banyak itu Rp 2 miliar. Orang gue aja lebih dari itu,” imbuhnya.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi mengapresiasi aksi Jokowi yang memborong 100 ribu botol sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar saat berkunjung ke Garut, Jawa Barat. Namun BPN mempertanyakan, apakah dana yang dipakai Jokowi menggunakan kocek pribadi atau anggaran negara.

“Tapi tentu kami ingin mengetahui pembelian ini apakah dengan anggaran Negara atau uang pribadi pak Jokowi? Krn aksi beli ini terkesan pak Jokowi lagi berkampanye di Jabar,” ujar Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, Senin (21/1).
(jor/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sandiaga soal Hoax ‘Luhut Siap Cium Kaki Prabowo’: Sudahlah

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno bicara tentang kabar bohong alias hoax soal Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan yang siap cium kaki capres Prabowo Subianto. Dia meminta semua pihak berhenti produksi hoax karena selama ini rakyat tak pernah menanyakan kabar seperti itu.

“Ini sudah titik ke 1.060 saya. Di titik ke 1.060 itu nggak pernah ada yang nanya gimana Pak Luhut nyium kakinya Prabowo. Nggak pernah. Masyarakat maunya apa, ini ada diskoneksi apa yang masyarakat inginkan, dan elite gunjingkan,” di Desa Kedung Jaya, Babelan, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019).

Dia menyatakan saat ini elite sibuk saling serang dengan pabrik hoax yang tak diketahuinya siapa. Sandiaga kemudian mengajak para elite untuk turun ke masyarakat dan mendengarkan apa yang diinginkan rakyat.


“Ayolah elite belajar untuk mendengar masyarakat, turun ke bawah sambangi masyarakat, tangkap aspriasi, jangan bicarakan isu yang tak penting itu,” ujarnya.

“Elite ini sibuk serang menyerang dengan pabrik hoax dan kami tidak mau menuduh siapa yang di belakang situ dan kami sudah lah bahwa kita gunakan untuk tingkatkan fokus kita,” tambah Sandiaga.

Sandiaga menyatakan pihaknya telah mendeklarasikan antihoax, kampanye damai dan anti-politik uang. Atas dasar itu, dia tak ingin menanggapi hoax yang bermunculan.

“Saya nyatakan kita sudah mendeklarasikan kampanye antihoax, kampanye damai, anti politik uang juga. Jadi sama sama kita berpikir dengan akal sehat kita tak terlalu tanggapi hoax tersebut,” jelas Sandi.

Sebelumnya, Luhut membuat klarifikasi di Facebook soal tulisan berjudul ‘Luhut: Saya Siap Cium Kaki Prabowo Jika Dia Bisa Jadi Presiden!!’. Tulisan itu dimuat di situs https://operain.blogspot.com.

Luhut menegaskan tidak pernah mengatakan hal itu. Dia mendesak pembuat hoax untuk minta maaf sesegera mungkin. Jika tidak, Luhut terpaksa mengambil langkah hukum.

“Ya itu nanti kita siap nuntut. Karena saya nggak pernah bilang begitu, ya,” kata Luhut ditemui di kantor Kemenko Kemaritiman.
(idn/haf)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sandiaga Nyeker Lintasi Jalan Becek saat Temui Petani di Bekasi

Bekasi – Cawapres Sandiaga Uno tak menggunakan alas kaki alias nyeker melintasi jalanan becek saat menemui petani di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dia pun berjanji bakal memperhatikan nasib para petani jika terpilih nantinya.

Peristiwa itu terjadi saat Sandiaga datang ke Desa Kedung Jaya, Babelan, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (22/1/2019). Lokasi pertemuan itu berada di tengah sawah dan saat itu kondisi sedang hujan.

Sandiaga pun terlihat menggulung melepas alas kaki dan menggulung celananya. Sandi terlihat berjalan sambil menyalami warga.
“Kita akan pastikan pupuk, bibit, obat-obatan cukup dan ke depan kita bangun infrastruktur irigasi, kita perhatikan dan kita tak akan mendukung kebijakan impor panen,” kata Sandiaga dalam pertemuan itu.

Dia juga berjanji untuk melakukan perubahan ekonomi. Sandiaga menyatakan bakal mempertahankan lahan pertanian di Bekasi.

“Insyaallah di bawah Prabowo-Sandi kita buka lapangan kerja untuk anak muda, kita beri pelatihan, peluang untuk maju. Anak muda, emak-emak kita dorong ekonominya ke depan. Harga murah atau mahal? Yang penting dompet dan dapur rakyat harus nomor satu. Kalau presiden nomor…?” Ucap Sandiaga.

“Dua,” sahut para warga.

Sandiaga juga berharap warga bisa memuluskan jalannya menuju kursi Wakil Presiden RI. Dia menekankan harus ada perubahan dari sektor pertanian khususnya mengurangi impor saat panen.

“Jangan sampai kita percaya pada petani dari luar negeri, insyaallah 17 April kita menangkan petani kita,” kata Sandiaga.
(idn/haf)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>