Duh! Sampah Masih Ancam Ekosistem Burung Air

detikFlash

Sampah masih banyak menghiasi Hutan Lindung Angke Kapuk, Jakarta Utara. Keberadaannya kerap disalahartikan oleh burung air yang bermukim di sana. 

Banyak diantaranya yang menjadikan sampah sebagai sumber pakan. Kondisi ini mengancam kelestarian keberadaan burung air di kawasan hutan lindung ini.

Embed Video

Moh. Fariansyah – 20DETIK
Minggu, 20 Jan 2019 12:11 WIB

Edy Rahmayadi Tinggalkan PSSI demi Kebaikan Bangsa

Liputan6.com, Bali – Edy Rahmayadi memutuskan mundur sebagai Ketua Umum PSSI. Menurutnya, langkah itu merupakan keputusan terbaik untuk sepak bola dan bangsa Indonesia.

“Tidak ada yang menekan saya untuk mundur. Ini adalah keputusan yang terbaik untuk bangsa,” ujar Edy usai menyampaikan pidato pengunduran dirinya dalam kongres tahunan PSSI di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (20/1/2019), dikutip dari Antara.

Menurut mantan Pangkostrad itu, memimpin PSSI menjadi tantangan paling sulit yang dihadapi dalam hidupnya.

Dia mengakui dalam beberapa hal dirinya gagal membawa PSSI menjadi lebih baik sejak memimpin tahun 2016.

“Sudah dilarang mengatur skor, terjadi pengaturan skor. Ada perkelahian juga. Itu kan berarti saya gagal. Jangan sampai karena satu atau dua orang PSSI terganggu. Mari kita doakan pemimpin berikutnya lebih jaya,” tutur Edy yang juga Gubernur Sumatera Utara itu.

2 dari 3 halaman

Minta Maaf

Karena itu, dia pun meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia terutama pencinta sepak nasional atas semua kekurangannya selama memimpin PSSI.

“Saya mohon maaf sekali lagi apabila ada kata-kata saya yang tak tepat, apabila ada perbuatan-perbuatan kurang baik, saya manusia biasa. Saya berusaha berbuat yang terbaik. tapi inilah kemampuan saya. Bersatu kalian, besarkan PSSI kita,” tutur Edy Rahmayadi.

Dengan mundurnya Edy, pucuk organisasi PSSI untuk sementara dijabat oleh Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

Joko bisa saja saja memimpin sampai tahun 2020, tahun berakhirnya era kepengurusan yang dilantik tahun 2016. 

3 dari 3 halaman

Bila Ditolak Voters

Namun, jika para pemilik suara (voters) meminta untuk segera melakukan pergantian ketua umum, mekanisme yang dilakukan adalah melalui kongres luar biasa (KLB).

Regulasi tersebut diterangkan dalam pasal 30 Statuta PSSI. Di sana tertulis, KLB bisa digelar jika 50 persen atau 2/3 delegasi membuat permohonan tertulis untuk itu.

KLB akan diadakan oleh komite eksekutif PSSI tiga bulan setelah permintaan resmi itu diterima. Seandainya tidak juga digelar, anggota dapat melangsungkan kongres sendiri atau bisa pula meminta bantuan FIFA. (ant)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Bukan Propaganda Semata, Rumah Murah Dijual Seharga Rp 16 Ribu di Kota Ini

Liputan6.com, Sambuca – Harga properti terus menanjak di sejumlah kota, namun tidak di Sambuca, Italia. Di sana rumah-rumah ditawarkan murah, bahkan konon ada yang nilainya hanya 1 euro atau kurang dari Rp 16.000.

Seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (19/1/2019), puluhan properti disiapkan untuk dijual di kota yang berada di puncak bukit dengan pemandangan memukau ke pulau Mediterania — dengan nilai lebih murah dari harga secangkir kopi.

Apa yang melatarbelakangi banting harga rumah di kota di Italia ini?

Ternyata, tawaran itu adalah upaya untuk menghidupkan kembali daerah yang telah mengalami depopulasi dalam beberapa tahun terakhir, di mana mayoritas penduduknya pindah ke kota-kota yang lebih.

Menurut pejabat setempat, siapapun yang berminat dapat langsung melakukan pembelian.

“Berbeda dengan kota-kota lain yang hanya melakukan ini untuk propaganda, balai kota ini daftar rumah seharga 1 euro yang dijual,” Giuseppe Cacioppo, wakil walikota sekaligus pejabat yang memimpin sektor pariwisata di Sambuca kepada CNN.

“Kami bukan perantara yang menjadi penghubung antara pemilik lama dan baru. Jika Anda menginginkan rumah itu, Anda akan mendapatkannya dalam waktu singkat.”

Namun, segala kemudahan itu bukan tanpa syarat. Pemilik baru harus berkomitmen untuk merenovasi properti mereka dalam waktu tiga tahun, dengan biaya mulai dari 15 ribu euro atau Rp 238 juta dan wajib membayar uang jaminan sebesar 5.000 euro — yang akan dikembalikan jika renovasi dirampungkan.

Meski akhirnya harus merogoh kocek dalam, Cacioppo menjamin para pembeli tak akan kecewa.

“Sambuca dikenal sebagai ‘kota yang megah’ di Italia,” kata dia. “Karena kesuburan tanahnya, daerah ini dijuluki ‘surga duniawi’. Kami berlokasi di dalam cagar alam, penuh dengan sejarah. Dikelilingi pantai, hutan, dan gunung yang indah. Sangat sunyi dan damai, tempat peristirahatan yang ideal untuk masa detoksifikasi.”

2 dari 2 halaman

Agar Kota Tak Terlanjur Mati

Dengan populasi yang semakin menipis, Cacioppo mengatakan kota itu membutuhkan orang luar untuk mencegahnya.

“Kita tidak bisa kehilangan warisan kita yang indah. Untungnya, orang asing membantu upaya penyelamatan ini,” kata dia.

Hunian dua lantai di sana dibangun dengan batu merah muda kemerahan dan memiliki halaman, taman palem dan pintu masuk yang melengkung. Dimungkinkan juga untuk melihat gunung berapi Etna di Sisilia pada hari-hari ketika langit cukup cerah.

5 Lokasi Rumah yang Paling Banyak Diburu di Sekitar Jakarta

Liputan6.com, Jakarta – Sebagai ibu kota negara, Jakarta telah lama menjadi magnet bagi para pencari rumah, alasan mereka tertarik untuk membeli rumah di Jakarta selain dekat dengan tempat bekerja, Jakarta juga memiliki berbagai fasilitas publik yang memudahkan warganya.

Berbicara mengenai pencarian rumah, kali ini Lamudi akan membahas mengenai jumlah minat pencari rumah melalui google. Penentuan angka ini didapatkan berdasarkan data historical pencarian dari google.

Berdasarkan data, ternyata area Bintaro, Jakarta Selatan menjadi tempat favorit yang dicari calon pembeli rumah, rata-rata setiap bulannya ada sekitar 7.200 orang yang berencana untuk membeli rumah di sana. Harga rata-rata rumah di sana mencapai Rp 18 juta per meter persegi.

Di urutan kedua ada Cibubur, Jakarta Timur, rata-rata setiap bulan ada 4.200 orang yang berminat untuk membeli rumah di sana, sementara harga rumah yang mulai dari Rp 12 juta per meter persegi.

Di urutan ketiga ada kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, setiap bulannya ada sekitar 4.100 orang yang mencari informasi tentang rumah dijual di sana. Untuk harga rumahnya sendiri, rata-rata harga rumah yang dijual adalah Rp 11 juta per meter persegi.

Kemudian di urutan keempat ada Kelapa Gading, Jakarta Utara, rata-rata setiap bulannya ada 3600 orang yang mencari tahu tentang informasi rumah dijual di sana. Sementara untuk rata-rata harga jual rumah di Kelapa Gading mencapai Rp 21 juta per meter persegi.

Di urutan kelima ada Sunter, Jakarta Utara, jumlah pencari rumah di sana mencapai 3.350 orang, untuk harga jual rumahnya sendiri rata-rata mencapai Rp 17 juta per meter persegi.

2 dari 3 halaman

Sarana dan Prasarana

Menurut Mart Polman, Managing Director Lamudi Indonesia, banyaknya pencari rumah yang mengincar kawasan Bintaro, karena daerah ini dinilai masih berkembang dan menyediakan banyak fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, pusat pendidikan hingga rumah sakit.

“Selain itu daerah ini juga dikelilingi dengan sarana infrastruktur yang dapat mempermudah mobilitas warganya seperti adaya tol JORR W2,” ujar Mart dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (20/1/2019).

Mart mengatakan, mayoritas pembeli rumah di Bintaro didominasi oleh end user dari kalangan profesional muda, biasanya mereka adalah pasangan muda yang baru menikah dan membeli rumah dengan cara kredit.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Buka Perdana di Indonesia, Hidangan Collin’s Dimasak dengan Charcoal Oven

Liputan6.com, Jakarta – Cita rasa sebuah hidangan tentu tidak lepas dari peran penting pengolahan seperti cara memasak. Proses kunci inilah yang ditekankan Collin’s, sebuah restoran asal Singapura yang baru membuka gerai pertama di Tanah Air.

Melihat besarnya pasar di Indonesia, Collin’s membawa nuansa berbeda dalam setiap hidangan yang disajikan. Salah satu hal menarik itu adalah penggunaan charcoal oven sebagai media memasak.

“Setiap menu dimasak dengan charcoal oven. Kami menekankan rasa yang kuat dan ingin memberikan sentuhan charcoal yang unik di Indonesia karena orang Indonesia menyukai sate. Saya pikir konsepnya akan bekerja dengan baik,” jelas Chef Collin, founder Collin’s di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat, 17 Januari 2019.

Bukan tanpa alasan Collin’s akhirnya memilih charcoal oven sebagai media memasak. Chef Collin menambahkan bahwa konsep ini mempercepat proses memasak, di mana masakan diletakan di oven hingga asap meresap ke hidangan dan memberi rasa yang kuat.

Soal menu, memang tak terlalu banyak perbedaan masakan yang dibawa dari Singapura. Namun penyesuaian penyajian dan beberapa pendukung hidangan diakui tetap ada.

“Kayak Duck confit di Singapura sama di sini agak beda. Kalau di sini arahnya seperti bebek bengil yang ada di sini tastenya mengarah ke lokal dan dimakan dengan sambal matah. Kalau di Singapura kan nggak ada cuma dengan saus,” jelas Apin, selaku mitra Collin’s Jakarta.

Setelah Jakarta, Collin’s juga telah memiliki beberapa rencana untuk membuka gerai lain di Indonesia. Hal ini masih dalam tahap nego dan kemungkinan besar restoran ini akan dibuka di Bali.

“Mungkin ada rencana ke Bali masih negosiasi belum ada yang fix. Tapi rencana ke depan, setidaknya 3-5 outlet ke depan dalam dua tahun khususnya Jakarta dan Bali,” lanjut Apin.

Pihak Collin’s memiliki ekspektasi yang cukup besar akan perkembangan mereka di Indonesia. Selain menilik ekonomi Indonesia secara umum yang luar biasa, ada pula alasan optimis lain.

Middle class punya income juga lumayan dan mulai bertambah hari demi hari. Banyak anak generasi muda yang lebih ke Western taste, sering ke Singapura tahu Collin’s kenapa nggak ada di Indonesia dan kami mencoba meraih pasar itu di samping ekonomi sendiri yang memungkinkan,” kata Apin.

Konsistensi rasa turut menjadi fokus Collin’s. Tentunya, mereka mempunyai resep standar yang harus diikuti oleh para chef yang bertugas.

“Sekarang kita fokus pada central kitchen jadi kami bisa melakukan ekspasi di Jakarta. Saat kita memiliki central kitchen akan lebih mudah mengatur konsistensi dari kualitas makanan,” ujar Chef Collin.

2 dari 2 halaman

Keunggulan Collin’s dan Charcoal Oven

Grill atau panggangan menjadi keunggulan yang Collin’s tawarkan di seluruh gerai. Ini juga mengacu kepada proses memasak yang menggunakan charcoal oven.

“Kami baik untuk grill dengan menggunakan charcoal oven sebagai sumber utama bahan bakar itu salah satunya. Juga rasa yang kuat, bumbu-bumbu, dan resep rahasia kami,” ungkap Chef Collin.

Hasil dari memasak dengan charcoal oven dapat digambarkan lewat proses memanggang daging, di mana minyaknya jatuh di arang dan aromanya pun keluar. Hal itulah yang memengaruhi masakan dan tidak didapatkan dari oven lain.

Ide awal pemakaian charcoal oven sendiri berdasarkan pengalaman pribadi Chef Collin yang bertolak ke Barcelona. Ia berkisah di sana, orang-orang dan masakannya luar biasa.

“Saya pergi ke Barcelona dan ovennya berasal dari Spanyol. Teknologi ini kami menghemat banyak uang karena charcoal lebih murah dibanding menggunakan listik dan juga sehat. Api langsung dari gas tidak sehat untuk dikonsumsi,” tambahnya.

Selain grill, Collin’s juga memiliki menu andalan lain. “Salah satunya pizza, kita masukin di charcoal oven nggak pakai listrik. Rasanya tetap keluar dan banyak anak-anak yang mencoba pizza kita dan bilang enak banget,” kata Apin.

“Kita punya Chilli Crab Sauce Pasta, Chilli Crab itu khas dari Singapura kita campur di dalam saus pasta. Itu sangat laris jadi orang-orang Korea dan lokal juga suka,” lanjutnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cerita JK Menyesal Tidak Total Investasi di Bidang Teknologi

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengimbau seluruh para millenial untuk bergerak cepat seiring perubahan tren teknologi masa depan. Saat menghadiri Indonesian Millenials Summit, JK bercerita kalau dirinya menyesal tidak total berinvestasi di bidang teknologi.

Dia menuturkan, kisah itu terjadi sekitar awal 90. Saat itu, Ia berkunjung ke Munich, Jerman dalam rangka seminar. Kemudian saat seminar, seorang profesor di sana mengatakan bahwa 25 tahun mendatang transaksi hanya dilakukan melalui saku.

Dalam fikirannya, politisi senior Golkar itu tidak percaya. Namun, tak ada salahnya mencoba untuk membuktikan ucapan sang profesor itu. JK lantas berinvestasi di sektor telekomunikasi kabel.

Telepon rumah memang menjamur pada masanya. JK merasakan ucapan sang profesor ada benarnya.

Namun, ia tak menyangka kemajuan teknologi begitu pesat hingga kini telekomunikasi kabel tutup masanya dan digantikan dengan telekomunikasi satelit, serta berevolusi ke internet.

“Untung bisa saya langsung jual dan tidak rugi habis investasi kita. Sekarang saya kira sudah terbukti telekomunikasi transaksi dilakukan lewat HP,” kata JK saat menyampaikan sambutan dalam acara Indonesian Millenials Summit di Kempinski Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2019).

2 dari 2 halaman

Gerak Cepat Sambut Kemajuan Zaman

Dari situ ia mengaku menyesal tidak gerak cepat saat banyak tanda-tanda kemajuan teknologi. “Jangan mengulangi kesalahan saya,” ujarnya.

Dia menambahkan kemajuan teknologi tidak hanya mengubah pola kehidupan manusia tapi juga tren kehidupan pribadi. Jika dulu memasak adalah kriteria utama seorang menantu wanita, maka hal itu tak berlaku lagi di era serba integrasi.

“Kalau dulu perempuan untuk kawin pintar masak gak. Sekarang pintar cuma pinter order gojek enggak masalah,” ujarnya seraya disambut gelak tawa hadirin.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Singapore Open: Fujimoto Belum Pikirkan Juara

Liputan6.com, Jakarta Pegolf Jepang, Yoshinori Fujimoto sukses memuncaki klasemen SMBC Singapore Open 2019 pada ronde ketiga, Sabtu (19/1/2019) di Serapong Golf Course, Sentosa. Kendati demikian, Fujimoto mengaku belum memikirkan gelar juara.

“Menyenangkan bisa mendapat hasil bagus dan memenangkan turnamen karena kami semua bermain golf untuk menang,” ujar Fujimoto usai pertandingan.

“Semua pemain adalah level atas, tetapi saya suka menikmati dan menunjukkan permainan saya kepada penonton,” kata Fujimoto menambahkan,.

Laju Fujimoto mulus hingga hole ke-14. Ia bahkan membuat eagle alias dua pukulan di bawah par saat berlaga di hole ketujuh.

Fujimoto sempat terpeleset saat bermain di hole ke-15. Di sana, ia membuat bogey alias satu pukulan di atas par.

Namun Fujimoto berhasil menutup kesalahan itu dengan melahap tiga hole sisa melalui dua par dan satu birdie.

Hingga ronde ketiga SMBC Singapore Open, Fujimoto telah mencetak skor 200 dan -13 di bawah par.

2 dari 2 halaman

Tak Mengira

Lebih lanjut, Fujimoto mengaku tidak menyangka bisa membuat eagle. Menurutnya, kunci keberhasilan itu ada saat pukulan kedua.

“Pukulan kedua, 270 yards mendekati lubang, saya memakai teknik. Saya tidak mengira pukulan itu, terkejut. Sebelum mendekati lubang, saya kira bola akan lebih dekat, tetapi ini sudah bagus,” kata Fujimoto.

28 Status Lucu Bikin Ngakak, Unggah ke Akun Media Sosialmu Biar Makin Seru

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa hal-hal lucu bisa kamu tularkan ke orang lain? Bagi kamu yang lagi sedih, galau atau sedang mengalami suasana hati yang tak enak, kamu pasti butuh hiburan. Salah satu cara menghapus rasa sedih adalah dengan tertawa. Maka dari itu kamu butuh mencari hiburan yang bisa membuat tertawa dan melupakan rasa sedihmu.

Dengan tertawa, kamu bisa mengembalikan semangat dalam hidup. Nah, mencari hiburan ternyata tak perlu harus keluar rumah dan menghabiskan banyak uang lho. Cukup dengan membaca kata-kata lucu atau status lucu bikin ngakak yang dijamin bikin kamu tertawa.

Atau jika kamu adalah tipe orang yang suka membagi hal-hal lucu kepada orang lain, bisa juga mengunggah status lucu bikin ngakak ke akun media sosialmu. Dengan disertai foto dan status lucu, kamu bakal bikin orang yang membaca tertawa dan terhibur.

Ya, dengan membagikan status lucu di akun media sosialmu, selain menghibur yang sedang bersedih juga pastinya kamu mendapat pahala lho. Nah, biar media sosialmu semakin seru dan berwarna, yuk cari tahu status lucu bikin ngakak. Berikut status lucu bikin ngakak yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/1/2019).

2 dari 5 halaman

Status Lucu Bikin Ngakak

• Saya bekerja keras karena sadar kalau uang nggak punya kaki buat jalan sendiri ke kantong saya.

• Aku masih belum bisa melupakanmu, sayang karena aku baru ingat kalau kamu belum bayar utang.

• Ketika seseorang melemparmu dengan batu, maka balaslah dengan melempar bunga sekalian potnya.

• Cobalah melihat juga dari sisi yang tak terlihat, kalau tetap tak terlihat coba nyalakan lampu.

• Penyesalan pasti datang di akhir, sebab kalau di awal namanya pendaftaran.

• Hampir semua orang mau masuk surga, eh giliran disuruh ke sana duluan nggak ada yang mau.

• Kamu nggak fokus, bukan karena butuh air mineral tapi butuh aku.

3 dari 5 halaman

Status Lucu Bikin Ngakak

• Jomblo itu jarang keluar rumah, otomatis kulitnya jadi putih, jadi gampang aja kalau mau putih jadi jomblo saja.

• Kalau pasangan bagaikan tulang rusuk kita, maka mantan adalah fosil.

• Kalau pas jomblo: Aku ini siapa, untuk apa aku hidup, siapa sebenarnya aku Tuhan?

• Zaman sudah edan, obat ngantuk nggak perlu kopi, cukup dengan putus kamu bisa begadang.

• Mau mandi malas, harus jalan ke kamar mandi, ada toilet online nggak yah biar dianterin?

• Jangan terlalu open minded, nanti otaknya keluar lho, mau?

• Sekali lagi kamu bilang ‘Aku sayang kamu’, aku gusur ke KUA sekalian.

4 dari 5 halaman

Status Lucu Bikin Ngakak

• Lagi jalan kaki tiba-tiba nabrak burung, kok bisa? Iya karena gayaku selangit.

• Di rumahku AC-nya mati, karena takut kalah cool sama aku.

• Kalau ada yang nyariin aku, bilangin sama dia cari aja di GOOGLE!

• Hukuman gantung aja sudah diganti tembak, kenapa kamu masih gantung aku? Tembak dong!

• Masih mending pemadaman listrik bergilir, daripada penyalaan listrik bergilir.

• Rasa sayangku ke kamu ibarat macetnya Jakarta, awet dan nggak bisa hilang.

• Sebuah studi mengungkapkan bahwa, ada beberapa jenis mangga yang beracun jika dimakan bareng sianida.

5 dari 5 halaman

Status Lucu Bikin Ngakak

• Guru: Kalau kita pintar, pasti kita bisa menggapai cita-cita. Budi, apa cita-cita kamu?

Budi: Jadi orang.

Guru: Kamu kan sudah jadi orang!

Budi: Berarti saya sudah pintar.

• Cantik nggak harus putih, tapi harus perempuan.

• Selama janur kuning belum melengkung, aku akan tetap mengejar cintamu. Tapi kalau sudah melengkung, bakal aku setrika lagi biar lurus.

• Biarpun katanya nggak higienis, tapi makan di pinggir jalan masih jauh lebih sehat daripada makan di tengah jalan.

• Terkadang kita harus tetap bernapas, untuk tetap bertahan hidup.

• Berbakti kepada orangtua yang bikin dapat pahala besar: Ngajarin pakai smartphone tanpa ngedumel.

• Murid: Bu, Susan pakai jilbab boleh nggak?

Guru: Nggak boleh

Murid: Yah bu, untuk menutup aurat bu.

Guru: Pokoknya nggak boleh Susanto!

Baiklah, demikian status lucu bikin ngakak yang bisa menghibur kamu. Semoga setelah membaca status di atas bisa membuatmu kembali tersenyum dan bersemangat untuk melalui hari-hari selanjutnya. Status di atas bisa kamu bagi ke teman-temanmu yang lagi sedih agar kembali ceria.



Reporter: Loudia Mahartika

Kejam, Pegawai China Merangkak di Jalan Gara-Gara Gagal Capai Target

Liputan6.com, Shandong – Perusahaan di China tampaknya tidak lelah menjadi sorotan dunia akibat kekejaman mereka. Kali ini, sebuah perusahaan memerintahkan pegawai merangkak karena gagal penuhi target akhir tahun.

Dilansir dari South China Morning Post, perusahaan asal Shandong itu menyuruh sekitar delapan pegawai, pria dan wanita, untuk merangkak di jalan raya. Seorang pria tampak berdiri di depan membawa bendera.

Para pegawai wanita tampak menundukkan kepala mereka ketika menjalani humiliasi tersebut. Hukuman tak berperikemanusiaan itu akhirnya berhenti setelah pihak berwajib melakukan intervensi.

Pegawai di China dihukum merangkak akibat tak capai target. Dok: South China Morning Post

Perusahaan kabarnya ditutup sementara akibat kasus ini. Para warganet Tiongkok pun turut marah dan menyayangkan para pegawai yang mau saja menjalani hukuman ini.

Tindakan kejam pada pegawai di negara komunis China adalah sesuatu yang berulang terjadi. Sebelumnya, pernah ada ksus pegawai disuruh merangkak di jalan demi “menginspirasi” pegawai. Para pengguna jalan pun sampai berupaya menghentikan kejadian itu.

Ada pula kasus pegawai dipaksa makan kecoa dan minum air seni karena perkara target penjualan. Akibatnya, tiga manajer masuk bui.

Pada 2017, pernah pula ada kasus pegawai yang disuruh saling menampar demi memperkuat kerja sama tim di sebuah acara perusahaan, dan kasus lain beredar video pegawai wanita menampar para pegawai laki-laki yang performanya tidak baik.

Urusan Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan isu yang kurang mendapat perhatian di pemerintah komunis China. Akibatnya, hak para pegawai pun menjadi ikut terkena imbasnya.

2 dari 2 halaman

Pegawai Dipaksa Makan Kecoak Bila Tak Capai Target

Satu lagi kekejaman yang terjadi di dunia kerja Tiongkok. Para pegawai di sebuah firma perumahan di Zunyi, Provinsi Guizhou, ketahuan menghukum pegawai dengan cara menyuruh makan kecoak dan hukuman tidak manusiawi lainnya.

Dilansir Yahoo News, sebuah video beredar di media sosial Weibo menunjukkan pegawai perusahaan tersebut yang gagal mencapai target harus dihukum, di antaranya dengan makan kecoak dan minum air kencing. Video dilengkapi dengan hashtag “pegawai-pegawai yang gagal mencapai target dipaksa minum air kencing.” 

Ritual hukuman dilakukan secara ramai-ramai. Mereka meminum air kencing dari sebuah gelas, dan dalam video juga terdapat pegawai pria berdiri tanpa mengenakan baju di tengah ruangan, sembari dicambuk dengan ikat pinggang oleh pria lain.

Kumpulan screenshot berisi ancaman para manajer terhadap para pegawai juga turut beredar. Tertulis di sana bermacam hukuman jika pegawai tidak mencapai target perusahaan.

“Jika capaian penjualan tidak terpenuhi di akhir bulan ini, ketua tim harus memakan tiga kecoak untuk setiap penjualan yang gagal,” tulis salah satu pesan itu. Hukuman lainnya adalah minum cuka atau air toilet, menjual kondom dan pembalut di jalanan, dan kepala digundulkan.

Warganet Tiongkok mempertanyakan kenapa para pegawai tidak keluar saja. Seorang pegawai menyebut gaji mereka masih menunggak dua bulan dan mereka khawatir pesangon akan dikurangi.

Tiga manajer sudah ditahan oleh pihak kepolisian. Namun, hukumannya sangat singkat. Dua orang dipenjara selama 10 hari dan satu manajer lagi dipenjara 5 hari.

Ini bukan kabar pertama menyangkut kebrutalan hukuman pegawai di negara komunis Tiongkok. Sebelumnya, pegawai dipaksa saling menampar dan merangkak karena urusan target penjualan.

Mahasiswa Garut Ajarkan Mitigasi Bencana

Liputan6.com, Garut – Menggunakan setelah seragam olahraga sekolah, ratusan pelajar Madrasah Iftidaiyyah (MI) Arrochman, Cintaasih, Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat, terlihat histeris di bawah bangku sekolah yang baru saja mereka gunakan. Mereka nampak ketakutan dan mimik gugup, menghindari goncangan gempa yang tengah mereka rasakan.

Namun jangan terbawa emosi dulu, sebab kondisi mencengangkan itu merupakan gambaran singkat dalam simulasai mitigasi bencana yang diberikan mahasiswa tingkat akhir Universitas Garut (Uniga) yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sana.

Sebagai daerah rawan bencana di Jawa Barat, ketentraman masyarakat Garut, memang kerap terusik dengan datangnya bencana alam yang selalu mengusik kehidupan mereka.

Juru Bicara Kelompok 61 KKN Cintaasih, Hakim Ghani mengatakan, pelatihan mitigasi bencana sengaja diberikan kepada paraa siswa, sebagai upaya preventif dalam menghadapi bencana. “Kami berikan pemahamannya (mitigaas bencana) agar pelajar mengerti,” ujarnya, Rabu (16/1/2019).

Ada tiga hal yang diajarkan para mahasiswa kepada para pelajar, mengenai mitigasi bencana yang diberi nama ‘Tiga Gerakan Bebas Gempa’ itu.

Pertama, upaya menyelamatkan diri dengan cara berlindung di bawah bangku dan alat yang berbahan kuat. “Supaya jika gempa merobohkan bangunan, para pelajar tidak tertimpa reruntuhan,” kata dia.

Kemudian, upaya menyelamatkan diri dengan cara berlari ke ruang terbuka, untuk menghindari reruntuhan bangunan akibat gempa. “Ini penting disampaikaan bagi mereka agar terbiasa saat musibah datang,” ujar dia.

Hakim menyatakan, dengan upaya itu, ia bersama rekan mahasiswa tingkat akhir lainnya berharap, para pelajar mampu memahami keadaan dan mengerti cara diri dari bencana yang datang. “Dan selain tiga gerakan tadi, kita juga ajarkan doanya. Karena pada dasarnya segala pertolongan datang dari Tuhan,” kata Hakim.