Tak Selalu Sehat, Ternyata Ini Efek Samping Konsumsi Lidah Buaya

Produk daun lidah buaya dan getah lidah buaya mengandung antrakuinon, yang memiliki sifat pencahar. Penggunaan utama getah lidah buaya adalah untuk menghilangkan sembelit, meskipun beberapa orang mengonsumsinya untuk kondisi kesehatan lain, termasuk diabetes dan radang sendi.

Mengonsumsi getah lidah buaya dikaitkan dengan banyak efek negatif. Anda bisa mengalami sakit perut dan kram, diare, mual, muntah, dan ketidakseimbangan elektrolit. Sebelum November 2002, banyak obat pencahar yang dijual bebas mengandung getah lidah buaya. Administrasi Makanan dan Obat-obatan A.S. Amerika Serikat melarang getah lidah buaya sebagai bahan dalam produk ini karena masalah keamanan.

Mengonsumsi jus lidah buaya ini lebih dari satu minggu dapat menyebabkan ketergantungan dan diare. Orang yang mengalami diare jenis ini dapat mengalami dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit, termasuk kadar kalium yang rendah, terutama jika mereka menderita diabetes atau memiliki penyakit ginjal.

Kadar kalium yang rendah dapat menyebabkan kelemahan otot dan irama jantung yang tidak teratur. Efek pencahar dari jus daun lidah buaya juga dapat mengurangi penyerapan banyak obat. Mengkonsumsi produk lidah buaya termasuk getahnya selama lebih dari satu tahun dapat meningkatkan risiko kanker usus besar.

Ingin Buat Pria Klepek-Klepek, Wanita Ini Buat Parfum dengan Cairan Miss V

Liputan6.com, Jakarta Seorang perempuan menggunakan parfum istimewa yang dia klaim bisa menarik perhatian pria. Pewangi tubuh itu terbuat dari cairan vaginanya sendiri.

Dilansir dari Health pada Kamis (28/2/2019), wanita bernama Rachel Khona itu mencari tahu apakah aroma vaginanya bisa membuat pria berbondong-bondong datang padanya. Hal itu dia ungkapkan dalam tulisannya di Medium. Dia mendapatkan saran untuk menggunakan cara tersebut.

“Perempuan di abad pertengahan diketahui mengoleskan cairan vagina pada tubuh untuk menarik pelamar yang tampan,” tulis Khona dalam artikel tersebut. Selain itu, dia menambahkan bahwa dirinya menggunakan cairan vaginanya untuk dicampur dengan parfum favoritnya. Setelah itu, dia menggunakannya di pergelangan tangannya selama beberapa hari.

Pada hari keempat, Khona menceritakan bahwa dirinya melihat ruam merah di lehernya. Ketika dia mengira hal tersebut adalah efek samping dari parfum vagina itu, dia mendatangi dokter.

Ternyata, dokter mengatakan bahwa itu bukan dikarenakan parfum tersebut. Namun hal itu disebabkan oleh alergi nikel ringan dari kalung yang dia kenakan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tidak direkomendasikan

Walaupun begitu, cara tersebut tampaknya diragukan oleh ahli. Menurut Christine Greves dari Orlando Health System, Florida, Amerika Serikat, feromon memang banyak dipelajari karena mempengaruhi daya tarik visual dan seksual, tetapi ini belum diteliti dalam cairan vagina.

“Secara keseluruhan, tidak ada banyak dukungan ilmiah untuk hal ini. Bukan sesuatu yang akan saya rekomendasikan,” kata Greves.

Tentu saja, apa yang dikatakan Greves benar. Khona sendiri tidak merekomendasikan parfum buatannya itu. Dia mengatakan, tidak ada pengaruh besar setelah dia menggunakannya.

“Jika segerombolan pria jatuh di kakiku, aku akan merasa berbeda,” kata Khona.

Selain itu, masalah kebersihan juga disoroti. Greves mengatakan, cairan vagina sama seperti cairan tubuh lainnya. Mereka mengandung kuman, sekalipun belum ada penelitian apakah itu bisa menyebar lewat parfum.

Kementerian BUMN Gagas Bulan HUT BUMN di Maret dan April 2019

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dengan seluruh BUMN akan menggelar sejumlah kegiatan sosial dan edukatif yang menarik sepanjang Maret – April 2019.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kementerian BUMN ke 21 dengan semangat slogan “One Nation One Vision One Family To Excellence”.

Slogan tersebut memiliki makna BUMN senantiasa memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya untuk negeri, di samping terus mendorong dirinya untuk menjadi pemain tingkat regional.

Kegiatan-kegiatan yang dimaksud yakni program BUMN Goes to Campus di 10 perguruan tinggi yang berada di 10 kota di Indonesia. Program ini memuat agenda seperti CEO Talks, Kelas Kreatif, Magang & Vokasi Bersertifikasi untuk 10 ribu mahasiswa, dan perekrutan bersama BUMN untuk 11 ribu orang.

“Kita akan ajak sekitar 30 ribu mahasiswa dari 10 kampus untuk mengikuti rangkaian kegiatan BUMN Goes to Campus. Pada tahun ini kami juga sengaja memilih perguruan tinggi yang merupakan second tier,” kata Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro dalam acara Rapat Koordinasi BUMN di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Adapun rangkaian kegiatan padat karya tunai dan kegiatan sosial millenials seperti bersih-bersih lingkungan kampung, penanaman pohon, perbaikan MCK dan air bersih untuk pesantren, bersih-bersih sungai atau danau, perbaikan jalan, perbaikan sarana prasarana umum dan pendidikan, pemberian bantuan cooler dan dryer ke kampung nelayan atau petani, serta pencanangan kampung sehat dan digital.

Kemudian, ada pula promo harga ritel dan online produk BUMN kepada masyarakat seperti Solar murah untuk 199.000 nelayan dengan masing-masing paket 5 liter dari Pertamina. Per paketnya akan dijual dengan harga Rp12.500.

Serta promo 1 juta paket komoditi murah yang akan didistribusikan ke seluruh daerah Indonesia.

“Paket komoditi ini berisi kebutuhan bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, garam dan sarden. Semuanya merupakan produk-produk yang diproduksi oleh BUMN. Harga jualnya yakni sebesar Rp 10.000 per paket dan kita akan distribusikan ke seluruh Indonesia,” ujar Imam.

Bulan HUT Kementerian BUMN juga dimeriahkan dengan pelaksanaan jalan sehat di lima 5 kota seperti Makassar, Soreang (Kab. Bandung), Ambon, Bandung, Surabaya, dan Jakarta, serta Half Marathon di Banyuwangi.

Selain itu, Kementerian BUMN bersinergi dengan sejumlah BUMN menghelat even Islamic NexGen Festival 2019, yakni ajang pencarian bakat untuk millenial muslim yang berbakat dan menginspirasi. Ajang tersebut memperlombakan 3 kategori seperti Hijabnesia (pencarian bakat hijabers), Sound of Deen (pencarian talanta musik islami) dan Santripreneur (pencarian talenta santri muda berjiwa enterpreneurship).

“Kemudian tepat pada 13 April 2019, pada momen puncak HUT, kami akan melaksanakan kegiatan ceremony sekaligus peresmian gedung Kementerian BUMN,” ungkap Imam

Jaksa Ungkap Kebohongan Ratna Sarumpaet kepada Nanik Deyang Cs

Liputan6.com, Jakarta – Ratna Sarumpaet didakwa menyebarkan berita bohong. Salah seorang yang terpapar virus kebohongan Ratna, Nanik Sudaryati selaku Waketum BPN Prabowo-Sandi dan Ketua Yayasan Merah Putih (YMP).

Hal itu terungkap saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2019).

Jaksa mengatakan, Ratna Sarumpaet hendak bertemu Nanik Sudaryati di kediaman Prabowo, lapangan Polo Nusantara Hambalang, Bogor Jawa Barat, Selasa tanggal 2 Oktober 2018 sekira pukul 14.00 WIB.

Saat itu, terdakwa hendak menemui Prabowo Subianto untuk menyampaikan keluhan atas penganiayaan yang dialaminya. Namun di sana, terdakwa terlebih dahulu bertemu Nanik.

Terdakwa pun mengaku kepada Nanik telah dianiaya orang. “Terdakwa meminta saksi Nanik Sudaryati meraba pipinya yang lebam dan bengkak dibalut perban serta mengatakan giginya lepas,” ucap jaksa membacakan dakwaan.

Terdakwa juga menceritakan kronologinya. Kepada Nanik, Ratna Sarumpaet mengatakan penganiayaan terjadi di Bandung seusai mengikuti acara lokakarya penulis naskah di Bandung.

“Ketika terdakwa bersama dua teman penulis dari Malaysia dan Srilanka menuju Bandara Husein Sastranegara dengan menggunakan taksi di area parkir bandara terdakwa dipukuli oleh dua orang laki-laki yang tidak dikenal,” kata Jaksa.

2 dari 2 halaman

Nanik Ceritakan ke yang Lain

Kemudian, Nanik Sudaryati menceritakan kembali kronologi penganiayaan yang dialami terdakwa kepada Prabowo Subianto, Muhammad Amien Rais, Said Iqbal, Fadli Zon dan Sugiono tatkala mengelar pertemuan sekitar pukul 15.00 WIB.

“Atas cerita saksi Nanik Sudaryati tersebut, terdakwa diam tidak memberikan tanggapan,” ujar dia.

Selain menceritakan, Nanik Sudaryati membagikan foto dan cerita kronologi ke akun facebook dengan akun Nanik S Deyang.

Berikut isi dari tulisan Nanik yang diunggah ke facebooknya, yang dibacakan jaksa.

Mbak Ratna Sarumpet sebagai salah satu anggota tim badan pemenangan nasional Prabowo Sandi sore ini setelah agak pulih ia melaporkan kepada Pak PS kejadian yang menimpanya. Pak PS didampingi Pak Amien Rais dan Pak Fadli Zon.

Mbak Ratna dihajar habis 3 orang 21 September di sekitar Bandara Husein Sastranegara Bandung. Ceritanya malam itu seusai acara konferensi dengan beserta beberapa negara asing di sebuah hotel, Mbak Ratna naik taksi dengan peserta dari Srilanka dan Malaysia akan naik ke Soetta.

Sebetulnya agak curiga saat tiba-tiba taksi dihentikan agak jauh dari keramaian saat 2 temannya dari luar negeri turun berjalan menuju bandara. Mbak Ratna ditarik 3 orang ke tempat gelap dan dihajar habis oleh 3 orang dan diinjak perutnya. Setelah dihajar Mbak Ratna dilempar ke pinggir jalan aspal sehingga bagian samping kepalanya robek.

Menurut Mbak Ratna kejadian sangat cepat sehingga Mbak Ratna sulit mengingat bagaimana urutan-urutan kejadian karena semua begitu cepat dan Mbak Ratna masih sedikit sadar saat dia kemudian dibawa pulang sopir taksi dan dimasukkan ke dalam taksi oleh sopir taksi Mbak Ratna di turunkan di pinggir jalan di daerah Cimahi.

Dengan sisa tenaga tertatih-tatih, Mbak Ratna mencari kendaraan untuk ke RS di Cimahi lalu Mbak Ratna menelepon temannya seorang dokter bedah akhirnya Mbak Ratna ditangani kawannya di sebuah RS Ratna malam itu juga langsung balik ke Jakarta dan dalam situasi trauma habis dia harus berdiam diri selama 10 hari.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Isi Lengkap Surat Mandat SBY: AHY Pimpin Pemenangan, Ibas Keseimbangan PD

Jakarta – Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi mandat kepada putra sulungnya yang juga komandan Kogasma PD, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk memimpin pemenangan pemilu partai berlambang mercy itu. Kabar tersebut disampaikan SBY ke para kadernya lewat sebuah surat.

Surat SBY tersebut dibacakan oleh Sekjen PD Hinca Pandjaitan, di Kantor DPP PD, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019). SBY tidak bisa fokus dalam pemenangan PD di Pemilu 2014 karena harus mendampingi istrinya, Ani Yudhoyono yang tengah menjalani perawatan melawan penyakit kanker darah di Singapura.

“Secara nasional komandan Kogasma saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019,” ujar SBY dalam suratnya.


Berikut isi surat SBY untuk para kader Demokrat yang berisi soal mandat kepada AHY dalam pemenangan Pemilu:

Surat ini adalah tentang surat keputusan dewan pimpinan pusat Partai Demokrat tentang peningkatan intensitas dan efektivitas kampanye pemenangan Pemilihan Umum tahun 2019 yang sekarang sedang berjalan.

1. Kampanye nasional dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh melibatkan seluruh komponen partai yang meliputi Komando Tugas Bersama (Kogasma) yang sudah kami bentuk sejak 2017 lalu, Komisi Pemenangan Pemilu, jajaran organisasi partai dari pusat hingga daerah dan para caleg. Jadi semuanya satu kesatuan, menyeluruh.

2. Secara nasional komandan Kogasma, saudara AHY bertanggung jawab dan bertugas melaksanakan kampanye pemenangan Pemilu 2019.

3. Dalam pelaksanaan tugasnya, Komandan Kogasma dibantu oleh koordinator kampanye wilayah timur, saudara Soekarwo, anggota majelis tinggi Partai Demokrat dan koordinator kampanye wilayah barat, saudara Nachrawi Ramli, anggota majelis tinggi Partai Demokrat.

4. Di samping membantu komandan Kogasma, para koordinator wilayah kampanye mengkoordinasikan kampanye yang dilakukan oleh jajaran dewan pimpinan daerah partai di wilayah tugasnya.

5. Wilayah timur kampanye Partai Demokrat meliputi provinsi Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Sedangkan wilayah barat yang menjadi wilayahnya Pak Nachrawi Ramli meliputi provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Kep. Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

6. Selama kampanye tugas-tugas harian DPP Partai Demokrat dilaksanakan oleh Sekjen Partai Demokrat.

7. Ketua fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, mengatur keseimbangan pelaksanaan tugas kedewanan, dengan tugas kampanye para anggota DPR RI dari Partai Demokrat, karena 61 anggota DPR RI partai saat ini adalah incumbent yang hampir semuanya adalah Caleg.

8. Setelah kampanye pemilu dilaksanakan seluruh jajaran partai tetap melakukan pengawalan dan pengamanan suara yang diperoleh, baik suara partai maupun suara caleg agar Partai Demokrat tak dirugikan pihak manapun.

9. Susunan kepengurusan resmi DPP Demokrat tidak ada perubahan, dan semua tetap memiliki tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan. Ini perlu saya ulangi, susunan tidak ada perubahan.

10. Surat ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, Rabu 27 Februari 2019.

Selain surat kepada kadernya, SBY juga mengirimkan surat khusus kepada Hinca. Dalam suratnya, SBY meminta Hinca menjelaskan kepada kader dan media massa soal posisinya saat ini. Berikut isinya:

Surat ini ditujukan kepada Saudara Hinca.

Pak Hinca menyertai penjelasan Pak Hinca kepada media massa tentang peningkatan intensitas dan kapasitas kampanye Partai Demokrat 2019 ini tolong sampaikan hal hal berikut kepada para kader Demokrat di seluruh tanah air.

Pertama dengan tidak dapatnya saya berjuang secara fisik bersama caleg dan kader Demokrat dalam kampanye lanjutan Pemilu 2019 ini saya harap semangat para caleg Demokrat tidak berkurang. Pada hakikatnya hati saya tetap bersama kader dan caleg Demokrat dalam perjuangan maha penting ini.

Saya pribadi juga Ibu Ani yang tengah menjalani pengobatan dan perawatan kesehatan tetap berdoa kepada Allah SWT semoga perjuangan mulia para kader dan caleg Partai Demokrat berhasil dengan baik. Saya tahu 2 bulan ini saat saat yang paling menentukan untuk partai dan caleg Demokrat. Seperti yang saya lakukan bersama Ibu Ani sebenarnya saya sangat ingin secara fisik berada di lapangan. Namun Allah tidak mengizinkan karena saya harus mendampingi pengobatan dan perawatan kesehatan Ibu Ani yang dilakukan intensif saat ini.

Pesan dan harapan saya terus berjuang secara gigih dan lakukan perjuangan itu dengan cara baik, cerdas dan tepat. Dengarkan harapan dan aspirasi rakyat kemudian perjuangkan dalam Pemilu 2019 ini. Jika kelak para caleg terpilih untuk DPR RI, DPRD dan DPD Kab/Kota, wujudkanlah dan buktikan semua yang dikampanyekan itu Insyallah saudara sekalian berhasil.

Meskipun secara fisik saya tidak bisa aktif dalam kampanye di lapangan, saya percaya Partai Demokrtat tetap memiliki, berpeluang besar untuk mencapai suara. Saya yakin instruksi yang saya keluarkan kepada jajaran partai untuk meningkatkan intensitas dan kapasitas akan dapat dijalankan dengan baik.

Komandan Kogasma AHY dan para koordinator wilayah kampanye saudara Soekarwo dan Nachrawi adalah pemimpin dan kader Demokrat yang tangguh, berkualitas, dan memiliki kemampuan tinggi untuk melaksanakan kampanye di tanah air. Di samping berjuang untuk calegnya di dapil masing-masing, yang lain memperjuangkan juga membantu penuh Kogasma secara nasional.

Saya juga yakin dengan strategi dan taktik pemenangan pemilu yang telah dibekalkan para caleg sukses akan dapat diraih. Di samping itu 14 prioritas sebagai program unggulan yang ditawarkan kepada rakyat akan diperjuangkan Partai Demokrat beserta pemerintah yang dipilihnya adalah jawaban yang diinginkan rakyat.

Saudara Hinca karenanya saya yakin Partai Demokrat bukan hanya siap memenangkan pemilu tapi atas izin Allah yang maha kuasa, Partai Demokrat akan sukses dengan gemilang, Demokrat tidak hanya pandai berjanji tapi pernah memberi bukti pada pemerintahan. Ke depan jajaran Partai Demokrat akan sukses karena semua kebijakan dan program merupakan aspirasi dari rakyat kita juga jawaban dan solusi dari permasalahan.

Ketiga atau terakhir, saya mengamati kontestasi pemilih 2019 ini utamanya pilpres lebih keras dibandingkan dengan pilpres era reformasi sebelumnya. Polarisasi nampak lebih tajam, disertai hubungan antar identitas semakin berjarak. Jika situasi ini berkembang lebih jauh dan melewati batasannya, saya kuatir kerukunan dan keutuhan kita sebagai bangsa akan retak. Ini yang harus kita cegah untuk tidak terjadi pada negeri ini. Untuk itu saya berpesan pada Partai Demokrat untuk turun agar pemilu berjalan damai, demokratis, jujur, dan adil.

Pemilu memang keras tapi tidak sepatutnya menimbulkan perpecahan dan disintegrasi. Diperlukan tanggung jawab dan jiwa kita semua, utamanya elit dan pemimpin bangsa. Semoga praktik berdemokrasi dengan baik dapat dijaga dan dilaksanakan kembali dalam Pemilu 2019 ini. Demikian.

Sampaikan salam hangat saya dan Ibu Ani kepada seluruh kader dan caleg Demokrat. Sampaikan pula salam sayang saya kepada saudara saya rakyat Indonesia Tercinta.

Singapura, 27 Februari 2019
SBY


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.

(elz/van)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pertemuan dengan Kim Berakhir Tanpa Hasil, Trump Tinggalkan Hanoi

HanoiPresiden Amerika Serikat Donald Trump langsung bertolak meninggalkan Hanoi, Vietnam usai berakhirnya pertemuan puncak dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un. Pertemuan yang dinanti banyak pihak tersebut berakhir tanpa menghasilkan kesepakatan mengenai denuklirisasi.

“Saya akan naik ke pesawat dan terbang kembali ke tempat yang indah bernama Washington, DC,” kata Trump kepada para wartawan sebelum menaiki pesawat kepresidenan Air Force One pada Kamis sore, seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (28/2/2019).

Pertemuan puncak antara Trump dan Kim berakhir mendadak tanpa menghasilkan kesepakatan denuklirisasi. Kepada para wartawan, Trump menjelaskan bahwa kegagalan pertemuan tersebut adalah karena sanksi-sanksi AS terhadap Korut.

“Pada dasarnya, mereka menginginkan sanksi-sanksi dicabut secara keseluruhan, dan kita tak bisa melakukan itu,” kata Trump dalam konferensi pers usai pertemuan tertutup dengan Kim yang berakhir lebih cepat dari rencana.
“Kita belum menyerah akan apapun,” ujar Trump seraya menambahkan bahwa dirinya menantikan pertemuan kembali dengan Korut di masa mendatang. “Mereka memiliki potensi yang luar biasa, sulit dipercaya,” imbuhnya.

“Dia ingin denuklirisasi, tapi dia hanya ingin melakukan area yang kurang penting dari apa yang kita inginkan,” kata Trump mengenai Kim Jong-Un.

Sebelum memulai pertemuan puncak tersebut, Trump mengatakan bahwa dirinya tak ingin terburu-buru untuk mencapai kesepakatan.

“Kita akan lihat, tak perlu terburu-buru, kita ingin melakukan kesepakatan yang tepat,” ujar Trump saat duduk di samping Kim di hotel mewah Metropole di Hanoi, sebelum pertemuan dengan Kim dimulai.

“Saya telah banyak mengatakan sejak awal bahwa kecepatan tidaklah penting bagi saya,” tutur Trump. “Kecepatan tidak penting bagi saya. Apa yang penting adalah bahwa kita melakukan kesepakatan yang tepat,” imbuhnya seperti dilansir CNN, Kamis (28/2/2019).

Adapun Kim Jong-Un mengatakan bahwa dirinya “akan melakukan yang terbaik untuk mencapai hasil yang pada akhirnya hebat, bagus.”

(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

3 Cara Menyetel Gitar Ukulele Untuk Pemula, Belajar Musik dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, musik adalah bagian terpenting dalam hidup yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Hanya dengan mendengarkan musik favorit, hari yang semula kelabu bisa berubah jadi lebih cerah. Maka tak heran jika sehari tanpa mendengarkan musik terkadang membuat semangat hidup berkurang.

Nyatanya, musik memang memiliki segudang manfaat dalam hidup manusia. Misalnya, jika dilihat dari aspek kesehatan. Dikutip Liputan6.com dari laman Inminutes, Kamis (28/2/2019), mendengarkan musik bisa memperbaiki tekanan darah dan detak jantung.

Selain itu, musik juga dapat menjaga otak tetap sehat hingga meningkatkan kemampuan visual dan komunikasi.

Saking banyaknya manfaat musik, tidak sedikit orang yang mempelajari cara memproduksi musik yang enak didengar. Bahkan, tak jarang yang sampai membuat lirik lagu hingga membentuk lagu dengan lirik yang indah. Biasanya, mereka terinspirasi dari kehidupan sehari-hari atau dari kejadian yang tidak sengaja dilalui.

2 dari 6 halaman

Pengertian Gitar Ukulele

Terlebih lagi, alat musik beragam jenisnya sehingga setiap orang bisa memilih jenis alat musik seperti apa yang ingin ditekuni. Salah satunya adalah ukulele.

Ukulele seringkali disebut sebagai gitar mini. Memang benar jika dilihat dari fisiknya, ukulele memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dari gitar pada umumnya. Oleh karena itu, ukulele kerap disebut gitar ukulele oleh banyak orang.

Berbeda dengan gitar pada umumnya, ukulele memiliki tuning sendiri. Keuntungan memilih alat musik ini adalah ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk kamu bawa kemanapun kamu pergi Instrumen musik ini berasal dari Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1879. Meskipun kecil, tapi suara yang dihasilkan sangatlah merdu dan punya keunikan tersendiri.

Nah, bagi kamu yang masih belajar memainkan musik, gitar ukulele bisa kamu pilih untuk melatih jari-jari tanganmu yang penuh bakat itu. Namun, sebelum berlatih memainkan gitar ukulele, kamu harus mengetahui cara menyetel gitar ukulele.

Kira-kira seperti apa caranya? Daripada penasaran, yuk simak cara menyetel gitar ukulele agar kamu bisa memproduksi bunyi-bunyian indah untuk mewarnai hari-harimu, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019).

3 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele

Sebelum mulai menyetel gitar ukulele, kamu harus tahu bahwa ukulele yang umum digunakan terdiri dari dua macam, yaitu ukulele sopran dan tenor. Keduanya memiliki 4 senar dengan pitch GCEA. Secara berurutan dari atas ke bawah, pitch GCEA berlaku untuk senar 4, 3, 2, dan 1.

Pastikan semua senar ukulele kamu telah terpasang dengan baik. Jika belum, kamu bisa mengencangkan ataupun mengendurkan tiap senar dengan pemutar di ujung papan petik.

Kencangkan senar untuk menaikkan nada. Atau kendurkan senar untuk menurunkan nada. Namun, jangan menyetel senar terlalu kencang karena bisa membuat senar putus.

Jika sudah paham dengan urutan senar, selanjutnya kamu cocokkan nada tiap senar agar dapat berbunyi dengan nyaring. Kamu bisa menggunakan alat musik lain, seperti piano.

Bisa juga dengan aplikasi online yang ada di Playstore atau App Store. Sesuaikan bunyi senar ukulele hingga nadanya sama dengan bunyi yang dikeluarkan piano atau melalui aplikasi online.

4 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Aplikasi Online

Jika kamu memilih untuk menggunakan aplikasi online, kamu bisa download aplikasi ‘Ukulele Tuner Free’ di Playstore maupun App Store. Setelah diinstall, mulailah untuk menyamakan nada tiap senar ukulele dengan aplikasi. Saat memetik senar, aplikasi akan menunjukkan apakah nadanya sudah sesuai.

Caranya adalah dengan mengatur posisi senar menggunakan alat pemutar yang berada di samping ujung kepala ukulele hingga menghasilkan bunyi yang sesuai. Kelebihan dari cara pertama ini adalah aplikasi tersebut akan menunjukkan nada yang paling tepat dengan sendirinya.

5 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Piano

Cara menyetel ukulele yang kedua adalah dengan menyamakan nada di tiap tuts piano. Mungkin caranya lebih rumit dari cara pertama menggunakan aplikasi online. Pasalnya, selain harus menyiapkan piano, kamu juga harus menekan tuts piano dengan tanganmu sendiri hingga senar ukulele mengeluarkan bunyi yang sama dengan tuts piano.

6 dari 6 halaman

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Pipa Penyetem

Selain aplikasi online dan piano, kamu juga bisa menggunakan pipa penyetem untuk mengetahui cara menyetel gitar ukulele. Kamu bisa memilih pipa penyetem kromatik atau pipa penyetem yang dibuat khusus untuk ukulele.

Caranya adalah tiup pipa sesuai dengan nada yang kamu butuhkan, lalu petik senar ukulele dan sesuaikan hingga menghasilkan nada yang sesuai.

Nah, itulah tiga cara menyetel gitar ukulele yang bisa kamu lakukan di rumah. Perlu diperhatikan bahwa perubahan suhu ruangan ternyata bisa mempengaruhi setelan ukulele. Maka jangan heran ketika setelan nada ukulele kamu berubah saat kamu membawanya ke luar.

Selain itu, setelan nada ukulele juga tidak akan bertahan lama. Jadi, kamu tidak boleh bosan menyetel gitar ukulele. Usahakan untuk lebih sering mengencangkan senar ketimbang mengendurkannya. Namun, pastikan untuk tidak mengeluarkan tenaga terlalu besar karena senar ukulele bisa putus sewaktu-waktu karena tarikan yang terlalu kencang.


Bertemu Kim, Trump: Tak Perlu Terburu-buru, Kecepatan Tidak penting

HanoiPresiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un akan menggelar pertemuan puncak di Hanoi, Vietnam hari ini. Pertemuan ini dimaksudkan sebagai tindak lanjut dari pertemuan puncak mereka tahun lalu di Singapura.

Pertemuan bersejarah di Singapura itu hanya menghasilkan tak lebih dari dokumen yang secara samar-samar menyebutkan tentang “denuklirisasi penuh” dan para pengamat mengatakan langkah-langkah konkret perlu dilakukan pada pertemuan kedua mereka di Hanoi ini.

Namun Trump mengatakan kepada para wartawan, bahwa dirinya tidak terburu-buru, seraya mengatakan bahwa hasil-hasil akan dicapai dalam waktu yang lebih lama.

“Kita akan lihat, tak perlu terburu-buru, kita ingin melakukan kesepakatan yang tepat,” ujar Trump saat duduk di samping Kim di hotel mewah Metropole di Hanoi.

“Saya telah banyak mengatakan sejak awal bahwa kecepatan tidaklah penting bagi saya,” tutur Trump. “Kecepatan tidak penting bagi saya. Apa yang penting adalah bahwa kita melakukan kesepakatan yang tepat,” imbuhnya seperti dilansir CNN, Kamis (28/2/2019).

Adapun Kim Jong-Un mengatakan bahwa dirinya “akan melakukan yang terbaik untuk mencapai hasil yang pada akhirnya hebat, bagus.”

Hal tersebut disampaikan keduanya sebelum memulai pembicaraan resmi mereka mengenai denuklirisasi.

Kim mengatakan kepada para wartawan, banyak orang yang skeptis akan pertemuan kedua pemimpin tersebut.

“Saya yakin mereka semua akan menyaksikan momen kami duduk bersama, berdampingan, seakan mereka sedang menyaksikan film fantasi,” ujar Kim.

Trump mengatakan, meski keduanya akan akan mendapatkan “keberhasilan fantastis”, namun dia tak bisa menyebutkan apa hasil dari KTT hari ini nantinya.

“Saya yakin dalam tahun-tahun mendatang, kami akan banyak bersama-sama,” ujar Trump.

Kedua pemimpin akan mengadakan pertemuan resmi pagi ini sebelum menandatangani deklarasi pada pukul 14.00 waktu setempat. Trump kemudian akan menggelar konferensi pers sebelum bertolak meninggalkan Vietnam pada Kamis malam nanti. Sementara Kim masih akan berada di Vietnam untuk kunjungan kenegaraan sebelum bertolak pulang pada akhir pekan ini.

(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Percikan Air Terjun Tumpak Sewu Segarkan Pagi di Lumajang

Lumajang – Kabupaten Lumajang, sebelumnya terkenal sebagai salah satu pintu masuk untuk mendaki Gunung Semeru. Atau puncak B29, yang dikenal sebagai Negeri di Atas Awan. Kini, ada satu lagi destinasi wisata yang tak bisa dilewatkan. Air terjun Tumpak Sewu namanya, atau biasa disebut Niagara ala Indonesia.

Air terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu, atau grojogan sewu, adalah sebuah air terjun dengan tinggi sekitar 120 meter.

Air terjun Tumpak Sewu, memiliki formasi unik. Karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai dan melingkar mirip air terjun Niagara di Amerika Serikat. Karena itulah, air terjun ini termasuk tipe air terjun Tiered.

Lokasi air terjun Tumpak Sewu, ada di dalam sebuah lembah curam. Memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

Dari segi debit air, air terjun Tumpak Sewu memang kalah dengan air terjun Niagara di Amerika Serikat. Namun dari segi keindahan panorama dan sejuknya suasana di sekitar air terjun, tak tergantikan.

Sepanjang mata memandang tampak hijau dan segar. Gemericik suara air dari kejauhan, turut menyumbangkan suasana tenang pada pengunjung yang datang. Hiruk pikuk perkotaan seketika hilang, berganti dengan suasana nyaman dan tenang.

Serupa dengan air terjun Niagara yang terletak di perbatasan Amerika Serikat–Kanada, air terjun Tumpak Sewu juga berada di perbatasan Kabupaten Lumajang–Kabupaten Malang.


Baca berita menarik lainnya di Times Indonesia.

2 dari 2 halaman

Peraih Penghargaan

Sebagai informasi, karena keindahan itu, air terjun Tumpak Sewu meraih podium pertama Anugerah Wisata Jawa Timur 2018, besutan Pemprov Jatim. Lalu berturut–turut posisi kedua wisata Gunung Kelud di Kabupaten Kediri dan ketiga wisata Watu Rumpak di Kabupaten Madiun.

Meski berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, tetapi wisata air terjun Tumpak Sewu umum dijangkau melalui Kabupaten Lumajang. Melalui jalan nasional rute 3 lintas selatan, Jawa Timur.

Air terjun Tumpak Sewu sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, berupa minibus. Bus-bus dengan rute Lumajang-Malang atau sebaliknya. Biasanya beroperasi mulai pukul 07.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB.

Di samping air terjun Tumpak Sewu, di sekitar lokasi tersebut ada juga wisata lainnya yang tidak kalah menarik. Wisatawan bisa menikmati wisata petualangan seperti arung jeram atau wisata jalur offroad di lereng Gunung Semeru. Otomatis, wisatawan yang datang tak hanya bisa bersantai atau memanjakan mata, tetapi dapat juga merasakan wisata adrenalin.

Keberadaan air terjun Tumpak Sewu ini, membuat daftar lokasi wisata yang wajib dikunjungi di Kabupaten Lumajang semakin panjang.


Simak video pilihan berikut ini:

Cara Membuat Origami Burung Bangau dengan Praktis dan Menarik

Liputan6.com, Jakarta Origami merupakan keterampilan membuat bermacam-macam bentuk benda dengan menggunakan kertas origami atau kertas lipat. Keterampilan ini berasal dari Jepang.

Kertasnya yang mudah dibentuk, memudahkan pengguna untuk membuat sesuatu yang unik, menarik tapi simpel. Cara membuat origami ini sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, asalkan dia memiliki keterampilan dan keuletan.

Kata origami sendiri terdiri dari kata ‘ori’ yang artinya ‘lipat’ dan ‘kami’ yang artinya ‘kertas’. Sekitar tahun 741 Masehi, tradisi melipat kertas mulai mulai berkembang di Jepang. Ini berawal dari seringnya masyarakat Jepang membuat penutup botol sake (arak Jepang) dari kertas yang dilipat.

Dengan berkembangnya zaman, seni melipat kertas asal Jepang atau origami menjadi sangat populer dan banyak diminati masyarakat dunia dan tidak terkecuali di Indonesia. Bukan hanya melatih keterampilan tangan, membuat origami juga mengasah kreativitas yang kamu miliki.

Salah satu bentuk origami yang sering dibuat adalah origami burung. Ada bermacam-macam jenis origami burung yang bisa kamu buat dengan kertas origami. Salah satu bentuk origami yang paling sering dibuat adalah origami burung bangau. Berikut liputan6.com rangkum cara membaut origami burung bangau Rabu, (27/2/2019).

2 dari 7 halaman

Cara membuat origami burung bangau tahap pertama

Siapkan selembar kertas origami. Biasanya kertas origami ada yang berbentuk persegi dan persegi panjang. Jika kamu memiliki kertas origami persegi panjang, ubahlah kertas itu menjadi bentuk persegi sama sisi dengan melipat sudut atas ke bawah secara diagonal.

Kamu bebas untuk memilih kertas origami dengan warna apa pun. Namun, sebaiknya pilihlah kertas bermotif berwarna-warni, karena dengan kertas warna-warni kepakan sayap burung akan semakin indah.

Jika kertas memiliki warna yang berbeda pada kedua sisinya, tentukan sisi mana yang menghadap ke atas dan sisi mana yang menghadap ke bawah.

Jika kertas kamu memiliki warna yang sama di kedua sisinya, buatlah tanda atau gambar kecil untuk mengenali kedua sisi tersebut. Sisi yang menghadap meja adalah sisi yang akan kamu lihat ketika burung selesai dibuat.

3 dari 7 halaman

Cara membuat origami burung bangau tahap kedua

Setelah persiapan kertas selesai, cara membuat origami burung bangau selanjutnya adalah buatlah lipatan diagonal. Mulailah dengan meletakkan kertas persegi tersebut di depan kamu, dengan sudut bawah kertas menunjuk ke dada kamu.

Pertemukan sudut atas kertas ke sudut bawah, kemudian gunakan jari untuk menegaskan lipatan. Sekarang kertas telah berbentuk segitiga yang sudutnya menghadap ke kamu. Kemudian buka kembali lipatan tersebut sehingga kertas kembali berbentuk persegi.

4 dari 7 halaman

Cara membuat origami burung bangau tahap ketiga

Cara membuat origami burung bangau dengan membaut lipatan diagonal yang lain. Putar posisi kertas dan buatlah lipatan lagi, kali ini pertemukan sudut yang lain dengan sudut di seberangnya. Pertegas lipatan kedua dengan jari. Kedua lipatan tersebut akan membentuk huruf X pada kertas.

5 dari 7 halaman

Cara membuat origami burung bangau tahap keempat

Lipatlah kertas menjadi dua secara horizontal. Letakkan kertas di depan kamu dengan posisi tepi bawah kertas sejajar dengan dada. Lipatlah kertas menjadi dua, pertemukan tepi atas kertas dengan tepi bawahnya. Pertegas lipatan dengan jari. Buka kembali lipatan tersebut sehingga kertas kembali berbentuk persegi.

Lipatlah kertas menjadi dua sekali lagi. Putarlah kertas ke samping dan lipatlah menjadi dua sekali lagi, kemudian pertegas lipatan tersebut dengan jari. Buka kembali lipatan tersebut. Sekarang kamu telah memiliki empat bekas lipatan yang berpotongan di tengah kertas persegi.

6 dari 7 halaman

Cara membuat origami burung bangau tahap kelima

Jepitlah sisi-sisinya untuk membentuk persegi yang lebih kecil. Jepitlah kedua sisi kertas sepanjang lipatan horizontal, pertemukan sudut kiri dan kanan menuju sudut bawah. Kedua sisinya akan bertemu di tengah, dan sudut atasnya akan terlipat menumpuk di atasnya untuk membentuk persegi yang lebih kecil.

Lipatlah sisi kanan. Dengan sudut bawah kertas mengarah ke dada kamu, lipatlah lapisan depan kertas dari sudut kanan ke dalam sehingga tepinya sejajar dengan lipatan tengah.

Lipatlah sisi kirinya. Lakukan hal yang sama dengan melipat lapisan depan kertas dari sudut kiri ke dalam sehingga tepinya sejajar dengan lipatan tengah. Gunakan jari untuk mempertegas lipatan.

7 dari 7 halaman

Cara membuat origami burung bangau tahap keenam

Balikkan kertas untuk membuat lipatan yang sama. Sekarang kertas terlihat seperti layang-layang di kedua sisinya. Bukalah layang-layang tersebut. Arahkan posisi kertas sehingga sudut bawahnya (bagian yang lipatannya dapat dibuka untuk memperlihatkan bagian dalamnya) mengarah ke dada.

Balikkan kertas. Ulangi lipatan tadi pada sisi yang lain. Bukalah layang-layang yang ada di sisi belakang kertas.

Lipatlah kedua bagian yang berada di bawah ke atas secara diagonal. Bukalah lipatan tersebut sehingga kertas kembali berbentuk wajik. Balikkan kertas dan bukalah lipatan. Lipatlah ujung salah satu bagian diagonal kertas ke bawah.

Lipatan terbalik ini akan membentuk kepala. Lipatlah salah satu sayap ke bawah. Balikkan sisi burung tersebut. Tariklah ekor untuk mengepakkan sayap. Dan selesai deh.