Babak I: Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam Masih Sama Kuat

Jakarta Hingga 45 menit berakhir, Timnas Indonesia U-23 masih bermain imbang 0-0 dengan Vietnam pada kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (24/3/2019). 

Vietnam menguasai jalannya pertandingan babak pertama. Serangan demi serangan cepat dilakukan oleh Ha Duc Chinh dkk. meski lini pertahanan Timnas Indonesia U-23 terus berhasil menghalau serangan Vietnam.

Berulang kali Timnas Indonesia U-23berusaha lepas dari tekanan dan membangun serangan. Namun, permasalahan seperti yang terjadi di laga kontra Thailand kembali terulang. Belum sampai ke area pertahanan Vietnam, Tim Garuda Muda kerap kehilangan bola karena intersep yang dilakukan pemain Vietnam.

Beberapa upaya dilakukan oleh Tim Garuda Muda untuk mencari peluang. Tembakan jarak jauh dan dua tendangan bebas yang dilepaskan oleh Luthfi Kamal menjadi peluang yang bisa didapatkan Timnas Indonesia U-23. Namun, hingga lima menit jelang babak pertama usai, tak ada peluang yang benar-benar bagus untuk mencetak gol ke gawang Vietnam.

Sejumlah peluang diciptakan Vietnam di akhir babak pertama. Beberapa peluang Vietnam sempat membuat Satria Tama tampak tegang, tapi masih mampu memperlihatkan permainan yang bagus dalam menghalau tembakan lawan.

Hingga babak pertama berakhir, Vietnam maupun Timnas Indonesia U-23 belum berhasil memaksimalkan peluang yang mereka miliki.

KNKT: Isi Rekaman CVR Lion Air PK-LQP Tidak Sama dengan yang Beredar

Jakarta – Isi rekaman cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP diungkap oleh sumber-sumber kepada media internasional. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut informasi sumber itu tidak sama dengan isi CVR yang kini ada di tangan KNKT.

“Di media telah beredar berita yang menyebut sebagai isi dari CVR penerbangan JT 610 dan penerbangan JT043. KNKT menyampaikan bahwa hasil download CVR merekam sejak persiapan penerbangan JT610 sampai dengan akhir penerbangan. Penerbangan JT043 sudah terhapus (overwritten) sehingga sudah tidak ada di CVR. KNKT juga menyampaikan bahwa isi rekaman CVR tidak sama dengan apa yang beredar di media, sehingga menurut KNKT isi berita itu adalah opini seseorang atau beberapa orang yang kemudian dibuat seolah-olah seperti isi CVR,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam jumpa pers di Kantor KNKT, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

CVR berisi percakapan di dalam kokpit pesawat. CVR Lion Air PK-LQP sendiri ditemukan pada Januari 2019 yang kemudian diserakan ke KNKT.

KNKT: Isi Rekaman CVR Lion Air PK-LQP Tidak Sama dengan yang Beredar Foto: Jumpa pers KNKT soal CVR Lion Air PK-LQP (Lisye/detikcom)

Soerjanto mengatakan KNKT telah berdiskusi dengan Boeing dan FAA mengenai sistem Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS). Tetapi, hasil investigasi kecelakaan Lion Air PK-LQP belum akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Terkait seluruh hasil investigasi ini akan disampaikan oleh KNKT pada final report yang dijadwalkan akan dipublikasikan pada bulan Agustus atau September 2019,” ungkapnya.

Berawal dari Laporan Eksklusif Reuters

Informasi soal isi rekaman CVR sebelumnya diungkap Reuters dalam laporan eksklusifnya pada Rabu (20/3). Informasi itu berdasarkan keterangan tiga orang sumber yang mengetahui isi CVR. Reuters sendiri tidak memiliki rekaman maupun transkrip dari isi CVR.

Sumber Reuters menceritakan kepanikan di kokpit ketika pesawat mulai mengalami masalah. Pilot meminta kopilot mengecek buku pegangan referensi cepat yang berisi ceklis untuk peristiwa abnormal.

Dalam 9 menit berikutnya, sistem pesawat memberi tahu pilot bahwa pesawat dalam kondisi stall dan mendorong hidung pesawat ke bawah sebagai responsnya. Pilot berusaha untuk menaikkan hidung pesawat tetapi komputer masih salah mendeteksi stall. Akibatnya, hidung pesawat terdorong ke bawah oleh sistem trim pesawat. Normalnya, trim berguna untuk menyesuaikan permukaan pesawat sehingga tetap terbang lurus.

Di penghujung penerbangan sebelum jatuh, pilot meminta kopilot untuk menerbangkan pesawat sementara dia mengecek buku panduan untuk mencari solusi. Sekitar satu menit sebelum pesawat hilang dari radar, pilot meminta ATC untuk mem-clear-kan lalu lintas sekitarnya di bawah 3.000 kaki dan meminta ketinggian 5.000 kaki yang kemudian disetujui. Sumber-sumber Reuters mengatakan ketika pilot masih berusaha menemukan prosedur yang tepat dalam buku pegangan, kopilot tidak dapat mengendalikan pesawat Lion Air PK-LQP itu.

Tonton juga video KNKT Klarifikasi Pernyataan Lion Air PK-LQP Tak Laik Terbang:

[Gambas:Video 20detik]

(imk/fjp)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gusti Randa Plt Ketum PSSI, Polri Harap Kerja Sama Berantas Match Fixing

Jakarta – Gusti Randa resmi menjabat Plt Ketum PSSI. Polri berharap Gusti dapat bekerja sama dengan Satgas Antimafia Bola Polri dalam memberantas praktik match fixing atau kasus dugaan pengaturan skor.

“Harapannya, Plt Ketua Umum PSSI bisa bekerja sama dengan Satgas Antimafia Bola untuk memberantas match fixing yang terjadi di liga-liga,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2019).

Dedi juga menitipkan harapan agar PSSI dapat membawa persepakbolaan Indonesia mengukir prestasi tertinggi di bawah kepemimpinan Gusti.

“Kemudian setelah itu prestasi persepakbolaan di Indonesia dapat dilihat di kancah internasional dengan peraihan tertinggi, mengikuti Piala Dunia yang akan datang,” ucap Dedi.

“Dan bisa meraih yang terbaik tidak hanya di tingkat ASEAN, tapi juga di tingkat dunia,” sambung jenderal bintang satu itu.

Dedi mengaku optimistis terhadap majunya sepakbola Indonesia selama semua pihak berkomitmen memberantas match fixing.

“Kami optimistis Indonesia bisa meraih prestasi itu sepanjang semangat komitmen bersama dalam rangka memberantas match fixing itu sampai ke titik nadir,” tandas Dedi.

Gusti Randa resmi ditunjuk sebagai Plt Ketua Umum PSSI hari ini. Langkah tersebut diambil dengan diskresi Joko Driyono dan sesuai dengan Statuta PSSI.

“Mungkin siang tadi, saya sudah menerima surat tembusan dari Pak Joko Driyono, yang isinya ada dua: yang pertama, penugasan untuk menjadi Ketum PSSI untuk menjalankan kegiatan sehari-hari PSSI. Yang kedua, melakukan langkah-langkah menuju KLB (kongres luar biasa),” ujar Gusti saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).
(aud/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

5 Pelatih yang Kembali ke Klub Sama dalam Semusim

Chris Hughton saat ini sedang melakukan pekerjaan yang bagus di Premier League bersama Brighton dan Hove Albion. Namun pada 2008, sebelum ia menjadi manajer tetap, Hughton adalah bagian dari staf pelatih Newcastle di bawah manajer Kevin Keegan.

Pada musim 2008/09, Newcastle memecat Keegan setelah menjalani start yang buruk dan Hughton ditunjuk sebagai manajer sementara. Namun, The Magpies menelan kekalahan dalam empat pertandingan pertamanya dan dia mengundurkan diri.

Joe Kinnear kemudian mengambil alih setelah Hughton mengundurkan diri. Namun, Newcastle terancam terdegradasi setelah mereka hanya menang lima, imbang sepuluh kali dan kalah sebelas kali di bawah asuhannya. Pada bulan Februari, Kinnear harus dirawat di rumah sakit karena masalah jantung dan Hughton ditunjuk kembali sebagai manajer sementara.

Tugas kedua Hughton pada musim yang sama hanya berlangsung selama enam pertandingan di mana mereka hanya memenangkan satu pertandingan, imbang dua kali dan kalah tiga kali. Dengan degradasi semakin mendekat, Hughton kemudian digantikan oleh legenda klub Alan Shearer. Namun, dengan hanya satu kemenangan, dua hasil imbang dan lima kekalahan di bawah Shearer, Newcastle benar-benar turun kasta.

Musim berikutnya, Hughton kembali ditunjuk sebagai manajer sementara. Namun, setelah start yang mengesankan di Championship, ia menjadi manajer permanen dan memimpin tim kembali ke Premier Legue sebagai pemenang Championship dengan 102 poin.

Hadapi Ma’ruf Amin di Debat, Sandi: Yang Muda Harus Sopan Sama Kiai

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno menegaskan tak akan tampil menyerang saat berhadapan dengan Ma’ruf Amin di debat ketiga Pilpres 2019. Dia menghormati Ma’ruf Amin dan akan bersikap sopan.

“Harus lah (santun). Yang muda harus sopan sama Kiai,” ujar Sandiaga di Lapangan Basket Bulungan, Jalan Bulungan, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3/2019).

Dia mengatakan, debat antar cawapres ini bukan untuk saling serang, melainkan berdiskusi gagasan program kerja 5 tahun mendatang. Sehingga, bisa meyakinkan masyarakat untuk menetapkan pemimpin di periode yang baru.

“Oh nggak (menyerang). Kiai kok di debat? Ini itu forum diskusi. Kita kan nggak bisa melepas status beliau sebagai ulama besar. Kita hormati beliau. Kita mendapatkan yang terbaik dari beliau dan memberikan diferensiasi pendekatan Pak Jokowi seperti apa, pendekatan Prabowo-Sandi seperti apa,” ujar Sandi.

Di debat nanti, Sandi fokus membahas soal ekonomi kreatif dan ekonomi berbasis budaya. Dia menuturkan RI punya kekayaan seni dan budaya yang harus didorong untuk berkontribusi kepada ekonomi Indonesia.

“Persiapannya menyerap aspirasi dari masyarakat. Kita adalah negara yang kaya raya akan seni dan budaya. Ada aktor film dan artis juga, Kita harapkan mereka memberikan suatu dorongan agar ekonomi kreatif kita bisa meningkat kontribusinya kepada ekonomi Indonesia,” ujar Sandi.

“Sekarang (tingkat ekonomi) ini di bawah 12 persen dan ujungnya adalah kesejahteraan pekerja seni dan hadirnya pemerintah untuk memfasilitasi. Ekonomi berbasis budaya akan membuka peluang anak-anak muda kita lapangan kerja,” lanjut dia.

Mantan Wagub DKI ini tidak keberatan dengan format baru debat Pilpres 2019 soal tambahan waktu. Baginya, adanya tambahan waktu memberi kesempatan untuk meyakinkan masyarakat memilih kubu 02.

“Setuju aja. Setuju tambah waktu. Bisa ada interaksi yang mendalam. Punya kesempatan meyakinkan masyarakat yang belum menjatuhkan pilihan atau belum bisa memilih secara mantap,” ujar Sandi.
(idn/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Teken Kerja Sama, Pertamina Pasok BBM untuk 6 BUMN Ini

Liputan6.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero) memperkuat kemitraan strategis untuk kegiatan operasional dan pengembangan bisnis perusahaan dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

BUMN tersebut adalah perusahaan yang tergabung dalam holding industri pertambangan BUMN (Inalum, Bukit Asam, Aneka Tambang, dan Timah), perusahaan pengelola bandara (Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II) serta Garuda Indonesia

Komitmen tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja sama Strategis tentang Acuan Harga Bahan Bakar Minyak yang ditandatangani oleh Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra dan Direktur Layanan Strategis Inalum Ogi Prastomiyono, Direktur Pemasaran Antam Tatang Hendra, Direktur Niaga Bukti Asam Adib Ubaidillah, Direktur SDM & Umum Timah Muhammad Rizki. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno di Kantor Kementerian BUMN, Kamis 14 Maret 2019.

“Ini adalah suatu langkah yang sangat penting sehingga kita bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa. Dengan sinergi antar BUMN ini diharapkan efisiensi bisa bertambah, BUMN makin untung dan pelayanan ke masyarakat bisa makin optimal serta bisa memberikan kemakmuran bagi rakyat Indonesia,” kata Menteri BUMN, Rini Soemarno di kantornya, Kamis (14/3/2019).

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati menuturkan, melalui kerja sama ini Pertamina akan memberikan layanan terbaik dalam memasok BBM untuk para perusahaan-perusahaan tersebut.

“Dengan varian produk yang lengkap dan berkualitas serta layanan yang komprehensif melalui layanan Vendor Held Stock (VHS) dan Franco, Pertamina telah berpengalaman memasok kebutuhan BBM banyak perusahaan di Indonesia. Karena itu kami berterimakasih atas kepercayaan para perusahaan ini sekaligus menjadi bukti nyata sinergi BUMN,” ujar dia.

Nicke menambahkan, perjanjian kerja sama dengan holding BUMN Pertambangan ini berlaku selama lima tahun untuk jenis Biosolar dan Marine Fuel Oil 180 (MFO 180) sebanyak 25.000 KL/bulan dan akan meningkat menjadi 40.000 KL/bulan.

Menanggapi kerja sama ini, Direktur Layanan Strategis Inalum, Ogi Prastomiyono mengatakan, sinergi dengan Pertamina dilakukan sejalan dengan rencana bisnis Inalum yang terus mendorong efisiensi and produktivitas perusahaan baik untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri maupun ekspor. 

“Upaya tersebut merupakan bukti nyata berjalannya sinergi BUMN antara Holding Industri Pertambangan dengan Pertamina. Inalum dengan Pertamina – Bersama dengan Anggota Holding Pertambangan terus meningkatkan produksi termasuk program hilirisasi industri pertambangan sehingga kebutuhan BBM akan semakin meningkat. Dengan kerja sama ini, perseroan dapat melakukan efisiensi sekaligus mendapat jaminan pasokan BBM sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan dengan harga yang kompetitif,” ujar Ogi.

Kemenristekdikti: Indonesia Innovation Day 2019 Minimal Hasilkan 5 Kerja Sama

Kemal menjelaskan, dalam pelaporan Indeks Daya Saing yang dikeluarkan oleh World Economic Forum (WEF), terdapat beberapa kriteria yang menunjukkan masih rendahnya kapasitas Indonesia. Kriteria tersebut antara lain kelembagaan, daya inovasi, dan tingkat kesiapan teknologi yang dihasilkan lembaga riset Indonesia.

“Guna mendorong peningkatan dari ketiga kriteria tersebut, maka beberapa upaya tengah dilaksanakan, antara lain dengan menggalang peningkatan mutu produk inovasi yang dihasilkan sehingga mampu mendorong kesiapan teknologi pada skala produksi-industri,” tuturnya.

Indonesia ID 2019 sendiri merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan setelah Indonesia ID 2017 pada tanggal 27 September 2017 di HighTech Campus Eindhoven Belanda, dan Indonesia ID 2018 pada 26 Oktober 2018 di Universitas Kobe, Jepang.

Rangkaian agenda Indonesia ID 2019 terdiri dari public presentation dari produk unggulan oleh lembaga Pusat Unggulan iptek (PUI) dan Kawasan Sains dan Teknologi (KST), Pameran produk unggulan, Business Match Making, dan Kunjungan pada lndustri dan Lembaga Litbang yang terkait, serta penandatanganan kerja sama internasional.

Lingkup produk inovasi yang akan dihilirkan pada Indonesia ID 2019 mencakup bidang Pangan Pertanian (Food Agriculture), Kesehatan Obat (Health Care), Sosial, Budaya, dan Humaniora (Social, Culture, ond Humaniora), Telekomunikasi, lnformasi, dan Komunikasi, Material Maju (Advance Moterial, Kemaritiman (Maritime).

Ethiopian Airlines Jatuh, Jenis Pesawatnya Sama dengan Lion Air JT 610

Jakarta – Kabar duka datang dari dunia penerbangan. Pesawat Ethiopian Airlines jatuh 6 menit setelah lepas landas.

Mengutip AFP, pesawat ini lepas landas pada Minggu (10/3/2019) pukul 08.38 waktu setempat. Pesawat hilang kontak 6 menit berselang atau pukul 08.44.

Pesawat dengan tujuan Nairobi itu membawa 149 penumpang dan 8 kru di dalamnya.

Yang menarik perhatian, pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh ialah Boeing 737 MAX 8. Pesawat ini sejenis dengan pesawat Lion Air yang jatuh pada Oktober 2018 silam.

Berikut serba-serbi soal Ethiopian Airlines dan Boeing 737 MAX 8 seperti dirangkum detikFinance:

(ang/ang)

Jenis Pesawat Ethiopian Airlines yang Jatuh Sama dengan Lion Air PK-LQP

Jakarta – Pesawat Ethiopian Airlines jatuh tak lama setelah lepas landas. Mengutip Reuters, pesawat yang jatuh ialah Boeing 737 MAX 8.

Jenis pesawat ini masih familiar dengan masyarakat Indonesia. Lantaran, belum lama terjadi insiden pesawat jatuh Lion Air. ang menggunakan jenis pesawat yang sama.

Jenis pesawat yang digunakan Ethiopian Airlines ini sama dengan pesawat Lion Air yang jatuh pada Oktober 2018 lalu. Pesawat Lion Air yang jatuh juga berjenis Boeing 737 MAX 8.

Dalam catatan detikFinance, kronologi jatuhnya pesawat hampir sama, yakni sama-sama tak lama setelah lepas landas. Pesawat Lion Air dengan nomor JT 610 rute penerbangan Cengkareng-Pangkal Pinang jatuh 13 menit setelah lepas landas.
Tak lama setelah kecelakaan tersebut, pihak Lion Air memberi keterangan yang cukup mengagetkan. Lantaran, pesawat yang jatuh itu adalah pesawat baru dan layak operasi.

“Pesawat dengan registrasi PK-LQP jenis Boeing 737 MAX 8. Pesawat ini buatan 2018 dan baru dioperasikan oleh Lion Air sejak 15 Agustus 2018. Pesawat dinyatakan laik operasi,” tulis keterangan Lion Air, 29 Oktober 2018 silam.

Pesawat itu mengangkut 178 penumpang dewasa, satu penumpang anak-anak, dan dua penumpang bayi. Ada tiga pramugari sedang pelatihan dan satu teknisi.

Pesawat dikomandoi Capt Bhavye Suneja dengan co pilot Harvino bersama enam awak kabin atas nama Shintia Melina, Citra Noivita Anggelia, Alviani Hidayatul Solikha, Damayanti Simarmata, Mery Yulianda, dan Deny Maula.

“Kapten pilot sudah memiliki jam terbang lebih dari 6.000 jam terbang dan co pilot telah mempunyai jam terbang lebih dari 5.000 jam terbang,” lanjut keterangan tersebut.

Seperti diketahui, Pesawat Ethiopian Airlines tujuan Nairobi jatuh dengan 149 penumpang dan 8 kru di dalamnya. Pesawat dengan nomor penerbangan ET 302 itu jatuh di dekat kota Bishoftu, 62 Km tenggara ibu kota Addis Ababa.

Dilansir dari Reuters, Minggu (10/3/2019), pesawat berjenis Boeing 737-800 MAX dengan nomor registrasi ET-AVJ itu terbang dari Bole Airport di Addis Ababa pada 8.38 waktu setempat. Pesawat hilang kontak 6 menit setelah lepas landas. (zlf/zlf)

Karena Rashford Sama Bagusnya dengan Mbappe

ManchesterMarcus Rashford jadi pahlawan kemenangan Manchester United atas Paris St-Germain. Rashford membuktikan kualitas tak kalah dengan Kylian Mbappe.

Rashford menanjak performanya sejak MU ditangani Ole Gunnar Solskjaer setelah kesulitan di awal musim ini. Dari total 11 gol dan sembilan assists yang dibuat musim ini, tujuh gol dan empat assists di antaranya terjadi pada era Solskjaer.

Ia juga baru saja menjadi penentu kemenangan MU saat melakukan comeback gemilang melawan Paris Saint-Germain di leg kedua 16 besar Liga Champions. Penalti Rashford di menit ke-94 membuat MU lolos dengan unggul agregat gol tandang 3-3.

Mantan bek MU, Phil Neville, menganggap Rashford memiliki kualitas hebat di usianya yang baru 20 tahun, tak kalah dengan Mbappe yang memang menjadi sensasi dalam dua tahun terakhir.

Mbappe dianugerahi pemain muda terbaik Piala Dunia 2018 dan Pemain Muda Terbaik Dunia 2018. Musim ini pun, Mbappe tampil luar biasa dengan torehan 29 gol dan 15 assists di semua ajang bersama PSG.

Jika dibandingkan dengan Rashford, Mbappe memang unggul jauh secara statistik. Tapi, Neville meyakini level Rashford tak jauh dari Mbappe.

“Saya sudah mengatakan ini sekitar delapan bulan lalu. Dan saya punya kepercayaan bahwa Rashford punya kemampuan yang setara dengan Mbappe. Dia sebagus itu,” ujar Neville seperti dilansir Sportskeeda.

“Marcus adalah pemain yang sangat sangat spesial. Dia punya kelas dunia. Dia arogan dan angkuh. Inggris dan Manchester United sangat beruntung memiliki seseorang yang punya keberanian, keteguhan hati, dan kecepatan untuk menjadi pemain top,” sambungnya.

“Dia terus berkembang menjadi lebih baik. Hanya langit batasnya.”

Sebelumnya Solskjaer bergabung, Rashford memang terlihat belum mampu memaksimalkan potensi karena tak dimainkan sebagai striker utama seperti sekarang. Tapi, Neville percaya seringnya Rashford menjadi winger di era Jose Mourinho memberikan manfaat tersendiri bagi lulusan akademi Setan Merah tersebut.

“Apa yang dia lewati bersama Jose Mourinho, terkait perubahan posisi dan disiplin, sebenarnya membantu dia dalam jangka panjang,” katanya.

“Dia benar-benar mendapat keuntungannya sekarang. Apa yang didapatinya (para era Mourinho) membuat dia mampu menghadapi situasi negatif dan terus melaju. Dia benar-benar pemain spesial,” demikian Neville.

(mrp/nds)