Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami Ini Mudah, Bisa Langsung Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Seni melipat kertas atau origami adalah seni tradisional yang sudah ada sejak dulu di Jepang. Origami kemudian berkembang menjadi tren hingga saat ini. Origami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari dua kata, yaitu ori dan kami. 

Jika diartikan satu per satu, ori memiliki artian lipat. Sedangkan kami memiliki arti kertas. Jadi origami berarti lipat kertas. Awal mula kemunculan origami sendiri pun banyak atau bervariasi dalam ragam cerita.

Namun bukti paling kuatnya, origami diklaim berasal dari Negara Jepang. Di Jepang sendiri, hampir seluruh penduduk mengetahui cara dan bisa membuat origami. Kegiatan ini sudah menjadi budaya dan kegiatan rutin bagi penduduk Jepang, bahkan di Jepang kegiatan ini dijadikan ajang perlombaan serta karya seni lainnya.

Kesenian ini menggunakan bahan kertas yang berbentuk persegi. Lalu kertas tersebut dilipat dan dibentuk hingga menyerupai hewan atau benda tertentu seperti katak, kapal, balon, burung, dan bentuk lainnya.

2 dari 5 halaman

Tradisi Jepang turun temurun

Origami merupakan seni melipat kertas yang sering dilakukan di Jepang, maka origami dikenal oleh banyak orang sebagai bagian dari budaya Jepang yang berkembang secara turun temurun. Sampai akhirnya origami dikenal oleh banyak orang dari berbagai Negara.

Dan seni melipat kertas ini pun dikenalkan dan diajarkan di sekolah-sekolah karena dapat meningkatkan kreativitas. Tapi nggak hanya anak-anak sekolah saja yang bisa membuat kerajinan dari kertas ini. Tak jarang orang-orang dewasa pun suka dengan seni melipat kertas ini.

Bagaimana tidak, soalnya dengan kertas origami ini bisa banyak dijadikan aneka ragam bentuk. Hasil karya dari kertas origami itu bisa dijadikan pernak-pernik atau dekorasi ruang di rumah.

Nah, kali ini Liputan6.com, Kamis (28/2/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara membuat bunga dari kertas origami. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah, karena alat dan bahan yang digunakan juga sangat mudah.

3 dari 5 halaman

1.  Origami Bunga Sederhana

Ini cara membuat bunga dari kertas origami yang sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas origami, seloptip, dan gunting.

Begini caranya:

– Ambil kertas origami ukuran 6”x6”, corak menghadap atas.

– Lipat secara diagonal dalam kedua arah. Pastikan untuk meluruskan sudut dan lipatan dengan tajam. Lipatan yang seharusnya adalah membentuk ‘X’.

– Balik kertas. Lipat dari kiri ke kanan, dan buka kembali.

– Kemudian lipat dari atas turun ke bawah. Kertas kamu seharusnya berbentuk persegi panjang.

– Dengan sayap terbuka di dasar, dorong dengan lembut ujung kiri atas dan kanan atas dari kertas.

– Lipatan di tengah kertas akan terangkat. Keempat sudut akan bertemu di dasar.

– Kamu akan memiliki kertas dengan bentuk wajik persegi.

– Ratakan bentuk wajik. Pastikan ada satu sayap atas di sisi kiri dan satu sayap atas di sisi kanan.

– Putar wajik 180 derajat, hingga sayap yang terbuka ada di atas.

– Lipat bagian bawah kiri dan bawah kanan dari wajik menuju lipatan tengah. Hal ini akan membentuk lipatan seperti laying-layang.

– Balikkan wajik ke sisi belakang, dan ulangi lipatan yang kamu buat pada sisi depan.

– Buka daun bunga dengan pegang ujung atas dari laying-layang.

– Tarik dan lipat ke bawah kira-kita ¾ dari jarak ke bawah laying-layang. Lakukan dengan ibu jari dan jari telunjuk, tekan bagian tengah dari bunga untuk membentuk lipatan kuat.

– Atur daun bunga di sisi sampai pada posisi yang kamu inginkan. Pengaturan dapat dibuat pada semua daun dengan menjepit dasar bunga dekat tangkai.

– Gunakan gunting untuk membulatkan atau membuat bergerigi pinggir bunga. Pinggiran bulat akan membuat bunga menjadi bunga pansy.

4 dari 5 halaman

2. Origami Bunga Bakung  

Selanjutnya cara membuat bunga dari kertas origami, yaitu bunga bakung. Begini cara mudahnya:

Membuat Kelopak Bunga Bakung

–  Siapkan kertas origami sesuai dengan yang kamu inginkan.

–  Letakkan kertas origami dengan sisi corak atau warna menghadap ke bawah.  

–  Lipat kertas menjadi dua bagian secara diagonal untuk membentuk segitas besar.

–  Lipat sudut kiri bawah ke sudut kanan bawah, membentuk segitiga yang lebih kecil.

–  Buka kembali segitiga yang lebih kecil.

–  Lipat daun bunga dengan mengambil sudut kiri dari segitiga dan lipat ke atas dari lipatan di tengah.

– Sudut ini akan memanjang melebihi sisi pinggir dari segitiga yang asli dan kurang lebih memiliki tinggi yang sama dengan ujung atasnya.

– Ulangi lipatan ini pada sisi kanan. Coba dengan membuat lipatan ini simetris dengan lipatan yang ada di kiri.

–  Singkirkan bunga terlebih dahulu.

Membuat Tangkai Bunga Bakung

–  Letakkan kertas yang kamu ingin gunakan untuk tangkai dengan sisi corak atau warna menghadap ke bawah.

–  Lipatlah kertas menjadi dua bagian secara diagonal.

–  Buka lipatan dan posisikan kertas agar terlihat seperti wajik persegi.

–  Tarik ujung kanan menuju nlipatan di tengah.

–  Cocokkan sisi kanan dari kertas pada lipatan di kanan, pastikan ujung bawah juga lurus.

–   Ulangi dengan sudut kiri.

–   Kalau sudah selesai, kertas kamu akan terlihat seperti laying-layang.

–   Lipat sisi kanan dan kiri menuju lipatan di tengah. Pastikan ujung bawah tepat dan tajam. Lapisan ini harus berada di tengah dan harus rapat.

–  Lipat ujung kanan atas ke bawah menuju lipatan di tengah. Ulangi dengan ujung kiri atas. Lapisan di antara dua sayap ini juga haru srapat.

–  Lipat bagian atas dari laying-layang ke bawah sehingga lipatan berada di atas dua pertiga dari bagian bawah laying-layang.

–   Lipat sisi kiri ke atas sisi kanan mencocokkan semua sisinya. Segitiga yang lebih pendek dan berisi akan sebagai daunnya.

– Putar tangkai sehingga ujung-ujungnya menhadap ke atas. Ambil

Menggabungkan Bunga dan Tangkai Bakung

– Potong sedikit kertas bagian bawah bunga hingga membentuk lubang kecil.

– Masukkan ujung tangkai ke dalam lubang.

– Beri selotip bunga pada tangkai untuk mencegah bungah jatuh.

5 dari 5 halaman

3. Origami Bunga Unik Lainnya

Cara membuat bunga dari kertas lainnya adalah bunga unik. Caranya juga cukup mudah:

Alat dan Bahan:

–  Gunting

–   Lem

–  Kartas origami

Langkah Membuat

–   Bagi kertas origami menjadi dua bagian hingga membentuk segita.

–  Setelah itu satukan kedua ujung hingga membentuk kerucut dengan satu ujung lancip.

–  Setelah itu lem kedua sisi tersebut agar tidak lepas.

–   Buatlah bentuk tersbeut menjadi beberapa buah.

–   Setelah itu, susun bagian demi bagian agar membentuk bunga yang kamu inginkan.

–  Selesai.

Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan, Cukup dengan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Sebagai mahkota pada wanita, rambut menjadi salah satu bagian penting untuk menghasilkan penampilan yang sempurna. Tapi masalah pada rambut pun sering dialami oleh sebagian besar wanita yaitu kerontokan rambut.

Tentu saja jika mengalami rambut rontok secara berlebihan akan merasa ketakutan. Oleh karena itu banyak orang yang mencari cara mencegah rambut rontok agar mereka tak mengkhawatirkannya lagi.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sabagai cara mencegah rambut rontok. Penyebab rambut rontok pun bermacam-macam. Akan tetapi kerontokan pada rambut yang masih bisa dibilang normal ialah jika kamu mengalami kerontokan rambut sebanyak 40 hingga 120 helai. Namun kamu harus berhati-hati jika mengalami kerontokan lebih dari itu.

Meskipun masih bisa dibilang normal, akan tetapi jika mengalami kerontokan cukup banyak pasti akan mempengaruhi penampilan serta kepercayaan diri.

Cara mencegah rambut rontok pun pasti banyak dilakukan oleh kaum hawa, salah satunya bisa jadi dengan melakukan perawatan atau hair treatment yang tentu saja bisa mengurusa isi kantong.

Namun sebenarnya cara mencegah rambut rontok yang berlebihan bisa kamu lakukan dengan bahan alami. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019), berikut ini faktor penyebab rambut rontok serta cara mencegah rambut rontok menggunakan bahan alami yang bisa kamu praktikkan di rumah.

2 dari 3 halaman

Faktor penyebab rambut rontok

Sebelum mengetahui bagaimana cara mencegah rambut rontok, kamu juga perlu mengetahui apa saja penyebab rambut rontok. Beberapa orang memiliki permasalahan rambut rontok dengan penyebab yang berbeda. Akan tetapi faktor eksternal menjadi penyebab dari rambut rontok yang mungkin sangat umum.

Selain itu, faktor internal seperti perubahan hormon pun dapat memicu adanya kerontokan pada rambut. Berikut ini beberapa faktor penyebab kerontokan pada rambut.

1. Faktor keturunan

Penyebab kerontokan rambut yang pertama sering kali diakibatkan karena faktor keturunan ataupun genetik. Maksudnya ialah jika orangtua kamu memiliki masalah rambut rontok, maka kamu pun memiliki kemungkinan mengalami rambut rontok. Meskipun banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut, akan tetapi untuk faktor genetik lebih banyak dialami oleh kaum pria.

2. Kehamilan

Pada wanita yang sedang hamil, mereka akan lebih sering mengalami kelelahan, dehidrasi serta ketidakseimbangan hormon. Hal ini lah yang bisa mengakibatkan peningkatan pada kepekaan folikel rambut.

Jika folikel rambut mengalami peningkatan kepekaan, maka kondisi kulit kepala pun cenderung tidak sehat. Ini pula yang bisa mengakibatkan kerontokan pada rambut.

3. Perubahan hormon

Perubahan hormon sering terjadi pada kaum wanita terutama saat sedang mengalami siklus menstruasi. Perubahan pada hormon inilah yang mengakibatkan kerontokan pada rambut. Hal ini dikarenakan adanya pelemahan di akar rambut serta peningkatan kepekaan pada folikel rambut.

4. Pengobatan dan perawatan

Terlalu sering menggunakan produk perawatan pun tidak dianjurkan. Karena produk perawatan dari dokter pun tetap memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya.

Apabila kamu sering melakukan perawatan dengan menggunakan alat yang cukup panas untuk membentuk model rambut, maka rambut kamu akan sangat cepat mengalami kerusakan dan juga kerontokan.

Selain itu, jika kamu sedang menjalankan proses pengobatan secara terus-menerus maka kemungkinan besar efek yang akan ditimbulkan ialah mengalami kerontokan rambut atau kebotakan.

5. Stres fisik dan mental

Faktor kerontokan pada rambut berikutnya ialah stres. Jika kamu mengalami stres fisik dan mental secara terus menerus maka bisa mengakibatkan turunnya berat badan secara berlebihan.

Selain itu kerja fisik yang terlalu berat pun bisa menyebabkan tubuhmu kelelahan dan juga dehidrasi. Tentu saja kedua hal ini bisa mempengaruhi pada gizi ataupun nutrisi yang terserap pada rambut. Hingga pada akhirnya kamu bisa mengalami kerontokan dengan sangat cepat.

3 dari 3 halaman

Cara mencegah rambut rontok

Jika kamu telah mengetahui faktor penyebab rambut rontok, maka tak ada salahnya kamu juga perlu mengetahui cara mencegah rambut rontok secara alami.

Karena cara mencegah rambut rontok yang berlebihan menggunakan bahan alami, justru akan menambah nutrisi pada rambut. Berikut ini beberapa cara mencegah rambut rontok menggunakan bahan alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Lidah buaya

Kandungan dalam lidah buaya memang sangat tinggi akan nutrisi, maka tak heran jika lidah buaya digunakan sebagai salah satu cara mencegah rambut rontok. Kandungan pada lidah buaya pun dipercaya bisa merangsang pertumbuhan rambut. Cara mencegah rambut rontok menggunakan lidah buaya pun cukup mudah.

Sebelumnya kamu perlu membasahi rambut terlebih dahalu, kemudian tunggu hingga setengah kering. Kemudian usapkan lendir yang ada pada lidah buaya ke akar rambut.

Diamkan 15 hingga 20 menit agar nutrisi yang ada pada lidah buaya bisa terserap hingga ke akar rambut. Setelah itu, bilas menggunakan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, sebaiknya gunakan 2 hingga 3 kali dalam seminggu secara teratur.

2. Buah Alpukat

Buah alpukat yang kaya akan protein dan juga lemak ini sang bagus bila digunakan untuk mencegah rambut rontok. Kandungan protein pada buah alpukat ini pun dipercaya bisa merangsang pertumbuhan rambut dan juga menguatkan akar rambut.

Cara mencegah rambut rontok dengan alpukat pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan daging buah kemudian balurkan pada rambut dan juga kulit kepala. Diamkan kurang lebih 20 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Untuk hasil yang optimal, lakukan perawatan secara rutin.

3. Jambu Biji

Buah yang kaya akan vitamin B3, B5 dan B6 ini ternyata ampuh untuk memperbaiki rambut rusak serta mengurangi kerontokan pada rambut. Kamu bisa menggunakan jambu biji sebagai masker. Caranya kamu hanya perlu menghaluskan buah jambu biji serta rambahkan satu putih telur.

Setelah itu aduk hingga tercamput rata kedua bahan tersebut. Kemudian oleskan pada arambut hingga akarnya. Diamkan kurang lebih 40 menit dan oihajt kulit kepala secara halus. Setelah itu kamu bisa membilasnya hingga bersih.


4. Yoghurt

Selain sehat bagi pencernaan ternyata yoghurt pun sangat bagi untuk menutrisi rambut. Terutama bagi kamu yang memiliki jenis rambut kering. Salah satu penyebab rambut rontok ialah kurangnya nutrisi, dan yoghurt bisa membantu mengembalikan nutrisi yang hilang.

Cara penggunaannya kamu hanya perlu mencampurkan yoghurt, madu dan juga minyak kelapa. Kemudian aduk ketiga bahan tersebut hingga merata, setelah itu oleskan pada rambut sampai ke akar rambut. Diamkan kurang lebih 30 menit dan setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

5. Bawang putih

Siapa yang bakal mengira jika bawang putih bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok? Ternyata salah satu bumbu dapur ini juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mencegah rambut rontok.

Cara menggunakannya pun mudah dilakukan, kamu hanya perlu menghaluskannya untuk dijadikan masker rambut. Namun saat membilas dengan air, kamu harus benar-benar membersihkannya hingga bersih serta menggunakan shampo.

Hal ini karena menggunakan bawang putih sebagai masker bisa meninggalkan aroma cukup menyengat pada rambut kamu.

Tanpa Faedah, 11 Remaja Usil Menyamar Jadi Pocong di Pinggir Jalan

Liputan6.com, Pangkajene Kepulauan – Sebanyak 11 pocong gadungan diamankan aparat kepolisian di Jalan Poros Biring Kassi, Desa Bulu Cindea, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan pada Jumat 22 Februari 2019 jelang tengah malam.

Ke-11 pocong gadungan itu merupakan Anak Baru Gede (ABG) yang iseng menakut-nakuti pengendara yang melintas di jalan tersebut. Kesebelas remaja itu adalah ATG (15), YM (15), RS (15), MS (15), AJ (17), ALM (15), EG (13), IK (13), MA (16), YS (16),  dan AD (14).

“Mereka semua kita amankan karena menyamar jadi pocong dan menakuti pengendara yang lewat,” kata Kapolsek Bungoro, Kompol Asfa saat dikonfirmasi Rabu, 27 Februari 2019.

Asfa menjelaskan saat itu dia dan anggotanya sedang melakukan patroli rutin dan mendapati remaja-remaja itu mengenakan pakaian layaknya pocong. Asfa juga menjalaskan bahawa dia khawatir para remaja itu ada niat jahat atas aksinya itu.

“Kita berikan teguran dan peringatan jangan sampai mereka berniat jahat terhadap pengendara yang lewat, tapi setelah kami interogasi satu per satu ternyata tidak ada (niat jahat),” ucapnya.

Sementara itu, YS (16) salah seorang remaja yang melakukan aksinya nyamar jadi pocong itu menjelaskan bahwa tindakan tersebut murni hanya untuk iseng belaka. Dia juga mengaku kalau pura-pura menjadi pocong ini baru pertama kali mereka lakukan.

“Tidak, tidak ada kita mau berbuat jahat. Ini cuma iseng. Baru pertama, sebelumnya tidak pernah, eh malah ada polisi yang lewat akhirnya gagal,” kata dia.


Saksikan video pilihan menarik berikut:


5 Rekomendasi Olahraga untuk Tingkatkan Stamina Pria Dewasa

Jakarta – Sudah sah menikahi Syahrini di salah satu masjid di Jepang, Reino Barack selama ini memiliki hobi olahraga yang cukup menantang, seperti boxing. Dilihat dari laman Instagramnya, Reino sangat rutin berlatih boxing dan terlihat cukup menekuninya.

Bukan hanya untuk kebugaran tubuh, latihan boxing yang di dalamnya juga terdapat latihan berbagai gerakan olahraga, ternyata bisa membantu pria tahan lama lho di ranjang.

Mau tahu gerakan olahraga apa saja yang bisa buat pria tahan lama dalam bercinta? Simak rangkuman detikHealth dari berbagai sumber ini. (wdw/up)

Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Tanpa Obat untuk Tubuh Ideal

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh yang indah memang menjadi idaman setiap orang. Namun, tubuh yang indah belum tentu masuk kategori tubuh ideal. Pasalnya, banyak orang yang terlihat langsing dan indah dipandang, namun ternyata berat badan dan tinggi badan tidak sesuai dengan kategori tubuh ideal. 

Jika biasanya bertebaran cara menguruskan badan, kali ini cara menggemukkan badan nampaknya akan sesuai untuk Anda yang memiliki berat badan di bawah rata-rata. Anda yang memiliki postur tubuh yang kurus biasanya akan kurang nyaman dalam berpakaian. 

Tak hanya itu, tidak ada orangtua yang menginginkan anaknya tumbuh dengan tubuh yang kurus. Kurus sering ididentikkan dengan tubuh lemah dan akan mudah terserang penyakit. Meski hal itu tak sepenuhnya benar.  Misalnya yang terjadi pada wanita yang siklus menstruasinya terganggu karena berat badan yang turun drastis. Maka dari itu, kesehatan memang menjadi tujuan utama semua orang agar bisa hidup dengan bahagia.

Layaknya perjuangan menurunkan berat badan, menggemukkan badan juga dapat dilakukan Anda yang memiliki badan yang kurang ideal. Untuk itu, Liputan6.com paparkan cara menggemukkan badan secara alami tanpa konsumsi obat-obatan tertentu, yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

2 dari 7 halaman

1. Konsumsi Makanan Tinggi Nutrisi

Menggemukkan badan bukan berarti Anda harus makan segala jenis makanan agar berat badan bisa naik. Pasalnya, makanan yang asal pilih mengandung berbagai macam kandungan yang justru malah membahayakan tubuh. Untuk itu, pilih makanan yang mengandung kalori, protein serta karbohidrat untuk menyeimbangkan berat badan dan kesehatan tubuh.

Kalori

Perbandingan asupan kalori yang masuk dalam tubuh harus lebih banyak daripada kalori yang terbakar. Setidaknya dalam sehari Anda harus mengonsumsi kalori kurang lebih 7.000-10.000 kalori.

Buah-buahan seperti kurma dan alpukat memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi, yaitu masing-masing 282 Kkal dan 160 Kkal. Selain kedua buah tersebut, buah seperti pisang, anggur, mangga, pir, apel juga mengandung tinggi kalori.

Anda juga bisa tambahkan keju parut ke atas roti, atau menyandingkan telur dadar dengan sup ayam. Namun, perlu waspada juga untuk takarannya, karena kalori yang berlebih bisa menyebabkan diabetes.

Protein

Untuk menggemukkan badan dan memperkuat otot, pilihan makanan bersumber protein harus diperhatikan. Anda bisa mulai mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti telur, daging, ikan, susu, ataupun biji-bijian.

Perlu Anda ketahui bahwa tubuh membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram/berat badan (kg)/hari untuk membentuk otot baru. Karenanya, jika Anda konsumsi lebih banyak protein yang berkualitas, maka proses pembentukan otot pun akan berjalan dengan baik.

Karbohidrat

Cara menggemukkan badan secara alami dan sehat tanpa obat, salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat. Banyaknya konsumsi karbohidrat ini bakal memicu lebih banyak asupan kalori yang diperlukan tubuh untuk menambah berat badan.

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi berupa nasi, kentang, singkong, ubi jalar, gandum, sampai tepung. Namun, seperti makanan lainnya, hindari konsumsi secara berlebihan, demi menjaga kesehatan organ tubuh lain.

3 dari 7 halaman

2.  Makan Porsi Kecil, Tapi Sering

Kebanyakan orang berpikir bahwa banyak makan akan meningkatkan berat badan. Padahal, banyak makan secara berlebihan justru dapat menyebabkan sakit perut. Sakit perut bisa berupa masalah pencernaan atau rusaknya organ tubuh karena tidak mampu menampung makanan yang terlalu banyak jumlahnya.

Apalagi, kebiasaan makan sebelumnya tidak pernah sebanyak itu. Alhasil, alih-alih menggemukkan badan, Anda justru harus dirawat di rumah sakit dan meminum obat karena tubuh mengalami eror.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mengubah pola pikir banyak makan menjadi makan porsi kecil, namun sering. Cara menggemukan badan yang kedua ini dilakukan dengan makan berkali-kali dengan porsi yang sedikit. Dengan cara ini, diharapkan organ pencernaan dapat beroperasi secara teratur hingga akhirnya meningkatkan berat badan Anda.

4 dari 7 halaman

3.  Konsumsi Jus atau Smoothies

Tak hanya makanan saja yang bisa berpengaruh pada berat badan. Pasalnya, minum jus juga bisa jadi salah satu cara menggemukkan badan secara alami dan sudah pasti sehat.

Selain jus buah-buahan, Anda juga bisa konsumsi smoothies untuk sarapan setiap pagi. Dua minuman ini cocok untuk menggemukkan badan karena nutrisi lebih mudah diserap jika tekstur makanan lebih halus.

5 dari 7 halaman

4.  Konsumsi Camilan Sehat

Makan lebih sering tidak berarti harus mengonsumsi nasi dan lauk-pauknya lima kali sehari. Anda bisa juga menambahkan camilan di sela kegiatan. Di kantor, Anda bisa menyediakan buah-buahan di meja agar mudah dijangkau sebagai alternatif cara menggemukkan badan.

Misalnya, Anda bisa mencoba camilan sehat seperti roti tawar yang diolesi selai kacang atau irisan pisang yang ditemani segelas susu. Susu yang dimaksud tidak harus susu murni.

Anda juga bisa mengonsumsi olahannya, seperti yogurt, puding, dan bahkan es krim. Selain sebagai camilan, Anda bisa meminumnya sebagai minuman penutup sesudah makan siang.

6 dari 7 halaman

5. Rutin Olahraga

Olahraga tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Lebih tepatnya, olahraga ini dilakukan untuk menuju hidup yang lebih sehat.

Olahraga secara rutin justru merupakan salah satu cara ampuh menggemukkan badan yang patut Anda coba. Setelah lelah berolahraga, nafsu makan tentu akan meningkat, dan tubuh bisa mendapatkan asupan kalori lebih banyak.

7 dari 7 halaman

6. Kunyah Makanan Sampai Halus

Layaknya smoothies ataupun jus buah, mengunyah makanan sampai halus bisa masuk ke dalam salah satu cara menggemukkan badan secara alami. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makanan yang memiliki tekstur lebih halus akan diserap dengan mudah oleh tubuh sehingga bisa menaikkan berat badan.

Terbebani Harga Avtur, Air Asia Rugi Rp 998 Miliar

Liputan6.com, Jakarta – PT AirAsia Indonesia Tbk (AAID) mencatatkan kenaikan pendapatan 54 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp 1,32 triliun dari Rp 1,02 triliun pada periode yang sama di tahun lalu.

Meski begitu, perseroan mengalami kerugian sebesar Rp 998 miliar. Beban usaha ini disebabkan pelemahan nilai mata uang rupiah dan juga tingginya harga avtur.

Adapun total avtur di tahun 2018 naik 53 persen dengan harga avtur rata-rata sebesar USD 85 per barel dibandingkan harga rata-rata 2017 sebesar USD 64 per barel.

Beban usaha lainnya seperti biaya sewa, pemeliharaan, dan perbaikan pesawat juga meningkat disebabkan oleh pelemahan rupiah dan tambahan pesawat pada kuartal IV-2018.

“2018 merupakan tahun yang sangat penuh tantangan bagi operasional kami. Profitabilitas kamu juga sangat terdampak oleh meningkatnya biaya operasional yang didorong oleh peningkatan harga minyak dunia dan pelemahan rupiah sepanjang tahun,” ujar Direktur Utama PT AirAsia Tbk Dendy Kurniawan di Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Dia melanjutkan, pada tahun ini, dirinya optimistis dapat memperbaiki kinerja perseroan dan memperbesar pangsa pasar yang tanda-tanda perbaikanya telah terlihat di awal tahun 2019.

“Dengan kondusifnya lingkungan usaha, serta penurunan harga bahan bakar dan penguatan nilai mata uang rupiah, kami berencana untuk membuka hub baru di Lombok dan menambah 3 unit pesawat ke dalam armada kami sejalan dengan perluasan operasi ke bagian Timur Indonesia,” jelas dia.

2 dari 2 halaman

Pertamina Turunkan Harga Avtur

PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis avtur yang berlaku pada 16 Februari 2019 mulai jam 00.00 waktu setempat.

Media Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita mengatakan, Pertamina secara rutin melakukan evaluasi dan penyesuaian harga avtur secara periodik, yaitu sebanyak dua kali dalam sebulan.

Untuk periode 16 Februari 2019, harga avtur mengalami penurunan dibandingkan periode sebelumnya.

“Harga baru avtur ini sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM No. 17 Tahun 2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Avtur yang Disalurkan Melalui Depot Pengisian Pesawat Udara,” kata Arya, Di Jakarta, Sabtu (15/2/2019).

Arya mencontohkan, harga avtur (published rate) untuk Bandara Soekarno Hatta Cengkareng mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 8.210 per liter menjadi Rp .7.960 per liter.

Harga ini lebih rendah sekitar 26 persen dibandingkan harga avtur (published rate) di Bandara Changi Singapura yang terpantau per tanggal 15 Februari 2019 sekitar Rp 10.769 per liter.

“Penyesuaian harga avtur dilakukan dengan mempertimbangkan rata-rata harga minyak dunia, nilai tukar rupiah dan faktor lainnya,” tuturnya.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita dan Makanan yang Perlu Dikonsumsi

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan tubuh menjadi kewajiban bagi setiap orang. Tak melihat itu pria atau wanita. Setiap orang wajib menjaga kesehatan tubuhnya agar tetap selalu bugar dan memiliki kondisi tubuh yang optimal.

Namun, dalam praktik menjalankan atau menjaga kesehatan tubuh, antara pria dan wanita memiliki perbedaan. Menjaga kesehatan pria dan wanita memiliki caranya masing-masing untuk agar tetap sehat. Menjadi berbeda karena porsi kebutuhan antara pria dan wanita berbeda.

Kesehatan wanita perlu selalu dijaga dan dirawat setiap saat. Ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang berbeda dengan cara pria untuk menjaga kesehatannya. Faktor yang menjadikan pembeda kesehatan wanita adalah anatomi tubuh pada wanita khususnya yang terkait dengan kesehatan alat reproduksi.

Berikut Liputan6.com, rangkum dari berbagai sumber Rabu (27/2/2019) terkait cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang perlu diketahui. Selain itu, ada juga makanan yang perlu kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh wanita.

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

Berikut ini cara menjaga kesehatan tubuh wanita yang bisa kamu terapkan.

1. Menerapkan Hidup Sehat

Kamu perlu membiasakan hidup sehat mulai saat ini. Menjadi hal wajib, karena dengan menerapkan hidup yang sehat, akan bantu kamu menangkal terjadinya stress. Cara menjaga kesehatan tubuh wanita ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan, menjaga pikiran dari hal-hal negatif, menjaga kebersihan tubuh, dan juga kebersihan pakaian yang dikenakan.

2. Memperhatikan Pola Makan

Salah satu cara menerapkan hidup sehat, bisa kamu lakukan dengan pola makan yang seimbang. Ini merupakan kunci dalam menjaga kesehatan tubuh wanita agar tetap sehat dan bugar. Menghindari konsumsi makanan yang tidak baik bagi tubuh seperti minuman bersoda, makanan cepat saji, gorengan, dan selalu memperhatikan asupan gizi maka kamu akan selalu sehat.

3. Hindari Stres Berlebihan

Kesehatan tubuh kamu juga bisa terjadi melalui faktor psikis, loh. Oleh karena itu, pentingnya untuk menghindari stress yang berlebihan guna menjaga tubuh kamu tetap sehat bugar dan juga fit.

Hal yang bisa kamu terapkan adalah coba untuk selalu berbaik sangka dan berpikir positif. Kalau kamu selalu berpikir yang baik-baik dan tidak buruk sangka pada orang, maka kamu dapat menghadapi masalah dengan mudah dan stress pun tidak akan terjadi.

4. Olahraga dengan Teratur

Melakukan olahraga dengan rutin dan teratur setiap hari dapat menjaga kondisi tubuh kamu agar tetap sehat, loh. Karena tubuh mu perlu digerakkan agar otot-otot dapat bergerak dan merangsang tubuh agar tetap bugar. Selain itu, dengan melakukan olahraga teratur dan rutin, kamu akan memiliki berat badan yang ideal.

5. Hindari Kebiasaan Buruk

Jika kamu termasuk yang suka merokok atau mengonsumsi alkohol, sebaiknya mulai kurangi dan berhenti untuk mengonsumsinya. Kebiasaan buruk seperti merokok dan suka mengonsumsi alkohol membawa pengaruh yang tidak bagi kesehatan.

Sempatkan diri untuk meluangkan waktu setiap harinya dengan melakukan relaksasi. Bila memungkinkan, lakukan juga pemeriksaan rutin ke dokter untuk mengontrol kesehatanmu. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati.

3 dari 4 halaman

Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Wanita

1. Pepaya

Memiliki kandungan beta-karoten dan likopen, yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker leher rahim dan payudara. Ya, kedua penyakit paling mematikan bagi para wanita. Dengan mengonsumsi papaya secara rutin, kamu akan terhindar dari risiko penyakit jantung. Karena kandungan antioksidannya dapat membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah dari lonjakan drastis sebagai akibat penuaan.

2. Alpukat

Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh wanita. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa diet alpukat dapat membantu menghilangkan lemak perut dan melindungi mata serta kulit, loh.

3. Buah Beri-berian

Buah beri-berian seperti blueberry, raspberry, dan blackberry ternyata memiliki manfaat yang baik untuk wanita, loh. Buah yang mengandung flavonoid dan antioksidan ini berfungsi untuk melindungi sel-sel sehat dari kerusakan.

Buah ini cocok juga buat kamu yang sudah memasuki usia lanjut, karena mampu menjaga ketajaman otak agar tidak mudah lupa atau pikun.

4 dari 4 halaman

Konsumsi makanan sehat secara rutin

4. Edamame

Mengandung banyak serat dan lemak baik yang dapat menjaga fungsi organ tubuh wanita agar tetap bekerja secara maksimal. Tidak hanya itu, edamame yang juga mengandung isoflavon, senyawa yang mirip dengan estrogen yang bisa menjadi teman saat usis menopause. Pasalnya, edamame sangat membantu mengatasi sensasi panas dalam tubuh saat menopause.

5. Brokoli

Kandungan sulforaphane, yang merupakan zat kimia yang dapat membantu menurunkan kelebihan estrogen dalam tubuh sehingga mencegah risiko kanker. Kandungan vitamin dan mineralnya juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C, vitamin A, serat, folat, kalsium, zat besi, dan kalium. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 500 gram brokoli dalam seminggu.

6. Kacang

Kalau kamu memiliki masalah hipertensi atau diabetes, sebaiknya kamu mengonsumsi kacang-kacangan. Kaya akan serat dan rendah lemak, akan memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah. Kamu bisa mengonsumsi kacang merah, kacang kenari, atau kacang alamond.

7. Yogurt

Kandungan kalsium pada yogurt bantu kamu agar terhindar dari osteoporosis. Ya, sumber kalsium terbaik terletak pada susu. Namun jangan khawatir buat kamu yang tak bisa mengonsumsi susu. Kamu bisa menggantinya dengan yogurt, karena sumber kalsiumnya tak kalah penting dari susu.

Terungkap! Ini Dia Orang yang Paling Sering Bagi-bagi Harta

Jakarta – Memberikan sumbangan dan bantuan kepada orang lain memang sebaiknya tidak diumbar ke publik. Namun The Chronicle of Philanthropy mencatat orang-orang yang paling banyak memberikan sumbangan.

Dari data yang sudah dikumpulkan pun terungkap bahwa Jeff dan MacKenzie Bezos merupakan orang yang menyumbangkan harta paling banyak di dunia ini.

Pendiri sekaligus CEO Amazon itu bersama calon mantan istrinya sudah menyumbangkan US$ 2 miliar (Rp 28 triliun) ke yayasan yang bergerak membantu para tunawisma.

Sumbangan disalurkan melalui melalui ‘Bezos Day One Fund’ yang dibentuk pada September 2018 lalu. Pasangan ini sudah memutuskan untuk berpisah bulan lalu, namun tetap berkomitmen untuk bekerja sama di yayasan kemanusiaan itu.

Jumlah sumbangan dari 50 orang penyumbang terbesar yang tercatat di The Chronicle of Philanthropy turun 50% dibandingkan tahun lalu, turun dari US$ 14,7 miliar di 2017 menjadi hanya US$ 7,8 miliar di 2018.

Pada posisi kedua penyumbang terbesar ada pebisnis Michael Bloomberg yang menyumbangkan US$ 767 juta. Pierre dan Pam Omidyar berada di posisi ketiga dengan sumbangan US$ 392 juta.

Sementara di posisi keempat ada CEO Blackstone Stephen Schwarzman dengan nilai sumbangan US$ 390 juta. Bill dan Melinda Gates yang berada di posisi puncak pada 2018 kini turun ke posisi 12.

Sumbangan yang diberikan Bill dan Melinda tahun 2018 jumlahnya US$ 138 juta. Mark Zuckerberg and Priscilla Chan juga turun peringkat dari posisi 2 di 2017 menjadi posisi 7 tahun lalu.

Jumlah uang yang disumbangkan Mark dan Priscilla sebesar US$ 312,6 juta di 2018, sebelumnya mencapai US$ 2 miliar di 2017.

“Beberapa miliuner tidak selalu masuk daftar Philanthropy 50 karena tidak rutin memberikan sumbangan dalam jumlah besar. Banyak juga yang namanya tidak mau disebut setelah memberikan sumbangan,” kata publikasi The Chronicle of Philanthropy yang dikutip CNN, Rabu (27/2/2019).

(ang/fdl)

Cara Senam Kegel Bagi Pria dan Wanita Serta Sederet Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang mungkin jarang mendengar istilah senam kegel. Namun bagi sebagian orang, senam kegel sendiri merupakan hal yang biasa terutama bagi para wanita. Hal ini dikarenakan senam kegel memang lebih sering dilakukan oleh wanita. Namun rupanya senam kegel bisa juga dilakukan oleh pria.

Cara senam kegel bagi pria dan wanita sebenarnya mudah dilakukan. Bahkan kamu bisa mencobanya tanpa bantuan instruktur.

Senam kegel sendiri merupakan sebuah senam untuk melatih otot dasar panggul. Senam kegel sendiri saat ini pun sudah semakin populer dan ramai dikalangan pria dan wanita. Meskipun cara senam kegel ini sebenarnya dilakukan bagi para wanita yang baru melahirkan. Namun karena memiliki banyak manfaat, para pria dan wanita pun bisa mempraktikannnya.

Senam kegel sendiri terfokus untuk mengencangkan otot panggul bawah. Sehingga meskipun disebut senam, tapi cara senam kegel ini tidak perlu menggerakan anggota tubuh loh. Otot panggul sendiri sering dugunakan untuk mengendalikan urin. Karena itulah, senam ini awalnya ditujuna bagi para wanita yang baru melahirkan. Karena pada wanita yang baru melahirkan, mereka cenderung mengalami masalah inkontinensia urine atau tak bisa menahan kencing.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin ( 25/2/2019) senam ini mulai dikembangkan pada tahun 1940-an oleh seorang dokter spesialis kandungan asal Amerika Serikat, dr. Arnold Kegel. Cara senam kegel yang mudah serta memiliki banyak manfaat terkait kondisi kesehatan termasuk yang menyangkut organ reproduksi membuat senam ini banyak diminati.

2 dari 3 halaman

Manfaat senam kegel

Senam kegel memiliki banyak manfaat bagi pria dan wanita. Apabila kamu sering melakukan senam kegel ini, tentu saja kamu akan mendapatkan perubahan pada tubuhmu. Berikut ini beberapa manfaat jika kamu melakukan cara senam kegel dengan baik dan rutin.

1. Bagi Wanita

– Mempercepat pemulihan vagina setelah melahirkan.

Melakukan senam kegel ini bisa loh membantu kamu untuk meningkatkan kembali sirkulasi darah ke area vagina setelah melahirkan. Tentu saja jika peredaran darah lancar, dan memiliki berbagai nutrisi, hal ini diperlukan untuk meregenarsi sel dan juga jaringan vagina. Karena setelah melahirkan, banyak sel dan juga jaringan vagina yang mengalami kerusakan.

– Merapatkan vagina setelah menjalani persalinan

– Mengatasi wasir (ambeien).

Setelah melahirkan secara normal, jika kamu rutin melakukan senam kegel ini, maka aliran peredaran darahpun akan lancar ke area vagina dan juga dubur.

– Mengencangkan vagina.

Saat memasuki fase menopause pada wanita, vagina pun akan mengundur. Dengan melakuan senam kegel ini, kamu bisa mengencangkan vagina kembali.

2. Bagi Pria

Selain bermanfaat bagi kaum wanita, senam kegel juga memiliki manfaat bagi para pria. Tentu saja jika ingin mendapatkan manfaatnya, kamu sebaiknya melakukan senam kegel ini secara rutin. Bukan hanya satu atau dua kali saja.

– Membantu meredakan inkontinensia urine.

Inkontinensia urine sendiri adalah kondisi seseorang yang tidak bisa menahan buang air kecil. Hal ini terjadi pada pria dan juga wanita. Melakukan senam kegel sendiri dirasa berhasil untuk mengatasi masalah ini.

– Melancarkan peredaran darah dan membantu ereksi lebih kuat.

Dilansir dari Men’s Health, Dr. Sandra Hilton, PT, DPT, seorang dokter terapi fisik di Entropy Fysiotherapy and Wellness di Chicago, Illinois, mengatakan bahwa melakukan senam kegel bisa mengembalikan kekuatan, fleksibilitas, koordinasi serta stamina sang pria. Selain itu sering melakukan latihan dengan cara senam kegel yang benar bisa bantu mengendalikan respon dan funsi seksual menjadi lebih baik.

– Membantu atasi ejakulasi dini.

Dalam International Journal of Andrology, melakukan senam kegel bisa untuk menngatasi ejakulasi dini. Jika kamu melakukan latihan cara senam kegel dengan rutin selama kurang lebih 12 minggu, ini bisa membantu 50% pria dalam mengatasi ejakulasi dini. Tentu saja ini bermanfaat untuk menunda orgasme dan aktivitasa seks yang dilakukan akan lebih memusakan.

– Mencegah masalah pada prostat.

Senam yang melatih otot-otot pada panggul ini bisa juga mengatasi berbagai masalah yang terjadi di sekitar prostat.

3 dari 3 halaman

Cara melakukan senam kegel

Cara senam kegel sendiri terbilang mudah dan praktis. Selain itu terdapat senam kegel yang diperuntukan bagi pria dan juga wanita. Namun perlu diketahui sebelum mulai melakukan senam kegel, sebaiknya kamu mengosongkan kandung kemih terlebih dahulu. Hal ini akan membuat kamu merasa nyaman saat melakukan senam kegel.

1. Cara Senam kegel bagi pria

– Simple Squeeze and Release.

Jika kamu memiliki otot panggung yang lemah, kamu bisa memulainya dengan simple squeeze and release. Kamu hanya perlu mengencangkan otot panggul selama kurang lebih 3 detik, kemudian lepaskan. Kamu bisa melakukan gerakan ini kapan saja, baik pagi, siang atau malam hari. Namun sebaiknya lakukan gerakan tersebut berulang sebanyak 20 kali dalam sehari.

– Menahan buang angin.

Salah satu cara senam kegel yang bisa kamu lakukan ialah membayangkan menahan buang angin. Mempraktikan senam kegel menahan buang angin ini kamu perlu untuk fokus dan juga berkonsentrasi pada kontraksi otot anus. Saat kontraksi terjadi, maka kamu bisa merasakan sensai kencang pada otot tersebut. Jika kamu merasakan adanya sensasi tersebut, itu tandanya senam yang kamu lakukan telah benar.

– Latihan dengan cermin.

Bagi pria bisa mencoba mempraktikan senam kegel menggunakan cermin. Hal yang perlu kamu lakukan ialah mengamati gerakan bagian penis tana menggerakan badan. Latihan ini tentunya bisa meningkatkan otot yang ada diarea tersebut hingga anus. Sebaiknya lakukan latihan ini dalam waktu 5 detik.

– Latihan sambil berhubungan intim.

Kamu juga bisa malakukan senam kegel saat sedang berhubungan seksual dengan pasanganmu. Bahkan kamu bisa meminta pasangan kamu untuk melakukan hal yang sama pada otot panggul, sehingga manfaat dari latihan ini bisa dirasakan kedua pihak.

2. Cara senam kegel bagi wanita

– Tentukan otot yang akan dilatih.

Sebelum memulai latihan senam kegel, ada baiknya untuk mengetahui dimana letak otot yang akan dilatih. Menentukan otot ini bisa kamu lakukan saat buang air kecil, kemudian sentikan sesaat setelahnya kamu akan menemukan otot yang akan dilatih tersebut.

– Kencangkan otot dengan berbaring.

Cara senam kegel yang pertama bisa kamu lakukan dengan berbaring. Kemudian lakukan gerakan seperti ingin buang air kecil dan tahan selama 3 detik setelah itu lepaskan dan istirahatkan selama 3 detik. Ada baiknya jika durasi menahan dan mengistirahatkan tersebut kamu tambah satu detik. Hingga akhirnya kamu menahannya dan mengistirahatkan pada durasi 10 detik. Sebaiknya lakukan latian ini 3 kali sehari dan juga rutin untuk menadapatkan hasil maksimal.

– The relaxer.

Dalam sebuah buku The Sex and Pleasure Book milik Carol Queen,PhD kamu disarankan untuk memeras otot panggul ketika melakukan senam kegel. Kamu bisa melakukannya semampu dan sekencangnya dan tahan selama 2 detik kemudian lepaskan dan rilekskan diri mengan menghembuskan nafas panjang. Melakukan latihan ini pun sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari.

Ahok: Komunikasi Saya dengan Anak-Anak Baik

Liputan6.com, Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok mengatakan akhir-akhir ini banyak isu negatif yang menerpa keluarganya. Ahok menegaskan, hubungan asmaranya dengan Puput Nastiti Devi tak ada kaitannya dengan perceraiannya pada April 2018 lalu.

“Saya tegaskan, bahwa kehidupan saya saat ini tidak ada hubungannya dengan perceraian saya pada April 2018,” kata Ahok dalam sebuah video yang dia unggah dalam akun instagramnya, @basukibtp pada Selasa (26/2/2019).

Ahok juga membantah saat ini hubungannya dengan anak-anaknya renggang setelah perceraiannya dengan Veronica Tan. Menurut Ahok, dia dan anak-anaknya selalui berkomunikasi melalui whatsapp dan video call.

“Semua tuduhan itu sama sekali tidak benar, komunikasi dengan anak-anak baik, komunikasi WA dan rutin komunikasi dengan mereka dengan video call,” kata dia.

Bahkan, kata Ahok, saat bercerai dengan Veronica Tan, semua harta gono gininya dia serahkan kepada ketiga anak mereka.

“Saya juga mengizinkan ibu anak-anak tinggal sama anak-anak, walaupun saya berhak asuh, ketika anak akan memilih, saya memberikan kebebasan,” ujar Ahok.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: