Rutin Bercinta Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta?

Liputan6.com, Jakarta Bagi pasangan suami istri, bercinta bisa membuat hubungan makin dekat, menghilangkan stres, memperbaiki tidur, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, satu lagi yang mungkin Anda tidak tahu, bercinta bisa memperlambat penuaan.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti University of California, Amerika Serikat, meneliti 129 orang yang telah berstatus sebagai ibu. Para partisipan diminta mencatat kepuasan hubungan seksnya. Selain itu, peneliti juga mengambil sampel darah untuk mengetahui indikator penuaan di sel-sel tubuh.

Seperti dikutip laman Reader’s Digest, Selasa (19/3/2019) peneliti menemukan bahwa istri yang bercinta sekali dalam seminggu memiliki telomer yang jauh lebih panjang. Telomer, merupakan tutup pelindung pada DNA yang menentukan umur sel.

Sebenarnya, telomer akan rusak akibat pola makan yang buruk, konsumsi alkohol, dan proses alami yakni penuaan. Namun, hubungan seks yang teratur dapat memperbaiki kerusakan itu, sehingga tetap awet muda.

Telomer yang pendek, menurut peneliti, identik dengan masalah kesehatan serius seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Sementara, telomer yang lebih panjang tampaknya bisa mencegah penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *