Rumah Dahor Zaman Belanda dari Balikpapan

Liputan6.com, Balikpapan – PT Pertamina Unit Pengolahan V Balikpapan memamerkan Rumah Dahor dalam Expo Nusantara 2019 di Taman Mini Indonesia Indah. Rumah Dahor merupakan rumah pekerja kilang minyak zaman Bataafsche Petroleum Matschappij (BPM) tahun 1920 silam.

“Kami ingin pengunjung merasakan atmosfir rumah Dahor di Balikpapan. Konsep booth visualisasi replikasi rumah Dahor,” kata Pjs Region Manager Communication & CSR Pertamina Kalimantan, Cecep Supriyatna, Jumat (19/4/2019).

Rumah Dahor merupakan peninggalan zaman Belanda yang masih terawat dan berdiri di Balikpapan. Pertamina menggandeng komunitas Dahor Heritage untuk merawat dan menjadikan Rumah Cagar Budaya Dahor sebagai destinasi wisata Kota Balikpapan.

Pertamina merawat sembilan rumah Dahor yang berdiri di Jalan Letnan Jenderal Suprapto. Rumah wisata ini sekarang dimanfaatkan sebagai perpustakaan, taman baca, museum mini sejarah Balikpapan hingga sejarah ekplorasi dan ekploitasi migas zaman Belanda hingga sekarang.

Kali ini, rumah sejarah ikut Expo Nusantara bertema rumah budaya bagsa di TMII. Expo ini diselenggarakan di Gedung Sasana Kriya TMII pada 19 hingga 21 April nanti.

Expo Nusantara dibuka Direktur Utama TMII, Tanribali Lamo didampingi oleh Ketua Pembina Yayasan Harapan Kita, Soehardjo. Tidak hanya pameran museum, expo nusantara juga terdiri atas pameran dan instansi pemerintah, kuliner nusantara, dan produk-produk unggulan.

“Tahun ini kali kedua Rumah Cagar Budaya Dahor mengikuti kegiatan pameran di Taman Mini,” ungkap Cecep.

Cecep berharap kedepannya Pemkot Balikpapan turut mendukung pelestarianRumah Cagar Budaya Dahor. Lokasinya berpotensi menjadi destinasi wisata dan masyarakat Balikpapan.

Dalam kunjungannya ke booth Dahor Heritage Balikpapan, Tanribali mengapresasi kepedulian Pertamina menjaga kelestarian sejarah peninggalan Balikpapan. Sebagai perusahaan energi migas, menurutnya, Pertamina pun mengurusi keberlangsungan sejarah Balikpapan.

“Bagus sekali yang dilakukan oleh Pertamina yaitu menjaga dan melestarikan bagian sejarah kota Balikpapan,” ujarnya.

Pun demikian pujian pengunjung siswa SMK 57 Jakarta tentang keberadaan rumah sejarah peninggalan Belanda di Balikpapan.

“Pertamina ternyata banyak hal yang dilakukan. Salah satunya menjadikan asset bersejarah untuk nantinya dijadikan destinasi wisata kota,” ungkapnya.

4 Resep Masakan Udang ala Restoran yang Bisa Dibikin di Rumah, Mudah dan Enak

Thailand kaya akan berbagai menu kuliner yang menarik. Seperti kari udang ala Thailand yang sering disebut Panang Curry ini. Tentunya resep masakan udang yang satu ini juga cocok di lidah orang Indonesia. Yuk, coba. Ini resep masakan udang kari ala Tahiland.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 350 gram udang, buang kepala dan bersihkan,

– 6 lembar daun jeruk, iris dengan halus,

– 2 sdm minyak goreng,

– 1 batang serai, yang dimemarkan,

– Setengah sentimeter lengkuas, yang dimemarkan,

– 2 sendok teh ketumbar,

– 750 ml santan kental,

– 1 sendok teh kulit jeruk lemon parut,

– 1 sendok kecap ikan,

– 1 sendok teh gula merah, yang diserut, dan

– 1 sendok the garam.

Siapkan bumbu halus:

– 5 buah cabai keriting, yang sudah dibuang bijinya,

– 2 siung bawang putih,

– 4 butir bawang merah,

– 1 sendok makan ebi, rendam ke air panas,

– Setengah sendok teh merica.

Cara memasaknya:

1. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus sampai harum,

2. Tambahkan serai, lengkuas, dan ketumbar,

3. Tuangkan santan dan tambahkan kulit jeruk lemon, kecap ikan, gula merah, garam lalu masukkan udang,

4. Masak sampai mengental dan berminyak,

5. Tambahkan daun jeruk,

6. Kemudian angkat dan sajikan.

Cerita Dokter RSJ Kendari, Cegat Pasien Mencoblos yang Hendak Bakar Rumah

Liputan6.com, Kendari – Pasien di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kota Kendari memiliki hak suara pada Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019). Tercatat, ada 6 orang pasien yang namanya masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB) pada TPS 16 yang terletak di samping kompleks rumah sakit di Kelurahan Tobuha Kecamatan Puuwatu Kota Kendari.

Dari jumlah sebanyak ini, terungkap hanya satu orang pasien saja yang diberi kesempatan memilih. Sementara, 6 orang lainnya batal mencoblos karena pertimbangan mendadak yang dikeluarkan pihak rumah sakit.

Tiba-tiba, sesaat sebelum pemilihan keenam pasien terlihat gelisah. Malah, salah seorang diantaranya mengatakan hendak membakar rumah.

Dokter Ahli Jiwa RSJ Kota Kendari, Junuda membenarkan hal itu. Dia menarik kembali rekomendasi karena keenamnya dirasakan berpotensi mengganggu jalannya pemilihan umum.

“Kita batalkan, hanya 1 yang dibolehkan. Sebenarnya lebih dari 7 yang memilih, tapi sebagian sudah dibolehkan pulang ke rumah,” ujar Junuda, Kamis (18/4/2019).

Dia menjelaskan, salah satu alasan dia membatalkan pasiennya memilih karena ada salah seorang pasien yang menyatakan akan membakar rumah sesaat sebelum masuk ke dalam tenda pemilihan. Sehingga, mereka dibolehkan jika ada surat keterangan dokter.

Pasien tersebut, masuk di rumah sakit karena memiliki riwayat membakar rumah miliknya. Tak ingin mengambil resiko, mereka kembali dimasukan di dalam ruangan RSJ.

“Pasien itu kuat-kuat. Mereka itu, jendela dan pintu besi saja mereka bisa kasi rusak, apalagi cuma tenda dan kardus,” ujarnya.

Prabowo Unggul di TPS RSJ Kendari

Pada TPS 04 yang berada di samping RSJ Kendari, pasangan Prabowo-Sandi jauh mengungguli pasangan Jokowi-Ma’ruf. Perhitungan suara selesai dilakukan pada Rabu (17/4/2019) sekitar pukul 15.00 Wita.

Sejak awal pemilihan, beberapa pemilih malah secara terbuka di luar tenda TPS 04 di RSJ Kendari malah mengatakan hendak memilih pasangan Prabowo-Sandi. Terbukti, saat penghitungan suara, nama Prabowo terus disebut oleh panitia KPPS.

Hasil akhirnya, suara Prabowo Unggul 125 suara. Sementara, pasangan Jokowi-Ma’ruf hanya memperoleh 54 suara. Hanya ada satu suara batal karena tidak tercoblos.

Informasi dari KPU, tidak ada data pemilih yang berasal dari RSJ Kendari pada TPS 04 yang terletak di dalam kompleks rumah sakit. Enam orang pemilih dengan gangguan jiwa, terdaftar di TPS 16, yang berlokasi di samping rumah sakit.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Sidang ke-16 perkara dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dihebohkan dengan keberadaan seorang wanita membawa senjata tajam jenis pisau sangkur.

10 Ide Kreatif Dekorasi Rumah Bertema Game of Thrones

Liputan6.com, Jakarta – Sejak hadir menghibur masyarakat di tahun 2011, Game of Thrones telah menjadi film serial di TV yang paling fenomenal.

Masyarakat di seluruh berbagai belahan di dunia telah mengenalnya dan selalu menunggu-nunggu episode berikutnya. Minggu (14/4/2019), baru saja Game of Thrones merilis season akhirnya, yakni season 8. Para penggemar pun berharap bahwa season 8 ini bukan menjadi akhir dari perjalanan panjang film Game of Thrones.

Nah, mungkin beberapa ide dekorasi rumah yang terinspirasi dari Game of Thrones ini bisa menjadi obat kangenmu terhadap serial fenomenal ini, jika season 8 merupakan season akhir penghujung Game of Thrones.

Melansir dari Brightside, Jumat (19/4/2019), berikut ide-ide kreatif dekorasi rumah bertema Game of Thrones.

1. Keset dengan tulisan ala Game of Thrones ini bisa menyambut kamu dan tamu rumahmu setiap hari saat masuk ke dalam rumah. 

2. Kamu bisa merasakan sensasi duduk di kursi kerajaan saat kamu menyelesaikan urusanmu di kursi yang satu ini.

Sandi akan Cek Kesehatan, Belum Pasti Hadiri Syukuran di Rumah Prabowo

Jakarta – Calon wakil presiden Sandiaga Uno belum pulih total dari sakitnya. Rencananya hari ini Sandiaga akan memeriksa kesehatan di rumah sakit.

“Memang kondisi Bang Sandi masih belum fit, setelah ini Bang Sandi akan melakukan serangkaian proses medis, pemeriksaan darah kemudian beberapa proses pemeriksaan karena Bang Sandi nyaris belum fit dan kemungkinan akan istirahat di sini sambil terus berkomunikasi dengan Pak Prabowo,” kata juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, di kediaman Sandiaga, Jalan Pulombangkeng, Jakarta Selatan, Jumat (19/4/2019).

Dahnil mengatakan saat ini kondisi tubuh Sandiaga masih panas. Keputusan untuk cek kesehatan di rumah sakit itu juga atas dasar saran Prabowo
“Bang Sandi panas dari kemarin, suaranya hilang, cegukan nggak berhenti, makanya ingin cek darah, dari kemarin dan Pak Prabowo juga ingatkan segera ke rumah sakit karena teman-teman di BPN banyak yang kena DBD,” ujarnya.
Dahnil belum bisa memastikan di rumah sakit mana Sandiaga akan cek kesehatan. Dia juga menyebutkan kehadiran Sandiaga dalam syukuran kemenangan di kediaman Prabowo tergantung pemeriksaan dokter.

“Belum tahu nanti kita lihat proses di dokter apakah lama atau tidak, yang jelas Bang Sandi hari ini masih kurang fit. Saran dokter sih harus banyak istirahat karena nyaris 7 bulan proses kampanye menyita tenaga dan pikiran,” ucapnya.

“Bang Sandi ingin sekali hadir bahkan saran Pak Prabowo kemarin agar segera ke rumah sakit karena Pak Prabowo khawatir Bang Sandi kena DBD,” imbuhnya.
(abw/jbr)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tantang Persija, Bali United Jadi Tuan Rumah Lebih Dulu

Gianyar – Bali United mendapat kabar bagus jelang laga delapan besar Piala Indonesia 2018. Mereka akan bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu saat menantang Persija.

Seperti dilansir situs resmi klub, manajemen Bali United telah mendapatkan informasi dari PSSI, selaku operator kompetisi antarkasta sepak bola Indonesia itu, bahwa pertandingan yang dilakoni Serdadu Tridatu di 8 besar Piala Indonesia 2018 akan digelar pada 26 April dan 4 Mei 2019.

Serdadu Tridatu akan lebih dulu menjamu Macan Kemayoran di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (26/4/2019). Situs resmi Bali United menyebut pertandingan akan digelar pada jam 16.30 WITA, atau 15.30 WIB.

Setelah itu giliran Persija Jakarta yang akan menjamu Bali United. Pertandingan kandang Macan Kemayoran akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (4/5/2019).

Dari empat pertandingan yang digelar di 8 besar Piala Indonesia 2018, Bali United kontra Persija memang satu laga yang sangat dinantikan.

Begitu banyak mantan pemain Persija, plus pelatih dan pelatih fisik Macan Kemayoran, yang kini berada di Bali United akan menjadi bumbu reuni yang menyemarakkan pertandingan tersebut.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Berita video momen flare menyala di tribune utara Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, yang mengganggu jalannya laga Gojek Liga 1 2018 bersama Bukalapak antara Bali United melawan Persija Jakarta, Minggu (2/12/2018).

BPN Pindahkan Sujud Kemenangan dari Istiqlal ke Rumah Prabowo

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memindahkan acara sujud kemenangan dari Istiqlal dan Monas ke depan Rumah Pemenangan Kertanegara, Jakarta. 

Wakil Ketua BPN, Slamet Maarif mengatakan, pemindahan tersebut dilakukan setelah menimbang situasi pada hari itu. Jumat 19 April 2019 merupakan besar agama lain yang perayaannya dihelat di Gereja Katedral.

“Seyogyanya acara dilaksanakan di Istiqlal dan Monas, dipindahkan ke tempat ini di rumah Pak Prabowo, di Kerta 4 dimulai dengan salat Jumat berjamaah,” kata Slamet di Kertanegara, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Anggota Dewan Pengarah BPN, Yusuf Martak mengatakan, acara sujud kemenangan ini digelar sebagai bentuk syukur atas klaim kemenangan Prabowo dan Sandiaga.

“Ini kebahagiaan buat kami setelah kami sekian bulan menunggu proses daripada Pilpres dan alhamdulillah selsai pada 17 April kemarin. Informasi masuk, bahkan (paslon 02) sudah di atas 62 persen,” ujar Martak.

Dia mengatakan, kegiatan ini sudah diketahui kepolisian. Dia pun menjamin sujud kemenangan Prabowo itu akan berjalan tertib. “Pemberitahuan sudah. Selalu kami rapi dan tertib,” jelas dia.

Pemuda Berkebutuhan Khusus di Depok Hilang dari Rumah Selama 6 Bulan

Liputan6.com, Jakarta – Seorang ibu di Kota Depok, Jawa Barat melapor ke redaksi Patroli atas hilangnya seorang anak laki-laki bernama Fajar (33). Meski sudah dewasa, Fajar yang berkebutuhan khusus sehari-hari hanya berkegiatan di dalam rumah. Namun, lepasnya pengawasan keluarga membuat Fajar telah menghilang selama 6 bulan.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis(18/4/2019), ibu Fajar, Eni, hanya bisa merapikan kamar atau memandangi gitar anaknya.

Menurut penuturan Eni, pada 3 Oktober 2018 semua anggota keluarga sedang sibuk dengan aktivitas masing-masing. Kakak Fajar terakhir mengetahui adiknya pergi untuk membeli rokok di warung dekat rumah. Namun, sampai malam hari Fajar tak juga kembali.  

“Saya mampir ke tempat teman. Sebelum dia pergi dari rumah, dia sudah berontak. Pas saya kembali ke rumah, anak saya sudah kabur,” ujar Eni.  

Bila memiliki informasi pemuda berusia 33 tahun dan berkulit sawo matang, Anda dapat melaporkannya ke kantor polisi atau dinas sosial terdekat. Atau bisa juga menghubungi keluarga Fajar di nomor telepon 081316114749.

Tiba di Rumah Kertanegara, Prabowo Disambut Teriakan Pendukung

Jakarta – Capres Prabowo Subianto tiba di kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kedatangannya disambut antusiasme warga yang sudah menunggunya.

Pantuan detikcom, Prabowo tiba sekitar pukul 14.10 WIB, Kamis (18/4/2019). Dia tiba menggunakan mobil Alphard B 108 PSD.

Begitu tiba, Prabowo langsung membuka atap mobilnya dan menyapa warga yang telah berkumpul di depan rumahnya. Warga memang sudah meramaikan rumah Prabowo dari pagi.
“Prabowo, Prabowo” teriak massa.

Tiba di Rumah Kertanegara, Prabowo Disambut Teriakan PendukungFoto: Capres Prabowo Subianto tiba di rumah Kertanegara. (Marlinda-detikcom)

Melihat antusiasme warga, senyum tampak menghiasi wajah Prabowo. Dia pun menyapa warga dengan melambaikan tangan dan bersalaman.

Massa pun terus meneriakkan nama capres yang telah mengklaim kemenangan di Pilpres 2019 itu hingga memasuki halaman rumahnya.

Sebelumnya, sejumlah tokoh telah menunggu kedatangan capres nomor urut 02 itu. Di antaranya Amien Rais, Ustaz Sambo, hingga Tengku Zulkarnain. Mereka disebut akan menggelar rapat internal.
(mae/idh)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Aku, Kamu, dan Jakarta, Kumpulan Cerita Penghuni Ibu Kota di Dinding Rumah Sagaleh

Di Rumah Sagaleh, konsep ‘feels like home’ diusung. Orang yang datang dikondisikan untuk bisa ngobrol dengan kerabat yang datang. Maka itu, restoran tak menyediakan wifi, musik, hingga ruang merokok.

“Musik itu mendistraksi. Orang kalau mau ngomong kan biasanya minta suara musik dikecilkan. Nah, kalau mau merokok, bisa di luar,” kata Dipa.

Tak hanya menyediakan ruang dengan tata letak yang nyaman dan Instagramable, Anda juga bisa menikmati makanan dan minuman yang disiapkan. Racikan Kopi Sagaleh dengan menu favorit kopi susu bisa dipesan di sini.

Ada pula kopi hitam yang mencampurkan delapan jenis biji kopi Nusantara. Tapi bila ingin single shot, Anda memiliki tiga pilihan biji kopi, yakni Gunung Halu, Mandailing, dan Krakatau.

“Tapi, rumah enggak lengkap kalau enggak ada makanan beratnya. Akhirnya kita tentukan enam menu untuk makanan utama. Sedikit tapi biar tamu enggak bingung milih,” katanya.

Di sinilah benang merah menu Rumah Sagaleh dengan Rumah Makan Sepakat. Koki menciptakan dua menu yang menghubungkan kedua rumah makan itu, yakni nasi goreng rendang dan nasi lidah cabe ijo.

“Rendangnya dari Rumah Makan Sepakat, cabe ijonya juga. Tapi, kedua menu ini enggak ada di Rumah Makan Sepakat,” kata Dipa.