HEADLINE: MRT Jakarta, Ikon Baru yang Terwujud Setelah Penantian 34 Tahun

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK tampak semringah. Tiba di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu 20 Februari 2019 pukul 10.30 WIB, JK dan rombongan langsung naik kereta mass rapid transit (MRT) Jakarta menuju Stasiun Lebak Bulus. Sepanjang perjalanan, JK tampak menikmati moda transportasi baru Ibu Kota ini.

Didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, JK tak hanya menjajal rasanya jadi penumpang. JK yang mengenakan batik panjang dan bertopi hitam itu juga duduk di kursi masinis saat kereta kembali menuju Stasiun Bundaran HI.

“Sistem ini cocok kalau untuk Jakarta, (karena) penduduknya 10 juta. Pokoknya 10 tahun minimum 200 kilometer harus jadi, baru Jakarta akan bersaing sebagai kota metropolitan,” ujar JK usai mencoba moda transportasi yang diberi nama Ratangga oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu.

Ratangga atau MRT Jakarta memang belum beroperasi secara reguler, namun terus melakukan uji coba setiap harinya hingga diresmikan pada akhir Maret mendatang. Uji coba itu pun belum bisa mengikutkan warga Ibu Kota.

“MRT baru beroperasi penuh antara tanggal 24 Maret dan 31 Maret. Minggu depan uji coba penuh (full trial run), tapi masih belum bisa melibatkan publik. Publik baru bisa mencoba tanggal 12 Maret dan harus mendaftar melalui website MRT,” terang Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamalludin kepada Liputan6.com, Jumat (22/2/2019).

Usai melakukan pendaftaran, nantinya masyarakat akan mendapatkan quick response (QR) code atau bukti pendaftaran yang perlu dicetak. Bukti itu nantinya perlu dibawa pada saat mau menjajal naik MRT. Masyarakat yang ingin naik Ratangga secara gratis itu pun tak dibatasi oleh kuota.

Selama masa uji coba tersebut, lanjut dia, masyarakat yang akan menggunakan MRT tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis. Di sisi lain, jumlah kereta yang disediakan masih dibatasi karena belum diluncurkan secara resmi.

“Nanti prosedurnya masih kita susun, dan batas (jumlah masyarakat) masih kita tentuin, kemudian aksesnya dari stasiun mana dulu. Ini juga belum langsung serempak 13 stasiun langsung full pelayanan, kan masih belum bayar, masih gratis, makanya kita atur dulu,” jelas Muhammad Kamalludin.

Pada Fase I ini, MRT Jakarta memiliki 13 stasiun. Tujuh di antaranya adalah stasiun layang yang berada di Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sedangkan stasiun bawah tanah berada di Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Jika sudah beroperasi penuh dan semua stasiun telah dibuka untuk melayani jalur perjalanan sepanjang 15,7 kilometer, pihaknya meyakini Ratangga bisa membawa 130 ribu penumpang setiap harinya. Namun, bukan hanya jumlah penumpang yang menjadi perhatian PT MRT Jakarta, melainkan adanya perubahan budaya warga Ibu Kota.

“Kita tentunya ingin mengembangkan budaya mengantre dengan tertib dan teratur, untuk kemudian beralih ke moda lain seperti bus umum dan kendaran pribadi maupun online di tempat yang sudah ditentukan secara disiplin,” ujar Muhammad Kamalludin.

Hanya saja, dia belum mengetahui tarif atau ongkos yang akan dikenakan bagi penumpang Ratangga nantinya. “Tarif akan diumumkan Pemprov DKI,” pungkas dia.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya sedang melakukan kajian final untuk menghitung tarif MRT Jakarta. Dia menyebutkan, kajian tarif MRT Jakarta bakal dihitung berdasarkan jarak per kilometer.

“Tinggal diumumkan, sebelum data lengkap saya tidak akan umumkan (angkanya),” kata Anies saat ditemui di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).

Oktober 2018 lalu, PT MRT Jakarta mengajukan tarif jarak terjauh, Stasiun Lebak Bulus-Hotel Indonesia sebesar Rp 13 ribu. Usulan tarif ini sudah diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk diputuskan.

Angka tersebut berasal dari kajian tentang kesanggupan masyarakat membayar ongkos perjalanan MRT. Hasilnya, masyarakat akan membayar Rp 8.500 untuk 10 kilometer pertama. Sedangkan untuk rute selanjutnya, formulasi biaya yang dibebankan adalah Rp 700 per kilometer.

Sementara pada peninjauan November tahun lalu, Presiden Jokowi memperkirakan tarif perjalanan menggunakan Ratangga paling tinggi Rp 9.000.

“Tarifnya Rp 8.000 sampai Rp 9.000,” kata Jokowi di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa 6 November 2018.

2 dari 3 halaman

Melayang Bisa, Masuk Terowongan Ayo

Mimpi buruk warga Jakarta akan kemacetan yang setiap hari terpampang di depan mata agaknya bakal segera berkurang. Mulai Maret mendatang, Jakarta akan memiliki sistem transportasi mass rapid transit (MRT) yang diharapkan pemerintah menjadi langkah pertama menghapus kemacetan di Ibu Kota.

Sarana transportasi yang kini juga populer dengan istilah Moda Raya Terpadu itu diyakini bakal membuat warga pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan MRT Jakarta. Alasannya, moda ini bebas macet, cepat dan modern.

“Inilah saatnya untuk mengubah Jakarta. Inilah saatnya untuk menjadikan Jakarta lebih baik dan bebas dari kemacetan,” kata Direktur MRT Jakarta William Sabandar, beberapa waktu lalu.

Ucapan William tak main-main. Ada tiga moda transportasi berbasis rel yang akan mengepung Jakarta di masa depan. Yakni kereta rel listrik (KRL), light rail transit (LRT) dan MRT. Ketiga moda transportasi dengan sarana kereta tersebut diharapkan mampu melayani mobilitas warga Ibu Kota dalam beraktivitas sehari-hari, sekaligus memangkas kemacetan.

Meski terkesan sama, ketiga moda ini punya beberapa perbedaan baik dari perlintasan, kapasitas penumpang, dan rangkaiannya. LRT atau kereta api ringan, misalnya, mengacu pada beban ringan dan bergerak cepat. Meskipun MRT dan KRL memiliki daya angkut lebih besar, LRT dapat memindahkan penumpang melalui operasi rute yang lebih banyak.

Selain itu, kelebihan dari moda transportasi LRT ini, sistem perlintasannya dibuat melayang sehingga tidak memiliki konflik sebidang yang sering ditemukan di lintasan KRL. Karenanya, headway atau jarak antarkereta dapat dipastikan waktunya.

Sedangkan commuter line atau KRL yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1925 merupakan kereta rel yang menggunakan sistem propulsi motor listrik sebagai penggerak keretanya. KRL yang melayani rute Jabodetabek ini seringkali mengalami konflik sebidang dengan penyeberangan jalur kendaraan mobil dan motor. Hal ini yang kerap menimbulkan kemacetan serta kecelakaan.

Kemudian MRT yang merupakan transportasi dengan transit cepat dan memiliki daya angkut yang lebih besar dari LRT. Perlintasannya dibuat melayang dan bawah tanah, sehingga meminimalisir pertemuan dengan konflik sebidang sama halnya dengan LRT.

Ketika tahap pertama mulai beroperasi pada Maret mendatang, 14 rangkaian kereta MRT akan digunakan untuk layanan harian mulai pukul 05.00 pagi hingga tengah malam. Sementara dua lainnya tetap disiagakan jika terjadi keadaan darurat. Rute ini membentang sejauh 15,7 kilometer antara Lebak Bulus di pinggiran selatan dan Bundaran Hotel Indonesia.

Lebak Bulus adalah lingkungan perumahan yang padat penduduk. Dengan transportasi umum lainnya, dibutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk menempuh perjalanan menuju Bundaran HI. Tetapi, dengan MRT waktu perjalanan akan menjadi satu jam lebih pendek atau hanya sekitar 30 menit.

“Kita bersama-sama mencoba MRT dari Bunderan HI sampai di Lebak Bulus sepanjang 16 KM. Ini uji coba terus dan saat tadi kita naik dengan kecepatan 60 km per jam, suaranya dapat dikatakan tidak ada bisingnya, tidak terdengar, menurut saya sangat bagus sekali,” puji Presiden Jokowi usai menjajal MRT di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa 6 November 2018.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar juga memaparkan spesifikasi teknis moda yang diberi nama Ratangga ini. Dia mengatakan, kereta MRT Jakarta dibuat oleh perusahaan Nippon Sharyo asal Jepang. Posisi kemudi masinis berada di sisi sebelah kanan karena disesuaikan dengan arah jalur perjalanan kereta.

Seluruh kereta MRT Jakarta dibuat dari material stainless steel. Satu rangkaian kereta MRT Jakarta dapat menampung sebanyak 1.200 penumpang dan jika sangat padat dapat mencapai 1.950 penumpang. Satu unit kereta atau gerbong memiliki 2 unit penyejuk ruangan.

Satu rangkaian kereta nantinya terdiri dari 6 kereta. Pada kereta 1 dan 6 yang merupakan kereta dengan kabin masinis merupakan kereta tanpa motor penggerak atau disebut juga trailer car. Untuk kereta 2 hingga 5 yang merupakan kereta tanpa kabin masinis memiliki masing-masing 1 pantograf tipe single arm dengan motor penggerak atau disebut juga motor.

Dengan semua keunggulan itu, MRT ternyata tak hanya diperuntukkan bagi warga Jakarta. Paling tidak menurut Presiden Jokowi, moda transportasi jenis ini akan terus digeber di kota-kota lain yang memiliki problem serupa dengan Ibu Kota.

“Memang harus berani memulai seperti di sini. Jakarta sudah memulai. Palembang memulai. Nanti Bandung mulai, Surabaya mulai, Medan mulai. Saya kira memang transportasi massal ini adalah masa depan transportasi kita untuk menghindari kemacetan di kota mana pun,” ujar Jokowi.

Pertanyaan sekarang, apakah proses pembangunan moda MRT di kota-kota lain juga akan memakan waktu yang lama seperti di Jakarta?

3 dari 3 halaman

Mimpi Habibie yang Terwujud di Era Jokowi

Keinginan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang modern, khususnya dari sisi moda transportasi, sudah tercetus sejak lama. Puluhan tahun lalu, banyak sudah studi yang mempelajari pengembangan sarana transportasi modern di Ibu Kota.

Bahkan, sejak 1980 lebih dari 25 studi subjek umum dan khusus telah dilakukan terkait dengan kemungkinan membangun sistem mass rapid transit (MRT) di Jakarta. Sementara dari sisi pemikiran, ide awal transportasi massal ini sudah dicetuskan sejak 1985 oleh Bacharuddin Jusuf Habibie yang ketika itu menjabat Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Tak sekadar mencetuskan gagasan, Habibie juga mendalami berbagai studi dan penelitian tentang MRT. Namun, semua gagasan itu tak kunjung terwujud. Salah satu alasan utama yang membuat rencana itu tertunda adalah krisis ekonomi dan politik pada 1997-1999.

Selepas krisis, Jakarta yang ketika itu dipimpin Gubernur Sutiyoso melanjutkan studi sebelumnya. Selama 10 tahun pemerintahan Sutiyoso (1997-2007), setidaknya ada dua studi dan penelitian yang dijadikan landasan pembangunan MRT.

Pada 2004, Sutiyoso mengeluarkan keputusan gubernur tentang pola transportasi makro untuk mendukung skenario penyediaan transportasi massal, salah satunya angkutan cepat terpadu yang akan digarap pada 2010.

Dilanjutkan Agustus 2005, sub Komite MRT dibentuk untuk mendirikan perusahaan operator MRT. Pada 18 Oktober 2006, dasar persetujuan pinjaman dengan Japan Bank for International Coorporation dibuat.

Perlu dua tahun kemudian atau setahun setelah Fauzi Bowo menggantikan posisi Sutiyoso menghuni Balai Kota Jakarta, PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta) berdiri pada 17 Juni 2008. Berbentuk badan hukum perseroan terbatas dengan mayoritas saham dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI Jakarta 99.98% dan PD Pasar Jaya 0.02%)​.

Dikutip dari laman www.jakartamrt.co.id, PT MRT Jakarta memiliki ruang lingkup kegiatan di antaranya untuk pengusahaan dan pembangunan prasarana dan sarana MRT, pengoperasian dan perawatan prasarana dan sarana MRT, serta pengembangan dan pengelolaan properti/bisnis di stasiun dan kawasan sekitarnya, serta depo dan kawasan sekitarnya.

Pada tahun yang sama, perjanjian pinjaman untuk tahap konstruksi ditandatangani, termasuk pula studi kelayakan pembangunan MRT. Pada 31 Maret 2009, perjanjian kredit pertama dengan jumlah 48,150 miliar Yen untuk membangun Sistem MRT Jakarta ditandatangani Pemerintah Indonesia dan Japan International Corporation Agency (JICA) di Tokyo, Jepang. Secara keseluruhan, paket pinjaman dari JICA untuk pengembangan sistem MRT Jakarta bernilai total ¥ 120 miliar Yen.

Namun, semua itu tak membuat pembangunan MRT dimulai yang berarti janji Fauzi Bowo di masa kampanyenya Pilgub 2007 tak bisa dipenuhi. Pada Pilgub DKI Jakarta 2012, dia berjanji lagi bakal mengembangkan dan mengerjakan MRT jika kembali terpilih. Namun, dia kalah dari Joko Widodo atau Jokowi yang kemudian memimpin Ibu Kota.

Pengerjaan desain dasar untuk tahap pertama proyek MRT yang dibuat pada akhir 2010 dilanjutkan. Proses tender berlangsung pada akhir 2012 ketika gubernur baru Jakarta itu tiba-tiba mengatakan ingin meninjau kembali proyek MRT Jakarta. Jokowi juga mengumumkan bahwa proyek ini akan dilanjutkan sebagai salah prioritas dalam anggaran tahun 2013.

Butuh waktu setahun bagi Jokowi memutuskan pembangunan proyek MRT akan mulai dikerjakan. Pembahasan ini juga sempat alot ketika Jokowi rapat dengan warga Fatmawati yang terkena imbas proyek. Pada 28 November 2012, sang gubernur bahkan sempat keluar ruangan lantaran ada kericuhan dan protes warga yang menolak proyek MRT.

Namun, mimpi itu akhirnya mulai diwujudkan. Pada Kamis 10 Oktober 2013, pengerjaan proyek ini resmi dimulai dengan peletakan batu pertama di atas lahan yang rencananya berdiri Stasiun MRT Dukuh Atas, salah satu kawasan paling sibuk di Jakarta Pusat.

“(Sudah) 24 tahun warga Jakarta ini mimpi pengen punya MRT, mungkin juga sudah banyak yang mimpinya sudah hilang karena kok nggak dimulai-dimulai. Alhamdulillah pada pagi hari ini dimulai,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Lebih dari lima tahun setelah proyek ini mulai dikerjakan, MRT yang kini juga disebut dengan Moda Raya Terpadu itu akan segera diresmikan untuk beroperasi secara penuh. Jokowi yang kini menjabat sebagai Presiden RI direncanakan meresmikan moda transportasi yang diberi nama Ratangga oleh Gubernur Anies Baswedan itu pada Maret mendatang.

Namun, Ratangga dengan rute Lebak Bulus-Bundaran HI bukanlah akhir mimpi Jokowi. Dia juga sudah meminta agar tahun ini juga pembangunan MRT Jakarta tahap kedua, yakni rute Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan (Ancol) segera dimulai. Demikian pula pembangunan MRT koridor East-West.

“Kita harapkan nanti pada tahapan kedua, HI sampai ke Ancol. Tahun depan plus kita harapkan yang East-West,” kata Jokowi di Depo MRT Lebak Bulus, Selasa 6 November 2018.

Jadi, selamat datang Ratangga dan Jakarta yang makin modern.

3 Orang Penting Broadway Gembleng 70 Finalis Indonesia Menuju New York

Liputan6.com, Jakarta – Program beasiswa bagi seniman-seniman muda, Indonesia Menuju Broadway memasuki babak baru. Sebanyak 70 peserta terpilih hasil audisi kini menjalani program intensif bersama para StudentsLive – Passport to Broadway. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 20-24 Februari 2019 di Balai Resital Kertanegara, Jakarta.

Ke-70 peserta terpilih berkesempatan untuk berkolaborasi bersama tim Broadway papan atas yang terdiri dari sutradara, direktur musik, koreografer, dan tim pendukung produksi dan panggung Broadway. Mereka di antaranya Direktur Artistik Amy Weinstein, Direktur Musik Seth Weinstein, dan konsultan koreografer Stephen Brotebeck.

Dalam pelatihan intensif ini, para peserta akan memainkan karya-karya musikal Broadway ciptaan penulis dan komposer terbaik dari Amerika Serikat. Dari pelatihan ini akan dipilih 10 orang untuk diberangkatkan ke New York oleh Bakti Budaya Djarum Foundation.

Mereka akan mendapatkan pelatihan di broadway dari para spesialis teater musikal terbaik selama 5 hari pada Juli 2019. Peserta terpilih ini akan melihat langsung pertunjukan Broadway, mengikuti tur backstage, melihat proses produksi di belakang panggung, dan mendapatkan akses untuk bertemu langsung dengan para artis Broadway.

Indonesia Menuju Broadway merupakan bagian dari Program Ruang Kreatif. Program telah dibuka dari dari 10-28 Januari 2019 dan diikuti 672 peserta. Kemudian, terpilih sekitar 243 peserta yang telah mengikuti proses audisi bersama tim dewan juri yang mengikuti proses audisi bersama tim dewan juri yang terdiri dari Garin Nugroho, Andrea Miranda, dan Ufa Sofura. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 Alasan Real Madrid Sulit Juara Liga Spanyol Musim Ini

Madrid – Real Madrid ternyat tidak memiliki catatan yang bagus di Liga Spanyol dalam satu dekade terakhir. Los Blancos hanya meraih juara dua kali dalam rentang 10 tahun itu.

Hampir setiap tahun, Los Blancos terlihat kacau dalam tahap penting dan tidak mampu mengejar rival berat mereka Barcelona. Mereka sepertinya juga mengalami hal yang sama pada musim ini.

Real Madrid sempat tampil bagus dalam beberapa pertandingan terakhir dan membuka peluang dalam perburuan gelar La Liga. Setelah mengalahkan sang tetangga Atletico Madrid 3-1 di Wanda Metropolitano, sepertinya Madrid akan bisa mengejar Barcelona.

Namun, mereka justru terpeleset ketika menjamu Girona di Santiago Bernabeu. Tim asuhan Santiago Solari itu secara mengejutkan kalah 2-1 di depan pendukungnya sendiri.

Setelah kekalahan itu, Real Madrid turun ke posisi ketiga di klasemen dan saat ini berjarak 9 poin dari posisi puncak. Sepertinya impian mereka untuk meraih gelar liga pada musim ini sudah berakhir.

Berikut adalah alasan utama kegagalan mereka tersebut seperti dilansir Sportskeeda.

2 dari 4 halaman

Pertahanan yang Bermasalah

Real Madrid membeli kiper peraih Golden Glove Piala Dunia Thibaut Courtois dan mencoret kiper utama mereka Keylor Navas. Tetapi transfer ini masih belum berjalan sesuai rencana.

Courtois adalah kiper yang bagus tetapi ia melakukan banyak kesalahan dan belum mampu mengemas banyak clean sheet. Mantan kiper Chelsea itu sudah kebobolan 29 gol di liga dan sangat buruk di belakang. Penampilannya di El Clasico juga sangat memalukan dan Madrid kalah 5-1.

Pertahanan Madrid musim ini sangat rapuh karena pemain bintang seperti Marcelo dan Raphael Varane tampil sangat buruk. Sergio Ramos merupakan pemimpin di lini belakang, tetapi bek Spanyol itu sangt tidak mungkin untuk mengendalikan pertahanan sendirian.

Cedera juga menjadi momok bagi tim asuhan Santiago Solari itu karena Dani Carvajal, Varane dan Marcelo sudah absen dalam banyak pertandingan.

3 dari 4 halaman

Faktor Piala Dunia

Pemenang Ballon D’or Luka Modric selalu menjadi salah satu pemain paling penting bagi Real Madrid. Dia selalu konsisten dan tim yang bermarkas di Bernabeu itu sudah memenangkan banyak pertandingan karena kecemerlangannya.

Lini tengah Madrid sudah menjadi salah satu yang terbaik di dunia selama beberapa tahun terakhir dan Modric menjadi pemain penting di sana bersama dengan bintang Jerman Toni Kroos. Tapi musim ini, karena Piala Dunia, penampilannya sangat berbeda jauh dan tidak terlihat istimewa. Ini sangat merugikan Madrid karena mereka tidak bisa mengontrol permainan. Baik Kroos dan Modric tidak tampil bagus dan mengecewakan sepanjang musim.

Hal yang sama terjadi dengan peraih Golden Glove Thibaut Courtois dan juara Piala Dunia Raphael Varane. Mereka berdua kembali ke Madrid setelah Piala Dunia yang panjang dan tidak mendapat waktu istirahat yang panjang. Mereka terlihat kelelahan dalam banyak pertandingan dan itu sangat memperngaruhi performa mereka.

4 dari 4 halaman

Lini Depan Mandul

Setelah Cristiano Ronaldo hengkang ke Juventus, Real Madrid tidak membeli pengganti yang sepadan pada musim panas. Satu-satunya striker yang mereka beli adalah Mariano Diaz yang belum bisa menggantikan posisi Ronaldo. Kepergian Ronaldo adalah salah satu alasan utama mengapa Madrid belum bisa memenangkan pertandingan.

Jumlah gol yang dicetak Madrid menurun secara signifikan dan tidak ada yang mampu mencetak banyak gol seperti yang dilakukan oleh Ronaldo. Setelah Gareth Bale dan Marco Asensio bermain di bawah standar dan Isco terus menerus dicampakkan oleh oleh Solari, penyerang yang sering diturunkan Madrid adalah Karim Benzema, Vinicius Junior, dan Lucas Vazquez. Mereka pun belum cukup konsisten untuk selalu mencetak gol di setiap pertandingan.

Sumber: Bola.net

3 Calon Penerus David Silva di Man City

Manchester – David Silva terus menunjukkan betapa penting kontribusinya untuk Manchester City (Man City)). Palymaker asal Spanyol itu sukses mencetak assist saat Man City menang dramatis 3-2 atas Schalke di Liga champions.

Sayangnya, Silva sepertinya sudah tidak bisa menjadi starter dalam setiap pertandingan yang dimainkan Man City. Sebab, sang pemain saat ini sudah berusia 33 tahun.

Silva bergabung dengan City sejak tahun 2010 setelah ditebus dari Valencia. Sejak saat itu, sang gelandang sudah membantu City memenangkan tiga gelar Premier League dan sejumlah gelar lainnya.

Silva sudah membuktikan kemampuannya untuk City sejak lama. Sekarang sudah waktunya bagi City untuk menemukan pengganti yang sepadan.

Berikut ini tiga calon pengganti David Silva di Man City seperti dilansir Sportskeeda.

2 dari 4 halaman

Bernardo Silva

Beberapa pemain Manchester City menganggap Bernardo Silva sebagai pengganti David Silva. Bernardo memiliki keahlian serupa dengan Silva.

Pemain Portugal itu dikenal sebagai gelandang cepat, terampil, bisa mencetak gol dan membuat banyak assist untuk timnya. Pemain berusia 24 tahun itu juga bisa beroperasi di berbagai posisi.

Bernardo bisa bermain sebagai gelandang serang, pemain sayap, atau bahkan sebagai gelandang tengah. Kemampuan itu membuat Bernardo sangat pantas dianggap sebagai suksesor Silva.

3 dari 4 halaman

Christian Eriksen

Christian Eriksen dikenal sebagai salah satu playmaker terbaik di Premier League. Pemain Denmark itu secara konsisten menjadi playmaker utama Tottenham Hotspur.

Eriksen sudah mencetak 5 gol dan membuat 9 assist dalam 23 penampilan di Premier League untuk Spurs musim ini. Pemain berusia 27 tahun itu juga merupakan pemain serba bisa dan bisa mencakup sebagian besar peran Silva.

Sepertinya Spurs tidak akan melepas Eriksen dengan harga murah. The Citizens sepertinya harus mengeluarkan setidaknya 79 juta pounds untuk membujuk gelandang tengah itu meninggalkan klub London Utara.

4 dari 4 halaman

Philippe Coutinho

Manchester City mempertimbangkan Philippe Coutinho sebagai salah satu target besar mereka untuk menggantikan Silva. Pemain Brasil itu menemukan kesuksesan di Premier League ketika ia bermain untuk Liverpool.

Sayangnya, pemain berusia 26 tahun itu kesulitan menunjukkan performa terbaiknya setelah pindah ke Barcelona. Ernesto Valverde sudah mencadangkan Coutinho dalam dua pertandingan terakhirnya karena penampilannya yang buruk.

Namun, Coutinho masih memiliki apa yang diperlukan untuk menggantikan Silva. Pemain Brasil itu adalah seorang playmaker yang sangat teknis yang bisa membuka ruang dan memberi City banyak peluang. Sang pemain juga bisa mencetak gol dan menambah tajam serangan City.

Sumber: Bola.net

Ma’ruf Amin Bawa Ayat ke Panggung Debat

Jakarta – Cawapres Ma’ruf Amin berniat menjadi dirinya sendiri saat menghadapi debat cawapres bulan depan. Ma’ruf disebut akan tetap bicara dengan memakai ayat-ayat Alquran.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Komunikasi Politik TKN Usman Kansong di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/2/2019). Usman mengatakan bukan tak mungkin Ma’ruf Amin akan melengkapi jawaban dan argumennya dengan sejumlah ayat. Meski begitu, Ma’ruf dinilai tak akan memaksakan diri apabila memang tak ada ayatnya.

“Kita ingin menjadikan Pak Kiai (Ma’ruf Amin) sebagai dirinya sendiri. Sebagai kiai, dia saya kira otomatis, dia ngomong di mana-mana, ngomong sama saya pun kemarin, ayat-ayat itu pun keluar, yang relevan tentu saja, namanya kiai, kita biarkan beliau seperti itu sejauh itu relevan, kan tidak ada larangannya juga,” ujar Usman.

“Misal Pak Kiai, ini kami serahkan ke Pak Kiai ya, tidak harus menyampaikan pakai ayat, kalau tidak ada ayatnya dipaksa-paksa, salah kan. Tapi intinya Pak Kiai menjadi dirinya sendiri,” imbuhnya.

Debat ketiga dengan tema ‘Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kebudayaan’ digelar pada 17 Maret 2019. Stasiun televisi yang menyiarkan adalah Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia TV

Selain itu, Ma’ruf Amin juga sudah brainstorming dengan asosiasi profesi. Asosiasi profesi itu masih terkait dengan tema debat, salah satunya asosiasi serikat buruh.

“Kita lihat nanti, nggak ada target, semakin banyak semakin baik, tapi kemudian harus kita pilah juga. Kita anggap perlu atau tidak, tapi kan kemarin itu sangat perlu jadi kita membuka ruang juga untuk teman-teman dari asosiasi profesi itu untuk membuat brainstorming ke Pak Kiai (Ma’ruf) terkait SDM itu begitu,” kata Usman.

Lalu, bagaimana reaksi kubu Sandiaga? Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Mardani Ali Sera mempersilahkan Ma’ruf memakai ayat-ayat, ia menyebut Sandiaga Uno sudah siap.

“Ayat tentu sah digunakan. Dan monggo saja. Dan Cawapres kami, bang Sandi akan mengedepankan bagaimana nilai itu diikat dengan sistem, ditegakkan dengan program dan dirasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Mardani.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(imk/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mesin Unik Suzuki Dipatenkan

Liputan6.com, Jakarta – Suzuki dikabarkan mematenkan mesin baru yang tengah dikembangkan. Spesifikasi lengkapnya masih dirahasiakan, namun dari gambar tersebut nampak konfigurasi mesin tersebut keliatan unik.

Mengutip dari Morebike.co.uk, dapur pacu tersebut dibuat terbalik dengan blok mesin yang nyaris horizontal berada di atas dan gearbox di bawahnya. Lubang header knalpot pun menghadap ke bawah.

Konfigurasi ini bisa dibilang benar-benar baru di dunia sepeda motor. Kemungkinan, manfaatnya adalah membuat jarak antar sumbu rodanya menjadi lebih pendek untuk menyempurnakan handling dan memanjangkan swingarm guna meningkatkan kestabilannya.

Meski demikian, ada beberapa aspek yang harus dikorbankan, yaitu ruang penyimpanan. Dengan blok silinder di atas, tangki bahan bakar dibuat lebih ke belakang dan sistem elektronik dipindah ke depan.

Pasalnya, ruang yang biasanya digunakan untuk tangki bahan bakar kini dialihkan sebagai lokasi airbox. Selain itu, penempatan radiatornya juga masih belum jelas.

Sampai saat ini, pihak Suzuki juga belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait desain ini. Yang jelas, pabrikan asal Jepang tersebut ingin berinovasi untuk menyempurnakan berbagai produknya.

Sumber: Otosia.com

Real Madrid Siap Kirim Bale Kembali ke Tottenham

Liputan6.com, Madrid – Real Madrid sudah tidak tertarik memakai jsa Gareth Bale musim depan. Winger Timnas Wales itu berpotensi dilepas kembali ke klub lamanya, Tottenham Hotspur.

Seperti dilansir Marca, rencana menjual Bale tak lain demi memberikan ruang kepada Eden Hazard. Bukan rahasia lagi, Hazard ingin meninggalkan Chelsea untuk berkostum Real Madrid musim depan.

Keputusan untuk menjual Bale sudah dipikirkan Los Blancos dengan matang. Manajemen klub ibu kota Spanyol ini frustrasi terhadap kinerja pemain berusia 29 tahun itu.

Bale dinilai gagal menutupi kekosongan yang ditinggalkan Cristiano Ronaldo di skuat Real Madrid. Padahal, setelah Ronaldo hijrah ke Juventus musim panas lalu, Bale seharusnya jadi tumpuan El Real.

Selain itu, Vinicius Junior, juga mulai membuktikan talentanya di tim utama Real Madrid. Pemain berusia 18 tahun itu beberapa kali mendapat kepercayaan dan tidak mengecewakan.

2 dari 3 halaman

Masalah Bahasa

Ini merupakan musim keenam Bale bersama Real Madrid. Namun, mantan pemain Southampton ini masih belum mempelajari bahasa Spanyol.

Hal itu dianggap jadi penyebab Bale tidak pernah benar-benar dominan di La Liga. Sementara masalah cederanya adalah alasan lain yang perlu dikhawatirkan Real Madrid.

3 dari 3 halaman

Ubah Pikiran

Namun, masih ada waktu bagi Bale untuk mengubah pikiran Real Madrid mengenai situasinya. Kabarnya, Bale ingin sekali bertahan di El Real.

Saksikan video pilihan di bawah ini

6 Bek Bidikan Juventus di Bursa Transfer Musim Panas

Turin – Juventus salah satu tim yang mengagungkan pertahanan kuat. Kesuksesan yang mereka dapat saat ini mereka dibangun dari pertahanan yang bagus. Gianluigi Buffon, Andreas Barzagli, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonnuci merupakan fondasi utama dari barisan belakang Juventus yang kuat.

Tetapi banyak hal yang sudah berubah sekarang. Buffon sudah meninggalkan Juventus, Barzagli berusia 37 tahun, Chiellini 34 tahun sedangkan Bonnuci 31 tahun. Kini lini belakang Juventus sudah mulai terlihat bermasalah dan tim asuhan Massimiliano Allegri itu bahkan pernah kebobolan enam gol dalam dua pertandingan.

Meskipun para pemain tersebut punya segudang pengalaman, sepertinya mereka tidak akan bisa bermain untuk jangka waktu yang lama dan Si Nyonya Tua membutuhkan darah muda dan segar untuk mempertahankan gawang mereka.

Menurut laporan, petinggi Bianconeri ingin membangun kembali pertahanan mereka pada musim depan. Mereka akan merekrut sejumlah pemain belakang baru di bursa transfer.

Berikut ini enam bek yang bisa jadi target Juventus pada musim depan seperti dilansir Sportskeeda.

2 dari 7 halaman

Andreas ChristensenAndreas Christensen

Andreas Christensen adalah produk dari akademi Chelsea dan banyak bermain pada musim lalu di bawah Antonio Conte. Pemain internasional Denmark itu baru berusia 22 tahun tetapi dia mampu menunjukkan bisa tampil secara konsisten di level tertinggi.

Meski bukan mungkin bek yang kuat secara fisik seperti Chiellini atau Bonnuci, Christensen bisa membaca permainan dengan baik, punya pengalaman dan potensi yang besar di usia 22 tahun. Seharusnya itu bisa meyakinkan Bianconeri untuk merekrutnya dan menjadikannya sebagai pemain belakang mereka di masa depan.

Mantan bek Borussia Monchengladbach itu tidak banyak mendapat kesempatan pada musim ini dan baru membuat 15 penampilan di semua kompetisi. Dia dikaitkan dengan Juventus pada bursa transfer musim dingin tetapi transfer itu tidak pernah terjadi dan Juve bisa kembali mengejarnya pada musim panas.

3 dari 7 halaman

Nikola Milenkovic

Bek asal Serbia itu sudah mencuri perhatian di Serie A bersama Fiorentina. Milenkovic juga mampu bermain sebagai bek kanan dan sudah berpengalaman bermain di Serie A.

Meski Fiorentina tidak konsisten di Serie A, Milenkovic mampu menampilkan performa yang luar biasa bagi klub. Pada usia 21 tahun, Milenkovic masih bisa berkembang dan bakal menjadi pembelian berkualitas bagi Bianconeri.

Si Nyonya Tua sudah dikaitkan dengan kepindahan sang pemain sebelumnya. Namun, jawara Serie A itu kemungkinan akan menghadapi persaingan dari klub-klub seperti Manchester United dan Tottenham.

4 dari 7 halaman

Joachim Andersen

Jochim Andreson adalah bek asal Denmark yang bermain di Serie A untuk Sampdoria. Dia berusia 22 tahun dan dia mampu bermain sebagai gelandang bertahan juga.

Andersen sudah membuat 25 penampilan untuk Sampdoria di semua kompetisi musim ini. Melihat karakteristiknya, dia bisa menjadi kandidat yang sempurna untuk menggantikan salah satu pemain belakang Juventus saat ini.

Juventus dikabarkan sudah melakukan kontak dengan pihak Sampdoria untuk memboyong sang pemain. Namun, Andersen juga dikaitkan dengan sejumlah klub seperti Arsenal, Tottenham, Manchester United dan Inter Milan.

5 dari 7 halaman

Cristian Romero

Cristian Romero bermain di liga Italia untuk Genoa sebagai bek tengah dan juga bisa bermain sebagai bek kanan. Pemain Argentina itu sudah membuat 17 penampilan untuk timnya pada musim ini.

Romero adalah bek yang banyak kompromi dan sudah menyatakan keinginannya untuk bermain bersama Juventus di masa depan. Mantan bek Belgrano itu adalah salah satu talenta paling menjanjikan di Serie A saat ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk lini belakang Bianconeri.

Menurut beberapa laporan, Juventus dikabarkan sudah mencapai kesepakatan dengan Genoa untuk merekrut sang bek pada tahun 2020 dengan biaya mendekati € 30 juta. Selain itu, Presiden Genoa sudah mengkonfirmasi kalau Juventus tertarik dengan Romero.

6 dari 7 halaman

Davinson Sanchez

Davinson Sanchez bermain untuk Tottenham di Premier League. Dia bergabung dengan klub yang berbasis di London pada 2017 dari Ajax dan dia sudah membuat 26 penampilan musim ini untuk Spurs di semua kompetisi.

Pemain asal Kolombia itu adalah pembelian termahal Tottenham dan permainannya meningkat drastis di bawah Mauricio Pochettino. Jika melihat penampilannya, Sanchez seharusnya bisa menjadi pengganti yang bagus untuk Andrea Barzagli atau Giorgio Chiellini.

Petinggi Bianconeri mengangganp Sanchez sebagai tambahan yang bagus untuk lini belakang mereka. Klub yang bermarkas di Turin itu dikabarkan sedang mempertimbangkan tawaran senilai € 80 juta untuk sang bek.

7 dari 7 halaman

Matthijs de Ligt

Matthijs de Ligt adalah pemain internasional Belanda yang bermain untuk Ajax di Eredivisie. Pemain berusia 19 tahun itu juga menjadi kapten dari raksasa Belanda itu dan memenangkan penghargaan Golden Boy pada tahun 2018.

Jika Juventus mencari kapten masa depan atau pemimpin di ruang ganti maka pemain asal Belanda itu akan menjadi pilihan ideal. De Ligt sudah menunjukkan kalau dia memiliki potensi besar dengan jiwa kepemimpinan.

Si Nyonya Tua pasti ingin membawa De Ligt ke Allianz Stadium tetapi mereka kemungkinan akan menghadapi persaingan dari sejumlah klub raksasa seperti Barcelona, Arsenal, Chelsea, dan Bayern Munchen.

Sumber: Bola.net

Jokowi Temui Istri Mantan Wapres Umar Wirahadikusumah

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) menemui istri Wakil Presiden ke-4 RI Umar Wirahadikusumah, Karlinah Djaja Atmadja. Jokowi hendak mengetahui kondisi kesehatan Karlinah yang berusia 88 tahun tersebut.

Jokowi menyambangi rumah Karlinah yang berada di sebelah Masjid Raya Bani Umar, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Jumat (22/2/2019).

Kedatangan Jokowi ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur Banten Wahidin Halim. Kehadiran mereka disambut langsung keluarga Karlinah dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diani.

Tampak Karlinah mengenakan kerudung biru duduk di bangku ruang tamu. Pertemuan pun berlangsung tertutup.

Jokowi mengatakan dirinya sengaja datang menemui Karlinah untuk mengetahui kabar istri mantan Wakil Presiden RI itu. Jokowi mengatakan, Karlinah masih tampak sehat dan segar.

“Ya bincang-bincang biasa, saya mengabarkan kesehatan beliau tapi beliau masih sehat dan segar betul,” kata Jokowi di Gedung Laga Tangkas Cibinong, Bogor, Jawa Barat.
(jor/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jelang Debat Cawapres, Ma’ruf Amin Brand Storming dengan Asosiasi Pofesi

Jakarta – Debat pilpres selanjutnya akan mempertemukan dua cawapres yakni Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno. Jelang debat, Ma’ruf pilih melakukan brain storming dengan asosiasi profesi salah satunya asosiasi mengenai buruh.

“Pak Kiai (Ma’ruf Amin) sudah brand storming untuk materi ya, dilakukan oleh satu asosiasi profesi karena temanya kan terkait dengan SDM jadi sudah dan nanti sampai menjelang tanggal 17 makin intens dilakukan persiapan materi,” ujar direktur komunikasi politik TKN, Usman Kansong, di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jum’at (22/2/2019).

TKN tidak menargetkan jumlah asosiasi yang bertemu dengan Ma’ruf Amin. Selain itu TKN terus membuka ruang kepada asosiasi profesi yang ingin memberikan masukan dan materi diskusi kepada cawapres 01 tersebut,” lanjutnya.
“Kita lihat nanti ga ada target, semakin banyak semakin baik tapi kemudian harus kita pilah juga. Kita anggap perlu atau tidak, tapi kan kemarin itu sangat perlu jadi kita membuka ruang juga untuk temen-temen dari asosiasi profesi itu untuk membuat brand storming ke Pak Kiai (Ma’ruf) terkait SDM itu begitu,” kata Usman.

Dikatakan Usman, asosiasi profesti itu berasal dari bidang profesi tema debat yang akan di gelar 17 Maret mendatang. Salah satu di antaranya adalah asosiasi serikat buruh.

“Misalnya tadi asosiasi profesi, karena kan debatnya lebih praktis dari debat kemarin. Soal kesehatan, tenaga kerja, di situ asosiasinya ada banyak. Ada serikat buruh untuk urusan tenaga kerja, kalau mentor relatif sama tidak ada perubahan,” kata usman.

Usman juga mengungkapkan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) non aktif itu akan menampilkan fakta dan data secara transparan. Menurutnya seorang pemimpin harus memiliki rekan jejak yang bersih dan trasnparan.

“Nah kita saya kira profesional saja, begitu kalau ada data, fakta yang bisa kita sampaikan. Karena bagi kami yang penting adalah publik harus tahu rekam jejak calon pemimpin mereka. Jadi transparan saja kalau urusan-urusan itu bila nanti relevan untuk disampaikan kalau tidak relevan ya tidak perlu makanya bahasa saya profesional ya,” lanjutnya.

Terkait persiapan penampilan dan teknis debat, TKN masih menunggu keputusan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Selanjutnya TKN akan mengatur penampilan Ma’ruf Amin jika ada perubahan pada teknis pertanyaan.

“Untuk kesiapan penampilan kami kan kita masih menunggu keputusan KPU seperti apa. KPU kan ada perubahan-perubahan misalnya ada usulan panelis bertanya langsung itu juga kan akan menentukan bagaimana kami mengatur penampilan Pak Kiai nanti begitu,” tutupnya.

Seperti diketahui, debat ketiga pada pilpres 2019 akan digelar pada tanggal 17 Maret mendatang, hanya cawapres yang akan mengadu gagasan mereka. Tema yang diusung adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya. Seperti diketahui debat ketiga nanti penyelenggaranya adalah Transmedia.
(rna/rna)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>