Demi Bayar Hutang Rp 176 Juta, Mahasiswi Jual Sel Telurnya di Pasar Gelap

Sejak kebijakan satu anak dicabut, pasar gelap agen kesuburan ilegal tumbuh subur. Mereka rata-rata menawarkan 10 ribu-50 ribu yuan untuk tiap prosedur panen. Jumlah yang fantastis bila dirupiahkan.

Seluruh proses biasanya memakan waktu sekitar 12 hari. Kandidat biasanya disaring terlebih dahulu agar hanya wanita terbaik yang diambil sel telurnya.

“Mereka memeriksa tingkat pendidikan Anda, status kesehatan Anda, beberapa (agensi) juga mempertimbangkan tinggi dan penampilan,” ungkap wanita itu seperti dikutip dari South China Morning Post.

Untuk saat ini, Komisi Kesehatan Tiongkok dan Kementerian Keamanan Publik sedang bekerja untuk melarang penjualan dan pembelian sperma juga sel telur manusia. Warga dapat menyumbangkannya secara sukarela di rumah sakit berlisensi resmi dan pemerintah setempat nantinya akan memberi mereka hadiah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pengamanan kartu kredit dan debit masih begitu lemah. Karenanya, data pengguna dari kedua kartu tersebut sangat mudah dikopi.

Pengin Naik MRT? Beli Kartunya 25 Maret Harga Mulai Rp 15.000

Jakarta – Jakarta tak lama lagi memiliki moda transportasi canggih, yakni moda raya terpadu atau mass rapid transit (MRT). Jika tak ada perubahan rencana, MRT Lebak Bulus-Bundaran HI akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 24 Maret 2019.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, peresmian akan dilakukan di Bundaran HI bertepatan dengan car free day. Selain meresmikan MRT Lebak Bulus-Bundaran HI, Jokowi juga akan meresmikan pembangunan MRT fase II Bundaran HI-Kota.

Lebih lanjut, setelah diresmikan, MRT Lebak Bulus-Bundaran HI akan digratiskan selama sepekan dari tanggal 25 hingga 31 Maret 2019. Baru, MRT akan benar-benar operasi komersial 1 April 2019. Perlu diingat, meski gratis penumpang tetap harus membeli kartu.

Berikut beritanya dirangkum detikFinance: (hns/hns)


Grab Usul Tarif Ojol Rp 2.000/Km, Kemenhub Cari Jalan Tengah

Jakarta – Salah satu aplikator ojek online (ojol), Grab, buka suara soal rencana penerapan tarif oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Grab berharap kenaikan tarif tidak signifikan karena berdampak pada konsumen.

Grab mengusulkan agar tarif ojol maksimal Rp 2.000 per kilometer (km). Angka itu berdasarkan analisis independen.

Sementara, pihak sopir ojol atau driver mengusulkan agar tarif sebesar Rp 2.400 per km nett alias tanpa potongan atau Rp 3.000 per km gross.

Apa langkah pemerintah? Berikut berita selengkapnya dirangkum detikFinance:

(hns/hns)

Pemprov Papua Siapkan Rp 5 Miliar untuk Korban Banjir Jayapura

Jayapura – Korban tewas banjir di Kabupaten Jayapura bertambah menjadi 112 orang. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyiapkan bantuan Rp 5 miliar untuk membantu penanganan korban banjir tersebut.

Dilansir dari Antara, Sabtu (23/3/2019), tak hanya Pemprov, bantuan juga akan diberikan oleh para buapti se-Papua. Bantuan yang akan diberikan masing-masing berkisar antara Rp 100-500 juta.

“Mekanisme penyaluran bantuan bagi para korban banjir bandang ini akan dibahas secara detail bersama para bupati,” kata Gubernur Papua Lukas Enembe, di Jayapura.


Menurut Lukas, uang atau bantuan yang diberikan tersebut tidak boleh digunakan sembarangan sehingga harus ada mekanisme yang jelas dan disepakati bersama.

“Bantuan ini harus tepat sasaran kepada warga yang terkena musibah, sehingga harus disepakati bersama diberikan kepada siapa dan siapa yang akan menangani,” tuturnya.

Bupati Yahukimo, Abock Busup, mengatakan pemerintah kabupaten si Papua berpartisipasi membantu korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

“Kami mendonasikan Rp200 juta melalui rekening Pemerintah Kabupaten Jayapura dan sebagian lainnya didrop ke pemprov,” katanya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya juga memberikan bantuan sebesar Rp250 juta untuk korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban tewas akibat banjir bandang di Jayapura, Papua menjadi 112 orang. Sementara 94 orang dinyatakan hilang.

“Korban jiwa 112 orang meninggal dunia (Kabupaten Jayapura 105 orang, Kota Jayapura 7 orang meninggal dunia), 107 orang luka berat, 808 orang luka ringan, 94 orang hilang,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya, Jumat (22/3).

Banjir bandang pada Sabtu (16/3) itu terjadi di Distrik Sentani, Waibu, Sentani Barat, Ravenirara dan Depapre. Banjir disebabkan oleh pegunungan Cycloops yang sudah gundul.

“Hujan deras di wilayah pegunungan Cycloops yang sudah gundul sehingga mengakibatkan Banjir bandang di wilayah Kab Jayapura dan sekitarnya,” ujar dia.
(rna/rna)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Akhir Pelarian Pejabat Bulog Mojokerto Usai Menilap Uang Rp 1,7 Miliar

Liputan6.com, Surabaya – Sigit Hendro Purnomo, tersangka kasus penggelapan dana Bulog sebesar Rp 1,7 miliar akhirnya ditangkap Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Sigit ditangkap di Bandung, Jawa Barat, setelah berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

“Sigit Hendro Purnomo ditangkap di rumah orang tuanya di kawasan Bandung,” kata Asisten Pidana Khusus Kejati Jawa Timur, Didik Farkhan, Jumat (22/3/2019).

Sigit Hendro Purnomo sebelumnya menjabat Kasi Komersial dan Pengembangan Bisnis Perum Bulog Sub Divre Surabaya Selatan di Mojokerto. Kejati Jawa Timur kemudian mengendus ulah nakal Sigit saat itu dan menyelidikinya.

Sigit pun melarikan diri dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejati Jawa Timur karena tidak pernah memenuhi panggilan pemeriksaan Kejati Jawa Timur. Sigit dilaporkan terakhir kali masuk kantor pada 31 Oktober 2017.

“Penyidikannya itu mulai Novemver 2018, dia selalu mangkir, sejak saat itu dia sudah buron,” jelas Didik.

Hasil penyelidikan, terungkap bahwa Sigit menilap uang Bulog sebesar Rp 1,7 miliar. Sigit diduga tidak menyetorkan hasil penjualan kepada Rumah Pangan Kita (RPK). Ia justru membuat rekening baru atas nama pribadi untuk menampung hasil penjualan tersebut.

Usai Sigit ditangkap, ia akan diperiksa lagi untuk melengkapi keterangan di dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). 

“Karena berkas perkaranya sudah rampung tinggal BAP tersangka bisa langsung ke Jaksa peneliti,” sambung Didik. 

Didik menyebutkan, selain terlibat kasus dugaan korupsi, Sigit juga dilaporkan sejumlah kasus pidana di Polda Jawa Timur. Sigit dilaporkan menipu sejumlah rekanan saat ia menjabat sebagai Kasi Komersial dan Pengembangan Bisnis Perum Bulog Sub Divre Surabaya Selatan di Mojokerto.

“Sigit juga lagi dicari Polda karena ada kasus penipuan dan penggelapan beberapa rekanan Bulog Jatim seperti Puspa Agro dan pihak BUMD lain dengan total senilai 13 miliar rupiah,” ujarnya.

Tertangkapnya Sigit dinilai melegakan pihak Bulog. Karena ada beberapa pihak yang merasa ditipu oleh Sigit, mendesak agar Bulog turut bertanggungjawab.

“Karena dia diduga mengatasnamakan Bulog untuk melakukan penipuan. Tadi pagi Kepala Divisi Hukum Bulog Pusat pak Irfan Aziz juga memberikan apresiasi kepada Kejaksaan yang telah berhasil menangkap Sigit,” kata Didik.

Saksikan video pilihan berikut:

Menurut pengelola gudang, beras yang ada di gudang tersebut sebagian besar adalah beras turun mutu atau stok lama tahun 2015, 2017, dan 2018.

Pria Bertopeng Bobol Brankas Sebuah SPBU di Jepang, Rp 373 Juta Raib

Osaka – Sebuah SPBU di Izumisano, Osaka, Jepang, dirampok pria bertopeng. Akibat aksi perampokan tersebut, uang 2,9 juta yen (sekitar Rp 373 juta dengan kurs 128,8) raib dari brankas perusahaan.

Dilansir dari Japan Today, Jumat (22/3/2019), peristiwa perampokan itu terjadi pada Kamis (21/3) dini hari.

Menurut polisi seperti yang dilaporkan Sankei Shimbun, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 02.45 waktu setempat. Pelaku mengancam seorang pekerja berusia 67 tahun yang sedang bertugas dengan pisau.
Polisi mengungkapkan, ciri-ciri pelaku di antaranya memiliki tinggi 175 cm, berusia sekitar 30 tahunan, dan mengenakan topeng serta kacamata.
Pelaku meminta karyawan itu membuka brankas dan kemudian mengambil uang tunainya. Sebelum itu, dia mengikat tangan dan kaki karyawan itu dengan selotip.

Karyawan dalam keadaan baik-baik saja. Sementara itu, pelaku melarikan diri.
(rna/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Serap Pasar Milenial, Podomoro Hadirkan Home Resort Rp 800 Jutaan

Jakarta

Properti adalah investasi yang menjanjikan untuk masa depan karena peningkatan harga setiap tahunnya sangat signifikan. Sayangnya, generasi milenial belum berani membeli hunian meskipun tahu keuntungannya menggiurkan.

Selain peningkatan harga setiap tahun, pemilik properti bisa mendapat penghasilan tambahan dengan disewakan. Wajar jika banyak orang yang menjadikan properti sebagai investasi yang menjanjikan.

Ada banyak alasan mengapa saat ini milenial belum berani berinvestasi properti. Mayoritas karena lebih mengutamakan mencari pengalaman baru yang berkualitas melalui traveling dan kuliner, serta terus upgrade gadget atau mobil.


Gaya hidup itu justru memaksa untuk semakin menunda pembelian rumah. Padahal semakin ditunda, semakin sukar bagi milenial untuk memiliki rumah lantaran harga properti pasti melonjak setiap tahun.

Sebagian besar milenial baru merasa terdesak untuk segera memiliki hunian tatkala mulai membangun keluarga. Di saat itulah, keluarga muda baru menyadari bahwa rumah merupakan kebutuhan primer yang mesti disegerakan.

Melihat dari karakternya, tentu milenial memiliki kriteria tersendiri dalam memilih hunian. Milenial menyukai hal yang simpel dan tidak suka yang ribet. Maka dari itu generasi milenial pun memiliki gaya hidup minimalis.

Jika generasi sebelumnya lebih menyukai hunian yang luas dan kerap mengumpulkan perabotan rumah, tidak demikian dengan milenial. Generasi ini cenderung menyukai hunian yang tidak terlalu luas dan desain interior yang simpel sehingga tidak perlu repot membersihkan dan merapikannya.

Gaya hidupnya yang dinamis pun menuntut milenial untuk memiliki hunian dengan fasilitas yang lengkap termasuk adanya jaringan internet yang kuat dan terletak di lokasi yang strategis dengan didukung oleh sarana infrastruktur yang baik. Agar memudahkannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan terkoneksi ke berbagai tempat dengan mudah.

[Gambas:Youtube]

Faktor lainnya yang mempengaruhi dalam kriteria pemilihan hunian adalah mengenai keamanan dan kesehatan lingkungan agar penghuni merasa nyaman beraktivitas, baik di dalam rumah maupun di lingkungan sekitar. Tak dapat dipungkiri bahwa milenial saat ini menjadikan gaya hidup sehat sebagai pola hidup kekinian. Olahraga yoga, running, bahkan bersepeda menjadi salah satu hobi sehat sekaligus sarana bersosialisasi dengan komunitas.

Hal terpenting lainnya dan bahkan menjadi faktor utama adalah budget. Mewujudkan hunian yang nyaman dapat terhambat karena keterbatasan budget, sehingga kemampuan belum sesuai dengan kriteria hunian yang diimpikan.

Namun sekarang tak perlu bingung karena ternyata semua kriteria hunian itu mampu dipenuhi oleh home resort Podomoro Park yang terletak di tengah keasrian alam Bandung Selatan.

Serap Pasar Milenial, Podomoro Hadirkan Home Resort Rp 800 Jutaan

(Foto dok. Podomoro Park)

Podomoro Park berdiri di lokasi yang sangat strategis karena letaknya hanya 2 kilometer dari exit Tol Buahbatu Bandung dan hanya 9 kilometer dari Gedung Sate Bandung. Kemudahan akses juga akan ditunjang dengan jalur koridor selatan LRT Bandung Raya yang terkoneksi dengan kereta cepat Jakarta – Bandung. Tentunya ini menjadi lokasi hunian dambaan para milenial.

Untuk menjawab kebutuhan dan mewujudkan impian milenial, Agung Podomoro Land (APL) meluncurkan produk baru yaitu Cluster Padmagriya dalam kawasan hunian resort Podomoro Park. Konsep hunian tersebut sangat cocok dengan selera milenial yang menyukai desain bergaya modern minimalis.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 800 jutaan dengan jumlah unit yang sangat terbatas membuat Padmagriya merupakan private cluster dihadirkan spesial untuk generasi milenial. Dengan harga yang terjangkau, milenial dapat memilih rumah yang minimalis dengan dua tipe unit, yaitu Asoka seluas 6 x 11 meter dan Ayana seluas 7 x 12 meter. Selain taman di halaman depan rumah, backyard melengkapi keasrian hunian yang diidamkan milenial dan keluarga muda.

Di dalam kawasan, penghuni bisa menikmati ketenangan dalam keasrian alam. Sesuai dengan tagline ‘Harmony with Nature’, kawasan hunian resort Podomoro Park mengutamakan keselarasan dengan alam dan meningkatkan kualitas hidup sebagai bagian dari kekuatan 5 elemen alam.

Serap Pasar Milenial, Podomoro Hadirkan Home Resort Rp 800 Jutaan

Foto dok. Podomoro Park

Elemen pertama dan utama dalam kawasan adalah danau indah nan megah sepanjang 1 kilometer di tengah kawasan. Fasilitas ini yang menjadikan Podomoro Park satu-satunya kawasan bertema home resort. Dilengkapi jogging track turut mendukung gaya hidup sehat dan sensasi berbeda saat berolahraga sambil menikmati keindahan danau.

Tersedianya gazebo, viewing deck, dan garden by the lake akan menjadi lokasi instagramable yang digemari milenial. Milenial bisa menyalurkan gaya hidup sehatnya dengan melakukan aktivitas jogging atau sekedar bersantai di pinggir danau sambil ber-selfie dengan latar pemandangan danau yang indah.

Nikmati pula kenyamanan dari elemen kedua, yakni keteduhan alami dari banyaknya pepohonan rindang dan collective garden yang juga dapat menjadi paru-paru kawasan dan menciptakan atmosfer yang bersih setiap saat. Estetika kawasan yang indah pun tercipta dan sekejap akan memberikan kenyamanan siapapun yang memandangnya.

Ada pula area terbuka hijau yang merupakan elemen ketiga dengan luas sebesar 50% dari total kawasan. Hal tersebut juga sebagai salah satu bentuk dedikasi Podomoro Park terhadap lingkungan.

Sejalan dengan karakter milenial yang menyukai alam, kawasan ini memiliki elemen keempat yaitu pemandangan alam Pegunungan Malabar dan Patuha yang terlihat jelas indah mempesona. Dilengkapi elemen kelima berupa hawa segar dari hembusan wind tunnel pegunungan.

Tak tanggung-tanggung, konsep utama Podomoro Park terinspirasi dari kawasan hunian berkelas dunia, yaitu Woodbrige di Irvine California serta desain masterplan dan landscape oleh Palmscape Singapore. Pantas jika Podomoro Park dapat dikategorikan sebagai a world class home resort.

Serap Pasar Milenial, Podomoro Hadirkan Home Resort Rp 800 Jutaan

(Foto dok. Podomoro Park)

Selain dikelilingi oleh keindahan alam Bandung Selatan, Podomoro Park dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan para milenial. Kawasan hunian ini memiliki commercial destination seluas hampir 10 hektare, di antaranya akan hadir Living Plaza dengan tenant-tenant ternama seperti Informa, Ace Hardware, Toys Kingdom, Chatime, dan akan diikuti dengan kehadiran brand ternama lainnya yang akan menjadi tempat hangout favorit para milenial.

Seluruh kawasan ini dikelola secara profesional dengan dilengkapi sistem keamanan yang bekerja selama 24 jam, CCTV di setiap sudut kawasan, one gate access untuk masuk ke setiap cluster dan patroli keamanan berkala. Setiap rumah pun memiliki panic button yang bisa digunakan saat penghuninya mengalami keadaan darurat.

Tidak hanya itu, mengetahui tingginya kebutuhan milenial dalam mengakses internet, kawasan ini memiliki instalasi fiber optic sebagai jaringan utama untuk mendukung koneksi internet yang cepat, jaringan telepon, dan TV kabel.

Serap Pasar Milenial, Podomoro Hadirkan Home Resort Rp 800 Jutaan

(Foto dok. Podomoro Park)

Keunggulan elemen alam dan ketersediaan fasilitas premium yang lengkap tersebut menjadikan Podomoro Park meraih penghargaan The Best Premium Home Resort in West Java dalam ajang Property & Bank Award 2018 dan penghargaan di ajang Housing Estate Award 2018 dalam kategori Most Favoured Premium Housing Estate in Bandung.

Bukan sekadar khayalan lagi, kini melinal dapat memiliki hunian impian di tengah kawasan mewah dengan harga yang terjangkau. Dengan harga hunian Cluster Padmagriya mulai dari Rp 800 jutaan, semua kebutuhan milenial dapat terpenuhi oleh kawasan ini.

Terlebih dengan percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut menjadikan Bandung Selatan sebagai kawasan sunrise property yang memiliki nilai investasi tinggi. Diperkirakan hunian Podomoro Park akan memiliki capital gain sekitar 15-20% per tahun. Kepemilikan properti sejak dini di hunian resort ini akan meningkatkan gaya hidup milenial ke level lebih tinggi.

Sebagian besar milenial memegang prinsip hidup ‘you only live once’ dan saat ini waktunya milenial mengartikan prinsip itu dengan hal yang lebih bermakna. Menikmati hidup tak berarti melupakan masa depan. Memiliki properti sejak dini merupakan cara pintar untuk menjadikan hidup lebih berarti dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Sederet benefit yang akan diperoleh sangat layak bagi milenial untuk memulai investasi di private Cluster Padmagriya secepatnya. Apalagi hunian di tengah kawasan berkelas dunia ini akan dibangun dengan unit terbatas.

Serap Pasar Milenial, Podomoro Hadirkan Home Resort Rp 800 Jutaan

(Foto dok. Podomoro Park)

Segera lakukan pemesanan untuk memilih unit terbaik di Cluster Padmagriya dan raih kesempatan mendapatkan logam mulia dengan total 100 gram* sebelum event soft launching pada 27 April 2019 (*syarat dan ketentuan berlaku).

Bagi yang saat ini berada di Bandung, ayo langsung kunjungi pameran Podomoro Park di di Mall Festival Citylink tanggal 18-31 maret (ground floor) atau di Paris Van Java Mall pada 11 – 24 maret (via las baja floor). Untuk Anda yang sedang berada di Jakarta dapat mengunjungi pameran Podomoro Park di Mall Kota Kasablanka tanggal 25-31 Maret (lower ground).

Untuk informasi lebih lengkap, hubungi 022 7152 0888 atau WhatsApp 0813 8888 2700. Anda juga dapat mengunjungi langsung Marketing Gallery di Podomoro Pavilion di Jalan Diponegoro No 27 Bandung atau lokasi site project di Jalan Terusan Buahbatu Bandung, dan membuka situs resmi Podomoro Park di www.podomoropark.com.

Podomoro Park, harmony with nature.

[Gambas:Youtube]

(adv/adv)

Sisa Permen Karet Terakhir Ferguson di MU Laku Rp 7,4 Miliar

Liputan6.com, Jakarta – Seorang fans menjual permen karet terakhir yang dikunyah Sir Alex Ferguson saat memimpin Manchester United (MU). Dia lalu menjualnya dengan harga yang fantastis. 

Setelah 30 tahun, Ferguson akhirnya memutuskan mundur dari jabatannya sebagai manajer MU pada tahun 2013 lalu. Laga terakhirnya tidak terlupakan setelah MU ditahan imbang 5-5 oleh West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris yang berlangsung di markas lawan.

Namun bagi salah seorang fans fanatik MU, jalannya laga bukan satu-satunya hal menarik. Berburu kenang-kenangan dari kiprah terakhir Ferguson bersama Setan Merah juga cukup menggoda. Apalagi, Fergie merupakan pelatih legendaris MU.

Selama menangani Setan Merah, pria 77 tahun itu telah meraih puluhan gelar, termasuk 13 gelar Premier League dan 2 gelar Liga Champions. Tidak aneh bila banyak suporter MU yang mengidolakan Fergie dan berburu kenang-kenangan terakhir pelatih kelahiran Glasgow itu.

Bukan tanda tangan atau foto bersama, fans fanatik MU tersebut justru memungut sisa permen karet Fergie sebagai kenang-kenangan. Dia mengambilnya dari tanah setelah laga. 

Sisa permen karet itu kemidian ditawarkan lewat situs jual-beli berbasis online, Ebay. Dan yang menakjubkan, permen sisa itu laku terjual seharga 450 ribu euro atau Rp7.4 Miliar. 

Tarif Ojol 5 Km Pertama Rp 10.000, Terowongan Dibangun Pakai Utang

Jakarta – Pemerintah sedang mengkaji tarif ojek online. Rencananya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengenakan tarif jarak maksimal 5 kilometer (km) sebesar Rp 10.000.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan aplikator maupun driver telah menerima rencana ini.

“Jadi jauh dekat di bawah 5 km Rp 10.000,” ujar Budi

Selain soal tarif ojol, berita terpopuler lainnya adalah terowongan kereta api Notog di Jawa Tengah yang dibangun pakai utang. Berikut 5 berita terpopuler detikFinance sepanjang Jumat (22/3).

Tarif Ojol Terbit Senin, Jarak 5 Km Pertama Kena Tarif Rp 10.000

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) rencananya akan memberikan tarif sampai jarak tertentu atau disebut flag fall. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, tarifnya sekitar Rp 10.000 untuk 5 km. Artinya, konsumen membayar Rp 10.000 untuk jarak yang ditempuh maksimal 5 kilometer (km).

“Jadi jauh dekat di bawah 5 km Rp 10.000,” ujarnya.

Dia mengatakan, baik aplikator maupun driver telah menerima rencana ini. Jika jaraknya lebih dari 5 km, maka konsumen akan membayar tarif per km yang saat ini sedang dibahas.

Terowongan Tembus Gunung yang Dibangun Pakai Utang ke Rakyat

Pemerintah memanfaatkan sejumlah instrumen keuangan untuk membangun infrastruktur. Salah satunya ialah menggunakan surat berharga syariah negara atau sukuk ritel.

Mengutip Instagram Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di @kemenkeuri, Jumat (22/3/2019), salah satu infrastruktur yang dibangun dengan sukuk ritel ialah Terowongan Notog Baru.

“Terowongan Notog baru adalah salah satu infrastruktur yang dibangun dari investasi temankeu (teman Kemenkeu) melalui Sukuk Ritel,” tulis Instagram Kemenkeu.

Fakta di Balik Rencana Sandiaga Beli Saham Indosat

Membeli kembali (buyback) saham PT Indosat Tbk merupakan salah satu janji dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belum terlaksana. Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Uno berjanji akan menuntaskan janji yang masih menggantung itu.

Jika terpilih jadi Wapres, Sandiaga mengaku akan melakukan komunikasi dengan Qatar soal rencana buyback Indosat. Upaya ini juga bagian strateginya yang diberi nama Big Push.

“Sebetulnya ide Pak Jokowi untuk mem-buyback Indosat itu bagus. Dan di bawah Prabowo-Sandi, akan kita usahakan,” kata Sandiaga di Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019).

Jika benar Sandi mau merealisasikan janji itu, muncul beberapa pertanyaan berapakah dana yang dibutuhkan untuk mengambil kembali Indosat dari tangan investor Qatar, layakkah Indosat dibeli kembali saat ini dan bersediakah Ooredoo menjualnya kembali?

Demi Penumpang, Garuda Batalkan Pesanan Boeing 737 Max 8

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk membatalkan pesanan 49 Boeing 737 Max 8. Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mengatakan Garuda sudah berkirim surat ke Boeing untuk menyatakan pembatalan tersebut.

Pria yang disapa Ari Ashkara ini menilai salah satu alasan Garuda membatalkan pemesannya karena hilangnya kepercayaan penumpang untuk menggunakan Boeing 737 Max 8.

Pesanan Pesawatnya Dibatalkan Garuda, Bos Boeing Mau ke Indonesia

Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, Boeing akan datang ke Indonesia untuk bertemu manajemen Garuda Indonesia. Boeing akan membahas soal keputusan Garuda membatalkan 49 pesanan Boeing 737 Max 8 (hns/fdl)

Mau Direbut Sandi, Indosat Masih Rugi Rp 2,4 T

Jakarta – Sebanyak 65% atau setara 3.532.056.600 lembar saham PT Indosat Tbk dikuasai oleh Ooredoo Asia Pte. Ltd yang sekaligus menjadikan perusahaan asal Qatar itu pengendali Indosat.

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno berjanji akan mengambil alih kendali tersebut bila ia terpilih dengan cara pembelian saham kembali atau buyback.

Bagaimana sih kinerja Indosat yang mau dibeli kembali sahamnya oleh Sandiaga?

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, perusahaan telekomunikasi yang sahamnya diperdagangkan dengan kode ISAT itu masih mencatatkan rugi bersih Rp 2,4 triliun sepanjang 2018. Perseroan juga mencatatkan rugi per saham Rp 442,38.
Kondisi tersebut terpantau lebih buruk ketimbang kinerja tahun sebelumnya. Tahun 2017, ISAT masih mencatatkan laba Rp 1,13 triliun.

Memburuknya kinerja ISAT disebabkan oleh anjloknya pendapatan sebesar Rp 6,6 triliun (22,68%). Di mana, ISAT hanya mampu mengantongi pendapatan Rp 23,14 triliun pada tahun 2018. Padahal, di 2017 perusahaan masih bisa menggalang pendapatan Rp 29,93 triliun.

Dari komposisinya, penurunan pendapatan terbesar terjadi pada lini bisnis seluler dari Rp 24,49 triliun di 2017 menjadi Rp 18,03 triliun di 2018. Lini bisnis multimedia, komunikasi data dan internet juga terpantau turun menjadi Rp 4,38 triliun.

Sebenarnya, perusahaan sudah melakukan sejumlah upaya efisiensi yang tercermin dari penurunan beban pada penyelenggaraan jasa, penyusutan & amortisasi, pemasaran serta umum & administrasi.

Namun, efisiensi yang dilakukan tampaknya belum mampu mengimbangi penurunan pendapatan yang terjadi.

Wacana pembelian kembali (buyback) saham PT Indosat Tbk lagi-lagi mencuat setelah Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengumumkan rencana merealisasikan janji yang belum ditunaikan Jokowi itu.

Hal tersebut disampaikan sebagai salah satu janji kampanye. Jika terpilih, Sandiaga akan melakukan komunikasi dengan Qatar soal rencana buyback Indosat. Upaya ini juga bagian strateginya yang diberi nama Big Push. (dna/fdl)