Barcelona vs Real Valladolid: Rotasi Demi Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta Barcelona bakal merotasi pemainnya saat menghadapi Real Valladolid di Camp Nou, Senin (18/2/2019). Ini untuk menjaga-jaga kondisi pemain sebelum laga Liga Champions menghadapi Olympique Lyon pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

Tak hanya itu, laga leg kedua semifinal Copa del Rey juga ada di pikiran pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. Barcelona masih dihantui bayang-bayang kegagalan di Liga Champions musim lalu.

Dimana mereka harus takluk dengan cara menyakitkan dari AS Roma. Meski unggul 4-1 di Camp Nou, AS Roma kalahkan Barcelona 3-0 di Olimpico sehingga mereka unggul gol tandang 4-4.

Valverde ingin memastikan bintangnya tampil penuh saat Lyon. Namun tanpa mengecilkan pentingnya laga Real Valladolid di lanjutan Liga Spanyol nanti.

Dua bintang Lionel Messi dan Luis Suarez bakal jadi target rotasi. Namun seperti dilansir as, hanya Messi yang kemungkinan dicadangkan.

2 dari 2 halaman

Pulih Total

Tim medis Barcelona juga mengindikasikan Messi bakal pulih total kalau diistirahatkan lawan Valladolid. Dia akan pulih dari masalah jaringan otot dan pencernaan yang membuatnya sulit tampil 100 persen.

Suarez mungkin tampil jadi starter tapi tidak akan main 90 menit. Posisinya akan digantikan Kevin Prince Boateng.

Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Gerard Pique dan Clement Lenglet juga akan diistirahatkan. Barcelona benar-benar fokus ke laga melawan Lyon.

Jadwal Padat, Persija Hanya Berlatih Ringan Jelang Bersua Tira-Persikabo

Jakarta – Persija Jakarta berlatih ringan, Jumat (15/2/2019) sore, dua hari jelang leg pertama 16 besar Piala Indonesia melawan Tira-Persikabo. 

Persija baru kembali dari Australia menjalani laga babak kedua kualifikasi Liga Champions Asia, Rabu (13/2/2019). Dalam waktu empat hari Macan Kemayoran sudah harus kembali bertanding menghadapi Tira-Persikabo di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (17/2/2019).

Pelatih Ivan Kolev mengaku tidak bisa memberikan beban latihan terlalu berat kepada pemainnya, mengingat mereka harus segera kembali bertanding. Ia hanya ingin mengembalikan kebugaran pemain yang mengalami kelelahan agar cukup fit saat menjalani leg pertama 16 besar Piala Indonesia 2018.

“Kalian melihat bagaimana tadi saya tidak bisa memberikan latihan yang berat. Saya hanya memberikan latihan ringan khusus untuk pemain yang kemarin bertanding karena memang perlu pemulihan,” ujar Ivan Kolev seusai sesi latihan Persija di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jumat (15/2/2019) sore.

Bicara mengenai kemungkinan rotasi pemain, terutama karena adanya tambahan tiga pemain asing yang tidak bisa dimainkan saat Persija menjalani dua laga kualifikasi Liga Champions Asia, Ivan Kolev mengaku masih menunggu kondisi terakhir timnya hingga malam sebelum pertandingan.

“Saya harus melihat bagaimana kondisi besok, terutama kondisi pemain yang kemarin bertanding di Australia. Setelah itu saya baru akan pikirkan perlukah untuk melakukan rotasi,” ujar Ivan Kolev.


Sumber: Bola.com

Formasi: Menanti Drama Fase Gugur Liga Champions 2018/19

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim terbaik Eropa akan tampil pada fase gugur Liga Champions 2018/19. Hasil di leg pertama bakal menentukan langkah masing-masing tim menuju babak berikutnya. 

Babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal dimulai, Rabu, 13 Februari 2019 dinihari WIB. Di hari pertama, Manchester United bakal menjamu Paris Saint Germain (PSG) di Old Trafford. Sementara AS Roma bakal bertemu wakil Portugal, FC Porto di Stadio Olimpico.  

Ini jadi ujian perdana MU bersama Solskjaer di ajang Liga Champions. Kecerdikan pelatih asal Norwegia itu kembali diuji setelah sukses menorehkan 10 kemenangan dari 11 laga. 

Seperti diketahui, performa MU mencuri perhatian sejak ditinggal Jose Mourinho akhir tahun lalu. Kehadiran Solskjaer yang ditunjuk sebagai manajer sementara mengubah Setan Merah menjadi tim yang belum terkalahkan. Bahkan kemenangan demi kemenangan yang ditorehkan membawa MU ke posisi empat klasemen sementara Liga Inggris musim ini. 

MU mulai melewati rival-rival terkuat seperti Chelsea yang kini terpaut 1 poin. The Blues harus rela tergusur setelah tim besutan Maurizzio Sarri itu dihancurkan Manchester City 0-6. MU melambung setelah sehari sebelumnya berhasil mengalahkan Fulham dengan skor 3-0. 

Performa gemilang MU bersama Solskjaer kini mendapat ujian di level yang lebih tinggi. Mental bertanding para pemain bakal kembali diuji saat menjamu PSG di Old Trafford. Hanya saja, Solskjaer harus memutar otak mengingat laga berat lain juga menanti Setan Merah. 

Rotasi pemain pun jadi pilihan terbaik Solskjaer. Sejumlah pemain disimpan saat MU bertemu Fulham. Marcus Rashford yang kembali bersinar disimpan dalam duel ini. Begitu juga dengan bek tangguh, Victor Lindelof. Mereka diharapkan bisa pulih saat bertemu PSG. 

“Ada beberapa ketidaknyaman, Marcus Rashford mengalami keram saat melawan Leicester City. Kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Solskjaer. 

“Di belakang, Victor Lindelof memang cedera. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Keduanya seharusnya baik-baik saja untuk hari Selasa,” ujar mantan pemain MU tersebut. 






2 dari 4 halaman

Tanpa Neymar

Meski demikian, tuan rumah setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tim lawan datang dalam kondisi compang-camping. Les Parisien harus kehilangan striker andalannya Neymar. Pemain asal Brasil itu dipastikan absen melawan MU karena mengalami cedera cukup parah. 

Neymar menderita cedera metatarsal saat PSG bertanding melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France beberapa waktu lalu. Kondisi mantan pemain Santos itu bertambah buruk karena cedera tersebut berada di tempat yang membuatnya absen 4 bulan musim lalu. 

Kehilangan Neymar tentu saja jadi pukulan telak bagi PSG. Sebab, pemain yang diboyong dari Barcelona itu merupakan salah satu mesin gol Les Parisien. Musim ini saja, Neymar sudah mengemas 20 gol dalam 23 penampilan bersama PSG di semua kompetisi. 

“Sekarang, ini waktu yang sulit bagi kami karena Ney (Neymar) cedera. Bagi kami, Ney adalah pemain yang sangat penting, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa untuk tim selama tiga bulan terakhir,” kata kiper PSG, Gianluigi Buffon seperti dilansir Four Four Two.

Beban pelatih PSG, Thomas Tuche, semakin bertambah setelah penyerang lain, Edinson Cavani juga dipastikan absen saat bertemu MU. Pemain asal Uruguay itu mengalami cedera panggul saat PSG mengalahkan Girondins de Bordeaux, Sabtu lalu. Diagnosa dokter usai pertandingan juga menunjukkan hasil yang kurang baik. Mantan pemain Napoli tersebut ternyata  mengalami otot paha kanan yang memaksanya absen hingga bulan depan.

Selain Neymar dan Cavani, PSG juga terancam tanpa bek andalannya, Thomas Meunier. Posisi pemain asal Belgia tersebut mengalami gegar otak ringan usai bertabrakan dengan rekannya, François Kamano saat latihan kemarin. Posisinya lalu digantikan Colin Dagba. 

Menurut Solskjaer, absennya pemain-pemain hebat bakal mengurangi bobot duel MU vs PSG. “Saat Anda bertemu tim hebat, Anda ingin bertarung melawan para pemain. Publik ingin melihat pemain-pemain terbaik. Sangat mengecewakan bagi Old Trafford,” katanya.

Tanpa pemain bintang, pertandingan menurut Solskjaer bakal terasa hambar. Sebab kehadiran pemain-pemain hebat juga memberikan semangat tambahan bagi pemain. 

 “Saya sudah beberapa kali bermain saat kami bertemu Real Madrid dan Ronaldo dan Figo dan semua yang pernah ke Old Trafford.  Ini memberikan semangat tambahan,” katanya. 



3 dari 4 halaman

Kiprah Pemain Debutan

Sementara itu, babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal jadi panggung bagi sejumlah pemain baru. Sebab seluruh kontestan tidak melewatkan kesempatan untuk memasukkan 3 nama baru sesuai aturan UEFA untuk memperbesar peluang meraih gelar juara.  

Satu nama yang mencuri perhatian adalah Arlvaro Morata yang akan memperkuat Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol tersebut baru saja diboyong dari Chelsea dan langsung didaftarkan untuk tampil pada babak 16 besar. (Ikuti berita lengkapnya di sini). 

Liverpool juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain setelah sempat absen selama setengah musim akibat cedera. Sedangkan Barcelona memasukkan nama Kevin Prince Boateng yang baru dipinjam dari Sassuolo.



4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 1

13 Februari 2019

Manchester United vs PSG

AS Roma vs FC Porto


14 Februari 2019

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Ajax Amsterdam vs Real Madrid


20 Februari 2019

Olympique Lyonnais vs Barcelona

Liverpool vs Bayern Munchen


21 Ferbruari 2019

Schalke 04 vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus


Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Manajer City Ungkap Alasan Parkir David Silva

Liputan6.com, Manchester – Pep Guardiola membeberkan alasan tak memainkan David Silva saat melawan Chelsea, Minggu (10/2/2019). Manajer Manchester City itu mengaku butuh tenaga Silva di laga selanjutnya.

Dalam laga ini, Pep lebih memilih memainkan Bernardo Silva, Ilkay Gundogan, Fernandinho dan Kevin De Bruyne di lini tengah. Silva baru tampil sejak menit ke-75 menggantikan Fernandinho.

City sendiri sukses mengakhiri laga ini dengan kemenangan telak 6-0. Sergio Aguero lagi-lagi menjadi bintang kemenangan City dengan mencetak hattrick. Raheem Sterling juga tampil brilian dengan menciptakan dua gol, sedangkan satu gol lainnya disumbang Gundogan.

“Saya membutuhkannya [Silva], saya merindukannya ketika ia tidak bermain tapi saya mengambil keputusan dan mencoba untuk jujur,” ujar Guardiola seperti dikutip Four Four Two.

“Terkadang belakangan saya tak memainkan Kevin, Sergio, itu adalah yang saya percayai, saya melihat lawan, sulit. Mencadangkan Gundogan adalah hal sulit, dengan ritme yang mereka miliki, Gundogan dan Kevin [lebih cocok] di situasi tersebut,” ujarnya menambahkan.

2 dari 2 halaman

Rotasi

Silva sendiri tampil sebagai pemain kunci dalam dua laga sebelumnya, masing-masing melawan Arsenal dan Everton. Guardiola menyebut keputusannya murni karena rotasi pemain.

“Saya membutuhkan Silva karena dia pemain terbaik di dunia untuk mencari celah di ruang yang sempit, mustahil untuk menemukannya. Namun hari ini saya merasa laga akan menuntuk fisik. Keputusan yang bagus,” kata Guardiola.

“Dia bermain dalam dua laga terakhir dan dia menjadi pemain kunci. Terutama di babak kedua di Goodison Park [versus Everton], kami masih akan menjalani banyak pertandingan dan kami akan mencoba untuk melibatkan semua pemain.”

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rotasi Pemain Berujung Pujian Buat Duet Bek MU

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) hajar Fulham 3-0 pada lanjutan Liga Inggris di Craven Cottage, Sabtu (9/2/2019). Tiga gol kemenangan MU dicetak Paul Pogba (’14, ’65) dan Anthony Martial (’23).

Usai laga, pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer merasa puas dengan performa dua bek tengahnya, Phil Jones dan Chris Smalling. Solskjaer menyebut kedua bek itu tampil solid saat pertandingan melawan Fulham tadi.

Bertandang ke Craven Cottage, Soslkjaer melakukan sejumlah rotasi pada timnya. Langkah ini diambil mengingat Setan Merah akan melakukan pertandingan penting melawan PSG di tengah pekan depan.

Salah satu posisi yang ia rotasi adalah bek tengah. Pada laga tersebut, Solskjaer mengistirahatkan Victor Lindelof dengan memainkan Chris Smalling dan Phil Jones di jantung pertahanannya.

Solskjaer sendiri memberikan apresiasi kepada dua bek tengahnya yang ia nilai tampil apik saat mengawal pertahanan MU. “Mereka [Jones dan Smalling] bermain dengan baik hari ini,” ujar Solskjaer kepada MUTV.

2 dari 3 halaman

Kredit untuk Smalling

Pada kesempatan ini, Solskjaer mengaku terkesan dengan performa yang ditunjukkan Chris Smalling.

Ia menilai sang bek tampil begitu luar biasa kendati sudah absen cukup lama akibat cedera.

“Kita harus ingat bahwa Chris baru pertama kali bermain sejak dua bulan yang lalu dan saya bisa bilang dia menunjukkan performa yang benar-benar fantastis.”

3 dari 3 halaman

Kerja Keras

Solskjaer juga menilai performa apik Smalling di laga tersebut bukanlah sebuah kebetulan. Ia membeberkan bahwa Smalling bekerja sangat keras untuk bisa kembali bermain, dan kerja kerasnya itu berbuah manis.

“Dia [Smalling] bekerja dengan sangat keras untuk kembali, dan ia bekerja dengan sangat keras bersama Physio kami untuk memulihkan kondisinya.”

“Sejak awal saya tidak pernah meragukan dia akan bermain hari ini, karena pertandingan hari ini adalah pertandingan yang sudah sengaja saya siapkan untuk dirinya.” tandas pelatih 45 tahun tersebut.

Manchester United berhasil naik ke peringkat 4 klasemen sementara EPL setelah mengalahkan Fulham dengan skor 3-0.

Sumber: bola.net

Tekuk Huddersfield, Emery Bangga Melihat Performa Pemain Arsenal

Jakarta – Unai Emery mengaku bangga dengan performa para pemain Arsenal ketika menang atas Huddersfield Town dengan skor 2-1. Emery berharap skuatnya bisa menjaga performa positif itu pada laga-laga berikutnya.

“Ini adalah kemenangan yang positif untuk Arsenal. Para pemain menunjukkan performa yang gemilang,” ujar Emery.

“Sepertinya kami sudah lama tidak menang dalam laga tandang. Selain itu, kami semakin merapat ke posisi empat besar.”

“Sayang sekali kami tidak bisa menjaga gawang agar tidak kebobolan. Namun, prioritas kami adalah menang. Kami harus bisa terus produktif dalam hal mencetak gol.”

“Para pemain menunjukkan sikap yang positif untuk memastikan kemenangan. Mereka harus bisa menjaga mentalitas untuk menang dalam setiap pertandingan,” ungkap Emery.

Kemenangan atas Huddersfield membuat Arsenal mengumpulkan 50 poin dari 26 laga yang sudah dilewati. Emery diprediksi masih terus akan melakukan perubahan skuat dan mencari pemain yang bisa tampil efektif untuk memastikan hasil positif.

2 dari 2 halaman

Tanpa Mesut Ozil

Arsenal tidak diperkuat Mesut Ozil pada laga melawan Huddersfield Town. Menurut pernyataan klub, Ozil mengalami sakit jelang pertandingan.

Hal yang sama juga dialami Pierre-Emerick Aubameyang. Pemain asal Gabon itu tidak tampil karena masalah kesehatan.

Sementara itu, Aaron Ramsey dan Granit Xhaka mengalami cedera pada lututnya. Alasan tersebut membuat Arsenal tampil tanpa empat pemain bintangnya pada laga melawan Huddersfield Town.

Pada laga berikutnya, Arsenal akan menghadapi BATE Borisov di Liga Europa. Emery dipastikan akan melakukan rotasi untuk menjaga kondisi fisik para pemainnya.

Sumber: TEAMtalk

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Arema FC Optimistis Memenangi Laga Melawan Timnas U-22

Fokus, Jakarta – Jelang laga uji coba menghadapi Timnas U-22, tim Singo Edan Arema Malang terus melakukan persiapan fisik dan startegi. Arema FC optimistis dapat memenangi laga.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (8/2/2019), pertandingan akan menjadi penting sebagai ajang pembuktian strategi serta teknik bermain.

”Pertandingan akan sengit. Kami harus bermain pintar,” kata Milomir Seslija, pelatih Arema FC.  

Sebelumnya pada Kamis pagi tadi, Timnas U-22 juga telah menajamkan teknik dan strategi. Pelatih Indra Sjafri akan melakukan sejumlah rotasi demi mencari formula yang efektif dan pas bagi Timnas. (Karlina Sintia Dewi)

Menteri PANRB: Penerimaan PPPK Dimulai 8 Februari 2019

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengungkapkan, pemerintah akan memulai proses penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dari sektor penyuluh pertanian pada 8 Februari 2019. Sehingga penyuluh pertanian yang telah mengabdi sebagai tenaga honorer tak perlu risau atau merasa tak mendapat perhatian pemerintah.

Perekrutan tenaga honorer penyuluh pertanian, akan dilaksanakan bersamaan dengan penerimaan tenaga honorer dari bidang pendidikan, dan bidang kesehatan. Pada tahap awal penerimaan PPPK diarahkan untuk menyerap tenaga honorer pada tiga bidang tersebut. Tiga sektor tersebut merupakan bidang yang tenaganya banyak dibutuhkan oleh pemerintah.

“Jadi tenaga honorer pada tiga sektor tersebut tidak perlu kuatir karena penerimaan PPPK diprioritaskan bagi tenaga honorer yang sebelumnya sudah bekerja di bidangnya masing-masing. Penerimaan dilakukan karena pemerintah memang membutuhkan banyak tenaga pada sektor tersebut,” ujar dia di Jakarta, Senin (4/2/2019).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Tenaga Pegawai Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (TPHL-TBPP) di GOR Jatidiri, Semarang, Minggu 3 Februari 2019, kemarin. Pada kesempatan tersebut, para tenaga honorer penyuluh pertanian mempertanyakan status pengangkatan mereka sebagai pegawai negeri.

Pada kesempatan itu, Jokowi berharap posisi penerimaan pegawai dapat diisi tenaga honorer penyuluh pertanian yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun. Sebab mengangkat tenaga penyuluh pertanian yang sudah berpengalaman jauh lebih baik.

Jokowi berjanji pada Senin 4 Januari 2019 atau hari ini akan memanggil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk membahas masalah penyuluh pertanian. Dia berjanji masalah tenaga honorer tenaga penyuluh pertanian sudah terjawab pada Rabu 9 Februari 2019.

Seperti kita ketahui, Presiden Jokowi telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Aturan ini membuka peluang seleksi dan pengangkatan bagi tenaga honorer yang telah melampaui batas usia pelamar pegawai negeri sipil (PNS).

2 dari 5 halaman

Ini Fakta Menarik Rekrutmen PPPK Tahap 1

Usai seleksi CPNS 2018 berakhir, kini pemerintah tengah kembali disibukkan untuk mempersiapkan proses rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) Tahap 1 yang rencananya akan dimulai Februari 2019.

Beleid yang mengatur hal ini sudah terbit pada Desember 2018. Yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 


Aturan tersebut membuka peluang seleksi dan pengangkatan bagi tenaga honorer yang telah melampaui batas usia pelamar Pegawai Negeri Sipil (PNS), untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan status PPPK.

Rekrutmen PPPK bertujuan untuk akselerasi kapasitas organisasi serta mencapai tujuan strategis nasional. Dengan rekrutmen ini, pemerintah akan mendapat pegawai yang memiliki kompetensi teknis tertentu dan bersertifikasi profesional.

Tujuan lainnya adalah, mendapatkan pegawai yang langsung didayagunakan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, serta mendukung dinamika organisasi. Dengan skema ini, pemerintah juga hendak ‘memulangkan’ para diaspora untuk berkarya di tanah air.

Menteri PANRB, Syafruddin menekankan aspek perencanaan, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja, promosi jabatan dan rotasi sebagai acuan dalam mempertimbangkan ide dan gagasan yang mendukung regulasi nasional.

Selain itu, dalam rekrutmen para abdi negara, pemerintah berpegang pada enam prinsip, yakni kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari KKN, serta tidak dipungut biaya.

“Janganlah berpikir parsial dan terkotak, namun harus berorientasi untuk menghadirkan solusi bersama sebagai satu bangsa dan dalam konteks negara,” tutupnya.

Lantas, berapa formasi PPPK yang dibuka nantinya? Seperti apakah sistemnya? Apa akan berbeda atau sama dengan CPNS 2018?

Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, Liputan6.com telah merangkum beberapa fakta menarik seputar rekrutmen PPPK Tahap 1. Berikut uraiannya:

3 dari 5 halaman

1. Dibuka Februari 2019

“Proses rekrutmen dan seleksi PPPK rencananya dimulai Februari 2019,” ujar Menteri PANRB Syafruddin, saat memberi arahan pada acara Sosialisasi PP 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) dan Rencana Pengadaan P3K Tahap I, di Batam, Rabu (23/1/2019).

2. Buka 75 Ribu Formasi

Jika pada 2018 pemerintah membuka formasi CPNS sebanyak 238.015 kursi. Jumlah tersebut diperuntukkan bagi 76 Kementerian/Lembaga dan 525 Pemerintah Daerah.

Namun pada rekrutmen PPPK nanti, jumlah formasi akan lebih sedikit dibanding CPNS 2018, yakni hanya sekitar 75 ribu.

“Tidak serumit CPNS kalau P3K ini. Karena jumlahnya juga tidak begitu banyak. Kalau CPNS kan sampai 230 ribuan. Kalau ini sekitar 75 ribu,” tandasnya.

4 dari 5 halaman

3. 3 Profesi yang Dapat Prioritas

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan untuk pengadaan PPPK Tahap I Tahun 2019, pemerintah prioritaskan rekrutmen pada tiga bidang, yakni Tenaga Pendidikan, Tenaga Kesehatan, dan Penyuluh Pertanian.

4. Usia Pelamar Maksimal 1 Tahun Sebelum Batas Usia Pensiun pada Jabatan yang Dilamar

Perihal syarat batas usia pelamar, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa rekrutmen PPPK tidak terpaku pada aturan maksimal 35 tahun seperti CPNS.

“Sebaliknya, maksimal usia pelamar PPPK paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan yang akan dilamar dan untuk perjanjian kerja PP 49/2018 mengakomodasi masa hubungan kerja paling singkat 1 tahun dan perpanjangan didasarkan pada pencapaian kinerja dan kebutuhan instansi,” ungkap dia. 

5 dari 5 halaman

5. Teknis Penyusunan Kebutuhan dan Metode Rekrutmen Tidak Jauh Berbeda dengan CPNS

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (Humas) Kementerian PANRB Mudzakir mengatakan, teknis penyusunan kebutuhan PPPK dipastikan serupa dengan teknis penyusunan kebutuhan CPNS.

“Jadi nanti proses rekrutmen sama dengan proses yang dilalui CPNS. Yang dimaksud sama itu adalah proses penetapan kebutuhan, pengadaan, dan seterusnya. Tetapi kriteria calon pendaftar dan lain-lain nanti akan ditentukan sesuai formasi yang ditetapkan,” ujar dia kepada Liputan6.com, Kamis (3/1/2019).

Sementara itu, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa metode rekrutmen PPPK juga tidak akan jauh berbeda dengan CPNS.

“Instrumen seleksinya masih sama dengan menggunakan sistem (CAT) dan portal pendaftaran dilakukan terintegrasi dengan portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN),” ujar dia Jakarta, Rabu (23/1/2019).

6. Melalui 2 Tahapan Seleksi

Sesuai amanat Undang-Undang No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), rekrutmen PPPK juga melalui seleksi.

Namun, bila peserta tes CPNS mengalami kendala di Tes Karakteristik Pribadi (TKP), pelamar PPPK tidak akan merasakan hal yang sama.

“Tidak ada (TKP),” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (Humas) Kementerian PANRB Mudzakir ketika dihubungi Liputan6.com.

Lebih lanjut, Mudzakir menjelaskan pasal 19 pada PP Nomor 49 Tahun 2018 mengenai PPPK. Pasal tersebut menjelaskan seleksi yang akan dilalui, yakni seleksi administrasi dan kompetensi.

Seleksi administrasi adalah mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamaran. Sementara, seleksi kompetensi terdiri atas penilaian kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural.

Pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi pengadaan PPPK, wajib mengikuti wawancara untuk menilai integritas dan moralitas sebagai bahan penetapan hasil seleksi.

Untuk pelamar JPT utama tertentu dan JPT madya tertentu yang telah lulus seleksi pengadaan PPPK, selain mengikuti wawancara untuk menilai integritas dan moralitas, juga mempertimbangkan masukan masyarakat sebagai bahan penetapan hasil seleksi.

Mau Ban Mobil Awet, Simak 7 Tips Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta – Ban merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan. Pasalnya, kulit bundar ini satu-satunya bagian dari mobil kesayangan yang bersentuhan langsung dengan aspal atau jalan.

Namun masalahnya, meski penting, ban kerap luput dari pemeriksaan. Padahal, kamu tidak perlu bersusah payah dalam proses perawatannya. Nah, ingin ban mobil kamu jadi lebih tahan lama? Berikut tujuh tips mudah merawat ban mobil dilansir bukareview.

1. Periksa Tekanan Angin Ban Mobil 

Memeriksa tekanan angin ban jadi salah satu tips merawat ban mobil agar tahan lama, terlebih lagi buat kamu yang akan bepergian jauh dengan menggunakan mobil. Lakukan pemeriksaan secara berkala, paling tidak sebulan sekali. Pastikan tekanan angin ban mobil kamu sudah sesuai dengan yang direkomendasikan, tidak kurang dan tidak lebih.

Tidak main-main, ban mobil yang kurang angin bisa menyebabkan masalah cukup serius. Jika tekanan ban mobil kurang, maka hal tersebut akan mengakibatkan penggunaan BBM yang meningkat.

Sementara jika tekanan ban mobil terlalu keras, permukaan ban mobil akan menjadi lebih cepat halus sehingga sangat membahayakan kamu dan pengguna jalan lainnya.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

2. Merotasi Ban Mobil 

Selain memeriksa tekanan angin, merotasi ban mobil juga jadi salah satu hal yang kerap dilupakan oleh banyak orang. Merotasi ban mobil dilakukan untuk memperpanjang umur pemakaian ban.

Ban depan mobil akan lebih rentan terjadi gesekan dan menyebabkan lebih cepat botak. Nah, sebelum permukaan ban rata, lebih baik kamu merotasi ban depan dengan ban belakang. Kamu bisa melakukan rotasi ban setiap 7.500 hingga 10.000 kilometer.

3. Periksa Keseimbangan Ban Mobil 

Tidak berhenti sampai di situ, agar ban mobil tahan lama, kamu juga wajib melakukan spooring dan balancing. Hal tersebut juga harus dilakukan secara berkala untuk memastikan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Spooring dan balancing bisa dilakukan setiap pergantian ban baru, rotasi ban, atau jika ban bergetar pada saat mencapai kecepatan tertentu serta adanya gejala kemudi mobil menarik ke arah kanan atau kiri pada saat berkendara.

4. Rajin Melakukan Pengecekan Visual 

Kamu juga wajib melakukan pengecekan visual secara teratur dan tidak perlu ke bengkel untuk melakukan hal ini. Jika terdapat benjolan atau sayatan pada dinding ban, kamu perlu waspada. Sebab, hal itu bisa berakibat mengurangi daya tahan ban. Bahkan, kemungkinan terburuknya adalah ban mobil kamu bisa meledak.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Tutup Pentil Ban Selalu Terpasang 

Sama seperti tekanan angin, tutup pentil juga termasuk hal sederhana yang sering kali dilupakan. Entah karena kamu kurang teliti atau memang sedang terburu-buru sehabis mengisi angin ban, tak jarang kamu lupa untuk memasang kembali tutup pentil ban.

Sebelum mulai mengemudi, pastikan tutup pentil ban sudah terpasang. Sebab, mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentilnya akan mengakibatkan ban mengalami kebocoran dan bisa mengurangi tekanan ban mobil kamu.

6. Bawa Barang Secukupnya 

Tips merawat ban mobil agar tahan lama selanjutnya adalah membawa barang sesuai dengan anjuran dan tidak berlebihan. Beban yang berlebihan bisa mengakibatkan ban mobil jadi cepat rusak.

Kamu perlu memperhatikan kode pada bagian ban. Kode tersebut biasanya berisi keterangan seberapa berat beban yang bisa ditahan ban mobil kamu. Jadi, jangan memaksakan ban mobil kamu untuk menahan beban yang berlebih.

7. Perhatikan Ukuran Ban

Kamu juga wajib memperhatikan jenis dan ukuran ban mobil. Yang perlu kamu ketahui, ban mobil jenis citycar tentu akan memiliki jenis dan ukuran ban yang berbeda dengan mobil berjenis MPV.

Pastikan kamu menggunakan ban yang sesuai dengan ukuran dan indeks ban yang dianjurkan untuk kendaraan kamu.

Sumber: Review.bukalapak.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

3 Reaksi Atas Langkah OSO Laporkan KPU ke Polda Metro

Liputan6.com, Jakarta – Gugatan Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi polemik. OSO bersikeras maju sebagai Caleg DPD meskipun hal itu mendapat larangan dari KPU berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi.

Dalam putusan tersebut, MK melarang pengurus partai politik maju sebagai calon anggota DPD RI. Kendati demikian, OSO berdalih seharusnya KPU patuh terhadap amanat konstitusi terkait putusan PTUN.

“Saya enggak akan mundur kalau KPU enggak menjalani konstitusi, putusan PTUN tersebut,” kata OSO di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Menurut OSO, putusan MK Nomor 30/PUU-XVI/2018 terkait pelarangan pengurus parpol merangkap jabatan baru berlaku pada 2024. Sehingga pada Pemilu tahun ini, dia bisa mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

Namun, KPU tetap teguh pada pendiriannya. Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan menegaskan, pihaknya akan menunggu OSO memberikan surat pengunduran diri sebagai ketua umum Partai Hanura. Pihaknya akan tetap berpegang pada putusan MK.

“Sikap KPU jelas. Kalau Pak OSO memberikan surat pengunduran diri besok (Selasa) berarti Pak OSO kita masukan ke DCT. Tetapi kalau tidak memberikan ya tidak dimasukan. Kan batasnya sampai pukul 00.00 WIB,” kata Wahyu di KPU, Jakarta Pusat, Senin 21 Januari 2019 malam.

Kemudian OSO melaporkan KPU ke Polda Metro Jaya terkait sikap tersebut. Polda pun bereaksi dengan memanggil Ketua KPU Arief Budiman. Di hari yang berbeda, dua komisioner KPU juga turut mengalami pemanggilan yang berujung penundaan lantaran Polda memiliki agenda lain.

Langkah OSO melaporkan KPU pun mendapatkan reaksi dari masayarakat. Berikut reaksi yang dihimpun Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

1. Kriminalisasi KPU

Berdasarkan pemanggilan tersebut, ‘Koalisi Masyarakat Demokrasi’ yang terdiri dari 14 kelompok menduga, pelaporan yang dilakukan OSO merupakan kriminalisasi terhadap anggota KPU. Mereka menilai, tindakan OSO bisa membajak penyelenggaraan pemilu.

“Upaya itu (kriminalisasi KPU) merupakan tindakan yang mencoba membajak proses penyelenggaraan pemilu. Bagaimana mungkin penyelenggara yang menaati putusan MK dapat dipidanakan. Kepolisian harusnya responsif terhadap kondisi penyelenggaraan pemilu dan tidak mengutamakan laporan-laporan yang berpotensi membajak penyelenggaraan pemilu,” ujar 14 kelompok tersebut dalam pernyataan tertulis, Rabu (30/1/2019).

Lebih jauh, mereka mengutuk segala upaya penghalangan langkah KPU untuk manaati UUD 1945 tentang pemilu. Salah satunya dengan cara menjalankan putusan MK soal pelarangan rangkap jabatan oleh pengurus partai.

Upaya tersebut dijabarkan antara lain delegitimasi proses penyelenggaraan pemilu, pemanggilan anggota KPU dalam sejumlah kasus pelaporan pidana yang dinlai pemaksaan kehendak, serta sikap individu yang tidak menghormati putusan KPU.

“Demi penyelenggaraan pemilu yang lebih baik, stop kriminalisasi anggota KPU,” mereka menegaskan.

3 dari 4 halaman

2. Aturan yang Bertentangan

Menurut Direktur Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menilai, polemik laporan OSO merupakan hasil dari tidak sinkronnya aturan yang ada. Menurutnya, ini hanya persoalan regulasi yang saling bertentangan.

“Ini sebetulnya bukan KPU-nya, tapi ini efek dari aturan yang bertolak belakang satu sama lain,” kata Ray di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 30 Januari.

Dia menuturkan, KPU mau tidak mau harus menanggung persoalan yang ada terkait laporan OSO. Kendati, sudah menjalankan tugas sesuai dasar hukum tertinggi di Indonesia, konstitusi.

“Tiga institusi pembuat aturan ini akhirnya KPU yang harus menanggung. Jelas ini akan berdampak pada pelaksanaan teknis,” ujar Ray.

4 dari 4 halaman

3. Ganggu Pekerjaan KPU

Salah satu komisioner KPU yang dipanggil penyidik Polda Metro Jaya, Ilham Saputra mengakui laporan OSO membuat pekerjaannya terganggu. Saat ini, KPU tengah fokus mengurus persiapan Pemilihan Umum 2019 April mendatang.

Kendati demikian, dia mengaku harus mematuhi regulasi yang diberlakukan. Maka dari itu, dia akan tetap memenuhi panggilan Polda Metro Jaya terkait laporan OSO.

“Iya, ganggu pekerjaan kita. Tapi sebagai warga negara kita harus taat,” kata Ilham di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (31/1/2019).

Pemanggilan yang rencananya dilakukan Rabu, 30 Januari 2019 akhirnya batal digelar. Alasannya lantaran Polda Metro Jaya memiliki agenda lain yang harus dijalankan.



Reporter: Rifqi Aufal Sutisna


Saksikan video pilihan berikut ini: