Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani Pembeli

JakartaSupermarket ini hadirkan robot canggih berbentuk unik. Robot itu bertugas sebagai asisten staf yang membantu para pelanggan yang berbelanja.

Penggunaan robot canggih dalam dunia kuliner agaknya sudah biasa. Biasanya robot dijadikan pengganti chef hingga pramusaji.

Tapi di supermarket ini, robot canggih justru digunakan untuk mengawasi para pelanggan yang berbelanja. Sehingga pelanggan yang kesulitan dapat segera mendapat bantuan.

Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani PembeliFoto: Istimewa

Giant Food Store, jadi salah satu supermarket populer di wilayah Pennsylvania, Maryland, Virginia, dan West Virginia. Supermarket ini jadi satu satunya supermarket yang memiliki robot asisten canggih bernama Marty di AS.

Sebanyak 172 cabangnya akan dilengkapi dengan satu buah Marty. Kehadiran Marty tidak begitu saja menggantikan semua pekerjaan para pekerja di supermarket.

Baca juga: Keren! Ini Restoran Hotpot Robot Pertama di Dunia

Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani PembeliFoto: Istimewa

Namun Marty bertugas mengawasi dan memberi sinyal adanya hal-hal tak diinginkan yang mengancam pelanggan. Robot canggih itu juga bisa melihat barang yang jatuh dan memberitahu pelanggan secara langsung ataupun lewat pengumuman publik di supermarket. Sehingga karyawan yang bertugas bisa membersihkan barang yang berjatuhan maupun tumpah.

“Marty tidak menggantikan pekerja kami. Sebaliknya, ia memungkinkan anggota tim kami untuk menghabiskan lebih banyak waktu terlibat dan membantu pelanggan yang ada,” ungkap Ashley Flower selaku juru bicara Giant pada Popular Mechanics (15/1).

Tak sama seperti robot lainnya, Marty punya tampilan yang unik. Pasalnya Marty punya ‘googly eyes’ alias mata palsu yang sering digunakan sebagai mata boneka.

Robot Lucu Ini Berkeliling di Supermarket untuk Bantu Layani PembeliFoto: Istimewa

Sebenarnya ini bukan kali pertama Marty hadir di supermarket. Sebab perusahaan yang membawahi Giant, Ahold Delhaize USA yang berbasis di Belanda sudah lebih dulu menggunakan Marty.

Perusahaan itu juga membawahi Martin’s and Stop & Shop. Saat ini, sudah ada sebanyak 500 Marty yang membantu para pekerja Martin’s and Stop & Shop.

Marty sendiri dibuat oleh Brain Corp, perusahaan teknologi yang juga membuat robot janitor untuk Walmart.

Baca juga: Canggih! Ini 7 Robot yang Hadir di Industri Kuliner (dwa/lus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *