Hidayat Nur Wahid: Fakta Sejarah Ungkap Peran Umat Islam dalam Tegaknya NKRI

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengajak masyarakat Indonesia terutama umat Islam Indonesia untuk mempelajari fakta sejarah peran umat Islam menegakkan NKRI.

Hal tersebut sangat penting sebagai pembelajaran dan tambahan pemahaman di tengah-tengah maraknya mispersepsi yang kadang sangat berlebihan tentang Islam dan umat Islam Indonesia.

Salah satunya adalah peristiwa fenomenal mosi integral yang dilakukan seorang ulama, cendikiawan Islam, politikus Islam, pejuang kemerdekaan Indonesia dan Ketua Fraksi Partai Masyumi di DPR RIS era 1950-an Mohammad Natsir.

Hal tersebut dikatakan HNW di hadapan sekitar 300 lebih Pimpinan dan anggota Lembaga Tahfidz Qur’an Jauharul Iman serta masyarakat umum peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR RI oleh Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, di GOR Johar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (16/2/2019).

Mosi Integral gagasan Natsir ini, lanjut HNW, dikemukakan Natsir pasa parlemen RIS tahun 1950. Mosi gagasannya inilah yang menyatukan kembali Indonesia dalam wadah NKRI yang sebelumnya berbentuk Republik Indonesia Serikat (RIS).

RIS yang dibentuk tahun 1949 adalah hasil kesepakatan Republik Indonesia, Bijeenkomst voor Federaal Overleg (BFO), dan Belanda yang disaksikan oleh United Nations Commission for Indonesia (UNCI) sebagai perwakilan PBB dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) merupakan negara serikat yang memisah-misahkan Indonesia dalam beberapa negara bagian yang sangat ditentang Natsir.

“Gagasan Natsir dalam Mosi Intgralnya ini kemudian diterima parlemen dan kembalilah Indonesia dalam NKRI hingga kini tetap ada dan terjaga. Inilah benang merahnya bahwa tidak mungkin Islam dan umat Islam Indonesia bertolak belakang dengan konsep dan realisasi NKRI,” ujar Hidayat.

2 dari 2 halaman

Jaga Warisan Ini

Pengetahuan dan pemahaman tersebut dikatakan HNW sangat penting, apalagi kepada generasi muda milenial bahwa seluruh elemen bangsa Indonesia termasuk Islam memiliki peran dan kiprah yang besar dalam pembentukan NKRI hingga kini.

“Umat Islam Indonesia saat ini juga harus menjaga warisan dari para pendahulunya tersebut bahkan harus lebih baik perannya, harus proaktif untuk agama dan negara. Jangan sampai masa bodoh dan terkesan ‘cuek’ dengan segala permasalahan yang menghambat kemajuan bangsa dan negara,” tandasnya.

Sosialisasi Empat Pilar hasil kerjasama MPR RI dengan Lembaga Tahfidz Qur’an Jauharul Iman ini sendiri berlangsung selama setengah hari yang sangat disambut antusias peserta sosialisasi.

Gaya pemaparan materi yang dilakukan HNW yang diselingi dengan candaan-candaan ringan dan cerdas mampu meraih perhatian peserta yang kebanyakan generasi muda dan kaum ibu.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Nasib Pemuda Konyol Menjambret Ponsel Mahasiswi pada Siang Bolong

Liputan6.com, Kebumen – Barangkali, kini rasa sesal tengah menggelayuti AW (26) warga Desa Kebulusan, Kecamatan Pejagoan, Kebumen. Ia mesti meringkuk kedinginan di balik jeruji besi polisi usai gagal menjambret ponsel milik seorang mahasiswi di Gombong.

Namun, menilik aksinya, pemuda ini memang benar-benar nekat, atau jika tidak disebut konyol. Bagaimana tidak, ia menjambret pada tengah hari bolong dan di jalanan ramai.

Selasa siang, sekitar pukul 14.00 WIB, jalanan di Kelurahan Wonokriyo, Kecamatan Gombong cukup ramai. RN (20) dibonceng oleh sahabatnya, Inge. Keduanya merupakan warga Cilacap yang berstatus mahasiswi perguruan tinggi.

Mahfumnya remaja, di mana pun berada, mereka selalu sibuk dengan gawainya. Pun dengan RN yang sepanjang jalan terus memegang ponsel meski tengah membonceng sepeda motor.

Mereka tak menyangka bakal jadi korban penjambretan. Rupanya ada seseorang yang lama mengamati gerak-gerik kedua gadis ini. Ia mengincar ponsel RN. Orang itu adalah AW, si penjambret.

Lantas dengan sabar, AW terus membuntuti dan menunggu keduanya lengah. Sesampai di Gang Nanas Wonokriyo, si penjambret merasa yakin situasi sudah mendukung aksinya.

AW memepet sepeda motor korban, merampas ponsel lantas menendang sepeda motor korban hingga terjatuh. Si penjambret lantas ngacir meninggalkan kedua korban.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Penjambret Diadang Warga

“Kejadiannya siang bolong, saat itu situasi cukup ramai. Tempat kejadian di Gang Nanas, Kelurahan Wonokriyo, Kecamatan Gombong Kebumen,” ucap Kasubbag Humas Polres Kebumen, AKP Suparno melalui keterangannya kepada Liputan6.com, Jumat (15/2/2019).

Namun, aksi penjambret ini tak semulus yang direncanakan. Tanpa dinyana, dua mahasiswi ini berteriak-teriak.

Apes bagi AW. Mendadak sontak, warga yang mendengar teriakan itu segera mengadang si penjambret. Jalan pun buntu. Dengan mudah, AW ditangkap warga.

Masih beruntung, AW tak menjadi korban bulan-bulanan massa yang geram. Mereka hanya menggelandang si penjambret konyol ini ke markas kepolisian.

“Saat kedua korban terjatuh, korban berteriak minta tolong warga. Warga yang berada di sekitar lokasi langsung menangkap tersangka dan melaporkan ke Polsek Gombong,” ucap dia.

AW telah mengakui perbuatannya. Statusnya pun telah meningkat jadi tersangka.

Kini dia, mendekam di rutan Polres Kebumen dan masih menjalani sejumlah pemeriksaan oleh penyidik Polsek Gombong. Tersangka dijerat dengan Pasal 365 KUH Pidana, dengan ancaman penjara paling lama sembilan tahun.

Akibat kejadian itu, dua korban jambret terluka ringan. RN misalnya, luka lecet di pelipis kanan, luka memar di pundak sebelah kanan dan sejumlah bagian tubuhnya.

Dari kejadian ini, AKP Suparno berpesan agar masyarakat berhati-hati ketika menggunakan ponsel. Apalagi, penggunaan ponsel saat berkendara memang dilarang. Penggunaan ponsel ketika berkendara juga berisiko kecelakaan, atau bahkan, menjadi korban kejahatan.

Jadwal Padat, Persija Hanya Berlatih Ringan Jelang Bersua Tira-Persikabo

Jakarta – Persija Jakarta berlatih ringan, Jumat (15/2/2019) sore, dua hari jelang leg pertama 16 besar Piala Indonesia melawan Tira-Persikabo. 

Persija baru kembali dari Australia menjalani laga babak kedua kualifikasi Liga Champions Asia, Rabu (13/2/2019). Dalam waktu empat hari Macan Kemayoran sudah harus kembali bertanding menghadapi Tira-Persikabo di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (17/2/2019).

Pelatih Ivan Kolev mengaku tidak bisa memberikan beban latihan terlalu berat kepada pemainnya, mengingat mereka harus segera kembali bertanding. Ia hanya ingin mengembalikan kebugaran pemain yang mengalami kelelahan agar cukup fit saat menjalani leg pertama 16 besar Piala Indonesia 2018.

“Kalian melihat bagaimana tadi saya tidak bisa memberikan latihan yang berat. Saya hanya memberikan latihan ringan khusus untuk pemain yang kemarin bertanding karena memang perlu pemulihan,” ujar Ivan Kolev seusai sesi latihan Persija di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jumat (15/2/2019) sore.

Bicara mengenai kemungkinan rotasi pemain, terutama karena adanya tambahan tiga pemain asing yang tidak bisa dimainkan saat Persija menjalani dua laga kualifikasi Liga Champions Asia, Ivan Kolev mengaku masih menunggu kondisi terakhir timnya hingga malam sebelum pertandingan.

“Saya harus melihat bagaimana kondisi besok, terutama kondisi pemain yang kemarin bertanding di Australia. Setelah itu saya baru akan pikirkan perlukah untuk melakukan rotasi,” ujar Ivan Kolev.


Sumber: Bola.com

Top3 Berita Hari Ini: Nasib Tragis Mobil Termurah dan Mitos Nitrogen buat Motor

Liputan6.com, Jakarta Nasib mobil termurah di dunia ternyata tragis. Hal ini membuktikan tidak selamanya yang murah itu digemari. Dan berikut ringkasan berita populer lainnya:

1. Nasib Tragis Mobil Termurah di Dunia

Meski menyandang gelar mobil termurah di dunia, Tata Nano kabarnya akan segera disuntik mati. Kabar tersebut muncul setelah angka penjualan yang dicatatkan sangat kecil.

Bahkan selama bulan Januari 2019 tidak ada produksi dan penjualan yang dilakukan untuk mobil mungil tersebut di pasar otomotif India. Selengkapnya baca di sini.

2. Mitos dan Fakta Penggunaan Nitrogen Pada Ban Motor

Mengisi ban menggunakan nitrogen saat ini menjadi salah satu pilihan pengguna kendaraan bermotor. Selain stasiun pengisiannya semakin banyak, penggunaan nitrogen diyakini memiliki keuntungan ketimbang angin biasa.

Zat nitrogen pada ban memang cenderung lebih tahan lama. Salah satunya karena sifat zat tersebut yang lebih dingin ketimbang udara biasa, juga ringan.Selengkapnya baca di sini.

2 dari 3 halaman

3. Tak Perlu Repot Angkat Telepon Saat Mengemudi dengan Cara Ini

Menelepon saat mengemudi telah dilarang di banyak negara karena dapat mengganggu konsentrasi pengemudi sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan.

Pengemudi biasanya akan memegang telepon dengan satu tangan sembari ngobrol dengan lawan bicaranya. Risiko menyetir dengan satu tangan ini bisa mengakibat pengemudi kehilangan keseimbangan. Selengkapnya baca di sini.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

5 Cara Sembuhkan Flu dengan Aktivitas Sederhana, Sering diabaikan

Liputan6.com, Jakarta Saat musim hujan, penyakit yang kerap menghantui adalah flu. Influenza atau flu merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Meski terkesan sepele, penyakit flu cukup menganggu dan dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Seseorang dapat menderita flu disebabkan sejumlah faktor, yaitu ketika musim dingin daya tahan virus lebih kuat karena tingkat kelembaban rendah, penularan virus melalui udara, dan kurangnya paparan sinar matahari juga berpengaruh terhadap penurunan daya tahan tubuh.

Penularan virus influenza berawal saat seseorang batuk, bersin, dan bicara. Udara yang terinfeksi tersebut dapat menular ke orang lain dengan media udara, menggunakan barang-barang secara bersama dan kemudian berpindah ke tangan, mata, hidung atau mulut.

Gejala dari infeksi virus influenza dapat langsung dirasakan atau dapat tertunda hingga 10 hari setelah terinfeksi. Orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah dapat dengan mudah tertular virus influenza.

Pada dasarnya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika terus dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah. Banyak orang yang menyepelekan penyakit flu. Padahal penyakit ini merupakan penyakit yang mudah menular.

Sebenarnya ada beberapa aktivitas yang kurang disadari dapat mempercepat proses penyembuhan flu. Beberapa orang sering mengabaikan aktivitas-aktivitas ini saat terserang flu. Berikut 5 aktivitas yang dapat sembuhkan flu namun sering diabaikan dliansir Liputan6.com dari WebMD, Jumat(15/2/2019).

2 dari 3 halaman

Cara cepat sembuhkan flu ini sering diabaikan

Tetap di rumah dan banyak istirahat

Penyakit flu adalah penyakit menular. Anda tidak dapat mengabaikan sakit flu yang Anda derita. Ketika Anda sakit, Anda harus menjaga diri Anda sendiri. Tubuh Anda membutuhkan energi ekstra ketika melawan infeksi. Jika Anda sedang flu, terutama jika Anda demam, Anda akan merasa lebih lemah dan kelelahan. Mengabaikan penyakit flu bisa membuat gejala yang Anda derita lebih buruk.

Pada hari pertama saat mendapat gejala flu, hubungi kantor atau sekolah Anda dan beri tahu mereka bahwa Anda ingin beristirahat selama beberapa hari. Manfaatkan waktu ini untuk mengistirahatkan tubuh. Meringkuk di sofa, habiskan waktu untuk membaca, menonton DVD, atau tidur agar Anda dapat melawan virus yang sedang menyerang. Cobalah untuk tidur dengan bantal ekstra di bawah Kepala Anda. Mengangkat kepala akan membantu meringankan hidung tersumbat.

Tidur yang cukup adalah kunci untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan ketahanan tubuh Anda terhadap kuman. Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur kurang dari 7 jam semalam hampir tiga kali lipat berisiko terkena flu. Jika Anda sedang flu dan gejalanya membuat Anda tidak bisa tidur, cobalah untuk tidur siang. Anda perlu istirahat tambahan.

Minum Banyak Cairan dan Makan yang Cukup

Pastikan Anda mendapat lebih banyak cairan saat terkena flu. Tidak semua harus berupa air putih. Jus buah, minuman isotonik, dan sup dengan kaldu juga dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan cairan saat flu.

Cairan akan menjaga sistem pernapasan Anda agar tetap terhidrasi dan membantu mengubah lendir yang jahat dan kental menjadi cair yang bisa Anda keluarkan. Hal ini baik karena jika lendir menumpuk di paru-paru Anda dapat menyebabkan infeksi.

Saat Anda sedang tidak enak badan, Anda mungkin tidak nafsu makan. Tetapi Anda harus tetap makan, cobalah makanan ringan dan bergizi untuk membantu Anda pulih dari flu. Buah dan sayuran seperti pisang atau wortel dapat menjadi pilihan tepat untuk disantap saat flu.

3 dari 3 halaman

Sakit flu sering disepelekan

Uapi Tubuh Anda

Untuk dapat menurunkan demam Anda dapat mengompres badan Anda dengan handuk basah. Anda juga dapat duduk di kamar mandi beruap. Duduklah di kamar mandi dengan pintu tertutup. Nyalakan shower dengan air hangat. Biarkan shower menjadi panas sampai ruangan terisi dengan uap lembab.

Aktivitas ini dapat melembabkan saluran hidung Anda dan dapat membantu Anda rileks. Jika Anda pusing karena flu, lakukan teknik penguapan ini sambil duduk di kursi terdekat.

Berhenti Merokok

Merokok memang buruk bagi paru-paru Anda, bahkan ketika Anda sedang dalam keadaan sehat. Meski begitu, para perokok memiliki resiko lebih banyak terserang flu dibandingkan dengan ornag yang tidak merokok. Gejala flu yang dihadapi juga lebih buruk dan akan bertahan lebih lama dalam tubuh.

Sel-sel yang rusak di paru-paru Anda akan membuat Anda lebih sulit melawan flu. Jika Anda sakit, berhentilah merokok.

Segera Minum Obat

Flu kadang disertai demam, hal ini karena tubuh Anda sedang mengeluarkan panas untuk melawan virus flu. Biasanya, demam flu akan berlangsung tiga hingga lima hari. Terkadang Anda juga menderita batuk dan pusing.

Kerap disebut sebagai penyakit sepele, banyak orang yang tak segera minum obat kala terserang sakit flu. Padahal segera minum obat merupakan langkah yang penting.

Obati demam dan rasa sakit yang menyertai flu dengan obat yang dijual bebas di apotik. Tanyakan kepada dokter Anda mana obat yang tepat untuk Anda.

BTN Syariah Kenalkan KPR Hits Bagi Kalangan Milenial

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN meluncurkan produk baru yaitu Pembiayaan Properti BTN iB. Pembiayaan Properti BTN iB dengan callname KPR Hits diracik khusus bagi para milenial yang ingin melakukan resolusi ‘hijrah’.

KPR Hits yang merupakan jenis KPR non subsidi memiliki keistimewaan dibandingkan produk pembiayaan perumahan milik BTN Syariah sebelumnya, yaitu menggunakan akad Musyarakah Mutanaqisah.

Akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) merupakan fitur baru produk KPR dari BTN Syariah yang selama ini menggunakan akad Murabahah (jual beli) dan Istishna’ (jual beli pesanan).

“Akad tersebut disesuaikan dengan pangsa pasar yang kami bidik,yaitu para milenial yang menginginkan tenor cicilan yang panjang, yaitu hingga 30 tahun namun dengan uang muka yang terjangkau dan ujroh atau uang sewa yang ringan,” kata Direktur Bank BTN, Iman Nugroho Soeko dalam keterangannya, Jumat (15/2/2019).

Sebenarnya, lanjut Iman, akad Musyarakah Mutanaqisah merupakan gabungan atau hybrid dari 2 akad yaitu akad Musyarakah dan Ba’i yang artinya bahwa pembelian rumah atau apartemen yang menjadi agunan KPR merupakan aset bersama antara Bank dengan Nasabah dengan porsi kepemilikan yang telah disepakati pada saat awal akad.

Bank dan nasabah sepakat bahwa agunan KPR tersebut disewakan kepada nasabah sehingga nasabah memiliki kewajiban membayar angsuran sewa setiap bulannya.

Pembayaran angsuran sewa yang dilakukan Nasabah secara otomatis menambah porsi kepemilikan Nasabah dan mengurangi porsi kepemilikan Bank sehingga pada saat pembiayaan lunas, porsi kepemilikan rumah atau apartemen akan beralih sepenuhnya ke Nasabah.

Selain akad yang digunakan, BTN Syariah juga menawarkan sejumlah keringanan yang lain bagi nasabah KPR Hits, diantaranya uang muka ringan mulai 1 persen, angsuran yang terjangkau dengan dua pilihan skema.

Pertama, dengan ujroh atau uang sewa (fee) sebesar 7,75 persen fixed selama 3 tahun pertama. Kedua, dengan ujroh sebesar 8,25 persen fixed selama 5 tahun pertama selanjutnya berjenjang selama jangka waktu KPR sampai dengan 30 tahun. KPR Hits juga memberikan peluang pelunasan KPR tanpa biaya penalty.

“Untuk bisa mengajukan KPR Hits, nasabah berusia minimal 21 tahun, memiliki pekerjaan tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun dan yang penting agunan yang digunakan adalah rumah atau apartemen atau ruko ready stock atau sudah tersedia, bukan yang belum dibangun atau berbentuk kavling tanah,” kata Iman.

Adapun unit ready stock yang dimaksud, menurut Iman, berbentuk properti baru maupun seken, dengan syarat memiliki dokumen legalitas properti yaitu SHM/SHGB dan IMB serta berada di lokasi yang marketable. Selain pembelian properti baru, KPR Hits juga dapat digunakan untuk take over dan top up.

Lebih lanjut Iman menjelaskan, KPR Hits tidak hanya terbatas bagi nasabah muslim namun terbuka juga bagi nasabah non muslim yang membutuhkan pembiayaan rumah yang terjangkau sesuai kemampuan mereka.

Peluncuran produk KPR Hits merupakan salah satu strategi BTN Syariah untuk mengejar target pertumbuhaan pembiayaan tahun 2019.

Khusus KPR Hits, Iman menargetkan bisa meraup pembiayaan sebesar Rp 1,35 triliun atau setara dengan kurang lebih 2.700 unit.

Sementara itu target pembiayaan tahun 2019 diproyeksi bisa menembus Rp 25 triliun atau tumbuh di atas angka 14 persen dibandingkan tahun 2018 yang telah mencapai sekitar Rp 22 triliun. Menginjak usianya ke 14, BTN Syariah telah merealisasikan pembiayaan sekitar Rp 26 triliun dan telah membukukan aset senilai Rp 28,5 triliun.

3 Cara Mudah untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Menganggap diri sendiri sebagai suatu hal yang berharga atau menghargai diri sendiri adalah suatu hal yang perlu dimiliki oleh seseorang. Rasa Percaya diri, menghargai, dan optimisme dapat muncul di saat kita dapat mencitai diri kita sendiri.

Tidak memandang rendah diri sendiri adalah suatu hal yang penting, di mana dengan menghargai dan tidak memandang diri kita sendiri rendah akan membawa rasa ringan tanpa beban pada diri kita. Kepercayaan diri juga dapat membuat kita lebih berani dan mau menunjukkan potensi atau kemampuan yang kita punya. Sifat minder atau muram menutup aura positif yang kita miliki.

Menanamkan pemikiran bahwa kita berharga dan mencintai diri sendiri bukanlah suatu hal sulit ataupun sangat mudah, namun dapat dilakukan secara sederhana. Dilansir dari Hivisasa.com, berikut tiga cara sederhana mencintai dirimu sendiri :

1. Menerima

Coba untuk menerima apa yang kamu punya, jangan paksakan apa yang tak bisa kamu ubah. Terlalu memaksakan sesuatu akan membuat kamu membencinya, suka dan tidak suka adalah sebuah pemikiran yang kamu miliki. Kamu tidak akan mendapat sesuatu yang menurut kamu lebih baik karena itulah yang kamu punya.


Saksikan Video Pilihan Berikut ini :

2 dari 2 halaman

2. Mengubah Suatu yang Mungkin

Lebih baik fokus untuk mengubah apa yang bisa kamu ubah. Ubahlah hal-hal yang membuatmu lebih positif dan memungkinkan untuk diubah. Hal sederhana ini akan membuat kamu lebih mencintai tubuh dan dirimu.

Anda dapat melakukan hal-hal positif untuk mendukung perubahan yang Anda inginkan, seperti olah raga dan mencoba menikati hidup dengan suatu hal yang positif.

3. Jangan Memusingkan Omongan Orang

Jangan mendengarkan semua yang orang-orang katakan tentang kamu dan tubuhmu karena kamu tidak dapat mengubah pemikiran semua orang. Belajarlah memproses dan mencoba untuk berpikir lebih jernih tentang apa yang orang-orang katakan.

Mereka hanya mengatakan apa yang mereka ingin katakan dan mungkin itu tidak mempertimbangkan diri kita, maka penting menjaga telinga dan mata kita supaya hati ini dapat mencintai diri dan tubuh kita.


Reporter 

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Mitos dan Fakta Penggunaan Nitrogen Pada Ban Motor

Liputan6.com, Jakarta – Mengisi ban menggunakan nitrogen saat ini menjadi salah satu pilihan pengguna kendaraan bermotor. Selain stasiun pengisiannya semakin banyak, penggunaan nitrogen diyakini memiliki keuntungan ketimbang angin biasa.

Zat nitrogen pada ban memang cenderung lebih tahan lama. Salah satunya karena sifat zat tersebut yang lebih dingin ketimbang udara biasa, juga ringan.

Karena itu, tidak hanya pengendara mobil, pengendara motor juga mulai ramai beralih ke nitrogen. Seiring dengan maraknya penggunaan nitrogen, muncul ‘mitos’ yang belum tentu benar seputar penggunaan gas tersebut sebagai angin ban, seperti dilansir Corsatire, Kamis, 14/02/19.

1. Mitos Nitrogen Tidak Bisa Dipakai di Pelek Jari-Jari

Hal itu salah, karena nitrogen dapat dipakai di pelek jari-jari. Justru nitrogen yang mengandung sedikit air dapat membuat pelek yang terbuat dari besi tidak akan mudah berkarat.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Mitos Tekanan Angin Ban Akan Lebih Stabil

Hal tersebut benar, karena nitrogen membuat tekanan ban akan lebih stabil. Partikel nitrogen yang lebih besar daripada udara biasa membuatnya tidak mudah keluar dari pelek. Selain itu, nitrogen tidak mudah menyusut dan memuai, sehingga tekanan ban motor anda akan lebih stabil.

3. Mitos Nitrogen Membuat Laju Motor Lebih Ringan

Faktanya tidak sepenuhnya benar. Memang benar berat masa nitrogen lebih ringan daripada angin biasa, namun nitrogen hanya lebih ringan sekitar 5%. Karena perbedaan berat massa yang sedikit, pengemudi tidak akan terlalu merasakan perbedaannya.

4. Mitos Nitrogen Hanya Dapat Digunakan untuk Ban Tubeless

Faktanya salah, karena nitrogen dapat digunakan di semua tipe ban karena pada dasarnya seluruh tipe ban membutuhkan tekanan angin. Seperti yang telah disebutkan di atas, nitrogen akan membuat tekanan ban lebih stabil sehingga membuat umur hidup ban lebih panjang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Cara Membaca Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Enggak Perlu Ribet

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal aplikasi pengirim pesan WhatsApp. Aplikasi pengirim pesan ini populer bersamaan dengan hadirnya ponsel dengan fitur-fitur canggih.

Tak dapat dipungkiri lagi, WhatsApp sudah mulai menggeser posisi SMS sebagai layanan perpesanan. WhatsApp dinilai sebagai aplikasi yang ringan dengan berbagai fitur menarik dialamnya.

Selain berkirim pesan teks, pengguna juga dapat berbagi foto, video, suara, dan file lainnya. Selain itu WhatsApp juga dapat memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara dan video secara gratis.

2 dari 4 halaman

Fitur Hapus Pesan WhatsApp

Banyak kemudahan yang didapat saat berkirim pesan menggunakan WhatsApp. Salah satu fitur pengiriman WhatsApp yang dinilai mempermudah penggunanya adalah fitur hapus pesan.

Fitur hapus pesan atau yang biasa dikenal dengan fitur ‘delete for everyone’ ini memungkinkan penggunanya menghapus atau menarik pesan yang telah dikirim sebelumnya.

Penghapusan ini mungkin dilakukan bagi pengguna yang salah mengirim pesan atau salah mengetik pesan. Fitur ini disambut baik oleh pengguna WhatsApp sejak diberlakukan pada 2017 silam.

Namun, penggunaan fitur ini dibatasi oleh waktu, artinya tidak semua pesan yang salah kirim bisa dihapus sesuai keinginan pengguna. Dengan demikian, pengguna tidak bisa menghapus seluruh pesan yang dikirimkan ke pihak lain.

Meski dinilai banyak membantu saat salah kirim atau salah ketik, terkadang fitur hapus pesan ini juga dapat mengundang penasaran.

Pengguna yang mendapatkan pesan yang terhapus dan belum sempat membacanyanya dari seseorang terkadang penasaran pesan apa sebanarnya yang dikirimkan.

Namun rasa penasaran ini dapat diatasi dengan beberapa cara. Ada cara yang memungkinkan Anda untuk mengetahui pesan WhatsApp yang telah dihapus.

Anda hanya perlu mengintall aplikasi tertentu yang dapat merekam notifikasi yang masuk di ponsel Anda. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di Play Store dan Appstore.

Berikut cara membaca pesan WhatsApp yang telah dihapus, dirangkum oleh Liputan6.com Kamis(14/2/2019) dari berbagai sumber.

3 dari 4 halaman

Menggunakan Aplikasi Notification History

Aplikasi ini akan merekam setiap notifikasi yang masuk ke ponsel Anda. Jika ada pesan WhatsApp yang masuk ke ponsel Anda. Notifikasi masuknya pesan akan terekam dengan aplikasi ini meskipun pesan tersebut sudah dihapus oleh pengirim.

Cara menggunakannya cukup mudah, anda cukup mengunduh dan menginstallnya melalui Play Store atau Appstore. Setelah itu aktifkan notification acces di ponsel Anda melalui pengaturan. Aktifkan akses notifikasi untuk aplikasi Notification History.

Setelah itu buka aplikasi Notification History dan Anda akan menemukan kumpulan notifikasi dari berbagai aplikasi yang terinstall di ponsel Anda termasuk juga WhatsApp.

Klik pada opsi notifikasi WhatsApp dan Anda akan menemukan seluruh rekaman percakapan Anda di WhatsApp termasuk juga pesan-pesan yang sudah dihapus oleh pengirim.

4 dari 4 halaman

Menggunakan Aplikasi WhatsRemoved+

Cara kerja dari aplikasi WhatsRemoved+ ini juga sama dengan Notification History yaitu merekam notifikasi yang masuk pada ponsel yang terinstall oleh aplikasi ini.

Yang membuat aplikasi ini berbeda dengan Notification History adalah aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memilih notifikasi pada aplikasi apa saja yang ingin terekam oleh WhatsRemoved+ ini.

Contohnya jika Anda hanya ingin merekam notifikasi WhatsApp saja, maka Anda dapat mengatur WhatsRemoved+ untuk hanya merekam notifikasi WhatsApp saja. Aplikasi ini dikhususkan untuk merekam pesan-pesan yang dihapus oleh pengirimya dan Anda dapat mengetahuinya secara langsung dengan aplikasi ini.

Cara menggunakannya juga mudah, seperti aplikasi biasanya, Anda hanya perlu mengunduh dan menginstallnya di Play Store atau Appstore. Setelah itu buka aplikasinya, pada tahap-tahap awal Anda akan langsung dibawa untuk mengaktifkan notification acces di menu pengaturan.

Setelah diaktifkan Anda dapat langsung memilih aplikasi mana saja yang ingin direkam notifikasinya. Pilih Aplikasi WhatsApp untuk merekam notifikasinya.

Setelah mengaktifkan WhatsRemoved+ untuk WhatsApp semua notifikasi yang masuk akan terekam. Dan pesan yang terhapus akan diperlihatkan pada Aplikasi ini. Aplikasi ini dapat memperlihatkan pesan yang dihapus baik berupa teks, gambar, video, atau suara.


Alasan Ilmiah Berbelanja Bisa Atasi Rasa Sedih Hingga Kiat Ampuh Amankan Isi Dompet

Liputan6.com, Jakarta Suasana hati manusia tiap harinya selalu berbeda-beda. Seperti roda yang berputar, terkadang hari ini perasaan hati sedang bahagia. Namun, di hari berikutnya mungkin tiba-tiba awan gelap melanda. Tak jarang juga dalam sehari perasaan hati akan berubah-ubah.

Saat sedang senang, biasanya orang akan sering tersenyum dan cenderung banyak bicara. Sebaliknya, jika suasana hati sedang buruk, berdiam diri di kamar dianggap menjadi pilihan terbaik bagi beberapa orang. Namun, ada juga yang mengatasi perasaan sedih dengan pergi berbelanja, lho.

Berbelanja memang identik dilakukan oleh kaum Hawa, tapi jangan salah, kaum Adam pun gemar berbelanja. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa orang-orang pergi belanja untuk mengatasi suasana hati yang sedang buruk. Entah itu jalan-jalan ke mall, window shopping, maupun online shopping seperti yang banyak dilakukan belakangan ini.

Ternyata, ada alasan ilmiah di balik tokcernya berbelanja untuk atasi rasa sedih maupun stres. Penasaran ingin tahu bagian tubuh mana yang berperan mendongkrak mood kamu? Yuk simak selengkapnya tentang penjelasan ilmiahnya, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari Neuro Tracker, Kamis (14/2/2019).

2 dari 3 halaman

Alasan ilmiah di balik ampuhnya belanja untuk atasi sedih

Retail Therapy adalah istilah khusus yang berarti suatu aktivitas yang dilakukan seseorang untuk melepaskan diri dari tekanan hidup dengan cara berbelanja. Hadirnya istilah tersebut bukan tanpa sebab, mengingat berbelanja terbukti dapat mengatasi rasa sedih maupun stres.

Para peneliti di Stanford menemukan bahwa ketika seseorang melihat gambar item yang ingin dibeli, sebuah organ di otak bernama reseptor dopamin secara langsung akan aktif. Pada dasarnya, reseptor dopamin aktif ketika kamu mengalami kejadian baru, atau kejadian menarik serta menantang. Contoh mudahnya adalah ketika kamu makan makanan kesukaan.

Dopamin adalah senyawa alami tubuh yang membantu mengendalikan pikiran, lebih tepatnya mengatur proses pengiriman sinyal ke dalam otak ketika melihat benda yang menarik perhatian. Pengiriman sinyal tersebut kemudian mempengaruhi gerak motorik tubuh untuk bergerak ke arah sumber yang mengaktifkan dopamin.

Pemeriksaan medis terhadap aktivitas otak berupa MRI juga menunjukkan bahwa peningkatan kadar dopamin lebih berkaitan dengan antisipasi terhadap pengalaman ketimbang saat kejadian yang nyata. Maksudnya adalah membayangkan akan berbelanja saja sudah membuat kadar dopaminmu melonjak drastis, daripada momen belanja di tempat.

3 dari 3 halaman

Kiat ampuh mengatur keuangan saat belanja

Meski demikian, bukan berarti kamu boleh berbelanja sepuasnya saat suasana hati sedang keruh. Kamu tetap harus mengatur isi dompetmu agar tidak menyesal nantinya. Pasalnya, jika kamu menghambur-hamburkan uang saat stres atau sedih, justru itu bukanlah tindakan yang sesuai untuk atasi stres, karena malah berdampak pada kerugian materiil.

Untuk itu, berikut lansiran Liputan6.com dari berbagai sumber terkait kiat ampuh untuk menghindari Retail Therapy berakhir jadi malapetaka, Kamis (14/2/2019).

1. Buat anggaran

Menyusun anggaran atau budget menjadi kunci untuk menghindari pemborosan. Meskipun kamu sedang mencoba atasi rasa sedih atau stres, usahakan untuk membeli barang-barang yang kamu rasa penting.

2. Window shopping

Window shopping juga bisa dijadikan alternatif untuk mengamankan isi dompet, lho. Cara ini dianggap manjur karena dengan melihat-lihat barang yang dipanjang, suasana hatimu juga akan berangsur-angsur membaik. Apalagi kamu melihat orang di sekitarmu yang terlihat bahagia. Dengan itu, mereka akan menularkan virus positif kepada dirimu yang sedang down.

3. Wisata kuliner

Selain berbelanja barang-barang, kamu juga bisa berwisata kuliner. Jika dirasa sudah cukup berbelanja, kamu bisa mampir ke restoran ataupun kafe yang menyediakan makanan ringan yang unik. Makanan atau minuman manis seperti coklat bisa membuat suasana hati sekaligus perut menjadi bahagia kembali.

4. Hindari mengunjungi tempat yang punya kenangan buruk

Selain 3 kiat ampuh di atas, kamu juga perlu menghindari tempat-tempat yang mengingatkan pada kenangan buruk. Misalnya, jangan pergi ke toko baju yang pegawainya menyebalkan. Pergilah ke butik atau tempat lain yang belum pernah kamu kunjungi agar kamu mendapat pengalaman berbelanja yang baru.