Cuaca Hari Ini: Mayoritas Wilayah Jakarta Hujan Ringan di Pagi Hari

Liputan6.com, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan ringan disertai petir akan terjadi di sebagian besar wilayah Ibu Kota, Rabu pagi (24/4/2019).

Ada pun kondisi cuaca di wilayah Bekasi dan Depok pagi ini diperkirakan cerah. Sementara, Bogor dan Tangerang diprediksi diselimuti awan gelap.

BMKG lewat peringatan dininya juga melaporkan cuaca di wilayah Jakata Timur dan Jakarta Selatan bakal diwarnai hujan petir dan angin kencang pada siang hari. 

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jaktim dan Jaksel antara siang dan malam hari,” ungkap BMKG.

Berikut prakiraan cuaca Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG, Rabu (24/4/2019):

 Kota   Pagi   Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Hujan Ringan  Berawan  Hujan Lokal
 Jakarta Pusat  Hujan Ringan  Berawan  Hujan Lokal
 Jakarta Selatan  Berawan  Hujan Lokal  Berawan
 Jakarta Timur  Hujan Ringan  Hujan Lokal  Berawan
 Jakarta Utara  Hujan Ringan  Berawan  Hujan Lokal
 Kepulauan Seribu  Hujan Petir  Berawan  Hujan Lokal
Bekasi  Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Depok  Cerah Berawan Hujan Ringan  Hujan Ringan
Bogor  Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
Tangerang   Berawan  Berawan  Berawan

BPN Tepis Isu Liar Prabowo Strok Ringan

JakartaBadan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memastikan capres nomor urut 02 itu bisa kembali mengikuti kegiatan kampanye. Direktur Komunikasi dan Media BPN Hashim Djojohadikusumo sebelumnya menyebut Prabowo sakit.

“Cuma hari ini aja (tidak kampanye), (besok) kampanye lagi terus,” kata Juru Debat BPN Prabowo-Sandiaga, Riza Patria saat dimintai konfirmasi, Kamis (4/4/2019) malam.

Prabowo memang batal berkampanye di Pangkal Pinang, Pulau Bangka. Muncul isu yang menyebut Prabowo terkena strok ringan usai menjalani debat capres keempat pada Sabtu (30/3).

Riza menepis isu tersebut. Politikus Gerindra itu menyebut Prabowo tetap berkegiatan setelah debat keempat.

“Habis debat kan masih keliling-keliling, ke mana-mana, keliling terus setiap hari,” terang Riza.

“Iya cuma hari ini (nggak kampanye), nggak ikut, nggak ada strok ringan,” imbuhnya.

Prabowo sebelumnya absen dari kampanye akbar di Pulau Bangka dan peringatan Isra’ Miraj di Aceh yang dijadwalkan pada Kamis (4/4). Menurut Hashim, Prabowo tidak bisa hadir karena sakit.

“Bapak Prabowo berhalangan hadir karena sakit,” kata Hashim kepada para pendukung Prabowo di Pangkal Pinang.

“Saya menyampaikan permohonan beribu maaf, kepada masyarakat yang hadir di sini, dikarenakan kondisi kakak saya (Prabowo) dalam kondisi sakit sepulang dari Padang,” lanjutnya.

Prabowo hampir dipastikan kembali berkegiatan pada Jumat (5/4). Hal itu diketahui dari jadwal yang didapat dari pihak BPN Prabowo-Sandiaga.

Prabowo sedianya diagendakan menghadiri undangan Gerakan Elaborasi Rektor Akademisi Alumni & Aktivis Kampus Indonesia yang digelar di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.
(zak/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ayu Poliandri yang Porotin Suami Miliaran Rupiah Minta Dihukum Ringan

Jembrana – Terdakwa kasus penipuan dengan modus poliandri, Ayu bakal menjalani vonis hari ini. Ia dituntut 3,5 tahun penjara. Ayu berharap divonis ringan.

“Berharap (diputus) seringan-ringannya, kasihan anak,” kata Ayu di ruang tahanan PN Negara, Mayor Sugianyar Nomor 1, Dauhwaru, Negara, Kabupaten Jembrana, Bali, Senin (1/4/2019).

Ayu tak banyak bicara. Dia hanya tertunduk lesu sambil menunggu vonis hakim. Ayu mengaku teringat anak-anaknya yang kini ada di Jawa bersama suami pertamanya.

“Kasihan anak saya di Jawa, yang ketiga anak saya kan sakit kanker mata. Jadi kemarin saya fokus ke sana,” sesalnya.
Dia pun menampik suami keduanya I Gede Arya Sudarsana mengklaim tak tahu status dirinya yang kala itu sedang proses cerai bersama suami pertamanya. Dia membantah pengakuan soal melanjutkan kuliah S2 Kedokteran di UGM.

“Sebenarnya kalau saya mau cerita sebenarnya mereka tahu kok kalau statusnya saya apa, waktu itu takut mempublikasikan hubungan karena status saya masih istri polisi. Keluarga sana kayaknya yang menutupi,” urainya.

Ayu pun kaget ketika tahu dia dipolisikan. Sebab, kala itu dia tengah proses rujuk dengan suami pertamanya dan tinggal di Jawa.

“Suami pertama mau ngajak rujuk, enam bulan saya di sana. Tahu-tahu sudah masuk FB saya selingkuh,” ujar Ayu.
(ams/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gejala Flu dan Jenisnya dari yang Ringan hingga Berat, Jangan Disepelekan

Jika penyakit flu ringan gejala-gejalanya bisa diatasi hanya dengan beristirahat, berbeda dengan penyakit flu yang berat. Gejala flu berat mungkin akan dirasakan berbeda pada tiap penderita.

Namun ada beberapa gejala flu berat yang patut diwaspadai dan harus mendapatkan tindakan pengobatan lebih lanjut atau pengobatan dari dokter.

Gejala-gejala flu berat patut diwaspadai apabila gejala tersebut tidak wajar dan berlangsung sangat lama. Beberapa flu berat bisa membahayakan jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Bahkan penyakit flu yang berat dapat membahayakan dan mematikan. 

Beberapa jenis penyakit flu yang diakibatkan oleh virus mematikan seperti virus H5N1 atau flu burung dapat menjangkit hingga beberapa orang di suatu daerah yang sudah terkontaminasi dengan virus tersebut.

Berikut ini beberapa penyakit flu berat yang yang berbahaya dan patut untuk di waspadai.

– Flu babi

Flu babi adalah salah satu penyakit flu berat yang diakibatkan oleh virus H1N1 tipe A. Pada awalnya flu ini hanya menyerang babi, namun sekitar tahun 2009-2010 flu ini mulai menyerang manusia ke manusia.

Gejala-gejala flu babi pada awalnya akan muncul mirip dengan flu biasa. Gejala selanjutnya dapat lebih parah seperti penumonia atau paru-paru basah, perubahan kondisi mental, hingga berujung kematian.

Flu babi sendiri dapat menular seperti halnya flu-flu biasa. Menular melalui batuk, bersin, udara, berbicara dengan orang yang mengidap flu babi, menyentuh benda yang terinfeksi virus flu babi yang kemudian tanpa sengaja tangan menyentuh mulut atau hidung.

Namun virus flu babi tidak akan menginfeksi atau menular melalui makanan atau produk yang berbahan babi dengan syarat sudah dimasak. Untuk pengobatannya sendiri, flu babi harus di tangani dengan tepat dan cepat, agar tidak menyebar, dan penderita dapat cepat tertolong.

– Flu tulang

Flu berat selanjutnya adalah flu tulang atau lebih sering disebut dengan chikungunya. Flu tulang akan menyerang bagian-bagian tulang hingga persendian.

Gejala flu tulang sendiri sama dengan flu biasanya, namun sakit seperti nyeri juga akan dirasakan di bagian tulang dan persendian. penderita juga akan mengalami kemerahan atau ruam di kulit tubuhnya, demam, hingga mata kemerahan. 

Flu tulang sendiri disebabkan oleh gigitan nyamuk betina aedes aegypti atau aedes albopictus yang terinfeksi virus chikungunya. Nyamuk ini juga dapat menyebabkan demam berdarah (DBD), sehingga orang yang terinfeksi flu tulang juga bisa terinfeksi DBD.

Jika kamu mengalami gejala diatas, lebih baik segera konsultasikan kepada dokter atau segera periksakan diri ke rumah sakit.

Langkah-Langkah Pertama untuk Atasi Luka Bakar Ringan dan Sedang

Bila sudah dioleskan, Anda punya dua pilihan, yakni menutupnya dengan perban atau membiarkannya terbuka. Masing-masing punya kelemahan.

Menurut Ari, luka yang tertutup lebih aman dari infeksi bakteri. Tetapi saat membuka balutan, orang-orang akan lebih kesakitan karena kulit yang baru tumbuh ikut terangkat.

“Sekalipun dikasih gel, tetap akan terasa sakit sekali,” ujarnya.

Sementara, luka yang terbuka tak akan mengalami nyeri karena perban dicabut. Namun, Anda harus memastikan luka itu tak akan terkena infeksi. Namun bila setelah empat jam, luka menjadi lebih buruk dan bahkan ada infeksi, Anda wajib ke rumah sakit, apalagi bila yang mengalami anak-anak.

“Luka bakar pada anak-anak, terutama yang sedang, langsung dibawa ke dokter karena hampir pasti kontraktur. Kalau didiamkan, setelah sembuh lukanya, tangannya malah nggak bisa digerakkan,” katanya.

Hal yang tak kalah penting tentu saja mencegahnya terjadi. Ari mengingatkan kini tak semua penyakit ditanggung pembiayaannya oleh BPJS. Penyakit yang disebabkan oleh kelalaian sendiri adalah salah satunya.

“Anak-anak main petasan, kemudian badannya terbakar, atau membakar sampah, kemudian kita jatuh dan kena luka bakar, itu enggak akan ditanggung BPJS. Jadi, lakukan semua dengan hati-hati. Jangan anggap sepele faktor keselamatan,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Power bank yang meledak membuat pesawat segera dievakuasi. Kru pesawat dan penumpang tak ada yang terluka akibat insiden ini.

Rusak Ringan Selesai dalam Sehari, Adira Buka Mini Autocilin Garage hingga Pelosok

Untuk Adira Insurance, jika ingin klaim via digital atau  e-claim maka hal ini akan memudahkan pelanggan untuk melaporkan klaim tanpa batasan lokasi dan waktu.

Adapun tips agar klaim asuransi mobil berjalan lancar dan dibayarkan oleh asuransi, antara lain:

1. Pelanggan harus menghindari hal-hal yang dikecualikan dalam polis seperti telat melapor klaim dari batas waktu pelaporan, pengemudi tidak memiliki surat izin mengemudi, klaim yang dilaporkan tidak dijamin dalam polis, klaim yang dilaporkan termasuk dalam klausul pengecualian dalam polis.

2. Melengkapi dokumen klaim, seperti formulir klaim yang telah diisi, fotokopi polis asuransi, SIM, STNK, surat keterangan dari kepolisian.

3. Kendaraan milik tertanggung tidak digunakan untuk perbuatan yang melanggar hukum. 

4. Jika Anda mengalami kecelakaan, jangan lupa memberikan bukti dengan mendokumentasikan terlebih dahulu keadaan kendaraan Anda pasca kecelakaan.

5. Perhatikan terkait wilayah pertanggungan apakah sesuai dengan isi polis.

6. Jangan membuat kerusakan yang terjadi merupakan kerusakan yang disengaja oleh tertanggung.

7. Memahami penyebab kecelakaan ditanggung sebelum mengajukan klaim secara langsung, anda juga perlu membaca dengan jelas mengenai polis-polis yang diberikan pihak asuransi.

Helikopter Jatuh di Tasikmalaya, 3 Luka Berat dan 1 Luka Ringan

Tasikmalaya – Empat penumpang helikopter yang jatuh kawasan Situhiang, Cigalantong, Tasikmalaya, Jawa Barat, mendapat perawatan di RS SCM Singaparna. Tiga penumpang mengalami luka berat.

“Para penumpang mengalami luka-luka dan dievakuasi ke RS SCM Singaparna,” kata Juru Bicara Basarnas Jabar Joshua Banjarnahor, Sabtu (16/3/2019).

Joshua mengatakan tiga korban atas nama Agung Raharja (Co pilot), R Johny Fajar Sofyan (penumpang) dan Tuti Budiawati (penumpang) mengalami luka berat.
“Sementara Fuad Humran (pilot) mengalami luka ringan,” kata Joshua.

Helikopter tipe BO-105M PK-EAH ini terbang dengan rute Kawalu-Wanaraja. Namun, belum diketahui mengenai penyebab jatuhnya helikopter milik PT Air Transport Service itu.

Kantor SAR Bandung mengirimkan satu tim dari Pos Pencarian Tasikmalaya mengevakuasi heli jatuh tersebut. Hingga saat ini belum diketahui penyebab jatuhnya heli itu.
(mud/bbn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

India Bangun 14 Ribu Bunker Untuk Warga di Perbatasan Pakistan

New DelhiKetegangan India dan Pakistan kian meningkat. India tengah membangun lebih dari 14 ribu bunker untuk keluarga-keluarga yang tinggal di sepanjang perbatasannya dengan Pakistan di wilayah negara bagian Jammu dan Kashmir. Tujuannya, agar mereka tetap aman di rumah mereka dan tak harus dievakuasi jika terjadi serangan artileri.

Para insinyur pemerintah mengatakan, pengerjaan pembangunan baja bawah tanah dan struktur beton, yang dapat menelan biaya total US$ 60 juta, telah dimulai sejak Juni 2018 lalu, ketika hubungan antara kedua rival bersenjata nuklir itu memburuk.

Menurut pejabat pemerintah negara bagian dan para kontraktor ratusan bunker bawah tanah, dengan dinding dan atap yang tiga kali lebih tebal dari rumah biasa dan mengonsumsi baja 10 kali lebih banyak, telah selesai dibangun.
“Ini bisa menahan penembakan ringan,” kata seorang insinyur di departemen pekerjaan umum Jammu dan Kashmir yang ditugasi membangun bunker tersebut, seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (1/3/2019).

Selama ini, baku tembak memang sudah kerap terjadi di sepanjang perbatasan Kashmir. Namun baku tembak yang terjadi pada Selasa (26/2) dianggap sebagai penanda peningkatan ketegangan antara India dan Pakistan.

Ketegangan meningkat setelah aksi bom bunuh diri mengenai konvoi militer India di wilayah Kashmir pada 14 Februari lalu. Setidaknya 40 personel militer India tewas dalam serangan bom itu.

Pemerintah India menuding pemerintah Pakistan terlibat dalam bom bunuh diri itu. Namun Pakistan membantahnya. Sejak itu, bentrokan militer antara kedua negara terus terjadi. India dan Pakistan saling menembak jatuh pesawat militer kedua negara, hingga sejumlah bandara di sekitar Kashmir terpaksa ditutup sementara.

Pakistan juga menutup akses penerbangan sipil untuk sementara waktu akibat bentrokan di wilayah Kashmir.
(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Harga Lenovo A7000 Plus dan Spesifikasinya, Smartphone dengan Audio Gahar

Liputan6.com, Jakarta Lenovo memang lebih terkenal dengan produk laptop serta PC yang jadi andalannya. Pada 2013, Lenovo dinobatkan sebagai produsen komputer terbesar di dunia. Bermarkas di Beijing, Lenovo awalnya merupakan perusahaan kecil bernama Legend atau dalam bahasa China ‘Lianxiang’ dan didirikan pada 1984 oleh Liu Chuanzi.

Namun jangan salah, perusahaan ini juga mumpuni dalam membuat smartphone. Sejak Lenovo mengakusisi Motorola, mereka pun mulai memproduksi smartphone yang sampai sekarang diterima dengan baik di pasaran, termasuk di Indonesia.

Selain spesifikasinya yang menarik, harga smartphone Lenovo juga tergolong ramah di kantong. Salah satu yang menjadi daya tarik dari perusahaan ini adalah harganya yang cenderung di bawah pasar sehingga peminatnya cukup banyak. Dari sekian banyak produk yang dikeluarkan oleh Lenovo, A Series merupakan seri yang paling laris di Indonesia.

Salah satu A Series yang laku di pasaran ialah A7000 Plus. Smartphone yang memiliki konektivitas yang cepat ini mampu menarik para konsumen. Apakah kamu tertarik untuk memiliki Lenovo A7000 Plus? Sebelum membeli, tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui harga Lenovo A7000 Plus dan spesifikasinya.

Tenang, pada artikel kali ini akan membahas spesifikasi dan harga Lenovo A7000 Plus. Penasaran berapa harga harga Lenovo A7000 Plus di pasaran ponsel saat ini dan apa saja spesifikasi unggulan smartphone ini? Berikut Liputan6.com rangkum harga harga Lenovo A7000 Plus dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Harga Lenovo A7000 Plus

· Body Lenovo A7000 Plus

Desain Lenovo A7000 Plus terlihat ramping dengan dimensi 152.6 x 76.2 x 8 mm dan berat 140 g, membuat ringan untuk dibawa. Berkat lapisan warna doff pada bodynya membuat perangkat ini tidak licin saat dipegang.

Sementara untuk warnanya Lenovo A7000 Plus hadir dengan pilihan warna yang menarik yaitu hitam, putih dan kuning.

· Layar Resolusi Tinggi

Dengan layar 5.5 inchi dan Full HD, kamu bisa mendapatkan tampilan terbaik dari film, gambar, dan game dalam A7000-Plus.

Selain resolusi tinggi dan tingkat kecerahan tinggi layar selebar 5.5 inchi ini memiliki sudut pandang lebar mendekati 180 derajat. Hasilnya? Kamu pun bisa menikmati teks yang jernih, gambar yang tajam, dan warna yang lebih nyata, baik di dalam maupun di luar rumah kapan saja.

· Konektivitas

Lenovo A7000 Plus dibekali Prosesor Octa-Core 64-Bit MediaTek MT6753 dengan RAM 2GB akan menjamin performa kencang. Selain itu smartphone ini sudah 4G LTE dan dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth, WiFi, dan GPS.

Ditambah dengan memori internal 16 GB, namun jika kamu merasa masih terlalu kecil bagi semua foto, video, dan musik koleksimu. Kamu bisa sematkan microSD hingga 32 GB pada A7000-Plus.

Perangkat ini juga telah didukung dengan USB-on-the-go untuk kemudahan berbagi data dan mengisi daya perangkat lain.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Harga Lenovo A7000 Plus

· Kamera Berkualitas

Kamera A7000 Plus ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP. Kamera smartphone ini juga dilengkapi dengan Dual-LED Flash untuk membantu pemotretan di tempat yang minim cahaya.

Tak hanya itu saja, kamera belakang C7 juga sudah diimbangi dengan seperti Aperture F/2.0, CMOS Sensor, Geo-tagging, Face detection, Digital zoom, HDR, ISO Setting, Autofocus, Touch Focus, Panorama, dan Digital Image Stabilization. Kamera belakang ini juga memiliki resolusi video yang sangat bagus, yakni 1080p. Jadi untuk penggunaan kamera belakang besutan A7000 Plus tidak dapat diragukan lagi.

Tidak kalah dengan kamera belakangnya, kamera depan A7000 Plus 5 MP dibekali deteksi gerakan saat berfoto, seperti melambaikan tangan dan mengatakan ‘Cheese’. Untuk keperluan video call dan selfie, kamu bisa mengandalkan kamera depan ponsel pintar ini.

· Audio yang berkualitas

saat pakai headset untuk mendengarkan musik, kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda dari smartphone ini. Pasalnya, A7000 Puls ini dibekali Audio Dynamic Dolby Atmos yang membuat suara serasa terdengar di sekeliling kamu.

Baik secara horizontal namun vertikal. Semua itu adalah bagian dari desain audio 360 derajat, lengkap dengan 5 pengaturan mode equalizer yang dapat disesuaikan dengan selera ruang dengarmu.

· Baterai Besar

Kapasitas baterai besar dengan kapasitas baterai 3000 mAh, A7000 Plus sempurna untuk kamu tidak bisa lepas dari smartphone. Baik untuk media sosial, bermain game, hingga chatting, smartphone ini tidak akan mengecewakan kamu.

4 dari 4 halaman

Harga Lenovo A7000 Plus

Dari sejumlah penelusuran di situs jual-beli online, harga Lenovo A7000 Plus dibanderol pada kisaran Rp 1.299.000. Harga Lenovo A7000 Plus biasanya tergantung dari kondisi dan kelengkapan barang. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Nah, itu dia spesifikasi dan harga Lenovo A7000 Plus yang mungkin bisa menjadi referensimu.

BMKG: Gempa Solok Selatan Dipicu Sesar Aktif yang Belum Terpetakan

Liputan6.com, Jakarta – Gempa tektonik bermagnitudo 5,6 mengguncang wilayah Kabupaten Solok Selatan, Kamis 28 Februari 2019. Hasil pemutakhiran parameter menunjukkan gempa ini memiliki kekuatan magnitudo 5,3.

Episenter terletak pada koordinat 1,4 LS dan 101,53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Kota Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Propinsi Sumatera Barat, pada kedalaman 10 kilometer.

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono, gempa Solok Selatan ini, merupakan jenis gempa tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan dan belum diketahui namanya.

“Pemicu gempa ini diduga berasal dari percabangan (splay) dari Sesar Besar Sumatra (The Great Sumatra Fault Zone), mengingat lokasi episenter gempa ini terletak sejauh 49 kilometer di sebelah timur jalur Sesar Besar Sumatera tepatnya dari Segmen Suliti,” jelas Daryono kepada Liputan6.com, Jumat (1/3/2019).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip).

“Jika memperhatikan peta geologi di lokasi episenter, tampak terlihat adanya pola kelurusan yang berarah barat laut-tenggara. Mengacu orientasi ini maka dapat dikatakan bahwa mekanisme gempa Solok Selatan ini berupa sesar geser dengan arah pergeseran menganan (dextral-strike slip fault),” ujar dia.

Dampak gempa ini guncangannya dirasakan di Solok Selatan mencapai skala intensitas V-VI MMI, Kota Padang III-IV MMI, Painan dan Padang Panjang II-III MMI, Payakumbuh Limapuluh Kota II MMI, Kepahyang I MMI. Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Solok Selatan, lebih dari 343 bangunan rumah rusak dan sedikitnya 48 orang terluka akibat gempa ini.

“Catatan sejarah gempa besar di Segmen Suliti tidak banyak, tetapi pada bagian selatan Segmen Suliti yang berdekatan dengan Segmen Siulak dalam catatan sejarah pernah terjadi 2 kali gempa dahsyat, yaitu Gempa Kerinci 1909 (M=7,6) dan 1995 (M=7,0),” ucap Daryono.

2 dari 2 halaman

Sejarah Gempa 1909

Salah satu peristiwa gempa dahsyat di Perbatasan Sumatera Barat, Bangkulu, dan Jambi adalah gempa merusak yang terjadi pada 4 Juni 1909, sekitar 7 tahun setelah wilayah ini diduduki Hindia-Belanda.

“Gempa tektonik yang dipicu akibat aktivitas Sesar Besar Sumatera tepatnya di segmen Siulak ini berkekuatan M=7,6. Gempa ini menjadi gempa darat paling kuat yang mengawali abad ke-20 di Hindia-Belanda. Peristiwa gempa dahsyat ini banyak ditulis dan diberitakan dalam berbagai surat kabar Pemerintah Hindia Belanda saat itu,” terang Daryono.

Jumlah korban jiwa meninggal akibat gempa Kerinci saat itu sangat banyak mencapai lebih dari 230 orang. Sementara korban luka ringan dan berat dilaporkan juga sangat banyak.

“Sejarah gempa dahsyat yang melanda Kerinci tahun 1909 kemudian terulang kembali pada tahun 1995. Gempa Kerinci 1995 berkekuatan M 7,0 terjadi terjadi pada 7 Oktober 1995 yang mengakibatkan kerusakan parah di Sungaipenuh, Kabupaten Kerinci,” kata Daryono.

Gempa ini menyebabkan 84 orang meninggal, 558 orang luka berat dan 1.310 orang luka ringan. Sementara 7.137 rumah, sarana transportasi, sarana irigasi, tempat ibadah, pasar dan pertokoan mengalami kerusakan.

Untuk itu, ia menilai ada pelajaran penting yang dapat dipetik dari peristiwa gempa di Solok Selatan termasuk catatan gempa Kerinci 1909 dan 1995. Bahwa, keberadaan zona Sesar Besar Sumatra harus selalu diwaspadai.

“Jika terjadi aktivitas pergeseran sesar ini maka efeknya dapat sangat merusak karena karakteristik gempanya yang berkedalaman dangkal dan jalur sesar yang berdekatan dengan permukiman penduduk,” ucap Daryono.


Saksikan video pilihan berikut ini: