RI Komitmen Terus Berkontribusi dalam Proses Perdamaian di Afghanistan

Liputan6.com, Jakarta – Usai melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Afghanistan H.E Salahudin Rabbani di Gedung Pancasila Jakarta, Jumat (15/3/2019) pagi, Menlu Retno Marsudi menekankan komitmen dan dukungan Indonesia untuk menciptakan perdamaian di Afghanistan.

Dalam pernyataannya, Menlu Retno menyampaikan upaya ini merupakan tindak lanjut dari komitmen Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan presiden Afghanistan di Kabul pada Januari 2018.

“Saya sampaikan bahwa Indonesia berkomitmen dan mendukung terciptanya perdamaian di Afghanistan. Ini merupakan upaya lanjutan setelah pertemuan antara Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Ashraf Ghani di Kabul, Afghanistan,” ujar Menlu Retno.

“Sekali lagi, Indonesia menyampaikan kesiapannya untuk terus berkontribusi dalam proses perdamaian di Afghanistan,” tambahnya.

Menurut Menlu Retno, dari perspektif Indonesia ada tiga hal dimana Indonesia bisa berkontribusi.

“Yang pertama adalah dalam konteks Trust Building, yang kedua adalah dalam konteks Peace Building and State Building dan yang ketiga adalah Di Fora Internasional termasuk di PBB,” kata Menlu.

“Saya ingin mulai dari yang pertama. Trust Building merupakan satu elemen yang penting dalam setiap proses perdamaian. Oleh karenanya Indonesia menjadi tuan rumah dalam Trilateral Ulama Meeting tahun lalu. Dalam konteks ini Indonesia siap memberikan fasilitasi terhadap hal-hal yang terkait dengan Trust Building.”

“Yang kedua adalah Peace Building dan State Building. Pada tahun 2019 ini, Indonesia juga memberikan kesiapan untuk memberikan beasiswa kepada saudara-saudara kita di Afghanistan. Kita berbicara soal tawaran Indonesia memberi 100 beasiswa untuk bidang minyak, gas dan pertambangan. Selain itu juga pelatihan untuk diplomat Afghanistan.”

“Yang ketiga adalah soal Di Fora Internasional termasuk yang ada di PBB. Tadi pagi saya telah menghubungi duta besar kita yang ada di New York. Dan saat ini Indonesia dan Jerman tengah merumuskan resolusi dewan PBB mengenai perpanjangan mandat UNAMA — Misi Bantuan Perserikatan-Bangsa di Afghanistan. Indonesia terus mendukung PBB untuk stabilitas di Afghanistan.”

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sedikitnya 12 orang tewas dalam serangan bom bunuh diri di Afghanistan. Pelaku meledakkan bom yang diikat ke tubuhnya di sebuah pos keamanan di Jalalabad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *