Eko Roni dan Dwi Ani Retno Bawa Pelajaran Berharga dari Manila

Atlet penyumbang medali perak bagi Indonesia di ajang SEA Games ini, mengaku bahwa ia kerap tampil agresif dalam gulat. Hal ini nampaknya terbawa saat ia tampil, dimana ia sempat membanting lawan di awal stanza.

“Saya pikir saya unggul dari segi poin sebelum terkena sikutan. Satu hal yang dapat saya petik sebagai pelajaran adalah bagaimana mengatur ritme,” katanya.

“Di gulat, bisa saja maju terus untuk menyerang, namun di MMA, adakalanya saya harus mundur,” ujarnya.

“Rekan setim saya di Evolve, Alex Silva, mengatakan bahwa terlalu agresif di awal laga bukan strategi yang bagus, kecuali kalau sudah memasuki ronde akhir.”

Selepas laga, banyak yang menanyakan kondisinya, termasuk CEO One Championship Chatri Sidyodtong. Eko menjawab bahwa kondisinya baik-baik saja dan siap untuk kembali bertanding.

“Saya akan beristirahat seminggu, sebelum melakukan persiapan untuk laga selanjutnya. Saya siap untuk laga selanjutnya, karena ada rasa penasaran juga,” ujar Eko, yang saat ini berada di Samarinda, Kalimantan Timur bersama keluarga besarnya.

Menlu Retno: RI-Saudi Tingatkan Kerjasama di Sektor Energi dan Pariwisata

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) dan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud melakukan pertemuan bilateral di Istana Pribadi Raja (Al-Qasr Al-Khas). Dalam pertemuan yang berlangsung selepas jamuan santap siang itu, Jokowi dan Raja Salman sepakat akan meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

“Presiden Jokowi dan Raja Salman sepakat ke depan kerja sama ekonomi akan terus ditingkatkan terutama di bidang energi dan pariwisata,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan tertulis yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Minggu (14/4/2019).

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga menyampaikan apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10.000 bagi jemaah Haji Indonesia. Sementara itu menurut Retno, Arab Saudi juga mengapresiasi atas kepemimpinan Indonesia dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia.


“Raja Salman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia,” ucap Retno.

Selain itu, Retno menyampaikan, Raja Salman juga mengapresiasi Indonesia atas kepemimpinannya di dunia islam. “Dari pembicaraan tadi tampak sekali kedekatan antara kedua kepala negara,” ujar Retno.

Selain bertemu dengan Raja Salman, Jokowi juga bertemu dengan Menteri Muda urusan Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi. Saudi mengapresiasi posisi Indonesia di Dewan Keamanan PBB yang juga ikut merepresentasikan kepentingan negara-negara muslim.

Hal tersebut menjadi salah satu poin pembahasan saat Jokowi sewaktu menerima kunjungan kehormatan Menteri Muda urusan Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Adel Al Jubeir. Pertemuan tersebut berlangsung di Royal Guest House, Riyadh.

“Dalam pertemuan tersebut dibahas antara lain bagaimana kedua negara meningkatkan kerja sama bilateral. Dari pihak Saudi menekankan banyak sekali posisi yang kurang lebih sama yang selama ini dimiliki Indonesia dan Saudi Arabia di berbagai isu,” ujar Retno.

Menlu Retno MarsudiMenlu Retno Marsudi Foto: Muhammad Fida/detikcom

Jokowi dan Menteri Muda Urusan Luar Negeri Arab Saudi juga membahas mengenai kerja sama dalam rangka mensyiarkan Islam yang damai, Islam yang toleran, dan juga bekerja sama dalam konteks penanggulangan terorisme. Retno mengatakan, pada pertemuan itu juga membahas mengenai masalah bagaimana kedua negara dapat meningkatkan kerja sama dalam membantu mendukung perjuangan bangsa Palestina.

“Seperti diketahui bahwa masa depan Palestina menjadi lebih sulit dan menjadi kewajiban bagi Saudi Arabia dan Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama dan untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ujar Retno.

(yld/idn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Persiapan Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi Jadi Moderator Debat Capres

Zulfikar Naghi menjelaskan, KPU sudah memberi tahu kepada dirinya dan Retno Pinasti tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh moderator debat.

“Kita sebagai moderator ini mengingatkan dari kandidat mengenai waktunya berapa menit, sudah habis atau belum,” ucap Zulfikar.

“Intinya moderator itu di sini jadi wasit sih. Kita mesti independen, berimbang, jadi pokoknya berimbang dari segala lah, mulai dari durasi bicara, dan sebagainya,” lanjut Retno.

Meski begitu, Retno juga mengatakan sebagai moderator untuk tidak terlalu kaku dan jalannya debat harus tetap seru.

“Justru kalau seru itu artinya masyarakat dan pendukung antusias pada Pemilu dan Pilpres yang akan datang,” kata dia.

“Kalau kita harap cicing (diam), harap cicing (diam),” sambung Zulfikar.

“Jadi kita ga banyak ngomong, sssttt sssttt,” Retno menimpali.

Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi Jadi Moderator Debat Keempat

JakartaKPU mengumumkan nama moderator untuk debat keempat Pilpres 2019. Nama Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi terpilih menjadi moderator.

“Disepakati dalam penyelenggaraan debat keempat untuk moderator adalah Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi,” ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2019).

Wahyu mengatakan, selain moderator, terdapat beberapa nama host yang akan bertugas dalam debat. Nama-nama host ini akan memandu jalannya pengundian pertanyaan hingga host pada saat acara off air.
“Host untuk prosesi pengujian debat keempat adalah Wanda Dwi Utari dan Rory Asyari. Host untuk press conference debat keempat adalah Aviani Malik dan Reza Ramadhansyah,” ujar Wahyu.

“Host off air dan wall of fame debat keempat adalah Prisca Niken dan Wahyu Wiwoho,” sambungnya.

Wahyu mengatakan diumumkannya nama host ini sebagai masukan dari evaluasi debat sebelumnya. Dia juga mengatakan hal ini untuk menjaga transparansi dalam penyelenggaraan debat.

“Berdasarkan peraturan moderator dipilih berdasarkan kesepakatan TKN dan BPN. Sejak debat pertama ada hanya tidak dipublikasikan, berdasarkan evaluasi demi transparansi sekarang ini kita sampaikan pada publik host bertugas di semua kegiatan,” tuturnya.
(dwia/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menlu Retno Jelaskan Pembebasan Siti Aisyah

Jakarta – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menjelaskan proses pembebasan Siti Aisyah dalam kasus pembunuhan Kim Jong-Nam. Menlu Retno Marsudi mengatakan proses pembebasan Siti Aisyah membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Sebagaimana yang tadi saya katakan. every now and then kita melakukan terus komunikasi yang banyak, melakukan komunikasi,” kata Retno di Kantor Kemlu, Jalan Pejambon, Jakarta Usat, Senin (11/3/2019).

Sementara itu Direktur Perlindungan WNI Kemlu Lalu M Iqbal mengatakan Siti Aisyah tidak bebas murni. Dia menuturkan Siti Aisyah masih bisa kembali dijerat atas kasus tersebut bila ditemukan bukti.

“Dia bebas tapi dia tidak bebas murni. Jadi masih ada kemungkinan pada suatu saat nanti didapatkan, ditemukan bukti-bukti baru dia bisa didakwa,” jelas Iqbal.
Iqbal sendiri enggan berandai-andai jika nantinya Aisyah akan dipanggil kembali ke Malaysia. Dia menegaskan yang paling penting saat ini Aisyah sudah berada di pelukan keluarga.

“Sesuai niat kita, sesuai harapan kita. sekarang sudah bebas. Itu yang penting,” ucapnya.

Iqbal menampik pembebasan Aisyah dikaitkan dengan Pilpres. Dia mengatakan pembebasan tersebut murni dari jaksa.

“Sebenarnya hari ini adalah jadwalnya untuk Doan yang warga negara Vietnam. Tetapi jaksa yang meminta kepada hakim, ‘apa boleh kami menyampaikan sesuatu terkait dengan kasus Siti Aisyah?’. Itu adalah murni inisiatif dari jaksa, bukan inisiatif dari kita,” sebutnya.
(fdu/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Menlu Retno Marsudi Kunjungi Kamp Pengungsi Palestina di Amman Yordania

Liputan6.com, Amman – “Jangan pernah menyerah, jaga semangat mu dan InsyaAllah semuanya akan lebih baik di masa datang,” demikian disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat bertemu para siswa di sekolah kamp pengungsi Palestina, New Amman Camp, di Amman Yordania.

Kunjungan Menlu RI ke kamp pengungsi Palestina di Amman, merupakan bagian dari kegiatan yang utamanya bertujuan untuk memberi dukungan kepada rakyat Palestina. Dukungan yang dimaksud khususnya dalam perjuangannya membangun bangsa Palestina, sebagaimana keterangan pers yang diterima Liputan6.com dari Kementerian Luar Negeri, Kamis (7/3/2019).

Menlu Retno Marsudi didampingi oleh Komisoner Jenderal UNRWA bertemu dengan para siswa dari Sekolah New Amman Camp. Dalam kesempatan tersebut, Menlu RI melakukan dialog dan memberi semangat kepada para siswa yang tergabung dalam parlemen sekolah. Parlemen sekolah dibentuk sebagai upaya untuk memperkuat nilai-nilai kemanusiaan, demokrasi, dan kemampuan sosial para siswa melalui peran aktif mereka dalam tata laksana persekolahan.

Sekolah yang dikunjungi Menlu RI merupakan salah satu dari 171 sekolah yang didirikan di berbagai kamp pengungsi Palestina di Yordania untuk memenuhi kebutuhan sekitar 121 ribu pelajar. Dengan dukungan negara-negara sahabat, termasuk Indonesia, UNRWA juga telah menyediakan antara lain 25 pusat kesehatan, 10 pusat rehabilitasi berbasis masyarakat, dan 14 pusat program perempuan untuk mengakomodasi kebutuhan dasar para pengungsi.

Di kamp pengungsi tersebut saat ini terdapat lebih dari 78 ribu orang pengungsi Palestina. New Amman Camp merupakan salah satu dari 10 kamp yang tersebar di Yordania, di mana sekitar 370 ribu orang pengungsi Palestina lama menetap.

Secara total, terdapat lebih dari 2 juta pengungsi Palestina yang berada di wilayah Yordania.

Sebagian besar mengungsi pasca Nakba, yaitu eksodus sekitat 700,000 warga Palestina setelah meletusnya Perang Arab-Israel di tahun 1948. Kunjungan Menlu Retno Marsudi di New Camp Amman Camp diakhiri dengan mengunjungi rumah salah satu pengungsi Palestina, yang sudah bertahun-tahun berada di kamp tersebut.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Komitmen Pemerintah RI

Dalam interaksinya dengan para pengungsi, Menlu Retno menyampaikan kembali terkait komitmen Pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk terus memperjuangkan hak-hak rakyat Palestina, termasuk kemerdekaan. Kunjungan ke kamp pengungsi Palestina menutup rangkaian kegiatan Menlu RI di Amman, yang juga telah menyampaikan berbagai bantuan Indonesia ke masyarakat Palestina, baik para pengungsi di Yordania maupun masyarakat di Gaza.

Sebelum kunjungan ke kamp Pengungsi Palestina, Menlu RI telah membuka “Pelatihan Internasional bagi para Pelatih mengenai Perencanaan Usaha bagi kaum Perempuan di Tempat Pengungsian” (International Training of Trainers on Business Planning for Women in Refugees Camps).

Menlu RI juga menyaksikan penandatangan penandatangan LOI ( Letter of Intent ) oleh Sekjen Kemlu mewakili Indonesia dan Assisten Menlu untuk urusan Asia, Afrika dan Australia dari Kemlu Palestina, mengenai pemberian bantuan kemanusiaan untuk Palestina terkait pengadaan desalinasi air dan obat obatan serta peralatan kesehatan.

Menlu RI juga telah menandatangani MoU dengan Komisioner Jenderal UNWRA, mengenai distribusi kontribusi kemanusiaan Indonesia bagi pengungsi Palestina ex-Gazan di Jerash Camp Yordania, sebesar 1 juta dollar Amerika.

Menlu Retno Bahas Kemerdekaan Palestina di KTM OKI

Liputan6.com, Abu Dhabi – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menghadiri Konferensi Tingkat Menteri ke-46 Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Retno Marsudi menegaskan pentingnya menyelesaikan persoalan Palestina yang belum selesai.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (3/3/2019), Menlu Retno menegaskan tidak ada pilihan lain bagi OKI selain memberikan dukungan nyata untuk kemerdekaan Palestina.

Retno juga membahas status Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, terus berjuang secara konkret untuk kemerdekaan Palestina.

Anggota OKI harus memberikan kontribusi dan menjadi bagian dari solusi atas permasalahan global termasuk dengan mencegah konflik, mengedepankan dialog dan perundingan, dan secara konsisten menghormati prinsip-prinsip Piagam PBB. (Karlina Sintia Dewi)

Siswa SMA Al-Azhar Kelapa Gading yang Berkata Kasar ke Guru Ngaku Iseng

Jakarta – Siswa yang merekam video dan men-dubbing kata-kata kasar ke guru di SMA Al-Azhar Kelapa Gading menyesali perbuatannya. Dia mengaku hanya iseng.

Siswa tersebut merekam video saat gurunya mendampingi kelompok belajar pada 19 Februari 2019 lalu kemudian men-dubbing kata-kata kasar pada malam harinya. Dia kemudian mengunggah video itu di akun Instagram-nya.

Siswa itu mengaku tidak mengira bahwa videonya jadi viral. Hingga akhirnya, pihak sekolah mengetahui hal itu sepekan setelahnya dan mengklarifikasi kepada siswa serta orang tua.

“Niatnya untuk iseng. Pada saat menangis, dia cerita nggak ada masalah apapun (dengan guru), nggak ada kejadian apapun, dengan guru yang bersangkutan juga nggak ada masalah,” kata Kepala Sekolah SMA Al-Azhar Kelapa Gading, Sumanto di sekolah, Jalan Bulevard Timur, Pegangsaan Dua, Jakarta Utara, Jumat (1/3/2019).

Siswa SMA Al-Azhar Kelapa Gading yang Berkata Kasar ke Guru Ngaku IsengFoto: Kepsek SMA Al-Azhar Kelapa Gading (Lisye Sri Rahayu/detikcom)

Pengakuan itu disampaikan siswa tersebut sambil menangis ke guru BK. Hingga akhirnya, siswa tersebut melalui orangtuanya mengundurkan diri dari sekolah.

Pihak sekolah menyayangkan peristiwa ini dan menyesalkan ada pula kabar belum terkonfirmasi yang beredar soal hal ini. Sumanto menuturkan guru yang ada di video tidak sadar direkam dan tidak tahu bahwa siswa tersebut men-dubbing kata-kata kasar.

“Karena dia tidak tahu menahu ya sedih aja. Yang beliau sedih kan berita-berita di luar yang rasanya kurang bertanggungjawab ya. Menyampaikan informasi tanpa ada konfirmasi, bahkan saya melihat berita itu justru cenderung ingin memojokkan baik pihak sekolah dan pihak siswa kan kasihan,” ungkapnya.

Sumanto mengatakan pihak sekolah sudah berkoordinasi dengan Suku Dinas Pendidikan Jakarta Utara soal video viral ini. Komisi Bidang Pendidikan KPAI, Retno Listyarti, juga sudah datang ke sekolah dan memberi rekomendasi.

“Persoalannya sudah selesai dan sudah kondusif. Pembelajaran sudah berjalan normal,” ucapnya.
(imk/bar)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Aprilia Manganang Tak Sangka Rebut MVP Proliga 2019

Liputan6.com, Yogyakarta – Pemain putri Jakarta PGN Popsivo Polwan Aprilia Manganang terpilih sebagai pemain terbaik (MVP) Proliga 2019. April diganjar penghargaan individual bergengsi tersebut usai membawa timnnya menjadi juara kompetisi bola kasta tertinggi di Indonesia itu.

Ini adalah kali ketiga April memenangkan MVP Proliga. Sebelumnya, pevoli kelahiran Tahuna, Sulawesi Utara, 27 April 1992 itu pernah meraihnya pada Proliga 2016 dan 2016.

April mengaku tak menyangka bakal meraih MVP. Dia justru menjagokan rekan setimnya, Amalia Fajrina, untuk memenangkan penghargaan tersebut.

Bahkan, dia mengajak bertaruh Bogi Triyadi dari Liputan6.com yang menyebutnya akan memenangkan penghargaan MVP. “Ayo taruhan siapa yang menang? Menurutku Amalia,” kata April sambil menjabat tangan Bogi tanpa menyebut taruhannya.

Namun setelah namanya disebut sebagai pemenang MVP Proliga, April pun tersenyum lepas dan senang.

2 dari 3 halaman

Untuk Popsivo

April mengatakan suksesnya meraih penghargaan MVP tidak lepas dari bantuan rekan-rekannya di Popsivo Polwan. Apalagi, ini pertama kalinya ia membela tim tersebut.

“Ini untuk Popsivo. Ini kali pertama aku membela Popsivo dan aku meraih MVP serta juara Proliga,” ucap April yang menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 10 juta sebagai MVP Proliga 2019.

3 dari 3 halaman

Peraih Penghargaan

Best Server – Bethania De La Cruz (Jakarta Pertamina Energi)

Best Setter – Tri Retno Mutiara (Jakarta BNI 46)

Best Spiker – Wilda Siti Nurfadillah (Jakarta PGN Popsivo Polwan)

Best Blocker – Agustin Wulandari (Jakarta Pertamina Energi)

Best Libero – Yulis Indahyani (Jakarta Pertamina Energi)

Best Scorer – Kokram Pimpichaya (Bandung Bank BJB Pakuan)

Best Player – Aprilia S Manganang (Jakarta PGN Popsivo Polwan)

Best Coach – Chamman Dokmal


Ket: masing-masing pemenang meraih hadiah uang Rp 5 juta, kecuali best player yang mendapat Rp 10 juta.

Pelatih BNI 46 Bersyukur Raih Peringkat Ketiga Proliga 2019

Liputan6.com, Yogyakarta – Pelatih tim putri Jakarta BNI 46 Risco Herlambang bersyukur timnya finis di peringkat ketiga pada kompetisi bola voli Proliga 2019. BNI 46 mengalahkan Bandung Bank BJB Pakuan dalam perebutan tempat ketiga dengan skor 3-1 (18-25, 25-15, 25-18, 25-19) di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Sabtu (23/2/2019).

“Alhamdulillah bisa mengambil nomor tiga. Peringkat tiga lebih baik dari empat,” kata Risco kepada media setelah pertandingan.

Risco melanjutkan, ia dan tim pelatih sebenarnya ingin membawa BNI 46 lolos ke grand final Proliga. Hal ini melihat hasil bagus yang diraih Tri Retno Mutiaran dan kawan-kawan di putaran pertama yang hanya meraih tiga kemenangan dan sekali kalah.

Tapi, pergantian pemain asing yang dilakukan juara bertahan Jakarta Pertamina Energi pada putaran kedua Proliga menjegal langkah BNI 46. Bergabungnya mantan pemain Timnas Dominika Bethania De La Cruz membuat Pertamina sulit dikalahkan.

“Kita step by step. Awalnya kita ditargetkan masuk empat besar setelah musim lalu finis di peringkat kelima. Setelah lolos final four, kita ingin masuk ke grand final Proliga. Namun, ada perubahan dengan masuknya De La Cruz,” papar Risco.

2 dari 3 halaman

Tetap Bersyukur

Kendati demikian, Risco bersyukur bisa membawa BNI 46 finis di peringkat ketiga jika melihat materi pemainnya. Pemain lokal BNI 46 didominasi pemain muda, hanya Tri Retno Mutiara dan Putri Andya Agustina yang berstatus pemain nasional.

Seperti diketahui, pemain timnas putri didominasi oleh Jakarta Pertamina Energi dan Jakarta PGN Popsivo Polwan. Pertamina diperkuat tujuh pemain timnas, sementara Popsivo lima.

“Bersyukur dengan materi seperti ini. Luar biasa jika materi ini bisa lolos grand final,” ucap Risco.

3 dari 3 halaman

Luar Biasa

Sementara itu, Bandung Bank BJB Pakuan tak terlalu kecewa dengan finis di peringkat keempat. Apalagi, skuat asuhan Teddy Hidayat ini didominasi pemain-pemain muda.

“Masuk final four sudah luar biasa dengan materi ini,” kata asisten manajer Bank BJB Adik Rega Pahla.

Adik menambahkan, skuat Bank BJB saat ini dipersiapkan untuk jangka panjang. “Musim depan tidak akan banyak mengubah komposisi pemain, paling hanya satu atau dua orang,” paparnya.

“Untuk pemain asing, kita akan mengevaluasi. Apakah keduanya akan kita pertahankan, salah satunya, atau tidak sama sekali kita lihat musim depan,” tutupnya.