Ada Kawanan Gajah Bersenang-senang, Warga Aceh Resah Tak Bisa ke Sawah

Liputan6.com, Aceh – Dua kelompok kawanan gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) dilaporkan mendekati perkebunan warga di wilayah hutan Desa Buntha, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Sekretaris Desa Buntha, Safrian Yunus (41) mengatakan, warga terpaksa harus berjaga – jaga di kawasan lahan pertanian dan kebun sebagai upaya mencegah masuknya satwa gajah liar merusak tanaman petani.

“Masyarakat kami memang harus selalu berjaga – jaga di lahan mereka masing – masing, karena kalau satu malam atau dua malam saja tidak dijaga, habis semua tanaman dirusak dan dimakan kawanan gajah,” katanya, Sabtu 23 Maret 2019.

Ia berkata bahwa masyarakat di kawasan setempat sudah resah sejak mengetahui ada hewan berbelalai panjang itu mendekati lahan pertanian, bahkan sengaja memperlihatkan diri kepada warga dengan berdiri di pematangan sawah.

Kedatangan kawanan gajah tersebut diketahui saat sudah dimulainya masa penanaman padi di kawasan pedalaman tersebut, gajah – gajah itu seakan mengisyaratkan bahwa dia akan memakan tanaman padi warga setempat.

“Saat ini kami sedang musim tanaman padi, bahkan kalau ada kegiatan di desa pada malam hari kami tidak bisa datang karena kawanan gajah memang bermain sangat dekat dengan area lahan sawah,” imbuhnya dilansir Antara.

Ia melihat, kawanan gajah tersebut bermain ke kawasan itu dengan dua kelompok, bisa kemungkinan berjumlah 40 ekor, beruntung ada sungai yang membatasi jarak lahan warga dengan hutan gunung desa setempat.

“Gajah ada dua kelompok, kalau di seberang sungai ada sekitar 40 ekor dan dekat pemukiman sekitar 25 ekor, tadi malam (Jumat) bahkan masih ada gajah – gajah di dekat pemukiman,” tuturnya.

Safrian menyampaikan bahwa pihaknya pernah berkonsultasi dengan Polisi Hutan (Polhut) Aceh Jaya, untuk meminta bantuan menghalau gajah ke tempat lain, namun belum dapat dilakukan karena terkendala dana operasional.

Keberadaan satwa tersebut sudah berlangsung lama, bahkan pada 2018 pihak desa telah melakukan konsultasi dengan pihak terkait di daerah setempat, namun tetap saja belum dapat dilakukan karena berbagai kendala.

“Kami konsultasi tahun 2018 lalu, pada awal tahun mereka tidak bisa membantu karena tidak ada anggaran kalau harus ke lapangan, bahkan marcon pun tidak banyak lagi tersedia. Tidak sama seperti tahun sebelumnya,” katanya menjelaskan.

Masyarakat bersama pihak pemerintah desa setempat, sangat berharap instansi terkait baik dari kabupaten maupun dari Provinsi Aceh untuk dapat membantu menghalau kawanan gajah tersebut agar tidak terjadi konflik dengan manusia.

“Kami minta tolong diantisipasi gajah – gajah tersebut agar warga bisa tenang. Kalau bisa di halau ke daerah hutan lain tempat habitatnya sehingga tidak turun ke permukiman warga,” demikian Safrian Yunus.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Seorang pria tewas mengenaskan usai diduduki seekor gajah yang sedang dimandikan. Peristiwa ini terjadi di Karappuzha, Distrik Kottayam, India Selatan.

Dua Hal Ini Bisa Jadi Pemicu Lahan Konsesi Dipersoalkan

Jakarta – Lahan konsesi menjadi salah satu topik hangat belakangan ini pasca Presiden Joko Widodo menyatakan dia menanti lahan-lahan konsesi besar dikembalikan ke negara untuk rakyat. Pernyataan ini disampaikan saat pidato kebangsaan Minggu (24/2/2019) di Sentul, Bogor.

Ketua Dewan Komisioner Pembaharuan Agraria (KPA) Iwan Nurdin menerangkan, lahan konsesi sendiri merupakan istilah yang ditujukan untuk lahan negara yang disewakan ke badan usaha atau perorangan. Istilah ini merupakan istilah yang akrab di bidang ekonomi.

“Itu istilah untuk memudahkan, sebenarnya konsesi itu istilah untuk lahan negara yang disewakan ke badan usaha atau orang. Dalam istilah hukum nggak dikenal konsesi. Istilah ekonomi itu,” kata Iwan kepada detikFinance, Rabu (27/2/2019).

Dia menjelaskan, ada beberapa hal yang membuat lahan konsesi dipersoalkan. Pertama, masalah transparansi pemberian konsesinya.
Kedua, seberapa luas yang didapatkan dan kepada siapa konsesi itu diberikan.

“Kenapa cuma dia dapat, kenapa bukan rakyat, itu kan pertanyaan-pertanyaan substansinya,” ujar Iwan.

Dia mengatakan, pertanyaan-pertanyaan tersebut yang kemudian dianggap mencederai rasa keadilan. Sebab, pengelolaan lahan sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. Kecuali, ujarnya, konsesi terhadap pertambangan.

“Kenapa rasa keadilan tercederai, rakyat Indonesia bisa semua mengelola tanah, kalau cuma tanam sawit masa sih rakyat Indonesia nggak bisa. Migas mungkin mikir-mikir, tapi kalau tebang kayu, tanam sawit, karet, kayu jati kenapa harus perusahaan-perusahaan besar itu yang menyebabkan masyarakat sekarang itu resah,” jelasnya.

“Kenapa konsesi kepada besar-besar, sejak zaman Orde Baru sampai hari ini terus diberikan, sementara masyarakat bukannya dilindungi malah diusir-usir juga, malah nggak diberikan konsesi-konsesi padahal rakyat kan punya prioritas atau hak untuk mendapatkan konsesi-konsesi itu,” sambungnya. (fdl/fdl)

Ini Isi Lengkap Surat Ahmad Dhani untuk Menhan

Ini Isi Lengkap Surat Ahmad Dhani untuk Menhan Surat Dhani untuk menhan/Foto: Istimewa

Surabaya – Selain membawa buku ke persidangan, ternyata Ahmad Dhani juga membawa surat untuk Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Dalam dua lembar kertas berisi tulisan tangan itu, Dhani menyampaikan keresahannya.

Dhani mengaku resah dengan tuduhan anti China yang menyerang dirinya. Kemudian ia juga merasa tidak terima jika disebut sebagai pengujar kebencian yang ingin menghancurkan NKRI.

Soal kesetiaannya pada Tanah Air, Dhani mencoba meyakinkan semua orang dengan menceritakan pengalamannya bersama Dewa 19 di Aceh pada 2003. Menurut suami Mulan Jameela, kala itu Dewa diperintahkan Ryamizard untuk memberi semangat warga Aceh agar tetap setia kepada NKRI.
Bagi Dhani, apa yang dilakukan Dewa kala itu terbilang patriotik atau cinta Tanah Air karena mempertaruhkan nyawa dari bahaya pasukan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang kapan saja bisa membidiknya.
“Di atas tank, kami konvoi keliling Kota Aceh. Bisa saja GAM menembaki saat itu. Tapi kami tetap teriakkan NKRI harga mati. Kalau sekadar ngomong ‘Saya Indonesia Saya Pancasila’, itu tidak sulit Jenderal,” berikut sepenggal tulisan Dhani dalam surat untuk Menhan yang tampak di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (26/2/2019).

Surat Dhani untuk Menhan/Surat Dhani untuk Menhan/ Foto: Deny Prastyo Utomo

Surat tersebut tampak di PN Surabaya sebelum sidang kelima kasus pencemaran nama baik yang menjerat Dhani dimulai. Tadinya surat tersebut akan dibagikan ke pengunjung oleh pihak Dhani, namun terlebih dahulu diamankan petugas.

Berikut isi lengkap surat Ahmad Dhani untuk Menhan:

Surat kepada Jenderal Ryamizard Ryacudu

Siap Jenderal, lapor…
Saya divonis Hakim PN sebagai pengujar kebencian berdasarkan sara. Saya divonis ‘anti China’. Saya divonis ‘anti Kristen’

Kakanda Jenderal pasti tidak percaya bahwa saya anti China dan anti Kristen. Apalagi saudara saya yang nasrani dan partner bisnis saya yang kebanyakan Tionghoa. Tapi kenyataannya saya divonis begitu.

Kakanda Jenderal adalah saksi hidup bagaimana darah NKRI saya bergelora. Saat Kakanda adalah Kepala Staff AD, pada tahun 2003 Kakanda perintahkan Band Dewa 19 untuk memberi semangat warga Aceh untuk tetap setia kepada NKRI.

Di atas tank, kami konvoi keliling Kota Aceh. Bisa saja GAM menembaki saat itu. Tapi kami tetap teriakan NKRI harga mati. Kalau sekadar ngomong ‘saya Indonesia saya pancasila’, itu tidak sulit Jenderal.

Tapi kami nyanyikan Indonesia Pusaka di daerah operasi militer Aceh. Saat itu banyak kaum ‘separatis’ yang siap mendekat dan menembaki kami kapan saja…

Tapi sekarang situasinya Aneh Jenderal. Tapi sekarang situasinya aneh Jenderal. Setelah saya mengajukan upaya banding, saya malah ditahan 30 hari oleh Pengadilan Tinggi. Di hari yang sama keluar penetapan baru dari Pengadilan Tinggi yang akhirnya saya ‘ditahan’ karena menjalani sidang atas perkara yang seharusnya tidak ditahan (karena ancaman hukumannya di bawah 4 tahun).

Jadi salah paham Jenderal. Saya tidak sedang bercerita soal ‘keadaan saya’. Tapi saya sedang melaporkan ‘situasi politik’ negara kita.

Apakah saya ‘korban perang total’ seperti yang dikabarkan Jenderal Moeldopo? Mudah-mudahan bukan. Tapi di penjara, saya merasakan ‘tertekan’ yang luar biasa. Demikianlah Kakanda Jenderal, saya melaporkan dari sel penjara politik.

Ahmad Dhani
Kangen sop buntut buatan Nyonya Ryamizard Ryacudu

Rutan Medaeng, 26 Februari 2019
(sun/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Wiranto Redam Keresahan Pengusaha: Pilpres 2019 Aman

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah memastikan penyelenggaraan Pemilihan Presiden 2019 akan berlangsung aman. Ketegasan ini disampaikan mengingat banyaknya pengusaha yang menyampaikan keresahannya kepada pemerintah.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Wiranto mengatakan, banyak informasi yang beredar baik melalui media masa atau media sosial yang membuat para pengusaha resah.

“Saya sering ditanya teman-teman pengusaha, apa betul Pemilu April aman? Saya tanyakam kenapa? Katanya ada berita bahwa ada isu Pemilu nanti tidak aman. Akan ada satu kerusuhan yang membuat tidak aman. Ini isu. Saya katakan tidak. Pemilu aman,” ucap Wiranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Dia menceritakan, bahkan ada sejumlah pengusaha yang sudah merencanakan keluar dari Indonesia saat penyelenggaraam pemilu nantinya dan memilih untuk tidak menggunakan hak suaranya.

Wiranto mengaku terus berkoordinasi dengan TNI, Polri, KPU dan Banwaslu untuk memastikan penyelenggaraan pemilu nantinya tidak ada konflik sama sekali. Karena, pemilu ini, baginya, menyangkut harkat dan martabat Indonesia.

Dari sisi kemanan, pemerintah sudah bekerjasama dengan Polri untuk membuat indeks potensi gangguan penyelenggaraan pemilu. Hasil indeks ini dikeluarkan setidaknya enam bulan sebelum penyelengaraan pemilu 17 April 2019.

“Jadi dari indeks itu kita bisa tau berbagai potensinya dan kita langsung netralisir. Sehingga perhitungan kami dari aparat kemanan maka pemilu 2019 akan berlangsung aman,” tegas Wiranto.

“Maka dari itu jangan percaya hoax, tetap tinggal di Indoensia dan menjadi pemilih yang baik. Kalau mau bepergian setelah pemilu saja,” tutup Wiranto.

(Liputan6.com/Ilyas Praditya)

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jokowi: Katanya Kalau Saya Menang Enggak Boleh Azan, Ini Kebangetan

Liputan6.com, Cilacap – Presiden Joko Widodo atau Jokowi merasa resah dengan fitnah dan hoaks yang bertebaran menjelang Pilpres 2019. Jokowi lalu menyinggung tentang fitnah yang menyatakan apabila dirinya terpilih lagi menjadi Presiden, maka tak ada lagi suara azan.

Hal ini dikatakan Jokowi saat menyerahkan 1.500 sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat dari empat Kabupaten Cilacap di GOR Tenis Jawa Tengah, Senin (25/2/2019).

“Banyak sekali (fitnah dan hoaks). Ada katanya nanti kalau Presiden Jokowi menang (Pilpres), enggak boleh azan. Ini kebangetan,” kata capres nomor urut 01 itu.

Selain itu, dia juga menyebut banyak sekali pihak yang memfitnah dirinya adalah anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) dan anti ulama. Padahal, Jokowi menuturkan bahwa dirinya rutin mengunjungi pesantren dan bersilaturahmi dengan para ulama.

“Fitnah Presiden Jokowi PKI, banyak itu. Fitnah Presiden Jokowi anti ulama, saya tiap minggu dengan ulama, ke pesantren,” ucapnya.

2 dari 3 halaman

Jangan Percaya Hoaks

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar masyarakat tak mudah percaya dengan fitnah dan hoaks yang bertebaran saat ini. Jokowi tak ingin pesta demokrasi membuat persaudaraan dan persatuan bangsa menjadi terpecah.

“Dengerin fitnah-fitnah nggak usah, dengar hoaks nggak usah, ramenya ramai fitnah, ramai hoaks, kabar-kabar bohong banyak sekali dan jangan didengarkan,” ujar Jokowi.

Seperti diketahui, baru-baru ini ada video viral yang beredar di media sosial. Dalam video itu, beberapa ibu-ibu yang memprovokasi dengan menyebarkan kabar bahwa azan tak akan ada lagi jika Jokowi terpilih di pilpres.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ridwan Kamil dan TGB Berpidato di Konvensi Rakyat Jokowi-Ma’ruf

Jakarta – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Korbid Golkar TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) jadi dua tokoh yang berpidato membuka Konvensi Rakyat Optimis Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf Amin. Kang Emil bicara soal aksi di media sosial untuk mendukung Jokowi, sementara TGB bersaksi soal keislaman Jokowi.

Acara Konvensi Rakyat Optimis Indonesia Maju yang digelar di Sentul International Convention Center diramaikan sejumlah artis dan tokoh. Lagu-lagu hiburan sambil menunggu pidato Jokowi bergantian menghias panggung. Acara resmi belum dimulai, namun sudah ada sesi pidato, Ridwan Kamil jadi pembuka.

“Di Indonesia ini ada dua kelompok yang sudah menentukan pilihan, ada yang masih bimbang dan masih ragu, jumlah yang masih bimbang dan masih ragu masih sangat banyak, karena itu mulai dari sekarang tolong aktif memberi keyakinan di WA grup, beri keyakinan di IG, di sosmed, di arisan, di pengajian, di mana-mana. Karena Allah hanya memberikan kekuasaan pada yang dikehendaki,” kata Ridwan Kamil yang kemudian mengutip ayat Alquran di SICC, Minggu (24/2/2019).


Ridwan Kamil mengajak pendukung Jokowi bergerak mengetuk pintu warga. Dia juga menyemangati pendukung agar tak takut di-bully.

“Jadi jangan khawatir, jangan resah terhadap intimidasi, jangan resah terhadap teriakan yang mem-bully, karena kekuasaan sebenarnya sudah Allah tentukan pada yang Allah kehendaki itu keyakinan saya, tinggal kita berdoa, Insyaallah Pak Jokowi-Ma’ruf Amin pada 17 April Insyallah Allah tentukan sebagai pemimpin RI 5 tahun ke depan,” ujarnya.

TGB naik panggung setelah Ridwan Kamil. Dia bicara soal keislaman Jokowi.

“Saya sebagai muslim, bersama saudara sebangsa, saya sebagai muslim dengar lihat bagaimana Pak Jokowi sebagai pribadi muslim yang baik, Pak Jokowi sebagai pribadi lahir dari keluarga muslim yang baik. Pengamalan agama Insyaallah rahmatan lil alamin,” ujar TGB di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019).

TGB juga menyampaikan bahwa Jokowi sudah berulang kali diserang fitnah. TGB mengajak pendukung membalasnya dengan membuktikan kinerja Jokowi.

“Sekarang di depan kita ada 52 hari bersama Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf untuk bersuara dengan lantang tapi bukan balas cercaan dengan cercaan, kita akan balas dengan kinerja Pak Jokowi,” kata eks Gubernur NTB ini.

Acara dibuka resmi sekitar pukul 19.28 WIB.
(dkp/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tak Perlu Panik, Ini Cara Mudah Dapet Tiket Kereta Api untuk Mudik!

Liputan6.com, Jakarta Mudik Lebaran tinggal menghitung bulan. Namun, jika kamu mudik menggunakan kereta api tentu perlu persiapan membeli tiket dari jauh-jauh hari. Yap, moda transportasi ini masih menjadi primadona untuk pulang ke kampung halaman.

Dengan harga yang terjangkau, menggunakan moda transportasi itu dinilai sudah sangat nyaman dan aman. Terlebih PT KAI selalu berbenah dari segi kualitas dan kenyaman untuk para penumpang.

Namun demikian, Anda juga perlu mengikuti beberapa tips berikut agar mudik Lebaran menggunakan kereta api menjadi lebih aman, tenang, nyaman dan anti panik.

Beli online

Zaman serba digital saat ini dinilai lebih memudahkan dalam membeli sesuatu, termasuk berburu tiket kereta api secara online. Salah satu caranya ialah memesan melalui aplikasi Pegipegi.

Pegipegi memberikan kemudahan Anda dan keluarga untuk memesan tiket kereta api untuk mudik tahun ini. Terlebih lagi, Anda bisa memesannya kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke gerai tiket kereta api. Cukup gunakan smartphone, pilih rute mudik yang kamu pilih, lalu bayar. Semudah itu Anda mendapatkan tiket untuk mudik.

Menariknya, bakal ada diskon sampai Rp 30 ribu untuk setiap pemesanan tiket kereta api mudik di Pegipegi. Catat agar tidak kehabisan, periode diskon akan berlangsung pada 25 Februari – 12 Maret 2019. Tak hanya diskon, melalui Pegipegi rute kereta mudik pun sangat lengkap. Jadi, mudik Anda dan keluarga pasti tenang. Anda bisa mengecek promo kereta mudik Pegipegi di sini.

Bawa barang seperlunya

Sudah tidak zaman mudik lebaran membawa dus banyak-banyak ke dalam kereta api. Jika memang mengharuskan membawa barang lebih banyak, kamu bisa kok gunakan layanan jasa antar paket.

Di samping lebih praktis, kamu tidak direpotkan dengan membawa barang yang banyak saat mudik naik kereta api. Walaupun harus membayar lebih, setidaknya perjalanan kamu dan keluarga jadi lebih lancar dan nggak khawatir bawaan hilang dicuri orang karena sudah diantarkan sampai ke rumah di kampung halaman.

Siapkan gadget agar tidak bosan

Saat mudik lebaran naik kereta api tentu akan memakan waktu yang cukup lama karena perjalanan jauh. Namun, tidak ada salahnya kamu menyiapkan gadget kamu agar tidak bosan.

Lagi pula, saat ini, kereta api Indonesia melengkapi setiap tempat duduk memiliki stop kontak. Jadi, kamu tak perlu khawatir kehabisan daya saat mudik.

Tak lupa, isi kuota kamu biar bisa tetap internetan, dengar streaming-an musik, atau main game mobile kesukaanmu sepanjang perjalanan.

Pakai baju senyaman mungkin

Biasanya saat musim mudik telah tiba, stasiun kereta akan dipenuhi oleh banyak orang. Nah, memakai baju yang nyaman adalah hal yang mutlak dalam situasi tersebut.

Kalaupun kamu nyaman menggunakan celana pendek, pakai saja. Intinya, buatlah busana kamu senyaman mungkin agar perjalananmu lebih tenang, nggak khawatir resah gara-gara salah kostum. Jangan lupa sediakan jaket kalau naik kereta api kelas eksekutif karena hawa di dalam gerbong biasanya sangat dingin di malam hari.

Mentaati peraturan di kereta api

Fasilitas dari PT KAI terhadap kereta api Indonesia sudah sangat nyaman. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu menjaga fasilitas itu demi kenyamanan setiap penumpang. Misalnya merokok. Jangan sampai Anda merokok di dalam gerbong kereta api. Jika melanggar, kamu akan diturunkan di stasiun terdekat.

Itulah lima tips mudik nyaman dan aman naik kereta api sampai ke kampung halaman. Selain hal-hal di atas, jangan lupa berdoa sebelum berangkat dan waspada terhadap barang bawaan sepanjang perjalanan. Semoga kamu selamat sampai tujuan, bertemu kembali dengan keluarga tercinta.

Kalau sudah begitu, catat tanggal pembelian tiket kereta mudik Anda agar tidak kehabisan.

Mau mudik anti panik? Pegipegi yuk!


(*)

Serangan Burung Hantu ke Sarang Burung Walet di Sampit

Liputan6.com, Sampit – Serangan burung hantu ke bangunan-bangunan budidaya sarang burung walet, membuat resah sebagian pembudidaya sarang walet di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

“Burung hantu itu bisa memakan burung walet. Biasanya burung hantu menunggu di dekat lubang masuk. Jadi ketika ada burung walet masuk maka langsung diburu dan dimangsa,” kata Budi, salah satu pembudidaya sarang walet di Sampit, Rabu (20/2/2019).

Gangguan burung hantu memang menjadi ancaman bagi usaha budidaya sarang walet, selain ancaman serangan tikus. Bangunan budidaya sarang walet yang dimasuki burung hantu dikhawatirkan berdampak pada produksi sarang lantaran populasi burung walet bisa berkurang akibat dimangsa burung hantu.

Lebih parah, gangguan burung hantu dikhawatirkan membuat burung walet kabur dan tidak lagi bersarang di bangunan itu. Untuk itulah pembudidaya sangat khawatir bangunan budidaya sarang walet mereka dimasuki burung hantu.

“Kalau saya, untuk mengatasi itu saya pasangi lampu supaya burung hantunya pergi. Tapi ada juga orang yang memilih memburu burung hantu itu dengan cara ditembak menggunakan senapan angin,” ujar Budi dilansir Antara.

Saat ini gangguan burung hantu dikeluhkan pembudidaya sarang walet di kawasan Selatan. Banyaknya burung hantu diduga karena di kawasan pesisir itu masih banyak terdapat hutan sehingga populasi burung hantu diperkirakan masih banyak.

Noor Elman, seorang pengusaha walet di Desa Samuda Besar Kecamatan Mentaya Hilir Selatan mengaku sangat kesal dengan keberadaan burung hantu karena berdampak terhadap usaha budidaya sarang walet miliknya. Sudah berbagai upaya untuk mengusirnya namun burung hantu tetap kembali masuk.

Sejak dibangun lima tahun lalu, sudah sering burung hantu masuk ke bangunan budidaya sarang walet. Berbagai cara seperti memburu menggunakan senapan angin, memperkecil lubang masuk, memasang racun dan upaya lainnya, belum membuahkan hasil.

“Kemudian kami coba memasang jaring di dekat lubang masuk saat siang hari karena saat itu burung walet keluar mencari makan, ternyata berhasil. Ada lima burung hantu yang tersangkut sehingga berhasil ditangkap,” ujar Elman.

Elman berharap cara ini akan terus ampuh untuk menangkap burung hantu yang sering mengganggu budidaya sarang walet. Dia berharap tidak ada lagi burung hantu datang sehingga produksi sarang walet kembali meningkat.

Sekadar diketahui, budidaya sarang walet masih menjadi favorit masyarakat Kotawaringin Timur karena hasilnya sangat menggiurkan. Harga sarang walet sangat tinggi yakni di atas Rp13 juta per kilogram.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Istri Bikin Icardi Dilupakan Real Madrid

Liputan6.com, Madrid – Real Madrid sempat menjadikan Mauro Icardi sebagai bidikan utama di bursa transfer 2018. Namun, Los Blancos kini sudah tidak lagi punya niat untuk membeli pemain asal Argentina tersebut.

Real Madrid memang begitu kencang disebut ingin mendatangkan Icardi. Pasalnya, dengan reputasi yang sudah ia bangun di Inter Milan, Icardi disebut bakal jadi solusi bagi lini depan Madrid yang acap kali dinilai belum maksimal.

Icardi disebut akan menggantikan peran yang selama ini dibebankan kepada Karim Benzema. Tapi, kabar itu menguap begitu saja.

Bahkan, Real Madrid sudah tidak lagi mengincar Icardi pada bursa transfer Januari 2019.

2 dari 3 halaman

Gara-gara Wanda Nara

Secara teknis, tidak ada yang diragukan dari sosok Mauro Icardi. Dia punya skill yang lengkap sebagai seorang penyerang tengah.

Icardi mampu mencetak gol dengan berbagai macam cara. Baik itu dengan kaki maupun kepalanya, dari jarak dekat maupun jauh.

Namun, dikutip dari Marca, ada satu alasan kuat mengapa Madrid tidak lagi berminat membeli pemain berusia 25 tahun itu.Alasan tersebut tidak lain adalah sosok Wanda Nara, istri sekaligus agen bagi Icardi.

Wanda diketahui kerap terlibat terlalu dalam dengan urusan Icardi dengan pihak klub. Bahkan, juga terkait hubungan Icardi dengan pemain lain.

Marca menyebut jika Madrid begitu resah dengan tingkah laku Wanda dalam kapasitasnya sebagai agen Icardi. Ia sering kali memicu polemik dengan statmen yang diberikan kepada media. Dan, Madrid tak berkenan dengan hal tersebut.

Sikap keras Wanda dan seringnya dia bicara kepada media kini juga berdampak pada status Icardi di Inter Milan.

3 dari 3 halaman

Situasi Sulit Icardi di Inter

Mauro Icardi adalah figur penting di Inter Milan. Dia adalah kapten tim. Namun, pemain jebolan La Masia tersebut kini seolah menjadi pesakitan. Ban kapten sudah dicopot dari lengannya dan dia tak masuk skuat di laga terakhir.

Masa depan Icardi bisa dikatakan makin buram di Inter Milan. Sebab, skuat Inter dikabarkan sudah tidak lagi berkenan dengan kehadirannya.

Pangkal dari masalah yang dialami oleh Icardi, menurut Marca, adalah sikap Wanda yang tidak kooperatif dengan klub. Wanda juga kerap mengkritik beberapa pemain Inter, Marcelo Brozovic salah satunya. Situasi ini membuat Icardi jadi ‘musuh bersama’ di Inter.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

Profil Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak yang Sukses Berkarier di Usia Muda

Liputan6.com, Jakarta Usaha startup kini tidak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia. Dengan adanya usaha ini, masyarakat tidak lagi kesulitan untuk berbelanja online sehingga tak perlu repot keluar rumah. 

Salah satunya adalah startup Bukalapak yang namanya sangat familiar di Indonesia. ‘From zero to hero’ mungkin jadi predikat yang cocok untuk Achmad Zaky sebagai pendiri salah satu startup terbesar di Indonesia.

Lantas, sebenarnya apa alasan predikat tersebut pantas untuk disematkan di nama Achmad Zaky, yang kesuksesannya kini menjadi inspirasi banyak muda-mudi di Indonesia?

Yuk simak selengkapnya profil pendiri Bukalapak yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/2/2019).

2 dari 7 halaman

Kehidupan Pribadi Achmad Zaky

Pria kelahiran Sragen, 24 Agustus 1986 ini mewarisi darah Jawa yang kental akan budayanya. Di usianya yang ke 32 ini, pencapaian Achmad Zaky bukanlah tanpa sebab. Kesuksesannya sekarang tak lain dan tak bukan adalah berkat kedua orangtuanya yang senantiasa mendukung langkahnya.

Di samping itu, di balik keberhasilannya, ada seorang wanita yang berkontribusi siang dan malam untuk dirinya. Dia adalah Diajeng Lestari, wanita yang menjadi tambatan hati Zaky yang mengakhiri masa lajangnya pada 17 Oktober 2010 silam.

Keduanya pun berkarier di bidang yang sama dengan memanfaatkan internet untuk berbisnis. Tak mau kalah dari suaminya, pada tahun 2011, Diajeng mencoba peruntungan dengan mendirikan hijup.com. Dari pernikahannya itu, Laiqa Anzani datang untuk melengkapi manisnya kehidupan rumah tangga Achmad Zaky dan istri.

3 dari 7 halaman

Riwayat Pendidikan

Ketertarikan Achmad Zaky dengan dunia teknologi rupanya sudah tumbuh sejak dirinya menggeluti buku-buku pemrogaman yang dibelikan oleh pamannya, yaitu pada tahun 1997 silam. Pada saat itu, di usianya yang baru 11 tahun, Zaky sudah bisa mengoperasikan komputer berkat kontribusi pamannya.

Karena ketekunannya itu, saat menduduki bangku sekolah menengah atas di sebuah sekolah di Solo, Zaky berhasil meraih juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang komputer. Bahkan, dirinya menang hingga tingkat nasional.

Ingin menyelami bakatnya lebih dalam di dunia komputer, pada tahun 2004 Zaky pun melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung, tepatnya di jurusan Teknik Informatika. Usut punya usut, Zaky sempat mendapat IPK sempurna di semester pertamanya, lho.

Kesuksesan akademisnya itu tidak Zaky raih semata-mata hanya dengan belajar. Pasalnya, Zaky menyempatkan waktunya selama kuliah untuk mendirikan beberapa organisasi kemahasiswaan di kampusnya. Zaky berkontribusi dalam menggagas ShARE Global Student Think-Tank bersama teman-temannya yang lain.

Tak hanya itu, dia juga mendirikan Entrepreneur Club ITB yang sekarang lebih dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC ITB). Serta, aktif dalam organisasi Amateur Radio Club (ARC) ITB.

4 dari 7 halaman

Prestasi Achmad Zaky saat Kuliah

Prestasi yang ditorehkan Zaky selama berkuliah juga tidak kalah cemerlangnya. Dirinya sering menjuarai berbagai kompetisi tingkat nasional. Misalnya, pada tahun 2007 Zaky berhasil menyabet juara II dalam perlombaan yang diadakan salah satu operator seluler Indonesia, yaitu Indosat Wireless Innovation Contest.

Dalam ajang tersebut, Zaky menciptakan perangkat lunak yang ia juluki MobiSurveyor, yang berfungsi untuk mempermudah aktivitas manusia khususnya dalam perhitungan survei secara cepat. Berkat kreativitasnya itu, Zaky dianugerahi Merit Award dalam kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) pada tahun 2008.

Tak ketinggalan, Zaky juga sempat mengenyam pendidikan di Oregon State University selama dua bulan berkat beasiswa yang dia dapat dari pemerintah Amerika Serikat. Selang satu tahun, suami dari Diajeng Lestari ini kembali terbang ke Amerika Serikat untuk mewakili kampus tercintanya dalam ajang Harvard National Model United Nations 2009.

5 dari 7 halaman

Perjalanan Karier

Bakat dan prestasi yang Achmad Zaky peroleh sewaktu mengenyam pendidikan mengantarnya pada kesuksesannya sekarang ini. Ayah satu anak ini mulai merintis kariernya dengan membentuk sebuah usaha startup dengan harapan menjadi bermanfaat bagi banyak orang.

Lantas, Zaky mulai mencoba peruntungan dengan mendirikan usaha Bukalapak yang secara resmi dibuka tahun 2011. Zaky cukup percaya diri meskipun dia harus membangun usahanya dari bawah. Awal berdirinya usahanya itu mungkin tidaklah begitu pesat. Namun, kepercayaan dirinya membuahkan hasil yang luar biasa.

“Jujur saya memang resah saat mau mendirikan Bukalapak. Orang-orang kira saya bakal gelar lapak di pinggir pasar. Saya sih, enggan bilang ke keluarga, apalagi orangtua saya itu guru. Nah, saya di situ coba untuk lawan, makin percaya diri. Tidak apa-apa gagal, yang penting prosesnya,” ujar Zaky.

6 dari 7 halaman

Melihat Peluang

Zaky awalnya mengajak para pedagang di mall untuk bergabung dengan Bukalapak. Namun, saat itu usaha startup yang terhitung masih belum familiar rupanya sedikit menyulitkan Zaky. Klien pertama yang ia dapat hanyalah pedagang kecil yang mengaku dagangannya di toko kurang laku.

Pada akhirnya, Zaky mulai melihat peluang dari pedagang yang usahanya belum berkembang untuk bergabung di Bukalapak. Alhasil, berkat boomingnya internet pada saat itu, startup Zaky yang pada awalnya hanya dia rintis di mall menjadi semakin berkembang dengan banyaknya minat investor untuk menanamkan modalnya.

7 dari 7 halaman

Masuk Daftar Pemuda Terkaya di Indonesia

Bukalapak menjadi satu dari beberapa startup unicorn di Indonesia. Tentunya, hal ini tidak lepas dari kerja keras sang pendiri sekaligus CEO Bukalapak, Achmad Zaky. Pada pertengahan tahun 2018, majalah Globe Asia mempublikasikan daftar 150 orang terkaya di Indonesia. Kerja keras Achmad Zaky menuntunnya masuk sebagai satu dari beberapa anak muda pendiri startup yang ada di daftar tersebut.

Mengutip dari daftar yang dibuat Globe Asia, jumlah harta kekayaan Zaky diperkirakan sebanyak US$ 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun saat daftar itu dibuat. Nggak kebayang kan, berapa kekayaan Zaky di tahun 2019 ini?

Terlebih lagi, Zaky sempat tercatat masuk dalam jajaran 10 pengusaha muda berusia di bawah 30 tahun paling berpengaruh di Asia Tenggara periode tahun 2015 yang dibuat oleh media online Tech in Asia.