Serangan Burung Hantu ke Sarang Burung Walet di Sampit

Liputan6.com, Sampit – Serangan burung hantu ke bangunan-bangunan budidaya sarang burung walet, membuat resah sebagian pembudidaya sarang walet di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

“Burung hantu itu bisa memakan burung walet. Biasanya burung hantu menunggu di dekat lubang masuk. Jadi ketika ada burung walet masuk maka langsung diburu dan dimangsa,” kata Budi, salah satu pembudidaya sarang walet di Sampit, Rabu (20/2/2019).

Gangguan burung hantu memang menjadi ancaman bagi usaha budidaya sarang walet, selain ancaman serangan tikus. Bangunan budidaya sarang walet yang dimasuki burung hantu dikhawatirkan berdampak pada produksi sarang lantaran populasi burung walet bisa berkurang akibat dimangsa burung hantu.

Lebih parah, gangguan burung hantu dikhawatirkan membuat burung walet kabur dan tidak lagi bersarang di bangunan itu. Untuk itulah pembudidaya sangat khawatir bangunan budidaya sarang walet mereka dimasuki burung hantu.

“Kalau saya, untuk mengatasi itu saya pasangi lampu supaya burung hantunya pergi. Tapi ada juga orang yang memilih memburu burung hantu itu dengan cara ditembak menggunakan senapan angin,” ujar Budi dilansir Antara.

Saat ini gangguan burung hantu dikeluhkan pembudidaya sarang walet di kawasan Selatan. Banyaknya burung hantu diduga karena di kawasan pesisir itu masih banyak terdapat hutan sehingga populasi burung hantu diperkirakan masih banyak.

Noor Elman, seorang pengusaha walet di Desa Samuda Besar Kecamatan Mentaya Hilir Selatan mengaku sangat kesal dengan keberadaan burung hantu karena berdampak terhadap usaha budidaya sarang walet miliknya. Sudah berbagai upaya untuk mengusirnya namun burung hantu tetap kembali masuk.

Sejak dibangun lima tahun lalu, sudah sering burung hantu masuk ke bangunan budidaya sarang walet. Berbagai cara seperti memburu menggunakan senapan angin, memperkecil lubang masuk, memasang racun dan upaya lainnya, belum membuahkan hasil.

“Kemudian kami coba memasang jaring di dekat lubang masuk saat siang hari karena saat itu burung walet keluar mencari makan, ternyata berhasil. Ada lima burung hantu yang tersangkut sehingga berhasil ditangkap,” ujar Elman.

Elman berharap cara ini akan terus ampuh untuk menangkap burung hantu yang sering mengganggu budidaya sarang walet. Dia berharap tidak ada lagi burung hantu datang sehingga produksi sarang walet kembali meningkat.

Sekadar diketahui, budidaya sarang walet masih menjadi favorit masyarakat Kotawaringin Timur karena hasilnya sangat menggiurkan. Harga sarang walet sangat tinggi yakni di atas Rp13 juta per kilogram.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Istri Bikin Icardi Dilupakan Real Madrid

Liputan6.com, Madrid – Real Madrid sempat menjadikan Mauro Icardi sebagai bidikan utama di bursa transfer 2018. Namun, Los Blancos kini sudah tidak lagi punya niat untuk membeli pemain asal Argentina tersebut.

Real Madrid memang begitu kencang disebut ingin mendatangkan Icardi. Pasalnya, dengan reputasi yang sudah ia bangun di Inter Milan, Icardi disebut bakal jadi solusi bagi lini depan Madrid yang acap kali dinilai belum maksimal.

Icardi disebut akan menggantikan peran yang selama ini dibebankan kepada Karim Benzema. Tapi, kabar itu menguap begitu saja.

Bahkan, Real Madrid sudah tidak lagi mengincar Icardi pada bursa transfer Januari 2019.

2 dari 3 halaman

Gara-gara Wanda Nara

Secara teknis, tidak ada yang diragukan dari sosok Mauro Icardi. Dia punya skill yang lengkap sebagai seorang penyerang tengah.

Icardi mampu mencetak gol dengan berbagai macam cara. Baik itu dengan kaki maupun kepalanya, dari jarak dekat maupun jauh.

Namun, dikutip dari Marca, ada satu alasan kuat mengapa Madrid tidak lagi berminat membeli pemain berusia 25 tahun itu.Alasan tersebut tidak lain adalah sosok Wanda Nara, istri sekaligus agen bagi Icardi.

Wanda diketahui kerap terlibat terlalu dalam dengan urusan Icardi dengan pihak klub. Bahkan, juga terkait hubungan Icardi dengan pemain lain.

Marca menyebut jika Madrid begitu resah dengan tingkah laku Wanda dalam kapasitasnya sebagai agen Icardi. Ia sering kali memicu polemik dengan statmen yang diberikan kepada media. Dan, Madrid tak berkenan dengan hal tersebut.

Sikap keras Wanda dan seringnya dia bicara kepada media kini juga berdampak pada status Icardi di Inter Milan.

3 dari 3 halaman

Situasi Sulit Icardi di Inter

Mauro Icardi adalah figur penting di Inter Milan. Dia adalah kapten tim. Namun, pemain jebolan La Masia tersebut kini seolah menjadi pesakitan. Ban kapten sudah dicopot dari lengannya dan dia tak masuk skuat di laga terakhir.

Masa depan Icardi bisa dikatakan makin buram di Inter Milan. Sebab, skuat Inter dikabarkan sudah tidak lagi berkenan dengan kehadirannya.

Pangkal dari masalah yang dialami oleh Icardi, menurut Marca, adalah sikap Wanda yang tidak kooperatif dengan klub. Wanda juga kerap mengkritik beberapa pemain Inter, Marcelo Brozovic salah satunya. Situasi ini membuat Icardi jadi ‘musuh bersama’ di Inter.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

Profil Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak yang Sukses Berkarier di Usia Muda

Liputan6.com, Jakarta Usaha startup kini tidak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia. Dengan adanya usaha ini, masyarakat tidak lagi kesulitan untuk berbelanja online sehingga tak perlu repot keluar rumah. 

Salah satunya adalah startup Bukalapak yang namanya sangat familiar di Indonesia. ‘From zero to hero’ mungkin jadi predikat yang cocok untuk Achmad Zaky sebagai pendiri salah satu startup terbesar di Indonesia.

Lantas, sebenarnya apa alasan predikat tersebut pantas untuk disematkan di nama Achmad Zaky, yang kesuksesannya kini menjadi inspirasi banyak muda-mudi di Indonesia?

Yuk simak selengkapnya profil pendiri Bukalapak yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/2/2019).

2 dari 7 halaman

Kehidupan Pribadi Achmad Zaky

Pria kelahiran Sragen, 24 Agustus 1986 ini mewarisi darah Jawa yang kental akan budayanya. Di usianya yang ke 32 ini, pencapaian Achmad Zaky bukanlah tanpa sebab. Kesuksesannya sekarang tak lain dan tak bukan adalah berkat kedua orangtuanya yang senantiasa mendukung langkahnya.

Di samping itu, di balik keberhasilannya, ada seorang wanita yang berkontribusi siang dan malam untuk dirinya. Dia adalah Diajeng Lestari, wanita yang menjadi tambatan hati Zaky yang mengakhiri masa lajangnya pada 17 Oktober 2010 silam.

Keduanya pun berkarier di bidang yang sama dengan memanfaatkan internet untuk berbisnis. Tak mau kalah dari suaminya, pada tahun 2011, Diajeng mencoba peruntungan dengan mendirikan hijup.com. Dari pernikahannya itu, Laiqa Anzani datang untuk melengkapi manisnya kehidupan rumah tangga Achmad Zaky dan istri.

3 dari 7 halaman

Riwayat Pendidikan

Ketertarikan Achmad Zaky dengan dunia teknologi rupanya sudah tumbuh sejak dirinya menggeluti buku-buku pemrogaman yang dibelikan oleh pamannya, yaitu pada tahun 1997 silam. Pada saat itu, di usianya yang baru 11 tahun, Zaky sudah bisa mengoperasikan komputer berkat kontribusi pamannya.

Karena ketekunannya itu, saat menduduki bangku sekolah menengah atas di sebuah sekolah di Solo, Zaky berhasil meraih juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang komputer. Bahkan, dirinya menang hingga tingkat nasional.

Ingin menyelami bakatnya lebih dalam di dunia komputer, pada tahun 2004 Zaky pun melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung, tepatnya di jurusan Teknik Informatika. Usut punya usut, Zaky sempat mendapat IPK sempurna di semester pertamanya, lho.

Kesuksesan akademisnya itu tidak Zaky raih semata-mata hanya dengan belajar. Pasalnya, Zaky menyempatkan waktunya selama kuliah untuk mendirikan beberapa organisasi kemahasiswaan di kampusnya. Zaky berkontribusi dalam menggagas ShARE Global Student Think-Tank bersama teman-temannya yang lain.

Tak hanya itu, dia juga mendirikan Entrepreneur Club ITB yang sekarang lebih dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC ITB). Serta, aktif dalam organisasi Amateur Radio Club (ARC) ITB.

4 dari 7 halaman

Prestasi Achmad Zaky saat Kuliah

Prestasi yang ditorehkan Zaky selama berkuliah juga tidak kalah cemerlangnya. Dirinya sering menjuarai berbagai kompetisi tingkat nasional. Misalnya, pada tahun 2007 Zaky berhasil menyabet juara II dalam perlombaan yang diadakan salah satu operator seluler Indonesia, yaitu Indosat Wireless Innovation Contest.

Dalam ajang tersebut, Zaky menciptakan perangkat lunak yang ia juluki MobiSurveyor, yang berfungsi untuk mempermudah aktivitas manusia khususnya dalam perhitungan survei secara cepat. Berkat kreativitasnya itu, Zaky dianugerahi Merit Award dalam kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) pada tahun 2008.

Tak ketinggalan, Zaky juga sempat mengenyam pendidikan di Oregon State University selama dua bulan berkat beasiswa yang dia dapat dari pemerintah Amerika Serikat. Selang satu tahun, suami dari Diajeng Lestari ini kembali terbang ke Amerika Serikat untuk mewakili kampus tercintanya dalam ajang Harvard National Model United Nations 2009.

5 dari 7 halaman

Perjalanan Karier

Bakat dan prestasi yang Achmad Zaky peroleh sewaktu mengenyam pendidikan mengantarnya pada kesuksesannya sekarang ini. Ayah satu anak ini mulai merintis kariernya dengan membentuk sebuah usaha startup dengan harapan menjadi bermanfaat bagi banyak orang.

Lantas, Zaky mulai mencoba peruntungan dengan mendirikan usaha Bukalapak yang secara resmi dibuka tahun 2011. Zaky cukup percaya diri meskipun dia harus membangun usahanya dari bawah. Awal berdirinya usahanya itu mungkin tidaklah begitu pesat. Namun, kepercayaan dirinya membuahkan hasil yang luar biasa.

“Jujur saya memang resah saat mau mendirikan Bukalapak. Orang-orang kira saya bakal gelar lapak di pinggir pasar. Saya sih, enggan bilang ke keluarga, apalagi orangtua saya itu guru. Nah, saya di situ coba untuk lawan, makin percaya diri. Tidak apa-apa gagal, yang penting prosesnya,” ujar Zaky.

6 dari 7 halaman

Melihat Peluang

Zaky awalnya mengajak para pedagang di mall untuk bergabung dengan Bukalapak. Namun, saat itu usaha startup yang terhitung masih belum familiar rupanya sedikit menyulitkan Zaky. Klien pertama yang ia dapat hanyalah pedagang kecil yang mengaku dagangannya di toko kurang laku.

Pada akhirnya, Zaky mulai melihat peluang dari pedagang yang usahanya belum berkembang untuk bergabung di Bukalapak. Alhasil, berkat boomingnya internet pada saat itu, startup Zaky yang pada awalnya hanya dia rintis di mall menjadi semakin berkembang dengan banyaknya minat investor untuk menanamkan modalnya.

7 dari 7 halaman

Masuk Daftar Pemuda Terkaya di Indonesia

Bukalapak menjadi satu dari beberapa startup unicorn di Indonesia. Tentunya, hal ini tidak lepas dari kerja keras sang pendiri sekaligus CEO Bukalapak, Achmad Zaky. Pada pertengahan tahun 2018, majalah Globe Asia mempublikasikan daftar 150 orang terkaya di Indonesia. Kerja keras Achmad Zaky menuntunnya masuk sebagai satu dari beberapa anak muda pendiri startup yang ada di daftar tersebut.

Mengutip dari daftar yang dibuat Globe Asia, jumlah harta kekayaan Zaky diperkirakan sebanyak US$ 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun saat daftar itu dibuat. Nggak kebayang kan, berapa kekayaan Zaky di tahun 2019 ini?

Terlebih lagi, Zaky sempat tercatat masuk dalam jajaran 10 pengusaha muda berusia di bawah 30 tahun paling berpengaruh di Asia Tenggara periode tahun 2015 yang dibuat oleh media online Tech in Asia.

Ketika Owa Jinak Jadi Beringas Serang Bocah di Riau

Liputan6.com, Pekanbaru – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengevakuasi seekor owa ungko dari Desa Bindur Picak, Kecamatan Koto Kampar, karena menyerang bocah berumur dua tahun.

Satwa bernama latin Hylobates agilis itu sudah berada di kandang transit BBKSDA di Jalan HR Soebrantas Pekanbaru.

Kepala Humas BBKSDA Riau Dian Indriati menjelaskan, satwa berbulu hitam itu merupakan peliharaan seorang warga di desa tersebut. Dipelihara sejak kecil, owa ungko itu sudah dewasa dan kini berusia 9 tahun.

Meski dipelihara sejak kecil, ternyata sifat liar ungko ini tak hilang begitu saja. Dia merasa terganggu dengan kehadiran bocah tetangga lalu menyerangnya hingga mengalami luka di bagian tangan.

“Kelamin ungko ini jantan, untuk korban sendiri sudah dirawat di bagian lukanya,” kata Dian kepada wartawan, Minggu (10/2/2019).

Penyerangan ini dilaporkan warga sekitar ke BBKSDA Resort Kampar. Sejumlah petugas atas perintah Kabid Wilayah II Heru Sutmantoro menuju desa itu dipimpin Kepala Resort Kampar, Salman Yasir.

“Evakuasi berlangsung beberapa jam pada Rabu, 6 Februari 2019, yang juga melibatkan perangkat desa dan warga sekitar,” kata Dian.

Dalam evakuasi, petugas dibantu warga berusaha menggiring ungko yang lepas dari kandangnya itu. Umpan dipersiapkan menuju kandang milik petugas dan ungko akhirnya masuk ke perangkap.

“Kemudian dibawa ke Pekanbaru untuk pemeriksaan medis. Ungko itu dinyatakan sehat dan akan mendiami kandang transit sebelum dilepasliarkan,” terang Dian.

Atas kejadian ini, Dian mengimbau masyarakat supaya tak memelihara satwa dilindungi. Menurut Dian, satwa liar kalau dipelihara sewaktu-waktu bisa menyerang jika merasa terancam.

“Kalau masih ada masyarakat yang memelihara sebaiknya diserahkan ke petugas,” imbau Dian.


Simak video pilihan berikut ini:

Jokowi Sebut Isu APBN Bocor Bikin Resah, BPN: Itu Hal Nyata

Jakarta – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), menanggapi soal tudingan APBN ‘bocor’ yang dinilai membuat resah masyarakat. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyebut kebocoran tersebut adalah kenyataan.

“Bocor itu dari mana, satu yang pertama bocor itu dari perilaku korupsi. Kita tahu sudah ada ratusan kepala daerah tertangkap KPK, kita tahu ketua DPR kita masuk penjara, ketua DPD masuk penjara. Banyak juga anggota DPR tingkat satu, tingkat dua masuk penjara. Itu menunjukkan ada hal nyata,” kata Juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, kepada detikcom, Minggu (10/2/2019) malam.

Andre mengatakan alasan Jokowi yang menyebut 80 persen kementeriannya mendapat predikar wajat tanpa pengecualian (WTP) dari BPK juga lemah. Dia menuturkan hasil audit BPK tidak bisa menjamin bersihnya korupsi.

“Emang (WTP) bisa membuktikan? Koruspi terus berjalan, jadi pertama korupsi itu kebocoran,” ucap Andre.

Andre meminta Jokowi tidak reaktif terhadap kritikan yang dilontarkan Prabowo. Dia menilai kritikan tersebut bisa menjadi cara agar pemerintah mengevaluasi diri.

“Saya harap presiden responsif mendapat masukan bekerja lebih keras lagi, bukan marah-marah. Ngomel-ngomel di berbagai pertemuan,” jelas Andre.

Sebelumnya, Prabowo memperkirakan sekitar 25% anggaran negara ‘bocor’. Prabowo menyebut tentang ‘kebocoran’ anggaran negara itu sudah ia hitung dan tulis di bukunya.

“Saya hitung dan saya sudah tulis di buku, kebocoran dari anggaran rata-rata, taksiran saya mungkin lebih, sebetulnya 25% taksiran saya anggaran bocor. Bocornya macam-macam,” kata Prabowo saat berpidato di HUT ke-20 Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di Hall Sport Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (6/2).

Prabowo kemudian menjelaskan penyebabnya. Capres nomor urut 02 itu menyebut kondisi seperti ini terjadi terus-menerus.

“Proyek yang harganya 100 dibilang 150. Itu namanya apa, penggembungan, namanya mark up. Harga 100 dia tulis 150. Bayangkan, jembatan harga 100 ditulis 150. Dan ini terjadi terus-menerus. Kita harus objektif masalah ini sudah jalan lama. Ini harus kita hentikan dan kurangi,” jelasnya.
(fdu/fdu)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jawab Tudingan APBN Bocor, Jokowi: Dari Mana? Jangan Bikin Resah!

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal tudingan APBN yang disebut bocor. Dia pun mempertanyakan kembali tudingan itu.

Sebelumnya, capres Prabowo Subianto menaksir anggaran bocor 25 persen. Nilai itu setara sekitar Rp 500 triliun.

“Saya sampaikan, anggaran kita di 2018 itu Rp 2.000 lebih triliun. Kalau 25 persen bocor itu kan artinya Rp 500 triliun. Itu duit Rp 500 triliun ada di mana? Saya bertanya, hitungannya dari mana?” kata Jokowi di acara deklarasi Alumni Jakarta BerSATU di Istora, Senayan, Jakarta, Minggu (10/2/2019).


Jokowi pun menilai tudingan seperti itu bisa membuat masyarakat menjadi resah. Padahal, kata dia, setiap tahunnya APBN itu selalu disahkan oleh persetujuan semua fraksi yang ada di DPR.

“Jangan membuat pernyataan yang membuat masyarakat menjadi resah. Iya ndak? Yang namanya anggaran itu, setiap tahun digedok, disetujui oleh semua fraksi yang ada di DPR, semua fraksi sudah tanda tangan. Artinya, sudah menyetujui, sudah setuju semua,” katanya.

Dia juga mengatakan, realisasi anggaran tersebut juga dipertanggungjawabkan dan disetujui oleh semua fraksi di DPR.

“Itu mekanisme politik. Jangan sampai semua sudah tanda tangan, kemudian baru ngomong Rp 500 triliun bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, bocor, dari mana?” kata Jokowi yang disambut teriakan dan tepuk tangan.

Dia juga mengatakan, setiap tahun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga selalu mengaudit penggunaan anggaran oleh pemerintah. Dia mengatakan, hasil audit BPK terhadap kementerian dan lembaga, sekitar 80 persen mendapat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Kalau tidak ada yang benar pasti juga sudah ditangkap yang namanya KPK. Hasil pemerintah oleh BPK hampir 80 persen itu WTP kementerian-kementerian itu. Seingat saya 80 dari 87 kementerian dan lembaga yang ada, sudah berapa persen itu? Sudah 80 persen lebih. Inilah perbaikan yang perlu kita lakukan agar uang rakyat betul-betul bisa kita amankan dan kita pakai untuk pembangunan-pembangunan,” jelas Jokowi.
(jor/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Klopp Ungkap Kunci Sukses Liverpool Lumat Bournemouth

Liputan6.com, Liverpool – Liverpool sukses kembali memimpin klasemen Liga Inggris setetelah menang 3-0 atas Bournemouth, Sabtu (10/2/2019) malam WIB di Anfield. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp pun membeberkan kunci sukses kemenangan timnya.

“Bournemouth memulai pertandingan dengan baik dan tim yang bagus. Tetapi rencana kami adalah bermain dengan hidup, memutus alur mereka,” ujar Klopp seperti dilansir Sky Sports.

Bermain di Anfield, Liverpool tampil beringas sejak awal lantaran membutuhkan poin demi kembali ke puncak klasemen. Strategi itu berbuah hasil ketika Sadio Mane menciptakan gol di menit 24.

The Reds hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mencetak gol kedua lewat Giorginio Wijnaldum. Liverpool pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Pada babak kedua, Mohamed Salah memperlebar keunggulan lewat gol di menit 48. Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol lagi yang tercipta.

“Semua gol yang dicetak luar biasa dan gol ketiga fantastis. Kami bertahan dan menyerang dengan baik. Ini kemenangan yang layak,” kata Klopp.

2 dari 3 halaman

Sempat Gusar

Sebelum pertandingan ini, Klopp mengakui kalau timnya sempat resah dengan penampilan di beberapa laga terakhir. Apalagi, orang-orang juga membicarakan hal tersebut.

Oleh karena itu, Klopp meminta timnya untuk bangkit di laga melawan Bournemouth. “Kami ingin menunjukkan reaksi agar kembali ke trek. Saya sangat senang dengan penampilan ini,” kata Klopp mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Lima Laga Liverpool Berikutnya

Rabu (20/2/2019) Liverpool vs Bayern Munchen

Minggu (24/2/2019) Manchester United vs Liverpool

Kamis (28/2/2019) Liverpool vs Watford FC

Minggu (3/3/2019) Everton vs Liverpool

Minggu (10/3/2019) Liverpool vs Burnley

Potensi Gangguan Teknis Saat UNBK Berbasis Android di Garut

Liputan6.com, Garut – Jajaran pengajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Garut, Jawa Barat, meminta penambahan fasilitas tambahan berupa perangkat Android, saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) April mendatang.

Kepala Sekolah SMKN 1 Garut Dadang Johar Arifin mengatakan, penambahan perangkat dalam pelaksanaan UNBK, dinilai perlu untuk menyiasati adanya gangguan teknis, saat ujian berlangsung.

“Nanti kami akan sampaikan masukan ini ke pihak Provinsi Jawa Barat,” ujarnya, Rabu, 6 Februari 2019.

Menurut Dadang, dalam simulasi awal pelaksanaan UNBK yang diikuti seluruh siswa didiknya pekan lalu, mayoritas peserta mampu melaksanakan ujian dengan tingkat kelulusan hingga 70 persen.

“Nilainya di atas rata-rata sekolah lainnya,” ujar dia bangga.

Namun selama simulasi berlangsung, ada tiga kali kendala teknis yang dihadapi peserta, mulai menurunnya akses daya sinyal internet, hingga terhentinya fasilitas komputer, akibat padamnya saluran listrik.

“Hampir tiga kali padam, mungkin dayanya tidak kuat, ” dia menambahkan.

Untuk itu, dia mengatakan, menjelang datangnya pelaksanaan UNBK, pemerintah provinsi Jawa Barat bisa memperhatikan masukan itu. Selain itu, untuk menghindari gangguan teknis di lapangan, SMKN 1 Garut akan melakukan kontak perjanjian dengan pihak PLN dan Telkom dalam waktu dekat.

“Makanya adanya perangkat android bisa meminimalkan adanya gangguan itu, ” kata dia.

2 dari 2 halaman

Pembekalan di Sekolah

Sementara itu, di sela-sela kunjungan kerjanya, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyempatkan diri mengunjungi beberapa sekokah unggulan di Garut. Upaya itu ditempuh untuk memberikan pembinaan mental dan moral bagi pelajar, termasuk persiapan menjelang UNBK.

Kepala SMKN 1 H Dadang Johar Arifin mengakui menjadi salah satu sekolah yang dikunjungi Wagub Jabar itu. Menurutnya, hal itu penting untuk meningkatkan motivasi sekaligus spirit bagi pelajar dalam meningkatkan prestasi. “Tadi beliau ke masjid dan memberikan pembekalannya pada siswa,” kata dia.

Selain memberikan pembinaan moral dan spiritual, tak lupa Uu pun memberikan pemahaman pentingnya peran generasi muda dalam membangun karakter bangsa di masa depan. “Dalam kegiatannya lebih banyak dialogis antara siswa dan Pak Wagub,” ujarnya.

Tak ketinggalan, sebagai lembaga yang mengayomi pendidikan SMA-SMK di Jawa Barat, Uu pun menyempatkan diri melakukan pengecekan sarana dan prasana yang tersedia di salah satu sekolah SMKN unggulan di Jawa Barat itu. “Beliau (Wagub) mengatakan merasa reureug (tenang) kalau sekolah seperti ini,” ujar dia.

Kondisi itu didasarkan banyaknya siswa kelas XII SMKN 1 saat ini, yang telah mendapatkan rekomendasi perekrutan kerja di perusahaan besar nasional. “Sedangkan sisanya siap melanjutkan ke perguruan tinggi,” kata dia.


Simak video pilihan berikut ini:

Wanita Ini Mengira Rumahnya Berhantu, Kenyataannya Bikin Syok

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang hantu atau pengalaman supranatural menjadi hal yang seru kala berkumpul dengan teman atau saudara. Namun, tak jarang juga menjadi momok yang menakutkan ketika kamu merasakan ada mahluk halus yang ada di rumah. Tentunya kamu menjadi merasa resah dan was-was.

Seperti yang dirasakan oleh seorang mahasiswa Universitas North Carolina. Dilansir Liputan6.com dari Odditycentral, Jumat (8/2/2019) ia mengira apartemennya ada ‘penunggu’ setelah segala sesuatunya mulai menghilang.

Namun pelajar perempuan yang dikenal sebagai Maddie itu akhirnya menyadari bahwa ia sedang tidak berurusan dengan hantu, tetapi sesuatu yang sama menakutkannya dengan hantu.

Pasalnya ia menemukan seorang pria aneh bersembunyi di lemari pakaiannya dan mengenakan pakaiannya. Tidak kalah menyeramkannya bukan?

2 dari 4 halaman

Rumahnya disusupi seorang pria tak dikenal

Maddie berpikir bahwa ada hantu di apartemennya setelah pakaiannya mulai menghilang dan sidik jari aneh mulai muncul di cermin dan dinding.

Namun, pada hari Sabtu, Maddie mendengar suara gemerisik dari lemari dan suaranya terdengar seperti rakun. Kemudian Maddie bertanya “Siapa di sana?” dan seseorang menjawab, “Oh, nama saya Drew”

Maddie pun membuka pintu dan melihat lelaki tersebut ada di lemari, mengenakan pakaian, kaos kaki, sepatu dan tas yang penuh dengan buku dan baju Maddie.

Meskipun panik, Maddie pun berhasil menjaga ketenangannya dan dengan cepat menelfon pacarnya. Dia mulai berbicara dengan pria aneh di lemarinya untuk mengalihkan perhatiannya dan mengulur waktu. Menyeramkannya, pria tersebut terlihat menginginkan lebih dari sekedar obrolan.

“Dia mencoba topiku. Dia pergi ke kamar mandi dan melihat ke cermin dan kemudian seperti ‘kamu sangat cantik, bisakah aku memelukmu?’ ucap Maddie pada Fox8.

“Tapi dia tidak pernah menyentuhku.” Imbuhnya.

Ketika pacar Maddie tiba di apartemennya, dia membuat tamu tak diundang itu pergi dan menelepon polisi.

3 dari 4 halaman

Ditangkap polisi dan dipenjara

‘Hantu lemari’ itu kemudian ditangkap di dekat gedung apartemen dan diidentifikasi sebagai Andrew Swofford yang berusia 30 tahun.

Pada hari Senin, ia dipenjara di Guilford County dengan denda $26,000 atau setara dengan Rp 363 juta rupiah atas tuduhan 14 pencurian termasuk pencurian identitas.

Maddie berkata bahwa dia beruntung menemukan “Drew” di lemarinya karena dia datang saat jam makan siang untuk mengambil beberapa barang, yang mungkin tidak dia harapkan.

4 dari 4 halaman

Belum diketahui caranya masuk rumah

Namun, baik siswa maupun polisi tidak dapat menjelaskan bagaimana ia berhasil masuk ke dalam apartemen, karena pintunya selalu terkunci dan tidak ada tanda-tanda masuk secara paksa. Perusahaan pengelola properti yang bertanggung jawab atas pembangunan apartemen juga berusaha mencari tahu bagaimana hal seperti ini terjadi.

Rupanya ini adalah kedua kalinya Maddie menemukan orang asing di apartemennya hanya dalam waktu sebulan. Pada bulan Desember yang lalu dia pulang, dan menemukan dua pria aneh di ruang tamunya.

Maddie pun memberi tahu kantor leasing tentang hal itu dan mereka mengubah kunci di pintu depan, tetapi tidak memberi tahu polisi tentang kejadian itu.

Meskipun akhirnya misteri ‘hantu lemari’ itu telah berhasil dipecahkan, Maddie mengatakan dia tidak merasa aman tinggal di apartemen lagi.

Semoga kejadian Maddie ini bisa menjadi pelajaran untuk kita agar selalu waspada dimanapun kita berada.

HEADLINE: Pilpres 2019 Tersembur Polemik Propaganda ala Rusia, Siapa Untung?

Liputan6.com, Jakarta – Operasi Semburan Fitnah atau Firehose of Falsehood dikenal sebagai teknik propaganda yang pernah dilakukan Rusia. Dalam Pilpres Amerika Serikat 2016 antara Donald Trump melawan Hillary Clinton, teknik operasi semburan fitnah ini disebut mencapai puncaknya.

Di masa kampanye Pilpres 2019, gejala operasi semburan fitnah dirasakan calon presiden nomor urut 01 Jokowi. Ia resah.

“Cara-cara politik seperti ini harus diakhiri, menyampaikan semburan dusta, semburan fitnah, semburan hoaks, teori propaganda Rusia yang kalau nanti tidak benar, lalu minta maaf. Akan tetapi, besoknya keluar lagi pernyataan seperti itu, lalu minta maaf lagi,” kata Jokowi di Surabaya, Sabtu 2 Februari 2019.

Menurut Jokowi, banyaknya hoaks yang bertebaran di medsos karena adanya tim sukses (timses) yang melakukan propaganda ala Rusia. “Problemnya adalah timses yang menyiapkan propaganda Rusia, yang setiap saat mengeluarkan semburan fitnah dan hoaks. Ini yang harus segera diluruskan,” Jokowi menegaskan.

Namun, pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI), Jerry Massie mengingatkan Jokowi agar berhati-hati saat menyampaikan soal propaganda Rusia. Sebab, hal itu bisa menjadi keuntungan bagi kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Untuk Jokowi jangan sampai misscommunication dalam menyampaikan pemikiran. Serahkan saja kepada jubir TKN untuk berbicara,” kata Jerry kepada Liputan6.com, Rabu (6/2/2019).

Hal itu, lanjut dia, lantaran dalam dunia komunikasi politik lebih dikenal dengan aspek linguistik verbal, halangan fisikal (salah bicara) bisa berdampak buruk. “Saya nilai kubu lawan sengaja memancing emosi Jokowi agar marah. Ini sebuah settingan yang tidak diantisipasi sejak dini maka ini adalah time bomb atau bom waktu,” ungkap dia.

Dengan kondisi ini, maka akan berpengaruh pada debat kedua soal pangan, infrastruktur, SDA dan energi. “Jangan terpancing dengan politik diving kubu lawan. Ketenangan sangat berpengaruh dalam kemenangan. Propaganda dan manifesto politik akan menjadi goal setting (sasaran) untuk menyerang,” papar peneliti IPI ini.

Menurut dia, performance Jokowi pada pilpres 2014 lalu berbeda dengan saat ini. Pada 2014, mantan Gubernur DKI ini relatif tak mudah terprovokasi dan terpancing dengan serangan pihak lawan.

Ia menambahkan, intervensi pihak asing memang memungkinkan ada. Misalnya, tambah Jerry, Wikileaks saja diduga terlibat dalam kemenangan Donald Trump 2016 lalu, saat situs yang dipimpin Julian Assange itu membocorkan sejumlah email milik kubu Hillary Clinton dan dugaan keterkaitan mantan ibu negara Amerika Serikat dalam insiden Benghazi yang menewaskan Dubes AS untuk Libya, Chris Stevens.

Infografis Propaganda Ala Rusia Jelang Pilpres 2019 (Liputan6.com/Triyasni)

Pengamat pertahanan, yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet pemerintahan Jokowi, Andi Widjajanto, menjelaskan apa yang dimaksud oleh orang nomor satu di republik Indonesia itu.

Propaganda Rusia yang dimaksud Pak Jokowi mengarah ke modus operandi yang dikenal sebagai Operasi Semburan Fitnah (Firehose of Falsehood). Operasi ini digunakan Rusia antara tahun 2012-2017 dalam krisis Krimea, konflik Ukraina, dan perang sipil di Suriah,” kata Andi kepada Liputan6.com.

Ketua Tim Cakra 19 ini, menuturkan, propaganda seperti itu sudah muncul sejak dekade 1870-an melalui gerakan Narodniki. Gerakan ini dulu dilakukan untuk menjatuhkan Tsar Rusia dengan cara terus menerus memunculkan isu-isu negatif.

Hasilnya, menurut dia, muncul ketidakpercayaan masif dari rakyat Rusia terhadap sistem politik yang kemudian dikapitalisasi oleh Lenin pada Revolusi Oktober 1917.

Andi menjelaskan, evolusi paling mutakhir dari modus operandi ini muncul di beberapa pemilihan umum seperti AS yang memenangkan Donald Trump, Brasil yang memilih Jair Bolsonaro, dan referendum Brexit di Inggris yang bermuara pada ‘perceraian’ Britania Raya dengan Uni Eropa. 

“Ada pelibatan konsultan politik Roger Stone yang jago dalam menebar kampanye negatif yang sangat ofensif melalui 3 taktik: serang, serang, serang. Ada terabasan data pribadi melalui algoritma Cambridge Analytica. Ada juga indikasi gelar pasukan siber dengan kode topi hitam atau bintang emas yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menggelar bots (robot) yang mampu memainkan operasi tagar secara masif,” ungkap Andi.

Dia menuturkan, operasi semburan fitnah bertujuan untuk membuat dusta mengalahkan kebenaran.

“Operasi ini, ingin menghancurkan kepercayaan publik ke otoritas politik, termasuk media. Operasi semburan fitnah akan merusak demokrasi, karena itu harus dihancurkan. Cara yang paling efektif untuk menghancurkan operasi semburan fitnah adalah menelanjangi bagaimana operasi ini dilakukan,” ujar Andi.

2 dari 4 halaman

Tuai Polemik

Pernyataan Jokowi terkait Propaganda Rusia itu menuai polemik. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyebut, apa yang disampaikan oleh calon presiden nomor urut 01 terkait propaganda Rusia merupakan hoaks.

“Menurut saya hoaks ya (propaganda Rusia). Jadi Pak Jokowi kalau betul menyampaikan hal itu, itu membahayakan hubungan diplomatik kita dengan Rusia,” kata Fadli di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Senin (4/2/2019). 

Menurutnya, apa yang disampaikan Jokowi oleh tim suksesnya harus disaring terlebih dahulu dan jangan terlalu terburu-buru dan gegabah dalam mengambil suatu keputusan.

“Jangan gegabah, jangan gerasak-gerusuk, mendapat masukan dari timnya itu garbage in, garbage out. Kalau masuknya sampah keluarnya sampah juga, menurut saya ini sampah yang masuk ke Pak Jokowi,” ujar Fadli Zon

Dia menegaskan, selama ini pihaknya tak menggunakan cara-cara Rusia seperti apa yang dituduhkan oleh Jokowi. Menurutnya, itu sangat bahaya dan bisa diprotes. Terlebih yang menyampaikan merupakan seorang calon presiden yang sekaligus seorang petahana.

“Kita enggak ada pakai Rusia apa, kita ini berdemokrasi dengan terbuka, demokrasi yang normal tidak pakai malah. Kami ini enggak mendapatkan fasilitas macam-macam, enggak ada tuh misalnya akses kepada pengusaha konglomerat,” tegasnya.

Politisi Partai Gerindra ini mengaku, selama ini memang merasa kesulitan dalam masalah pendanaan kampanye. Terlebih, pihaknya tak menguasai media-media mainstream.

“Kita membiayai sendiri, kita kesulitan kok malah masyarakat akhirnya membiayai apa pekerjaan kampanye kita. Kemudian kita tidak menguasai media-media mainstream, yang belum tentu berpihak kepada kami. Kita enggak punya media sendiri yang bisa 24 jam jadi corong untuk salah satu kandidat,” pungkasnya.

Kedutaan Besar Rusia di Jakarta juga menanggapi pernyataan pernyataan Jokowi terkait propaganda itu. “Sebagaimana diketahui istilah ‘propaganda Rusia’ direkayasa pada tahun 2016 di Amerika Serikat dalam rangka kampanye pemilu presiden. Istilah ini sama sekali tidak berdasarkan pada realitas,” kata cuitan akun resmi Kedutaan Rusia @RusEmbJakarta.

“Kami menggarisbawahi bahwa posisi prinsipil Rusia adalah tidak campur tangan pada urusan dalam negeri dan proses-proses elektoral di negara-negara asing, termasuk Indonesia yang merupakan sahabat dekat dan mitra penting kami,” imbuh Kedutaan Rusia.

Jokowi pun menjelaskan. Istilah ‘propaganda Rusia’ itu menurutnya adalah bukan urusan negara tetapi terminologi dari artikel RAND Corporation yang berjudul ‘The Russian ‘Firehose of Falsehood‘ Propaganda model pada 2016.

“Iya ini kita tidak bicara mengenai negara, bukan negara Rusia, tapi terminologi dari artikel di RAND Corporation. Sehingga ya memang tulisannya seperti itu, bahwa yang namanya semburan kebohongan. Semburan dusta, semburan hoaks itu bisa mempengaruhi dan membuat ragu dan membuat ketidakpastian,” kata Jokowi di Jakarta Selatan, Selasa 5 Februari 2019.

Biasanya, kata Jokowi, pernyataan tersebut dipakai untuk negara-negara yang tanpa dukungan data pasti. Dia pun menegaskan pernyataannya bukan urusan negara.

“Sekali lagi ini bukan urusan negara kita Indonesia dan Rusia, bukan. Saya dengan Presiden (Vladimir) Putin sangat-sangat baik hubungannya,” tegas Jokowi

3 dari 4 halaman

Bukan Lantaran Panik

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Erick Thohir membantah tudingan kubu Prabowo-Sandiaga yang mengatakan Jokowi tengah panik karena elektabilitas pasangan nomor urut 01 ini semakin kecil sehingga menggunakan strategi menyerang.

Padahal, selama ini Jokowi selalu diam, cuek, dan bahkan enggan merespons serangan lawan politik dalam Pilpres 2019.

Faktanya, kata Erick berdasarkan hasil riset lembaga survei resmi dan diakui KPU, selisih suara kedua pasangan minimal 20 persen. Hanya ada dua lembaga survei yang menyatakan selisihnya sudah berkurang. Yakni lembaga Media Survei Nasional (Median) dan Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis).

“Kita harus lihat track record. Kita harus berkaca pada lembaga survei yang asosiasinya masuk ke KPU. Jadi lembaga survei yang diakui KPU itu memberi data kedua paslon itu bedanya masih 20 persen,” kata Erick di Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Sebagai pengingat, pada 2014, Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) memutuskan untuk mengeluarkan Jaringan Suara Indonesia (JSI) serta Pusat Studi Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) dari keanggotaan Persepi.

Pangkal masalahnya, kedua lembaga tak bisa mempertanggungjawabkan publikasi hasil hitung cepat Pilpres 2014 bahwa Prabowo-Hatta unggul dengan selisih 1-2 persen suara.

Erick melanjutkan, kalaupun survei Median dan Puskaptis itu hendak diakui, jika dihitung rata-rata selisih elektabilitas kedua pasangan calon, masih di angka 15-18 persen dan dimenangkan Jokowi-KH Ma’ruf Amin. Sehingga aneh bila disebut Jokowi-Ma’ruf panik.

“Intinya, kalau dikatakan Jokowi panik karena survei, jawabannya tidak,” kata Erick.

Sementara, soal terminologi ofensif, Erick mengaku bahwa dirinya pernah bicara bahwa Tim Jokowi-KH Ma’ruf sudah saatnya ofensif. Pernyataan dikeluarkan saat rapat koordinasi tim hukum TKN, yang dihadiri Yusril Ihza Mahendra.

Konteks ofensif itu adalah pihak Jokowi-Ma’ruf sering dilaporkan ke Bawaslu tanpa data akurat oleh pihak lawan.

“Jadi saya katakan, sudah selayaknya tim hukum kita ofensif melaporkan dengan fakta dan data,” kata pria yang sukses memimpin penyelenggaran Asian Games 2018 di Jakarta itu.

Masalahnya kemudian, kata dia, pihak lawan langsung memelintir. Ketika tim hukum melakukan pelaporan berdasarkan data dan fakta yang ditindaklanjuti secara serius oleh aparat, langsung diisukan telah terjadi kriminalisasi.

“Mereka tak bisa membedakan kriminalisasi dengan penegakan atas fakta hukum. Ini perlu saya tegaskan supaya fair dulu ya,” imbuhnya.

Jokowi sendiri, kata Erick dalam beberapa hari terakhir, hanya menyampaikan isi hatinya. Bahwa isu yang ada selama ini sebenarnya terbalik-balik. Ketika sebagai petahana Jokowi dituduh melakukan kriminalisasi, yang terjadi sebenarnya adalah Jokowi dizalimi.

Misalnya, kata dia, dengan dicap sebagai antek asing, PKI, antek aseng, dan lain-lain. Dan semua penzaliman itu sudah dimulai sejak 2014 dengan terbitnya Obor Rakyat.

“Jadi kalau sekarang beliau menjawab, itu lumrah. Sebab kalau tak menjawab, nanti fitnah itu dianggap benar. Anehnya, ketika beliau menjawab, dikatakan beliau panik dan ketakutan. Justru beliau sedang menyampaikan data dan fakta, yang selama ini diputarbalikkan,” kata Erick.

Sementara, pernyataan Jokowi yang mengatakan soal konsultan asing, hal ini dapat dibuktikan dengan keberadaan orang asing di belakang BPN seperti yang sudah tersebar di media sosial.

“Propaganda Rusia itu yang dimaksud adalah konsultan asing yang dipakai. Dan kita tahu, beliau lebih tahu, konsultannya bukan satu atau dua saja. Dari negara lain juga ada,” beber Erick.

Tapi apakah hal itu takkan menjadi bumerang bagi Jokowi-Ma’ruf? Menjawab itu, Erick menekankan bahwa yang dilakukan bukanlah menyerang, namun menyampaikan data dan fakta. Dan semuanya dilakukan dengan hitung-hitungan yang cermat.

Erick lalu membuka salah satu hasil survei di pascadebat pertama lalu. Hasilnya, debat tak mempengaruhi pemilih militan yang sudah ada. Data pemilih Jokowi dari 4 bulan lalu hingga usai debat pertama berada di angka 54 persenan. Begitupun pemilih Prabowo-Sandi di angka 31 persen. Sebanyak 82 persen pemilih menyatakan takkan mengubah lagi pilihannya.

Sementara, masih ada 18 persen pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voter). Data ini diambil dari Lingkaran Survei Indonesia.

Mereka inilah, kata Erick yang dicoba ditarik suaranya. Dan bagi Jokowi-Ma’ruf, caranya adalah dengan menyampaikan fakta dan data sebenarnya atas hal-hal yang selama ini diputarbalikkan.

“Ya soal isu dan fitnah PKI lah, antek asing dan antek aseng lah,” ujarnya.

Selain itu, perlunya penekanan soal prestasi-prestasi Jokowi yang selama ini belum maksimal disampaikan. Semisal soal pembangunan infrastruktur, dirasakan masih kurang untuk menjelaskan bahwa pekerjaan itu punya imbas jangka pendek.

Berupa, lanjut dia, waktu perjalanan lebih efisien hingga menurunnya harga sembako akibat biaya transportasi menurun. Di luar imbas jangka pendek, ada imbas jangka panjang di mana berbagai industri akan tumbuh sejalan dengan pembangunan infrastruktur.

“Intinya menjelaskan ada manfaat jangka pendek dan ada jangka panjang. Sama seperti menanam pohon buah, kan tak ujug-ujug langsung berbuah. Ini yang bagaimana undecided voters perlu dijelaskan. Lalu selanjutnya bagaimana Pak Jokowi akan kembangkan sumber daya manusia kita,” beber dia.

Ditegaskan Erick, pihaknya takkan berhenti menyampaikan hal itu seperti yang dilakukan oleh Jokowi selama data dan fakta yang ada terus diputarbalikan. Pihaknya akan menggunakan data sebanyak mungkin untuk mendukung semua materi yang ada.

“Kenapa pakai data? Contohnya begini. Paslon 02 menjanjikan gaji pegawai akan dinaikkan. Tapi di lain pihak, dia tak konsisten karena menurunkan pajak negara. Darimana untuk membiayainya? Apakah nanti negara kita kayak Venezuela atau Yunani yang krisis? Yunani krisis karena pemasukan dan pengeluaran tak seimbang. Makanya bicara harus pakai data kan,” kata Erick.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: