Fakta di Balik Rencana Sandiaga Beli Saham Indosat

Jakarta – Membeli kembali (buyback) saham PT Indosat Tbk merupakan salah satu janji dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belum terlaksana. Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Uno berjanji akan menuntaskan janji yang masih menggantung itu.

Jika terpilih jadi Wapres, Sandiaga mengaku akan melakukan komunikasi dengan Qatar soal rencana buyback Indosat. Upaya ini juga bagian strateginya yang diberi nama Big Push.

“Sebetulnya ide Pak Jokowi untuk mem-buyback Indosat itu bagus. Dan di bawah Prabowo-Sandi, akan kita usahakan,” kata Sandiaga di Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019).

Jika benar Sandi mau merealisasikan janji itu, muncul beberapa pertanyaan berapakah dana yang dibutuhkan untuk mengambil kembali Indosat dari tangan investor Qatar, layakkah Indosat dibeli kembali saat ini dan bersediakah Ooredoo menjualnya kembali?

(das/ang)

Moeldoko: Kartu Sakti Jokowi Bukan Seperti Rencana Bangun Tidur

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Moeldoko menjawab kritikan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno tentang wacana tiga kartu baru yang akan dikeluarkan Jokowi.

Ketika debat cawapres, Sandiaga menilai jika terlalu banyak kartu justru membebani masyarakat. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu ingin beragam urusan publik diselesaikan dalam satu kartu, yakni e-KTP.

“Ada sesuatu yang bisa disederhanakan, ada sesuatu yang tidak harus disederhanakan,” kata Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Moeldoko melihat sejumlah urusan publik tidak bisa diselesaikan dengan e-KTP. Apalagi, lanjut dia, kartu sakti yang diwacanakan Jokowi sudah melalui kajian mendalam di lingkungan masyarakat.

“Jadi semua itu yang dilakukan adalah sebuah riset, sebuah kajian, yang pada akhirnya keputusan dijalankan. Jadi bukan sesuatu yang RBT gitu. Tahu enggak? Rencana Bangun Tidur,” ucap dia.

Dortmund Bikin Rencana Transfer MU Berantakan

Liputan6.com, Dortmund – Rencana MU untuk merekrut bintang muda Borussia Dortmund, Jadon Sancho menemui hambatan. Pasalnya, Dortmund tak mau kehilangan sang pemain dalam waktu dekat.

Sancho digaet Dortmund dari Manchester City pada musim panas 2017 lalu. Berkat penampilan apiknya, Sancho pun menjadi pilihan reguler di skuat utama pilihan pelatih Lucien Favre.

Musim ini Sancho sudah mencetak sembilan gol dan 11 assist bagi Dortmund di semua ajang. Catatan ini terbilang sangat impresif bagi pemain yang baru berusia 18 tahun.

Dortmund lewat Direktur Olahraganya, Michael Zorc menegaskan bahwa pihaknya berencana untuk mengikat Sancho selama mungkin.

“Saya jauh dari menetapkan harga untuk Jadon, tapi saya akan berkata bahwa, bahkan bagi klub terbesar di dunia, transfernya akan sulit untuk saat ini,” ujar Zorc dilansir Bild.

“Jadon akan bermain di Dortmund musim depan dan kami jelas memiliki rencana dengannya,” Zorc menegaskan.

4 Langkah Bikin Rencana Bisnis Kecil-kecilan

Tentu saja, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyusun rencana bisnis tersebut. Tuliskan konsep dari rencana bisnismu dalam bentuk fisik sehingga lebih mudah untukmu mengingatnya nanti. Nah, dalam menyusun rencana bisnis itu, ada beberapa hal yang harus kamu masukkan di dalamnya.

Pertama, adalah executive summary yang merupakan ringkasan atau gambaran singkat bagaimana bisnis yang akan kamu jalankan. Lalu, ada yang namanya deksripsi usaha. Bagian ini berisikan tentang identifikasi bisnis usaha yang kamu jalankan.

Sebagai contoh, bila usaha yang kamu buat adalah sebuah warung kopi, kamu bisa mulai dengan membuat kalimat ‘Kopi Joss adalah sebuah kafe yang menyediakan makanan khas kaki lima yang terletak di Jl. Ahmad Yani dan seterusnya.’. Buat deskripsi yang singkat saja, tetapi padat, jelas, dan mudah dipahami.

Selain itu, pastikan bahwa apa yang ada dalam bagian ini memiliki nilai positif yang akan membedakan usahamu dengan model usaha lainnya. Tentu saja, kamu juga harus masukkan analisis pasar ke dalamnya. Kamu bisa mengeksplorasi tentang tujuan pasar yang telah kamu tinjau sebelumnya di bagian ini.

Lalu, ada juga bagian penjelasan struktur usaha yang menjelaskan tim manajemen yang ada di usahamu. Lanjut dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Maksudnya di sini adalah kamu menerangkan dengan detail apa yang kamu jual. Strategi pemasaran dan penjualan produk juga harus ada.

Bagian ini berisikan rencana pola promosi yang akan kamu lakukan untuk menarik perhatian pengunjung. Terakhir, masukkan proposal pendanaan. Hal ini butuh kamu cantumkan kalau usaha yang akan kamu jalankan membutuhkan pendanaan dari investor yang berisikan banyaknya dana yang dibutuhkan dan tawaran apa yang akan kami berikan.

Jadi, meski usaha yang kamu jalankan tidaklah besar, menyusun business plan itu penting agar kamu bisa tahu arah tujuan dari usahamu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Inter Milan Ganggu Rencana Transfer MU

Liputan6.com, Milan – Rencana Manchester United (MU) dan AC Milan untuk mendatangkan Federico Chiesa mendapatkan pesaing baru. Inter Milan diam-diam juga meminati pemain Fiorentina tersebut.

Chiesa yang merupakan produk akademi Fiorentina berhasil menembus tim utama La Viola pada tahun 2016 silam. Sejak saat itu, putra legenda Italia Enrico Chiesa ini terus menjadi pemain reguler di skuat Fiorentina.

Musim ini Chiesa tampil dengan apik di ajang Serie A. Ia membuat lima gol dan tiga assist bagi La Viola di ajang Serie A, sehingga MU dan AC Milan tertarik untuk merekrutnya.

Namun dilansir Calciomercato, rencana kedua tim ini untuk mendatangkan Chiesa bakal sulit. Pasalnya Inter Milan kabarnya juga tertarik merekrut sang winger.

Untuk saat ini Inter Milan berencana menjadikan Chiesa sebagai pengganti Antonio Candreva. Maklum mantan pemain Lazio ini performanya mulai menurun di lini serang Inter.

Selain itu kehadiran Chiesa diharapkan mampu menghadirkan persaingan kepada Matteo Politano agar performa kedua pemain ini terus meningkat dari waktu ke waktu.

McMenemy: Semoga TC Timnas Indonesia di Australia Sesuai Rencana

Jakarta Timnas Indonesiaberangkat ke Australia untuk melakukan pemusatan latihan pada Sabtu (9/3/2019). Meski terlambat dua hari dari rencana semula, Pelatih Simon McMenemy, berharap semua programnya berjalan sesuai rencana.

Timnas Indonesia awalnya dijadwalkan berangkat ke Australia untuk melakukan pemusatan latihan pada Kamis (7/3/2019), dengan lebih dulu berkumpul di Bali satu hari sebelumnya. Namun, akhirnya Tim Garuda berkumpul di Jakarta dan melakukan latihan selama dua hari sebelum berangkat ke Australia pada Sabtu (9/3/2019).

“Memang tidak ideal bagi kami, terlambat ke Australia. Namun, dua hari berlatih di sini sudah bagus. Saya berharap kami bisa kembali ke rencana awal di Australia,” ujar Simon McMenemy.

Rencananya, 24 pemain Timnas Indonesia akan melakukan pemusatan latihan di Australia hingga 17 Maret 2019. Selain TC di sana, ada rencana melakukan laga uji coba dengan klub Australia, Perth Glory FC.

Setelah itu, Timnas Indonesia melanjutkan pemusatan latihan di Bali. Nantinya akan ada empat pemain lagi yang menyusul, yaitu Muhammad Ridho, Hansamu Yama Pranata, Yanto Basna, dan Riko Simanjuntak.

Pemusatan latihan di Bali digelar hingga 21 Maret. Setelah itu, Timnas Indonesia bertolak ke Myanmar untuk menjalani laga uji coba internasional pada 25 Maret 2019, yang penting untuk menambah poin di peringkat FIFA.

Berita video Simon McMenemy mengungkapkan “senjata”-nya untuk membuat Timnas Indonesia berbahaya. Apakah itu?

Mueller, Hummels, dan Boateng Tak Lagi Masuk Rencana Jerman

Munich – Tak akan ada lagi nama Thomas Mueller, Mats Hummels, dan Jerome Boateng di timnas Jerman. Joachim Loew ingin Jerman diisi wajah-wajah baru.

Ketiga pemain Bayern Munich tersebut merupakan bagian dari skuat yang mengantar Jerman menjuarai Piala Dunia 2014. Namun empat tahun kemudian, Jerman gagal total di Piala Dunia 2018 usai tersingkir di fase grup.

Loew mengunjungi Munich untuk memberi tahu secara pribadi kepada Mueller, Hummels, dan Boateng tentang keputusannya itu. Loew ingin membangun fondasi baru untuk masa depan Die Mannschaft.


“Jerome Boateng, Mats Hummels, dan Thomas Mueller tak akan lagi ada di skuat tim nasional (Jerman). Saya berterima kasih kepada Mats, Jerome, dan Thomas untuk tahun-tahun luar biasa, unik, dan penuh kesuksesan yang kami habiskan bersama,” ujar Loew kepada Bild seperti dilansir Sky Sports.

“Tapi, timnas sekarang adalah tentang membangun fondasi untuk masa depan. Kami ingin memberikan tim wajah-wajah baru dan saya cukup yakin ini adalah langkah tepat,” tambah dia.

Manajer Jerman, Oliver Bierhoff, mendukung keputusan Loew. Meski demikian, ia yakin Mueller, Boateng, dan Hummels akan tetap sukses bersama Bayern.

“Thomas, Mats, dan Jerome telah meraih banyak hal sampai sekarang untuk sepakbola Jerman. Mereka akan melanjutkan itu di level klub. Saya merasa masih terkoneksi dengan mereka dan bersyukur akan waktu yang sempat dihabiskan bersama-sama di timnas,” kata mantan striker Jerman tersebut.

Boateng (30 tahun), Hummels (30 tahun), dan Mueller (29 tahun) memperkuat Jerman dalam periode yang bersamaan. Sampai saat ini, Boateng punya 76 caps, Hummels 70 caps, dan Mueller 100 caps bersama timnas Jerman.

(nds/raw)

Ketua DPRD Tetap Tolak Rencana Pelepasan Saham Pemprov di PT Delta Djakarta Tbk

Liputan6.com, Jakarta – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menilai perusahaan bir tidak merugikan Pemprov DKI Jakarta. Karena itu, dia tetap menolak rencana pelepasan saham di PT Delta Djakarta Tbk.

“Saya tetap berprinsip, enggak ada yang merugikan untuk pemerintah daerah, apalagi yang dikatakan setahun dapat Rp 50 miliar,” kata Prasetyo di kantor DPRD DKI Jakarta, Senin (4/3/2019).

Politisi PDI Perjuangan itu mengimbau agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dapat memikirkan kembali rencana pelepasan saham di PT Delta Djakarta Tbk. Prasetyo mengaku pihaknya pernah menerima surat dari Anies mengenai rencana pelepasan saham.

Kendati begitu, dia mengaku tak menghiraukannya dan hingga kini belum ada pembahasan bersama antara Pemprov DKI Jakarta dan DPRD.

“Selama saya menjadi ini (Ketua DPRD), saya akan berdiskusi, jelaskan apa sih argumentasinya,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah berjanji akan melepaskan saham perusahaan PT Delta Djakarta Tbk, hingga saat ini rencananya masih belum terealisasi.

Janji untuk menjual saham PT Delta ini diungkapkan Anies-Sandi saat maju Pilgub Jakarta. Pada April 2018, pasangan Gubernur DKI Jakarta sudah sepakat dan sudah memulai proses penjualan kepemilikan saham tersebut. Namun, hingga kini saham masih belum resmi dijual.

2 dari 2 halaman

Masih Dikaji

Saat ini, berbagai kajian telah dilakukan untuk segera merampungkan rencana pelepasan saham tersebut.

“Delta kita sedang kajian untuk kita akan lepas. Tapi prosesnya masih kajian. Mudah-mudahan maret sudah selesai,” kata Anies saat ditemui di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Anies mengakui sudah banyak tawaran investor yang ingin masuk ke perusahaan tersebut. Namun dirinya tak ingin terlalu fokus pada hal tersebut, agar proses pelepasan saham dapat berjalan lebih dulu.

“(Udah ada investor?) Kalau yang berminat banyak. Tapi prosesnya kan tidak sederhana. Harus dengan dewan dan lain-lain,” imbuh dia.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Alasan SBY Tunjuk AHY Jadi Penanggung Jawab Pemenangan Demokrat

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yufhoyono (SBY) menyerahkan tongkat komando kampanye pemenangan pemilu 2019 kepada putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto mengungkap  alasan mengapa SBY lebih memilih AHY ketimbang putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Dalam pemenangan pemilu SBY justru menugaskan Ibas dalam Komisi Pemenangan Pemilu (KPP). Sedangkan AHY, mendapat tugas pemenangan pemilu melalui jabatan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma).

Menurut Didik, ada pertimbangan lain hingga akhirnya SBY menunjuk AHY sebagai tonggak pemenangan pemilu. Alasannya, kata dia, AHY dianggap mampu mengatur strategi dan ritme.

“Mas AHY kan memang menjadi komisi pemenangan pemilu kita, itu tugasnya sangat berat dibanding tugas lain, karena harus menentukan strategi, mengatur ritme pertarungan dan bertanggung jawab terhadap rencana aksinya,” kata Didik saat dihubungi, Jumat (1/3/2019).

Didik juga mengungkap alasan kenapa bukan Ibas yang ditugaskan sebagai ketua pemenangan kampanye. Ibas, lanjutnya harus fokus pada pemenangannya sebagai caleg.

“Dan Mas Ibas sendiri strategi kampanye soal dapur Partai Demokrat sendiri, mereka berdua memang menjadi bagian magnet center, pada saatnya nanti Mas Ibas akan memperkuat Mas AHY,” ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Fokus Pengobatan Ani Yudhoyono

Diketahui, SBY memang tengah fokus merawat sang istri Ani Yudhoyono yang sedang sakit kanker darah di Singapura. Terkait Persiapan menghadapi pemilu serentak 17 April nanti, SBY telah memberikan sejumlah pesan.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, surat dituliskan SBY, demi menjawab ketidakhadirannya dalam dua bulan terakhir sisa masa Pemilu 2019, karena harus mendampingi sang istri yang mengidap kanker darah.

“Karena sementara waktu, secara fisik tidak bisa menjalankan kampanye sampai 17 April, oleh karena itu beliau sampaikan pesan untuk memaksimalkan kerja-kerja Partai, DPP sampai ke tingkat ranting,” kata Hinca di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).


Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Akan Didakwa Korupsi, PM Netanyahu Berdalih Korban Politisasi

Tel Aviv – Kejaksaan Agung Israel mengumumkan akan menuntut PM Israel Benjamin Netanyahu ke pengadilan dengan dakwaan korupsi. Hal ini bisa memperburuk peluang Netanyahu dalam pemilu bulan April mendatang.

Jaksa Agung Avichai Mandelblit mengatakan hari Kamis (28/2), dia telah menerima rekomendasi penyidik kepolisian untuk mengajukan tuntutan terhadap PM Israel Benjamin Netanyahu dalam tiga kasus korupsi yang berbeda.

Dakwaan itu dapat memberikan pukulan besar bagi prospek Netanyahu dalam pemilihan umum 9 April mendatang. Netanyahu mencalonkan diri untuk masa jabatan ke-empat berturut-turut.

Sidang pengadilan atas dakwaan yang meliputi penyuapan, penipuan dan pelanggaran kepercayaan baru akan digelar setelah pemilihan umum. Sebelumnya Netanyahu akan diberi kesempatan untuk membela diri. Sidang dapat berlangsung setelah pemilihan 9 April. Netanyahu akan menjadi perdana menteri Israel pertama yang menghadapi kasus di pengadilan saat menjabat.

Netanyahu tuding ada politisasi

Benjamin Netanyahu antara lain diduga telah menerima gratifikasi dari pengusaha kaya dan memberikan kelonggaran regulasi kepada raksasa telekomunikasi Bezeq sebagai imbalan atas liputan pers positif di situs berita anak perusahaan itu, Walla.

Jika terbukti bersalah melakukan suap, Netanyahu bisa menghadapi hukuman 10 tahun penjara dan hukuman maksimal 3 tahun untuk penipuan dan pelanggaran kepercayaan.

Perdana Menteri Israel membantah telah melakukan kesalahan-kesalahan yang dituduhkan. Menanggapi pengumuman Jaksa Agung, dia mengatakan telah menjadi korban pembunuhan karakter dan politisasi yang bertujuan untuk menjegalnya pada pemilu mendatang. Dia menyatakan tuduhan terhadapnya akan runtuh seperti “rumah kartu”.

Likud berusaha tunda pengumuman tuntutan

Partai Netanyahu, Likud, menggambarkan tuduhan itu sebagai “penganiayaan politik.”

“Pengumuman Jaksa Agung secara sepihak hanya sebulan sebelum pemilihan umum, tanpa memberi Perdana Menteri kesempatan untuk (sebelumnya) membantah tuduhan-tuduhan palsu ini, adalah intervensi terang-terangan dan belum pernah terjadi sebelumnya dalam pemilu,” kata Likud dalam sebuah pernyataan.

Likud telah mengajukan petisi kepada Mahkamah Agung Israel untuk menunda pengumuman dakwaan secara terbuka sampai pemilu usai. Namun pengadilan tinggi Israel menolak permintaan itu dan hari Kamis mengumumkan rencana pengajuan tuntutan terhadap Netanyahu.

hp/rzn (afp, rtr,ap)


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>