Rencana Tiket US$ 500, Gub NTT Sebut Untuk Perawatan Komodo

Manggarai Barat – Gubernur NTT berencana menaikan harga tiket masuk TN Komodo menjadi USD 500. Alasannya untuk keberlangsungan hidup Komodo.

Hal ini disampaikan Gubernur NTT Viktor Laiskodat , saat ditemui di peluncuran KMP Komodo, Sabtu (1/12/2018). Dia ingin mengembangkan pariwisata NTT di darat maupun laut.

“Sangat bagus wisata darat kita. Ada Batu Cermin, ada Gua Ular, bagus sekali, sangat bagus daratnya. Tapi dari semua itu, daya tariknya ya komodo,” ujarnya.

Dengan potensi daya tarik utama tersebut, Viktor ingin mengalokasikan uang tiket itu untuk biaya perawatan wilayah TN Komodo dan binatang Komodo itu sendiri.

“Ini kan taman masional, harus bagus harus terawat, makanan komodo juga jarang. Kita harapkan nanti akan banyak kijang, rusa, babi akan banyak di situ untuk makanan komodo, agar rantai makanannya baik sehingga bisa menjadi puas tidak menyerang manusia,” tambah Victor.

Baca Juga : Gub NTT: Ke Komodo Wisman US$ 500, Lokal US$ 100, Wartawan Gratis!

Dengan hal ini, Victor mengharapkan sustainable tourism. Sehingga taman nasional dan Komodo tetap dapat bisa hidup dengan ekosistem yang baik.

“Prinsip mereka mereka kenyang, mereka tidak nyerang. Rantai makannya, lingkungannya, pohon ditanam lebih banyak, bisa sustain dia itu,” paparnya.

Sebelumnya, Gubernur NTT Viktor Laiskodat mencanangkan tiket masuk TN Komodo yang dianggap mahal bagi turis . Untuk wisatawan mancanegara, ia mematok biaya USD 500. Sedangkan untuk wisatawan domestik USD 100 dan wartawan tanpa biaya alias gratis. (sna/fay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *