Relawan Bagi-Bagi Makanan Buka Puasa, Jumlah Tunawisma di Malaysia Meningkat

Liputan6.com, Kuala Lumpur – Sejak bulan suci Ramadan, dilaporkan telah terjadi lonjakan jumlah tunawisma di Kuala Lumpur, ibu kota dari Malaysia.

Dikutip dari laman Channel News Asia (CNA), Sabtu (25/5/2019), lonjakan diprediksi terjadi setelah banyak kelompok relawan yang membagikan makanan selama buka puasa.

Di antara mereka yang menunggu pemberian pada Rabu, 22 Mei malam adalah seorang wanita bernama Yana.

Ketika diwawancarai oleh CNA, Yana (27) mengatakan bahwa dia berasal dari negara bagian Sabah, Malaysia timur. Dia memiliki empat anak dan yang termuda baru berusia enam bulan.

“Jika kita baik-baik saja, kita tidak akan berada di sini. Paling tidak di sini, ada relawan yang bisa membantu kami mengurangi beban kami,” katanya.

Suaminya adalah pekerja pabrik. Dia mengatakan ini tidak cukup untuk memberi makan anak-anaknya, apalagi untuk membeli benda-benda lain.

Yana dan anak-anaknya tidur di banyak tempat (jalanan) sekitar dua tahun, setelah keluarga diusir dari flat mereka karena mereka tidak dapat membayar sewa.

Dia memandikan anak-anaknya di masjid terdekat dan bergantung pada orang yang lewat untuk makanan, pakaian, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Dia menyalahkan meningkatnya biaya hidup di Malaysia sebagai akar penyebab kesulitannya. “Biaya telah naik. Mulai dari susu bubuk, popok dan pengeluaran anak-anak. Gaji saja tidak cukup untuk menutupi biaya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *