Bek PSG Berencana Balik Lagi ke Valencia

Liputan6.com, Jakarta Bek Paris Saint-Germain (PSG) Juan Bernat mengaku bahwa suatu hari ia ingin kembali ke klub masa kecilnya Valencia.

Seperti diketahui, pemain berusia 25 tahun itu meninggalkan Valencia ke Bayern Munchen pada musim panas 2014. Setelah itu ia bergabung dengan PSG musim panas lalu.

Valencia adalah klub hatiku – tempat aku tumbuh, tempat aku berkembang,” kata Bernat kepada Movistar, seperti dikutip ESPN.

“Lebih baik bagi saya untuk meninggalkan dan untuk meningkatkan karier saya di tempat lain dan saya seorang profesional yang telah menikmati peluang dan potensi luar biasa.

“Saya tidak bisa mengatakan tanggal, tetapi suatu hari saya ingin kembali ke Valencia dan memenangkan trofi bersama klub.”

2 dari 3 halaman

Kontrak 3 Tahun

Bernat sudah mencetak tiga gol dari 74 penampilan tim utama di Mestalla. Bek kiri asal Spanyol itu didatangkan PSG dengan transfer 15 juta euro (Rp 256 miliar).

Bernat mendapatkan kontrak selama tiga tahun hingga 30 Juni 2021.

3 dari 3 halaman

Pemain Berpengalaman

Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi, saat itu mengaku senang dengan kedatangan Bernat. Ia menilai pengalaman yang dimiliki pemain berusia 25 tahun akan berguna buat tim mengarungi persaingan di Ligue 1 dan Liga Champions.

“Juan pemain berpengalaman, pernah bermain di dua klub besar Eropa, dan dia merupakan penggawa timnas Spanyol,” kata Al-Khelaifi.

Vizcarra Absen Perkuat Persib di Laga Perdana Piala Presiden

Liputan6.com, Bandung Meski cedera sikut kirinya terus membaik, Esteban Vizcarra tetap tidak akan dimainkan Persib Badung saat melawan PS Tira-Persikabo dalam laga pembuka Piala Presiden 2019. Pertandingan yang akan disiarkan eksklusif Indonesia ini bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (2/3/2019).

Pelatih Persib Miljan Radovic menilai pemain naturalisasi asal Argentina tersebut masih butuh waktu untuk pemulihan sebelum kembali ke lapangan. “Untuk besok (Sabtu), laga pembuka Piala Presiden dia (Vizcarra) tidak bisa turun,” kata Radovic seusai memimpin sesi latihan di Lapangan Sabuga Bandung, Selasa (26/2/2019).

Sebelumnya, dokter tim Rafi Ghani menyatakan proses penyembuhan cedera Vizcarra tergolong cepat. Menurut Rafi, Vizcarra sudah tidak ada keluhan nyeri dan juga sudah melepas pelindung sikut kirinya.

Vizcarra mengalami cedera pada leg pertama laga babak 16 besar Piala Indonesia 2019 saat Persib melawan Arema FC di Stadion Si Jalak Harupat. Pada leg kedua di Kanjuruhan, ia terpaksa absen.

Namun Radovic menilai Vizcarra masih riskan untuk dimainkan Persib. Pelatih asal Montenengro tersebut menyebut pemain bernomor punggung 9 itu masih membutuhkan waktu untuk kembali merumput bersama Maung Bandung.

“Dia perlu waktu lagi untuk memulihkan kondisi cideranya,” kata Radovic.

2 dari 2 halaman

Tidak Khawatir

Sekalipun bakal kehilangan Vizcarra, Radovic tak khawatir. Sebab beberapa pemain yang sebelumnya mengalami cedera semisal Supardi dan I Made Wirawan, diprediksi segera pulih dan siap diturunkan.

Selain itu, Maung Bandung dipastikan mendapat tenaga baru dari rekrutan anyar Saepulloh Maulana.

“Kita konsentrasi di Piala Presiden pada Sabtu. Beberapa pemain sekarang kembali untuk latihan seperti Supardi dan Saepulloh yang baru datang,” ucap Radovic.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pelatih Persib Sudah Pantau Saepulloh Maulana Sejak Lama

Liputan6.com, Bandung Rekrutan anyar Persib Bandung, Saepulloh Maulana diperkenalkan dalam sesi latihan di Lapangan Sabuga Bandung, Senin (25/2/2019). Pelatih Miljan Radovic mengaku sudah mengenal sosok bek tengah kelahiran Bogor, 22 Desember 1988 itu.

Radovic menyatakan ia sempat beberapa kali melihat aksi Saepulloh melalui tayangan video saat ia masih berada di Montenegro. “Ya saya tahu soal kemampuan dia, beberapa pertandingan saya nonton video penampilan dia. Sebelum dia datang, saya nonton beberapa gim,” tutur Radovic.

Menurut pelatih 43 tahun ini, Saepulloh bukan pemain berstatus uji coba di Persib. Namun ia tetap akan melakukan pengecekan terkait kondisi eks pemain Mitra Kukar tersebut.

“Harus cek semua, dia pertama latihan hari ini kita cek dulu. Saya tidak bisa bicara sekarang karena cek dulu bagaimana dia kondisi bagus atau tidak bagus tapi saya pikir dia kondisi bagus,” kata Radovic.

Setelah mendapatkan Saepulloh, Radovic menyebut Persib masih mengincar beberapa pemain yang akan datang dalam waktu dekat untuk memperkuat skuatnya.

2 dari 3 halaman

Pemain Baru Lagi

Namun demikian, ia enggan menjelaskan siapa sosok pemain yang dinantikannya tersebut. Yang jelas, Radovic mengindikasikan Persib akan mendatangkan beberapa pemain baru lagi.

“Dia (Saepulloh) datang dan saya berharap dua pemain lagi datang,” ujarnya. Radovic berharap terkait kedatangan dua pemain baru ini bisa datang secepatnya. “Saya berharap bisa cepat,” katanya.

3 dari 3 halaman

Dua Pemain Incaran

Sejauh ini, ada dua sosok pemain yang dikabarkan tengah mendekat ke Persib. Mereka adalah Fabiano Beltrame dan striker asing asal Asia yang diperkirakan adalah striker asal Pakistan, Saadullah Khan.

Fabiano merupakan pemain belakangan yang sangat berpengalaman bermain di Liga Indonesia. Dia juga pernah membela beberapa klub besar Indonesia, seperti Persija Jakarta dan Arema FC.

Profil Madura United, Laskar Sape Kerap yang Bertabur Pemain Bintang

Liputan6.com, Jakarta Madura United meraih kemenangan atas Sriwijaya FC dengan skor 5-0 (3-0) dalam leg pertama babak 16 besar di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu malam (17/2/2019). Andik Vermansah berhasil mencetak dua gol (19′ dan 72′) di laga ini. Sedangkan tiga sisanya masing-masing disumbang oleh Jaimerson Xavier (12′), Greg Nwokolo (39), dan Aleksandar Rakic (90′).

Ini merupakan kemenangan besar pertama Madura United pada 2019. Sebelumnya mereka pernah menang 2-0 atas Cilegon United. Sementara dua hasil lainnya berakhir imbang.

Laga Madura United vs Sriwijaya FC ini merupakan duel berbeda level. Sriwijaya kini hanyalah klub Liga 2 yang tak memiliki pemain tenar. Sementara Madura United adalah kontestan Liga 1 yang bertabur pemain bintang.

2 dari 4 halaman

Profil Madura United

Madura United FC merupakan klub sepak bola asal Indonesia yang berbasis di Pamekasan, Madura. Pada 10 Januari 2016 PT Pola Bola Madura Bersatu mengakuisisi kepemilikan sekaligus lisensi klub ISL, Pelita Bandung Raya (PBR) yang sebelumnya sempat berubah menjadi Persipasi Bandung Raya (PR) yang waktu itu berlaga di Liga Super Indonesia.

Pemilik Persipasi Bandung Raya, Ari D. Sutedi akhirnya menjual klubnya ke Achsanul Qosasi, dan kemudian bertransformasi menjadi Madura United FC.

Achsanul Qosasi, yang sekarang menjabat sebagai Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, menjadi CEO PT Polana Bola Madura Bersatu. Bahkan Achsanul berstatus sebagai pemilik Madura United. Kini, Madura United menjelma menjadi salah satu klub terkuat di liga utama Indonesia.

3 dari 4 halaman

Bertabur pemain bintang

Madura United atau yang berjuluk Laskar Sapeh Kerrab ini dinilai merupakan salah satu tim yang paling siap mengarungi liga 1 2019 nanti. Dilihat dari komposisi pemain yang ada saat ini, Madura United sudah lengkap dengan para pemain bintangnya. Bahkan Madura United mendapat sebutan Los Galacticos Indonesia.

Sebutan Los Galacticos Indonesia diberikan kepada Madura United di awal musim ini. Istilah itu muncul dari warganet melihat kedatangan pemain bintang macam Aleksandar Rakic, Jaimerson Xavier, Beto Goncalves, Andik Vermansah, dan masih banyak lagi pemain bintang lainnya ke klub tersebut.

Seperti diketahui, julukan Los Galacticos yang berarti “Para Galaksi” muncul pada 2000-an ditujukan untuk raksasa asal Spanyol, Real Madrid. Klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu mendatangkan pemain bintang dari berbagai negara dengan ambisi juara.

Situasi ini sangat mirip dengan Madura United. Selain nama-nama tersebut di atas, mereka masih memiliki Greg Nwokolo, Zah Rahan, dan Dane Milovanovic. Pemain Timnas Indonesia juga melimpah seperti Zulfiandi, Fachruddin Aryanto, Alfath Faathier, dan Ridho Djazulie.

4 dari 4 halaman

Kandidat kuat juara musim 2019

Skuat Madura United saat ini dianggap sebagai tim bertabur bintang dan menjadi kandidat kuat juara musim ini. Nama-nama pemain itu telah tercatat memiliki prestasi gemilang dalam sepak bola Indonesia.

Madura United melakukan perombakan tim secara besar-besaran menyambut musim 2019. Sempat mempertahankan 11 pemain, kini hanya tersisa sembilan pemain musim lalu yang bertahan. Sembilan pemain tersisa di antaranya adalah Satria Tama, Guntur Ariyadi, Fachruddin Aryanto, Andik Rendika, Alfath Faathier, Asep Berlian, Slamet Nurcahyo, Zah Rahan, dan Greg Nwokolo.

Madura United telah melengkapkan tiga pemain asing baru, yaitu Jaimerson Xavier (bek/Brasil), Dane Milovanovic (gelandang/Australia), dan Aleksandar Rakic (striker/Serbia). Sisanya, terdapat sembilan rekrutan baru yang berstatus pemain lokal didatangkan dari berbagai klub.

Sembilan pemain anyar lokal yang membela Madura United dan siap memberikan gelar juara saat ini adalah Muhammad Ridho Djazulie, Fandry Imbiri, Kadek Raditya Maheswara, Marckho Meraudje, Zulfiandi, Syahrian Abimanyu, Ghufroni Al Maruf, Andik Vermansah dan Beto Goncalves.

Manchester United Ingin Menukar Lukaku dengan Dybala

Manchester United dikabarkan akan menawarkan Romelu Lukaku kepada Juventus agar bisa mengamankan jasa Paulo Dybala. Pemain asal Argentina masuk dalam daftar incaran The Red Devils.

Masa depan Paulo Dybala bersama Juventus menjadi spekulasi. Hal itu dikarenakan pertikaian antara dirinya dan Massimiliano Allegri.

Sejak kedatangan Cristiano Ronaldo, Dybala tak jarang harus memulai laga dari bangku pemain pengganti. Beberapa kali, Dybala menunjukkan rasa frustrasinya. Terakhir, ia meninggalkan bangkunya sebelum pertandingan berakhir, saat Juventus berhadapan dengan Parma.

Kondisi tersebut membuat Manchester United bersiap untuk membuat tawaran. Dybala memiliki harga mencapai 100 juta pound. Karena itu, The Red Devils siap menyertakan Romelu Lukaku untuk mengurangi harga Dybala.

Juventus sempat menunjukkan minat kepada Lukaku. Menurut mereka, fisik Lukaku sangat cocok untuk bermain di Serie A.

Saat ini, Juventus tak memiliki pemain yang berposisi sebagai striker murni. Lukaku disebut sebagai satu di antara calon rekrutan Juventus.

Pada musim 2018-19, sinar Romelu Lukaku di Manchester United meredup. Posisinya mulai tergantikan oleh Marcus Rashford. Kondisi itu membuatnya berpeluang dilepas Manchester United pada bursa transfer musim panas 2019.

Sumber: Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Mantan CEO AC Milan Sempat Ragukan Gattuso

Liputan6.com, Milan – Mantan CEO AC Milan, Adriano Galliani, merasa bekas klubnya tersebut berada di tangan yang benar. Galliani juga mendukung Gennaro Gattuso, meski sempat meragukannya di awal.

Galliani mengakui dia berpikir Gattuso tidak cocok dengan pekerjaan sebagai pelatih. Namun, setelah melihat pencapaiannya, Galliani pun berubah pikiran.

“Jujur saya tidak berharap (Rino) Gattuso menjadi Pelatih, karena saya pikir karakternya begitu kuat sehingga jalur karier ini tidak akan berhasil baginya,” ungkap Galliani, seperti dilansir Tribal Football.

Galliani terkesan dengan pekerjaan AC Milan di bursa transfer musim dingin Januari lalu. Krzysztof Piatek dan Lucas Paqueta menjadi rekrutan I Rossoneri.

Dia yakin AC Milan memiliki masa depan cerah dengan sosok-sosok yang tepat di depanya. Dia memprediksi, satu atau dua musim lagi, Suso dan kawan-kawan bisa bersaing untuk Scudetto.

2 dari 3 halaman

Ubah Wajah AC Milan

“AC Milan telah menambah kekuatan, lebih dari tim lain mana pun di Eropa selama jendela transfer Januari, ketika Leonardo mengubah wajah Milan dengan Krzysztof Piatek dan Lucas Paquetá,” jelasnya.

“Saya sering berbicara dengan Leonardo, karena kami adalah teman, tapi saya yakin dia tidak membutuhkan nasihatku di pasar transfer,” tutur Galliani.

3 dari 3 halaman

Lawan Cagliari

AC Milan baru akan memainkan pertandingan pekan ke-23 Liga Italia dini hari nanti WIB. I Rossoneri akan menjamu Cagliari di San Siro.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Ini Perubahan Skuat 16 Besar Liga Champions

Liputan6.com, Nyon – Sebanyak 16 tim terbaik Eropa musim ini sudah mendaftarkan skuat untuk babak gugur Liga Champions. Seluruh peserta melakukan perubahan demi memperbesar peluang menjadi juara.

UEFA meminta para klub Liga Champions itu mendaftarkan maksimal tiga pemain baru pada Jumat (1/2/2019).

Dalam pengumuman yang baru dirilis pekan ini, terlihat strategi klub dalam melakukan pergantian jelang bergulirnya laga perdelapan final pekan depan.

Mereka mencoret nama yang pergi pada bursa transfer Januari dan menggantikannya dengan rekrutan anyar. Atletico Madrid contohnya. Los Colchoneros mendaftarkan Alvaro Morata yang diboyong dari Chelsea.

Klub lain menerapkan kebijakan berbeda menyikapi pulihnya pemain yang cedera. Dengan Alex Oxlade Chamberlain sudah kembali berlatih setelah melewatkan paruh pertama musim 2018/2019, Liverpool pun mencantumkan namanya untuk putaran gugur.

Berikut perubahan skuat tim 16 besar Liga Champions musim ini:

2 dari 3 halaman

Perubahan Skuat

Ajax

Masuk: Lisandro Magallan, Lassina Traore, Bruno Varela

Keluar: Dennis Johnsen, Azor Matusiwa, Luis Orejuela, Kaj Sierhuis, Maximilian Wober

Atletico Madrid

Masuk: Alvaro Morata, Nehuen Perez, Ricard Sanchez

Keluar: Gelson Martins, Darío Poveda, Cristian Rodriguez, Salomon

Barcelona

Masuk: Jeison Murillo, Kevin-Prince Boateng, Moussa Wague

Keluar: Rafinha, Munir, Denis Suarez

Bayern Munchen

Masuk: Alphonso Davies, Joshua Zirkzee

Keluar: Sandro Wagner, Frank Evina

Borussia Dortmund

Masuk: Leonardo Balerdi, Herbert Bockhorn

Keluar: Jeremy Toljan, Shinji Kagawa

Juventus

Masuk: Martin Caceres, Leonardo Spinazzola

Keluar: Medhi Benatia, Juan Cuadrado

Liverpool

Masuk: Ki-Jana Hoever, Alex Oxlade-Chamberlain, Ben Woodburn

Keluar: Nathaniel Clyne, Dominic Solanke, Pedro Chirivella, Kamil Grabara

Lyon

Masuk: Malcolm Barcola, Lucas Tousart

Keluar: Zachary Brault, Jordan Ferri

3 dari 3 halaman

Tim Lain

Manchester City

Masuk: Claudio Bravo, Gabriel Jesus, Philippe Sandler

Keluar: Brahim Diaz, Luke Bolton, Eliaquim Mangala

Manchester United

Masuk: –

Keluar: Marouane Fellaini

PSG

Masuk: Leandro Paredes, Metehan Guclu

Keluar: Tim Weah, Yacine Adli

Porto

Masuk: Pepe, Fernando Andrade Santos, Francisco Soares

Keluar: Vincent Aboubakar, Riechedly Bazoer, Chidozie Awaziem, Sergio Oliveira, Rui Pedro

Real Madrid

Masuk: Brahim Diaz, Diego Altube Suarez, Jaume Grau

Keluar: Kiko Casilla

Roma

Masuk: Daniel Cerantola Fuzato

Keluar: Zan Celar, Luca Pellegrini

Schalke

Masuk: Rabbi Matondo, Jeffrey Bruma, Bastian Oczipka

Keluar: Abdul Rahman Baba, Naldo, Franco Di Santo, Jannis Kubler

Tottenham Hotspur

Masuk: Juan Foyth

Keluar: Mousa Dembele

Persija Jakarta Terancam Tanpa Jaimerson di Liga Champions Asia

Liputan6.com, Jakarta – Keputusan Persija Jakarta meminjam Jaimerson da Silva terancam sia-sia. Pasalnya, bek asal Brasil itu terancam tidak bisa tampil menghadapi Home United pada putaran pertama kualifikasi Liga Champions Asia, Selasa (5/2/2019).

“Ini terkait dengan larangan sekali tampil karena sanksi musim lalu,” kata Ketua Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo, dilansir Antara.

Menurut dia, berdasarkan data yang dimiliki PSSI dari AFC dengan nomor AFC/20207/legal/lrr per 16 Mei 2018, Jaimerson mendapatkan kartu merah saat Persija meladeni Home United Singapura pada Piala AFC, 15 Mei 2018.

Meski demikian, kata Gatot, Persija tetap mendapatkan angin segar karena Federasi Sepak Bola Asia (AFC) memberi izin Ryuji Utomo. Sehingga mantan pemain klub PTT Rayong Thailand ini berpeluang bisa diturunkan saat melawan Home United.

Ryuji Utomo bukan nama baru karena pada musim 2017 menjadi bagian Macan Kemayoran. Dia pun berpotensi menggantikan Jaimerson di jantung pertahanan Persija.

2 dari 3 halaman

Siap Bertanding

Sebelumnya, Chief Executive Officer Persija M Rafil Perdana mengatakan jika timnya sudah siap untuk menghadapi laga pertama kualifikasi Liga Champions Asia 2019.

Selain mengandalkan pemain sendiri, Macan Kemayoran juga meminjam tiga pemain, termasuk Jaimerson. Nama lainnya adalah Alberto Goncalves dan Rishadi Fauzi.

“Selain tiga pemain pinjaman, kami juga mendapatkan kabar baik karena Ryuji disahkan oleh AFC sehingga sudah bisa diturunkan pada pertandingan nanti,” kata M Rafil Perdana.

3 dari 3 halaman

Persiapan Lancar

Tampilnya Ryuji, kata Rafil, sebenarnya dinilai ideal karena pemain asing rekrutan baru Persija belum bisa diturunkan karena terganjal dengan Sertifikat Transfer Internasional (ITC). Ketiga pemain itu adalah Vinicius Lopez, Jakhongir Abdumuminov, dan Bruno Matos.

Meski demikian, persiapan untuk laga perdana kualifikasi Liga Champions Asia tetap berjalan baik. Di bawah asuhan pelatih baru Ivan Kolev, Ismed Sofyan dan kawan-kawan saat ini menjalani pemusatan latihan di Batam.

Barcelona Dapatkan Emerson

BarcelonaBarcelona kembali mendapatkan pemain muda. Kali ini, Blaugrana sukses mengamankan jasa Emerson, bek muda asal Brasil.

Di situs resmi klub, Barcelona mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Atletico Mineiro untuk transfer Emerson. Pemain berusia 20 tahun itu sepakat dihargai 12 juta euro atau sekitar Rp 191,8 miliar.

Emerson baru akan bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2019. Hingga akhir musim, Ia masih akan berseragam Mineiro.

Emerson merupakan pemain muda Brasil yang beroperasi di bek kanan. Sejauh ini, di posisi bek kanan, Barcelona masih kerap bergantian memainkan Sergi Roberto dan Nelson Semedo.

Emerson menjadi rekrutan kelima Barcelona di bursa transfer Januari. Sebelumnya raksasa La Liga itu sudah mendatangkan Jeison Murillo, Kevin Prince Boateng dan dua pemain muda lainnya, Jean-Claire Todibo serta Frenkie de Jong.

Adapun Barcelona juga sudah melepas dua pemain di musim dingin kali ini. Munir El Haddadi dilepas ke Sevilla, dan Denis Suarez dipinjamkan ke Arsenal.

(yna/nds)

Madura United Pinjamkan Jaimerson dan Beto ke Persija

Liputan6.com, Jakarta – Persija Jakarta mendapat suntikan tenaga sebelum tampil di kompetisi Asia. Mereka bisa mengandalkan Jaimerson Xavier dan Alberto Goncalves.

Macan Kemayoran menerima kedua pemain berkat bantuan Madura United yang memberi pinjaman. “Demi Indonesia, Madura United meminjamkan kedua pemain ke Persija,” ucap manajer Madura United Haruna Soemitro, dilansir situs resmi Liga 1.

Dalam kesepakatan kedua klub, Persija hanya bisa menurunkan Jaimerson dan Beto pada Piala Presiden dan ajang Asia. Keduanya kemudian kembali ke Madura United ketika Liga 1 bergulir.

Anak asuh Ivan Kolev dijadwalkan menghadapi wakil Singapura Home United pada kualifikasi pertama Liga Champions Asia pada 5 Februari. Untuk masuk fase grup, Persija harus melewati tiga fase penyisihan.

Jika tersingkir, Macan Kemayoran tergusur ke Piala AFC. Putaran grup kompetisi ini sudah berlangsung mulai akhir Februari.

2 dari 3 halaman

Kondisi Buruk

Persija dalam kondisi kurang menguntungkan sebelum terjun ke ajang kontinental. Mereka tidak bisa mendaftarkan empat pemain anyar yang didatangkan dari luar negeri karena transfer matching system (TMS) masih ditutup. Kuartet itu adalah Jahongir Abdumuminov, Bruno Matos, Vinicius Lopez, dan Ryuji Utomo.

PSSI baru membuka TMS pada 15 Februari mempertimbangkan pagelaran Liga 1 2019 yang baru bergulir Mei selepas Pemilihan Presiden.

3 dari 3 halaman

Bukan Sosok Asing

Kehadiran Jaimerson dan Beto setidaknya mengurangi beban Persija. Sebelumnya mereka sudah meminjam Rishadi Fauzi selama empat bulan. 

Jaimerson dan Beto bukan sosok asing bagi Persija. Nama pertama membantu mereka menjuarai Liga 1. Sedangkan Beto bermain dengan beberapa penggawa Macan Kemayoran di Timnas Indonesia.