Debat Cawapres Ma’ruf vs Sandiaga, Siapa yang Rebut Hati Netizen?

JakartaDebat cawapres antara Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno semalam jadi bahan pembicaraan di media sosial. Siapa yang mendapat sentimen positif lebih besar?

Debat antara Ma’ruf dan Sandiaga adalah debat ketiga di Pilpres 2019. Debat semalam berlangsung dalam 6 sesi dan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Politicawave memantau percakapan netizen saat debat. Hasilnya, Ma’aruf Amin mendominasi percakapan netizen dengan jumlah percakapan sebesar 58,26%, dengan perbandingan 98% sentimen positif dan 2% sentimen negatif.

Sementara itu, Sandiaga Uno mendapatkan jumlah percakapan sebesar 41,74% dengan perbandingan jumlah sentimen positif sebesar 79% dan mendapat 21% sentimen negatif.

Debat Cawapres Ma'ruf vs Sandiaga, Siapa yang Rebut Hati Netizen?Foto: Politicawave pantau debat cawapres (Dok. Politicawave)

Politicawave juga merangkum percakapan netizen di tiap segmen serta isu positif dan negatifnya. Isu positif untuk Ma’ruf Amin di antaranya adalah penggunaan data, penampilan yang tenang, hingga ide Opera House. Di sisi lain, isu negatif terkait cawapres 01 ini di antaranya yaitu momen membaca teks saat bertanya hingga cara penyampaian seperti ceramah.

Untuk Sandiaga Uno, Politicawave memantau isu positif yang muncul yaitu janji menghapus UN, program 22 menit olahraga, hingga momen mengangkat e-KTP saat closing. Namun, ada isu negatif di antaranya saat menyinggung usia Ma’ruf hingga momen menyebut nama-nama orang.

“Dari hasil analisa diatas dapat disimpulkan bahwa Ma’ruf Amin unggul pada semua segmen debat Cawapres, baik dari sisi jumlah percakapan maupun sentimen positif,” papar Politicawave dalam keterangan tertulis, Senin (18/3/2019).

Politicawave memantau Ma’ruf Amin meraih percakapan positif senilai 98,88% pada segmen ke-5 yaitu saat sesi tanya jawab soal stunting. Saat itu, Ma’ruf secara khusus mempertanyakan program ‘Sedekah Putih’ milih Prabowo-Sandi.

Sementara itu, Politicawave meyebut Sandiaga meraih percakapan positif terbesar pada segmen awal sebesar 96,89%. Itu adalah momen dia memaparkan janji penghapusan UN.

Ma’ruf Amin disebut mendapat percakapan negatif tertinggi pada segmen 2 dikarenakan banyak netizen yang kurang memahami maksud dari 10 years challenge. Sedangkan, Sandi meraih percakapan negatif tertinggi di segmen 2 dikarenakan adanya sindiran yang dilontarkan terkait contekan.
(imk/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

F1: Sisihkan Bottas, Hamilton Rebut Pole GP Australia

1. Lewis Hamilton (Mercedes) 1 menit 20,486 detik

2. Valtteri Bottas (Mercedes) + 0,112 detik

3. Sebastian Vettel (Ferrari) + 0,704 detik

4. Max Verstappen (Red Bull) + 0,834 detik

5. Charles Leclerc (Ferrari) +0,956 detik

6. Romain Grosjean (Haas)  +1,340 detik

7. Kevin Magnussen (Haas) + 1,613 detik

8. Lando Norris (McLaren) + 1,818 detik

9. Kimi Raikkonen (Alfa Romeo Racing)  + 1,828 detik

10. Sergio Perez  (SportPesa Racing Point)  + 2,295 detik

11. Nico Hulkenberg (Renault)  1 menit 22,562 detik

12. Daniel Ricciardo (Renault) 1 menit 22,570 detik

13. Alexander Albon (Toro Rosso)  1 menit 22,636 detik

14. Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo Racing) 1 menit 22,714 detik

15. Daniil Kvyat (Toro Rosso)  1 menit 22,774 detik

16. Lance Stroll (SportPesa Racing Point) 1 menit 23,017 detik

17. Pierre Gasly (Red Bull) 1 menit 23,020 detik

18. Carlos Sainz (McLaren) 1 menit 23,084 detik

19. George Russell (Williams Racing) 1 meni 4,360 detik

20. Robert Kubica (Williams Racing) 1 menit 26,067 detik 

Sumber: Bola.com

Video selebrasi Lewis Hamilton bersama Justin Bieber saat memenangkan Formula 1 di GP Monako pada Minggu (29/5/2016).

Peneliti Senior LIPI: Prabowo-Sandi Berpeluang Rebut Suara NU

Liputan6.com, Jakarta – Peneliti Senior Bidang Politik LIPI Syamsuddin Haris menanggapi hasil survei nasional Konsepindo. Lewat pemaparan data survei tersebut, diketahui suara pemilih Nahdliyin ternyata tidak 100 persen ke pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin.

Padahal, cawapres Ma’ruf Amin adalah mantan pemimpi tertinggi dari ormas Islam tersebut.

“Mengejutkan bagi saya yaitu preferensi pilihan publik mengaku NU yang diasumsi mendominasi ke Jokowi-Ma’ruf ternyata tak demikian,” ungkap Haris saat menjadi pembicara rilis suvei nasional Konsepindo di Hotel Millenium, Jakarta, Rabu 13 Maret 2019.

Dari hasil survei nasional Konsepindo kategori basis pemilih muslim, sebanyak 52,2 persen responden menjatuhkan pilihannya ke Jokowi-Ma’ruf. Sementara 38,8 persen menyatakan dukungannya ke paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga dan 9,0 persen responden belum menjawab atau undecided voters.

“Dengan ini masih ada peluang Badan Pemenangan Nasional (BPN) untuk mencari simpati kalangan Nadhliyin supaya dukungan ke Prabowo-Sandi bisa meningkat khususnya di Jawa karena konsentrasi Nahdliyin kan di Jawa,” jelas dia.

Pemilih dari kalangan Muhammadiyah juga menunjukkan tren yang sama. Sebanyak 46,2 persen responden dari Muhammadiyah menjatuhkan pilihan ke Jokowi-Ma’ruf, sedangkan 31,3 persen bermuara ke Prabowo-Sandi. Lalu 22,5 persen menyatakan belum memilih.

“Asumsinya kan Muhammidiyah ke Prabowo tapi hasil survei sebaliknya,” singkat Haris.

Prediksi Mitra Kukar vs Bhayangkara FC: Kesempatan Rebut Tiket Perempat Final Piala Presiden

Bhayangkara FC menjaga momentum untuk lolos ke babak delapan besar. Kemenangan melawan Mitra Kukar akan mengantar satu kaki tim berjuluk The Guardian itu di perempat final.

Hanya saja, Bhayangkara FC perlu menganalisa kedalaman skuat lantaran akan kehilangan sepuluh pemain. Dengan delapan di antaranya dipanggil Timnas Indonesia dan U-23.

Enam pemain yang menyertai Timnas Indonesia U-23 adalah Bagas Adi Nugroho, Awan Setho Rahardjo, Sani Rizky Fauzi, Nurhidayat Haji Haris, T.M. Ichsan, Mahir Radja Djamaoeddin. Sedangkan, dua pemian yang dipanggil ke Timnas Indonesia adalah Wahyu Subo Seto dan Alsan Sanda.

“Semua baik. Beberapa pemain cedera. Beberapa pemain ke timnas. Tapi, ya mau bagaimana lagi. Yang cedera ada Jajang Mulyana dan Indra Kahfi. Nur Iskandar juga cedera sedikit. Tapi mungkin hari ini bisa bermain sebentar,” tutur pelatih Bhayangkara FC, Angel Alfredo Vera.

“Pemain masih cukup untuk melawan Mitra Kukar. Kami harus kerja keras untuk bisa menang. Utamanya kami fokus,” imbuh pria Argentina itu.

Prediksi Chievo Verona vs AC Milan: Kesempatan Emas I Rossoneri Rebut 3 Angka

Liputan6.com, Jakarta – AC Milan melawat ke Stadio Marc’Antonio Bentegodi untuk meladeni juru kunci Chievo Verona pada lanjutan Serie A, Minggu (10/3/2019) dini hari WIB. Laga ini merupakan kesempatan emas I Rossoneri memantapkan posisi di papan atas.

Pada pertemuan pertama musim ini, AC Milan mengalahkan Chievo 3-1 di San Siro lewat dua gol Gonzalo Higuain dan satu gol Giacomo Bonaventura. Sementara itu, satu gol Sergio Pellissier sama-sama sekali tak cukup untuk menghindarkan Chievo dari kekalahan.

Dengan hasil itu, berarti AC Milan memenangi lima pertemuan terakhir dengan Chievo di Serie A. AC Milan juga tak terkalahkan dalam 24 laga terakhirnya melawan Chievo di liga tertinggi Italia. Kali ini, meski di kandang lawan, AC Milan cukup difavoritkan untuk kembali meraih kemenangan.

AC Milan tak terkalahkan dalam sembilan laga terakhirnya di semua kompetisi. Sementara itu, Chievo baru menang sekali di Serie A musim ini. Chievo, yang sejatinya memiliki pemain-pemain bagus seperti Mariusz Stepinski dan Emanuele Giaccherini, bahkan tak mencetak satu gol pun dalam empat laga terakhir.

Pekan lalu, Chievo tersungkur 0-3 di markas Torino. Di tempat lain, AC Milan harus bersusah payah untuk mengalahkan Sassuolo.

Krzysztof Piatek, yang sempat mencetak gol dalam lima penampilan beruntun untuk AC Milan, absen menjebol gawang lawan dalam dua laga terakhir.

Pelatih Gennaro Gattuso perlu segera menemukan cara untuk mengembalikan ketajaman bomber utamanya itu jika tak mau AC Milan kesulitan. Dengan pemain-pemain kreatif seperti Hakan Calhanoglu dan Suso di sekitarnya, itu semestinya bisa dilakukan.

I Rossoneri sangat membutuhkannya, terutama sebelum derby melawan Inter Milan pekan depan.

Piatek adalah Gabungan dari 6 Mantan Pemain AC Milan

Jokowi Unggul di Survei LSI, BPN Prabowo Yakin Rebut Swing Voters

Jakarta – Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul di survei terbaru LSI Denny JA dengan elektabilitas 58,7 persen. Menanggapi hal ini, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno melihat soal angka pemilih yang belum menentukan pilihannya (swing voters).

Swing voters masih tinggi melampaui selisih elektabilitas Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi; Artinya perubahan hasil akhir sangat ditentukan oleh swing voters atau pemilih yang belum tentukan sikap,” kata juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Suhud Alynudin, kepada wartawan, Rabu (6/3/2019).

Suhud melihat tingginya angka swing voters akan bisa membawa kemenangan bagi pasangan nomor urut 02 tersebut. Dia berharap Pemilu 2019 digelar secara jujur dan adil (jurdil).
“Dari fenomena itu kami memiliki keyakinan yang tinggi bahwa kami akan merebut swing voters dan pasangan Prabowo-Sandi akan memenangkan Pemilu 2019. Namun, kami sangat berharap pelaksanaan pemilu ini berlangsung jurdil tanpa ada kecurangan, baik mobilisasi maupun intimidasi,” tutur politikus PKS ini.

Juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Suhud AlynudinJuru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Suhud Alynudin (Foto: DPP PKS)

Sebelumnya diberitakan, LSI Denny JA merilis survei yang menyebut elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin masih unggul atas Prabowo-Sandiaga. Jokowi-Ma’ruf disebut unggul dengan angka elektabilitas 58,7 persen.

“Mayoritas masyarakat ketika survei dilakukan memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dengan 58,7 persen. Kemudian ada Prabowo-Sandi di posisi kedua, beda sekitar 28 persen atau tepatnya 27,7 persen di angka 30,9 persen,” kata peneliti senior LSI Ardian Sopa di Graha Dua Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur.

Berikut ini tren elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi berdasarkan survei LSI Denny JA:

Agustus 2018
Jokowi-Ma’ruf 52,2 persen
Prabowo-Sandi 29,5 persen
Belum menentukan pilihan 18,3 persen

September 2018
Jokowi-Ma’ruf 53,2 persen
Prabowo-Sandi 29,2 persen
Belum menentukan pilihan 17,6 persen

Oktober 2018
Jokowi-Ma’ruf 57,7 persen
Prabowo-Sandi 28,6 persen
Belum menentukan pilihan 13,7 persen

November 2018
Jokowi-Ma’ruf 53,2 persen
Prabowo-Sandi 31,2 persen
Belum menentukan pilihan 15,6 persen

Desember 2018
Jokowi-Ma’ruf 54,2 persen
Prabowo-Sandi 30,6 persen
Belum menentukan pilihan 15,2 persen

Januari 2019
Jokowi-Ma’ruf 54,8 persen
Prabowo-Sandi 31,0 persen
Belum menentukan pilihan 14,2 persen

Februari 2019
Jokowi-Ma’ruf 58,7 persen
Prabowo-Sandi 30,9 persen
Belum menentukan pilihan 9,9 persen
(jbr/yld)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tangkis Hoax Antek Asing, Jokowi Beberkan Rebut Freeport hingga Rokan

Gorontalo – Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh Tim Kampanye Daerah (TKD) menangkis isu miring soal isu antek asing dengan membeberkan capaian pemerintah. Menurut Jokowi capaian itu adalah keberhasilan pemerintah mengambil alih blok migas Mahakam dan Rokan, serta akuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam acara silaturahmi dan pemberian arahan kepada Tim Kampanye Daerah (TKD) Provinsi Gorintalo, Kamis malam (28/2/2019).

“Mengenai antek asing, harus punya jawaban, jawaban yang gampang mengenai isu antek asing pada 2015 yang namanya Blok Mahakam dikelola oleh Total dan Inpex, kini sudah 100% kita berikan ke Pertamina,” kata Jokowi di Hotal Maqna Kota Gorontalo, Kamis (28/2019).


“Tidak ada yang tahu kan karena saya diam, kalau dituding antek asing saya mulai bersuara,” sambung Jokowi.

Setelah selama 4 tahun diam dan tidak menanggapi isu antek asing, menurut Jokowi dia perlu membeberkan keberhasilan mengambil mayoritas kepemilikan Indonesia dari perusahaan asing.

“Saya nggak ngomong apa-apa saya diam, masih ada antek asing. Akhir 2018 kemarin ada Freeport, itu tambang emas dan tembaga kita paling besar,” jelas Jokowi.

Dengan keberhasilan-keberhasilan tersebut, Jokowi percaya hal itu bisa menjawab isu-isu yang selama ini hoax atau tidak benar.

“Itu yang harus diceritakan, saya itu terlalu lama diam, bapak ibu bisa menceritakan, jangan dibilang antek asing kita diam. Masalah yang bermasalah fitnah, hoax dijawab,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (hek/hns)

Syahrini Dianggap Rebut Reino Barack dari Luna Maya, Uus Beri Tanggapan

Liputan6.com, Jakarta – Rencana pernikahan Syahrini dan Reino Barack jadi perbincangan hangat selama sepekan terakhir. Meski begitu, tak semua merespons positif langkah baik mereka menuju pelaminan.

Karena ternyata, ada segelintir orang yang menganggap Syahrini telah merebut Reino Barack dari sisi Luna Maya. Seperti diketahui, tak lama putus dari Luna, Reino menyatakan berhubungan dekat dengan Syahrini.

Terkait hal ini, rekan sesama artis, Uus memberi komentar. Terlepas benar atau tidak, namun yang pasti, merebut kekasih orang memang lumrah terjadi di masyarakat luas.

“Sudah biasa dipercintaan ditikang ditikung, sudah biasa. Teman saya kena tikung enggak ada kena media,” imbuh Uus, di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (26/2/2019).

2 dari 3 halaman

Tak Ambil Pusing

“Kenapa Syahrini nikung masuk media? Biarin sajalah suka-suka dia. Gimana kalau Reino nafsunya sama Syahrini, gimana. Ya sudah biarin saja,” ia menyambung pernyataan.

3 dari 3 halaman

Menikah 27 Februari 2019

Syahrini dikabarkan akan segera dipersunting oleh mantan kekasih Luna Maya, Reino Barack. Kuat dugaan keduanya akan menikah di Masjid Tokyo Camii, pada Rabu, 27 Februari 2019 pagi.

Keluarga inti dan staf Syahrini satu persatu pun telah tiba di Jepang. Dua ulama seperti Quraish Shihab dan Nasaruddin Umar juga terlihat sudah berada di Negeri Sakura tersebut.

Aprilia Manganang Tak Sangka Rebut MVP Proliga 2019

Liputan6.com, Yogyakarta – Pemain putri Jakarta PGN Popsivo Polwan Aprilia Manganang terpilih sebagai pemain terbaik (MVP) Proliga 2019. April diganjar penghargaan individual bergengsi tersebut usai membawa timnnya menjadi juara kompetisi bola kasta tertinggi di Indonesia itu.

Ini adalah kali ketiga April memenangkan MVP Proliga. Sebelumnya, pevoli kelahiran Tahuna, Sulawesi Utara, 27 April 1992 itu pernah meraihnya pada Proliga 2016 dan 2016.

April mengaku tak menyangka bakal meraih MVP. Dia justru menjagokan rekan setimnya, Amalia Fajrina, untuk memenangkan penghargaan tersebut.

Bahkan, dia mengajak bertaruh Bogi Triyadi dari Liputan6.com yang menyebutnya akan memenangkan penghargaan MVP. “Ayo taruhan siapa yang menang? Menurutku Amalia,” kata April sambil menjabat tangan Bogi tanpa menyebut taruhannya.

Namun setelah namanya disebut sebagai pemenang MVP Proliga, April pun tersenyum lepas dan senang.

2 dari 3 halaman

Untuk Popsivo

April mengatakan suksesnya meraih penghargaan MVP tidak lepas dari bantuan rekan-rekannya di Popsivo Polwan. Apalagi, ini pertama kalinya ia membela tim tersebut.

“Ini untuk Popsivo. Ini kali pertama aku membela Popsivo dan aku meraih MVP serta juara Proliga,” ucap April yang menerima hadiah uang tunai sebesar Rp 10 juta sebagai MVP Proliga 2019.

3 dari 3 halaman

Peraih Penghargaan

Best Server – Bethania De La Cruz (Jakarta Pertamina Energi)

Best Setter – Tri Retno Mutiara (Jakarta BNI 46)

Best Spiker – Wilda Siti Nurfadillah (Jakarta PGN Popsivo Polwan)

Best Blocker – Agustin Wulandari (Jakarta Pertamina Energi)

Best Libero – Yulis Indahyani (Jakarta Pertamina Energi)

Best Scorer – Kokram Pimpichaya (Bandung Bank BJB Pakuan)

Best Player – Aprilia S Manganang (Jakarta PGN Popsivo Polwan)

Best Coach – Chamman Dokmal


Ket: masing-masing pemenang meraih hadiah uang Rp 5 juta, kecuali best player yang mendapat Rp 10 juta.

Proliga 2019: Putri BNI 46 Rebut Peringkat Ketiga

Liputan6.com, Yogyakarta – Putri Jakarta BNI 46 menyegel peringkat ketiga kompetisi bola voli Proliga 2019 usai mengalahkan Bandung Bank BJB Pakuan. Tim asuhan Risco Herlambang ini menang dengan skor 3-1 (18-25, 25-15, 25-18, 25-19) di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Sabtu (23/2/2019).

Posisi ketiga Proliga 2019 membuat putri BNI 46 melampaui target yang dibebankan manajemen. Tahun ini, Tri Retno Mutiara dan kawan-kawan hanya ditargetkan lolos keempat besar setelah musim lalu finis di peringkat kelima.

Menghadapi Bank BJB, BNI 46 mempunyai catatan bagus. Dari empat pertemuan sebelumnya, mereka menyapu bersih semua laga dengan kemenangan.

Tetapi, permainan BNI 46 justru tidak berkembang pada set pertama perebutan peringkat ketiga Proliga 2019. Pertahanan BNI 46 begitu mudah ditembus dengan smes-smes keras Kokram Pimpichaya dan Maja Burazer.

2 dari 3 halaman

Bangkit

Di game kedua, pelatih BNI 46 Risco Herlambang mengganti libero Wahida Muntaza Arifin dengan Novriali Yami. Pergantian ini tepat. Sebab, kehadiran Novriali membuat pertahanan BNI 46 lebih kokoh.

Tak hanya itu, BNI 46 juga mulai menemukan irama permainannya. Smes-smes keras Lindsay Stalzer dan K Ajcharaporn kerap memberi poin. Sementara itu, penerimaan bola pertama Bank BJB justru buruk sehingga mempermudah BNI 46 mendapatkan poin demi poin.

Memasuki game ketiga, Bank BJB mencoba bangkit. Tetapi, permainan BNI 46 semakin solid. Serangan yang dilancarkan anak asuh Teddy Hidayat ini selalu bisa diantisipasi.

Di game keempat, pertandingan kembali berjalan seru. Meski selalu tertinggal dalam perolehan poin, Bank BJB tidak menyerah memberikan perlawanan. Sayang, upaya Bank BJB bangkit di set keempat kembali dipatahkan BNI 46.

3 dari 3 halaman

Final

Sementara itu, laga final akan mempertemukan juara bertahan Jakarta Pertamina Energi melawan Jakarta PGN Popsivo Polwan. Dari empat pertemuan sebelumnya di Proliga 2019, Pertamina tercatat tiga kali menang atas Popsivo.

Saat berita ini diturunkan, pertandingan yang dimaikan di GOR Among Rogo, Yogyakarta, baru akan dimulai.