Tim Panel Dugaan Pencabulan Staf Dewas BPJS TK Disetop, Ade Armando Curiga

Jakarta – Kelompok Pembela Korban Kekerasan Seksual (KPKS) mencurigai langkah Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menghentikan Tim Panel dugaan pencabulan yang dilakukan mantan anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, Syafri Adnan Baharuddin (SAB) kepada stafnya. Tim Panel itu disetop setelah SAB diberhentikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini sungguh mencurigakan. DJSN menghentikan kerja Tim Panel yang sudah hampir rampung mengumpulkan bukti dan mewawancarai para saksi dan ahli. Tim Panel sudah akan mengumumkan hasil kerja mereka tentang perilaku Syafri pada awal pekan besok, dan tiba-tiba saja DJSN menghentikannya. Saya curiga DJSN sudah terbeli atau tunduk pada kepentingan Syafri,” ujar Koordinator KPKS, Ade Armando dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/1/2019).

Meski demikian, Ade berharap tim panel yang dibentuk akhir Desember 2018 itu tetap mengumumkan temuan tentang dugaan asusila yang melibatkan SAB dengan staffnya berinisial RA.

“Mudah-mudahan Tim Panel tidak ragu untuk menuntaskan kewajibannya, karena ini menyangkut integritas sebuah lembaga yang dibiayai uang rakyat tentang perilaku seorang pejabat nesagara yang dibiayai uang rakyat,” kata Ade.

Disetopnya kerja tim panel lantaran Presiden Jokowi sudah mengeluarkan keputusan untuk memberhentikan SAB yang mengajukan permohonan pengunduran diri pada 30 Desember 2018. Menurut Ade, DJSN seharusnya tidak melakukan intervensi karena mengundurkan diri.

“Ini tentu dua hal yang berbeda. Tim panel ini dibentuk untuk menyimpulkan apakah perilaku Syafri masuk dalam kategori perilaku tidak pantas atau tidak. Tim sudah bekerja. Seharusnya DJSN tidak mengintervensi hanya karena Syafri mengundurkan diri,” kata Ade.

Proses kerja tim panel, kata Ade sudah mengumpukan beberapa bukti dari saksi-saksi. Saksi dalam penuturan Ade, menyajikan bukti chat WA SAB ke RA berupa kata-kata rayuan. Dia melanjutkan, disetopnya tim panel oleh DJSN menunjukkan ada ketidakobjektifan dan indikasi tidak ingin melindungi pekerja perempuan.

“Tapi ini bukan cerita baru. Dua tahun yang lalu sejumlah deputi di BPJS TK juga melaporkan perilaku tidak pantas oleh Syafri. Tim panel sudah dibentuk dan merekomendasikan penghentian Syafri. Tapi ternyata tidak pernah ditindaklanjuti. Bayangkan, ini semua terjadi karena terduga pelaku dibiarkan bertahun-tahun oleh sesama Dewan Pengawas BPJS TK dan kini juga dilindungi oleh DJSN yang seharusnya berpihak pada korban,” ujar Ade.

Sebelumnya, DJSN memaparkan bahwa Presiden RI melalui Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2019 tertanggal 17 Januari 2019 telah memberhentikan dengan hormat saudara SAB dengan mengacu pada Surat Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Nomor 01/DP/012019 tanggal 2 Januari 2019 dan Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan dan Penetapan Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi serta Calon Pengganti Antarwaktu Dewan Pengawas dan Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

“Dengan adanya Surat Keputusan Presiden tersebut, proses Tim Panel dihentikan dan selanjutnya DJSN akan mengusulkan pada Presiden, untuk membentuk panitia seleksi untuk pengisian jabatan anggota Dewas BPJS Ketenagakerjaan yang kosong,” kata Plt Ketua DJSN, Andi Zainal Abidin Dulung dalam keterangan tertulis.
(idn/imk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

23 Kata-kata Gombal Lucu Romantis, Dijamin Bikin Pacarmu Makin Jatuh Hati

Liputan6.com, Jakarta Suasana hubunganmu dengan pacar sedang hangat-hangatnya? Atau malah pacarmu sedang badmood karena suatu hal?

Dalam sebuah hubungan pasti tak hanya senang dan bahagia yang kamu rasakan berdua. Terkadang hubunganmu akan diuji dengan berbagai masalah. Mungkin hanya masalah kecil, namun sekecil apapun masalahmu, hal tersebut akan tetap mengganggu hubungan dengan si dia.

Terkadang kamu perlu melontarkan gombalan-gombalan pada pacarmu. Gombalan ini dapat menjadi wujud sayang dan pedulimu pada pacar. Gombalan tak hanya selalu berisi kata-kata romantis. Terkadang selipan humor juga menarik sebagai bahan kata-kata gombal lucu romantis untuk pacarmu. Kata-kata ini akan tetap manis di mata sang pacar. Tak hanya terhibur, pacarmu juga akan makin cinta padamu.

Buat para cowok yang ingin mengungkapkan keromantisan, rasa sayang atau hanya sekadar menghibur sang pujaan hati bisa coba dengan cara ini. Kamu bisa mengirim kata-kata gombal lucu romantis ke gadis pujaanmu seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/1/2019).

2 dari 5 halaman

Kata-kata Gombal Lucu Romantis

1. Tinta Cinta

Kamu: Tinta apa yang bisa bikin kamu salting di depan aku?

Pacar: Apaan tuh?

Kamu: Aku tinta kamu, hehehe

2. Kelaparan

Sayangku tadi pagi aku gak bisa makan karena merindukanmu. Siangnya juga nggak makan karena mikirin kamu. Dan malamnya aku juga nggak bisa tidur karena kelaparan.

3. Jadi Gitaris

Kalau kamu jadi senar gitar, aku nggak mau jadi gitarisnya. Karena aku nggak mau mutusin kamu..

4. Hati Sapi

Yang kamu lihat di kulkas, itu bukan hati sapi. Itu hatiku yang beku karena ditinggal kamu.

5. Beda Kartu Operator

Nggak apa-apa deh bila kita beda kartu operator, asal nantinya nama kita ada di Kartu Keluarga yang sama.

6. Jadi Pendiam

Aku memang pendiam, diam-diam aku jatuh cinta padamu. Ada jamu,di atasnya kuku. Ternyata tawamu membekas di hatiku.

3 dari 5 halaman

Kata-kata Gombal Lucu Romantis

7. Gombalan Anak Geografi

Walaupun jarak kita bagai matahari dan Pluto saat ephehelium. Amplitudo gelombang hatimu berintervensi dengan hatiku.

8. Rayuan Naruto

Cewek: Sayang, rayu aku dong pake bahasa Jepang

Cowok: Naruto sasuke san gara

Cewek: Artinya apa sayang?

Cowok: Kamu wanita terindah yang pernah kumiliki

9. Mentega dan Wajan

Kamu tau nggak, aku seperti mentega, dan kamu seperti wajan panas. Soalnya pas lihat muka kamu aku meleleh.

10. Apakah ini Salah Satu dari Ritual Pesugihan?

Aku rela menjadi lilin dalam hati kamu, dan kamu yang jagain lilinnya.

11. Gizi Seimbang Cinta

Bukan makanan saja yang harus memiliki gizi yang seimbang, tapi hati ini perlu penyeimbang. Penyeimbangnya ya kamu.

12. Memori Penyimpan Hatimu

Handphone saja sanggup simpan foto sampai beribu-ribu, masa hanya untuk menyimpan aku, hati kamu nggak sanggup sih.

4 dari 5 halaman

Kata-kata Gombal Lucu Romantis

13. Susu Dancow

Cowok: Susu, susu apa yang bikin bahagia?

Cewek: Apa?

Cowok: Dancow

Cewek: Kok?

Cowok: Dancow hadir merubah segalanya menjadi lebih indah~

14. Micintaimu

Cowok: Micin, micin apa yang bikin candu?

Cewek: Apa?

Cowok: Micintaimu sepenuh hati

15. Ular Tangga Sudah Nggak Zaman

Cowok: Main ular tangga sekarang sudah nggak zaman ya!

Cewek: Iya sudah nggak jaman

Cowok: Sekarang jamannya membangun rumah tangga bersamamu

16. Pantun Ikan Hiu

Ikan hiu makan roti

I love you sampai mati

Diare Nih!

Mencintaimu bagaikan diare, tak dapat ditahan lagi

17. Ambulans Bisu

Aku tanpamu bagaikan ambulans tanpa ‘wiuw wiuw wiuw’

18. Gombalnya Sambil Nyanyi

Lihat kebunku penuh dengan bunga, lihat dirimu aku berbunga-bunga.

5 dari 5 halaman

Kata-kata Gombal Lucu Romantis

19. Lupa Cara Ikat Tali Sepatu

A: Aku lupa cara ngiket tali sepatu.

B: Loh kenapa?

A: Soalnya aku terlalu sibuk ngiket kamu di hati aku.

20. Obeng Tamiya

A: Muka kamu kaya obeng tamiya

B: Hah?

A: Imut banget!

21. Memulai Cinta

Abjad dimulai dengan ABC, angka dimulai dengan 123. Lagu dimulai dengan do re mi. Cinta dimulai dengan aku dan kamu.

22. Bintang, Ikan, dan Cintaku

Ada 3 hal di dunia ini yang tidak bisa kuhitung, jumlah bintang di langit, ikan di laut dan cintaku padamu.

23. Seperti Lempeng Bumi

Kamu memang seperti lempeng bumi, bergeser sedikit saja sudah menggoncang hatiku.

Kata-kata ini bisa kamu simpan untuk stock gombalan saat pacarmu lagi ngambek atau badmood. Atau untuk kamu yang hanya sekadar ingin menggoda pacarmu agar hubungan terus hangat dan langgeng.



Reporter: Anugerah Ayu Sendari

Macam Macam Puisi Lama dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Puisi merupakan salah satu karya sastra yang banyak digemari orang. Mulai dari usia belia, remaja hingga orang tua. Para penyuka sastra pasti sudah tak asing lagi untuk mengenali apa itu puisi.

Nah, bagi kamu yang baru menyukai dan ingin bergelut di bidang salah satu hasil karya sastra ini, kamu harus tahu tentang puisi. Sebelum membahas macam-macam puisi, perlu tahu arti puisi. 

Puisi adalah salah satu media yang sering digunakan untuk menyampaikan pesan. Isi dari pesan ini bisa berupa suatu ungkapan atau sebuah pesan dari seseorang ke orang lain atau ke khalayak.

Di dalam puisi terdapat aturan tertentu. Diantaranya rima, jumlah baris dan juga makna yang tersirat di dalam pusisi tersebut. Jadi puisi mementingkan bunyi, struktur dan maknanya.

Untuk macam-macam puisi terdapat dua yang membedakan berdasarkan bentuknya yakni puisi lama dan puisi baru. Kali ini Kamis (17/1/2019), Liputan6.com membahas salah satu macam-macam puisi yaitu puisi lama dan macam-macam puisi lama, yang dirangkum dari berbagai sumber. 

2 dari 5 halaman

Pengertian Puisi Lama

Puisi lama atau kerap disebut puisi konvensional adalah salah satu jenis macam-macam puisi yang ada. Jenis puisi ini masih terikat oleh persajakan, pengaturan larik dalam setiap bait, dan jumlah kata dalam setiap larik, serta musikalitas puisi sangat diperhatikan.

Puisi lama sudah muncul sejak zaman dahulu dan sering digunakan dalam upacara-upacara adat. Ketentuan dari puisi lama yakni:

1. Jumlah kata dalam 1 baris

2. Jumlah baris dalam 1 bait dapat 2, 4 atau lebih

3. Banyaknya suku kata

4. Rima dan irama

3 dari 5 halaman

Ciri-ciri Puisi Lama

Selain dapat dilihat dari ketentuan puisi lama tadi, terdapat ciri-ciri dari puisi lama, antara lain:

1. Terlihat kaku karena harus mengikuti aturan

2. Biasanya tidak diketahui pengarangnya karena merupakan hasil karya turun temurun

3. Disampaikan secara lisan dari mulut ke mulut

4 dari 5 halaman

Macam-macam Puisi Lama: Mantra, Pantun, Karmina

Macam-macam puisi lama terdapat tujuh bentuk yaitu Mantra, Pantun, Karmina, Gurindam, Syair, Seloka dan Taliban. Mari kita bahas satu persatu.

1. Mantra

Macam-macam puisi lama yang pertama adalah Mantra. Mantra adalah sejenis puisi tua yang terkadang dianggap memiliki kekuatan ghaib seperti sebuah doa. Karya sastra ini memiliki rima dan irama yang terkenal edngan sifatnya yang misterius.

Biasanya menggunakan majas metafora. Contohnya:

InsyaAllah… Wabarakallah…

Nangis jangan sejadi-jadinye

Marah jangan sengamuk-ngamuknye

Otak jangan selupe-lupenye.

Hati jangan sekosong-kosongnye.

Darah jangan sekotor-kotornye.

Puah! Alhamdulillah

(dikutip dari Sapardi Djoko Damono “Bilang Begini Maksudnya Begitu.” (2016))

2. Pantun

Pantun adalah salah satu macam-macam puisi lama yang populer hingga kini dan dikenal luas oleh masyarakat. Ciri khas pantun adalah bersajak a-b-a-b, 1 bait terdiri dari 4 baris, setiap baris terdapat 8 sampai 12 kata dan 2 baris awal merupakan sampiran, 2 baris berikutnya adalah isi.

Pantun sendiri juga memiliki jenis-jenis seperti pantun jenaka, pantun anak, pantun nasehat dan lain-lain.

Contoh :

Pergi ke pantai siang bolong

Pakai motor punya si Parman

Janganlah kau suka berbohong

Jika tidak ingin dijauhi teman

3. Karmina

Macam-macam puisi lama selanjutnya adalah karmina. Karmina sering disebut sebagai pantun kilat karena ia adalah sebuah pantun namun isinya pendek. Biasanya karmina hanya memiliki dua baris ditiap baitnya, terdiri atas 8 sampai 12 suku kata ditiap baris, baris pertama sampiran dan baris kedua adalah isi serta bersajak a-a.

Contoh:

Pak Sulam pergi ke Cina

Selamat malam buat yang di sana

5 dari 5 halaman

Gurindam, Syair, Seloka, Talibun

4. Gurindam

Selanjutnya adalah Gurindam. Jika Karmina adalah pantun kilat atau pantun singkat, maka gurindam adalah syair singkat. Gurindam biasanya berisi suatu nasehat dengan aturan 2 baris ditiap baitnyadan bersajak a-a dan tiap baris adalah isi.

Contoh :

Jika belajar besungguh-sungguh Keberhasilan akan kau rengkuh

Jangan hanya pandai saja di benak Namun juga harus pandai di tindak

Kalau engaku tidak tahu Maka harus cari ilmu

5. Syair

Berikutnya adalah Syair. Syair sendiri berasal dari Arab dengan ciri khas terdiri dari 4 baris dalam 1 bait dengan sajak a-a-a-a. Syair biasanya berisi tentang sebuah cerita dengan nasehat didalamnya. Contoh :

Apabila engkau kesulitan

Dan menerima segala cobaan

Memohonlah kepada Tuhan

Pasti Tuhan mengabulkan


Ilmu bukanlah untuk harta semata,

Ilmu tak akan lekang oleh usia,

Sebab ilmu akan membuatmu terjaga,

Dan ilmu akan membuatmu dewasa, 

6. Seloka

Seloka adalah salah satu macam-macam puisi lama yang berisikan pepatah maupun perumpamaan yang mengandung sindiran, senda gurau bahkan ejekan. Seloka merupakan bentuk puisi Melayu yang ditulis dalam 4 baris atau lebih.

Contoh :

Sudah bertemu kasih sayang Duduk terkurung malam siang Hingga setapak tiada renggang Tulang sendi habis berguncang 

7. Talibun

Macam-macam puisi lama yang terakhir adalah Talibun. Talibun adalah pantun yang lebih panjang dari pantun pada umumnya. Memiliki baris yang lebih panjang seperti 6baris, 8 baris, 10 baris dan seterusnya.

Contoh :

Burung elang terbang tinggi

Membidik mangsa di daratan Jawa

Makanan hilang di tengah rawa

Wahai kalian para muda mudi

Jangan lengah dan terperdaya

Dengan rayuan sesat dunia 

Demikian penjelasan tentang macam-macam puisi lama dan contoh singkatnya. Semoga artikel ini menambah pengetahuanmu seputar karya sastra puisi lama.


Reporter: Loudia Mahartika

Ade Armando: SAB Tak Terjebak, Dia Paksa Hubungan Khusus dengan RA

Jakarta – Kelompok Pembela Korban Kejahatan Seks (KPKS) heran dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Syafri Adnan Baharuddin (SAB) yang disebut mengaku terjebak hubungan khusus dengan asisten pribadinya, RA. Koordinator KPKS Ade Armando menyebut pernyataan itu tak masuk akal.

“Coba saja kita baca chat-chat WA SAB ke RA, sangat jelas di sana bahwa SAB bukanlah pihak yang terjebak melainkan terus berusaha mendesak RA untuk membangun hubungan khusus,” kata Ade Armando kepada wartawan, Jumat (11/1/2019).

Adalah Ketua Dewas BPJS TK, Guntur Witjaksono yang menyebut SAB mengaku terjebak hubungan khusus dengan RA. Menurut Ade, pernyataan Guntur amat tak masuk akal.
Bagi Ade, SAB merupakan orang yang berkuasa atas RA karena menjadi atasan langsung RA. Dia heran bagaimana bisa SAB terjebak oleh RA.

“SAB adalah seorang pria 59 tahun yang sangat dominan, sangat ditakuti di Dewas BPJS TK dan sangat menentukan nasib pekerjaan RA. Lalu bagaimana caranya RA menjebak SAB?” kata Ade.

“Sementara itu, kalau kita membaca chat-chat WA SAB kepada RA, kita akan menemukan berbagai bentuk rayuan global, desakan untuk menikah, ataupun ucapan-ucapan mesum dari SAB kepada RA,” ujar Ade.

Ade berharap Dewas BPJS TK tidak begitu saja percaya pada penjelasan SAB yang menurutnya mengada-ada. Meski demikian, Ade senang bahwa SAB mengakui ada hubungan khusus dengan RA.

“Dewas BPJS TK seharusnya mempelajari secara serius apa yang sesungguhnya terjadi di lingkungan kerja mereka. Dewas BPJS TK turut bersalah bila mengabaikan dan membiarkan terjadinya kejahatan seksual di sana. Paling tidak dia (SAB) sudah mengakui bahwa dia sudah melakukan perilaku tidak patut sebagai pejabat negara dengan bawahannya sehingga layak diberhentikan dari Dewas BPJS TK. Berikutnya, baru perlu dibuktikan bahwa hubungan itu terjadi akibat pemaksaan,” jelas Ade.

Syafri Adnan Bantah Tuduhan Stafnya

Syafri telah menyampaikan bantahannya melakukan pemerkosaan. Bahkan Syafri telah melaporkan balik stafnya ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik.

“Berbagai tuduhan yang ditujukan kepada saya tidak benar adanya dan bahkan merupakan fitnah yang keji,” kata Syafri di kesempatan yang sama.

Syafri juga menyatakan sendiri mengundurkan diri agar bisa fokus ke penanganan masalah yang dialaminya.

“Agar saya dapat fokus dalam rangka menegakkan keadilan melalui jalur hukum. Saat ini juga surat kepada Presiden RI sedang diupayakan sampai. Kepada Ibu Menteri Keuangan, Bapak Menteri Tenaga Kerja, kepada Ketua Dewan Jaminan Nasional, kepada Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, kepada Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan,” kata SAB, Minggu (30/12).
(gbr/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

5 Kalimat Sederhana yang Bisa Kobarkan Gairah Bercinta Istri

Liputan6.com, Jakarta Gairah bercinta tak hanya bisa dibangun oleh makanan atau sentuhan saja. Kata-kata yang dilontarkan pasangan juga bisa semakin mengobarkan libido si Dia.

Banyak pasangan suami istri yang menggunakan trik tersebut di kamar tidur. Hanya saja, tak semua orang bisa dengan mudah bermain kata-kata untuk merayu pasangannya. Alih-alih membangun suasana, canggung mengungkapkan rayuan malah berujung suasana kikuk.

Tapi tenang saja, kondisi kikuk bisa dihindari dengan membiasakan diri mengucapkan kalimat-kalimat sederhana untuk menggoda istri.

Laman Dailystar telah melakukan polling terhadap 5.300 wanita mengenai hal kata-kata apa yang mereka anggap paling menggoda. Hasilnya, 32 persen partisipan mengaku, kalimat “Kamu terasa nikmat” jadi favorit kaum hawa.

Kalimat sederhana seperti, “Aku membutuhkanmu sekarang” juga dianggap terdengar sangat seksi oleh para responden.

Berikut lima kalimat yang bisa membangkitkan gairah bercinta para istri, melansir laman Dailystar:

1. Kamu terasa nikmat – 32 persen

2. Terangsanglah buatku – 21 persen

3. Aku membutuhkanmu sekarang – 19 persen

4. Aku menyukai tubuhmu – 16 persen

5. Kamu membuatku terangsang – 12 persen

Saksikan juga video menarik berikut

Top 3 News: Rayuan Maut Napi Bikin Brigpol DW Berfoto Seksi

Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk DKI Jakarta, Tuty Kusumawati menjadi salah satu dari enam nama yang lolos  tahap akhir seleksi calon Sekretaris Jenderal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Nama Tuty sendiri selama ini cukup dikenal di kalangan birokrat, khususnya di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Di era Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, sosok Tuty Kusumawati kerap menjadi sorotan. Pernyataan Tuty kerap berseliweran di media massa, khususnya terkait soal perencanaan program yang akan dimasukkan ke dalam anggaran belanja dan pendapatan daerah (APBD) DKI.

Beberapa pujian Ahok kepada Tuty yaitu soal tindakan istri perwira polisi, Kompol Ali Murni Tanjung itu, yang gemar melaporkan gratifikasi.

Selengkapnya…