Ada di Luar Negeri, Ini 4 Kampung Rasa Indonesia yang Bisa Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, memilih untuk meninggalkan negara asalnya adalah sebuah pilihan. Banyak alasan yang sampai akhirnya membuat orang tersebut akhirnya berpindah ke negara lain.

Entah itu untuk melanjutkan pendidikan, menghabiskan sisa hidup, atau memang hanya ingin berlibur di negara tersebut baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.

Nah, buat kamu mungkin juga salah satu dari orang-orang tersebut yang memilih untuk hidup di luar Indonesia atau luar negeri. Saat kamu berada di negeri orang, tak jarang kamu bakal rindu dengan suasana yang ada di Indonesia. Memang, tidak sedikit mereka yang sudah berada di negeri orang terkadang merasakan hal serupa.

Namun kini kamu bisa sedikit melepaskan rindu terhadap suasana seperti yang ada di Indonesia, saat kamu berada di negara orang. Ternyata di luar negeri sendiri ada kampung-kampung yang punya ciri khas dengan negara kita, Indonesia.

Hal ini tercipta karena banyak hal. Bisa saja karena memang pesona Indonesia yang sangat disukai oleh orang luar negeri tersebut, sampai akhirnya dibuatkan kampung khas Indonesia.

Mau tahu ada kampung khas Indonesia apa saja yang terdapat di luar negeri ini? Berikut Liputan6.com telah merangkum beberapa kampung khas Indonesia yang terdapat di luar negeri dari berbagai sumber,Rabu (17/4/2019).

Ungkap Rasa Syukur, Warga Lereng Gunung Merapi Gelar Grebeg Sadranan

Liputan6.com, Boyolali – Ribuan orang warga lereng Gunung Merapi dan Merbabu dengan antusias mengikuti upacara tradisi “Grebeg Sadranan” yang digelar setiap bulan Ruwah (kalender jawa) di kawasan depan Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu.

Ribuan warga dari berbagai daerah yang memadati sepanjang jalan kawasan Kantor Kecamatan Cepogo mengikuti acara prosesi kirab sebanyak 14 gunungan hasil bumi dan makanan khas daerah setempat, serta ratusan tenong berisi makanan untuk dibagikan kepada masyarakat yang hadir.

Menurut Camat Cepogo Insan Adi Asmono, tradisi Grebeg Sadranan intinya mendoakan para leluhur, dan rasa bersyukur atas hasil pertanian atau hasil bumi yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, dengan membawakan gunungan beserta tenong berisi makanan untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Grebeg Sadranan khusus tahun ini, pertama kali dilakukan serentak diikuti 15 desa di Cepogo. Tradisi ini, sebelumnya dilakukan setiap desa secara bergantian waktunya,” kata Insan dilansir Antara.

Menurut Insan, tradisi ini sudah dilakukan turun-menurun, selain untuk melestarikan budaya masyarakat setempat juga dilaksanakan secara profesional untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Cepogo.

Prosesi Grebeg Sadranan diawali dengan arak-arakan tenong sebanyak 315 tenong dan 45 tumpeng serta 7 gunungan hasil bumi dan 7 gunungan makanan khas. Tenong, tumpeng dan gunungan diarak oleh perwakilan masyarakat dari 15 desa di Cepogo.

Dua pasukan prajurit Pesangrahan Paras lengkap dengan korp musik mengawali arakan-arakan kemudiana diiringi segenap perangkat desa dan peserta pembawa tenong makanan. Peserta warga dari Desa Wonodoyo, Jombong, Gedangan, Sukabumi, Genting, Cepogo, Kembangkuning, Gubug, Mliwis, Sumbung, Paras, Mliwis, Jelok, Bakulan, Candigatak dan Cabeankunti.

Rombongan tenong membawa makanan diletakkan berjejer di sepanjang jalan depan kecamatan, dan kemudian dilakukan doa bersama. Setelah itu, masyarakat langsung dipersilahkan menikmati makanan dalam tenong dan tumpeng serta berebut gunungan hasil bumi dan makan khas setempat.

Ini Motif Mahasiswa di Makassar Pukul Polisi Saat Unjuk Rasa

Makassar – Mahasiswa pelaku pemukulan polisi saat aksi unjuk rasa di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) ditangkap, Awal Juli (22). Pelaku nekat melakukan aksinya karena kesal dengan pengamanan yang dilakukan polisi saat aksi demonstrasi.

“Jadi pada saat kami interogasi singkat, pelaku melakukan hal itu karena pengakuannya dia mendapatkan perlakuan yang kurang baik dari anggota Polri. Padahal di situ anggota Polri melakukan pengamanan saat mereka berorasi dan melakukan demo,” ujar Kasubnit 2 Jatanras Polrestabes Makassar, Ipda Ahmad Syah Jamal, pada Minggu (7/4/2019).

Padahal, dalam aksi unjuk rasa yang digelar oleh pelaku bersama rekan mahasiswa lainnya dalam situasi yang sudah mulai anarkis dan menggangu ketertiban umum.

“Itu adalah hal wajar, apabila anggota menghalau mereka untuk menutup jalan dan membakar ban karena itu melanggar ketertiban umum,” ucap Ipda Jamal.

Lanjut Ipda Jamal, setelah ditangkap anggota juga langsung melakukan pengecekan urine pelaku.

“Jadi sudah kami cek dan kami tanyakan dia pada saat itu tidak terpengaruh dalam minuman keras dan obat-obatan, hasil urinenya pun negatif,” lanjut dia.

Untuk diketahui, Kanit Provost Polsek Tamalate, Ipda Darwis dipukul oleh demonstran saat mengawal unjuk rasa di perempatan Alauddin dan Pettarani, Makassar.

“Iya, tadi siang, saat anggota kita berusaha menghalau dan memberi nasihat kepada pengunjuk rasa untuk tidak menutup jalan dan bakar ban karena masyarakat resah, tapi langsung melakukan pemukulan,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Indraatmoko saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (5/4/2019).

Penangkapan pelaku dilakukan tim Jatanras Polrestabes Makassar diback up Resmob Polda Sulsel, setelah melakukan penyelidikan. Pelaku ditangkap tanpa perlawanan di sebuah rumah kos di kawasacan Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Pelaku kemudian dibawa ke Polrestabes Makassar untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pelaku dijerat dengan pasal 212 dan 214 KUHP tentang melawan petugas dan secara bersama-sama dengan ancaman kurungan penjara 6 tahun.

“Kita sudah tangkap kira periksa 24 jam, nanti kita periksa kalau terbukti dan 2 alat bukti, maka lakukan penahanan,” jelas AKBP Indratmoko.
(nvl/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cerita Akhir Pekan: Perjalanan Rempah Pengaruhi Cita Rasa Makanan Terlezat di Dunia Asal Indonesia

Reno menegaskan, rendang sebenarnya bukan sajian, melainkan cara memasak, di mana artinya menihilkan air. “Jadi, rendang itu jangan berhenti di daging sapi saja. Semua bisa direndang asal melalui proses meniriskan air,” tuturnya pada Liputan6.com usai memberi materi di International Forum on Spice Route (IFSR) 2019 di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu, 23 Maret 2019.

Tanah Datar sendiri, kata Reno, dikenal lewat sajian rendang belut. Sekarang, rendang disajikan dalam banyak versi. Namun, menurut Reno, setidaknya terdapat 20 jenis rendang dengan proses pembuatan orisinal di Sumatera Barat.

“Yang paling unik yang pernah saya temui itu 100 daun direndang sama rendang gulai. Daun-daun itu didapat di sekitar kampung, di bukit. Mereka tahu mana yang bisa dimakan,” katanya.

Rendang yang kini telah mendunia, lantaran sempat jadi makanan terenak di dunia versi CNN tahun 2014 dan 2017, disambut baik oleh Reno. Ia menilai, dengan begitu, rendang sudah punya lokomotif untuk lebih dikenal.

Tinggal bagaimana menambahkan narasi, cerita, dan sejarah di baliknya. Supaya semua orang tahu dan menghargai nilai kuliner Sumatera Barat tersebut. Reno mengaku tak takut orisinalitas rendang tergerus karena jadi makanan ‘mainstream’.

“Kalau nantinya orang-orang di luar sana mau membuat rendang rusa atau pakai bahan lain. Silakan saja. Kembali lagi, rendang itu kan proses memasak. Menurut saya, Sumatera Barat akan selalu jadi rumah pertama buat rendang,” paparnya.

“Istilahnya, carilah pizza di negara asalnya, begitu juga dengan rendang. Buat orang yang mau tahu bagaimana sebenarnya rasa rendang di tanah aslinya, bisa datang ke Indonesia, coba rendang di Sumatera Barat,” sambungnya.

Ia menambahkan, rendang adalah harga diri bagi masyarakat Sumatera Barat, lantaran selalu ada di upacara-ucacara penting. Merendang itu, menurut Reno, selalu tentang ketekunan, cinta, dan kesabaran.

Dalam pembuatannya, ada beberapa kebiasaan yang dilakukan. Sambil mengaduk, biasanya akan bertukar pantun, tentunya bercanda, dan berbicara tentang kutipan-kutipan leluhur.

“Rendang itu ditinggikan derajatnya dari lauk lain. Bahkan, kalau lagi makan besar bersama, ada 1 kilogram (kg) daging rendang nggak dipotong. Cuma ditaruh di ujung meja. Tidak untuk dimakan, hanya untuk dipajang,” ujarnya.

Nyaman Selama Beraktivitas dengan Body Lotion Tanpa Rasa Lengket

Liputan6.com, Jakarta – Sebagai lapisan terluar tubuh, sudah semestinya kesehatan, sekaligus tampilan kulit diperhatikan. Kendati sebegitu penting, perempuan urban sering kali melewatkan rangkaian perawatan sesederhana pengaplikasian body lotion.

“Sebanyak 49 persen perempuan Indonesia mengaku malas menggunakan body lotion karena rasa lengket. Sedangkan, 34 persen perempuan lain tidak menggunakan lotion karena membutuhkan waktu cukup lama untuk menyerap hingga sempurna, ” kata Mahnessa Siregar Senior Brand Manager Vaseline saat konferensi pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa, 26 Maret 2019.

Menawarkan solusi dari permasalahan tersebut, Vaseline menghadirkan produk body lotion yang memberi rasa nyaman saat diaplikasikan. Berbeda dengan body lotion lain, formulasi Vaseline Healty White Fresh & Fair mampu memenuhi kebutuhan perempuan aktif dan dinamis dalam merawat kesehatan kulit, sekaligus membantu mencerahkan kulit tanpa rasa lengket. 

Produk body lotion ini mengandung B3 dan sunscreens yang dapat mengembalikan kecerahan pada kulit dan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Kandungan B3 pada lotion ini juga dapat melindungi kulit dari partikal bebas.

Terdiri dari dua kemasan, yakni 100 mililiter (ml) seharga Rp 13 ribu dan 200 ml seharga Rp 23 ribu, pengaplikasian produk perawatan kulit ini disarankan saat pagi dan malam hari. 

Berdasarkan pengalaman bertukar pikiran seputar skincare, Affi Assegaf sebagai beauty and skincare enthusisat memaparkan, kebanyakan perempuan lebih concern terhadap kulit wajah ketimbang kulit tubuh.

“Mereka rela menggunakan produk wajah yang ber-layer dan memakan waktu, sedangkan kulit tubuh hanya menggunakan sabun dan sesekali menggunakan body lotion. Padahal, dalam merawat kesehatan kulit tubuh sama pentingnya dalam merawat kulit wajah,” kata Affi. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cara Merawat Kulit yang Baik dan Benar

Tarif MRT Tanpa Rasa Pemilu 2019

Berikut harga angkutan umum sekali naik, termasuk MRT, di 55 negara yang paling banyak dikunjungi turis. Semua harga dikonversi ke dolar AS pada pertengahan Mei 2017. Sedangkan kisaran harga ditujukan untuk perjalanan terpendek hingga terpanjang di kota-kota yang disebut.

1. Caracas, Venezuela (metro, bus) $0.40-$1.50

2. Kairo, Mesir (metro) $0.06

3. New Delhi, India (metro) $0.12-$0.46

4. Kuala Lumpur, Malaysia (light rail) $0.23-$0.65

5. Mexico City, Meksiko (metro) $0.27

6. Buenos Aires, Argentina (bus, subway) $0.28-$0.36

7. Beijing, China (subway) $0.44-$1.31

8. Shanghai, China (metro) $0.44-$1.31

9. Taipei, Taiwan (metro) $0.66-$2.15

10. Bangkok, Thailand (skytrain) $0.44-$1.51

11. Singapore, Singapura (subway, light rail) $0.58-$1.58

12. St. Petersburg, Rusia (tram, bus, metro) $0.52-$0.61

13. Dubai, UAE (metro) $0.54-$2.32

14. Sofia, Bulgaria (tram, bus, metro) $0.57

15. Moskow, Rusia (metro) $0.87

16. Krakow, Polandia (bus, tram) $0.74-$1.00

17. Seoul, Korea Selatan (subway) $1.11-$1.20

18. Prague, Republik Ceko (tram, bus, metro) $1.00-$1.34

19. Santiago, Chile (metro, bus) $0.91-$1.07

20. Istanbul, Turki (tram, bus, metro, ferry) $1.10

21. Lisbon, Portugal (tram, bus, metro) $1.56-$2.00

22. New Orleans, AS (tram, bus) $1.25-$1.50

23. Rio de Janeiro, Brasil (metro, bus) $1.13-$1.22

24. Budapest, Hungaria (tram, bus, metro) $1.26-$1.90

25. Athena, Yunani (tram, bus, metro) $1.56

26. Madrid, Spanyol (metro, bus) $1.67-$2.22

27. Roma, Italia (tram, bus, metro) $1.67

28. Tallinn, Estonia (bus, tram, trolley) $1.11-$1.78

29. Los Angeles, AS (bus, metro) $1.75

30. Chicago, AS (metro, bus) $2.25

31. Dublin, Irlandia (tram, bus) $1.67

32. Washington DC, AS (metro) $1.60-$5.00

33. Berlin, Jerman (tram, bus, metro) $3.00

34. Zagreb, Kroasia (bus, tram, train) $1.49

35. Barcelona, Spanyol (tram, bus, metro) $2.39

36. Tokyo, Jepang (metro) $1.53-$2.78

37. Sydney, Australia (metro, bus) $1.78-$3.48

38. San Francisco, AS (tram, bus, metro) $2.25

39. New York City, AS (subway, bus) $2.50-$2.75

40. Brussels, Belgia (metro, bus) $2.25-$2.81

41. Paris, Prancis (metro) $2.02

42. Helsinki, Finlandia (tram, bus, metro) $2.81-$3.60

43. Vancouver, Kanada (skytrain, bus) $2.04

44. Stockholm, Swedia (tram, bus, metro) $4.13-$8.26

45. Montreal, Kanada (metro, bus) $2.41

46. London, Inggris (tube, bus, tram: using Oystercard) $6.49

47. Toronto, Kanada (subway, streetcar, bus) $2.07-$2.22

48. Wina, Austria (subway, tram, bus) $2.47

49. Munich, Jerman (tram, bus, metro, subway) $2.92-$5.84

50. Amsterdam, Belanda (tram, bus, metro) $3.15

51. Melbourne, Australia (tram, bus) $3.73

52. Zurich, Switzerland (bus, tram, train) $2.68-$4.43

53. Copenhagen, Denmark (metro, bus) $3.61-$16.24

54. Oslo, Norway (tram, bus, metro, ferry) $3.58-$5.97

Ratusan Aktivis di Bali Gelar Unjuk Rasa Tolak Perpres Revitalisasi Teluk Benoa

Liputan6.com, Bali – Kedatangan ratusan aktivis yang tergabung forum Bali Tolak Reklamasi mendapat pengawalan ketat oleh petugas Polresta Denpasar.

Masa yang menolak rencana reklamasi Teluk Benoa ini mendatangi gedung DPRD Provinsi Bali untuk menyuarakan aspirasinya.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (25/3/2019), para demonstran meminta agar pemerintah mencabut Perpres Nomor 51 Tahun 2014 tentang Revitalisasi Teluk Benoa.

Pengunjuk rasa menyesalkan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan yang menerbitkan izin lingkungan yang dinilai membuka peluang investor untuk melanjutkan rencana reklamasi meskipun izin amdal yang sebelumnya sudah ada tidak diperpanjang lagi.

Aksi demo diwarnai penutupan gerbang kantor DPRD Bali dengan menggunakan spanduk berukuran besar. Usai di kantor DPRD, para aktivis melanjutkan aksinya di depan kantor Gubernur Bali dan mengakhiri aksinya dengan tertib.

Sekitar Satu Juta Orang di Inggris Berunjuk Rasa Tolak Kesepakatan Brexit

Liputan6.com, London – Dalam salah satu demonstrasi terbesar sepanjang sejarah monarki konstitusional Inggris, sekitar satu juta orang, Sabtu kemarin, melakukan pawai damai melalui pusat kota London, untuk menuntut para anggota parlemen memberi mereka referendum baru tentang Brexit.

Pawai bertajuk “Put it to the People“, yang diikuti oleh demonstran dari seluruh penjuru Inggris dan banyak warga negara Uni Eropa yang menetap, terjadi di tengah kekacauan politik luar biasa, dan meningkatnya seruan agar Perdana Menteri Theresa May mengundurkan diri.

Penyelenggara aksi unjuk rasa mengatakan jumlah pasti massa yang bergabung sulit diukur, tetapi mereka percaya protes itu bisa lebih besar dari demonstrasi menolak perang Irak pada Februari 2003, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Minggu (24/3/2019).

Di saat bersamaan, beberapa menteri kabinet –sebutan bagi anggota Parlemen Inggris– mempertimbangkan wakil perdana menteri secara de facto, David Lidington, sebagai pengganti sementara kepemimpinan PM May.

Keputusan banyak orang untuk ikut bergabung mengibarkan bendera Union Jack –sebutan bendera resmi Kerajaan Inggris– dan spanduk Uni Eropa, serta patung Theresa May, terjadi hanya berselang tiga hari setelah perdana menteri mengatakan dalam siaran televisi nasional, bahwa dia yakin rakyat negeri Ratu Elizabteh II tidak akan terlibat referendum lain terhadap Brexit.

Kereta karnaval membawa karikatur yang menggambarkan Perdana Menteri Inggris, Theresa May melahirkan bayi Brexit-nya dalam parade karnaval Rose Monday di Duesseldorf, Jerman, Senin (12/2). (AP Photo/Martin Meissner)

Politikus senior dari semua partai utama bergabung dalam aksi protes tersebut, termasuk wakil pemimpin Partai Buruh, Tom Watson, mantan wakil pemimpin Parlemen Inggris, Lord Heseltine, walikota London, Sadiq Khan, dan pemimpin SNP serta menteri pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon.

Seruan  Buka Mata pada PM May

Berbicara di tengah kerumunan demonstran yang berkumpul di Lapangan Parlemen yang menyerukan nyanyian “Where’s Jeremy Corbyn?” (pemimpin Partai Buruh yang menjadi oposisi), Tom Watson mengatakan PM May tidak dapat mengabaikan aksi protes tersebyt, dan harus memberikan orang-orang kesempatan suara kedua.

“Perdana menteri mengklaim dia berbicara untuk Inggris. Nah, lihatlah ke luar jendela, perdana menteri,” katanya.

“Buka tirai dan nyalakan televisi Anda. Lihatlah kerumunan besar hari ini. Lihatlah orang-orangnya. Theresa May: Anda tidak berbicara untuk kami,” lanjut Watson yang disambut riuh dukungan.

Upaya pihak koalisi yang dipimpin Partai Buruh dalam menemukaan kesamaan kesepakatan Brexit kerap ditolak oleh PM May, kata Watson.

“Di setiap kesempatan, kami telah diabaikan. Cara menyatukan kembali negara kita adalah memutuskan masa depan bersama. Sudah waktunya untuk mengatakan dengan satu suara: berikan (kesempatan suara) kepada orang-orang. Perdana Menteri, Anda kehilangan kendali. Biarkan rakyat mengambil kembali kendali,” seru Watson.

Simak video pilihan berikut: 

Ratu Elizabeth II Inggris pada Selasa membuat komentar publik pertamanya tentang Brexit selama perjamuan negara untuk menghormati para bangsawan Belanda, Raja Willem-Alexander dan istrinya, Ratu Maxima.

4 Wajah Baru Rasa Lama di Lini Belakang Timnas Indonesia

Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, membawa 22 pemain ke Yangon untuk menjalani laga persahabatan internasional kontra Myanmar yang akan digelar Senin (25/3/2019). Dalam tim kali ini, ia memanggil empat pemain bertahan yang sudah lama tidak memperkuat Timnas Indonesia, setidaknya dalam dua tahun terakhir.

Setelah membawa pemain-pemain yang dipanggilnya mengikuti pemusatan latihan di Australia dan Bali, Simon McMenemy akhirnya memilih 22 pemain yang dibawanya ke Yangon.

Dari kesemuanya, pelatih kelahiran Skotlandia itu membawa enam pemain untuk mengisi lini pertahanan Timnas Indonesia.

Laga persahabatan kontra Myanmar menjadi laga internasional pertama Tim Garuda pada 2019. Seperti yang sudah terjadi sebelumnya, laga pertama seorang pelatih Timnas Indonesia akan menjadi tolok ukur ke depannya.

Apalagi konsentrasi tim ini adalah untuk memperbaiki peringkat Indonesia di ranking FIFA dan sebagai persiapan untuk kualifikasi Piala Dunia dan Asia.

Hal tersebut membuat Simon harus sangat berhati-hati dalam memilih pemain terbaik yang dibawanya untuk memperkuat Tim Merah-Putih. Nama-nama beken yang pernah membela Timnas Indonesia beberapa tahun lalu pun kembali mendapatkan kesempatan untuk berseragam Tim Garuda.

Sejumlah pemain senior tersebut sejak awal dibawa oleh Simon sebagai pengimbang pemain muda yang juga memang disukainya.

Pengalaman dan jam terbang para pemain senior tentu menjadi faktor penting untuk mengangkat mentalitas tim yang juga diisi oleh para pemain muda yang juga memiliki semangat dan motivasi tinggi untuk berseragam Timnas Indonesia.

Setiap lini pun terlihat bagaimana perpaduan antara pemain berpengalaman dan pemain baru, seperti Andritany Ardhiyasa dan Teja Paku Alam di bawah mistar gawang.

Kemudian ada juga di lini depan, di mana nama lama Greg Nwokolo kembali hadir mendampingi Dedik Setiawan yang baru berpengalaman untuk membela Tim Garuda dan Ilija Spasojevic yang dalam dua tahun terakhir sempat menjadi pilihan di lini depan Timnas Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Bola.com membahas kehadiran 4 pemain dari total enam pemain bertahan, yang kembali hadir di Timnas Indonesia setelah beberapa tahun terakhir absen membela Tim Garuda.

Kenali 4 Jenis Potongan Daging Steak, Beda Karakter Beda Rasa

Liputan6.com, Jakarta – Tahukah Anda bila steak bisa dihasilkan dari empat jenis daging sapi berbeda? Perbedaan itu akan memengaruhi karakter dan rasa steak yang dihasilkan.

Menurut Kevindra Soematri, pengamat kuliner, jenis potongan daging steak yang pertama adalah ribeye yakni bagian daging sapi sekitar tulang iga atau tulang rusuk yang lebih lembut dan lemak. Daging Ribeye memiliki tekstur yang lembut dan beraroma. Kandungan lemak di dalamnya membuat membuat daging lebih lezat.

Kedua, T-Bone. Bagian daging ini adalah bagian yang paling lengkap dan istimewa karena memiliki lapisan lemak, daging yang lembut, dan tulang. Daging T-Bone terdapat di filet tenderloin dan sisi lain pinggang atas sapi.

Berikutnya adalah Striploin/Sirloin atau disebut pula has luar. Bagian daging sapi ini berasal dari bagian bawah daging iga, terus sampai ke bagian sisi luar has dalam.

Daging sirloin memiliki tekstur yang halus dengan lapisan lemak yang juicy. Potongan daging ini dinilai ideal untuk dibuat steak karena ukuran dan bentuknya yang besar.

Keempat Tenderloin, bagian ini memiliki daging yang empuk dan halus dengan kandungan lemak yang rendah. Daging Tenderloin ini adalah potongan daging yang paling termewah dan lebih cocok dinikmati dengan proses pemasakan singkat.

Selain karakter yang terdapat pada daging, Anda bisa melihat kualitas daging lewat marbling. Marbling adalah garis-garis putih yang terdapat pada daging seperti lemak.

“Daging steak berkualitas memiliki tekstur yang lembut serta tingkat marbling yang baik. Marbling adalah kandungan lemak yang ada pada daging steak. Semakin banyak marbling pada daging, maka daging tersebut lebih lembut dan juicy, ujar Kevindra saat media briefing di Steak Hotel by Holycow! Tkp Sabang, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Maret 2019.

Tak kalah pentingnya adalah melihat kesegaran warna daging  yang akan Anda konsumsi. Jika warna merah pada daging pudar, berarti kualitas pada daging yang Anda konsumsi kurang baik. (Indah Permata Niska)

 Saksikan video pilihan di bawah ini :

Di mana saja tempat makan dengan sajian steak terenak di Jakarta? Ini dia daftarnya untuk Anda..