Rahasia Racikan Gentong Mas dari Garut Bisa Tembus Pasar Global

Liputan6.com, Garut – Musim hujan tiba, enaknya minum apa ya ? Jika Anda bosan hanya sebatas ngopi dan ngeteh semata, tidak ada salahnya mencoba minuman yang satu ini. Gentong Mas, produk herbal asli racikan pesantren dari Garut, Jawa Barat, boleh dicoba.

Minuman herbal dengan bahan utama gula aren dan Nigella Sativa (Jintan Hitam) Habatusauda ini, sangat cocok menemani saat dingin, selain menghangatkan tubuh, juga berkhasiat menyembuhkan ragam penyakit dalam. Komplit bukan?

Berada di lingkungan pesantren Sadang Lebak, kawasan Desa Situsari, Kecamatan Wanaraja, Garut, Jawa Barat. Produk ini sejak laama cukup digandrungi masyarakat ragam usia sebagai minuman pelengkap anda saat menemani suasana dingin anda.

KH Aceng Hasan, pemilik sekaligus pengelola produk Gentong Mas mengatakan, sejak pertama kali diproduksi hampir 1,5 dekade yang lalu, ia bersama santri yang selama ini menemaninya, selalu berupaya menghasilkan produk berkualitas dari alam tanpa embel-embel bahan kimia.

“Target kami adalah jangka panjang, selain sehat juga bermanfaat buat umat,” ujar dia yang biasa dipanggil Abah di kalangan pesantren dan masyarakat Garut, saat ditemui Liputan6.com di dapur produksinya, Sabtu (3/11/2018).

Menggunakan stelan khas kiai dengan sarungan yang melekat di pinggangnya, ia tak canggung menjelaskan isi dapur Gentong Mas. Baginya kemanfaatan dan keberkahan usaha bagi umat, adalah segalanya dalam menjalankan roda bisnisnya selama ini. 

Bahan yang dipakai dalam ramuan itu memang sederhana, seluruhnya menggunakan produk langsung dari alam, sebut saja gula aren, Habbatusauda, lada hitam, pala, cengkeh, kayu manis, kapulaga dan cabe jawa, sehingga produk yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia.

“Kecuali Habbatasauda yang kami impor, seluruhnya kami menggunakan produk rempah-rempah dalam negeri,” ujar Abah menerangkan bahan yang digunakan benar-benar berkhasiat dan aman bagi segala usia.

Tak ayal dengan segudang bahan herbal alami yang berkualitas itu, minuman yang sudah mendapatkan pengakuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pusat tersebut, cukup digandrungi penikmat sejati minuman herbal tanah air.

“Meskipun hasil pesantren, kami pun punya dokter khusus untuk konsultasi,” ujar dia mengenalkan.

Beberapa khasiat yang telah dirasakan sejumlah konsumen antara lain menyembuhkan diabetes, kolesterol, asam urat, hipertensi (darah tinggi), rematik, asma, obesitas, maag kronis, batuk yang sudah menahun dan membangkitkan gairah seksual.

“Jika masuk angin karena kehujanan, pas rasanya minum Gentong Nas,” ujar Abah tersenyum ramah sambil ikut menawari satu gelas seduhan Gentong Mas kepada Liputan6.com. Perbincangan pun bertambah hangat. 

Dan benar, saat pertama kali mencoba produk gula aren Gentong Mas dalam satu gelas berukuran 200 mili liter (ml) yang diberikan, rasa manis bercampur lada, langsung teras hangat di tenggorokan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *