Ragam Teori Dinosaurus Musnah, dari Alien Sampai Kentut

Jakarta – Asteroid diyakini sebagian besar ilmuwan sebagai penyebab punahnya dinosaurus, didukung bukti-bukti terkini dari para akademisi. Namun demikian, pernah ada beragam teori yang dikemukakan soal kepunahan mereka pada 66 juta tahun silam.

Apa saja? Berikut di antaranya yang dikutip detikINET dari berbagai sumber:

– Paleontolog bernama George Wielang pada 1925 sempat mengatakan bahwa dinosaurus punah karena terlalu banyak memakan telur dari spesies itu sendiri, walau kemudian dibantah oleh peneliti dari Yale University yang mengatakan kebiasaan tersebut tidak cukup masif untuk menyebabkan kepunahan.

– Pada 1979, ahli fosil H. K. Erben mengatakan telur dinosaurus dari masa ke masa semakin mengalami penipisan lapisan kulit sehingga embrio yang didalamnya mudah rusak dan mendorong mereka menuju kepunahan. Meski begitu, fenomena ini dianggap hanya terjadi di kawasan kecil, bukan secara global

– Paleontolog Baron Franz Nopcsa von Felső-Szilvás beranggapan bahwa dinosaurus punah karena tumbuh secara terlalu besar sehingga mereka tidak sanggup menanggung tubuh mereka sendiri.

– Pemahaman Baron Franz Nopcsa von Felső-Szilvás juga diamini oleh banyak paleontolog pada awal 1900an yang beranggapan bahwa dinosaurus punah seiring proses evolusi yang membuat mereka semakin besar dan aneh. Meski begitu, tidak ada indikasi yang jelas jika hal tersebut memang benar adanya.

– Ahli reproduksi Sherman Silber berspekulasi bahwa dinosaurus punah karena spesies tersebut terlalu banyak yang berjenis kelamin laki-laki sehingga sangat sulit untuk mendapatkan pasangan. Meski begitu, masih belum diketahui bagaimana dinosaurus bisa memiliki terlalu banyak spesies dengan jenis kelamin laki-laki.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/fyk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *