Amukan Geng Motor Salah Sasaran Berujung Maut di Pekanbaru

Liputan6.com, Pekanbaru- Usianya boleh muda, masih 16 tahun, tetapi sepak terjang BN dalam kejahatan jalanan di Kota Pekanbaru membuat banyak orang geleng-geleng kepala. Bersama geng motor bentukannya, King of The King (KOK), remaja putus sekolah ini kerap kali terlibat kejahatan hingga percobaan pembunuhan.

Jika anggotanya disentuh, BN tak segan-segan melukai remaja lainnya dari kelompok atau geng motor lain. Terakhir kali, BN menebar teror di depan sebuah hotel, Jalan Pelabuhan Sungai Duku, yang berujung maut bagi Frangki.

Frangki mengembuskan napas terakhir setelah ditikam oleh BN. Sebelum itu, Frangki yang sudah tak berdaya dan meminta ampun dipukul pakai kayu serta benda tumpul lainnya yang sengaja dibawa BN dan komplotannya.

Ulahnya pada 17 Februari 2019 itu membuat BN menjadi penghuni baru di tahanan Mapolsek Limapuluh. Keberadaannya turut menemani lima anggotanya yang rata-rata masih di bawah umur.

“BN ini bekerja di salah satu kafe di Pekanbaru, dia sempat beberapa hari buron,” kata Kanit Reskrim Polsek Limapuluh Inspektur Satu Abdul Halim, Selasa (26/2/2019).

Halim menceritakan, kejadian bermula ketika salah seorang anggota KOK melapor telah dikeroyok sekelompok orang di hotel tersebut. Tanpa pikir panjang, BN langsung berangkat bersama belasan anggotanya ke hotel dimaksud.

Di sana, dia melihat tiga remaja duduk di depan warung, salah satunya Frangki yang justru tidak tahu apa-apa. Korban tak bisa lari karena terkepung, sementara dua temannya berhasil kabur.

Aksi BN dan komplotannya ini terekam kamera pengintai di hotel. Dari sinilah petugas Polsek dibantu Reskrim Polresta Pekanbaru mengidentifikasi wajah BN dan belasan komplotannya.

Sejauh ini baru enam pelaku ditangkap, termasuk BN. Adapun inisial lima tersangka lainnya adalah WA, RA, AA, Fs, dan Min. Rata-rata masih di bawah umur, kecuali Min yang sudah berusia 19 tahun.

“Min inilah yang mengadu telah dikeroyok tapi salah sasaran karena korban tidak tahu apa-apa. Masih ada belasan ditetapkan buron,” terang Halim.

2 dari 2 halaman

Kerap Buat Onar

Lebih jauh, Halim menjelaskan, KOK yang tak tahu kapan dibentuknya ini sudah sering berbuat onar. Polisi menyebut ada tujuh kali pengeroyokan, di mana rata-rata sasarannya selalu mengalami luka berat.

“Ada yang ditikam, dipukul pakai kayu, terakhir 17 Februari 2019, satu korban meninggal dunia,” terang Halim.

Tujuh kasus pengeroyokan ini dilakukan BN di lima lokasi berbeda di Pekanbaru. Di antaranya di Kecamatan Sukajadi, saat itu korbannya menderita luka tikaman. Berikutnya di Jalan Kapling, ada tiga orang ditikam.

“Berikutnya di wilayah Tenayan Raya, ada tiga korban dilukai,” kata Halim.

Menurut Halim, motif BN dan geng motornya ketika beraksi adalah balas dendam. Mereka selalu bergerak jika mendapat kabar ada anggotanya diganggu tanpa mengecek kebenaran informasi itu.

“Seperti kasus di depan hotel, rekannya mengadu mendapat kekerasan, lalu mereka menyerang balik, tapi salah orang,” Halim menambahkan.


Simak juga video pilihan berikut ini:

5 Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT Agar Selamat Dunia Akhirat

Liputan6.com, Jakarta Allah SWT selalu dekat dengan hamba-Nya. Bahkan ada ungkapan yang mengatakan bahwa “Allah SWT itu dekat. Bahkan jauh lebih dekat dari urat nadi kita sendiri”. Kita selalu berharap senantiasa mendapatkan kecintaan Allah

Allah memerintahkan manusia untuk selalu beribadah kepada-Nya. Perintah ini mengandung maksud bahwa ibadah merupakan sarana bagi manusia untuk bisa dekat dengan Sang Pencipta. Di zaman sekarang banyak sekarang orang yang merasa dirinya jauh dari Allah SWT.

Ada beberapa golongan yang jauh dari Allah SWT, diantaranya: orang-orang keras hati yaitu orang-orang yang suka berbicara namun jarang berzikir dan mengingat Allah SWT. Orang bakhil atau pelit yaitu orang yang enggan membagi hartanya.

Orang yang mendirikan sholat tapi masih mengerjakan perbuatan keji dan munkar dan ahli maksiat.

“Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.” Surat Ar-Ra’du ayat 28. Mudah-mudahan kita dijauhi oleh diantara golongan orang yang jauh dari Allah SWT. Ada beberapa cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut liputan6.comrangkum cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2 dari 6 halaman

1. Mendirikan Shalat

Sholat sebagai salah satu dari rukun Islam tentu merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi setiap muslim. Namun lebih dari itu sebetulnya sholat tidak hanya merupakan kewajiban tetapi juga merupakan kebutuhan bagi kaum yang beriman, karena sholat merupakan tiang agama dan merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kebahagiaan hakiki bagi setiap muslim adalah manakala ia mampu mendekatkan diri kepada Sang Khalik. Saat mana ia akan selalu merasakan begitu nikmat dan tenteram dalam menjalani hidup dan kehidupan. Salah satu cara untuk merasakan kenikmatannya adalah dengan mendirikan shalat lima waktu dan tepat waktu.

Dengan mendirikan shalat lima waktu dan tepat waktu kamu bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Jadi, jangan lupa untuk langsung kamu ke mesjid saat adzan berkumandang, tinggalkan semua urusan dunia dan dekatkan dirimu dengan Allah SWT dengan mengerjakan dan mendirikan Shalat.  

3 dari 6 halaman

2. Membaca Al-Qur’an

Cara mendekatkan diri kepada Allah yaitu dengan memperbanyak tilawah atau membaca Al-Qur’an. Amalan ini tak hanya membuat kita semakin dekat dengan sang pencipta dan mendatangkan pahala, ini juga bisa membuat kita menjadi pribadi yang semakin sabar, lapang dada, jujur dan sebagainya.

Al-Qur’an diturunkan oleh Allah untuk diamalkan dan dijadikan petunjuk jalan bagi orang-orang yang beriman serta bertawakal. Sebagian salaf mengatakan bahwa Al-Qur’an diturunkan untuk diamalkan. Dengan membaca dan mengamalkan Al-Qur’an kamu akan  termasuk orang-orang yang dicintai oleh Allah SWT.

4 dari 6 halaman

3. Selalu bersyukur

Umat muslim wajib bersyukur atas nikmat Allah SWT telah diberikan, dari nikmat harta hingga nikmat bernapas. Sebab bersyukur disebutkan sekitar 70 ayat di dalam Alquran. Dengan banyak bersyukur makan kamu termasuk orang yang mendapatkan ridho Allah SWT serta salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan bersyukur maka kamu bisa semakin dekat dengan Allah SWT. Ada beberapa cara bersyukur yang diantaranya : Bersyukur dengan hati dilakukan dengan menyadari sepenuhnya bahwa segala nikmat dan rezeki yang didapatkan semata-mata merupakan karunia dan kemurahan Allah.

Bersyukur dengan lisan dengan mengucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah). Bersyukur dengan tindakan bermakna bahwa semua nikmat yang diperoleh harus dimanfaatkan di jalan yang diridhaiNya dan merawat kenikmatan yang telah Allah berikan. Jika kamu bisa bersyukur maka allah akan menambah kenikmatan kepadanya dan Allah akan selalu dekat dengan hambanya.

5 dari 6 halaman

4. Ingat kematian dan tidak tergiur dengan dunia

Cara mendekatkan diri kepada Allah selanjutnya adalah ingat akan mati dan tidak tergiur akan dunia yang fana. Setiap makhluk hidup pasti akan mati. Sangat menakutkan jika membayangkan kematian. Karena kita sebagai manusia, masih memiliki banyak kesalahan dan dosa. Kematian pasti menghampiri makhluk hidup, namun hanya Allah SWT yang mengetahui waktunya.

Kematian sebenarnya sangat dekat, lebih dekat dari urat leher kita dan dapat secepat kilat menjemput. Oleh karena itu sebagai umat Islam sebagai hamba yang baik jangan samapi tergiur akan gemerlap dunia. Dunia hanyalah tempat singgah sementara dan anya perkara yang fana. Hamba yang baik hanya mengingat satu perkara, yaitu janji Allah akan kehidupan akhirat yang kekal adanya.

6 dari 6 halaman

5. Berzikir dan mengerjakan ibadah sunah

Agama Islam telah mewajibkan pemeluknya untuk menjalankan ritual ibadah wajib yaitu sholat, puasa, zakat, dan haji bagi yang mampu. Untuk semakin mendekat diri kepada Allah SWT juga dianjurkan untuk menunaikan ibadah sunah. Seperti Shalat Dhuha, Tahujud, Puasa sunah serta berzikir.

Zikir atau wirid sering diartikan menyebut nama Allah SWT, dan biasanya dilakukan secara rutin untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berzikir adalah menyebut nama Allah dengan membaca tasbih (Subhanallah), tahlil (Laa ilaaha ilallaah), tahmid (alhamdulillah), taqdis (qudduusun), takbir (allahu akbar), dan lain-lain.

Kata-kata Lucu Bahasa Jawa Buat Status FB, Dijamin Followers Ngakak

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara buat bikin orang lain tertawa. Bisa dengan melawak, bersenda gurau sambil menggelitiki orang tersebut, atau bisa juga dengan update status dengan menggunakan kata-kata lucu bahasa Jawa. Kenapa bahasa Jawa? Pasalnya, bahasa Jawa yang merupakan bahasa daerah ini memiliki warnanya sendiri saat diucapkan atau dibaca.

Bagi Anda yang fasih berbahasa jawa, atau setidaknya mengerti kosa katanya, menjadikan kata-kata lucu bahasa jawa memiliki nilai plus tersendiri. Bahasa ini dirasa lebih bisa menggambarkan situasi yang terjadi.

Pilihan-pilihan kata-kata lucu bahasa jawa ini juga bisa bikin yang baca ketawa. Berikut Liputan6.com, rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/1/2019) kata-kata lucu bahasa jawa yang bisa Anda jadikan referensi untuk update status di fb.

2 dari 4 halaman

Kata-kata Lucu Bahasa Jawa

1. Gincu vs Ilmu

“Sing bergincu bakal kalah karo sing berilmu.”

Menurut kutipan di atas, yang bergincu akan kalah dengan yang berilmu. Maksudnya adalah, sebaiknya Anda mencari wanita yang nggak cuma pintar pake makeup. Carilah wanita yang merias otak dan hatinya dengan ilmu yang berguna.

2. Ogah Sombong

“Sakjane aku yo isi dolan neng mall macak mbois nongkrong neng kafe, tapi aku emoh. Mengko ndak diarani akeh duite”.

Pergi ke pusat perbelanjaan dan nongkrong di kedai kopi terkemuka sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Aktivitas itu dilakukan untuk menunjukkan eksistensi, baik di dunia nyata maupun maya.

Namun, masih ada juga yang tidak terbawa arus kekinian ini. Jika kamu tipe orang yang nggak suka melakukan aktivitas itu, kamu bisa pakai kutipan tersebut untuk status fb mu.

3. Teman Jadi Cinta “Sampek kegowo turu, ngimpi ngusap pipimu. Tansah nyoto keroso konco dadi tresno.”

Hubungan cinta bisa saja datang dari pertemanan yang telah lama terjalin. Faktor kedekatan dan telah mengenal satu sama lain bisa menimbulkan percikan api asmara di antara teman.

Teman jadi cinta biasanya prosesnya berlangsung mengalir begitu saja. Bahkan tidak sedikit yang berlanjut hingga ke jenjang pernikahan.

4. Nggak Butuh GPS “Aku ra butuh peta utowo gps, nek karo koe aku wes yakin kudu neng endi”.

Kata kata lucu bahasa jawa yang juga bernuansa romantis ini juga bisa menjadi alternatif ketika menggombal dan bisa juga Anda pakai untuk ngegombal di status fb. Kutipan di atas bisa dipakai untuk meyakinkan pacarmu.

Yakinkan si dia bahwa kamu nggak butuh peta maupun GPS untuk menentukan tujuan berikutnya. Bersama dirinya, Anda hanya ingin menuju ke jenjang yang lebih serius.

5. Foto DP Kok Bareng Terus?

“DP BBM kok karo pacare terus. Opo mbiyen leh tuku hp urunan?”

Suka sebel sama temen kamu yang suka PDA (public display affection) di media sosial? Isinya pasang foto-foto mesra melulu. Kalau iya, kamu bisa menggunakan kata-kata lucu bahasa jawa ini buat status fb.

Kalau diartiin, kalimat tadi nyindir, “Kok DP-nya berduaan mulu, beli HP-nya patungan ya?”.

3 dari 4 halaman

Bahasa Jawa yang lucu untuk update status

6. Alasan Tidak Mandi

“Aku memang sengojo ora adus, ben kethok alami.”

Mandi memang sudah menjadi kewajiban. Cuma ada masa-masa di mana mandi terasa sangat berat. Bahkan lebih berat daripada mengangkat galon beserta penjualnya. Sedihnya, kalau pas malas mandi, kita sering diejek bau.

Daripada capek membalas semua ejekan itu satu per satu, mending kasih aja kata kata lucu bahasa jawa buat status fb. Yang artinya adalah, “Aku sengaja enggak mandi, biar keliatan alami.”

7. Hutang

“Yen tak sawang sorote mripatmu, ketoke kowe arep nembung utang karo aku.”

Kata kata lucu bahasa jawa ini adalah plesetan dari lirik lagu Dangdut Pantura Konco Mesra. Kalau bunyi lirik aslinya sih begini, “Kalau aku melihat sorot matamu, sepertinya kamu ada rasa (sama aku).”

Tapi sama kata-kata lucu bahasa Jawa di atas diplesetin jadi, “Kalau ku melihat sinar di matamu, sepertinya kamu mau utang sama aku.”

8. Cara Hidup Damai

“Urip kui koyo kopi asli. Nek ga iso nikmati rasane pait.”

Anda lagi ngerasa kalau hidupmu itu susah banget kayak lagi ngerjain soal tes olimpiade nuklir sedunia? Dan gara-gara itu Anda jadi kalut?

Kata-kata lucu bahasa jawa buat status fb tersebut bilang kalau hidup itu kayak kopi. Kopi asli ya, bukan yang sachet apalagi oplosan. Jadi, kita musti tahu cara menanganinya biar kita bisa merasakan nikmatnya.

9. CCTV

“Aku mbok kon ngerteni kowe terus. Rumangsamu aku CCTV po?”

Hati-hati, sikap pengertianmu pada orang lain itu bisa jadi bumerang buat diri sendiri. Terlalu banyak memaklumi, kata-kata lucu bahasa jawa ini akan menjadi nyata, yaitu kamu akan dianggap jelmaan CCTV yang kerjaanya cuma ngawasin orang melulu.

10. Buatan Tuhan

“Untung atiku iki digawe karo Gusti Allah. Nek gawean menungso wes remuk ket wingi”

Untung hatiku buatan Tuhan. Kalau buatan manusia, udah remuk dari kemarin. Begitu kira kira isi dari kata kata lucu bahasa jawa buat status fb tersebut. Suatu kalimat yang cocok banget buat mewakili perasaan jengkel.

Coba jadiin kutipan di atas sebagai status fb-mu. Yah, itung-itung sebagai sindiran halus gitu deh.

4 dari 4 halaman

Status fb pakai bahasa Jawa yang kocak

11. Ini Baru Namanya Laki! “Ojo ngaku wong lanang tenanan nek durung: mangan, turu, masak, lan ngumbahi dhewe!”

Banyak yang mengaku pria sejati karena mereka merasa mampu melakukan hal-hal ekstrem. Semisal mendaki puncak Himalaya atau renang bolak-balik di Selat Sunda. Padahal, semua itu percuma kalau kesehariannya masih diladenin sama ibu atau pasangan. 12. Nyolot Banget!

“Kowe bar mangan aspal po? Kok ngomongmu atos?”

Pernah nggak temen Anda tiba-tiba bicara nyolot sama kamu? Nggak ada badai, nggak ada petir, tau-tau bicaranya nge-gas kayak motor balap. Momen kayak gini itu nyebelin banget.

Dia marah sama orang lain, kita yang tak tahu apa-apa ini jadi sasarannya. Biar dia cepet sadar, jangan Anda kasih jampi-jampi. Mending kutip aja kata-kata lucu bahasa jawa buat status fb anda yang artinya, “Ngomongmu kok keras (nyolot), abis makan aspal, ya?”

13. Oh Tuhan

“Kula ngertos nek rejeki niku mung titipan. Tapi Gusti, mbok nek nitip kathah sekedhik.”

Berdoa sama Tuhan memang harus bersungguh-sungguh, tapi enggak musti harus serius kayak ngerjain soal ujian negara.

Misalnya pakai kata-kata lucu bahasa jawa buat status fb di atas yang bermakna, “Saya tahu kalau rejeki itu titipan. Tapi kalau nitipinnya agak banyakan dikit Tuhan.”

14. Teman Kok Gitu!

“Ngaku konco kok gur pengen nunut mulyo. Pas konco ciloko malah lungo.”

Punya teman yang hanya datang pas butuh aja? Tapi pas kamu lagi kesusahan dan butuh bantuan, dia malah pergi entah ke mana. Nah, kata kata lucu bahasa jawa buat status fb ini cocok Anda pasang.

Karena nadanya yang jenaka, moga-moga aja dia nggak marah saat membaca atau mendengar kutipan ini! Siapa tahu dia malah sadar dan mau berubah demi persahabatan kalian.

15. Jangan Kebablasan

“Guyon ki ojo kelewatan. Nek kelewatan ngko mutere kadohan.”

Kalau bercanda jangan kelewatan, soalnya kalau muter malah kejauhan. Itulah arti dari kutipan di atas.

Syafri Adnan Bantah Asusila, Pengacara: Belum Ada Putusan Pengadilan

Jakarta – Tim Panel Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menyatakan eks anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Syafri Adnan Baharuddin terbukti melakukan perbuatan maksiat. Tim Kuasa Hukum Syafri menyayangkan pernyataan DJSN.

“Kami sangat menyayangkan hal ini bisa terjadi dikarenakan sampai dengan hari ini tidak ada satu pun putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap terhadap klien Kami mengenai perbuatan tersebut,” ujar kuasa hukum Syafri, Afrian Bondjol, dalam keterangan tertulis, Minggu (24/2/2019).

Afrian membantah kliennya telah melakukan perbuatan maksiat. Sebab, hingga saat ini belum ada putusan pengadilan yang menetapkan Syafri bersalah melakukan tindakan asusila.
“Bahwa sehubungan dengan telah beredarnya berita di media massa baik cetak maupun elektronik, yang pada intinya memberitakan Klien kami telah melakukan perbuatan maksiat, bersama ini kami dengan tegas kami membantahnya,” katanya.

Afrian mengatakan, kliennya saat ini tengah mempertimbangkan untuk melakukan langkah hukum terkait hasil investigasi tersebut. Mengingat hal itu sangat merugikan harkat dan martabat kliennya.

“Saat ini Klien kami sedang mempertimbangkan untuk menggunakan haknya guna mengajukan upaya hukum baik laporan pidana maupun gugatan perdata terhadap pihak-pihak yang telah merugikan harkat dan martabat Klien kami beserta keluarganya. Kami harap semua pihak dapat menahan diri dan menghormati proses hukum yang saat ini sedang berjalan,” tutur Afrian.

Sebelumnya, Tim Panel DJSN mengeluarkan hasil penyelidikan laporan RA tentang dugaan tindakan asusila yang dilakukan oknum eks anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Syafri Adnan Baharuddin. Syafri dalam laporan itu disebut terbukti melakukan perbuatan maksiat.

“Tim panelnya secara jelas menyatakan SAB melakukan tindakan tercela dalam bentuk perbuatan maksiat dan perbuatan yang melanggar kesusilaan dan agama,” kata Koordinator Kelompok Korban Kekerasan Seksual Ade Armando.
(mae/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dibela Ibunda Soal ‘Sandiwara Uno’, Sandiaga: Memang Anak Mami

Liputan6.com, Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno menilai wajar bila sang Ibunda, Mien Uno, membela dirinya dari tuduhan miring atau sering bersandiwara saat berkampanye. Menurutnya, pembelaan tersebut sangat manusiawi.

“Bagi seorang ibu itu apapun buat anaknya dia pasti akan membela itu sudah sangat manusiawi,” kata Sandi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (13/2).

Sandi tak pernah merasa risih dengan tuduhan negatif yang selama ini di alamatkan kepadanya. Dirinya juga tak malu bila di cap ‘anak mami’.

“Enggak lah, saya urat bapernya udah putus. Enggak ada saya, enggak baper. Kalau dikatain anak mami, emang anak mami. Masa anak tetangga, anak tante kan enggak,” ucap Sandi.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu merasa sosok ibu adalah yang utama. Dia bersyukur kiprahnya selama ini berkat doa seorang ibu. Maka dari itu, dia ingin para pihak menghormati ibunya dan tak ingin dibuat sakit hati.

“Jadi kalau dibilang, kalau dituduh yang macam-macam ya saya dengan bangga bahwa saya emang anak ibu saya. Semua yang saya lakukan demi ridho ibu saya. Saya masuk politik juga meminta izin ridho dari ibu saya. Saya tidak akan mungkin menyakiti hati, perasaan ibu saya atau ibu-ibu yang lain,” tuturnya.

“Saya berjuang untuk ibu-ibu di seluruh Indonesia. Saya ingin mereka bahagia gitu. Tapi kalo mereka tercoreng hatinya karena dituduh, karena dianggap rekayasa sakit hatinya ini yang saya khawatirkan kita enggak bisa mendapatkan ridho kalo ibu-ibu kita tidak kita hargai,” tambah Sandi.

2 dari 2 halaman

Contohkan Istri Soekarno

Lebih jauh, menurutnya wajar bila ibu ikut andil dalam politik. Dia mencontohkan istri Presiden Soekarno, Fatmawati yang pernah menjahit bendera merah putih. Kemudian RA Kartini yang menginisiasi emansipasi wanita.

“Kenapa ibu-ibu enggak boleh dibawa ke politik, Ibu harus jadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses politik. Dan ibu-ibu kita ini ya ada yang terkekspose seperti ibu Mien seperti itu. Tapi banyak jutaan, mungkin puluhan juta ibu-ibu lain yang juga menyuarakan hal yang sama kalau anaknya mendapatkan ketidakadilan,” pungkas Sandiaga.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Meski Didemo Santri, Fadli Zon Tolak Minta Maaf soal Puisi

Jakarta

Waketum Gerindra Fadli Zon menolak meminta maaf atas puisi ‘Doa yang Ditukar’. Fadli Zon menegaskan puisi tidak bermaksud menyinggung KH Maimun Zubair (Mbah Moen).

“Ya, untuk apa saya melakukan sesuatu yang tidak saya lakukan,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Menurut dia, puisinya itu tak merujuk kepada Mbah Moen. Fadli meminta agar puisi ‘Doa yang Ditukar’ itu tak dipolitisasi. Fadli Zon menegaskan dia menghormati Mbah Moen.

“Saya sudah jelaskan beberapa kali bahwa puisi itu ekspresi dan nggak ada hubungannya dengan Mbah Maimoen. Saya kira bagi mereka yang memahami puisi, itu sangat jelas. Bahkan dalam puisi itu disebutkan kaum penguasa, Mbah Maimoen kan bukan penguasa,” ujarnya.

“Jadi jangan dipolitisir, jangan digoreng, maupun dipelintir. Nggak ada sama sekali, saya mengenal beliau adalah ulama yang baik, ulama yang humble, ulama yang arif,” imbuh Fadli.

Fadli Zon sebelumnya didemo Aliansi Santri Bela Kiai di Jember, Jawa Timur, Minggu (10/2). Ketua GP Ansor Jember Ayub Junaidi, aksi protes asbak itu sebagai bentuk ungkapan keprihatinan dan protes kepada Fadli Zon yang dinilai menghina kiai.

“Tidak hanya karena puisinya, sejumlah kiai selain Kiai Maimun Zubair, ada Gus Yahya Stakuf dihina, bahkan Kiai Haji Ma’ruf Amin juga dihina, selaku Rais Am PBNU pada saat itu juga dihina, jadi (aksi) ini respon dari para santri,” ujar Ayub.

Karena itu, lanjut Ayub, para santri di Jember menuntut permintaan maaf dari Fadli Zon.

“Paling lambat 2 x 24 jam, karena tidak seharusnya seorang pimpinan DPR RI bertindak tidak baik (menghina kiai atau ulama), itu melukai para santri,” tandasnya.

Atas respons Fadli Zon yang menolak meminta maaf, salah satu pengasuh ponpes di Jember menyatakan mendoakan Fadli Zon.

“Ya kita berdoa saja,” kata pengasuh Ponpes Raudatul Ulum, Sumber Wringin, Kecamatan Sukowono, Jember Moh. Nadhif Misbah, Senin (11/2).

Pria yang karib disapa Ra Nadhif ini, mengatakan seharusnya Fadli Zon jujur kepada siapa puisi itu ditujukan.

“Sebenarnya yang tahu hakikatnya kemana arah puisi itu kan Fadli Zon sendiri. Jadi ya didoakan lah agar dia lebih jujur ke mana arahnya. Kalau memang salah kan tinggal minta maaf. Kalau memang tidak salah, ya biar sama-sama menemukan jalan keluar,” ujarnya.

(fdn/fdn) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Reva Alexa Alias Yogi Baru 5 Bulan Resmi Jadi Perempuan

Jakarta – Ada hal menarik yang diungkapkan polisi tentang sosok selebgram Reva Alexa. Rupanya, Transgender bernama asli Yogi Saputra itu baru resmi jadi perempuan sekitar lima bulan yang lalu lewat proses di pengadilan.

“Yang bersangkutan dulu namanya Pak Yogi Saputra. Pada bulan Agustus 2018, berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Singkawang Kalimantan Barat, berganti jenis kelamin jadi perempuan,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono saat rilis, Kamis (7/2/2018).

Reva Alexa mengubah nama lahirnya dari Yogi Saputra menjadi Anggie Chairunnisa Azhari. Seiring dengan pengesahan itu, fisik Reva pastinya sudah merubah menjadi perempuan.

“Di KTP namanya Anggi Chairunnisa Azhari, dan jenis kelaminnya perempuan,” lanjut Argo

Reva Alexa yang ditangkap bersama teman prianya bernama Iwan Kurniawan itu diamankan di Perumahan Taman Beverly Golf, Jalan Danau Belinda No 12, Karawaci, Tangerang Kota. Saat digeledah, polisi menemukan sisa sabu habis pakai seberat 0,28 gram di dalam bungkus plastik klip yang berada di dalam sebuah kotak dan lima buah alat hisapnya.

“Tersangka IK alias IW mengkonsumsi sabu sejak 2014, dan tersangka ACA alias RA mengkonsumsi sabu sejak Juli 2018,” pungkas Argo.

Atas perbuatannya tersebut, Reva Alexa dijerat Pasal 112 ayat (1) subsider Pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana maksimal 12 tahun.
(hnh/kmb)

Pemkot Mojokerto Sembunyikan Data Penderita DBD, Kenapa?

Kota Mojokerto – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto mengeluarkan rilis jika penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) sebanyak 7 orang. Namun, data itu tidak sesuai dengan temuan di lapangan.

Dari hasil penelusuran detikcom ke sejumlah rumah sakit, jumlah pasien DBD di Kota Onde-onde mencapai 54 orang. Nampaknya Dinkes sengaja menyembunyikan data penderita Demam Berdarah Dengue (DBD).

Hari ini detikcom menelusuri data penderita DBD ke 4 rumah sakit di Mojokerto. Penelusuran pertama ke RS Kamar Medika di Jalan Empunala No 351. Sepanjang Januari 2019, rumah sakit ini merawat 51 pasien DBD.

Dari jumlah itu, 12 pasien warga Kota Mojokerto, sedangkan 39 pasien lainnya asal Kabupaten Mojokerto. Dipastikan tidak ada pasien DBD yang meninggal saat menjalani perawatan di rumah sakit ini.

“Pasien DBD di rumah sakit kami sudah kami laporkan rutin setiap harinya ke Dinas Kesehatan,” kata Staf Rekam Medik RS Kamar Medika Susilaningsih kepada detikcom di kantornya, Jumat (1/2/2019).

Detikcom juga menelusuri data penderita DBD di RS Gatoel, Jalan Raden Wijaya, Kota Mojokerto. Rumah sakit ini merawat 103 pasien DBD sepanjang Januari 2019. Terdiri dari 17 pasien warga Kota Mojokerto, 68 pasien warga Kabupaten Mojokerto, serta 18 pasien dari luar Mojokerto.

“Pasien warga Kota Mojokerto 17 orang,” ungkap Kepala Sub Divisi IGD RS Gatoel dr Rahmi Riyandini.

dr Rahmi menjelaskan, kondisi pasien yang masuk dalam kondisi masih stabil. Sehingga bisa cepat ditangani oleh petugas medis tanpa ada pasien yang meninggal dalam masa perawatan. “Sampai saat ini tidak ada yang meninggal,” terangnya.

Pasien DBD asal Kota Mojokerto justru paling banyak dirawat di RSI Sakinah, Jalan RA Basuni, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Sepanjang Januari 2019, rumah sakit ini merawat 255 pasien DBD. Dari jumlah itu, 20 pasien warga Kota Mojokerto.

“10 pasien dari Kelurahan Prajurit Kulon, Surodinawan 4, Blooto 4, Kranggan 2,” ujar Kepala Seksi Keperawatan RSI Sakinah dr Nunuk Kurniawati.

Sementara RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto sedang merawat 26 pasien DBD. Terdiri dari 5 pasien asal Kota Mojokerto, 16 pasien asal Kabupaten Mojokerto, serta 5 pasien dari luar Mojokerto.

“Pasien kota sendiri 5 orang, cenderung sedikit karena gerakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) sudah rutin,” cetus Direktur RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo dr Sugeng Mulyadi.

Dengan begitu, jumlah warga Kota Mojokerto yang terkena DBD di 4 rumah sakit tersebut sepanjang Januari 2019 mencapai 54 orang. Data itu belum termasuk pasien yang dirawat di rumah sakit dan puskesmas rawat inap lainnya di Kota Onde-onde. Seperti RS Emma, RSI Muhammadiyah Hasanah, Puskesmas Rawat Inap Kedundung dan Blooto yang belum sempat didatangi detikcom.

Dinkes Kota Mojokerto yang rutin mendapatkan laporan dari rumah sakit, disinyalir berusaha menyembunyikan data jumlah penderita DBD. Betapa tidak, Kepala Dinkes Kota Mojokerto Christiana Indah Wahyu menyebut penderita DBD di wilayahnya sepanjang Januari 2019 hanya 7 orang.

“Hanya 7 penderita DBD,” kata Kepala Dinkes Kota Mojokerto Christiana Indah Wahyu kepada wartawan, (31/1/2019) kemarin di RSUS dr Wahidin Sudiro Husodo, setelah melakukab sidak pasien DBD bersama wali kota Mojokerto.
(bdh/bdh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Korban Pelecehan Anggota Dewan Pengawas BPJS-TK Ajukan Gugatan Rp 1 Triliun

Liputan6.com, Jakarta – Korban pelecehan seksual BPJS Ketenagakerjaan, RA bersama dengan kuasa hukumnya mengajukan gugatan perdata kepada tiga dewan pengawas BPJS Ketenagakerjaan. Gugatan material sebesar Rp3,7 juta dan gugatan imaterial sebesar Rp1 triliun.

“Kami secara resmi telah mengajukan gugatan perdata mengenai perbuatan melawan hukum diatur sebagaimana diatur dalam Pasal 13/65 Pasal 52 Huruf C UU No 24 Tahun 2011 tentang BPJS. Gugatan resmi didaftarkan,” kata pengacara RA, Heribertus S Hartjodjo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).

Gugatan tersebut dilayangkan kepada mantan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan SAB, Anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Aditya Warman, dan Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Guntur Witjaksono.

Kuasa Hukum RA, Shinta Permata Sari Salim menambahkan, gugatan ini dilayangkan karena kehormatan dan harga diri kliennya sudah dirasa hancur akibat perbuatan yang dilakukan oleh para tergugat.

Sekarang ini, RA berstatus non-aktif sebagai pegawai BPJS Ketenagakerjaan.

“Untuk itu kami berharap ini untuk pemulihan nama baik klien kami atas cemoohan dan nama baik klien kami, untuk rasa traumatik seumur hidup,” tutur Shinta.

“Sudah ada SK Pemberhentian. Tapi karena publik ramai, dewas (dewan pengawas) menganulir dengan mengatakan RA masih pegawai. Nanti dalam sidang saja, bisa dibayangin dengan rasa traumatik, dibully. Hari ini resmi kami ajukan perdata,” tandas Shinta.

2 dari 3 halaman

Penyataan BPJS

Di saat yang bersamaan, BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan pernyataan resmi bahwa lembaga tersebut tidak pernah melakukan pembiaran atas kasus dugaan pelecehan seperti yang disampaikan oleh pihak RA.

“RA saat ini masih berstatus aktif sebagai staf di Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan dan telah mendapatkan izin untuk tidak masuk sampai dengan kontraknya berakhir, karena belum siap untuk kembali bekerja,” ujar Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja melalui sebuah pernyataan tertulis, Kamis (31/1/2019).

Ia menambahkan, terkait gugatan perdata yang diajukan, hal tersebut merupakan hak pribadi RA. Dewas BPJS Ketenagakerjaan akan mempelajari dan menghormati proses hukum yang sedang maupun akan berjalan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Bos Abu Tours: Jualan Es Keliling, Cuci Uang Rp 1,2 T, Dibui 20 Tahun

Makassar – Bos Abu Tours Hamzah Mamba divonis 20 tahun penjara karena terbukti melakukan penggelapan dan pencucian uang sbesar Rp 1,2 triliun. Hamzah disebut menggunakan uang jemaah ini untuk kepentingan pribadinya.

Hal ini terungkap dalam pembacaan vonis Hamzah Mamba di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Jalan RA Kartini, Makassar, Senin (28/1) kemarin.

Hakim anggota Muhammad Salim Giribasuki mengatakan sepanjang Abu Tours beroperasi, Hamzah Mamba berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 1,2 triliun. Uang ini didapatkan dari setoran jemaah dari transfer dan setoran langsung ke Abu Tours. Sayangnya, uang trilunan itu dipergunakan secara pribadi oleh Hamzah Mamba.

“Digunakan untuk gaji karyawan, fee agen atau mitra, listrik, ditransfer ke rekening Hamzah Mamba dan Nursyariah mansur dan sebagian lagi untuk pembelian tanah dan bangunan, pembelian kendaraan bermotor roda dua dan empat,” sebut Salim.

Uang jemaah ini ternyata dipergunakan untuk pembelian barang-barang mewah untuk Hamzah Mamda dan mendirikan anak-anak perusahan di bawah naungan Abu Corps.

“Pembelian lensa canon, televisi, jam tangan dan logam mulia, pembelian sepatu, tas, helm, koper, jaket dan kacamata, dan logam mulia,” ujarnya.

Uang ini juga dipakai untuk mendirikan restauran dan beberapa tabloid dan radio untuk mendukung usaha dari Abu Tours.

Sementara itu, hakim anggota lainnya Dody Hendra Sakti mengatakan selama persidangan berlangsung. Tidak ada satu pun bukti atau fakta yang dapat meringankan terdakwa dari hukumannya. Malahan, Dody menyebut keterangan mantan Pegawai Pizza ini berbelit-belit.

“Terdakwa tidak mengakui perbuatannya dan berbelit-belit” ujarnya.

Perbuatan terdakwa, kata Dody, dilakukan dengan massif dengan membuka cabang di berbagai kota untuk mencari jemaah serta membuat biaya umrah jauh di bawah harga rasional dan keuntungan Abu Tours dipergunakan untuk kepentingan pribadi.

“Terdakwa juga mengetahui bahwa perusahaan sudah rugi tapi ternyata masih membeli aset lagi,” sebutnya.

Oleh karenanya, Ketus Majelis Hakim Denny Lumban Tobing pun memutuskan Hamzah Mamba bersalah. “Menjatuhkan dengan pidana penjara 20 tahun dan denda Rp 500 juta,” kata Denny.

“Jika tidak dibayar akan diganti dengan pidana kurungan 1 tahun empat bulan penjara,” sambungnya.

Jika melihat ke belakang, usaha Abu Tours terkenal dengan penawaran paket umrah murah kepada para jemaahnya. Dia menawatkan harga promo Rp 15 juta untuk dapat berangkat umrah. Pada tahun 2017, usaha yang didirikan Hamzah Mamba mulai bermasalah.

Pihak Polisi lalu mulai menyelidiki aset-aset milik Hamzah Mamba, tak hanya di Makassar, tapi 15 Kota besar di Indonesia dijadikan Abu Hamzah sebagai tempat penyimpangan aset, baik aset bergerak maupun tidak bergerak. Kota-kota itu adalah Jakarta, Palembang, hingga Kendari. Polisi juga menyebut dana Rp 1,2 triliun milik jemaah umrah telah raib. Dari serangkaian penyitaan yang dilakukan, terkumpul nilai Rp 200 miliar dan jumlah ini jauh lebih kecil dari total kerugian jemaah.

Dari penyelidikan ini, penegak hukum lalu menetapkan Komisaris PT Abu Tours and Travel, Khairuddin, CEO PT Abu Tours, Hamzah Mamba, istri CEO Abu Tours Nursyariah Mansyur, dan mantan Manajer Keuangan Abu Tours, M. Kasim sebagai tersangka.

Polisi lantas menyita berbagai aset-aset milik Hamzah Mamba baik itu berupa kendaraan, tanah, hingga bangunan yang tersebar diberbagai daerah. Pada awal 2018, Kementerian Agama (Kemenag) melakukan audit kepada Abu Tours. Hasilnya, hingga awal 2019, sekitar 86 ribu jemaah Abu Tours belum diberangkatkan. Keuangan Abu Tours di awal tahun itu juga hampir habis dan hanya tersisa sekitar Rp 2 miliar. Angka ini disebut hanya mampu memberangkat 27 jemaah.

Pada sidang dakwaan yang dilakukan pada pertengahan 2017, Jaksa mendakwa Hamzah Mamba dengan Pasal 372 KUHP Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP subsider Pasal 378 KUHP Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Jaksa juga menambahkan dakwaan kedua, yaitu melanggar pasal 3 UU Tindak Pidana Pencucian Uang Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Pada awal Januari lalu, istri Hamzah Mamba, Nursyariah bercerita bahwa suaminya memiliki banyak usaha dan pekerjaan sebelum mendirikan Abu Tours. Pada tahun 2003, Hamzah disebut pernah bekerja sebagai pelayan di Pizza Hut Makassar.

Lalu pada tahun 2004, Hamzah membeli sebuah gerobak dan ditempatkan di sekitar Pantai Losari Makassar. Gerobak ini pun menjual makanan dan minuman untuk masysrakat. Lama kelamaan, usaha Hamzah Mamba berkembang. Pada tahun 2006, dia mencoba peruntungan dengan pindah ke Jakarta.

Di kawasan Cilandak, Hamzah berjualan es teler dan es kopi. Usahanya ini dia franchise-kan sehingga tersebar 400 gerobak di seluruh Indonesia.

“Lalu kami juga membuka rumah makan di Yogyakarta pada tahun 2001 dan semua usaha kami berjalan lancar. Akhirnya kami punya rumah di wilayah Cinere,” kata Nursyarih.

Perkenalan Hamzah Mamba dengan dunia travel umrah saat keduanya berangkat ke tanah suci pada tahun 2012. Dari sana, Hamzah ditawari temannya untuk menjadi agen perjalanan umrah. Saat itulah, kata Nursyariah, Hamzah terjun ke bisnis umrah.

(fiq/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>