Tim Panel Dugaan Pencabulan Staf Dewas BPJS TK Disetop, Ade Armando Curiga

Jakarta – Kelompok Pembela Korban Kekerasan Seksual (KPKS) mencurigai langkah Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menghentikan Tim Panel dugaan pencabulan yang dilakukan mantan anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, Syafri Adnan Baharuddin (SAB) kepada stafnya. Tim Panel itu disetop setelah SAB diberhentikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini sungguh mencurigakan. DJSN menghentikan kerja Tim Panel yang sudah hampir rampung mengumpulkan bukti dan mewawancarai para saksi dan ahli. Tim Panel sudah akan mengumumkan hasil kerja mereka tentang perilaku Syafri pada awal pekan besok, dan tiba-tiba saja DJSN menghentikannya. Saya curiga DJSN sudah terbeli atau tunduk pada kepentingan Syafri,” ujar Koordinator KPKS, Ade Armando dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/1/2019).

Meski demikian, Ade berharap tim panel yang dibentuk akhir Desember 2018 itu tetap mengumumkan temuan tentang dugaan asusila yang melibatkan SAB dengan staffnya berinisial RA.

“Mudah-mudahan Tim Panel tidak ragu untuk menuntaskan kewajibannya, karena ini menyangkut integritas sebuah lembaga yang dibiayai uang rakyat tentang perilaku seorang pejabat nesagara yang dibiayai uang rakyat,” kata Ade.

Disetopnya kerja tim panel lantaran Presiden Jokowi sudah mengeluarkan keputusan untuk memberhentikan SAB yang mengajukan permohonan pengunduran diri pada 30 Desember 2018. Menurut Ade, DJSN seharusnya tidak melakukan intervensi karena mengundurkan diri.

“Ini tentu dua hal yang berbeda. Tim panel ini dibentuk untuk menyimpulkan apakah perilaku Syafri masuk dalam kategori perilaku tidak pantas atau tidak. Tim sudah bekerja. Seharusnya DJSN tidak mengintervensi hanya karena Syafri mengundurkan diri,” kata Ade.

Proses kerja tim panel, kata Ade sudah mengumpukan beberapa bukti dari saksi-saksi. Saksi dalam penuturan Ade, menyajikan bukti chat WA SAB ke RA berupa kata-kata rayuan. Dia melanjutkan, disetopnya tim panel oleh DJSN menunjukkan ada ketidakobjektifan dan indikasi tidak ingin melindungi pekerja perempuan.

“Tapi ini bukan cerita baru. Dua tahun yang lalu sejumlah deputi di BPJS TK juga melaporkan perilaku tidak pantas oleh Syafri. Tim panel sudah dibentuk dan merekomendasikan penghentian Syafri. Tapi ternyata tidak pernah ditindaklanjuti. Bayangkan, ini semua terjadi karena terduga pelaku dibiarkan bertahun-tahun oleh sesama Dewan Pengawas BPJS TK dan kini juga dilindungi oleh DJSN yang seharusnya berpihak pada korban,” ujar Ade.

Sebelumnya, DJSN memaparkan bahwa Presiden RI melalui Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2019 tertanggal 17 Januari 2019 telah memberhentikan dengan hormat saudara SAB dengan mengacu pada Surat Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Nomor 01/DP/012019 tanggal 2 Januari 2019 dan Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan dan Penetapan Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi serta Calon Pengganti Antarwaktu Dewan Pengawas dan Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

“Dengan adanya Surat Keputusan Presiden tersebut, proses Tim Panel dihentikan dan selanjutnya DJSN akan mengusulkan pada Presiden, untuk membentuk panitia seleksi untuk pengisian jabatan anggota Dewas BPJS Ketenagakerjaan yang kosong,” kata Plt Ketua DJSN, Andi Zainal Abidin Dulung dalam keterangan tertulis.
(idn/imk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Reaksi Warganet Usai Edy Rahmayadi Mundur dari Ketum PSSI

Jakarta Edy Rahmayadi mundur dari jabatan Ketua Umum PSSI, Minggu (20/1/2019). Keputusan itu mendapatkan pujian dari warganet yang menilai Edy bersikap jantan.

Keputusan mundur itu diungkapkan Edy Rahmayadi dalam pidatonya ketika membuka Kongres Tahunan PSSI di Bali. Edy juga memohon maaf kepada semua pihak jika dalam kepemimpinannya di PSSI melakukan perbuatan atau perkataan yang tidak baik.

“Saya serahkan bendera ini (PSSI). Saya berhenti dengan sah detik ini, saya tinggalkan dan kepemimpinan ini akan dilanjutkan. Saya tidak mau ada yang mengkhianati keputusan saya ini,” kata Edy Rahmayadi.

“Saya mohon maaf sekali lagi apabila ada kata-kata saya yang tidak tepat dan apabila ada perbuatan-perbuatan yang tidak baik. Saya hanya manusia biasa yang berusaha berbuat yang terbaik,” lanjut Edy, yang juga Gubernur Sumatra Utara itu.

Seorang warganet menilai keputusan mundur Edy Rahmayadi bagus untuk sepak bola Indonesia. Akun bernama @Ridhobono berharap agar pengurus PSSI yang lainnya meniru sikap jantan Edy.

“Allahuakbar…Anda benar-benar berjiwa besar Pak Edy Rahmayadi. Ini menjadi contoh yang baik buat sepak bola Indonesia. Ini terbaik untuk sepak bola Indonesia. Semoga diikuti seluruh pengurus di bawahnya,” kicau akun @Ridhobono.

“Sikap Edy Rahmayadi patut ditiru. Berani mundur dari jabatannya. Mantap,” ucap akun @gitaprayudi.

Sementara itu, ada pula yang menyesalkan keputusan mundur Edy Rahmayadi yang membuat tongkat estafet pimpinan PSSI beralih ke Joko Driyono. Menurut Nanda Mahardiya, hal itu sama sama tak akan membawa perubahan ke tubuh PSSI.

“Edy Rahmayadi mundur dari Ketum PSSI, gantinya sementara Joko Driyono.. Yo podo wae! Sami mawon! Sama Aja! Ra Mutu!!,” ujarnya dalam akun @nandamaharditya.

Dengan mundurnya Edy Rahmayadi, tongkat kepemimpinan PSSI saat ini dipegang Joko Driyono. Seusai berpidato, Edy pun langsung meninggalkan lokasi kongres PSSI yang berada di Sofitel, Nusa Dua, Bali.

Intip Gaya Nagita Slavina Nonton Konser Blackpink

Liputan6.com, Jakarta – Grup K-Pop Blackpink, menggelar konser di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (19/1/2019). Nagita Slavina juga ikut menyaksikan konser bertajuk “Blackpink In Your Area” tersebut.

Hal ini diketahui melalui unggahan terbaru di akun Instagram asisten Nagita Slavina, Merry. Dalam videonya, Merry memperlihatkan Nagita yang tengah berada di luar venue konser.

Istri Raffi Ahmad tersebut tampil kasual dengan kaos berwarna putih. Penampilannya semakin stylish dengan jaket hitam yang dikalungkan di pinggangnya.

Namun, tak ada keterangan apa pun yang melengkapi unggahan video tersebut.

2 dari 3 halaman

Penggemar Blackpink

Nagita Slavina sendiri diketahui merupakan penggemar Blackpink. Dalam beberapa kali unggahan di Instagram, Nagita tampak asyik menyanyikan lagu-lagu Blackpink bersama adik iparnya, Syahnaz Sadiqah.

Karena itu, tampaknya Nagita Slavina tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk menyaksikan performa Jennie cs secara langsung.

3 dari 3 halaman

Konser 2 Hari

Sementara itu, Blackpink akan menggelar konser selama dua hari di Indonesia. Setelah pertunjukan hari ini, mereka akan kembali menghibur Blink, sebutan bagi penggemar Blackpink, pada Minggu (20/1/2019).

Awalnya, konser ini hanya akan digelar pada satu hari, yakni Minggu (20/1/2019). Namun karena animo penggemar yang tinggi, tanggal konser pun akhirnya ditambah.

Tak Ada Perbedaan Skema Tarif Penggunaan Palapa Ring Tengah dan Barat

Liputan6.com, Tahuna – Pemerintah akan menerapkan skema tarif penggunaan infrastruktur Palapa Ring Tengah sama dengan paket Barat. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.

“Skema tarif Palapa Ring Tengah, sama dengan paket Barat. Pemerintah juga akan memberikan diskon,” tutur Rudiantara saat ditemui di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jumat (18/1/2019).

Potongan harga ini, kata Rudiantara, untuk membantu operator menekan harga jual konektivitas internetnya. Sebab semakin murah biaya operasional, maka kemungkinan kesetaraan penerapan tarif akses internet di seluruh wilayah Indonesia bisa tercapai.

“Kami akan berikan banyak diskon agar biaya operasional operator menjadi rendah. Jika biayanya rendah, kita berharap tarifnya untuk masyarakat akan sama antara di Jawa dan luar Jawa, Barat dan Timur. Ini akan sejalan dengan tujuan Palapa Ring yaitu agar internet ada di mana-mana, dan harga jualnya tidak berbeda,” jelas pria yang akrab disapa Chief RA tersebut.

Palapa Ring merupakan proyek pembangunan jaringan serat optik, yang bertujuan menghadirkan akses internet di seluruh wilayah Indonesia.

Proyek pembangunannya diprediksi rampung pada pertengahan tahun ini, begitu Palapa Ring Timur selesai. Saat ini, pembangunan Palapa Ring Timur baru mencapai 89,57 persen.

2 dari 3 halaman

Skema Tarif Palapa Ring

Skema tarif penggunaan layanan serat optik ini diumumkan pertama kali oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) pada September 2018. Kala itu, Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kemkominfo tersebut mengumumkan skema tarif untuk Palapa Ring Barat yang telah mulai beroperasi pada tahun lalu.

Berdasarkan keterangan BAKTI, terdapat dua skema tarif yaitu penyediaan kapasitas pita lebar atau bandwidth, dan kabel serat optik pasif atau dark fibre.

Penetapan tarif penyediaan kapasitas pita lebar dilakukan berdasarkan nilai investasi, harga pasar, dan jumlah pengguna jasa. Setiap pengguna jasa ini hanya dapat menggunakan kapasitas pita lebar maksimal sebesar 10 Gbps.

Sementara tarif penyediaan kabel serat optik pasif, ditetapkan berdasarkan pertimbangan biaya per unit layanan dengan memerhatikan nilai investasi, panjang dan lokasi kabel, dan harga pasar.

3 dari 3 halaman

Operator Mulai Kepincut Palapa Ring Tengah

Pembangunan Palapa Ring Tengah telah rampung pada akhir 2018, dan mulai beroperasi pada awal tahun ini. Saat ini, dua operator telekomunikasi yakni PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan Lintasarta sudah memanfaatkan jaringan serat optik tersebut.

“Telkom dan Lintasarta sudah memanfaatkan Palapa Ring Tengah ini. Untuk Lintasarta, jaringannya dipakai untuk KPP (Kantor Pelayanan Pajak Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara),” ungkap Rudiantara.

Rudiantara optimistis semakin banyak operator telekomunikasi yang akan turut memanfaatkan Palapa Ring Tengah. “Sekarang memang masih dua operator karena memang juga masih baru. Namun, semakin lama pasti semakin banyak,” tuturnya.

Selain Telkom dan Lintasarta, sejauh ini operator lain yang dilaporkan tertarik adalah PT. Indonesia Comnet Plus (Icon+). Namun, belum diketahui tentang waktu pengoperasian layanan Icon+ menggunakan Palapa Ring Tengah.

Palapa Ring Tengah dibangun melintasi Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara, yang terdiri atas kabel darat sepanjang 1.326,22 km dan 1.787,06 km kabel laut. Proyek ini memungkinkan akses kecepatan internet 4G sampai dengan 30 Mbps.

Titik lokasi yang dilalui Palapa Ring Tengah merupakan jalur bebas gempa. Paket ini dikerjakan PT LEN Telekomunikasi Indonesia, yang memulai kontrak pada 4 Maret 2016.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Fakta-fakta Baru Nan Mengejutkan Kasus Abu Tours

Jakarta – Sejumlah fakta baru nan mengejutkan terkait kasus Abu Tours terungkap dalam persidangan. Fakta itu mengungkap latar belakang manajer keuangan Abu Tours, Muhammad Kasim, hingga istri bos Abu Tours, Nursyariah, yang memiliki emas seberat 7 kg.

Hal itu terungkap dalam sidang dugaan penipuan, penggelapan dan pencucian uang jemaah Abu Tours di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Jalan RA Kartini, Makassar, Rabu (16/1/2019). Duduk sebagai ketua majelis hakim Denny Lumban Tobing.

Berikut fakta baru yang terungkap dalam persidangan:

1. Manajer Keuangan Abu Tours Hanya Tamatan SD

Hakim Denny awalnya menayakan riwayat pendidikan Kasim dalam persidangan. Kasim menjawab bahwa dirinya hanya tamatan SD.

“Saya tamatan sekolah dasar, Pak Hakim,” kata Kasim di hadapan majelis hakim.

Kasim menuturkan dirinya sempat menjadi customer service pada 2014 sebelum diangkat menjadi manajer keuangan Abu Tours. Beberapa tahun kemudian, bos Abu Tours mengangkatnya sebagai manajer keuangan.

“Tahun 2016 saya diangkat dan mengurus keuangan dari Abu Tours,” kata dia.

Salah satu tugas utama Kasim sebagai manajer keuangan adalah mengajukan dana yang diminta oleh cabang-cabang Abu Tours untuk kegiatan operasional mereka. Dana ini diajukan kepada Hamzah Mamba. Namun, di luar dana operasional, Hamzah Mamba sendiri yang langsung berhubungan dengan orang-orang di cabang dan anak-anak perusahaan Abu Tours yang tergabung dalam Abu Corps.

Hal ini juga berlaku pada pembelian aset, seperti rumah. Kasim mengaku hanya bertugas melakukan transfer jika diminta Hamzah Mamba.

“Uang dari rekening Abu Tours ditransferkan ke rekening Hamzah Mamba,” ungkapnya.

2. Pekerjaan Pertama Bos Abu Tours Pelayan Kedai Piza

Fakta lain yang terungkap dalam persidangan tersebut adalah pekerjaan bos Abu Tours Hamzah Hamba sebagai pelayan kedai piza. Hal itu terungkap berdasarkan keterangan istri Hamba, Nursyariah, saat bersaksi di persidangan.

Nursyariah mengatakan, pada tahun 2003, Hamzah pernah bekerja sebagai pelayan piza di Makassar. Setelah itu, Hamzah membeli sebuah gerobak dan ditempatkan di sekitar Pantai Losari, Makassar. Gerobak ini pun menjual makanan dan minuman untuk masyarakat.

“Sejak dulu punya gerobak makanan dan minuman. Mertua saya juga jualan sop di Pantai Losari,” ujarnya.

Usaha Hamzah Mamba kemudian berkembang. Pada tahun 2006, dia mencoba peruntungan dengan pindah ke Jakarta. Di kawasan Cilandak, Hamzah berjualan es teler dan es kopi. Usahanya ini dia franchise-kan sehingga tersebar 400 gerobak di seluruh Indonesia.

“Lalu kami juga membuka rumah nakan di Yogyakarta pada tahun 2001 dan semua usaha kami berjalan lancar. Akhirnya kami punya rumah di wilayah Cinere,” kata Nursyariah dengan suara pelan.

Perkenalan Hamzah Mamba dengan dunia travel umrah saat keduanya berangkat ke tanah suci pada tahun 2012. Dari sana, Hamzah ditawari temannya untuk menjadi agen perjalanan umrah. Saat itulah, kata Nursyariah, Hamzah terjun ke bisnis umrah.

“2014 Baru pakai bendera sendiri. Sejak 2012 sudah berangkat dengan menggunakan travel lain,” sebutnya.

Fakta-fakta Baru Nan Mengejutkan Kasus Abu ToursFoto: Istri CEO Abu Tours, Nusyariah jadi tersangka dan ditahan (ist.)

3. Istri Bos Abu Tours Beli Emas 7 Kg

Sidang kasus dugaan penipuan, penggelapan, dan pencucian uang itu juga mengungkap fakta Nursyariah memiliki emas seberat 7 kg. Awalnya hakim Denny bertanya soal adanya trasnfer uang dari rekening Abu Tours ke pegadaian terkait angsuran emas.

“Itu ada transfer pembayaran untuk emas. Emas itu punya siapa?” tanya Denny kepada Nursyariah.

Nursyariah lalu menerangkan bahwa emas miliknya memang digadaikan oleh suaminya Hamzah untuk membantu keuangan Abu Tours. Oleh karennya, perusahaan Abu Tours yang membayarkan cicilan emas tersebut. Merasa janggal atas pernyataan itu, Denny kembali mencecar soal dari mana dia mendapatkan uang membeli emas tersebut.

“Tapi kan dari mana kamu mendapatkan uang untuk membeli emas yang jumlahnya banyak itu?” tanya Denny lagi.

“Saya beli emas-emas itu dari usaha saya sebelumnya Pak. Emas saya dua kg sudah ada sebelum Abu Tours,” jawab Nursyariah yang mengenakan rompi tahanan ini.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nanang menyebutkan beberapa transferan uang kepada Pegadaian untuk membayarkan cicilan emas. Dari sana lah terungkap bahwa jumlah emas miliknya sangatlah banyak.

“Ada beberapa kali transferan uang dan nilai emasnya mencapai sekitar 7 kg apakah benar?” tanya Nanang.

“Iya benar (emas saya), tetapi saya dapat dari sejak lama,” kata Nursyariah dengan tegas.
(knv/mae)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Membongkar Pabrik Miras Oplosan di Pekanbaru

Liputan6.com, Pekanbaru – Enam pria yang tinggal di rumah nomor 4, Jalan Bunga Raya, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kota Pekanbaru, ditangkap polisi karena memproduksi ratusan minuman keras (miras) oplosan tiap harinya. Aksi ini sudah dilakukan tiga bulan belakangan dengan omzet per bulannya Rp 1 miliar.

Kapolresta Pekanbaru Komisaris Besar Susanto menyebutkan, gerak-gerik pembuat miras oplosan ini sudah diintai tiga pekan. Kini polisi tengah mencari pemodal home industry miras oplosan itu bekersama dengan Polda Riau.

“Pengembangan melibatkan Direktorat Reserse Narkoba dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus,” kata pria dipanggil Santo ini di rumah tersebut, Senin (14/1/2019).

Para tersangka berinisial AS, Mu, Ta, Se dan Ra. Sementara pria insial Ma ditangkap di sebuah rumah di Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, karena diduga sebagai penampung serta penyedia botol dan tutupnya.

Dalam kasus ini, polisi menyita 14.659 botol miras oplosan berbagai merek, 29.361 botol kosong, 83.325 karton, 68.500 logo serta label berbagai merek miras, perasa jeruk, perasa anggur, sebuah drum berisi alkohol 94 persen dan beberapa selang.

“Juga disita pewarna pakaian sebagai bahan, ini sangat berbahaya jika dikonsumi. Oleh karena itu dihimbau masyarakat agar tidak mengkonsumsi miras karena membahayakan,” himbau Santo.

Santo menerangkan, gerak-gerik tersangka sudah diintai sejak tiga pekan lalu oleh Polsek Lima Puluh dan Polsek Bukitraya. Rumah di jalan tersebut jika dilihat dari luar seperti tak berpenghuni karena pagarnya serta pintunya selalu ditutup.

Masyarakat sekitar juga tidak mengetahui aktivitas pelaku yang mengontrak rumah itu untuk delapan bulan ke depan. Tak ayal, pemuka masyarakat dan pihak RT kaget dengan aksi pelaku di sana.

“Tahunya ketika anggota masuk ke rumah menggrebek, beberapa masyarakat dibawa untuk menyaksikan penyitaan,” terang Santo.

2 dari 2 halaman

Punya Peran Masing-masing

Untuk memproduksi puluhan ribu miras per bulan, para tersangka punya peran masing-masing. Ada sebagai peracik, pemesan botol serta perangkatnya, ada sebagai pengemas dan ada pula memasarkannya.

Setiap hari, dari rumah itu diproduksi 200 miras. Sasaran distribusinya adalah Kota Pekanbaru, Jambi, Kabupaten Pelalawan, Kota Dumai dan sebagian provinsi tetangga.

“Sumatera tengah pemasarannya. Omsetnya per bulan Rp 1 miliar, itu diluar harga miras asli. Misalnya yang asli Rp 80 ribu per botol, mereka jual Rp 25 ribu,” terang Santo.

Cara kerjanya, terang Santo, seorang tersangka mengalirkan air dari keran ke selang lalu diarahkan ke beberapa drum. Selanjutnya dicampur dengan cairan alkohol, pewarna pakaian, serta cairan perasa sesuai dengan merek miras yang diinginkan.

“Setelah bercampur, lalu dimasukkan ke sebuah wadah untuk disalin ke botol. Berikutnya dikasih label di botol dan merek di botol,” kata Santo.

Untuk penyedia botol dan tutupnya, Santo menyebut berasal dari Jakarta. Pihaknya kini tengah memburu penyedia bekerjasama dengan Polda Riau, termasuk mencari pemodal.

“Pemodalnya sudah dikantongi identitasnya, perkembangan akan diberitahukan nanti,” ucap Santo.

Kepada petugas, para tersangka mengaku belajar otodidak. Mereka berada di Pekanbaru sudah tiga bulan dan masih ada hubungannya dengan pelaku home industry miras yang ditangkap tahun lalu.

“Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Pangan,” tegas Santo.

Pemuka masyarakat setempat, Zainal Abidin, menyebut rumah itu milik seorang perempuan yang tidak tinggal di sana. Para tersangka sempat melapor ke RT dan menyebut bekerja sebagai pedagang di Pasar Pusat Kota Pekanbaru.

“Ada KTP sewaktu melapor, ada yang dari Jawa Barat. Selama mengontrak memang rumah selalu sepi, seperti tak ada aktivitas di dalamnya,” ucap Zainal.

Konspirasi Adalah Suatu Rencana dan Contoh Kasusnya yang Menghebohkan Dunia

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang saat mendengar atau melihat kata konspirasi, yang terlintas pertama kali adalah terkait dengan sebuah teori atau biasa yang disebut dengan teori konspirasi. Namun, terlepas dari kata-kata teori, sebenarnya apa maksud dari konspirasi itu sendri?

Dari beberapa sumber yang berhasil dirangkum, artikel ini akan membahas pengertian dari konspirasi dan kemunculannya sebagai sebuah teori yang menghebohkan publik. Berikut penjelasannya.

2 dari 5 halaman

Pengertian Konspirasi Dari Berbagai Sumber

Menurut Kamus Besar Bahasa Indoensia atau KBBI, kata konspirasi adalah persekongkolan atau komplotan. Konspirasi adalah persekongkolan sekelompok orang dalam merencanakan sebuah kejahatan yang dilakukan dengan rapi dan sangat dirahasiakan. Pelaku konspirasi disebut dengan konspirator.

“konspirasi/kon·spi·ra·si/ n komplotan; persekongkolan”

Konspirasi dikerjakan secara mulus dan rapi sehingga orang tidak mengetahuinya sedikit pun. Hal ini yang membuat sulit untuk membuktikan konspirasi. Orang-orang mungkin hanya mampu menebak dan menduga-duga saja apa yang akan terjadi selanjutnya. Oleh karena itu, munculah teori konspirasi.

Menurut kamus Oxford atau oxford Dictionary, pengertian konspirasi adalah suatu rencana yang sifatnya rahasia yang dilakukan oleh sekelompok orang tertentu dengan tujuan illegal atau merugikan pihak-pihak tertentu.

“conspiracy (noun): A secret plan by a group to do something unlawful or harmful.”

Jadi, pengertian konspirasi adalah tindakan yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (pada umumnya peristiwa politik, sosial, tragedi kemanusiaan serta sejarah) adalah suatu rahasia, dan seringkali memperdayai/mengaburkan dari fakta, direncanakan dan dilaksanakan secara diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa dan berpengaruh.

3 dari 5 halaman

Jenis Konspirasi

Dalam konspirasi terdapat empat jenis konspirasi, antara lain:

1. Conspiracy (civil) yaitu sebuah perjanjian yang dilakukan orang untuk menipu, menyesatkan atau menipu orang lain dari hak-hak hokum mereka atau untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

2. Conspiracy (criminal) yaitu perjanjian antara orang-orang untuk melanggar hokum di masa depan.

3. Conspiracy (political) yaitu kesepakatan antara orang-orang dengan tujuan mendapatkan kekuatan politik atau memenuhi tujuan politik.

4. Hub-and-spoke conspiracy yaitu sebuah konspirasi di mana terdapat satu atau lebih konspirator utama yang melakukan perjanjian serupa dengan orang lain yang keberhasilannya tergantung dari orang-orang yang ia ajak dalam perjanjian.

4 dari 5 halaman

Tujuan dari Dibentuknya Konspirasi

Tujuan dari konspirasi dibentuk tidak selalu sama. Tergantung dari kelompok–kelompok yang memiliki kepentingan yang ingin dicapai. Secara umum konspirasi dilakukan untuk menyalahkan suatu pihak atau untuk membuat suatu alasan.

Konspirasi adalah keadaan yang bisa terjadi mulai dari tingkatan paling bawah seperti lingkungan desa sampai pada tingkatan yang lebih tinggi negara, kawasan regional dan dunia. Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa konspirasi adalah bentuk persekongkolan yang tersusun secara rapi dan tersembunyi sehingga sulit untuk mencari kebenarannya sebagai sebuah bukti. Orang-orang hanya akan sanggup menebak apa yang terjadi sebingga muncullah istilah teori konspirasi.

5 dari 5 halaman

Kemunculan Konspirasi Sebagai Teori Yang Menghebohkan Masyarakat Dunia

Conspiracy Theory atau teori konspirasi adalah teori yang berusaha menjelaskan rencana-rencana atau fakta kejahatan yang sebenarnya terjadi dibalik peristiwa. Terkadang, teori konspirasi dengan mudah dibantah dan dianggap sebagai paranoia. Memang benar, sebagian besar teori konspirasi dianggap sebagai angin lewat biasa.

Acuan Oxford English Dictionary menyebutkan teori konspirasi sebagai “suatu terori bahwa kejadian atau gejala timbul sebagai hasil konspirasi antara pihak-phak yang berkepentingan, khususnya adanya suatu badan (biasanya bermotivasi politis dengan tujuan memberangus) yang bertanggungjawab atas kejadian yang tak terjelaskan.”

Beberapa teori konspirasi berhasil menghebohkan masyarakat dunia dengan benar terjadi namun beberapa teori konspirasi adalah omong kosong dan dianggap angin lalu. Contoh dari teori konspirasi yang benar terjadi hingga popular sepanjang masa, antara lain:

Pembunuhan John F. Kennedy yang meninggal akibat tembakan keempat yang berasal dari semak belukar.

Pendaratan manusia di bulan yang sebagain tidak percaya dan itu semua hanya rekayasa NASA

Bumi itu datar yang muncul awal abad 19 dan popular kembali pada tahun 2004

Serangan teroris 9/11 di Amerika Serikat yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat sendiri

Kematian Putri Diana yang sengaja diatur oleh Istana untuk menyelamatkan muka keluarga Kerajaan Inggris

Karya William Shakespeare yang dtulis oleh sahabatnya, bukan dirinya sendiri

Kematian Marilyn Monroe yang bukan akibat dari overdosis obat tidur melainkan dibunuh oleh pihak keluarga Kennedy untuk merahasiakan perselingkuhannya dengan John dan Bobby Kennedy

Michael Jackson dan Elvis palsukan kematian

Kurt Cobain Bunuh diri

Kebanyakan teori konspirasi cepat dibantah, tapi ada yang terus menyebar. Hadirnya internet dan jejaring sosial justru membuat orang lebih mudah menyebarkan teori konspirasi dan mengembangkan kelompok pengikut.Kecenderungannya adalah bahwa orang percaya saja apa yang dibaca di internet dan tidak menyempatkan diri meneliti dan menemukan kebenaran. Hal demikian semakin sering terjadi dan tentunya akan menyelewengkan kebenaran, .

Reporter: Loudia Mahartika

Hidup Mewah, CEO Abu Tours Mengaku Digaji Rp 54 Juta/Bulan

Makassar – Bos Abu Tours Hamzah Mamba mengaku mengambil keuntungan 7 persen dari setiap penjualan paket umrah miliknya. Setiap bulannya dia juga mendapat gaji sebesar Rp 54 juta sebagai CEO Abu Tours.

Hal ini terungkap pada persidangan Abu Tours di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Jalan RA Kartini, Makassar, Senin (14/1/2019). Agenda sidang kali ini mendengarkan keterangan terdakwa Hamzah Mamba.

Pada sidang ini, Hamzah bercerita dirinya membangun Abu Tours sejak tahun 2012. Awalnya Hamzah bekerja sebagai agen umrah dan membuka usaha bisnis kopi pada tahun 2009 dan kemudian memahami berbisnis travel umrah.
Dihadapan sidang yang ketua majelis hakim, Danny Lumban Tobing ini, Hamzah mengaku mendapatkan jemaah sebanyak 1.891 orang di tahun 2012.

“Setiap bulan saya dapat 7 persen dari total jemaah yang mendaftar dari Abu Tours,” kata Hamzah.

Hingga tahun 2017, Hamzah berhasil mengumpulkan jemaah sebanyak kurang lebih 52 ribu orang dengan rata-rata harga antara Rp 15 juta untuk promo dan Rp 20 juta untuk reguler.

“Tahun 2017 keuntungan saya sekitar Rp 7 miliar per bulan. Namun ini dikurangkan dengan gaji karyawan saya,” ungkapnya.

Hamzah mengajui dengan paket promo murah yang dijualkannya, dia harus memberikan banyak subsidi. Pada tahun 2016, Hamzah harus mengeluarkan dana sebesar Rp 400 miliar.

“Ini terjadi karena berubahnya kurs mata uang dan terjadi perang harga daripada agen travel sehingga saya harus mempertahankan harga,” ungkapnya.

“Jadi kerugiaan saya dari tahun 2016 hingga 2017 mencapai Rp 1 triliun,” tambahnya.

Hal inilah yang dianggap oleh Hamzah Mmaba sebagai salah satu penyebab mulai rontoknya perusahaan miliknya. Selain itu, keluarnya putusan Kementerian Agama (Kemenag) soal pencabutan izin Abu Tours membuat Hamzah kesulitan mencari dana segar.

Pada persidangan ini, Ketua Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nanang memberikan bukti baru dihadapan hakim bahwa gaji yang diterima Hamzah Mamba sebesar Rp 54 juta per bulan dan istrinya Nursyariah mendapatkan gaji sebesar Rp 32 juta per bulannya.

Dengan gaji di atas, ia bisa bergaya hidup mewah. Dari touring motor besar di Eropa, membangun rumah miliaran rupiah hingga mengembangkan bisnis ke segala sektor.

(fiq/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dewas BPJS TK Sudah Tahu Hubungan Khusus SAB dan RA

Jakarta – Kasus dugaan pemerkosaan yang melibatkan mantan anggota Dewan BPJS Ketenagakerjaan (TK) Syafri Adnan Baharuddin (SAB) disesalkan oleh Dewas BPJS TK sendiri. Meski tak mengiyakan ada pemerkosaan, Dewas tahu bahwa SAB dan pelapor dengan inisial RA memiliki hubungan khusus.

Kasus ini pertama kali mencuat saat RA menggelar konferensi pers pada Desember 2018. Belakangan rupanya Dewas BPJS TK telah mengetahui dan mendapatkan konfirmasi mengenai hubungan khusus antara SAB dan RA sejak pengaduan pertama kali yakni pada 28 November 2018.

“Pas saya di rumah, saya mendapatkan WA dari SAB. WA itu menyatakan… SAB bahwa menyatakan langsung merujuk pada postingan-postingan tersebut, SAB mengakui terjebak dalam hubungan khusus,” kata Ketua Dewan Pengawas (Dewas) BPJS Ketenagakerjaan Guntur Witjaksono dalam jumpa pers, Jumat (11/1/2019).

Sebelum mendapat WhatsApp dari SAB, Guntur menyatakan didatangi RA dan mengadukan adanya kekerasan yang diterimanya dari SAB pada 28 November 2018.

“Pada saat kejadian tanggal 28 November, dia ke saya, dan saya akan rapat dengan waktu yang sangat singkat, dengan menangis menyatakan dirinya dimarahi dengan keras oleh SAB sampai mau dilempar gelas dan sebagainya,” tutur Guntur.

Guntur menyatakan dalam rapat Dewan Pengawas, SAB kembali mengakui ada hubungan khusus dengan RA. Bahkan SAB juga menyampaikan permintaan maafnya kepada para Dewas.

“Kemudian kita rapat Dewas lagi tanggal 30, SAB sudah datang (dari Singapura), pada saat itu kita klarifikasi ke SAB, ada kejadian demikian, dan memang diakui seperti dalam WA ada hubungan khusus dan minta maaf kepada kami-kami semua. Sudah, seperti ini saya pikir memang betul-betul terjadi,” tutur Guntur.

Pihak RA Bantah Soal SAB ‘Terjebak’

Ketua Kelompok Pembela Korban Kejahatan Seks (KPKS) Ade Armando heran dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa SAB yang disebut mengaku terjebak hubungan khusus dengan asisten pribadinya, RA. Ade menyebut pernyataan itu tak masuk akal.

“Coba saja kita baca chat-chat WA SAB ke RA, sangat jelas di sana bahwa SAB bukanlah pihak yang terjebak melainkan terus berusaha mendesak RA untuk membangun hubungan khusus,” kata Ade, Jumat (11/1).

Dalam jumpa pers 28 Desember 2018, RA sempat menyampaikan bahwa Dewas BPJS TK malah membela SAB ketika dia melaporkan apa yang terjadi.

“Ternyata Dewan Pengawas justru membela perilaku bejat itu. Hasil rapat Dewan Pengawas pada 4 Desember justru memutuskan untuk mengeluarkan perjanjian bersama yang isinya mem-PHK saya sejak akhir Desember 2018. Saya menolak menandatangani itu,” tutur RA, Jumat (28/12/2018).

Kasus dugaan pemerkosaan oleh SAB ini bergulir di kepolisian atas laporan RA. Sebaliknya, SAB juga telah melaporkan balik RA karena dianggap telah mencemarkan nama baik.

Syafri Membantah Memperkosa

Syafri telah menyampaikan bantahannya melakukan pemerkosaan. Bahkan Syafri telah melaporkan balik stafnya ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik.

“Berbagai tuduhan yang ditujukan kepada saya tidak benar adanya dan bahkan merupakan fitnah yang keji,” kata Syafri di kesempatan yang sama.

Syafri juga menyatakan sendiri mengundurkan diri agar bisa fokus ke penanganan masalah yang dialaminya.

“Agar saya dapat fokus dalam rangka menegakkan keadilan melalui jalur hukum. Saat ini juga surat kepada Presiden RI sedang diupayakan sampai. Kepada Ibu Menteri Keuangan, Bapak Menteri Tenaga Kerja, kepada Ketua Dewan Jaminan Nasional, kepada Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, kepada Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan,” kata SAB, Minggu (30/12).
(rna/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ade Armando: SAB Tak Terjebak, Dia Paksa Hubungan Khusus dengan RA

Jakarta – Kelompok Pembela Korban Kejahatan Seks (KPKS) heran dengan pernyataan yang menyebutkan bahwa anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Syafri Adnan Baharuddin (SAB) yang disebut mengaku terjebak hubungan khusus dengan asisten pribadinya, RA. Koordinator KPKS Ade Armando menyebut pernyataan itu tak masuk akal.

“Coba saja kita baca chat-chat WA SAB ke RA, sangat jelas di sana bahwa SAB bukanlah pihak yang terjebak melainkan terus berusaha mendesak RA untuk membangun hubungan khusus,” kata Ade Armando kepada wartawan, Jumat (11/1/2019).

Adalah Ketua Dewas BPJS TK, Guntur Witjaksono yang menyebut SAB mengaku terjebak hubungan khusus dengan RA. Menurut Ade, pernyataan Guntur amat tak masuk akal.
Bagi Ade, SAB merupakan orang yang berkuasa atas RA karena menjadi atasan langsung RA. Dia heran bagaimana bisa SAB terjebak oleh RA.

“SAB adalah seorang pria 59 tahun yang sangat dominan, sangat ditakuti di Dewas BPJS TK dan sangat menentukan nasib pekerjaan RA. Lalu bagaimana caranya RA menjebak SAB?” kata Ade.

“Sementara itu, kalau kita membaca chat-chat WA SAB kepada RA, kita akan menemukan berbagai bentuk rayuan global, desakan untuk menikah, ataupun ucapan-ucapan mesum dari SAB kepada RA,” ujar Ade.

Ade berharap Dewas BPJS TK tidak begitu saja percaya pada penjelasan SAB yang menurutnya mengada-ada. Meski demikian, Ade senang bahwa SAB mengakui ada hubungan khusus dengan RA.

“Dewas BPJS TK seharusnya mempelajari secara serius apa yang sesungguhnya terjadi di lingkungan kerja mereka. Dewas BPJS TK turut bersalah bila mengabaikan dan membiarkan terjadinya kejahatan seksual di sana. Paling tidak dia (SAB) sudah mengakui bahwa dia sudah melakukan perilaku tidak patut sebagai pejabat negara dengan bawahannya sehingga layak diberhentikan dari Dewas BPJS TK. Berikutnya, baru perlu dibuktikan bahwa hubungan itu terjadi akibat pemaksaan,” jelas Ade.

Syafri Adnan Bantah Tuduhan Stafnya

Syafri telah menyampaikan bantahannya melakukan pemerkosaan. Bahkan Syafri telah melaporkan balik stafnya ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik.

“Berbagai tuduhan yang ditujukan kepada saya tidak benar adanya dan bahkan merupakan fitnah yang keji,” kata Syafri di kesempatan yang sama.

Syafri juga menyatakan sendiri mengundurkan diri agar bisa fokus ke penanganan masalah yang dialaminya.

“Agar saya dapat fokus dalam rangka menegakkan keadilan melalui jalur hukum. Saat ini juga surat kepada Presiden RI sedang diupayakan sampai. Kepada Ibu Menteri Keuangan, Bapak Menteri Tenaga Kerja, kepada Ketua Dewan Jaminan Nasional, kepada Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, kepada Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan,” kata SAB, Minggu (30/12).
(gbr/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>