Tak Cukup Bukti, Laporan Baiq Nuril soal Dugaan Cabul Eks Kepsek Disetop

Mataram – Polisi menghentikan penanganan laporan Baiq Nuril Maknun atas eks Kepala SMAN 7 Mataram, H Muslim atas dugaan cabul.

“Benar, hasil gelar tadi yang dipimpin Direskrimum,” kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Komang Suartana saat dimintai konfirmasi, Kamis (17/1/2019).

“Hasil gelar perkara khusus, tidak cukup bukti untuk dinaikkan ke tingkat penyidikan,” imbuhnya.

Penghentian penanganan laporan ini juga disampaikan pengacara Baiq Nuril, Yan Mangandar Putra. Yan menyebut laporan tidak diteruskan karena dinilai tidak memenuhi syarat naik ke tahap penyidikan.

Menurut Yan, gelar perkara di polisi dihadiri ahli pidana, ahli bahasa, tim pengacara dan jajaran Polda NTB. Yan menyebut laporan tidak ditindaklanjuti ke penyidikan karena pembicaraan M bukan perbuatan cabul sebagaimana Pasal 294 ayat 2 butir satu KUHP.

“Karena dalam pasal tersebut menurut mereka tadi itu kan perbuatan cabul yang secara fisik, bukan verbal. Bahkan cabul secara verbal itu kan tidak dikenal dengan pasal 294,” tutur Yan.

Baiq Nuril melaporkan H Muslim karena diduga telah melakukan tindak pidana pencabulan terhadapnya. Dalam persidangan di PN Mataram, terungkap pembicaraan Muslim dengan Baiq Nuril via telepon. Eks atasan Baiq Nuril itu, kerap menceritakan hubungan badannya dengan wanita lain yang bukan istrinya.

Merasa dilecehkan, Baiq Nuril pun merekam percakapan itu lewat ponsel miliknya. Kasus itu berlangsung pada 2012 saat Baiq Nuril masih menjadi staf honorer di SMAN 7 Mataram. Sedangkan Muslim kala itu masih menjabat kepala sekolah.
(fdn/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dalam 6 Bulan, SMF Telah Salurkan Rp 948 Miliar untuk KPR FLPP

Liputan6.com, Jakarta – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero), atau SMF kembali melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Operasional (PKO) dengan Bank Penyalur KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Ini dilakukan untuk mewujudukan ketersediaan rumah yang layak dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengungkapkan, penandatanganan ini merupakan kerjasama lanjutan setelah PKO sebelumnya yang ditandatangani bersama, PPDPP, SMF dan Bank Pelaksana, pada 14 Agustus 2018 lalu. Rencananya komitmen bersama ini akan ditegaskan ulang setiap tahun.

Ananta menyampaikan, sejak Agustus 2018 hingga saat ini, SMF telah berhasil merealisasikan penyaluran dana KPR FLPP kepada 28.932 debitur. Adapun total penyaluran dana mencapai Rp 948 miliar, melalui 10 bank penyalur KPR FLPP yang merupakan bagian dari realisasi program FLPP 2018 sebesar Rp 5,896 triliun.

“Realisasi penyaluran KPR FLPP tersebut merupakan komitmen SMF dalam Program Penurunan Beban Fiskal direalisasikan melalui pemberian dukungan kepada Pemerintah lewat program KPR FLPP, yang berkoordinasi dengan BLU PPDPP, Kementerian PUPR,” ujarnya dalam penandatangan perjanjian kerjasama, di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Ananta mengaku yakin dengan adanya sinergi yang kuat, program sejuta rumah dapat tercapai dan memberikan kontribusi luar biasa bagi perekonomian Indonesia, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan rumah.

Dukungan dari SMF, kata Ananta, juga memberikan dampak positif bagi pertumbuhan penyaluran KPR FLPP dalam ketersediaan likuiditas bagi penyaluran KPR FLPP. Sehingga semakin banyak masyarakat berpenghasilan rendah yang memperoleh fasilitas KPR FLPP di samping adanya penyerapan tenaga kerja dari pembangunan rumah yang berujung pada terciptanya multiplier effect.

2 dari 3 halaman

Kurangi Beban Fiskal

Ananta mengatakan, adanya Surat Menteri Keuangan, No. S-163/MK.6/2018 tanggal 12 April 2018, perihal penurunan beban fiskal dalam KPR program FLPP dan SSB, dan Keputusan Menteri PUPR No 463/KPTS/M/2018, tentang proporsi pendanaan kredit atau pembiayaan pemilikan dan perumahan rakyat, menjadi dasar bagi SMF sebagai Special Mission Vehicle (SMV) menjalankan fungsi sebagai fiscal tools pemerintah dalam penyediaan dana jangka menengah panjang guna merealisasikan penurunan beban fiskal pemerintah.

Adapun dalam program penyaluran KPR FLPP ini, SMF memiliki peran dalam mengurangi beban fiskal pemerintah dengan membiayai porsi 25 persen pendanaan KPR FLPP. Sehingga pemerintah hanya menyediakan 75 persen dari total pendanaan FLPP dari semula yang sebesar 90 persen.


Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Debat Perdana Pilpres 2019, Ini Enam Babak yang Perlu Anda Tahu

Jakarta

Debat pertama dari lima debat presidensial akan digelar Kamis (17/01) malam dan materinya meliputi isu penegakan hukum, korupsi, HAM dan terorisme.

Agar masyarakat bisa fokus menyimak tayangan debat pertama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membaginya menjadi enam babak dalam waktu hampir 90 menit, dan setiap babak memiliki karakteristik masing masing.

Digelar di Hotel Bhidakara, Jakarta, debat pertama dua calon presiden dan calon wakil presiden akan memaparkan visi dan misinya tentang isu penegakan hukum, korupsi, HAM dan terorisme.

Debat akan dipandu oleh dua moderator, Ira Koesno, matan penyiar berita Liputan 6, dan Imam Priyono, Jurnalis senior TVRI dan disiarkan di empat lembaga penyiaran, yakni Kompas TV, TVRI, RTV, dan RRI.

Babak 1

Pada 23 menit dan 15 detik pertama, pasangan pasangan capres cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan memaparkan visi misi mereka di depan publik mengenai HAM, korupsi, dan terorisme.

Masing-masing kubu hanya memiliki waktu selama 12 menit untuk memaparkan visi misinya. Dari waktu yang singkat itu, strategi komunikasi publik dalam debat dirumuskan oleh tim persiapan debat.

Kubu Jokowi-Maaruf memiliki tim persiapan debat yaitu, Mahfud Md, Yusril Ihzha Mahendra, Aria Bima, Rizal Mallaranggeng, Tina Talisa, Putra Nababan, dan Meutya Hafid.

Sementara kubu Prabowo-Sandi memiliki tim persiapan debat yang terdiri dari, Susilo Bambang Yudhoyono, Amien Rais, Priyo Budi Santoso, Sudirman Said, dan Ferry Mursyidan Baldan.

Babak 2 dan 3

Kedua kubu akan disediakan waktu selama 31 menit dalam debat dengan metode pertanyaan terbuka.

Moderator akan melontarkan pertanyaan sesuai kisi-kisi yang telah diberikan kepada kedua paslon. Masing-masing akan diberikan satu pertanyaan dari setiap tema yang dibahas.

Ketua KPU, Arief Budiman awal Januari sempat mengutarakan kepada BBC bahwa ada tiga segmen pertanyaan oleh moderator.

“Berarti nanti ada tiga pertanyaan untuk paslon 01 dan ada tiga pertanyaan untuk paslon 02, tapi tiga pertanyaan yang mana (spesifik untuk paslon) kan mereka tidak tahu,” kata Arief.

kpu
Ketua KPU Arief Budiman menyatakan bahwa penyelenggaraan debat capres-cawapres kali ini banyak didasarkan pada kesepakatan dengan kedua timses pasangan capres-cawapres. (BBC)

Sebelumnya sempat ramai pemberitaan tentang kisi-kisi pertanyaan terhadap paslon, namun menurut KPU kedua kubu sudah menyepakatinya. Kisi-kisi pertanyaan sudah dikirim sepekan sebelum acara berlangsung.

Babak 4, 5, dan 6

Debat pada dua segmen ini akan berlangsung dengan pertanyaan tertutup, kedua paslon hanya memiliki waktu 26 menit.

Bagian ini dianggap paling seru, karena antar kandidat diberikan kesempatan untuk saling bertanya dan menjawab.

Sementara pada babak 6, atau bagian akhir akan ada pernyataan penutup bagi masing-masing paslon dengan alokasi waktu 6 menit, atau total durasi 11 menit 30 detik.

Aturan Agar Tidak Ricuh

Dalam segmen 4 dan 5 masing-masing kandidat diberikan kesempatan untuk saling bertanya, dan KPU mengimbau agar pertanyaan yang diberikan tidak spesifik kepada satu contoh kasus tertentu.

Masing-masing kandidat juga diminta untuk fokus kepada penggalian visi dan misi, gagasan, dan pengetahuan, agar publik tidak dibuat bingung.

KPU mengungkapkan tidak ada hukuman jika melanggar imbauan itu, namun masing-masing kubu telah sepakat untuk tidak saling melempar pertanyaan yang terlalu spesifik.

Debat Pilpres yang diselenggarakan di Hotel Bhidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, hanya mengundang 500 orang. Para tamu undangan bisa masuk ke arena debat.

Masing-masing paslon mendapatkan jatah 100 undangan, dan sisanya, yakni 300 undangan merupakan undangan KPU, yang terdiri dari tokoh publik, peneliti, budayawan, aktivis, hingga mahasiswa.

Dalam debat pilpres ini, KPU juga mengundang KPU juga mengundang Presiden RI ke-3 B. J. Habibie, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Termasuk, seluruh mantan wakil presiden RI.

Massa pendukung di luar tamu undangan tidak diizinkan masuk ke arena debat. Mereka bisa berkumpul di dua lokasi terpisah di luar arena debat yang telah disediakan KPU.

Terdapat dua layar besar di ruangan tersebut agar para pendukung masing-masing kandidat tidak ketinggalan jalannya debat.

Selama jalannya debat Pilpres, terdapat 2,000 aparat kepolisian yang melakukan penjagaan.

KPU juga meminta agar para tamu undangan tidak membawa alat peraga kampanye selama debat berlangsung.

Para tamu juga diminta agar tidak mengenakan atribut yang provokatif.

Jadwal dan tema lima putaran debat capres-cawapres

Kelima putaran debat capres-cawapres akan digelar KPU sejak Januari hingga April 2019, sebelum memasuki masa tenang, 14 April 2019.

Debat pertama, digelar tanggal 17 Januari 2019 dan akan ditayangkan melalui Kompas TV, TVRI, RRI, dan RTV. Kedua pasangan capres-cawapres akan dihadapkan pada isu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Debat kedua akan membahas isu energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Pada putaran ini, hanya Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang akan berhadapan pada 17 Februari 2019, dan dapat disaksikan melalui RCTI, Global TV, MNC TV, dan iNews TV.

Sementara debat ketiga akan mengundang para cawapres, Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno, untuk mengelaborasi tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Debat ketiga akan diselenggarakan pada 17 Maret 2019 dan disiarkan jaringan televisi milik Chairul Tanjung, yaitu Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia.

Untuk debat keempat yang rencananya dilaksanakan pada 30 Maret 2019, kedua pasang capres-cawapres kembali diundang untuk berdebat terkait masalah ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. Debat ini bisa ditonton melalui Metro TV, SCTV, dan Indosiar.

Sedangkan untuk putaran terakhir, debat juga akan dihadiri kedua pasang capres-cawapres, dan membahas isu ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan, serta industri.

Meski demikian, KPU yang semula menjadwalkan debat kelima pada tanggal 13 April 2019hari terakhir kampanye hingga kini masih menunggu kepastian dari kedua paslon terkait waktu yang paling memungkinkan untuk mengikuti debat.

Bila kelima debat berhasil digelar sesuai harapan, menurut sejumlah pengamat, semestinya mampu mentransformasi pemilih untuk lebih terukur dan bertanggungjawab ketika menjatuhkan pilihan.


(ita/ita)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Glass, Misteri dan Ketegangan di Sebuah Film Superhero

Liputan6.com, Jakarta – Pernah menonton film Unbreakable (2000) atau Split (2016)? Tahun ini, deretan karakter dari dua film tersebut dipertemukan oleh sang sutradara, M. Night Shyamalan dalam film terbarunya, Glass.

Glass kembali menghadirkan nuansa misteri dan ketegangan layaknya Unbreakable dan Split. Tema superhero yang disuguhkan dalam Unbreakable, dibawa kembali dalam film ini melalui narasi dari karakter Mr. Glass.

Menyusul dua film tersebut, Glass melengkapi trilogi bertema Eastrail 177 Trilogy karya M. Night Shyamalan. Selain karakter, alur ceritanya pun menjadi pengembangan dari Unbreakable dan Split.

Alur cerita dalam Glass terjadi bertahun-tahun setelah Unbreakable, dan beberapa waktu usai Split. Dikisahkan, tiga karakter utamanya, David Dunn (Bruce Willis), Kevin Wendell Crumb (James McAvoy), dan Elijah Price alias Mr. Glass (Samuel L. Jackson), ditangkap lalu dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa.

Ketiganya dihadapkan pada Dr. Ellie Staple (Sarah Paulson) yang berusaha meyakinkan bahwa kekuatan mereka hanyalah ilusi dari keterbelakangan mental masing-masing. Namun, beberapa dari mereka memiliki rencana untuk kabur dari rumah sakit sambil membuktikan kepada dunia bahwa kekuatan superhero itu ada.

2 dari 4 halaman

Masuk Akal

Menyaksikan Glass secara keseluruhan, M. Night Shyamalan nampaknya mulai unjuk kebolehan dalam membangun sebuah waralaba superhero versinya. Hasilnya pun patut diacungi jempol.

Alur cerita yang ditampilkan hampir 20 tahun lalu dalam Unbreakable, terasa masuk akal ketika dimasukkan untuk film Glass. Pengembangan karakter utama Split yang memiliki banyak kepribadian, termasuk si monster mengerikan, dimainkan lagi secara apik oleh James McAvoy.

Satu lagi yang patut diapresiasi adalah dilibatkannya aktor Spencer Treat Clark sebagai Joseph Dunn, putra dari David Dunn. Dalam Unbreakable, sang aktor kala itu masih anak-anak.

Kembalinya aktris Charlayne Woodard sebagai ibu dari Elijah serta Anya Taylor-Joy sebagai Casey Cooke juga semakin membuat kisah film ini dramatis.

Urusan misteri dan plot twist (kejutan cerita), M. Night Shyamalan lagi-lagi memasukkan unsur-unsur tersebut secara apik dan rapi. Bila kita menonton dua film sebelumnya, maka beberapa kejutan akan mencengangkan kita. Akhir ceritanya pun sukar ditebak, membuat film ini layak diberi tepuk tangan.

3 dari 4 halaman

Bukan Film Marvel atau DC

Dari segala kelebihan tersebut, Glass masih memiliki beberapa hal yang dirasa kurang memuaskan. Salah satunya adalah adegan perkelahian antar manusia super.

Glass memang bukan film Marvel atau DC yang sarat dengan pertempuran dan pertarungan mega dahsyat. Film ini bisa dianggap memiliki adegan perkelahian yang membumi sampai-sampai terlalu masuk akal.

Sayangnya, beberapa adegan laga selalu digambarkan secara lambat dalam waktu singkat.

Pada intinya, Glass bukanlah film superhero yang sarat dengan bumbu laga. Film ini lebih menekankan pada kondisi psikologis orang-orang yang memiliki kekuatan super.

4 dari 4 halaman

Kekecewaan

Banyaknya dialog yang menginterupsi momen perkelahian, dirasa bakal menimbulkan kekecewaan bagi para pecinta adegan laga yang menonton film ini.

Motif beberapa karakter untuk mencapai tujuannya ini bisa dianggap masuk akal. Meskipun, cara M. Night Shyamalan dalam menyibak misteri yang dihadirkan terkesan agak memaksakan. Misalnya saja dengan memasukkan cerita buku komik ke dalam salah satu motifnya.

Glass bisa menjadi satu hiburan menarik bagi para pecinta film berjenis ketegangan. Film ini juga menjadi penutup yang pas bagi Unbreakable dan Split.

Namun seperti yang sudah disampaikan, ini bukanlah film superhero yang sarat adegan laga. Jadi, siapkan ruang di dalam otak sebelum menontonnya agar bisa menerka-nerka berbagai misteri dalam film ini.

Impor Minyak Mentah Jadi Penyebab Utama Defisit Neraca Perdagangan

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia sepanjang 2018 mengalami defisit sebesar USD 8,57 miliar. Angka defisit tersebut terbesar sejak tahun 1975.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Daerah Penghasil Migas Andang Bachtiar mengatakan, defisit neraca perdagangan Indonesia kali ini disebabkan oleh tingginya impor minyak mentah dan Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal ini seiring dengan meningkatnya permintaan BBM dalam negeri dan semakin turunnya produksi minyak mentah.

“Nilai impor minyak Indonesia meningkat dari USD 24,3 miliar pada 2017 menjadi USD 29,8 miliar pada 2018. Meningkatnya impor minyak mentah dan BBM menjadi penyebab utama defisit neraca perdagangan yang terburuk sepanjang berdirinya republik,” kata Andang dalam diskusi publik Outlook Energi dan Pertambangan Indonesia 2019, di Kawasan Cikini, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Pemerintah perlu dengan serius mengatasi defisit neraca perdagangan, terutama menekan laju impor. Sebab dia menilai, impor minyak Indonesia pada 2025 diproyeksikan dapat meningkat tiga kali lipat dibandingkan saat ini.

“Jadi ini pekerjaan rumah besar karena impor minyak kita 2025 dalam rencana energi nasional tiga kali lipat dari yang sekarang impor kita,” imbuhnya.

Dia berharap dengan berbagai kebijakan pemerintah saat ini, termasuk impementasi penerapan biodisel atau B20 dapat menekan impor. “Tapi harus terus menerus kita kawal kita teriakkan ini bagian yang mencederai dari makro ekonomi kita,” pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Transaksi Nonmigas Anjlok Jadi Penyebab Defisit Neraca Perdagangan

Sebelumnya, Ekonom Faisal Basri mengatakan, penyebab defisit neraca perdagangan Indonesia bukan berasal dari lonjakan bahan bakar minyak (BBM) yang tinggi. Meski tercatat defisit minyak (minyak mentah dan BBM) melonjak 37 persen dari USD 14,6 miliar pada 2017 menjadi USD 20,0 miliar di 2018, namun itu bukan faktor penyebab utama defisit.

Sementara, jika meliputi gas, bahkan lonjakan defisit migas lebih tinggi lagi yaitu sebesar 44,2 persen. Dari USD 8,6 miliar tahun 2017 menjadi USD 12,4 miliar di 2018. 


“Tak kurang, Kepala Badan Pusat Statistik (Suhariyanto) pun mengatakan penyebab defisit perdagangan 2018 adalah defisit migas,” kata Faisal Basri dikutip dari halaman resminya, Rabu (16/1/2019).

Faisal menekankan, penyebab utama defisit neraca perdagangan Indonesia bukan berasal dari defisit migas. Menurutnya, jika ditelusuri lebih seksama, penyebab utama lonjakan defisit tersebut karena kemerosotan tajam pada transaksi perdagangan nonmigas.

Bahkan tak tanggung-tanggung, surplus perdagangan nonmigas, kata dia anjok sebesar 81,4 persen. Dari USD 20,4 miliar tahun 2017 menjadi hanya USD 3,8 miliar tahun 2018.

“Surplus perdagangan nonmigas yang terpangkas sangat dalam bukan disebabkan oleh penurunan ekspor superit terjadi tahun 2013. Pada tahun 2018, ekspor justru masih mencatatkan pertumbuhan sebesar 6,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” sebut Faisal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Persiapan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga Jelang Debat Capres Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta – Hari ini, debat capres dan cawapres perdana akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Tema debat perdana yang diusung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI ini adalah Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Kedua pasangan pun tak henti melakukan berbagai persiapan jelang debat capres dan cawapres. Baik itu Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Ma’ruf pun meminta wejangan dari mentor pilihannya yaitu Jusuf Kalla atau JK. Sedangkan Prabowo-Sandiaga, rutin menyambangi Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Jokowi nampak lebih santai. Bahkan pada Selasa, 15 Januari 2019, ia mengumpulkan para ketua umum partai politik pengusungnya untuk makan malam bersama. Sedangkan Sandiaga, memilih untuk melakukan olahraga rutinnya.

Berikut persiapan lain yang dilakukan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga jelang debat capres dan cawapres dihimpun Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

1. Bicara Sesuai Data dan Yakin Siap

Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengaku siap menghdapi debat capres dan cawapres perdana Kamis 17 Januari besok.

Dia mengatakan telah mempersiapkan materi-materi yang akan dipaparkannya sesuai tema debat perdana yaitu HAM, hukum, korupsi dan terorisme.

“Ya kita datang saja, datang sesuai dengan materi. Marerinya hukum, materinya HAM materinya terorisme, dan korupsi. Ya sudah,” ujar Jokowi di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor Jawa Barat, Rabu, 16 Januari 2019.

Jokowi enggan mengungkapkan materi apa yang difokuskannya untuk menghadapi debat Pilpres. Namun, dia memastikan akan menyampaikan berdasarkan fakta dan data di lapangan.

“Kalau ngomong mestinya dengan data, ngomong itu dengan fakta-fakta dan yang paling penting rencana ke depan seperti apa,” ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga yakin jika pasangannya Ma’ruf Amin siap menghadapi debat capres dan cawapres perdana ini.

Jokowi mengatakan, Ma’ruf adalah seorang pendakwah sehingga terbiasa berbicara di depan banyak orang.

“Pak Kiai (Ma’ruf Amin) kan setiap hari memberikan kultum, memberikan tausiyah, memberikan khotbah,” kata Jokowi.

Jokowi enggan menjawab saat ditanya apakah dirinya telah melakukan latihan atau simulasi debat bersama Ma’ruf Amin. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut telah mempersiapkan data dan fakta terkait materi debat Pilpres.

“Tentu saja kalau ngomong mestinya dengan data. Ngomong itu dengan fakta-fakta dan yang paling penting rencana kedepan seperti apa. Yang penting kan itu,” jelas Jokowi.

3 dari 4 halaman

2. Diskusi dengan Pakar dan Latihan Debat

Berbeda dengan Jokowi-Ma’ruf, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno justru masih aktif berdiskusi bersama pakar dan melakukan latihan debat.

Latihan debat dilakukan dengan mantan pimpinan KPK yakni Bambang Widjayanto dan Busyro Muqoddas.

“Pak Prabowo hari ini masih berdiskusi dan mendengarkan masukan dari beberapa ahli seperti Bambang Widjayanto, Busyro Muqoddas,” kata jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Azhar Simanjuntak saat dihubungi, Rabu, 16 Januari 2019.

Menurut Dahnil, pertemuan dengan Bambang dan Busyro untuk membahas berbagai tema, tidak hanya korupsi saja. “Terkait dengan masalah penegakan hukum, korupsi, HAM dan Terorisme,” katanya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Mengenal Sosok Pilot di Balik Aksi Penurunan Paksa Pesawat Ethiopian Airlines

Pekanbaru – Kisah heroik tercatat dalam upaya penurunan paksa pesawat Ethiopian Cargo yang diduga terbang tanpa izin di Batam. Ada dua pilot yang menerbangkan pesawat tempur F16 Fighting Falcon berhasil menurun paksa pesawat kargo Ethiopian Airlines, Senin pagi, 14 Januari 2019,

Satu di antara dua pilot itu ternyata putera Riau kelahiran Pekanbaru. Tak tanggung-tanggung, putera Riau tersebut menjadi pemimpin penurunan paksa pesawat asing kargo Ethiopian Airlines masuk wilayah udara Indonesia tanpa ada izin tersebut. Pilot itu bernama Kapten Penerbang (Pnb) Barika Harma.

Putra pasangan Mahyudin dan Zulhasmili ini menjalani jenjang pendidikannya di Riau. Saat SD, ia bersekolah di SDN 002 Sungai Pinang tamat 1999, kemudian dia melanjutkan ke SMPN 02 Rimbo Panjang (2002), serta SMAN Plus Riau (2005). Alasan Barika jadi tentara, ingin mengabdi kepada negara sebagai penerbang pesawat tempur.

Keberhasilan anak Riau dalam menjaga kedaulatan udara wilayah Indonesia tersebut dengan memaksa pesawat kargo Ethiopian Airlines mendarat itu, mendapat apresiasi dari Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMAN Plus Provinsi Riau, Husnul Kausarian.

“Suatu kebanggaan buat keluarga besar SMAN Plus Provinsi Riau, termasuk bagi Riau sendiri, ketika mengetahui penerbang TNI AU tersebut merupakan alumni SMAN Plus,” kata Husnul kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 15 Januari 2019.


Baca berita menarik lainnya di Riauonline.co.id

2 dari 2 halaman

Pemberi Motivasi

Husnul menjelaskan, Kapten Pnb Barika Harma merupakan lulusan SMAN Plus Riau angkatan ke-5. Kapten Barika, tutur Husnul, lahir di Pekanbaru, 28 Agustus 1987.

Walau lahir di Pekanbaru, jelas Husnul, tetapi kampung halamannya di Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau.

Husnul menceritakan, sebagai alumnus, Barika tetap aktif memberikan pandangan dan bertukar pikiran serta memotivasi adik-adiknya untuk menjadi terbaik.

“Di Alumni SMAN Plus Provinsi Riau, Barika sering berinteraksi sangat intens dengan adik-adiknya. Bentuk keaktifan Kapten Pnb Barika ia pernah membawa pameran dirgantara ke Kampus SMAN Plus Provinsi Riau di Kubang,” kata Husnul.

Dilansir dari laman Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Kapten Pnb Barika Harma merupakan lulusan Akademi TNI Angkatan Udara (AAU) tahun 2009.

Pada Kamis, 3 November 2016, saat masih berpangkat Lettu, Barika Harma telah merampungkan pendidikan konversinya sebagai penerbang pesawat F16.

Pendidikan konversi Barika, ketika itu, ditutup langsung oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Henri Alfiandi, di shelter Skadron Udara 16.

“Jangan cepat berpuas diri, jadikan hal ini sebagai cambuk motivasi meningkatkan kemampuan guna mencapai keberhasilan dalam melaksanakan tugas,” pesan Henri Alfiandi yang kini menjabat Pangkoopsau II kepada Barika dan rekan-rekan.


Simak video pilihan berikut ini:

15 Wakil Indonesia Melaju ke Babak Kedua Malaysia Masters 2019

Jakarta Sebanyak 15 wakil Indonesia memastikan tiket ke babak kedua Malaysia Masters 2019, Rabu (16/1/2019). Ganda putri dan ganda putra menjadi sektor yang paling banyak mengirimkan wakil, yaitu empat pasangan. 

Babak kedua bakal digelar di Axiata Arena, Kamis (17/1/2019). Salah satu partai yang menarik perhatian adalah laga Jonatan Christie yang akan bertemu Chen Long.

Jonatan menjadi satu dari dua wakil dari tunggal putra yang lolos dari adangan babak pertama. Anthony Sinisuka Ginting juga berhasil melangkah ke babak kedua. 

Di sektor ganda putri, empat pasangan yang melenggang adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Ni Ketut Mahadewi Istarani/Rizki Amelia Pradipta, Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto, dan Della Destiara Haris/Virni Putri. 

Sektor ganda putra juga mengirimkan empat wakil ke babak kedua, yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. 

Pasangan terakhir yang memastikan tiket babak kedua Malaysia Masters 2019 adalah Fajar/Rian. Mereka melaju setelah mengalahkan ganda China, Huang Kaixiang/Wang Zekang, dengan 21-17, 21-13. 

2 dari 2 halaman

Wakil Indonesia

1. Tontowi Ahmad/Debby Susanto

2. Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto

3. Greysia Polii/Apriyani Rahayu

4. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

5. Ni Ketut Mahadewi Istarani/Rizki Amelia Pradipta

6. Della Destiara Haris/Virni Putri

7. Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso

8. Jonatan Christie

9. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

10. Anthony Sinisuka Ginting

11. Berry Angriawan/Hardianto

12. Fitriani

13. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti 

14. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

15. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Usai Pemantapan Debat Capres, Jokowi: Mantul, Mantul

Liputan6.com, Jakarta – Pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin melakukan pemantapan materi debat perdana Pilpres 2019 yang akan digelar Kamis 17 Januari 2019. Jokowi menyatakan, semakin siap menghadapi depat perdana yang diselenggarakam Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Namanya pemantapan ya mantap lah. Mantul (mantap betul) mantul,” ujar Jokowi di Ballroom Jakarta Theater XXI Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

“Ya ini apa persiapan, pemantapan dan evaluasi terutama untuk materi-materi. Tapi untuk lebih jelasnya biar Prof Yusril menyampaikan,” sambung Jokowi.

Dalam pemantapan materi debat ini, penasihat hukum Jokowi-Ma’ruf, Yusril Ihza Mahendra dan sejumlah Tim Kampanye Nasional turut hadir. Yusril mengatakan kehadirannya untuk mengumpulkan dan menganalisis sejumlah data serta isu yang berkaitan dengan tema debat perdana yakni, masalah Hukum, Korupsi, HAM, dan Terorisme.

“Tadi materi-materi yang sudah dihimpun dari pemberitaan media, dari isu-isu yang berkembang di masyarakat sudah dirangkum dianalisis dan dimantapkan baik oleh Pak Jokowi sendiri dan Pak Ma’ruf Amin,” kata Yusril.

2 dari 3 halaman

Dibantu Pakar Komunikasi

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir mengungkapkan, ada dua pakar komunikasi yang membantu persiapan debat pasangan calon presiden nomor urut 01. Mereka adalah Rizal Mustary dan Riza Primadi.

“Nah tadi ditanya siapa tim pakar yang membantu? Nah kita lihat ada saudara Rizal Mustary, Riza Primadi,” kata Erick di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Riza Primadi adalah konsultan komunikasi. Dia pernah melanglangbuana di stasiun televisi swasta. Sementara, Rizal Mustary adalah profesional di bidang konten kreatif. Dia juga diketahui sebagai staf Mahfud MD. Seperti Riza, Rizal juga pernah aktif di stasiun televisi.

Erick menyebut, ada juga yang membantu secara khusus masing-masing pihak capres Joko Widodo dan cawapres Ma’ruf Amin.

irektur Komunikasi Politik TKN, Usman Kansong mengatakan dua nama tersebut adalah orang-orang yang membantu dari luar timses. Sehingga tak disebut sebagai tim organik khusus persiapan debat yang diisi oleh orang-orang internal timses.

“Bukan dalam tim organik gitu loh. Maka kalau saya ditanya saya bilang enggak gitu,” kata Usman di tempat yang sama.

Sedangkan, anggota tim debat Jokowi-Ma’ruf berisikan politikus dan ahli di bidang komunikasi. Mereka adalah Tina Talisa, Putra Nababan, Meutya Hafid, Arya Sinulingga, Fiki Satari, Aria Bima, Rizal Mallarangeng, Abdul Kadir Karding, Lukman Edy, Usman Kansong, serta Ipang Wahid. Karding menjadi koordinator tim debat ini.

Adapun tugas tim debat dibagi menjadi dua. Mempersiapkan materi dan melatih penampilan pasangan calon. Usman menyebut fokus utama dari segi penampilan adalah melakukan perbaikan waktu penyampaian. Terutama kepada Ma’ruf Amin karena perlu efektivitas dan efisiensi dalam debat.


Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini

Sinopsis Sinetron SCTV Orang Ketiga Episode Rabu 16 Januari 2019: Aris Marah Ditanya Soal Perasaannya pada Yuni

Liputan6.com, Jakarta Orang Ketiga Rabu malam ini bercerita tentang Aris yang sedang bekerja di ruangannya. Saat Rossy masuk dan bertanya Aris baper nggak lihat Yuni dan Putra tadi mesra begitu? Aris jadi ngomel karena Rossy masih aja insecure melulu.

Rossy akhirnya minta maaf. Aris bilang biar Rossy kapok, harus dihukum! Rossy mendelik.

Diceritakan juga di episode Orang Ketiga malam ini, Ika sedang jalan mau ke arah rumah Rangga lagi. Ternyata ibu-ibu koperasi ada yang uber Ika sampai Jakarta karena ikut keluarga korban pesawat (karena masuk televisi).

Mereka pas sudah dapat info di mana rumah Rangga. Jreng! Mereka lihat ika. Ika kaget, panik dan kabur. 

Sementara itu Desi di rumah mikir, dia harus tetap kuat walau seperti ini. Desi nyesel kemarin udah sempat terpuruk dan menyusahkan Riko. Desi nggak mau didera ketakutan lagi dengan Leni.

Bagaimana kelanjutan Orang Ketiga?



2 dari 2 halaman

Kiara Kasih Gelang Ke Rangga

Rangga di rumah sakit masih sedih. Aris, Rossy dan Kiara datang. Kiara kasih gelang itu ke Rangga.  Dan bilang dari nenek peri yang minta Rangga selalu semangat (kayak pas Rangga kasih gelang ke Kiara). Deg! Rangga jadi tersentuh dan terharu.

Ada perawat masuk dan malah mengira Rangga adalah ayah kandung Kiara. Dekat sekali. Namanya juga anak cewek ya. Deg! Rangga dan Aris tercekat. Aris jelaskan Kiara anak kandungnya.