Putra Mahkota Abu Dhabi Bakal Bangun Masjid di Kampung Jokowi

Liputan6.com, Solo – Duta Besar Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia Mohammed Abdulla Al Ghfeli meninjau sebuah lahan kosong di Solo, Jumat, 16 Agustus 2019.

Peninjauan itu diduga tindak lanjut dari rencana Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan yang ingin menghadiahi masjid di kota kelahiran Presiden Jokowi, Solo.

Saat meninjau lahan kosong yang terletak di Kampung Gilingan, Banjarsari, Solo, Mohammed Abdulla didampingi staf dari Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Munajat.

Kedatangan rombongan itu disambut Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo dan Sekretaris Daerah Kota Solo, Ahyani.

Perwakilan KSP yang didampingi dari perwakilan Pertamina tampak menjelaskan dengan detail terkait lahan kosong berukuran luas yang kini ditumbuhi ilalang itu.

Mereka juga menunjukkan dokumen berupa foto copy sertifikat tanah serta lembaran denah lokasi lahan tersebut.

Dalam peninjauan itu, utusan Putra Mahkota Abu Dhabi terlihat beberapa kali memotret dan merekam video di lahan kosong itu.

Tak hanya itu, rombongan juga menyusuri lahan kosong itu. Mereka berjalan di atas rel kereta api yang letaknya berbatasan dengan bagian belakang dan samping lahan di Solo tersebut.

2 dari 2 halaman

Putra Mahkota Abu Dhabi Hadiahi Masjid

Hanya saja Mohammed Abdulla enggan mengungkapkan tujuan kedatangannya ke Solo untuk meninjau lahan kosong itu apakah terkait dengan rencana Putra Mahkota Abu Dhabi yang akan membangun masjid di kota kelahiran Presiden Jokowi.

“Jangan membicarakannya soal ini hingga selesai,” kata dia.

Sementara itu, Munajat membenarkan bahwa kunjungan Duta Besar UEA ke Solo untuk mencari lokasi pembangunan masjid seperti yang dijanjikan Putra Mahkota UEA saat berkunjung ke Indonesia.

“Ini seperti janji waktu kunjungan Putra Mahkota itu,” ungkapnya.

Sedangkan dalam postingan di laman Facebook Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menuliskan Sheikh Mohammed dalam pembicaraan dengan Presiden di Istana Bogor menjanjikan bahwa ia ingin memberi dan membangun sebuah masjid di kota kelahiran Pak Jokowi.

Hanya seminggu setelah janji itu, utusan sang pangeran sudah terbang ke Solo untuk meninjau beberapa lokasi yang mungkin bisa dibangun masjid modern.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *