Surat Suara Dibakar di Puncak Jaya Tak Terpakai, Dokumen Pencoblosan Aman

Jakarta – Ketua KPU Papua Theodorus Kossay memastikan dokumen terkait pemungutan suara Pemilu serentak 2019 di Distrik Tingginambut, Puncak Jaya, aman. Sedangkan surat suara yang dibakar merupakan logistik tak terpakai.

“Kita dapat informasi dari KPU Puncak Jaya bahwa seluruh proses pemungutan dan penghitungan sesuai jadwal sudah jalan, tanggal 17-18 April. Karena di sana kan sistem noken proses sudah jalan, pengisian administrasi, C1 plano, C1 lampiran, Berita Acara semua sudah diisi. Ternyata (video viral) itu gambar yang diambil kemarin tanggal 23 April 2019,” ujar Theodorus dalam keterangan lewat video yang diteruskan komisioner KPU kepada wartawan, Rabu (24/4/2019).

Kabar video viral surat suara dibakar di Puncak Jaya ini baru diketahui Theodorus saat dihubungi KPU pusat. Theodorus langsung berkoordinasi dengan KPU Puncak Jaya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Distrik Tingginambut, Puncak Jaya Egi Somaninggo menegaskan, pemungutan suara sudah digelar 17 April .

“Pemilihan aman, (setelahnya) kami bergeser ke kabupaten, kami tinggalkan kotak sebagian di sana. Tapi berita acara tingkat PPD C1 plano, perekapan sudah kami amankan, berita acara kami amankan. Yang kami tinggalkan di distrik kertas-kertas yang sudah tidak dipakai lagi. Berita di medsos kami tegaskan itu tidak benar,” katanya terpisah.

Sementara itu Polri kini mengejar pelaku penyebar viral video surat suara dibakar di Puncak Jaya. Polisi menilai video yang beredar membuat gaduh karena ditambahi narasi yang tak sesuai dengan fakta.

“Dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Papua akan melakukan investigasi terhadap akun yang menyebarkan info tersebut dan menambah lagi narasinya,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri.

Polri juga menegaskan surat suara yang dibakar di Puncak Jaya adalah sisa pencoblosan dan sudah tak diperlukan lagi. Pembakaran surat suara dilakukan agar tak disalahgunakan.

Penjelasan itu disampaikan karena viral video berdurasi kurang-lebih 5 menit 7 detik yang memperlihatkan terlihat tumpukan surat dan kota suara sedang terbakar dan diduga sebagai logistik Pemilu 2019. Ada juga suara dari orang yang merekam video tersebut, yang mengatakan aksi pembakaran dilakukan karena kecewa surat suara Pilpres 2019 dicoblos oleh bupati.
(fdn/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KSP: Pembakaran Surat Suara di Puncak Jaya untuk Hindari Penyalahgunaan

Jakarta – Deputi V Kepala Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani telah mengecek video surat suara dibakar di Puncak Jaya, Papua yang viral. Hasilnya, surat suara itu sudah tidak digunakan lagi dan dibakar untuk mencegah penyalahgunaan.

“Yang dibakar itu dokumen yang tidak diperlukan lagi, agar tidak disalahgunakan,” kata Jaleswari lewat keterangan tertulis, Rabu (24/4/2019).

Petugas KPUD Puncak Jaya memusnahkan kertas suara yang tidak terpakai itu di Kantor Kecamatan Tingginambut, Papua. Pemusnahan ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan kertas suara tersebut.

Pemilu di distrik Tingginambut menggunakan sistem noken yang tidak membutuhkan kertas suara. Penggunaan sistem ini telah disahkan Mahkamah Konstitusi beberapa tahun lalu. Puncak Jaya merupakan satu dari 12 kabupaten yang diizinkan menggunakan sistem noken itu.

Proses pemusnahan kertas suara ini direkam dalam video. Namun video ini seolah-olah menunjukkan proses pemungutan suara di Tingginambut berjalan tidak aman.

Dari keterangan yang didapat, benda yang dibakar itu bukanlah dokumen pemilu seperti formulir C1 KWK, rekapitulasi perhitungan suara, dan berita acara perhitungan suara tingkat distrik. Dokumen-dokumen pentingnya, kata Jaleswari, sudah diamankan ke kantor KPU Mulia, Puncak Jaya untuk dilakukan rekapitulasi.

Jaleswari menduga unggahan video itu bertujuan untuk mengacaukan dan mendelegitimasi kerja para penyelenggara pemilu. “Sepertinya mereka ingin membuat isu di Tingginambut tidak aman padahal ini wilayah yang aman dan baik-baik saja selama pemilu” katanya.

Dalam keterangan tertulis yang sama, Kapolda Papua Benda Irjen Martuani Sormin Siregar menyayangkan informasi salah tentang video yang tersebar di media sosial itu. Berdasarkan penyelidikan polisi, benda yang dibakar di depan kantor Distrik Tingginambut itu adalah sisa dokumen Pemilu yang sudah tak terpakai.

“Sudah dibuatkan juga Berita Acara pemusnahannya,” ujarnya.
(imk/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hasil Liga Inggris Semalam: Liverpool ke Puncak, MU Babak Belur

Liputan6.com, Liverpool – Kompetisi kasta teratas Liga Inggris berlangsung tadi malam. Sejumlah hasil mengejutkan terjadi, termasuk kekalahan Manchester United (MU) dan Arsenal.

MU harus kalah telak dari tuan rumah Everton dengan skor 0-4. Hasil ini membuat mereka tetap menempati peringkat keenam klasemen sementara Liga Inggris musim ini.

Arsenal takluk di hadapan pendukungnya sendiri setelah dibekap Crystal Palace 2-3. Padahal, MU dan Arsenal sama-sama tengah berjuang untuk finis empat besar.

Di sisi lain, Liverpool kembali ke puncak klasemen Liga Inggris setelah melibas tuan rumah Cardiff City 2-0. Dua gol The Reds disarangkan Georginio Wijnaldum pada menit ke-57 dan dan James Milner dari titik penalti menit ke-81.

Sehari sebelumnya, Manchester City mampu menundukkan Tottenham Hotspur dengan skor tipis 1-0. Sederet hasil itu membuat persaingan memperebutkan tiket ke Liga Champions musim depan semakin sengit.

Kalahkan Cardiff City, Liverpool Kembali Rebut Puncak Klasemen Liga Inggris

Memasuki babak kedua, Liverpool langsung panas. Mereka berusaha terus meneror gawang tim tuan rumah dan akhirnya menunjukkan hasil. 

Kebuntuan Liverpool pecah pada menit ke-56. Berawal dari sepak pojok Alexander Arnold, gawang Cardiff akhirnya bobol.

Bola hasil tendangan sudut tersebut berhasil dikonversi menjadi gol oleh Georgiono Wijnaldun. Liverpool unggul 1-0. 

Liverpool terus menggempur pertahanan tim tuan rumah. Namun, gol kedua tim Marseyside Merah baru lahir pada menit ke-81 melalui titik penalti. 

Wasit menunjuk titik putih setelah Mohamed Salah dijatuhkan di kotak terlarang. James Miller yang maju sebagai algojo, mengeksekusi penalti tersebut dengan tenang dan berhasil menggandakan keunggulan Liverpool menjadi 2-0.

Skor tersebut bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.  

Bus Wisata Tabrak Jalur Penyelamatan di Puncak Bogor, 15 Penumpang Luka

Liputan6.com, Bogor – Sebuah bus pariwisata mengalami kecelakaan di Selarong, Puncak, Kabupaten Bogor, Minggu (21/4/2019). Enam penumpang luka akibat kejadian tersebut.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP M. Fadli Amri menuturkan, kecelakaan tunggal itu terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Peristiwa bermula, bus yang membawa 44 penumpang meluncur dari arah Puncak menuju Jakarta. Saat melaju di turunan Selarong, bus B 7572 YZ ini mengalami rem blong.

Sang sopir bernama Suharno (29) langsung membanting stir ke kiri dan mengarahkan bus ke jalur penyelamatan kemudian berhenti setelah menabrak tumpukan ban dan dinding jalur penyelamatan.

Puluhan penumpang yang berada di dalam bus satu persatu dievakuasi oleh warga dan aparat kepolisian melalui kaca jendela.

Tidak ada korban tewas dalam kejadian itu, namun 15 orang penumpang yang berasal dari Koja, Jakarta Utara itu mengalami luka ringan. Sebagian besar korban luka adalah emak-emak dan anak kecil.

“Bus terselamatkan oleh jalur penyelamat. 15 penumpang luka ringan,” kata Fadil.

Kini, seluruh penumpang bus telah dibawa ke RSUD Ciawi untuk mengecek kondisi kesehatannya setelah mengalami kecelakaan.

“Dirawat dulu, dicek kondisinya karena banyak yang syok. Termasuk sopirnya juga,” kata dia.

Menurut Fadli, kecelakaan bus umum yang sarat penumpang tersebut diduga mengalami rem blong.

“Karena rem panas saat turunan, sehingga saat pedal rem diinjak tiba-tiba tidak berfungsi normal,” ujar Fadli.

Hingga Minggu siang, polisi masih menunggu kedatangan mobil derek untuk mengevakuasi bus tersebut dari jalur penyelamatan.

“Penyelidikan sementara sopir dalam keadaan sadar saat mengemudikan bus tersebut,” ucap Fadli.

Adapun korban luka adalah Rosmiati (41), Sutinah (53), Aanisa Balqis (18), Mia Sobana (31), Naisya Nursyahban (12), Ansya Nurfajriah (9), Vatir (7), Eenok (52), Yuyun Sundari (58), Nadia Dara Tamara (20), Rosini (52), Vicky (13), Ucu Uliyah (39), Emilia (48).

Hasil Liga Jerman: Kalahkan Mainz, Dortmund Kudeta Puncak Bundesliga

DortmundBorussia Dortmund sementara mengudeta puncak klasemen Bundesliga dari Bayern Munich. Ini setelah Die Borussen menang 2-1 atas Mainz.

Pada laga yang dihelat di Signal-Iduna Park, Sabtu (13/4/2019) malam WIB, Dortmund berupaya bangkit usai dibantai 0-5 oleh Bayern pekan lalu. Tapi, bayang-bayang kekalahan itu masih ada sehingga mereka sulit tampil lepas.

Memang ada 10 attempts , dengan tujuh mengarah ke gawang dibuat oleh Dortmund sepanjang 90 menit. Tapi Mainz yang berada di papan tengah justru lebih banyak mengancam lewat 10 attempts on target dari total 15!

Beruntung Roman Buerki bermain cemerlang di bawah mistar dengan delapan penyelamatan dibuatnya. Sementara, Jadon Sancho di lini serang Dortmund mampu menunaikan tugasnya dengan baik lewat sumbangan dua gol.

Sancho membuka keunggulan Dortmund pada menit ke-17. Mendapat umpan dari Mario Goetze, Sancho melepaskan sepakan dari tengah kotak penalti dan bola bersarang di pojok atas gawang Mainz.

Dortmund menggandakan keunggulan 2-0 lewat gol kedua Sancho tujuh menit berselang. Kini giliran Thomas Delaney yang memberikan assist untuk Sancho dan dituntaskan lewat tendangan kaki kiri ke gawang Mainz.

Mainz yang terus menekan akhirnya bisa memperkecil skor pada menit ke-83. Dari situasi sepak pojok yang gagal dihalau barisan belakang Dortmund, Robin Quaison dengan bebas menendang bola ke gawang Buerki.

Skor 2-1 menutup pertandingan tersebut dan Dortmund sementara naik ke puncak klasemen dengan 66 poin, unggul dua angka dari Bayern yang bertanding nanti menghadapi Fortuna Duesseldorf. Mainz di posisi ke-12 dengan 33 poin.

(mrp/yna)

Kekadangan Wringin Seto dan Pengharapan Pemilu di Puncak Bukit Soko

Liputan6.com, Blora – Kekadangan Wringin Seto, begitu biasa orang Blora, Jawa Tengah, menyebutnya. Padepokan penghayat kepercayaan ini ada dan berkumpul di Puncak Bukit Desa Soko, Kecamatan Jepon, Blora. Bukit itu memang sejak lama menjadi area pertapaan, dan anggota padepokan percaya, bukit menjadi tempat turunnya wahyu setelah mereka melakukan ritual.

Tidak mudah untuk mencapainya, orang yang ingin berkunjung harus melewati jalan menanjak. Meski demikian, konon banyak orang ‘penting’ Indonesia yang berkunjung dan melakukan pertapaan di bukit itu. 

Agung Ariyanto, seorang budayawan kepada Liputan6.com mengatakan, sejak dulu Blora memang dianggap mercusuar, Nusantara kecil yang kerap dikunjungi para pemimpin Indonesia.

“Para tokoh sering datang, dan penghargaan Kalpataru pun pernah diberikan Soeharto ke Waringin Seto di bukit Soko,” ungkap Agung, Kamis (4/4/2019).

Kedatangan para tokoh bangsa, kata Agus, tidak ada satu pun orang luar yang mengetahuinya, lantaran mereka kerap datang tanpa pengawalan. 

Budi, salah seorang pengikut Kekadangan Wringin Seto mengatakan, sampai sekarang masih banyak pemimpin dan orang-orang yang berpengharapan jadi pemimpin datang ke tempatnya. Apalagi saat tiba musim pemilu seperti sekarang ini.

“Ya untuk tuk melihat diri, apakah ada garis untuk jadi pemimpin,” katanya. 

Budi juga menceritakan, saat Orde Baru tumbang, Mbah Wardi (Koesoema Soerodiningrat Soewardi) yang juga sesepuh Kekadangan Wringin Seto sudah melihat tanda-tandanya pada Soeharto.

“Pak Harto, dulu diminta turun dari jabatannya karena sudah ada tanda dari Wringin Seto,” katanya. 

Klasemen Grup G AFC Cup 2019: Persija Gagal ke Puncak

Liputan6.com, Jakarta – Persija Jakarta dalam posisi sulit pada persaingan Grup G AFC Cup 2019. Macan Kemayoran pun terancam gagal lolos ke babak selanjutnya.

Anak asuh Ivan Kolev baru mengoleksi dalam tiga pertandingan. Teranyar Persija dikalahkan Ceres-Negros 0-1 di Panaad Stadium, Bacolod, Rabu (3/4/2019). Gol Bienve membuat Ismed Sofyan dan kawan-kawan terpuruk di Filipina.

Hasil ini membuat Macan Kemayoran ditempel Becamex Binh Duong yang menaklukkan Shan United 2-1 di Thuwanna Stadium. To Van Vu dan Wander mencetak kemenangan bagi tim Vietnam tersebut, dengan Hedipo membuat gol bagi Shan United.

Persija bisa memperbaiki posisi asalkan meraih kemenangan saat menjamu Ceres Negros di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 23 April mendatang.

Klasemen Liga Spanyol: Barcelona Masih di Puncak

Liputan6.com, Barcelona – La Liga Spanyol telah memasuki pekan ke-30. Barcelona menguasai puncak klasemen sejauh ini.

Barcelona untuk sementara mengoleksi 70 poin dari 30 laga Liga Spanyol. Tambahan satu angka didapat setelah ditahan imbang Villarreal dinihari WIB tadi.

Sementara posisi kedua masih ditempati oleh Atletico Madrid. Klub ibukota ini mengoleksi 62 poin dari 30 laga Liga Spanyol.

Sedangkan rivalnya, Real Madrid berada di posisi ketiga. Los Galacticos mengoleksi 57 poin dari 29 laga yang disiarkan eksklusif oleh SCTV ini.

Berikut klasemen Liga Spanyol hingga pekan ke-30:

Klasemen La Liga Pekan ke-29: Barcelona Kokoh di Puncak

Liputan6.com, Jakarta – Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen La Liga Spanyol. Hal ini tidak lepas dari kemenangan atas Espanyol, dinihari WIB tadi.

Ya, bermain di Camp Nou, Barcelona tampil percaya diri. Lionel Messi menjadi bintang dengan mencetak dua gol.

Kemenangan membuat Barcelona mengoleksi 69 poin dari 29 laga La Liga. Rinciannya, Barcelona menang dalam 21 laga, enam imbang, dan hanya dua kali kalah.

Sementara posisi kedua dipegang Atletico Madrid. Mereka mengoleksi 59 poin dari jumlah laga yang sama dengan Barcelona.

Berikut klasemen lengkap La Liga yang disiarkan eksklusif SCTV ini hingga pekan ke-29: